Jurnal Ilmiah Bisnis dan Ekonomi Asia
Published by STIE Asia Malang
ISSN : 01261258     EISSN : 2620875X
JURNAL ILMIAH BISNIS DAN EKONOMI ASIA (JOURNAL OF BUSINESS AND ECONOMIC's ASIA), abbreviated as Jibeka, is published by the Research and Community Service (LPPM) STIE ASIA Malang. As a periodic issue with a 6 month period in February and August, Jibeka presents information and analysis of problems in Economics and Business Sciences. This study is popularly scientific as a result of theoretical thinking and empirical research. The editor receives scientific research results or articles, including development ideas in the fields of Economic and Business Sciences. For this reason, JIBEKA invites intellectuals, experts and practitioners to express their research ideas or results critically, creatively, innovatively, freely and responsibly.
Articles 75 Documents
PENGARUH PROFITABILITAS, LIKUIDITAS, SOLVABILITAS, DAN UKURAN PERUSAHAAN TERHADAP AUDIT REPORT LAG PADA PERUSAHAAN YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA

Dura, Justita

Jurnal Ilmiah Bisnis dan Ekonomi Asia Vol 11 No 1 (2017): Jurnal Ilmiah Bisnis Dan Ekonomi Asia
Publisher : LPPM STIE ASIA

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | | DOI: 10.32812/jibeka.v11i1.34

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh profitabilitas, likuiditas, solvabilitas dan ukuran perusahaan terhadap audit report lag pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2013-2015. Jumlah sampel yang digunakan sebanyak 105 perusahaan berdasarkan metode nonprobability sampling dengan teknik purposive sampling. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) profitabilitas berpengaruh terhadap audit report lag mengindikasikan bahwa perusahaan yang mendapatkan  profit yang besar cenderung melakukan  proses  audit  lebih singkat dibanding  perusahaan  yang  mengalami  profit yang kecil. (2) likuiditas berpengaruh terhadap audit report lag, (3) solvabilitas berpengaruh terhadap audit report lag mengindikasikan bahwa tingginya jumlah hutang yang dimiliki perusahaan akan menyebabkan proses audit yang relatif lebih panjang, dan (4) ukuran perusahaan berpengaruh terhadap audit report lag yang mengindikasikan bahwa besar atau kecilnya jumlah aset yang dimiliki oleh perusahaan mempunyai mempengaruhi panjang atau pendeknya proses penyusunan laporan keuangan pada perusahaan tersebut.

ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI NIAT MAHASISWA MELAKUKAN TINDAKAN WHISTLEBLOWING

Handika, Mellisa Fitri Dwi, Sudaryanti, Dwiyani

Jurnal Ilmiah Bisnis dan Ekonomi Asia Vol 11 No 1 (2017): Jurnal Ilmiah Bisnis Dan Ekonomi Asia
Publisher : LPPM STIE ASIA

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | | DOI: 10.32812/jibeka.v11i1.33

Abstract

Banyaknya praktik kecurangan (fraud) melandasi lembaga-lembaga negara untuk menghimbau para akuntan agar melaporkan kecurangan yang diketahui. Whistleblowing merupakan salah satu cara yang cukup efektif dalam mendeteksi adanya fraud. Penelitian ini bertujuan untuk menguji faktor-faktor yang mempengaruhi niat mahasiswa akuntansi melakukan whistleblowing berdasarkan theory of planned behavior.  Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara menyebarkan kuesioner kepada 171 responden. Data dianalisis menggunakan analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, secara sikap tidak berpengaruh signifikan terhadap niat mahasiswa untuk melakukan whistleblowing, sedangkan norma subyektif dan kontrol perilaku persepsian berpengaruh positif  terhadap niat untuk melakukan whistleblowing. Secara simultan, sikap, norma subyektif, dan kontrol perilaku persepsian berpengaruh secara signifikan terhadap niat untuk melakukan whistleblowing. Hasil penelitian menunjukkan pentingnya etika dalam penyusunan kurikulum dan sistem pembelajaran, serta pentingnya teladan dari perilaku etis dosen dan lingkungan perkuliahan yang positif.

PENGARUH BUDAYA ORGANISASI, DISIPLIN KERJA, DAN KEPUASAN KERJA TERHADAP KINERJA KARYAWAN NON MEDIS RUMAH SAKIT ISLAM MALANG

Isvandiari, Any, Purwanto, Anang

Jurnal Ilmiah Bisnis dan Ekonomi Asia Vol 11 No 1 (2017): Jurnal Ilmiah Bisnis Dan Ekonomi Asia
Publisher : LPPM STIE ASIA

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | | DOI: 10.32812/jibeka.v11i1.29

Abstract

The research was purposed to find out whether there was any partial or simultaneous effects of organizational culture, work discipline, and job satisfaction toward the work performance of non-medical employees at Malang Islamic Hospital. The population of this research is 93 non-medical employees and 62 are selected as sample. Sampling technique used is purposive sampling of non-medical employees which already a permanent employees. Data analysis was made with multiple regression analysis. Analysis result show that organizational culture, work discipline, and job satisfaction have any partial and simultaneous effects toward the performance of non-medical employees at Malang Islamic Hospital.

STRATEGI PROMOSI PADA TOSERBA GANDUNG DAN SOPONGIRO SURABAYA

Wardhanie, Ayouvi Poerna, Hananto, Valentinus Roby, Ningsih, Norma

Jurnal Ilmiah Bisnis dan Ekonomi Asia Vol 11 No 1 (2017): Jurnal Ilmiah Bisnis Dan Ekonomi Asia
Publisher : LPPM STIE ASIA

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | | DOI: 10.32812/jibeka.v11i1.31

Abstract

Seiring dengan berkembangnya teknologi, keberadaan bisnis ritel atau eceran di tengah-tengah masyarakat menjadi semakin penting. Bisnis ritel yang semula dipandang hanya sebatas penyedia barang dan jasa saja, sekarang dipandang sebagai bisnis yang semakin inovatif, dinamis, dan kompetitif. Penelitian ini ditujukan bagi pemilik toko bisnis ritel beserta karyawannya untuk melatih mendesain gambar dan tulisan dengan Adobe Photoshop sebagai alat bantu untuk meningkatkan promosi penjualan. Hasil kegiatan dari pengabdian masyarakat ini adalah pembuatan modul Adobe Photoshop sebagai panduan dalam membuat desain gambar, pembuatan kerangka job description dari masing-masing pemilik bisnis dan karyawan, dan hasil pelatihan pembuatan desain gambar menggunakan Adobe Photoshop tersebut digunakan dalam media promosi seperti kaos, banner, poster dan papan reklame.

ANALISIS DAMPAK PERCEIVED ORGANIZATIONAL SUPPORT TERHADAP TINGKAT TURNOVER INTENTION

Chandra, Chintya

Jurnal Ilmiah Bisnis dan Ekonomi Asia Vol 11 No 1 (2017): Jurnal Ilmiah Bisnis Dan Ekonomi Asia
Publisher : LPPM STIE ASIA

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | | DOI: 10.32812/jibeka.v11i1.32

Abstract

Tujuan penulis menulis jurnal ini adalah untuk mengetahui pengaruh Perceived Organizational Support terhadap tingkat Turnover Intention. Didorong dengan permasalahan Turnover di Indonesia yang saat ini belum dapat terselesaikan, dan masih menjadi suatu momok yang berbahaya bagi setiap perusahaan. Permasalahan ini dapat terjadi akibat tingkat Perceived Organizational Support yang rendah dalam suatu perusahaan. Dengan tingginya tingkat kepedulian karyawan terhadap hal ini maka kemungkinan besar tingkat turnover intention di Indonesia lebih menurun. Dengan tingkat turnover yang menurun maka produktivitas karyawan untuk meningkatkan value perusahaan akan meningkat. Dalam menghadapi MEA yang sudah mulai dibuka dan perusahaan-perusahaan asing berpeluang besar membuka usaha di Indonesia. Untuk mempersempit pergerakan perusahaan asing maka perusahaan lokal harus semakin kuat dan terus berkembang. Oleh karena itu diperlukan Perceived Organizational Support yang tinggi agar karyawan merasa lebih nyaman dalam lingkungan pekerjaannya dan tingkat Turnover Intention karyawan di Indonesia dapat mengalami penurunan. Sehingga dengan tingkat pengangguran yang rendah maka karyawan di Indonesia tidak banyak yang menganggur dan perusahaan local semakin kuat.

PENGARUH KARAKTER DOSEN DAN TEKNIK PEMBELAJARAN TERHADAP MOTIVASI MAHASISWA MENGIKUTI PERKULIAHAN MATEMATIKA EKONOMI DAN BISNIS

Anjaningrum, Widiya Dewi

Jurnal Ilmiah Bisnis dan Ekonomi Asia Vol 11 No 1 (2017): Jurnal Ilmiah Bisnis Dan Ekonomi Asia
Publisher : LPPM STIE ASIA

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | | DOI: 10.32812/jibeka.v11i1.28

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh karakter dosen dan teknik pembelajaran terhadap motivasi mahasiswa mengikuti perkuliahan matematika ekonomi dan bisnis di STIE ASIA Malang tahun ajaran 2015/2016. Penelitian ini termasuk field research di mana data diambil secara langsung dari responden melalui kuisioner berskala likert 1 – 10. Teknik sampling yang digunakan adalah sampel jenuh (non probability sampling) dengan total sampel sebanyak 160 mahasiswa. Namun untuk memenuhi asumsi klasik, sebanyak 5 data tidak ikut diproses, sehingga, data yang diolah lebih lanjut sebanyak 155. Adapun hasil olah data dengan menggunakan SPSS 23 menunjukkan bahwa data tersebut telah valid, reliabel dan memenuhi asumsi klasik. Sedangkan hasil analisis regresi linier berganda menunjukkan bahwa karakter dosen berpengaruh positif tetapi tidak signifikan terhadap motivasi mahasiswa, sementara teknik pembelajaran berpengaruh positif dan signifikan terhadap motivasi mahasiswa. Adapun perbandingan sumbangsih karakter dosen dengan teknik pembelajaran terhadap motivasi mahasiswa sebesar 1:8. Dengan demikian, hal utama yang diperlukan untuk memotivasi mahasiswa agar antusias mengikuti perkuliahan matematika ekonomi dan bisnis adalah meningkatkan teknik pembelajaran. Peningkatan teknik pembelajaran dapat dilakukan melalui penyampaian materi maupun ujian dalam bentuk berbagai macam game menarik yang terkait materi perkuliahan

Implementasi Value For Money, Input Output Outcome dan Best Value Sebagai Alat Pengukuran Kinerja Sektor Publik

Kariyoto, Kariyoto

Jurnal Ilmiah Bisnis dan Ekonomi Asia Vol 11 No 1 (2017): Jurnal Ilmiah Bisnis Dan Ekonomi Asia
Publisher : LPPM STIE ASIA

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | | DOI: 10.32812/jibeka.v11i1.27

Abstract

Pengukuran organisasi sektor publik menjadi penting untuk mengetahui tingkat pencapain pelayanan kepada masyarakat. Kinerja organisasi sektor publik dapat diukur menggunakan alat dan indikator yang sesuai. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui konsep nilai waktu uang, masukan keluaran hasil, nilai terbaik sebagai indikator pengukuran kinerja sektor publik. Penelitian ini berlokasi di Perpustakaan Universitas Brawijaya Malang. Jenis penelitian melalui studi perpustakaan. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi dan dokumentasi buku yang berhubungan dengan kinerja organisasi sektor publik. Analisis data digunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai waktu uang, masukan keluaran hasil dan nilai terbaik dapat dipakai sebagai alat pengukuran kinerja organisasi sektor publik.

E- PROBLEM BASED LEARNING (E-PBL) PADA MATA KULIAH AKUNTANSI MANAJEMEN SEBAGAI ALTERNATIF PEMBELAJARAN INOVATIF

Murniati, Aniek, Hermawan, Aditya

Jurnal Ilmiah Bisnis dan Ekonomi Asia Vol 11 No 1 (2017): Jurnal Ilmiah Bisnis Dan Ekonomi Asia
Publisher : LPPM STIE ASIA

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | | DOI: 10.32812/jibeka.v11i1.25

Abstract

Terbatasnya waktu pembelajaran yang hanya 150 menit atau setara dengan 3 SKS pada matakuliah Akuntansi Manajemen menuntut dikembangkannya metode pembelajaran yang lebih inovatif. E-Problem Based Learning (e-PBL) memberikan jawaban atas tuntutan tersebut dengan metode pembelajaran yang lebih inovatif. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan interpretif, dimana realita social menjadi dasar model e-PBL. Realita social yang terjadi dalam penelitian ini berupa perilaku proses belajar mengajar serta interaksi antara Dosen Pengampu dengan Mahasiswa. Perilaku proses belajar mengajar serta interaksi antara Dosen Pengampu dengan Mahasiswa merupakan fenomena-fenomea yang akan menjadi dasar model e-PBL. Oleh karenanya, untuk menganalisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis fenomenologi, dimana data-data yang diolah merupakan fenomena-fenomena yang terjadi dalam realita social.

ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PERTUMBUHAN EKONOMI ASEAN MEMBER COUNTRIES PADA TAHUN 2011-2016

Sari, Agatha Christy Permata, Kaluge, David

Jurnal Ilmiah Bisnis dan Ekonomi Asia Vol 11 No 1 (2017): Jurnal Ilmiah Bisnis Dan Ekonomi Asia
Publisher : LPPM STIE ASIA

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | | DOI: 10.32812/jibeka.v11i1.26

Abstract

Economic Growth becomes the important factor to measure how success economic state. Therefore, many country will always try to increase their economic growth for the priority target that must be reached.this research has purpose to present which factor that can influence economic growth in ASEAN member countreias.t There is 10 countries being the sampe country, which is Indonesia, Thailand, Malaysia, Singapore, Philippines,Brunei Darussalam, Vietnam, Laos, Myanmar,and Cambodia. This research use Panel Data Regression, Generalized Least Square (GLS) method and fixed-effect estimation model by using analytical tools help in processing the data which uses Eviews 9 programm. Data is panel data of all ASEAN member countries in 6 year period (2011-2016). Varible that used are : GDP, Import, Export, Foreign Direct Inverstment, Competitiveness Index, Government Expenditure, and Labor force. The result is each independent variable can explain 99,4126% of dependen variable. Which is, IM (import) variable is the only one variable that has positive significant influence to economic growth. The finding from this research is economic growth phenomenon that occurred in ASEAN is greatly influenced by consumption rather than investment and production. So, almost the entirety of economic growth can be measured by consumption side.

Urgensi Maintainability Software e-SPT dan Faktor-faktor yang Berpengaruh terhadap Alokasi Penerimaan Pajak Penghasilan (PPh) Pasal 25 Badan di KPP Madya Malang – Jawa Timur

Alamsyah, Agus Rahman

Jurnal Ilmiah Bisnis dan Ekonomi Asia Vol 11 No 1 (2017): Jurnal Ilmiah Bisnis Dan Ekonomi Asia
Publisher : LPPM STIE ASIA

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | | DOI: 10.32812/jibeka.v11i1.24

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui urgensi maintainability software e-SPT dan faktor-faktor yang berpengaruh terhadap alokasi penerimaan Pajak Penghasilan (PPh) Pasal 25 Badan, dasar pemilihan Pajak Penghasilan (PPh) Pasal 25 Badan karena total penerimaan pajak tertinggi dari semua kompenen pajak berasal dari penghasilan (PPh) dan ditemukan bahwa pemasukan dari penerimaan PPh Pasal 25 Badan merupakan jenis pajak penghasilan yang tertinggi diantara pajak penghasilan lainnya, selain itu untuk memaintenance sumber pemasukan tersebut maka Direktorat Jenderal Pajak (Dirjen Pajak) sebagai salah satu institusi pemerintah menerapkan sistem informasi perpajakan untuk kemudahan dan efektivitas kelancaran aktivitas penerimaan negara dari sektor pajak khususnya Pajak Penghasilan (PPh). Berdasarkan hasil penelitian maka dapat ditarik kesimpulan bahwa Urgensi Maintainability Software e-SPT, Surat Ketetapan Pajak, dan Kepatuhan Wajib Pajak berpengaruh secara positif dan mampu meningkatkan Penerimaan PPh Pasal 25 di KPP Madya Malang – Jawa Timur, sedangkan  Jumlah Wajib Pajak berdampak negatif terhadap kenaikan Penerimaan PPh Pasal 25 di KPP Madya Malang – Jawa Timur.