cover
Contact Name
Jurnal Teknologi Pendidikan
Contact Email
jurnaltp@ppsuika.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
jurnaltp@ppsuika.ac.id
Editorial Address
-
Location
Kota bogor,
Jawa barat
INDONESIA
Jurnal Teknologi Pendidikan
ISSN : 2302738X     EISSN : 26147785     DOI : -
Core Subject : Science, Education,
Jurnal Teknologi Pendidikan merupakan jurnal ilmiah yang terbit 2 kali dalam 1 tahun berisi artikel dan hasil penelitian para peneliti, akademisi, dan praktisi di bidang pendidikan.
Arjuna Subject : -
Articles 5 Documents
Search results for , issue " Vol 3, No 1 (2014)" : 5 Documents clear
HUBUNGAN ANTARA PENGGUNAAN LABORATORIUM IPA DAN KOMPTENSI GURU DENGAN HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA SMAN I CIBUNGBULANG KABUPATEN BOGOR ., Nawawi; ., Turdjai; Abidin Arief, Zainal
JURNAL TEKNOLOGI PENDIDIKAN Vol 3, No 1 (2014)
Publisher : Prodi Teknologi Pendidikan Sekolah Pascasarjana Univ. Ibn Khaldun

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (653.381 KB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah Untuk mengetahui pengaruh penggunaan laboratorium dan kompetensi guru terhadap peningkatan hasil belajar siswa pada bidang studi IPA di SMAN Cibungbulang. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kuantitatif dengan pendekatan korelasional. Dari hasil analisis data disimpulkan sebagai berikut: (1) Terdapat hubungan antara variabel penggunaan Laboratorium IPA dengan hasil belajar siswa dengan nilai probabilitas sig. 0.003 < 0,05, (2) Terdapat hubungan antara variabel kompetensi guru terhadap hasil belajar siswa, dengan nilai probabilitas sig. 0.027 < 0,05, (3) Terdapat hubungan yang signifikan antara variabel penggunaan Laboratorium IPA dan kompetensi guru dengan hasil belajar siswa, dengan nilai probabilitas sig. 0.010 < 0,05. Dengan demikian hipotesis alternatif yang menyatakan terdapat hubungan simultan yang signifikan antara variabel penggunaan Laboratorium IPA dan kompetensi guru dengan hasil belajar siswa dapat diterima. Variabel pemanfaatan Laboratorium IPA dan kompetensi guru memberikan kontribusi sebesar 19,8% terhadap hasil belajar siswa, sedangkan sisanya (100-19,8) = 80,19% hasil belajar dipengaruhi oleh faktor lainnya di luar variabel yang diteliti.
HUBUNGAN ANTARA PEMBELAJARAN STAD DAN PEMBELAJARAN AUDIO VISUAL DENGAN HASIL BELAJAR PKN DI SMK PGRI PAMIJAHAN BOGOR Syarif, Jayadi; ., Nurhayati; Hartaya, Kendra
JURNAL TEKNOLOGI PENDIDIKAN Vol 3, No 1 (2014)
Publisher : Prodi Teknologi Pendidikan Sekolah Pascasarjana Univ. Ibn Khaldun

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (651.691 KB)

Abstract

Penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara pembelajaran STAD dan pembelajaran media audio visual dengan hasil belajar PKn di SMK PGRI Pamijahan, baik secara sendiri-sendiri (parsial) maupun besama-sama (simultan). Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kuantitatif dengan pendekatan korelasional. Populasi terjangkau penelitian ini berjumlah sebanyak 134 orang siswa. Secara keseluruhan jumlah sampel yang diambil sebanyak 100 orang siswa. Dari hasil analisis data disimpulkan sebagai berikut: (1) pembelajaran STAD berhubungan positif dengan hasil belajar PKn sebesar 0,403. Besarnya kontribusi pembelajaran STAD terhadap hasil belajar PKn sebesar 16,2. (2) respon siswa terhadap pembelajaran media Audio Visual berhubungan positif dengan hasil belajar PKn sebesar 0,239. Besarnya kontribusi pembelajaran media audio visual terhadap hasil belajar PKn sebesar 5,7%. (3) pembelajaran STAD dan pembelajaran media Audio Visual secara simultan berhubungan positif dengan hasil belajar PKn sebesar 0.461. Besarnya kontribusi kedua variabel secara simultan terhadap hasil belajar PKn sebesar 21,2%.
PERBEDAAN PENGARUH METODE SOSIODRAMA DAN MULTIMEDIA INTERAKTIF DENGAN METODE CERAMAH DISERTAI DRILL TERHADAP HASIL BELAJAR PKn DI SD NEGERI COGREG 02 KECAMATAN PARUNG KABUPATEN BOGOR Abdullah, Sidik; ., Turdjai; ., Herawati
JURNAL TEKNOLOGI PENDIDIKAN Vol 3, No 1 (2014)
Publisher : Prodi Teknologi Pendidikan Sekolah Pascasarjana Univ. Ibn Khaldun

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (921.076 KB)

Abstract

Pengaruh metode sosiodrama dan multimedia interaktif dengan metode ceramah disertai Drill terhadap hasil belajar PKn di SD Negeri Cogreg 02 kecamatan Parung kabupaten Bogor. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan: (1) untuk mengetahui pengaruh metode sosiodrama dan multimedia interaktif terhadap hasil belajar PKn di SD Negeri Cogreg 02; (2) untuk mengetahui pengaruh metode ceramah disertai drill terhadap hasil belajar PKn di SD Negeri Cogreg 02; (3) untuk mengetahui perbedaan pengaruh metode sosiodrama dan multimedia interaktif dengan metode ceramah disertai Drill terhadap hasil belajar PKn di SD Negeri Cogreg 02. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan desain pre tes-pos tes dengan kelompok pembanding. Peneliti menetapkan taraf signifikansi ? = 0,05 (5%). Artinya tingkat kepercayaan pengujian hipotesis adalah 95 %. Hasil analisis data menunjukan perbedaan nilai t hitung pada metode ceramah disertai drill (39,669). Nilai t hitung pada metode sosiodrama dan multimedia interaktif (43,232). Besarnya nilai perbedaan tersebut menunjukan bahwa pembelajaran PKn di SD Negeri Cogreg 02 kurang berjalan efektif jika hanya menggunakan metode ceramah saja. Berdasarkan data dan hasil analisis dapat ditarik kesimpulan: (1) metode sosiodrama dan multimedia interaktif berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar PKn di SD Negeri Cogreg 02, sebesar 12,948 > ttabel (21, 0,025) (2,08); (2) metode ceramah disertai Drill berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar PKn di SD Negeri Cogreg 02, sebesar 10,889 > ttabel (21, 0,025) (2,08); (3) metode sosiodrama dan multimedia interaktif memiliki perbedaan pengaruh dengan metode ceramah disertai Drill terhadap hasil belajar PKn di SD Negeri Cogreg 02, sebesar 4,282 > ttabel (21, 0,025) (2,08). Oleh sebab itu semakin baik metode sosiodrama dan multimedia interaktif digunakan akan semakin tinggi hasil belajar PKn di SD Negeri Cogreg 02.
HUBUNGAN KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DAN IKLIM BELAJAR DENGAN KINERJA GURU (Studi Korelasi pada Guru Sekolah Dasar di Gugus V Gunungbatu Kecamatan Bogor Barat Tahun 2013) Holid, Abdul; ., Nurhayati; Hartaya, Kendra
JURNAL TEKNOLOGI PENDIDIKAN Vol 3, No 1 (2014)
Publisher : Prodi Teknologi Pendidikan Sekolah Pascasarjana Univ. Ibn Khaldun

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (764.796 KB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara kepemimpinan kepala sekolah dan iklim belajar dengan kinerja guru baik secara bersama-sama maupun sendiri-sendiri. Pendekatan penelitian ini adalah kuantitatif non eksperimen. Populasi adalah guru Sekolah Dasar Negeri Gugus V Gunungbatu di Kecamatan Bogor Barat sebanyak 40 orang. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan angket. Analisis hasil penelitian menggunakan statistik deskriptif, regresi sederhana dan regresi berganda dengan menggunakan SPSS Window Version 21. Secara deskriptif hasil penelitian menunjukkan bahwa kepemimpinan kepala Sekolah termasuk dalam kategori baik dengan skor rata-rata sebesar 66,25, iklim belajar dikategorikan baik dengan skor rata-rata 76,35, Kinerja guru masuk dalam kategori baik dengan skor rata-rata 126,92. Dengan analisis regresi diketahui : terdapat hubungan yang positif dan signifikan kepemimpinan kepala sekolah dengan kinerja guru sebesar 38,3%, terdapat hubungan yang positif dan signifikan iklim belajar dengan kinerja guru sebesar 65,9%. Hasil analisis regresi berganda menunjukkan adanya hubungan bersama-sama secara positif dan signifikan kepepimpinan kepala sekolah dan iklim belajar sebesar 40,136%. Berdasarkan hasil penelitian ini disarankan kinerja guru perlu ditingkatkan dan guru harus menyadari akan tugas pokok dan fungsinya. Kepemimpinan Kepala Sekolah yang baik perlu dipertahankan dan iklim belajar yang kondusif harus diciptakan mengingat bahwa kepemimpinan Kepala Sekolah dan Iklim belajar sangat berhubungan dengan Kinerja Guru.
UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) DAN PEMBERIAN MOTIVASI ., Rakhmiyanti; ., Nurhayati; Hartaya, Kendra
JURNAL TEKNOLOGI PENDIDIKAN Vol 3, No 1 (2014)
Publisher : Prodi Teknologi Pendidikan Sekolah Pascasarjana Univ. Ibn Khaldun

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (859.4 KB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan model pembelajaran STAD dan motivasi berprestasi dalam peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Siklus Akuntansi, Kompetensi Dasar tahap–tahap pencatatan transaksi, di kelas X Akuntansi 1, semester 1 SMK Negeri 1 Bogor, tahun Pelajaran 2013-2014, dengan subyek siswa sejumlah 40 orang. Penelitian ini menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan strategi siklus. Obyek penelitian dalam penelitian tindakan ini adalah berbagai kegiatan yang terjadi di dalam kelas selama berlangsungnya pembelajaran. Dalam penelitian ini dibantu oleh guru yang berperan sebagai observer untuk mengamati pelaksanaan tindakan. Proses penelitian ini dilakukan dalam tiga siklus, tiap siklus terdiri dari empat tahap, yaitu: (1) perencanaan tindakan (2) pelaksanaan tindakan (3) observasi (4) refleksi. Setiap siklus dilaksanakan dalam empat pertemuan, tiap pertemuan adalah 8 jam pelajaran dengan waktu 1 jam pelajaran 45 menit. Berdasarkan penelitian yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan kemampuan dan hasil belajar melalui penerapan model pembelajaran STAD, dengan pemberian motivasi berprestasi.Dapat dilihat dari data perolehan nilai rata-rata pada siklus I 2,89 untuk pengetahuan, dengan nilai terendah 2,00 dan nilai tertinggi 3,70. Rata-rata nilai keterampilan 2,91 nilai terendah 2,10 dan tertinggi 3,70 jumlah siswa yang mencapai KKM 65 %. Pada siklus II nilai rata-rata pengetahuan meningkat menjadi 3,15.dengan nilai terndah 2,40 dan tertinggi 4,00. Rata-rata nilai keterampilan 3,16 nilai terendah 2,20 dan tertinggi 4.00 jumlah siswa yang mencapai KKM 77,5 %. Setelah siklus III nilai rata-rata pengetahuan meningkat menjadi 3,45.dengan nilai terndah 3,04 dan tertinggi 4,00. Rata-rata nilai keterampilan 3,50 nilai terendah 3,12 dan tertinggi 4.00 jumlah siswa yang mencapai KKM meningkat menjadi 100%. Dengan demikian peneliti menyimpulkan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran tipe STAD dengan penerapan motivasi berprestasi dapat meningkatkan kemampuan dan hasil belajar akuntansi.

Page 1 of 1 | Total Record : 5