SEIKO : Journal of Management & Business
Published by STIE AMKOP Makassar
The Journal Management & Business (SEJaman) provides a forum for academics and professionals to share the latest developments and advances in knowledge and practice of management business both theory and practices. It aims to foster the exchange of ideas on a range of important management subjects and to provide stimulus for research and the further development of international perspectives.
Articles
20
Articles
‚Äč
PENGARUH KEPEMIMPINAN, MOTIVASI DAN BUDAYA ORGANISASI TERHADAP KINERJA PEGAWAI

Umar Data, Muhammad, Tafsir, Muhammad

SEIKO : Journal of Management & Business Vol 2, No 2 (2019): January-Juny
Publisher : Program Pascasarjana STIE Amkop Makassar

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh gaya kepemimpinan, motivasi, dan Budaya perusahaan terhadap kinerja Karyawan. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah 150 orang di Kantor Bank yang beroperasi di kota Makassar dengan metode sampel jenuh. Metode penelitian ini menggunakan analisis regresi linier berganda. Berdasarkan hasil analisis data dan pengujian hipotesis menunjukkan bahwa hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel uji F yang terdiri dari gaya kepemimpinan, Motivasi dan Budaya perusahaan secara simultan berpengaruh positif signifikan terhadap kinerja karyawan. Hasil (uji t) untuk variabel Kepemimpinan dan motivasi secara parsial menunjukkan pengaruh positif yang signifikan terhadap kinerja karyawan dan Organisasi perusahaan berpengaruh negatif terhadap kinerja karyawan. Hasil koefisien determinan (R2) memiliki makna bahwa gaya kepemimpinan, motivasi dan budaya peusahaan sebagai variabel independen mampu menjelaskan kinerja seorang karyawan sebagai variabel dependen dan memiliki hubungan yang sangat kuat dan positif, sedangkan sisanya dijelaskan oleh faktor-faktor lain yang tidak termasuk dalam penelitian ini. Kata kunci: Kepemimpinan, motivasi, budaya dan kinerja organisasi ABSTRACT This study aims to determine the effect of leadership style, motivation, and corporate culture on employee performance. The sample used in this study was 150 people at the Bank Office operating in the city of Makassar with a full sample method. This research method uses multiple linear regression analysis. Based on the results of data analysis and hypothesis testing indicate that the results of this study indicate that the F test variables consisting of leadership style, motivation, and corporate culture simultaneously have a significant positive effect on employee performance. Results (t-test) for the variables of Leadership and motivation partially showed a significant positive effect on employee performance and company organization negatively affected employee performance. The results of the determinant coefficient (R2) means that leadership style, motivation and corporate culture as independent variables can explain the performance of an employee as the dependent variable and have a very strong and positive relationship, while the rest is explained by other factors not included in this study. Keywords: Leadership, motivation, culture and organizational performance

Cover / Sampul Vol 2, No 1 (2018): July-December

Sani, Amar

SEIKO : Journal of Management & Business Vol 2, No 1 (2018): July-December
Publisher : Program Pascasarjana STIE Amkop Makassar

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

ANALISIS KINERJA PERUSAHAAN DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN BALANCED SCORECARD PADA PT. BOSOWA PROPERTINDO.

Galib, Mukhtar, Hidayat, Muhammad

SEIKO : Journal of Management & Business Vol 2, No 1 (2018): July-December
Publisher : Program Pascasarjana STIE Amkop Makassar

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk : (1) Untuk mengetahui kinerja PT. Bosowa Propertindo dengan menggunakan pendekatan Balanced Scorecard (2) Untuk mengetahui Key Performance Indicator yang mempengaruhi kinerja PT. Bosowa Propertindo. Hasil penelitian ini menunjukkan : (1) Pencapaian balanced scorecard pada tahun 2017 adalah sebesar 3.195 nilai ini menunjukkan bahwa pencapaian target yang dicapai oleh perusahaan adalah lebih tinggi sedikit diatas target yang telah ditetapkan. (2) Key Performance indicator (KPI) yang ditentukan oleh PT.Bosowa Propertindo pada tahun 2017 adalah (a) Perspektif keuangan yang terdiri dari Profitability index, Return on Capital Employeed, Return on Investment, Current Ratio mencapai nilai score kumulatif balanced Scorecard sebesar 1,475 (b) Perspektif Pelanggan yang dilaksanakan dengan menganalisa kepuasan pelanggan yang terdiri dari bukti fisik,kehandalan, daya tanggap, jaminan dan kepedulian mencapai nilai score kumulatif BSC sebesar 0,75 (c) Perspektif Proses Business internal yang terdiri dari rasio inovasi dan rasio tingkat kepatuhan mencapai nilai score kumulatif BSC sebesar 0,85 (c) Perspektif pertumbuhan dan pembelajaran yang terdiri dari kepuasan pegawai, jumlah karyawan yang mengikuti pendidikan dan pelatihan, biaya pendidikan dan pelatihan, waktu pelaksanaan.

KETERKAITAN USIA DAN IKLIM ORGANISASI TERHADAP PRESTASI KERJA KARYAWAN BANK DI MAKASSAR

Karim, Kasnaeny, Tajibu, Muhammad Jibril

SEIKO : Journal of Management & Business Vol 2, No 1 (2018): July-December
Publisher : Program Pascasarjana STIE Amkop Makassar

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

ABSTRAK Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui keterkaitan karakteristik individu yakni usia dan status perkawinan terhadap prestasi kerja karyawan bank di kota Makassar. Pengujian dilakukan terhadap 30 sampel yang berasal dari 3 Bank Nasional di kota Makassar. Untuk menjawab masalah penelitian digunakan analisis deskriptif kuantitatif yakni regresi linear berganda. Hasil analisis menunjukkan bahwa usia dan iklim organisasi memiliki pengaruh signifikan terhadap prestasi kerja karyawan bank di kota Makassar. Kata-kata Kunci : Usia, iklim organisasi, prestasi kerja dan karyawan. ABSTRACT The purpose of this study was to determine the association individual characteristic, namely Age and organizational climate against employee performance in the city of Makassar. Tests were conducted on 30 samples from 3 National Banks in the city of Makassar. To answer the research problem, quantitative descriptive analysis is used, namely multiple linear regression. The results of the analysis show that age and organizational climate have a significant influence on the work performance of bank employees in the city of Makassar. Keywords : Age, organizational climate, the achievements work, and employees

PENGARUH RASIO PROFITABILITAS TERHADAP HARGA SAHAM PERUSAHAAN SUB SEKTOR MINYAK DAN GAS BUMI YANG TERDAFTAR DI BEI

Hikmah, Hikmah

SEIKO : Journal of Management & Business Vol 2, No 1 (2018): July-December
Publisher : Program Pascasarjana STIE Amkop Makassar

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

ABSTRAK Rasio profitabilitas digunakan untuk menilai kinerja perusahaan. Naik dan turunnya harga saham perusahaan merupakan hal yang biasa terjadi khususnya perusahaan sub sektor yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2014-2017. Rasio profitabilitas yang digunakan dalam penelitian ini adalah ROA (X1), ROE (X2), NPM (X3), dan EPS (X4). Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh rasio profitabilitas terhadap harga saham (Y) perusahaan sub sektor minyak dan gas bumi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2014-2017. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan menggunakan model regresi data panel. Populasi pada penelitian ini adalah 9 perusahaan dan laporan keuangan selama 4 periode. Teknik pengambilan sampel yang digunakan pada penelitian ini adalah purposive sampling, dengan jumlah sampel sebanyak 36 perusahaan dan laporan keuangan selama 4 periode. Hasil regresi data panel menunjukkan bahwa ROE (X1) berpengaruh positif terhadap harga saham ( Y), EPS (X3) memiliki pengaruh positif terhadap harga saham (Y), dan ROA (X1) dan memiliki pengaruh negatif terhadap harga saham (Y), sedangkan ROA (X1), ROE (X2), dan EPS (X3) secara simultan berpengaruh signifikan terhadap harga saham. Kata-kata Kunci: ROA, ROE, EPS, Harga Saham ABSTRACT Profitability ratio is a common method used to assess company performance. The ups and downs of the companys stock price are common, especially the Oil and gas Company in Indonesia listed on the Indonesia Stock Exchange period 2014-2017. Profitability ratios used in this study are ROA (X1), ROE (X2), EPS (X3). The purpose of this study to determine the effect of profitability ratios to stock prices (Y) of Oil and gas mining companies listed on the Indonesia Stock Exchange period 2014-2017. The method used in this research is quantitative method by using panel data regression model. The population in this study were 9 companies and financial reports for 4 periods. The sampling technique used in this study is purposive sampling, with a total sample of 9 companies and financial reports for 4 periods. The result of hypothesis test shows that ROA (X1) have insignigicant effect to stock price (X1), and ROE (X2), dan (EPS (X3) partially have significant effect to stock price, while ROA (X1), ROE (X2),), and EPS (X3) simultaneously have significant effect to stock price Keywords: ROA, ROE, EPS, Stock Price

MENINGKATKAN PENJUALAN DENGAN MENEKAN BIAYA DISTRIBUSI DAN BIAYA PROMOSI PADA PT COCA - COLA AMATIL INDONESIA DI JAWA TIMUR

Theresia, Vellynda Sharon, Ferinia, Rolyana

SEIKO : Journal of Management & Business Vol 2, No 1 (2018): July-December
Publisher : Program Pascasarjana STIE Amkop Makassar

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

ABSTRAK Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh biaya distribusi dan biaya promosi terhadap penjualan pada PT Coca- Cola Amatil Indonesia di Jawa Timur. Populasi dalam penelitian ini adalah dokumen dalam bentuk laporan keuangan dan sampel nya adalah laporan rugi laba untuk periode 2015-2017 dengan mengambil data sekunder yaitu laporan keuangan PT Coca- Cola Amatil Indonesia di Jawa Timur tahun 2015-2017 yang berhubungan dengan biaya distribusi, biaya promosi, dan penjualan. Selanjutnya, analisis regresi sederhana dan berganda untuk menguji hipotesis. Berdasarkan hasil pengujian yang telah diteliti diketahui bahwa biaya distribusi biaya promosi berpengaruh signifikan terhadap penjualan pada PT Coca-Cola Amatil Indonesia di Jawa Timur secara simultan. Selanjutnya secara parsial biaya distribusi tidak berpengaruh signifikan terhadap penjualan pada PT Coca- Cola Amatil Indonesia di Jawa Timur. Kemudian biaya promosi terhadap penjualan memiliki pengaruh yang signifikan secara parsial pada PT Coca- Cola Amatil Indonesia di Jawa Timur. Kata Kunci : Biaya Distribusi, Biaya Promosi, Penjualan. ABSTRACT The purpose of this study was to determine the effect of distribution costs and promotion costs on sales at PT Coca- Cola Amatil Indonesia in East Java. The population in this study is a document in the form of financial statements and the sample is the income statement for the period 2015-2017 by taking secondary data, namely the financial statements of PT Coca- Cola Amatil Indonesia in East Java 2015-2017 related to distribution costs, promotion costs and sales. Furthermore, simple and multiple regression analysis to test the hypothesis. Based on the results of the tests that have been examined it is known that the cost of distribution of promotional costs has a significant effect on sales at PT Coca-Cola Amatil Indonesia in East Java simultaneously. Furthermore, partially the distribution costs have no significant effect on sales at PT Coca- Cola Amatil Indonesia in East Java. Then the promotion costs for sales have a partially significant influence on PT Coca- Cola Amatil Indonesia in East Java. Keywords : distribution costs, promotion costs, sales

THE INFLUENCE OF DEVELOPING HUMAN CAPITAL MANAGEMENT TOWARD COMPANY PERFORMANCE (THE EVIDENCE FROM DEVELOPER COMPANIES IN SOUTH SULAWESI INDONESIA)

Hidayat, Muhammad, Latief, Fitriani

SEIKO : Journal of Management & Business Vol 2, No 1 (2018): July-December
Publisher : Program Pascasarjana STIE Amkop Makassar

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

Human capital is the key factor to drive a company in achieving its vision and mission. Therefore, developing human capital management aims to achieve the companys human capital quality, it is one of the most important company‚??s strategies today. This study is intended to determine the influence of human capital management development toward the company performance, to answer this question the five important factors in human capital management, namely individual capabilities, individual motivation, leadership, organizational climate and work group effectiveness, they are analyzed to determine their effects on employee performance and company performance on four developer companies in South Sulawesi Indonesia. This study proved that the organizational climate has a direct effect on employee and company performance. Work group effectiveness directly affects employee and company performance. Individual capability, individual motivation, and leadership have a direct effect on employee performance. Then the employee performance directly affects the company performance. Keywords: Development, Human Capital Management, Corporate Performance

PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN CITRA MEREK TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN MOBIL FORD

Batari, Andi, Jobhaar Bima, Muh., Rahman, Zainuddin

SEIKO : Journal of Management & Business Vol 2, No 1 (2018): July-December
Publisher : Program Pascasarjana STIE Amkop Makassar

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

ABSTRAK Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh antara kualitas pelayanan dan citra merek terhadap kepuasan konsumen Mobil Ford pada PT. Kumala Prima Motor Makassar. . Populasi dalam penelitian ini adalah jumlah seluruh konsumen mobil Ford selama tiga bulan terakhir (Nopember 2017 ‚?? Januari Tahun 2018) yaitu sebanyak 50 responden, sehingga sampel penelitian ini menggunakan sampel jenuh. Kemudian, analisis regresi berganda digunakan untuk menguji hipotesis. Berdasarkan hasil pengujian, diperoleh temuan bahwa Kualitas pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen Mobil Ford pada PT. Kumala Prima Motor Makassar. Kemudian, Citra merek berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen Mobil Ford pada PT. Kumala Prima Motor Makassar. Selanjutnya, Kualitas pelayanan dan citra merek berpengaruh positif dan signifikan secara simultan terhadap kepuasan konsumen Mobil Ford pada PT. Kumala Prima Motor Makassar. Kata Kunci: Kualitas Pelayanan, Citra Merek, Kepuasan Konsumen. ABSTRACT The purpose of this study was to analyze the effect of service quality and brand image on consumer satisfaction of Ford cars at PT. Kumala Prima Motor Makassar. The population in this study is the total number of Ford car consumers for the last three months (November 2017 - January 2018) as many as 50 respondents, so the sample of this study uses saturated samples. Then, multiple regression analysis is used to test the hypothesis. Based on the test results, it was found that service quality has a positive and significant effect on consumer satisfaction of Ford cars at PT. Kumala Prima Motor Makassar. Then, brand image has a positive and significant effect on consumer satisfaction of Ford cars at PT. Kumala Prima Motor Makassar. Furthermore, service quality and brand image have a positive and significant effect simultaneously on consumer satisfaction of Ford cars at PT. Kumala Prima Motor Makassar. Keywords: Service Quality, Brand Image, Consumer Satisfaction.

PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN NASABAH PADA PT. BANK MEGA, TBK CABANG MAKASSAR DAYA

Putra Setiawan, Ikrar, Fachmi, Muhammad

SEIKO : Journal of Management & Business Vol 1, No 2 (2018): January-Juny
Publisher : Program Pascasarjana STIE Amkop Makassar

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

¬†ABSTRAK¬†Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan nasabah. ¬†Penelitian ini dilaksanakan di PT. Bank Mega, Tbk Cabang Makassar Daya dengan jumlah populasi sebanyak 300 orang nasabah. Sampel penelitian ini ditentukan dengan menggunakan teknik sampling sederhana secara acak dengan jumlah sampel sebanyak 75 orang nasabah. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis regresi linier sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan nasabah. Artinya, ketika pelayanan kepada nasabah di PT. Bank Mega, Tbk Cabang Makassar Daya semakin baik maka kepuasan nasabah akan semakin meningkat, sebaliknya ketika pelayanan kepada nasabah di PT. Bank Mega, Tbk Cabang Makassar Daya semakin buruk maka kepuasan nasabah akan semakin menurunKata Kunci : Kualitas Pelayanan, Kepuasan Nasabah¬†ABSTRACT¬†The aim of the study was to know the effect of Service Quality to Costumers‚?? Satisfaction. The study was condute in the PT. Bank Mega Branch Makassar Daya, with population of 300 costumers. Sample was the random sampling with 75 teachers as samples. Analysis of the data in this study using multiple linear regression analysis. The result of study indicates that Service Quality has positive and significant influence to Costumers‚?? Satisfaction. That is, when the service to customers in PT. Bank Mega, Tbk Makassar Branch The better the customers satisfaction will be increased, whereas when the service to customers in PT. Bank Mega, Tbk Makassar Branch The more bad the customers satisfaction will decreaseKeyword: Service Quality, Costumers‚?? Satisfaction

PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN PT. PRIMAGUM SEJATI DI MAKASSAR

Tiong, Piter

SEIKO : Journal of Management & Business Vol 1, No 2 (2018): January-Juny
Publisher : Program Pascasarjana STIE Amkop Makassar

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

AbstrakTujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis sejauh mana pengaruh kualitas layanan melalui bukti fisik, kehandalan, daya tanggap, jaminan dan empati terhadap loyalitas pelanggan pada PT. Pribagum Sejati di Makassar,  serta untuk menganalisis variabel manakah dari kualitas layanan yang paling berpengaruh terhadap loyalitas pelanggan pada PT. Primagum Sejati di Makassar. Untuk mengimplementasikan tujuan tersebut maka digunakan metode pengumpulan data melalui penyebaran kuesioner, sedangkan alat analisis yang digunakan adalah : uji instrument penelitian (uji validitas dan reliabilitas), uji asumsi klasik (uji normalitas, uji multikolineritas, serta uji heterokesdastisitas), analisis regresi linear berganda, serta pengujian hipotesis Hasil penelitian menemukan bahwa hasil analisis regresi linear berganda, maka dapat disimpulkan bahwa kualitas layanan yang terdiri dari bukti fisik, keandalan, daya tanggap, jaminan dan empati berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas pelanggan pada PT. Primagum Sejati di Makassar, sedangkan dari hasil pengujian koefisien secara parsial (uji t) maka dapat disimpulkan  bahwa variabel yang paling dominan berpengaruh terhadap loyalitas pelanggan pada PT. Primagum Sejati di Makassar adalah daya tanggap atau responsiveness. Kata kunci :    Bukti fisik, kehandalan, daya tanggap, jaminan dan empati terhadap loyalitas pelanggan AbstractThe purpose of this study was to determine and analyze the extent to which effect the quality of service through the physical evidence, reliability, responsiveness, assurance and empathy effect on customer loyalty to the PT. Primagum Sejati in Makassar, to analyze which variables of service quality the most influence on customer loyalty to the PT. True Primagum in Makassar. To implement these objectives, the used method of collecting data through questionnaires, while analysis tools used are: test of research instrument (validity and reliability), classical assumption (normality test, multicolinearity, and test heterokesdastisitas), multiple linear regression analysis, and hypothesis testing (F test and t test). The study found that the results of multiple regression analysis, it can be concluded that the quality of service that consists of physical evidence, reliability, responsiveness, assurance and empathy positive and significant impact on customer loyalty in PT. True Primagum in Makassar, while the results of the partial coefficient test (t test) it can be concluded that the most dominant variable effect on customer loyalty in PT. True Primagum in Makassar is the responsiveness or responsiveness. Keywords :   Physical Evidence, Reliability, Responsiveness, Assurance And Empathy For Customer Loyalty