cover
Contact Name
Fido Rizki
Contact Email
fidorizki@gmail.com
Phone
+6282179654408
Journal Mail Official
-
Editorial Address
Jalan Jendral Besar H.M Soeharto Kelurahan Lubuk Kupang Kecamatan Lubuklinggau Barat I Kota Lubuklinggau Provinsi Sumatera Selatan
Location
Kota lubuk linggau,
Sumatera selatan
INDONESIA
JUTIM (Jurnal Teknik Informatika Musirawas)
ISSN : 25411888     EISSN : 26145782     DOI : https://doi.org/10.32767/jutim
Jurnal Teknik Informatika Musirawas merupakan Jurnal ilmiah yang meliputi kompetensi Human Computer Interaction, IT Governance, Networking Technology, New Media Technology, Information Search Engine, Multimedia, Information Retrieval, Intelligent System, Distributed Computing System, Mobile Processing, Computer Network Security, Natural Language Processing, Software Engineering, Programming Methodology and Paradigm, Data Engineering, Information Management, Knowledge Based Management System, Game Technology Jurnal Teknik Informatika Musirawas terbit sebanyak dua kali dalam satu tahun, pada bulan Juni dan Desember.
Articles 118 Documents
PEMBANGUNAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF MENGGUNAKAN MACROMEDIA FLASH 8 Risdiansyah, Deni; Dharmawan, Weiskhy Steven; Purwaningtias, Deasy
JUTIM (Jurnal Teknik Informatika Musirawas) Vol 4 No 1 (2019): JUTIM (JURNAL TEKNIK INFORMATIKA MUSIRAWAS) JUNI
Publisher : LPPM UNIVERSITAS BINA INSAN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (454.176 KB) | DOI: 10.32767/jutim.v4i1.446

Abstract

Abstrak Umumnya sebagian besar penyampaian ilmu di bidang pendidikan dalam proses belajar mengajar masih menggunakan cara yang konvensional, hal ini menyebabkan sulitnya pemahaman siswa dan terlihat lebih membosankan. Terlebih lagi dalam sub bab materi tentang gaya yang diperuntukkan untuk kelas 5 sekolah dasar ini banyak yang berkaitan dengan praktek atau kejadian yang sebenarnya. Tentunya akan lebih mudah siswa untuk memahami materi dengan cara dibuat animasi tentang materi tersebut. Maka dari itu diperlukan media pembelajaran yang sesuai agar siswa menjadi lebih tertarik dan mudah memahami materi tentang gaya. Penggunaan animasi interaktif merupakan solusi yang terbaik untuk memecahkan permasalah yang ada. Selain dapat digunkan sebagai media pembelajaran, animasi interaktif juga dapat menghilangkan rasa bosan terhadap aktivitas anak sehari-hari. Kata kunci—Animasi interaktif, Gaya, Media pembelajaran, Teknologi Abstract  Generally, most of teaching-learning processes implement conventional material delivery, which causes students to struggle in understanding them, and the process to be boring. Moreover, many things in the sub-chapter of the force material for 5th graders base themselves on real phenomena. Surely, it will be easier for students to understand those materials if there were animations made to explain them. Therefore, suitable learning media are required to gain students’ interest and understanding regarding the material of force. The use of interactive animation is one of the best solutions to overcome existing problems. Besides acting as a medium in teaching, it can also eliminate tediousness in students’ daily activities. Keywords— Interactive animation, Force, Teaching media, Technology
Perancangan Pola Pembelian Saham Berdasarkan Pekerjaan Nasabah Dengan Metode Association Rule Pt Xyz Wijaya, Novan; Taqwiym, Akhsani; Irsyad, Hafiz
Jurnal Teknik Informatika Musirawas (JUTIM) Vol 2, No 1 (2017): Jurnal Teknik Informatika MUSIRAWAS (JUTIM) Juni
Publisher : STMIK MUSIRAWAS

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Saham adalah tanda bukti pengambilan bagian atau peserta dalam suatu Perseroan Terbatas. Bagi perusahaan yang bersangkutan, hasil yang diterima dari penjualan sahamnya akan tetap tertanam dalam perusahaan tersebut selama hidupnya, meskipun bagi pemegang saham sendiri itu bukanlah merupakan penanam yang permanen. Karena setiap waktu pemegang saham dapat menjual sahamnya. Sebagai perusahaan broker, PT XYZ memiliki banyak data, baik itu data transaksi maupun data client. Perusahaan dapat memanfaatkan data-data tersebut untuk meningkatkan pelayanan kepada client, salah satunya dengan memberikan informasi berupa nasihat investasi. Misalnya informasi mengenai saham apa yang juga dibeli ketika seseorang membeli saham A dan seseorang dengan latar belakang pekerjaan dan penghasilan apa yang sering melakukan transaksi tersebut sehingga informasi-informasi ini dapat mengarahkan client dalam melakukan pembelian. Untuk itu, perusahaan membutuhkan suatu aplikasi guna menghasilkan pengetahuan yang nantinya dapat digunakan untuk memberikan nasihat investasi kepada client. Dengan menggunakan metode association rule (aturan asosiatif) yang merupakan salah satu teknik utama dalam data mining dan merupakan bentuk yang paling umum dipakai dalam menemukan pattern atau pola dari suatu kumpulan data.
Perancangan Olap System Penjualan Obat Pada Apotik K24 Lubuklinggau Berbasis Web Santoso, BuDi
Jurnal Teknik Informatika Musirawas (JUTIM) Vol 1, No 1 (2016): Jurnal Teknik Informatika MUSIRAWAS (JUTIM) Desember
Publisher : STMIK MUSIRAWAS

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Apotik K24 Lubuklinggau adalah salah satu apotik terbesar dikota Lubuklinggau yang beralamat di Jl. Majapahit, Kecamatan Lubuklinggau Timur 1 Kota Lubuklinggau, walaupun terbilang apotik ini masih baru karena baru 2 tahun apotik ini buka di kota Lubuklinggau, dengan pelayanan, tempat yang strategis dan buka selama 24 jam maka tingkat penjualan obat apotik ini sangat tinggi. Disebabkan oleh penumpukan data hasil transaksional penjualan obat pada Apotik K24 Lubuklinggau, pihak apotik kesulitan dalam hal analisis data penjualan, seperti obat apa saja yang paling laku setiap bulan, dan obat dari supplier mana saja yang paling banyak laku pada setiap bulan, maka dari itu dibutuh kan sebuah aplikasi yang mampu untuk menganilis data penjualan pada apotik K24 ini agar bisa membantu pihak manajemen apotik dalam pembelanjaan obat pada setiap bulan dan juga membantu dalam menentukan keputusan strategis untuk apotik ini. Dari permasalahan yang ada di K2 Lubuklinggau, dibutuhkan sebuah aplikasi yang mampu menangani masalah tersebut. Maka penulis tertarik untuk mengangkat permasalahan ini menjadi topik penelitian dengan judul ”Perancangan OLAP System Penjualan Obat Pada Apotik K24 Lubuklinggau Berbasis Web
RANCANGAN APLIKASI DISKUSI MAHASISWA DAN DOSEN BERBASIS WEB MOBILE DI STMIK MURA LUBUKLINGGAU Zulfauzi, Zulfauzi
Jurnal Teknik Informatika Musirawas (JUTIM) Vol 3, No 1 (2018): JURNAL TEKNIK INFORMATIKA MUSIRAWAS (JUTIM) JUNI
Publisher : STMIK MUSIRAWAS

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

AbstrakDunia komputer dan teknologi informasi mengalami perkembangan yang begitu pesat, internet merupakan salah satu aspek penting yang sangat berpengaruh dalam perkembangan teknologi informasi diseluruh dunia. Sebelum adanya internet sumber informasi hanya diperoleh melalui media massa baik itu media cetak seperti surat kabar atau buku, maupun melalui media elektronik seperti radio dan televisi. STMIK Musirawas Lubuklinggau belum terdapat wadah tempat diskusi bagi mahasiswa ataupun dosen yang dapat digunakan sebagai sarana tanya jawab. Diskusi yang dilakukan saat ini dinilai kurang efektif dan membuang banyak waktu karena untuk melakukan diskusi antara mahasiswa dan dosen harus mencari tempat dan waktu yang tepat untuk dapat bertemu, dan diskusi hanya terjadi saat mahasiswa ataupun dosen berada di kampus STMIK Musirawas Lubuklinggau. Dalam penelitian ini, akan dibangun aplikasi duskisi antara mahasiswa dan dosen di STMIK Musirawas Lubuklinggau untuk berinteraksi dan menampung aspirasi, serta pembahasan informasi yang bermanfaat bagi mahasiswa dan dosen dengan membuat Rancangan Aplikasi Diskusi berbasis Web Mobile sehingga akan untuk mahasiswa dapat lebih memiliki wawasan yang lebih terhadap pembahasan masalah yang didiskusikan dalam forum, aplikasi dibangun dengan metode pengembangan sistem Waterfall. Berdasarkan blackbox testing dan hasil evaluasi terhadap responden pengguna aplikasi, maka didapatkan bahwa aplikasi maupun sistem yang telah dibuat dapat digunakan umtuk wadah bagi mahasiswa dan dosen untuk melakukan diskusi yang dapat dilakukan dimanapun secara online. Kata kunci : Web Mobile, Waterfall, dan blackbox testing
SISTEM INFORMASI PENERIMAAN SISWA BARU SMP XAVERIUS PAGARALAM BERBASIS WEBSITE Muslim, Buhori; Prasetio, Yusak
Jurnal Teknik Informatika Musirawas (JUTIM) Vol 2, No 2 (2017): JURNAL TEKNIK INFORMATIKA MUSIRAWAS (JUTIM) DESEMBER
Publisher : STMIK MUSIRAWAS

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penerimaan Siswa Baru (PSB) online sebagai salah satu cara atau metode yang bertujuan untuk melakukan pendaftaran secara online bagi calon siswa baru pada SMP Xaverius Pagaralam. Berkembangnya teknologi informasi (TI) sekarang ini, agar informasi tentang sekolah sampai kepada calon siswa tanpa dibatasi geografis harus di sampaikan melalui website sehingga masyarakat dapat mengakses segala informasi sekolah dengan mudah terutama untuk PSB di SMP Xaverius Pagaralam. Metode pengembangan sistem yang digunakan dalam perancangan Sistem informasi PSB ini menggunakan metode waterfall. Sistem informasi PSB ini, diharapkan semua calon siswa atau wali siswa yang tidak bisa langsung datang mencari informasi menjadi lebih mudah dalam mendaftaran diri ke SMP Xaverius Pagaralam dalam hal ini karena dilakukan secara online di era digital saat ini hanya melalui PC atau laptop yang terhubung ke internet pendaftaran yang dilakukan calon siswa, tanpa harus datang ke sekolah artinya dapat dilakukan dirumah atau dimana saja.
Dampak Game Online Terhadap Prestasi Belajar Pelajar Ariantoro, Tri Rizqi
Jurnal Teknik Informatika Musirawas (JUTIM) Vol 1, No 1 (2016): Jurnal Teknik Informatika MUSIRAWAS (JUTIM) Desember
Publisher : STMIK MUSIRAWAS

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Game online sendiri merupakan wadah bermain yang sangat digemari remaja, dimana game online sendiri mempunyai beberapa daya tarik yang membuat remaja lebih memilih bermain dari pada belajar, hal tersebut dibuktikan dengan banyaknya remaja sering membolos dan menghabiskan waktu di depan computer dari pada buku, sehingga menyebabkan aktivitas sekolahnya terganggu. Tujuan dari penelitian ini adalah menjelaskan dan mendiskripsikan faktor-faktor penyebab remaja lebih suka game online, serta mengidentifikasi pengaruh game online terhadap prestasi remaja dan mendiskripsikan cara mengatasi kecanduan game online. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode kualitatif, pemilihan informan, orang-orang di ambil berdasarkan kriteria yang telah ditentukan sendiri oleh peneliti sesuai dengan latar dan tujuan dalam penelitian, adapun informan dalam penelitian tersebut adalah pemain game online, orang tua informan, dan juga pemilik game online tersebut. Dari hasil penelitian yang ditemukan faktor-faktor penyebab game online lebih disukai adalah game online lebih menarik daripada pelajaran disekolah, pengaruhnya bagi prestasi remaja tersebut yaitu menurunnya prestasi belajar remaja, dan cara mengatasi kecanduan game online yaitu didikan orang tua sangat diperlukan terutama dalam masalah belajar, remaja lebih ditekankan untuk belajar dari pada bermain game online, pemberian motivasi belajar bagi remaja.
SISTEM INFORMASI ANGKA KESEHATAN MASYARAKAT PADA PUSKESMAS SUMBERHARTA BERBASIS WEB MOBILE aviani, tri hasanah bimastari; Prasetyo, Edo
Jurnal Teknik Informatika Musirawas (JUTIM) Vol 2, No 2 (2017): JURNAL TEKNIK INFORMATIKA MUSIRAWAS (JUTIM) DESEMBER
Publisher : STMIK MUSIRAWAS

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Perkembangan zaman yang semakin canggih, serta dengan meningkatnya ilmu pengetahuan dan teknologi sangatlah jelas mempengaruhi kehidupan masyarakat secara luas serta mendorong manusia untuk melakukan aktifitas dengan cara-cara yang mudah, efektif dan efisien. Peran teknologi sekarang ini sudah dapat dikatakan sangat membantu aktifitas manusia dalam melaksanakan kegiatan kesehariannya, baik dibidang kesehatan, pendidikan, bisnis, serta dibidang-bidang lainnya. Sistem Informasi Angka Kesehatan Masyarakat Pada Puskesmas Sumber Harta berbasis Web Mobile dengan menggunakan b pemrograman PHP (Hypertext Preprocessor), Jquery Mobile. Kebutuhan-kebutuhan yang diperlukan dalam suatu pembangunan Sistem Informasi yaitu menggunakan UML (Unified Modelling Language), Database yang dibuat menggunakan MySQL. Hasil pengembangan aplikasi ini meliputi data Pasien, data Penyakit, data Wilayah dan data Transakasi. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa perangkat lunak yang dibangun adalah Aplikasi Pengolah Data Angka Kaesehatan Masyarakat berbasis Web Mobile. Hasil dari aplikasi ini diharapkan mampu memberikan kemudahan dalam mengolah/memproses data menjadi informasi cepat, tepat, akurat dan tentunya bermanfaat untuk semua pihak.
Studi Performa Migrasi Ipv4 Ke Ipv6 Pada Metode Tunneling Mukti, Aan Restu; syah, Ferdian
Jurnal Teknik Informatika Musirawas (JUTIM) Vol 2, No 1 (2017): Jurnal Teknik Informatika MUSIRAWAS (JUTIM) Juni
Publisher : STMIK MUSIRAWAS

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Dengan ketersedian (space) dari pengalamatan IPv4 yang telah sedikit, itu telah menjadi alasan utama bagi penyedia layanan, perusahaan, pengembang aplikasi, dan pemerintah untuk memulai beralih dengan IPv6. Sebuah migrasi dari IPv4 ke IPv6 sulit dicapai. Karena beberapa mekanisme yang diperlukan untuk menjamin kelancaran, komunikasi dan peralihan secara utuh ke IPv6. Tidak hanya transisi, integrasi IPv6 juga diperlukan ke dalam jaringan yang ada. Solusi (mekanisme) dapat dibagi menjadi tiga kategori: dual stack, tunneling dan translation. Dalam proyek ini mekanisme transisi Tunneling diimplementasikan di GNS3 (Graphical Network Simulator), menggunakan CISCO router.Jaringan ini dilihat dengan bantuan Wireshark (Packet analyzer). Topologi Tunneling yang dapat diamati dengan menangkap paket pada interface router.
Perancangan Sistem Pemetaan Lokasi Fasilitas Umum Berbasis Geographic Information System Dan Location Based Service Pada Kota Lubuklinggau Irawan, Davit
Jurnal Teknik Informatika Musirawas (JUTIM) Vol 1, No 1 (2016): Jurnal Teknik Informatika MUSIRAWAS (JUTIM) Desember
Publisher : STMIK MUSIRAWAS

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Davit Irawan, Perancangan Sistem Pemetaan Lokasi Fasilitas Umum Berbasis Geographic Information System dan Location Based Service Pada Kota Lubuklinggau. Ketika Penulis melakukan penelitian terhadap Pemetaan Lokasi Fasilitas Umum pada Kota Lubuklinggau, penulis mendapati bahwa Fasilitas-Fasilitas tersebut tidak menyediakan layanan Informasi melalui internet atau Online. Fasilitas tersebut hanya bisa Didatangi dan mendapat informasi dari Lokasi Fasilitas itu saja. Metode yang digunakan dalam Perancangan sistem Pemetaan Lokasi Fasilitas umum pada Kota Lubuklinggau ini, serta untuk mengetahui sistem yang sedang berjalan, menggunakan pendekatan terstruktur, dengan menggunakan alat bantu seperti UML, Use Case Diagram, Activity Diagram, Sequence Diagram dan Class Diagram, sedangkan untuk metode pengembangan sistemnya menggunakan Metode Prototype. Perangkat lunak pendukung yang digunakan adalah Wamp, Macromedia Dreamweaver CS3, dan database MySql sebagai pembangun serta dokumentasi program dan laporan.Dengan adanya sistem Berbasis Web ini, yang sudah terkoneksi dengan internet, tentunya akan sangat mempermudah Masyarakat baik dari Luar atau dalam Wilayah Lubuklinggau Mengetahui Temapat yang akan Mereka tuju dengan Mudah.
ANALISIS EFEKTIFITAS FRAMEWOK ERP CLOUD COMPUTING UNTUK USAHA KECIL MENENGAH Wikanargo, Matheus Alvian; Prasetyo, Novian Adi; Thenata, Angelina Pramana
Jurnal Teknik Informatika Musirawas (JUTIM) Vol 3, No 1 (2018): JURNAL TEKNIK INFORMATIKA MUSIRAWAS (JUTIM) JUNI
Publisher : STMIK MUSIRAWAS

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

AbstrakTeknologi cloud computing pada era sekarang berkembang pesat. Penerapan teknologi cloud computing sudah merambah ke berbagai industri, mulai dari perusahaan besar hingga perusahaan kecil dan menengah. Perambahan cloud computing di perindustrian berupa implementasi ke dalam sistem ERP. Namun, penetrasi teknologi ini dalam lingkup perusahaan kecil dan menengah (UKM) masih belum sekuat perusahaan besar. Penerapan ERP berbasis cloud computing yang masih tergolong baru tentu memiliki keuntungan dan penghambat yang mempengaruhi kinerja perusahaan. Hal tersebut menjadi salah satu pertimbangan UKM masih enggan menggunakan teknologi ini. Penelitian ini akan menganalisis framework yang paling sesuai untuk UKM dalam menerapkan sistem ERP berbasis cloud computing. Framework yang dianalisa yaitu Software as a Service (SaaS), Infrastructure as a Service (IaaS), dan Platform as as Service (PaaS). Ketiga framework ini akan dibandingkan menggunakan metode studi literatur. Tolak ukur yang menjadi acuan untuk perbandingan adalah Compatibility, Cost, Flexibility, Human Resource, Implementation, Maintenance, Security, dan Usability. Faktor-faktor tersebut akan diukur keuntungan dan penghambatnya jika diterapkan dalam SME. Hasil dari penilitian ini adalah Framework SaaS yang paling cocok untuk diterapkan pada perusahaan kecil dan menengah. Kata kunci— Cloud Computing, UKM, SaaS, IaaS, PaaS 

Page 1 of 12 | Total Record : 118