cover
Filter by Year
J Statistika: Jurnal Ilmiah Teori dan Aplikasi Statistika
ISSN : -     EISSN : -
Articles
41
Articles
Pemodelan Derajat Kesehatan Menggunakan Structural Equation Modeling di Kabupaten Kediri

tohari, amin

J Statistika: Jurnal Ilmiah Teori dan Aplikasi Statistika Vol 10 No 2 (2017): Jstatistika
Publisher : J Statistika: Jurnal Ilmiah Teori dan Aplikasi Statistika

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (160.683 KB)

Abstract

Situasi derajat kesehatan di Kabupaten Kediri pada tahun 2015 menunjukkan bahwa kedudukan Akngka Kematian Ibu (AKI) sama dengan angka tahun sebelumnya, sedangkan kondisi Angka Kematian Bayi (AKB) cenderung menurun dibandingkan dengan tahun 2013. Derajat kesehatan dan faktor-faktor yang mempengaruhi merupakan variabel laten yang membutuhkan indikator untuk mengukurnya, sehingga memerlukan metode analisis multivariate yang mengakomodir hubungan antar variabel laten yaitu structural equation modeling (SEM). SEM-PLS dapat digunakan ukuran sampel yang kecil, dan tidak mengharuskan berdistribusi multivariate normal. Penelitian ini menggunakan data skunder yang diambil dari dinas kesehatan Kabupaten Kediri yang terangkum dalam profil kesehatan Kabupaten Kediri tahun 2015, kemudian diolah menggunakan SmartPLS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa lingkungan, perilaku masyarakat, dan pelayanan kesehatan berpengaruh negatif dan signifikan.

Pemetaan Hasil Pemodelan Faktor-Faktor yang Berpengaruh Terhadap Prevalensi Balita Gizi Buruk di Provinsi Jawa Timur Tahun 2014 dengan Mixed Geographically Weighted Regression (MGWR)

putri hermanto, elvira mustikawati

J Statistika: Jurnal Ilmiah Teori dan Aplikasi Statistika Vol 10 No 2 (2017): Jstatistika
Publisher : J Statistika: Jurnal Ilmiah Teori dan Aplikasi Statistika

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (170.279 KB)

Abstract

Berdasarkan data Profil Kesehatan Indonesia, Pada tahun 2014, Provinsi Jawa Timur menempati urutan pertama kasus balita gizi buruk di Indonesia. Berbagai upaya telah dilakukan oleh pemerintah provinsi sebagai upaya untuk perbaikan gizi secara intervensi spesifik (kesehatan) dan intervensi sensitive (non kesehatan). Sebagai salah satu upaya untuk menekan kasus gizi buruk di Provinsi Jawa Timur, maka penelitian ini dilakukan untuk mengetahui faktor-faktor yang berpengaruh terhadap persentase balita gizi buruk di masing-masing kabupaten/kota sekaligus faktor yang berpengaruh secara global di Provinsi Jawa Timur. Metode yang digunakan adalah Mixed Geographically Weighted Regression (MGWR). Berdasarkan hasil analisis dengan MGWR, diketahui variabel yang berpengaruh secara global adalah variabel X7 dan X10, sedangkan variabel yang berpengaruh secara local adalah variabel X1. Namun, berdasarkan uji kebaikan model dengan kriteria R2, diketahui bahwa model MGWR tidak lebih baik dibandingkan dengan model GWR. Nilai R2 MGWR adalah sebesar 53.60% sedangkan R2 GWR sebesar 61.53%.

Prediksi Jumlah Kunjungan Wisatawan Mancanegara di Indonesia dengan Menggunakan Metode ARIMA Box-Jenkins dan Jaringan Syaraf Tiruan

indrasetianingsih, artanti, damayanti, ika

J Statistika: Jurnal Ilmiah Teori dan Aplikasi Statistika Vol 10 No 2 (2017): Jstatistika
Publisher : J Statistika: Jurnal Ilmiah Teori dan Aplikasi Statistika

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (281.392 KB)

Abstract

Salah satu bidang yang banyak diperebutkan di era Masyarakat Ekonomi Asia (MEA) adalah bidang pariwisata. Indonesia sebagai bagian dari Negara-negara ASEAN (Association of South East Asian Nations), merupakan negara yang kaya akan budaya dan memiliki banyak destinasi wisata yang patut diperhitungkan baik di tingkat regional maupun internasional.  Jumlah kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) ke Indonesia mengalami peningkatan dari tahun ke tahun. Peningkatan jumlah kunjungan wisatawan mancanegara tersebut ternyata masih menempatkan Indonesia di posisi ke empat di negara-negara ASEAN pada tahun 2012 dan 2014. Pada tahun 2019, Kementrian Pariwisata (Kemenpar) menargetkan jumlah wisman yang berkunjung ke Indonesia sebesar  20 juta. Perlu adanya sinergi dari pemerintah dan masyarakat, baik dari pemerintah pusat maupun daerah. Selain itu juga diperlukan adanya perencanaan dan strategi promosi yang tepat. Salah satu cara untuk memperoleh gambaran tentang  jumlah  kunjungan wisatawan  mancanegara ke Indonesia adalah melakukan peramalan dengan menggunakan analisis deret runtun waktu. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memperoleh prediksi jumlah wisatawan mancanegara yang berkunjung ke Indonesia tahun 2017 s.d tahun 2019 dengan menggunakan metode ARIMA Box-Jenkins dan Jaringan Syaraf Tiruan, serta membandingkan hasil prediksi jumlah kunjungan wisatawan mancanegara ke Indonesia hasil menggunakan ARIMA Box-Jenkins dengan Jaringan Syaraf Tiruan. Data yang digunakan adalah data bulanan jumlah kunjungan wisman ke Indonesia mulai bulan Januari 2010 sampai bulan Juni 2017. Hasil yang diperoleh dari analisis ARIMA Box Jenkins adalah model ARIMA (0,1,1)(0,0,2)12 , sedangkan hasil analisis menggunakan Jaringan Syaraf Tiruan algoritma backpropagation yang digunakan adalah dengan hidden layer 3. Hasil perhitungan nilai kesalahan peramalan dengan MAPE, MAD dan MSE didapatkan bahwa metode ARIMA mempunyai nilai MAD = 8.069,81 dan MSE = 9.134.981.806,98 yang lebih rendah dibanding metode Jaringan Syaraf Tiruan, maka metode yang lebih baik digunakan untuk meramalkan jumlah kunjungan wisman ke Indonesia adalah ARIMA (0,1,1)(0,0,2)12.

PEMODELAN PEMILIHAN JENIS PENDIDIKAN SEKOLAH TINGKAT SMA SEDERAJAT DI KEL. POGAR KEC. BANGIL MENGGUNAKAN REGRESI LOGISTIK MULTINOMIAL

Heriyansyah, Dwi, Sulistiyawan, Edy

J Statistika: Jurnal Ilmiah Teori dan Aplikasi Statistika Vol 10 No 2 (2017): Jstatistika
Publisher : J Statistika: Jurnal Ilmiah Teori dan Aplikasi Statistika

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (240.608 KB)

Abstract

Equal high school education is broadly divided into three types of education namely; General education, vocationaleducation and religious. A study was conducted on 200 children with status as equivalent high school students in Kelurahan Pogar, Kecamatan Bangil District by using multinomial logistic regression analysis to determine the tendency of school type selection. This study uses seven predictor variables are; sex (X1), father education (X2), mother education (X3), father work (X4), mother work (X5), child status (X6) and family status (X7). Based on the result of multinomial logistic regression analysis simultaniously, it is know that only one variable can be used as a model significanly that is sex variables and obtained logit model of _sex(male). Probability for the selection of public school education types based on male sex are 0,06 and the probability of choosing the type of vocational school education based on male sex is 0,94. When viewed from the value of the odds ratio (Exp(B)), it can be concluded that the tendency for the selection of the type of vocational school education for the male is 2,851 times greater than the female sex.

Pengetahuan Ibu tentang Imunisasi terhadap Kesehatan Balita di Desa Sumput Kecamatan Driyorejo Kabupaten Gresik

Oktavianingsih, Retno, Pramesti, Wara

J Statistika: Jurnal Ilmiah Teori dan Aplikasi Statistika Vol 10 No 2 (2017): Jstatistika
Publisher : J Statistika: Jurnal Ilmiah Teori dan Aplikasi Statistika

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (316.752 KB)

Abstract

Immunization As one of the preventive efforts to prevent the disease through immunity should be carried out continuously, thoroughly, and implemented according to standards as provide health protection and break the chain of transmission. With 62 respondents mothers to know maternal education, mothers job, mothers age and mothers knowledge about immunization. Based on test analysis of Hormer and Lemeshow binary logistic regression equation can be used to analyze mothers knowledge about health immunization (Y). This is known because the sig value> 0.05. From the result of regression anaisis above is not generated by regression equation, interpretation from analysis seen in discussion chapter of model interpretation. Based on the Wald test results known independent variables do not significantly affect the dependent variable. Based on Nagelkerke determination coefficient of 0,148 or 14,8%. This means that mothers knowledge about immunization does not affect toddler health in general. There is no relationship between maternal education, mothers job, mothers age, and mothers knowledge about immunization against the health variable toddler because of the height of any mothers education, mothers job, mothers age, and mothers knowledge but if the toddler is not paid attention seriously will affect health Toddler.

ANALISIS FAKTOR FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUASAN DAN LOYALITAS KONSUMEN PENGGUNA FLEXI TRENDY WILAYAH SURABAYA DENGAN MENGGUNAKAN METODE STRUCTURAL EQUATION MODELING

Kosasih, Rinda Naomi

J Statistika: Jurnal Ilmiah Teori dan Aplikasi Statistika Vol 3 No 01 (2011)
Publisher : J Statistika: Jurnal Ilmiah Teori dan Aplikasi Statistika

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

Kepuasan dan loyalitas pelanggan merupakan salah satu hal yang harus diperhatikan oleh perusahaan agar perusahaannya dapat berlangsung dengan baik. Pada kasus pengguna flexi trendy wilayah Surabaya menunjukkan bahwa Customer Complain dan Perceived Value dikeluarkan dari model karena tidak mempunyai pengaruh baik secara langsung maupun secara tidak langsung, terhadap Loyalitas pengguna CDMA pra bayar Flexi Trendy. Pada modifikasi pertama, adanya pemberian konstrain pada variabel Quality Product dan Customer Satisfaction untuk menaikan nilai membuat nilai indeks koefisien regresi variabel Quality Product menjadi tidak signifikan, sehingga dibuat model modifikasi kedua dengan menghilangkan variabel Quality Product dan hasil yang diperoleh lebih baik dari model modifikasi pertama. Dari hasil analisis juga didapatkan bahwa loyalitas Customer tidak hanya dipengaruhi oleh kepuasan Customer atau Customer Satisfaction sebesar 45%, namun Image merek perusahaan turut mempengaruhi langsung secara signifikan sebesar 36%. sedangkan Customer Satisfaction atau kepuasan Customer dipengaruhi secara langsung oleh dua faktor yaitu image perusahaan atau Brand Image sebesar 22%, dan kualitas Customer Service atau Customer Service Quality sebesar 61%. Analisis juga memperlihatkan bahwa Customer yang hanya sampai pada level puas menggunakan Flexi Trendy, Brand perusahaan hanya berpengaruh kecil pada mindset Customer yaitu hanya sbesar 22%, sedangkan jika Customer sudah loyal maka Brand perusahaan lebih banyak mempengaruhi sebanyak 36%, sehingga pihak TELKOM Flexi lebih baik memusatkan kegiatan pemasaran dan periklanan pada customer yang terkategori loyal, karena selain biaya yang lebih murah juga pemasaran melalui word-of-mouth menjadi lebih efisien.

STUDI PARTISIPASI STAKEHOLDER DALAM PENGUATAN STATUS KAWASAN CAGAR ALAM PULAU ENU PULAU KARANG KABUPATEN KEPULAUAN ARU

arieska, pemadina kanah

J Statistika: Jurnal Ilmiah Teori dan Aplikasi Statistika Vol 3 No 01 (2011)
Publisher : J Statistika: Jurnal Ilmiah Teori dan Aplikasi Statistika

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

Kesalahan menentukan jenis daerah sebagai konservasi ataukah preservasi akan sangat fatal akibatnya bagi lingkungan. Oleh karena itu Studi partisipasi stakeholder dalam penguatan status kawasan cagar alam perlu dilakukan. Pulau Enu dan pulau karang merupakan salah satu pulau kecil di Indonesia. Dengan Analytical Hirarchi Process dapat diketahui penetapan daerah yang tepat untuk kedua pulau ini. Dan analisis bisa disimpulkan bahwa bobot untuk menjadikan daerah konservasi jauh lebih besar dibandingkan daerah preservasi. Daerah konservasi sebesar 87,3% dan daerah preservasi sebesar 12,7%. Dengan demikian untuk pengembangan kawasan Cagar Alam Pulau Enu dan Pulau Karang akan lebih bermanfaat dan lebih sesuai untuk dijadikan daerah konservasi sesuai dengan pendapat stakeholder dikabupaten Kepulauan Aru.Daerah konservasi memang sesuai diterapkan untuk pulau Enu dan pulau Karang. Salah satu upaya pengembangan pengelolaan sumberdaya pesisir secara berkelanjutan adalah dengan menerapkan konsep konservasi yang memberikan perlindungan bagi sumberdaya pesisir dimaksud. Sumberdaya pesisir ini salah satunya harus memenuhi persyaratan kelangkaan, berperan penting dalam ekosistem, tetapi juga memiliki daya tank tersendiri bagi pengembangan kawasan ekowisata.

TINGKAT KELELAHAN PERFORMEN KERJA BERDIRI PADA OPERATOR SPBU

santoso, gempur

J Statistika: Jurnal Ilmiah Teori dan Aplikasi Statistika Vol 3 No 01 (2011)
Publisher : J Statistika: Jurnal Ilmiah Teori dan Aplikasi Statistika

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

Stasiun Pengisian Bahan Bahr Umum (SPBU) tenaga kerja operator pengisian bahan bakar kendaraan bekerja terus menerus dan lama, performen kerja seperti itu sangat melelahkan. Populasi penelitian ini adalah operator SPBU di Kota Surabaya. Besar sampel penelitian ini adalah 62 orang terdiri laki-laki 41 orang dan perempuan 1 orang. Usia responden berkisar 20 tahun sampai dengan 36 tahun. Data penelitian diambil menggunakan esioner Nordic Body Map dan kuesioner kelelahan subyektif secara umum. Analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif. Kesimpulan penelitian ini menyebutkan bahwa operator SBPU mengalami keluhan tertinggi yakni rasa sakit pada bahu kanan (26,08%), punggung (21,74%), betis kanan (21,74%), dan betis kiri (21,74%)serta tingkat kelelahan sebesar 29,09%. Otot rangka (skeletal muscle) operator SPBU yang lebih banyak terbebani sangat mungkin terletak pada otot trapezius, rhomboidius, dan lattisinus dorsi, serta otot tibia dan fibula. Saran, agar operator SPBU tidak lagi bekerja performen berdiri secara terus menerus perlu diberikan kursi ergonomis.

PERAMALAN BEBAN LISTRIK JANGKA PENDEK PADA PT. PLN AREA JAWA TIMUR – BALI MENGGUNAKAN SUPPORT VECTOR MACHINE

Trapsilasiwi, Rani Kemala

J Statistika: Jurnal Ilmiah Teori dan Aplikasi Statistika Vol 3 No 01 (2011)
Publisher : J Statistika: Jurnal Ilmiah Teori dan Aplikasi Statistika

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

Peramalan beban listrik jangka pendek merupakan faktor yang sangat penting dalam perencanaan dan pengoperasian sistem tenaga listrik. Tujuan dari peramalan beban listrik adalah agar permintaan listrik dan penyediaan listrik dapat seimbang. Metode Support Vector Machine (SVM) adalah salah satu metode yang dapat dipakai untuk peramalan beban listrik dikarenakan karakteristik beban listrik sangat fluktuatif dan mempunyai pola non linier. Keakuratan metode SVM dapat diketahui dengan menggunakan MAPE, MAE, MSE, MPE dan R2. Hasil dari kriteria keakuratan menunjukkan bahwa hasil peramalan SVM adalah sangat bagus dengan nilai MAPE dari SVM adalah 3.01 serta nilai R2 dari SVM adalah 91.53%.

Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Peningkatan Kualitas Hidup Penderita Stroke

wahyuni, sri

J Statistika: Jurnal Ilmiah Teori dan Aplikasi Statistika Vol 4 No 1 (2012)
Publisher : J Statistika: Jurnal Ilmiah Teori dan Aplikasi Statistika

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (65.432 KB)

Abstract

Stroke atau gangguan peredaran darah otak (GDPO) merupakan penyakit neuorologik yang sering dijumpai di negara–negara maju maupun berkembang. Analisis diskriptif digunakan untuk mengetahui karakteristik pasien stroke dilihat dari kualitas hidupnya, sedangkan regresi logistik dikotomus digunakan untuk mengetahui faktor terapi yang berpengaruh terhadap kualitas hidup penderita stroke.Dalam analisis deskriptif disimpulkan bahwa dari 151 penderita stroke yang diambil pada bulan Januari sampai dengan Juni tahun 2006 menunjukkan bahwa ada 92 orang (60,9%) yang kualitas hidupnya meningkat dari keadaan awal. Sedangkan sisanya 59 orang (39,1%) kualitas hidupnya tetap seperti keadaan awal masuk rumah sakit. Kondisi penderita stroke ditinjau dari masalah yang berhubungan dengan terapi obat–obatan menunjukkan bahwa 16 orang (10,6%) mengalami masalah ketidaktepatan obat, 31 orang (20,5%) mendapatkan ketidaktepatan saat pemberian obat, lama pemberian obat yang tidak tepat sebanyak 31 orang (20,5%), 29 orang (19,2%) yang gagal mendapatkan obat, hanya ada 4 orang (2,6%) yang mengalami interaksi obat, 35 orang (23,2%) yang menggunakan tidak sesuai dengan petunjuk yang diberikan. Dengan mengunakan analisis regresi logistik terdapat 4 variabel yang berpengaruh terhadap usaha peningkatan kualitas hidup penderita stroke.