cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota madiun,
Jawa timur
INDONESIA
Wahana Kreatifitas Pendidik (WKP)
ISSN : 26154587     EISSN : 26206382     DOI : -
Core Subject : Education,
Wahana Kreatifitas Pendidik (WKP) adalah Jurnal yang memuat karya ilmiah pendidik dan praktisi pendidikan sebagai hasil usaha dan kreatifitas mereka dalam mengembangkan pembelajaran. Karya ilmiah tersebut berupa artikel sepanjang 5 hingga 10 halaman yang merupakan hasil penelitian atau hasil kajian pustaka yang disusun berdasarkan kaidah artikel ilmiah. Jurnal ini diterbitkan dalam bentuk cetak dan online, memuat minimal 3 (tiga) artikel dari luar kota Madiun untuk memenuhi syarat sebagai jurnal tingkat provinsi.Terbit 4 (empat) bulan sekali.
Arjuna Subject : -
Articles 66 Documents
Peningkatan Kemampuan Guru Dalam Memanfaatkan Lingkungan Sekolah Sebagai Sumber Belajar Melalui Diskusi MGM Di SMA Negeri 1 Kuripan Kabupaten Probolinggo Suraini, Arik
Wahana Kreatifitas Pendidik (WKP) Vol 2 No 3 (2019): Volume 2 No.3 Tahun 2019
Publisher : Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) SMP Kota Madiun

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (138.834 KB)

Abstract

Penelitian ini dirancang dalam bentuk Penelitian Tindakan Sekolah yang direncanakan dilaksanakan dalam dua siklus,dimana setiap siklusnya dilaksanakan dalam dua sampai tiga kali  pertemuan. Adapun subyek penelitian ini adalah guru-guru di SMA Negeri 1 Kuripan Kabupaten Probolinggo yang terdiri dari 8 orang guru. Pelaksanaan penelitian ini diawali dengan pengumpulan data dengan menggunakan format observasi,instrumen penilaian skenario pembelajaran dan instrumen penilaian pelaksanaan pembelajaran. Selanjutnya data yang sudah terkumpul dianalisis dengan menggunakan analisis diskriptif yang hasilnya adalah sebagai berikut : Pada siklus I nilai rata-rata yang diperoleh dari sikap guru berdiskusi adalah 79,38 katagori”cukup,sedangkan pada siklus II nilai rata-rata yang diperoleh adalah 84,88, katagori “baik”, nilai rata-rata yang diperoleh dari penilaian skenario pembelajaran pada siklus I yaitu 78,75 katagori “cukup” sedangkan pada siklus II nilai rata-rata yang diperoleh adalah 82,50, nilai rata-rata yang diperoleh dari penilaian pelaksanaan pembelajaran pada siklus I yaitu 78,33 katagori “cukup”, sedangkan pada siklus II nilai rata-rata yang diperoleh adalah 82,08 katagori “baik”.Melihat nilai rata-rata yang diperoleh  dari hasil analisis tersebut dapat disimpulkan bahwa dari siklus I ke siklus II , terjadi peningkatan nilai rata-rata yang diperoleh dari masing-masing komponen yang di observasi maupun yang dinilai, yang berarti pembinaan dan bimbingan melalui pendekatan diskusi kelompok Musyawarah Guru Mata Pelajaran  dapat meningkatkan kemampuan guru dalam pemanfaatan lingkungan sekolah sebagai sumber belajar. Berdasarkan keberhasilan tersebut di atas disarankan kepada guru-guru di SMA Negeri 1 Kuripan Kabupaten Probolinggo agar lebih mengoptimalkan pemanfaatan lingkungan sekolah sebagai sumber belajar dengan memperbanyak variasi metode pembelajaran dalam penyusunan skenario pembelajaran maupun dalam  pelaksanaan pembelajaran. 
Peningkatan kualitas pembelajaran Guru serta optimalisasi program kepengawasan Akademik dan Manajerial oleh Pengawas Sekolah di SMK Kesehatan Bhakti Indonesia Medika Kediri Soekodiono, Bambang
Wahana Kreatifitas Pendidik (WKP) Vol 1 No 1 (2018): Vol 1 No 1 (2018)
Publisher : Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) SMP Kota Madiun

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan yang ingin dicapai dari pelaksanaan Penelitian Tindakan Sekolah ini adalah: 1) Melaksanakan dan membuat laporan upaya peningkatan kompetensi penelitian dan pengembangan oleh guru baik secara mandiri maupun terprogram; 2) Menyusun perangkat pembelajaran untuk satu mata pelajaran lengkap; 3) Menyusun laporan observasi pembelajaran di kelas terhadap beberapa guru dalam upaya mencapai standar kompetensi lulusan; 4) Mengembangkan model penilaian yang secara umum dapat dipandang lebih baik dari apa yang telah dikembangkan di sekolah, baik yang menyangkut mekanisme, prosedur, dan instrumen penilaiannya; 5) Melaksanakan pengkajian terhadap program kepengawasan di Cabang Dinas Pendidikan Wilayah Kabupaten dan Kota Kediri (SMK Kesehatan Bhakti Indonesia Medika) berkenaan dengan implementasi 8 Standar Nasional Pendidikan (SI, SKL, Proses, Penilaian, Pengelolaan, Sarpras, Tendik, Pembiayaan).Setelah penulis sebagai pengawas sekolah melaksanakan kegiatan Penelitian Tindakan Sekolah mulai awal sampai akhir pelaksanaan kegiatan, maka kompetensi supervisi akademik penulis sebagai pengawas sekolah dapat meningkat, dan kompetensi guru dalam mengembangkan perangkat pembelajaran (silabus dan RPP) meningkat.  Dengan melaksanakan supervisi guru dan kepala sekolah, maka kompetensi supervisi akademik penulis semakin meningkat, meningkatnya kompetensi penulis dalam menyusun perangkat pembelajaran
Peningkatan pemahaman konsep mempraktikkan keterampilan bermain salah satu permainan dan olahrga beregu bola besar (sepakbola) pada mata pelajaran Pendidikan Jasmani Olah Raga dan Kesehatan melalui model pembelajaran Bowling kampus Siswa kelas X 5 SMA Neg Pramono, Budi
Wahana Kreatifitas Pendidik (WKP) Vol 1 No 1 (2018): Vol 1 No 1 (2018)
Publisher : Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) SMP Kota Madiun

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan pemahaman konsep Mempraktikkan Keterampilan Bermain Salah Satu Permainan dan Olahraga Beregu Bola Besar (Sepakbola) Pada Mata Pelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan Melalui Model Pembelajaran Bowling Kampus Siswa Kelas X 5 SMA Negeri 1 Barat Semester I Tahun Pelajaran 2016/2017. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas dengan tiga siklus. Setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Fenomena yang terjadi di Kelas X 5 diperoleh data rendahnya pemahaman konsep Mempraktikkan Keterampilan Bermain Salah Satu Permainan dan Olahraga Beregu Bola Besar (Sepakbola), yakni 61,76% siswa memiliki nilai di bawah standar ketuntasan dengan nilai rerata yang dicapai 64,71. Penerapan model pembelajaran Bowling Kampus, merupakan sebuah penawaran peneliti dalam memecahkan masalah dengan harapan minimal 75% dari jumlah siswa memahami konsep Mempraktikkan Keterampilan Bermain Salah Satu Permainan dan Olahraga Beregu Bola Besar (Sepakbola). Peranan Model Pembelajaran Bowling Kampus dalam meningkatkan pemahaman konsep Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan ini ditandai adanya peningkatan nilai rerata (Mean Score) yakni : pada siklus I 73,53; siklus II 75,88, dan siklus III 81,47. Selain itu ditandai pula adanya peningkatan prosentase ketuntasan belajar yaitu pada siklus I hanya 44,12%, siklus II menjadi 52,94%, pada siklus III mencapai 79,41%.
Peningkatan hasil belajar Pendidikan Kewarganegaraan dengn menggunakan metode diskusi untuk memahami peran Indonesia dalam lingkungan Negara di Asia Tenggara pada Siswa Kelas VI SDN Banjarejo Kota Madiun S.Pd, Djuwadi,
Wahana Kreatifitas Pendidik (WKP) Vol 1 No 1 (2018): Vol 1 No 1 (2018)
Publisher : Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) SMP Kota Madiun

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Rumusan masalah penelitian ini adalah apakah penggunaan metode resitasi dapat meningkatkan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran PKn kelas VI di SDN Banjarejo Kecamatan Taman Kota Madiun. Jenis penelitian yang digunakan ada Jenis penelitian tindakan kelas yang subyeknya adalah siswa kelas VI SDN Banjarejo Kota  Madiun tahun pelajaran 2016/2017 sejumlah 28 orang. Kesimpulan dari penelitian ini adalah menunjukkan bahwa dengan menggunakan metode diskusi prestasi siswa pada mata pelajaran PKn terjadi peningkatan. Terbukti pada hasil pengamatan pada siklus I dan II, serta, hasil tes pada siklus I nilai rata-rata mencapai 5,6 dan pada siklus ke II dengan nilai rata-rata 7.6. Peningkatan nilai menunjukkan bahwa perbaikan proses pembelajaran membawa dampak positif terhadap prestasi siswa.
Peningkatan kemampuan profesional Guru melalui supervisi akademik teknik Individual Conference (IC) di SDN 2 Surodikraman Kecamatan Ponorogo Kabupaten Ponorogo Wahyu, Hastuti Aning
Wahana Kreatifitas Pendidik (WKP) Vol 1 No 1 (2018): Vol 1 No 1 (2018)
Publisher : Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) SMP Kota Madiun

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Guru merupakan pembimbing siswa sehingga keduanya dapat menjalin hubungan emosional yang bermakna selama proses penyerapan nilai-nilai dari lingkungan sekitar. Kenyataan yang terjadi di lapangan khususnya di SDN 2 Surodikraman Kecamatan Ponorogo Kabupaten Ponorogo meskipun pemerintah melalu Kementerian Pendidikan Nasional telah berupaya meningkatkan mutu pendidikan melalui berbagai program antara lain penataran-penataran, penyempurnaan kurikulum, pengadaan sarana prasarana dan alat belajar, peningkatan manajemen sekolah, dan sebagainya. Namun demikian upaya-upaya tersebut kurang mempunyai dampak yang nyata dalam kegatan pembelajaran di kelas apabila tidak diikuti dengan pembinaan profesional bagi para guru. Sebagai upaya membantu memecahkan masalah tersebut, maka peneliti menawarkan suatu bentuk supervisi dengan teknik Individual Conference (IC). Penelitian ini merupakan penelitian tindakan sekolah yang dilaksanakan dalam 4 siklus. Tiap siklus melalui pentahapan perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Tujuan penelitian ini adalah : 1) Mendeskripsikan peranan supervisi teknik IC dalam upaya meningkatkan kemampuan profesional para guru, 2) Memberikan arahan atau pedoman bagi kepala sekolah dalam melaksanakan tugasnya sebagai supervisor sekolah dalam membina guru dan staf sekolah agar dapat meningkatkan kemampuan dan profesinya secara berdaya guna dan berhasil guna. Hasil penelitian ini adalah adanya peningkatan kemampuan profesional guru SDN 2 Surodikraman Kecamatan Ponorogo Kabupaten Ponorogo melalui penerapan supevisi akademik teknik IC. Hal ini ditandai adanya peningkatan kategori kemampuan profesional guru dalam setiap siklusnya yaitu pada siklus I berada pada kategori kurang dan pada siklus terakhir meningkat dan berada pada kategori tinggi.
Peningkatan sikap kerjasama pada materi klasifikasi materi dan perubahanya melalui discovery learning dengan sistem agen penemu siswa kelas VIIB SMP Negeri 11 Madiun Tahun Pelajaran 2016/2017 Ratnawati, S.Pd, Susi
Wahana Kreatifitas Pendidik (WKP) Vol 1 No 1 (2018): Vol 1 No 1 (2018)
Publisher : Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) SMP Kota Madiun

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah discovery learning dengan sistem agen penemu dapat  meningkatkan sikap kerjasama siswa kelan VIIB semester ganjil tahun pelajaran 2016/2017 SMP Negeri 11 Madiun untuk pelajaran IPA dengan materi pokok klasifikasi materi dan perubahannya. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas dengan dua siklus masing-masing siklus tiga pertemuan. Tiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Untuk mengetahui sikap kerjasama siswa, dilihat dari hasil observasi saat pembelajaran, dokumentasi dan catatan lapangan cukup. Dimana sebelum diadakan tindakan adalah 2,00 dalam kategori Setelah diadakan tindakan perbaikan nilai rata-rata kerjasama siswa Didapatkan hasil rata-rata nilai sikap kerjasama pada siklus I yaitu 3,20 dengan predikat baik. Rata-rata nilai sikap kerja sama  pada siklus II yaitu 3,50 dengan predikat sangat baik. Hal ini berarti ada peningkatan nilai sikap kerjasama siswa sebesar 9, 38.
Peningkatan kemampuan menyusun RPP Model Tematik Terpadu bagi Guru SD melalui strategi Information Search pada SDN Tirak Kecamatan Kwadungan Kabupaten Ngawi Semester Genap Tahun 2016/2017 ,, Sukatmiasih
Wahana Kreatifitas Pendidik (WKP) Vol 1 No 1 (2018): Vol 1 No 1 (2018)
Publisher : Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) SMP Kota Madiun

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Laporan Penelitian Tindakan Sekolah (PTS) ini dilaksanakan dengan tujuan meningkatkan kemampuan guru dalam menyusun RPP. RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran) merupakan salah satu komponen yang sangat penting dalam pelaksanaan proses pembelajaran di sekolah. Untuk menghasilkan proses pembelajaran yang berkwalitas harus dimulai dengan perencanaan pembelajaran yang berkwalitas juga. Kenyataan di lapangan menunjukkan bahwa masih banyak guru belum menyusun  RPP secara mandiri maupun kelompok. Hal ini disebabkan antara lain masih banyak guru menganggap menyusun RPP merupakan beban, kurangnya wawasan tentang RPP. Dikaitkan dengan uraian diatas dengan hasil supervis kelas khususnya mendesain penyusunan RPP masih ditemukan guru- guru yang belum memahami serta belum bisa menyusun RPP berorientasi pada model pendekatan tematik terpadu. Untuk itu dipandang perlu bagi guru untuk memperoleh pembinaan. Tujuan penelitian ini  (1)  mengkaji penerapan Rencana Kepengawasan Supervisi Akademik (RKSA) menggunakan strategi information search untuk meningkatkan kemampuan pemahaman dan menysusun RPP dengan pendekatan Tematik Terpadu bagi guru di SDN Tirak Kecamatan Kwadungan Kab.Ngawi tahun 2016/2017. (2) Ingin mengetahui  penerapan  strategi  information search dapat meningkatkan kemampuan memahami RPP dengan pendekatan Tematik Terpadu bagi guruSDN Tirak Kecamatan Kwadungan Kab.Ngawi tahun 2016/2017. (3) Ingin mengetahui  penerapan  strategi  information search dapat meningkatkan kemampuan menyusun RPP dengan pendekatan Tematik Terpadu bagi guru di SDN Tirak Kecamatan Kwadungan Kab.Ngawi tahun 2016/2017.
Meningkatkan Prestasi dan Motivasi Belajar Ipa Energi Gerak Melalui Metode Demonstrasi pada Siswa Kelas V Tahun Pelajaran 2016/2017 SDN Bringinbendo 2 Kabupaten Sidoarjo Budi Utami,S.Pd, Christina Dwi Kartika
Wahana Kreatifitas Pendidik (WKP) Vol 1 No 2 (2018): Vol 1 No 2 (2018)
Publisher : Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) SMP Kota Madiun

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah: (a) Ingin mengetahui peningkatan prestasi belajar siswa setelah diterapkannya metode demonstrasi. (b) Ingin mengetahui pengaruh motivasi belajar siswa setelah diterapkan metode demonstrasi. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan (action research) sebanyak tiga putaran. Setiap putaran terdiri dari empat tahap yaitu: rancangan, kegiatan dan pengamatan, refleksi, dan refisi. Sasaran penelitian ini adalah siswa Kelas II Data yang diperoleh berupa hasil tes formatif, lembar observasi kegiatan belajar mengajar. Dari hasil analisis didapatkan bahwa prestasi belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus I sampai siklus III yaitu, siklus I (57,14%), siklus II (71,43%), siklus III (92,86%). Kesimpulan dari penelitian ini adalah pembelajaran dengan metode demonstrasi dapat berpengaruh positif terhadap prestasi dan motivasi belajar Siswa SD Negeri Bringinbendo 2 Kecamatan Taman Kabupaten Sidoarjo serta model pembelajaran ini dapat digunakan sebagai salah satu alternatif pembelajaran Sains / Ilmu Pengetahuan Alam.
Penggunaan Pendekatan Multi Strategi Belajar IPA Sebagai Upaya Meningkatkan Pemahaman Tentang Perlunya Merawat Tanaman Pada Siswa Kelas I Di SDN Tanjungsari 2 Kabupaten Sidoarjo Tahun Pelajaran 2017/2018 Agustiningsih, Sriwi
Wahana Kreatifitas Pendidik (WKP) Vol 1 No 2 (2018): Vol 1 No 2 (2018)
Publisher : Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) SMP Kota Madiun

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan pemahaman konsep terhadap lingkungan hidup, maka kemampuan pemahaman terhadap perlunya merawat tanaman. Ketrampilan pemahaman ini merupakan kegiatan yang dilakukan untuk memudahkan siswa berfikir kritis, kreatif, aktif dan menyenangkan dengan memanfaatkan alam sekitar yang ada pada kehidupan sehari-hari, sehingga kegiatan belajar IPA menjadi menyenangkan. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan dengan menentukan langkah-langkah : perencanan, prosedural, pelaksanaan tindakan, refleksi, subyek penelitian, pengumpulan data, instrument penelitian, teknik analisa data, penyiapan partisipan, penelitian tindakan menggunakan alur spiral dengan tiga siklus. Hasil penelitian dari siklus I sampai dengan penelitian siklus III , dari data yang dikumpulkan menunjukkan adanya peningkatan yang positif yaitu hasil pada siklus I ,II dan III ketuntatasan belajar mencapai (63,33%) ,(76,67%), (90%) sehingga dapat disimpulkan bahwa melalui pendekatan multi Strategi Belajar dapat meningkatkan pemahaman tentang perlunya merawat tanaman pada mata pelajaran IPA Kelas I  SDN Tanjungsari 2 Kecamatan Taman Kabupaten Sidoarjo.
Peningkatan Kemampuan Mempraktikkan Keterampilan Teknik Salah Satu Nomor Atletik (Tolak Peluru) Melalui Model Pembelajaran Examples Non Examples Siswa Kelas VI C SDN Pacitan ,, ASRAP
Wahana Kreatifitas Pendidik (WKP) Vol 1 No 2 (2018): Vol 1 No 2 (2018)
Publisher : Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) SMP Kota Madiun

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 3 siklus, terdiri atas 6 pertemuan. Tiap pertemuan terdiri atas 2x45 menit. Tiap siklus meliputi kegiatan perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Data diambil dengan menggunakan instrument tes, wawancara, angket dan jurnal. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan kemampuan Mempraktikkan Keterampilan Teknik Salah Satu Nomor Atletik (Tolak Peluru) melalui metode Examples Non Examples pada siswa Kelas VI C, SDN Pacitan Semester I Tahun Pelajaran 2016/2017. Peranan Model Pembelajaran Examples Non Examples dalam meningkatkan kemampuan Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan ini ditandai adanya peningkatan nilai rerata (Mean Score), yakni : siklus I 72,03; siklus II 76,41; dan siklus III 77,97. Selain itu juga ditandai adanya peningkatan prosentasi ketuntasan belajar, yaitu pada siklus I 68,75%, siklus II 78,13%, siklus III terjadi peningkatan mencapai 96,88%.