cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota semarang,
Jawa tengah
INDONESIA
JURNAL ADMINISTRASI BISNIS
Published by Universitas Diponegoro
ISSN : 22523294     EISSN : 25484923     DOI : -
Core Subject : Economy,
Jurnal Administrasi Bisnis P-ISSN: 2252-3294 E-ISSN: 2548-4923 published by Department of Business Administration, Faculty of Social and Political Sciences, Diponegoro University of Semarang as a medium for the publication of ideas and scientific study for the development of science in business administration.
Arjuna Subject : -
Articles 67 Documents
PENGARUH KESELAMATAN DAN KESEHATAN KERJA TERHADAP PRESTASI KERJA KARYAWAN PADA PT. PLN (PERSERO) APJ SEMARANG Paramitha, Catarina Cori Pradnya; Wijayanto, Andi
JURNAL ADMINISTRASI BISNIS Vol 1, No 1 (2012)
Publisher : Universitas Diponegoro

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (70.901 KB) | DOI: 10.14710/jab.v1i1.4313

Abstract

The objective of this research is to find out the influence of Occupational Health and Safety Program toward the performance of the employees mediated by work motivation. The method of data collection in this explanatory research employs questionnaire, interview, observation, and documentation. From the population of 188 employees, the proportional stratified random sampling method results in 55 employees as the sample. Data analysis uses Path Analysis. Based on the result of the research, it can be concluded that Occupational Health and Safety Program has positive and significant influence mediated by the variable of work motivation. PT. PLN (Persero) APJ Semarang should improve its Occupational Health and Safety Program to increase employees’ work motivation which in turn will result in maximum work performance. Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan pengaruh keselamatan dan kesehatan kerja (K3) terhadap prestasi kerja karyawan yang dimediasi variabel motivasi kerja. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner, wawancara, observasi dan dokumentasi. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh karyawan PT. PLN (Persero) APJ Semarang yang berjumlah 118 orang. Metode pengambilan sampel menggunakan proportionate Stratified Random Sampling dan ditetapkan sampel sebanyak 55 orang. Analisis data dilakukan dengan menggunakan analisis jalur. Berdasarkan hasil penelitian, maka dapat disimpulkan bahwa keselamatan kerja dan kesejahteraan (K3) berpengaruh signifikan terhadap kinerja karyawan yang dimediasi oleh variabel motivasi kerja. PT. PLN (Persero) APJ Semarang seharusnya untuk meningkatkan K3 bagi karyawan agar motivasi kerja mereka menjadi lebih tinggi, sehingga mereka dapat memberikan performa yang maksimal.Keywords: Occupational Health and Safety, Work PerformanceKeselamatan dan Kesehatan Kerja, Prestasi Kerja
ANALISIS FAKTOR- FAKTOR GAYA HIDUP DAN PENGARUHNYA TERHADAP PEMBELIAN RUMAH SEHAT SEDERHANA (Studi pada Pelanggan Perumahan Puri Dinar Mas PT. Ajisaka di Semarang) Listyorini, Sari
JURNAL ADMINISTRASI BISNIS Vol 1, No 1 (2012)
Publisher : Universitas Diponegoro

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (84.104 KB) | DOI: 10.14710/jab.v1i1.4314

Abstract

The objective of this research is to analyze the change of customers’ lifestyle in purchasing RSH (RSH means Simple and Healthy House) by using AIO factors. By analyzing AIO (activity, interest, and opinion), this research is aimed to find out whether lifestyle influences the decision of purchasing RSS. Proportional Stratified Random Sampling method is employed to analyze three different types of house: type 29, 36, and 45 with 90 respondents as the chosen sample. The analysis employs factor analysis and multiple linier regressions. Factor analysis results in five factors considered by customers in purchasing RSH. They are social, family, pleasure, reference, and identity factors. Analysis using multiple linier regressions shows that there are two significant factors that influence the decision to buy a house: social factors (social activity of the community, location, and the future) and identity factors (occupation and preference in design).   Tujuan penelitian ini adalah untuk memahami perubahan gaya hidup pelanggan dalam pembelian RSH (Rumah Sehat Sederhana) dengan menggunakan factor AIO. Tujuan penelitian untuk mengetahui apakah factor gaya hidup dengan pendekatan Aktivitas, Minat, Opini memiliki pengaruh terhadap keputusan pembelian RSH. Teknik sampling menggunakan metode Proportional Stratified Random Sampling, karena obyek penelitian terdiri dari tiga tipe rumah yaitu tipe 29, 36 dan 45 dengan jumlah sampel sebanyak 90 responden. Analisis yang digunakan adalah analisis faktor dan regresi linier berganda. Dengan analisis faktor diperoleh hasil bahwa ada 5 faktor baru yang dipertimbangkan oleh konsumen dalam pembelian RSH yaitu factor sosial, factor keluarga, faktor kesenangan, faktor referensi dan faktor identitas. Analisis regresi menunjukkan dua faktor yang berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian yaitu faktor sosial (aktivitas, sosial masyarakat, lokasi dan masa depan) dan faktor identitas (kerja dan selera desain).Keywords:Life Style, Simpel and Healthy House, Decision of Purchasing. Gaya Hidup, Rumah Sehat Sederhana, Keputusan Pembelian
ANALISIS KINERJA KEUANGAN PADA PT. BANK MUAMMALAT INDONESIA,TBK PERIODE 2005-2009 Wibisono, Andri; Rodhiyah, Rodhiyah
JURNAL ADMINISTRASI BISNIS Vol 1, No 1 (2012)
Publisher : Universitas Diponegoro

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (319.975 KB) | DOI: 10.14710/jab.v1i1.4315

Abstract

The objective of this study is to find the financial performance of PT Bank Muamalat Indonesia, Tbk. (BMI) by analyzing the profitability and the risk through financial ratio analysis based on the regulations of Bank Indonesia (BI) from 2005 to 2009.This descriptive analysis research employs ROA and ROE technique followed by ratio analysis, namely KPMM, KAP, NOM, STM, and MR. The result of this research shows positive trend of the value of ROA and ROE in the period of 2005-2008, while in 2009 there was significant decrease. The value of KPMM decreased in 2005-2007 and increased in 2008-2009. The value of KAP was inclined to decrease from 2005 to 2009. The value of the company’s NOM experienced increasing trend in 2005-2008 butdecreased up to 6.17% in 2009. The value of STN was stable from 2005 to 2009 eventhough there was a slight decrease and increase whose value was not significant. The value of MR experienced significant decrease in the period of 2006-2007 and followed by the decrease in 2008-2009 up to the level of 5.81%. It can be concluded that in terms of its ROA and ROE, BMI did not have maximum financial performance, yet based on the risk analysis of the regulations of BI, BMI has good financial performance.Better management is needed to obtain more profit and to comply with current regulation.   Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kinerja keuangan PT. Bank Muammalat Indonesia,Tbk (BMI) dengan cara menganalisis profitabilitas dan risiko melalui analisis rasio keuangan berdasarkan peraturan Bank Indonesia (BI) dari tahun 2005-2009. Teknik analisis yang digunakan adalah teknik analisis ROA dan ROE yang dilanjutkan dengan analisis rasio yaitu rasio KPMM, KAP, NOM, STM, dan MR. Hasil penelitian menunjukkan adanya kecenderungan positif dari nilai ROA dan ROE pada periode 2005-2008, sedangkan pada tahun 2009 ROA dan ROE mengalami penurunan yang cukup besar. Nilai KPMM turun pada 2005-2007 dan meningkat kembali pada tahun 2008-2009. Nilai KAP cenderung menurun dari tahun 2005-2009. Nilai NOM perusahaan mengalami tren meningkat pada tahun 2005-2008 sedangkan pada tahun 2009 nilainya turun sampai 6.17%. Nilai STM stabil dari tahun 2005-2009 walaupun terjadi penurunan dan peningkatan tetapi nilainya tidak signifikan. Nilai MR memiliki penurunan yang signifikan pada periode 2006-2007 dan dilanjutkan penurunan periode 2008-2009 hingga ke level 5.81%. Kesimpulannya adalah kinerja keuangan PT. BMI dari komponen ROA dan ROE kurang maksimal, sedangkan dari analisis risiko peraturan BI kinerja keuangan cukup baik. Sehingga perlu pengelolaan yang lebih baik lagi dalam kemampuan menghasilkan laba dan memenuhi peraturan yang berlaku.Keywords:Financial Performance, Financial Ratio Analysis Kinerja Keuangan, Analisis Rasio Keuangan
PENGARUH HARGA DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN MELALUI VARIABEL KEPUASAN (STUDI PADA BENGKEL AHASS 0002-ASTRA MOTOR SILIWANGI SEMARANG) Kurniasih, Indah Dwi
JURNAL ADMINISTRASI BISNIS Vol 1, No 1 (2012)
Publisher : Universitas Diponegoro

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (54.714 KB) | DOI: 10.14710/jab.v1i1.4316

Abstract

The competition with other dealers offering similar service results in the decreasing number of customers atAHASS 0002-Astra Motor Semarang Siliwangi (AMSS) within the past two years (2008-2009). This study is aimed at finding out the influence of price and service quality upon customer loyality mediated by customer satisfaction. A hundred customers are chosen using purposive sampling method. Data are obtained by using questionnaire, interview, observation and documentation which are then analyzed using path analysis. The study concludes that price and service quality have bigger direct impact upon customer loyalty than the indirect impact. Total impact of price upon customer loyalty is bigger that total impact of service quality upon loyality. Therefore it is suggested that AHASS 0002-AMSS give discount, free merchandise for regular customers, free snack, free internet facility, and additional service day such as during holiday. Persaingan dengan dealer lain yang menawarkan layanan yang sama membuat jumlah pelanggan pada Bengkel AHASS 0002-Astra Motor Semarang Siliwangi (AMSS) mengalami penurunan dalam dua tahun terakhir (2008-2009). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh harga dan kualitas pelayanan terhadap loyalitas pelanggan dimediasi oleh kepuasan pelanggan. Sebanyak 100 pelanggan diambil sebagai sampel melalui metode purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner, wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis jalur. Penelitian menyimpulkan bahwa pengaruh langsung harga terhadap loyalitas lebih besar daripada pengaruh tidak langsungnya. Sedangkan pengaruh langsung kualitas pelayanan terhadap loyalitas lebih besar daripada pengaruh tidak langsungnya. Pengaruh total harga terhadap loyalitas lebih kecil daripada pengaruh total kualitas pelayanan terhadap loyalitas. Disarankan AMSS memberikan diskon harga, merchandise dan makanan ringan gratis, peningkatan fasilitas internet gratis dan layanan tambahan hari misalnya hari libur.Keywords:Price, Service Quality, Customer Loyalty Harga, Kualitas Pelayanan, Loyalitas Pelanggan
PENGARUH KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL DAN KOMPENSASI TERHADAP KINERJA KARYAWAN PT. PLN (PERSERO) UPJ SEMARANG Mondiani, Tria
JURNAL ADMINISTRASI BISNIS Vol 1, No 1 (2012)
Publisher : Universitas Diponegoro

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (55.502 KB) | DOI: 10.14710/jab.v1i1.4317

Abstract

This research aims to analyze the influence of transformational leadership and compensation towards employee performace at PT PLN (Persero) UPJ Semarang. The population of this research is all 95 employees of PT. PLN (Persero) UPJ Semarang. Saturation sampling technique was used to determine the sample. Data analyzed using multiple linear regression analysis. Based on the analysis, it can be concluded that: (a) transformational leadershid gives positive impact upon employee performance. The impact given by transformational leadershid upon employee performance is 14.5%; (b) compensation brings positive influence upon employee performance as much as 14.9%; (c) transformational leadership and compensation significantly influence employee performance with coeficient of determination of 29.7%. It is suggested that the leader be more active and vigorous in giving individual consideration, improving regulations and socializing compensation policy to the employes to avoid mistakes, conducting training and development, and giving reward to employees who have good achievement. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh kepemimpinan transformasional dan kompensasi terhadap kinerja karyawan PT. PLN (Persero) UPJ Semarang.Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh karyawan PT. PLN (Persero) UPJ Semarang yang berjumlah 95. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik sampling jenuh. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi linear berganda. Berdasarkan hasil analisis dapat disimpulkan bahwa: (a) variabel kepemimpinan transformasional mempunyai pengaruh positif terhadap variabel kinerja karyawan sebesar 14,5%; (b) variabel kompensasi mempunyai pengaruh positif terhadap variabel kinerja karyawan sebesar 14,9%; (c) variabel kepemimpinan transformasional dan variabel kompensasi mempunyai pengaruh signifikan terhadap variabel kinerja karyawan dengan koefisien determinasi sebesar 29,7%. Saran yang diajukan adalah bahwa pimpinan harus lebih aktif dan giat dalam memberikan konsiderasi individual, meningkatkan pengaturan dan mensosialisasikan kebijakan kompensasi kepada karyawan dengan jelas agar tidak terjadi kesalahan, mengadakan pelatihan dan pengembangan serta pemberian penghargaan bagi karyawan yang berprestasi.Keywords:Transformational Leadership, Compensation, Employee Performance Kepemimpinan Transformasional, Kompensasi, Kinerja Karyawan
PENGARUH NILAI PELANGGAN DAN HAMBATAN BERPINDAH TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN SERTA IMPLIKASI PADA PERPINDAHAN MEREK Studi Pada Mahasiswa FISIP Undip Semarang Pengguna Kartu Prabayar IM3 PT. Indosat Tbk. Farida, Naili
JURNAL ADMINISTRASI BISNIS Vol 1, No 1 (2012)
Publisher : Universitas Diponegoro

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (71.629 KB) | DOI: 10.14710/jab.v1i1.4318

Abstract

Prepaid card Indosat IM3 is widely used by costumers to communicate. The many providers of SIM card results in the expectation of the provider to have loyal customers that will not switch to the other providers. The result of this research demonstrates that the variable of customer value and switching barrier have significant and positive impact toward customer loyalty; customer loyalty significantly influences brandswitching.The researcher suggests the followings to the company: (a) improving customer value by improving the benefit of the product by offering new inovative product with high speed access and lower error rate, (b) increasing the barrier to brandswitching by, for example, providing higher value product compared to that of the competitor, (c) creating cost barrier which is different from the competitor’s and having a variety of products offered to the customers; (d) increasing customers’ loyalty by providing products or service that meets customers’ need and creating harmonious relationship between the customers and the service provider. Kartu Prabayar Indosat IM3 banyak digunakan oleh pelanggan untuk berkomunikasi. Banyak provider yang menawarkan produkkepada konsumen melalui kartu SIM, sehingga penyedia jasa selain mengharapkan pelanggan yang sudah ada memiliki loyalitas yang tinggi, juga hambatan beralih yang tinggi untuk berpindah ke operator lain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel nilai pelanggan dan hambatan berpindah berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas pelanggan; loyalitas pelanggan berpengaruh positif dan signifikan terhadap Perpindahan Merek. Peneliti menyarankan perusahaan untuk: (a) meningkatkan nilai pelanggan melalui peningkatan manfaat produk dengan memberikan tawaran produk baru yang inovatif, kecepatan akses yang tinggi, dan tingkat kesalahan semakin kecil; (b) meningkatkan hambatan berpindah pelanggan antara lain adalah produk yang mampu memberikan nilai lebih tinggi bagi pelanggan dibanding pesaing; (c) menciptakan hambatan biaya yang berbeda dengan provider pesaing, memiliki keanekaragaman produk yang ditawarkan kepada pelanggan; (d) peningkatan loyalitas pelanggan dengan cara memberikan produk atau jasa sesuai dengan kebutuhan pelanggan dan menciptakan hubungan yang harmonis di antara pelanggan dengan provider penyedia jasa.Keywords:Customer Value, Switching Barriers, Customer Loyalty and Brand Switching Nilai Pelanggan, Hambatan Berpindah, Loyalitas Pelanggan dan Perpindahan Merek
ANALISIS EKUITAS MEREK (BRAND EQUITY) MELALUI KOMUNIKASI PEMASARAN TERPADU (INTEGRATED MARKETING COMMUNICATIONS - IMC) PADA PT. NASMOCO MAJAPAHIT SEMARANG Widyaningrum, Santy Tri
JURNAL ADMINISTRASI BISNIS Vol 1, No 1 (2012)
Publisher : Universitas Diponegoro

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1052.124 KB) | DOI: 10.14710/jab.v1i1.4319

Abstract

This research is aimed to explain the importance of marketing communication, to identify means of communication that can be used by a company to communicate with its customers, and to describe the policy and effectivity of a company in marketing communication. Interview with snowball sampling technique was used to collect data. The object of this research is PT. Nasmoco Majapahit as an authorized dealer of Toyota. The research proves the importance of marketing communication to maintain good relationship with customers and create repeated buying. Communication elements used are showroom, event, exhibition, leaflet, and CSR program. The policy applied in marketing communication is Nasmoco Integrated System (NIS) as database storage and customer complain handling. The use of database and customer complain data by the company is passive in nature. Information flow from the company to the customers is good, but there are problems related to the information flow from the customers to the company. Therefore it is necessary to improve the management of database and customer complain data. Tujuan penelitian ini adalah untuk menjelaskan seberapa penting komunikasi pemasaran, mengidentifikasi sarana yang dapat digunakan perusahaan untuk berkomunikasi dengan konsumen, serta menggambarkan kebijakan dan efektifitas perusahaan dalam komunikasi pemasaran. Informasi diperoleh melalui wawancara dengan teknik snowball sampling. Obyek penelitian adalah PT. Nasmoco Majapahit sebagai dealer resmi dari Toyota. Hasil penelitian menunjukkan pentingnya komunikasi pemasaran untuk menjaga hubungan dengan pelanggan untuk menciptakan pembelian ulang. Elemen komunikasi yang digunakan seperti showroom event, pameran, brosur, dan program CSR. Kebijakan yang diterapkan dalam komunikasi pemasaran adalah penggunaan NIS (Nasmoco Integrated System) sebagai penyimpan database dan penanganan komplain konsumen. Penggunaan database dan data keluhan oleh perusahaan bersifat pasif. Arus informasi dari perusahaan melalui elemen komunikasi kepada konsumen sudah baik, namun masih terdapat masalah pada aliran informasi dari konsumen kepada perusahaan sehingga perlu dibenahi melalui pengelolaan database dan data keluhan konsumen.Keywords:Brand Equity, Integrated Marketing Communications/ IMC) Ekuitas Merek, Komunikasi Pemasaran Terpadu
ANALISIS PENGARUH LINGKUNGAN INDUSTRI TERHADAP STRATEGI PEMASARAN DAN DAMPAKNYA TERHADAP KINERJA PEMASARAN Studi pada Usaha Kecil Kerajinan Kulit Tanggulangin Nurseto, Sendhang
JURNAL ADMINISTRASI BISNIS Vol 1, No 1 (2012)
Publisher : Universitas Diponegoro

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (80.383 KB) | DOI: 10.14710/jab.v1i1.4320

Abstract

The objective of this research is to analyze and explain the influence of industrial environment factors which include the Entry Restriction of Newcomer, Supplier Strength, Buyer Strength, the Availability of Subtitution Supplies, Competitor Strength against Marketing Strategy (Z) and Marketing Performance (Y). Research was done in Tanggulangin with a sample of 77 respondents. The research employed Path Analysis. The result shows that all X variables have positive and significant influence towards variable Z and also Y mediated by Z. The conclusion demonstrates positive and significant influence between variable Z upon Y. The variable contributing the biggest influence upon Marketing Performance is variable Marketing Strategy. It is necessary for craftsmen of small scale business to anticipate the change of industrial environment by applying the right marketing strategy to yield good Marketing Performance in a hope that they can still compete and survive in the leather industry. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis dan menjelaskan pengaruh faktor-faktor lingkungan industri yang meliputi Hambatan Masuk Pendatang Baru (X1), Kekuatan Pemasok (X2), Kekuatan Pembeli (X3), Ketersediaan Barang Substitusi (X4) dan Kekuatan Pesaing (X5) terhadap Strategi Pemasaran (Z) dan Kinerja Pemasaran (Y). Penelitian dilakukan di Tanggulangin, dengan jumlah sampel sebanyak 77 responden. Penelitian ini menggunakan Analisis Path. Hasil analisis menunjukkan bahwa seluruh variable X berpengaruh positif dan signifikan terhadap Z maupun Y yang dimediasi oleh Z. Kesimpulan menyatakan bahwa terdapat pengaruh positif yang signifikan antara variabel Z terhadap Y. Variabel yang memberikan pengaruh terbesar terhadap Kinerja Pemasaran adalah variabel Strategi Pemasaran. Pengrajin usaha kecil perlu untuk selalu dapat mengantisipasi adanya perubahan lingkungan Industri dengan menetapkan Strategi Pemasaran yang tepat sehingga menghasilkan Kinerja Pemasaran yang baik. Sehingga pengrajin usaha kecil kerajinan kulit tetap dapat bersaing dan dapat menjaga keberlangsungan hidup usahanya.Keywords:Industrial Environment, Marketing Strategy, Market Performance Lingkungan Industri, Strategi Pemasaran, Kinerja Pemasaran
OPTIMALISASI HARGA KOMODITI AGROFORESTRI UNTUK MENINGKATKAN PENDAPATAN PETANI Hilmanto, Rudi
JURNAL ADMINISTRASI BISNIS Vol 1, No 1 (2012)
Publisher : Universitas Diponegoro

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (72.836 KB) | DOI: 10.14710/jab.v1i1.4293

Abstract

Farmer often undergo of constraint in determining optimal price so that the farmer often undergo of loss, it is because the price of the commodity sold is less than the cost of production in the management of agroforestry systems. Determination Optimalization price of commodity agroforestry expected able to improve income of farmer agroforestry maximally. Objectives of this Research is to analyze the optimization of agrocommodity prices to increase farmers' income. This research used Rudihilmanto Pricing method. Result of this research points out proportion plants: coffee (98.30%), clove (0.45%), melinjo (0.23%), and petai (1.02%) in farmers' fields have optimal price ≥ real price so that this condition has risks and disadvantages for farmers now, but if the proportion is changed as coffee (31.77%), clove (28.79%), melinjo (19.06%), petai (20.37%), therefore optimal price is lower than the real price and it is possible to provide the maximum gain to the farmers of Rp.122,056,970.00 per annum in one hectare. Petani sering mengalami kendala dalam menentukan harga optimal sehingga petani sering mengalami kerugian, hal ini karena harga komoditi yang dipasarkan lebih kecil daripada biaya produksi dalam pengelolaan sistem agroforestri. Penentuan optimalisasi harga pada komoditi agroforestri diharapkan mampu meningkatkan pendapatan petani pengelola agroforestri secara maksimal. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis optimalisasi harga komoditi agroforestri untuk meningkatkan pendapatan petani. Penelitian ini menggunakan metode Harga Rudihilmanto.  Hasil penelitian menunjukkan proporsi tanaman kopi (98,30%), cengkeh (0,45%), melinjo (0,23%), dan petai (1,02%) di lahan petani memiliki harga optimal ≥ harga riil sehingga kondisi ini memiliki risiko dan kerugian bagi petani, tetapi apabila proporsi diubah menjadi tanaman kopi (31,77%), cengkeh (28,79%), melinjo (19,06%), petai (20,37%) maka harga optimal ≤ harga riil dan dimungkinkan mampu memberikan keuntungan yang maksimal bagi petani sebesar Rp.122.056.970,00 tiap tahun dalam satu hektar.
ANALISIS PENGUKURAN PRODUKTIFITAS KEUANGAN MENGGUNAKAN METODE VALUE ADDED PADA HOTEL PEONY PONTIANAK Apriyanto, Dhidik
JURNAL ADMINISTRASI BISNIS Vol 2, No 1 (2013)
Publisher : FISIP - Universitas Diponegoro

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (390.75 KB)

Abstract

Increasing productivity is a definite price that a company must pay to maintain its existence. As a point of entrance, Pontianak is visited by visitors coming to Kalimantan Barat by sea or air transportation. Therefore, hotel business flourishes in line with the development of tourism in Kalimantan Barat which owns cultural variety with its Dayak, Malay, and Tiongha tribes. One of the hotels is Hotel Peony. This study is aimed to find out the financial performance of Hotel Peony Pontianak by using Value Added which is deemed suitable to measure financial performance of a company. Value Added cosists of three main unit analyses: the unit profit, the unit depreciation cost, and the unit labor cost. This study yields a number or recommendations to improve financial productivity in Hotel Peony. The hotel needs to be selective in its expenses, recruit more employees, and increase employees’ income to motivate employees in improving their performance.