cover
Contact Name
Anto Kuddy
Contact Email
kuddy.keuda@gmail.com
Phone
-
Journal Mail Official
jr.kuddy@gmail.com
Editorial Address
-
Location
Kota jayapura,
P a p u a
INDONESIA
Jurnal Manajemen dan Bisnis
ISSN : 26150425     EISSN : 26227142     DOI : -
Core Subject : Economy,
JUMABIS merupakan jurnal enam bulanan untuk menyajikan tulisan tentang manajemen dan bisnis. JUMABIS berfokus pada pengembangan ilmu-ilmu ekonomi khususnya Manajemen dan Bisnis, baik tinjauan ilmiah maupun praktis, sehingga diharapkan menjadi media Ilmiah demi terciptanya integrasi antara kajian-kajian teoritis dan kajian praktis guna pengembangan keilmuan manajemen di berbagai aspek sosial. Pengembangan pemikiran yang menjadi sasaran utama JUMABIS adalah pengembangan manajemen pemasaran, keuangan, sumber daya manusia, kewirausahawan, dan perbankan di setiap tingkatan manajemen dan implementasinya di lapangan, upaya ini tercermin dari aktifitas penelitian maupun kajian konseptual kalangan akademisi dan praktisi di lapangan dan dipublikasikan dalam bentuk Jurnal Ilmiah.
Arjuna Subject : -
Articles 28 Documents
Analisis Kebijakan Kredit dan Pengaruh Risiko Kredit Usaha Kecil Mikro terhadap Kinerja Bank (Studi Pada PT. Bank Pembangunan Daerah Provinsi Papua) Soumokil, Markus Setiawan
Jurnal Manajemen dan Bisnis, ISSN : 2615 - 0425 (Print), e-ISSN : 2622 - 7142 (Online) Vol 3, No 1 (2019)
Publisher : Jurnal Manajemen dan Bisnis, ISSN : 2615 - 0425 (Print), e-ISSN : 2622 - 7142 (Online)

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (649.216 KB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini dilakukan adalah menguji dan memperoleh bukti-bukti empiris mengenai kebijakan pemberian kredit dari aspek 5C PT. Bank Pembangunan Daerah Provinsi Papua dan pengaruh risiko kredit usaha kecil mikro terhadap kinerja PT. Bank Pembangunan Daerah Provinsi Papua. Data sekunder dalam penelitian ini meliputi data laporan keuangan dari PT. Bank Pembangunan Daerah Provinsi Papua periode 2009:1-2015:4. Alat analisis dalam penelitian ini menggunakan analisis deskriptif dan kuantitatif yaitu Regresi Linear Berganda. Hasil analisis deskripsi menunjukkan bahwa kebijakan pemberian kredit pada PT. Bank Papua sudah menggunakan prinsip 5C (Character, Capacity,Capital, Colleteral dan Condition).Hasil analisis regresi menunjukkan bahwa Non Performing Loan (NPL) berpengaruh signifikan terhadap Loan to Deposit Ratio (LDR), tetapi tidak berpengaruh signifikan terhadap Banking Ratio (BR)di PT. Bank Pembangunan Daerah Provinsi Papua dan Non Performing Loan (NPL) berpengaruh signifikan terhadap Profitabilitas (ROA, ROE) di Bank Pembangunan Daerah Provinsi Papua, tetapi tidak berpengaruh signifikan terhadap Profitabilitas (NPM) di Bank Pembangunan Daerah Provinsi Papua.
Budidaya Ternak Babi sebagai Pendorong Ekonomi Masyarakat di Kabupaten Intan Jaya Purwadi, Marsi Adi; Ick, Mesak
Jurnal Manajemen dan Bisnis, ISSN : 2615 - 0425 (Print), e-ISSN : 2622 - 7142 (Online) Vol 3, No 1 (2019)
Publisher : Jurnal Manajemen dan Bisnis, ISSN : 2615 - 0425 (Print), e-ISSN : 2622 - 7142 (Online)

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1017.53 KB)

Abstract

Tujuan utama yang ingin dicapai dari penelitian ini adalah analisis mengenai  kelayakan bisnis komoditi ternak babi dalam upaya pengembangan potensi ekonomi di Kabupaten Intan Jaya. Dengan pendekatan kriteria investasi yang digunakan meliputi: Net Present Value (NPV), Net Benefit Cost Ratio (Net B/C), Gross Benefit Cost Ratio (Gross B/C), Internal Rate of Return (IRR),Profitability Ratio (PR), Payback Period (PP). Adapun hasil dari penelitian ini adalah: 1) Potensi ternak babi Kabupaten Intan Jaya bukan merupakan suatu kondisi dimana masyarakat berupaya untuk membudidayakan tenak babi, melainkan karena budaya masyarakat di Kabupaten Intan Jaya yang telah menerima kegiatan beternak babi secara turun temurun. Ternak babi bagi masyarakat di wilayah pegunungan Papua merupakan ternak yang memiliki ikatan dalam budaya dan adat istiadat, sehingga ternak babi menjadi bagian penting dalam budaya masyarakat wilayah pegunungan Papua. Hanya saja, pengelolaan ternak babi di Kabupaten Intan Jaya masih dilakukan secara tradisional, meski telah diberikan pendampingan oleh pemerintah daerah. 2) Berdasarkan hasil pengolahan data ditemukan bahwa produk/komoditi ternak babi adalah komoditi yang layak diinvestasikan, baik oleh masyarakat maupun pemerintah daerah. Secara garis besarnya terdapat 8 aspek pembangunan yang menjadi arah pengembangan produk/komoditi ternak babi yang layak investasi di Kabupaten Intan Jaya menurut skala prioritas pada masing-masing kabupaten yakni: (1) Sosial Budaya, (2) produk lokal, (3) penerapan teknologi tepat guna. (4) pasar, (5) tata niaga, (6) nilai tambah, (7) kemitraan, (8) dukungan pemerintah daerah.
Profil Penjual Kuliner Tradisional Papua di Pasar Pharaa Sentani Kabupaten Jayapura Yamanop, Alfrida V. P.; Rumbiak, Yensawai E.
Jurnal Manajemen dan Bisnis, ISSN : 2615 - 0425 (Print), e-ISSN : 2622 - 7142 (Online) Vol 3, No 1 (2019)
Publisher : Jurnal Manajemen dan Bisnis, ISSN : 2615 - 0425 (Print), e-ISSN : 2622 - 7142 (Online)

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (386.971 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui demografi dan aktivitas ekonomi dari para penjual  kuliner tradisional Papua di Pasar Pharaa Distrik Sentani Kota Kabupaten Jayapura. Lokasi penelitian dilakukan di Distrik Sentani Kota Kabupaten Jayapura. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif. Subyek penelitian sebagai partisipan dalam penelitian ini adalah penjual kuliner tradisional di pasar Phara Sentani. Pengambilan data menggunakan teknik observasi, wawancara, dan studi pustaka. Data yang didapatkan akan dianalisis dengan menggunakan alat analisis deskriptif. Kesimpulan dari penelitian ini ada empat. Pertama, potensi kuliner tradisional khas Papua sangat besar untuk dikembangkan. Kedua, mayoritas penjual kuliner tradisional adalah perempuan Papua asli. Ketiga, kuliner khas Papua apabila tidak diperhatikan dan dikembangkan maka akan punah. Keempat, permasalahan di dalam pasar pada berbagai elemen masih ada baik secara horisontal maupun vertikal. Ada empat rekomendasi yang diberikan kepada pihak Pemerintah Daerah Kabupaten Jayapura yaitu: 1) Pemerintah Kabupaten Jayapura perlu secara konsisten memperhatikan keberadaan kuliner tradisional khas papua melalui kegiatan festival, los khusus di pasar untuk menjual kuliner khas papua dan kegiatan lainnya. 2) Pemerintah Kabupaten Jayapura melakukan sosialisasi tentang manfaat dari mengkonsumsi kuliner tradisional khas papua baik dari segi kesehatan, ekonomi dan menjaga kearifan lokal agar tetap lestari 3) Pemerintah Kabupaten Jayapura perlu membantu penjual tradisional dari sisi modal, motivasi dan pendampingan dalam pengembangan usaha 4) Pemerintah Kabupaten Jayapura perlu memperhatikan kondisi sosial dan keteraturan di dalam Pasar Pharaa.
Analisis Pendapatan Nelayan dan Distribusi Pemasaran Ikan Cakalang di Kota Jayapura Klara, Antonia; Ratang, Sarlota Arrang; Hutajulu, Halomoan
Jurnal Manajemen dan Bisnis, ISSN : 2615 - 0425 (Print), e-ISSN : 2622 - 7142 (Online) Vol 3, No 1 (2019)
Publisher : Jurnal Manajemen dan Bisnis, ISSN : 2615 - 0425 (Print), e-ISSN : 2622 - 7142 (Online)

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (611.186 KB)

Abstract

Resource of skipjack fish is one of the recovered natural resources found in Jayapura City and has the potential to be optimized in supporting regional development and efforts to improve community welfare. the utilization efforts so far still use a conventional approach that is oriented towards yield and number of catches. The purpose of the study was to understand the factors that influence the income of fishermen, and understand the marketing system of catching tuna fish in Jayapura City. Respondents researched 90 families using randomized stratification methods. The type of data used: primary data in the form of community income data, the number of fishermen's catches, the number and types of production costs, marketing systems, types and fishing equipment, social culture of the community. Secondary data are fisheries statistics, annual reports, Jayapura City in numbers. Data sources are DKP, BPS, Bappeda, Disperindagkop Kota Jayapura. The research analysis methods are Multiple Regression Analysis with the Smallest Squares Method (OLS) and Marketing System Analysis Methods. The results showed that the variable selling price, the number of catches, work experience, capital, age, education level and fishing gear had a significant influence on the income of fishermen. Determination Value R2 = 0.890. The results of various classical assumption tests indicate that the data normality test is very normal and residuals have spread normally.
Analisis Pendapatan Petani Pala Di Kampung Brongkendik Distrik Fakfak Tengah Kabupaten Fakfak Lakupais, Nonce Oktavina; Wanma, Johanis R.
Jurnal Manajemen dan Bisnis, ISSN : 2615 - 0425 (Print), e-ISSN : 2622 - 7142 (Online) Vol 3, No 1 (2019)
Publisher : Jurnal Manajemen dan Bisnis, ISSN : 2615 - 0425 (Print), e-ISSN : 2622 - 7142 (Online)

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (693.439 KB)

Abstract

The study aims 1) To analyze the income Of nutmeg farmer per one harvest seasons at Brongkendik Village in the middle of Fakfak Regency.2) To determine factors that affect the income level of nutmeg growers at Brongkendik village in the middle of Fakfak regency.The study used income analysis arithmetic, income statement, R/C Ratio and BEP. Based on the calculation result, it can be concluded that the average earning farmer in one harvest season is Rp.9,503,000,- maximum Rp.39,950,000,- with R/C income of nutmeg growers is at least 6.43 maximum of 13.01 which means that every Rp.1.00 used in one harvest season will produce minimum revenue of Rp.6,43. The acquisition value of R/C is >1, or with another word that is advantageous for the farmer of Nutmeg at Brongkendik village in the middle of Fakfak regency. With minimum value of BEP is Rp.103,643 maximum Rp.192,558 so farmers do not suffer losses and profits.
PENGARUH ECONOMIC VALUE ADDED DAN MARKET VALUE ADDED TERHADAP INDEKS HARGA SAHAM INDIVIDUAL PADA PERUSAHAAN – PERUSAHAAN PROPERTY DAN REAL ESTATE YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA PERIODE 2013-2015 Novitasari, Muslikha; Erari, Anita
Jurnal Manajemen dan Bisnis, ISSN : 2615 - 0425 (Print), e-ISSN : 2622 - 7142 (Online) Vol 1, No 1 (2017)
Publisher : Jurnal Manajemen dan Bisnis, ISSN : 2615 - 0425 (Print), e-ISSN : 2622 - 7142 (Online)

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (821.124 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui,  menganalisis dan menguji pengaruh Economic Value Added (EVA) dan Market Value Added (MVA) terhadap Indeks Harga Saham Individual (IHSI) pada perusahaan-perusahaan Property dan Real Estate yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Periode dalam penelitian ini selama 3 tahun, yaitu mulai dari tahun 2013-2015. Metode pengambilan sampel menggunakan purposive sampling, dan diperoleh 13 perusahaan yang memenuhi kriteria pengambilan sampel dari populasi sebanyak 43 perusahaan. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode analisis data menggunakan metode analisis nilai tambah ekonomis dan nilai tambah pasar. Dimana hasil tersebut dihitung kembali menggunkan SPSS 16 dengan analisis regresi linier berganda dan uji asumsi klasik (uji normalitas, uji multikolonieritas, uji heteroskedastitas, dan uji autokorelasi). Pengujian hipotesis yang digunakan adalah uji T, uji F dan uji determinasi. Berdasarkan hasil analisis data, secara parsial Economic Value Added berpengaruh positif dan signifikan terhadap Indeks Harga Saham Individual dibuktikan dengan nilai koefisien regresi sebesar 0,456 pada nilai signifikansi 0,003 sehingga hipotesis diterima. Market Value Added berpengaruh positif dan signifikan terhadap Indeks Harga Saham Individual dibuktikan dengan nilai koefisien regresi sebesar 0,503 pada nilai signifikansi sebesar 0,008 sehingga hipotesis diterima. Hasil uji simultan menggunakan uji F memiliki nilai sebesar 0,390 dengan nilai signifikansi sebesar 0,006. Nilai koefisien determinasi Adjusted R2 sebesar 0,613. Hal ini berarti kemampuan variabel independen dalam menjelaskan variabel-variabel dependen adalah sebesar 61,3%, sedangkan sisanya sebesar 38,7% dijelaskan oleh variabel independen lain di luar penelitian ini.
Potensi Existing Dan Pariwisata Berbasis Kemasyarakatan di Kabupaten Jayapura Ratang, Westim
Jurnal Manajemen dan Bisnis, ISSN : 2615 - 0425 (Print), e-ISSN : 2622 - 7142 (Online) Vol 2, No 2 (2018)
Publisher : Jurnal Manajemen dan Bisnis, ISSN : 2615 - 0425 (Print), e-ISSN : 2622 - 7142 (Online)

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (833.829 KB)

Abstract

ABSTRACKKekayaan Sumber daya alam dan kebudayaan yang dimiliki Kabupaten Jayapura cukup beragam dan tersebar hampir di setiap wilayah pembangunannya, baik berupa potensi alamnya, kearifan kekayaan kebudayaan lokalnya, hingga kekayaan sejarahnya. Di Wilayah pesisir pantai utara Kabupaten Jayapura terdapat deretan pantai-pantai yang indah (pantai Tablanusu, Amai, Dormena, Harlend dan lain-lain), di wilayah selatannya terdapat Danau Sentani. Segala potensi ini memiliki nilai tersendiri bagi sektor pariwisata dan sangat perlu untuk di kembangkan. Pengembangan potensi di bidang kepariwisataan ini perlu digiatkan dengan seksama sehingga tercipta suatu tata kelola yang baik dan mampu mengatur, menyediakan, melayani, memenuhi segala kebutuhan kepariwisataan di setiap obyek-obyek wisata yang menjadi sasaran pengembangan tersebut. Untuk mencapai suatu penataan yang prima itu perlu adanya pemahaman mengenai setiap potensi wisata itu secara mendalam tentang karakteristik, daya tarik, keunikan, dan juga tantangan-tantangan yang mengikutinya melaui suatu proses identifikasi dan pemetaan yang seksama sehingga tergambarkan secara jelas setiap potensi tersebut. Tujuan penelitian adalah: (1) Mengidentifikasi Potensi Obyek Wisata di Kabupaten Jayapura, (2) Melakukan Pemetaan Penyebaran Potensi Obyek  Wisata di Kabupaten Jayapura, (3) Mengidentifikasi existing objek dan destinasi wisata yang tersebar di Kabupaten Jayapura. Pembatasan Masalah hanya pada Wilayah pembangunan I, Teknik pengumpulan data dengan pengamatan, survey lapangan, wawancara dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan data primer dan data sekunder. Teknik analisis data mengunakan analisis komparasi atraksi wisata dan pemetaan penyebaran potensi obyek wisata. Hasil analisi Analisis potensi wisata terdapat beberapa tempat wisata yang sangat berpotensi yakni: Danau Sentani, Tugu Mac. Arthur, Ukiran Tradisional, Pahatan kayu, Air Terjun Suemba, Air Terjun Sereh. Wisata yang masuk dalam kategori berpotensi yakni Telaga Ombe, Telaga Busaring, Telaga Bukakang, Peti Batu dan lain sebagainya. Kondisi eksisting obyek dan destinasi wisata di Wilayah Pembangunan I Kabupaten Jayapura menunjukkan bahwa hanya sebagian kecil saja destinasi wisata yang berpotensi untuk menjadi destinasi wisata unggulan. Jenis destinasi wisata favorit di wilayah pembangunan I Kabupaten Jayapura didominasi oleh jenis wisata alam berbasis air yakni berupa: Danau Sentani, Pantai Amay, Tablasupa, Tablanusu, Kali Damsari, Kali Biru, sedangkan wisata berupa peninggalan sejarah adalah tugu Mac. Arthur.
Budidaya Tanaman Kopi Arabika Sebagai Pendorong Ekonomi Masyarakat di Kabupaten Intan Jaya Purwadi, Marsi Adi
Jurnal Manajemen dan Bisnis, ISSN : 2615 - 0425 (Print), e-ISSN : 2622 - 7142 (Online) Vol 2, No 1 (2018)
Publisher : Jurnal Manajemen dan Bisnis, ISSN : 2615 - 0425 (Print), e-ISSN : 2622 - 7142 (Online)

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (946.306 KB)

Abstract

Tujuan yang ingin dicapai dari Studi Potensi Investasi Komoditi Kopi di Kabupaten Intan Jaya adalah penyusunan analisis kelayakan bisnis komoditi lokal dalam upaya pengembangan potensi ekonomi di Kabupaten Intan Jaya. Dengan pendekatan kriteria investasi yang digunakan meliputi: Net Present Value (NPV), Net Benefit Cost Ratio (Net B/C), Gross Benefit Cost Ratio (Gross B/C), Internal Rate of Return (IRR),Profitability Ratio (PR), Payback Period (PP). Adapun hasil dari penelitian ini adalah: 1)  Potensialnya tanaman Kopi Arabika di Kabupaten Intan Jaya terlihat dari banyaknya tamanan tersebut dibudidayakan oleh masyarakat Intan Jaya. Hanya saja, pengelolaan tanaman Kopi Arabika di Kabupaten Intan Jaya masih dilakukan secara tradisional, meski telah diberikan pendampingan oleh pemerintah daerah; 2) Berdasarkan hasil pengolahan data ditemukan bahwa produk/komoditi kopi adalah komoditi yang layak diinvestasikan, baik oleh masyarakat maupun pemerintah daerah; dan 3) Secara garis besarnya terdapat 7 aspek pembangunan yang menjadi arah pengembangan produk/komoditi Kopi yang layak investasi di Kabupaten Intan Jaya menurut skala prioritas pada masing-masing kabupaten yakni: (1) produk lokal, (2) pasar, (3) tata niaga, (4) nilai tambah, (5) kemitraan, (6) dukungan pemerintah daerah, dan (7) penerapan teknologi tepat guna.
PENGARUH KEPUASAN KERJA DAN KOMITMEN ORGANISASIONAL TERHADAP KINERJA KARYAWAN ( Studi Pada Perusahaan Daerah Air Minum Jayapura) Syauta, Jack Henry
Jurnal Manajemen dan Bisnis, ISSN : 2615 - 0425 (Print), e-ISSN : 2622 - 7142 (Online) Vol 1, No 1 (2017)
Publisher : Jurnal Manajemen dan Bisnis, ISSN : 2615 - 0425 (Print), e-ISSN : 2622 - 7142 (Online)

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (230.965 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mengkaji pengaruh kepuasan kerja terhadap kinerja karyawan pada perusahaan daerah air minum jayapura, pengaruh komitmen organisasional terhadap kinerja karyawan pada perusahaan daerah air minum jayapura, dan pengaruh kepuasan kerja dan komitmen organisasional terhadap kinerja karyawan pada Perusahaan Daerah Air Minum Jayapura. Metode analisis yang digunakan adalah metode regresi linear berganda (multi linear regression), dengan menggunakan program SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara partial variabel kepuasan kerja berpengaruh signifikan dan positif terhadap peningkatan kerja karyawan. Dengan demikian semakin tinggi kepuasan kerja maka dapat meningkatkan kinerja karyawan pada PDAM Jayapura, secara partial komitmen organisasional berpengaruh signifikan dan positif terhadap kinerja. Hal ini mengindikasikan bahwa semakin tinggi komitmen organisasional dapat menigkatkan kinerja karyawan PDAM Jayapura. dan secara simultan kepuasan kerja dan komitmen organisasional berpengaruh signifkan dan positif  terhadap kinerja. Hal ini bahwa semakin tinggi kepuasan kerja dan komitmen organisasional dapat meningkatkan kinerja karyawan PDAM Jayapura. 
Kajian Kinerja Mesin Pematangan Opak Ketan dengan Metode Roller Sagita, Boby Hera; Nafizah, Ully Yunita; El Hadi, Rosad Maali; Amani, Husni
Jurnal Manajemen dan Bisnis, ISSN : 2615 - 0425 (Print), e-ISSN : 2622 - 7142 (Online) Vol 2, No 2 (2018)
Publisher : Jurnal Manajemen dan Bisnis, ISSN : 2615 - 0425 (Print), e-ISSN : 2622 - 7142 (Online)

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1088.754 KB)

Abstract

Opak ketan merupakan salah satu makanan tradisional Jawa Barat yang proses produksi nya masih menggunakan proses tradisional. Proses utama pembuatan opak ketan adalah melalui propses pemanggangan manual, dimana opak diletakkan di atas kawat ram yang diletakkan di atas tungku bara api. Proses ini sangat bergantung dari ketrampilan karyawan dan ketepatan dalam membolak-balik bahan makanan agar memperoleh hasil yang optimal. Hal inilah yang menyebabkan variatif nya hasil kualitas pemanggangan opak. Selain itu, proses pemanggangan tradisional memiliki kapasitas produksi yang terbatas, sehingga permintaan yang tinggi dari pelanggan sering kali tidak dapat dipenuhi. Alat mesin pematangan opak ketan dengan metode roller, kemudian, dikembangkan sebagai produk teknologi tepat guna yang dapat diimplementasikan oleh industri kecil Opak. Mesin pematangan opak ketan dengan metode roller ini didesain untuk dapat dijadikan media pematangan menggunakan penggerak mesin dengan tenaga listrik, dan dengan tingkat kecepatan rendah. Dengan menggunakan mesin pematang opak ketan metode roler ini, diharapkan proses pematangan bisa dilakukan dengan mesin, tingkat kematangan bisa di seragamkan, dan proses produksi tidak dibatasi oleh ketrampilan karyawan. Paper ini membahas kajian kinerja dan kelayakan dari mesin pematangan opak ketan menggunakan roler. Kajian yang akan dibahas mencakup kajian performa mesin dari segi waktu pemanggangan dan kapasitas produksi opak ketan.

Page 1 of 3 | Total Record : 28