cover
Contact Name
Dony Rano Virdaus
Contact Email
donyrano@gmail.com
Phone
-
Journal Mail Official
donyrano@gmail.com
Editorial Address
-
Location
Kota kediri,
Jawa timur
INDONESIA
MEDIAKITA
ISSN : 25793721     EISSN : 26153327     DOI : -
Core Subject : Religion, Education,
Jurnal Media Kita diterbitkan oleh Pusat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (P3M), Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Kediri. Jurnal ilmiah di bidang Ilmu Komunikasi dan Penyiaran Islam yang ditulis berdasarkan hasil penelitian lapangan maupun studi pustaka. Jurnal ini membahas kajian-kajian teoritis dan juga kajian empiris dari praktisi maupun akademisi. Media Kita diterbitkan secara berkala setiap enam bulan sekali pada bulan Januari dan Juli.
Arjuna Subject : -
Articles 22 Documents
FOTO PREWEDDING DALAM PRESPEKTIF SANTRI PONDOK PESANTREN AL-ISHLAH BANDAR KIDUL MOJOROTO KOTA KEDIRI Hermawan, Andik; Ropingi, Ropingi
MEDIAKITA Vol 1, No 1 (2017)
Publisher : IAIN KEDIRI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Fotografi menjadi sebuah ladang bisnis baik bagi fotografer pemula maupun fotografer profesional. Sekarang ini foto prewedding sudah menjadi budaya baru di tengah-tengah masyarakat modern, yakni foto yang dilakukan sebelum pernikahan. Tidak terkecuali umat muslim juga melaksanakan foto prewedding yang mana hukum dari foto prewedding tersebut adalah haram. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pemaknaan santri Pondok Pesantren Al-Ishlah Bandar Kidul Mojoroto Kota Kediri terkait tentang foto prewedding tersebut. Mulai dari tahap eksternalisasi di mana santri beradaptasi dengan budaya baru ini. Kemudian tahap objektivasi, memahami bagaimana dan seperti apa foto pre wedding. Yang terakhir tahap internalisasi, yakni santri memberi pemaknaan atau penafsiran terhadap foto pre wedding. Dalam penelitian ini penulis menggunakan pendekatan kualitatif dengan menggunakan tiga metode pengumpulan data yaitu observasi, yang mana penulis menjadi observasi partisipan, wawancara mendalam (indept interview), informan dari penelitian ini adalah santri Pondok Pesantren Al-Ishlah yang berjumlah 20 orang, dan selanjutnya dokumentasi. Untuk menganalisis data penulis menggunakan teknik Analisis Interaktif Miles dan Huberman dengan membuat gambaran yang sistematis, faktual dan analisisnya dilakukan melalui tiga jalur reduksi data, penyajian data (data display), dan penarikan kesimpulan. Penelitian ini mendapatkan hasil bahwa santri Pondok Pesantren Al-Ishlah Bandarkidul, Mojoroto, Kota Kediri memberi penafsiran atau pemaknaan terhadap foto prewedding dengan beberapa tahap seperti yang dikemukakan oleh Peter L. Berger. Pertama tahap eksternalisasi di mana santri membuka diri dan beradaptasi dengan budaya baru yang ada di masyarakat yakni foto pre wedding. Kemudian tahap objektivasi, santri berusaha memahami bagaimana dan seperti apa foto pre wedding tersebut. Yang terakhir tahap internalisasi, yakni santri memberi pemaknaan atau penafsiran terkait foto pre wedding yang menjamur di masyarakat. Bahwa hukum foto pre wedding menurut santri adalah haram, apabila dalam pembuatan dan hasil foto terdapat adegan atau pose yang melanggar syariat. Dan boleh melakukan foto pre wedding, apabila dalam pembuatan dan hasil foto pre wedding tidak menyalahi syariat dan norma agama. Kata kunci: Konstruksi, Santri, Foto Prewedding.
KOMPETENSI KOMUNIKASI DOSEN DAN KONSEP DIRI MAHASISWA TERHADAP PRESTASI AKADEMIK MAHASISWA Suprihatini, Taufik
MEDIAKITA Vol 1, No 2 (2017)
Publisher : IAIN KEDIRI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

AbstractStudents less fully aware of the existence of themselves as the next generation and the future of the nation reflection. Consciousness as an independent, full responsibility mature human yet fully visible in the figure ofthe students, so the motivation for achievement sometimes not realized. They are often seen involved in the demonstrations, fights, involved in the activities of political organizations, even unconsciously they entered inforbidden religious organizations. The sample of this research is the students of Communication Science FISIP Undip class in 2013 and 2014 with a sampling technique using proportional random sampling technique, which will take 15% of the number of students. The researcher conducted a sample calculation using the formula of Frank Lynch.1The variable research are the Lecturer Communication Competence and Self-Concept of Student as independent variables, the Student Academic Achievement as the dependent variable. Based on statistical test by using Pearson correlation and multiple correlation using SPSS version 21 indicates that there is no relationship between the variables of communication competence of lecturers, and students’ academic achievement. It can be seen from the significant value of both variables showed the 0.784> 0.05. So Ho accepted and Ha rejected. Student self-concept variables are not related to students’ academic achievement. It can be seen from the significant value of both variables that showed the number 0.998> 0.05. Then Ho accepted and Ha rejected. From the results of research conducted by Erli Zaenal about the factors were associated with grade point of Third Semester Midwifery Student of Health Polytechnic Bengkulu, it is known that academic achievements are influenced by internal factors and external factors. Internal factors include intelligence, motivation, habits, anxiety, interests and so on. While external factors include a family environment, school environment, community, socio-economic situation, and so on.Keywords: Communication Competence, Self-Concept, Academic Achievement
MENEMUKAN RUANG KETIGA DALAM DAKWAH ANTARBUDAYA (Analisis Cultural Studies sebagai Kritik atas Gerakan Dakwah Puritanisme) Laksono, Puji
MEDIAKITA Vol 1, No 2 (2017)
Publisher : IAIN KEDIRI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Dakwah in Islam is a divine task performed by each individual and collectively to its adherents. Dakwah hasa goal to invite people to the path of goodness and instructions for obtaining happiness of the world and thehereafter. Practice dakwah that accompanied the business domination and cultural imperialism as did thepuritans will only lead to dissociative interaction processes of intercultural, which leads to a clash of cultures,conflicts and contradictions. It is certainly far from ideal destination dakwah. Thus, the sociological aspect in theimplementation of dakwah is also worth noting, that not only makes the community as an object, but also shouldpay attention to the community as a subject of dakwah. Which not only makes the community as an object, butalso should pay attention to the community as a subject of dakwah. Side of the subjectivity of society is culturalidentity. Implementation of dakwah should be accompanied by an understanding of the cultural differences thatpracticed by the community to find a third space that is dialogical in intercultural dakwah.Keywords: Dakwah, Intercultural, The third space, Cultural Indentity.
PERANAN TIM CYBER NAHDLATUL ULAMA JAWA TIMUR DALAM MENINGKATKAN NILAI-NILAI ASWAJA Utami, Hesty Putri; Huda, Moh Shofiyul
MEDIAKITA Vol 1, No 1 (2017)
Publisher : IAIN KEDIRI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan menganalisis Peranan Tim Cyber Nahdlatul Ulama Jawa Timur untuk meningkatkan nilai-nilai Aswaja. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui peran tim cyber NU Jatim sebagai pusat media Nahdlatul Ulama dalam sebagai bidang garap dakwah Nahdlatul Ulama di era digital dengan mengandalkan teknologi informasi dan komunikasi. Metode penelitian yang digunakan adalah deskripsi kualitatif, dengan menggunakan teori komunikasi massa, teori propaganda dan teori spiral kebisuan. Data dalam penelitian ini didapat dari wawancara dengan tim cyber NU Jatim mengenai sejarah, program kerja dan skema kerja tim cyber NU Jatim. Serta mencari data dari literatur yang sesuai dengan konteks penelitian. Melalui rekaman dan beberapa catatan kecil sekaligus postingan akun tim cyber NU Jatim, peneliti mampu menganalisis data penelitian. Hasil penelitian menunjukan bahwa peranan Tim cyber NU Jatim yaitu (1) Tim Cyber NU Jatim membentuk Kohesi Sosial, (2) Tim Cyber NU Jatim menjadi rujukan informasi NU, (3) Tim Cyber NU Jatim sebagai jembatan informasi, (4) Tim Cyber NU Jatim sebagai institusi media. Dari hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahwa Korelasi peranan tim cyber NU Jatim untuk meningkatkan nilai-nilai Aswaja dapat dilihat dari proses kerja dan hasil kerja tim cyber NU Jatim dalam menangani gerakan radikalisme menjadi nasionalisme berbasis agama dan negara. Kata Kunci: Peranan Tim Cyber NU, Nilai-nilai Aswaja, dakwah
POLA, PERILAKU DAN PRAKTEK KOMUNIKASI ISLAM PADA KELOMPOK TRADISIONAL DALAM MENGAKSES MEDIA ONLINE Urip Mulyadi, Dian Marhaeni K
MEDIAKITA Vol 1, No 2 (2017)
Publisher : IAIN KEDIRI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

This research focuses from the uniqueness and specificity of traditional group communication in accessing onlinemedia. By using qualitative descriptive analysis the researcher reveal the phenomenon of Islamic behavioralpattern, behavior and practice of communication in traditional group.Theoretical studies were conducted by exploring theories about communication patterns, communicationbehavior and Islamic communication practices from various sources. The research method is done by appointinginformants according to the criteria and objectives of the research and selecting groups of informants by purposiveand snowball system. Primary data experience the process of reduction and presentation of data with Miles andHuberman analysis to get good data quality.This study resulted in the conclusion that there are two-stage communication pattern for certain types ofcommunication, the centralistic communication pattern and the wheel network. There is a strong client-clientrelationship in this group. The relationship affects content and communication behavior in online media. A futurerecommendation for subsequent research is to focus on the traditional group communication behavior in businessand sales transactions.Keywords: Communication pattern, communication behavior, Islamic communication practice.
URGENSI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM DONGENG (Studi Kasus Buku Dongeng Komisi Pemberatasan Korupsi Seri Peternakan Kakek Tulus) S. Isbandi,, Fitri
MEDIAKITA Vol 1, No 2 (2017)
Publisher : IAIN KEDIRI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Storytelling is the oldest art’s heritage that is now to be forgotten by a half of people. Though, storytelling need tobe preserved and developed as one of good activity that can support social interests extensively. Storytelling is funactivity but people rarely do it. Society development and social changes seems effect on decreasing of storytellingactivities, not only at home, schools, worship place, playground but also library.Keywords : Story telling,education, society development.
PENGELOLAAN KESAN MBAH KARSO SEBAGAI PRESENTER DI KSTV KEDIRI Yunikasari, Latifah; Prilani, Prilani
MEDIAKITA Vol 1, No 1 (2017)
Publisher : IAIN KEDIRI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Stasiun televisi lokal memiliki unsur kedekatan (proximity) secara emosional dengan masyarakat daerahya. Termasuk peran presenter mengenai bagaimana menyajikan informasi yang mempunyai muatan positif bagi khalayak. Penelitian dilakukan terhadap sosok Mbah Karso yang merupakan host atau presenter di stasiun televisi lokal KSTV Kediri pengelolaan kesan yang unik dibandingkan dengan presenter pada umumnya, dari segi penampilan berupa gaya siaran yang atraktif dan juga bahasa yang digunakan. Mbah Karso juga pernah mendapatkan penghargaan sebagai juara 2 kategori talkshow dalam acara KPID award pada tahun 2010 KPID Jawa Timur. Berdasarkan latar belakang pemikiran tersebut maka masalah yang ingin di teliti pada penelitian ini adalah bagaimana pengelolaan kesan Mbah Karso sebagai presenter di KSTV Kediri. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pengelolaan kesan panggung depan (front stage) dan panggung belakang (back stage) Mbah Karso sebagai presenter di KSTV Kediri. Penelitian ini menggunakan landasan teori dramaturgi, konsep diri, mau’idza hasanah, dan analisis interaktif Miles dan Huberman sebagai analisis data. Menggunakan metode kualitatif deskriptif berdasarkan pendekatan dramaturgi Erving Goffman. Sumber data utama adalah data yang diperoleh dari wawancara dengan Fadholi pemeran karaktrer Mbah Karso di KSTV Kediri. Dari penelitian ini diperoleh hasil penelitian sebagai berikut: 1) Dalam konteks front stage dipahami sebagai panggung yang hanya menampilkan tokoh Mbah Karso yang meliputi simbol-simbol seperti cara berpakaian, gaya bahasa, sikap dan perilaku serta materi dakwah. Peran front stage Mbah Karso dibantu oleh kerjasama tim KSTV baik dari segi dekorasi maupun materi. Mengunakan campuran Bahasa Jawa yang merupakan bahasa khalayak sehari-hari dan juga muatan dakwah dari konteks pesan yang disampaikan. Hal tersebut dilakukan agar khalayak dapat menerima kesan yang sengaja dibentuk untuk penyampaian pesan yang efektif, sehingga karakter Mbah Karso bisa diterima oleh khalayak. 2) Sementara back stage personal Mbah Karso dalam kehidupan sehari-harinya cara bertutur kata atau penggunaan gaya bahasa lebih sopan dan tidak banyak bicara, yang berbeda pada saat sedang berada di panggung. Selain itu, back stage Mbah Karso meliputi latihan pendalaman karakter ketika akan memainkan peran, dan juga beberapa faktor pendukung yang didapatkan dari memperdalam referensi materi, pengalaman pribadi dan situasi yang sering dihadapi. Kata kunci: Dramaturgi, Pengelolaan Kesan, Presenter
PERAN JURNALISME WARGA (CITIZEN JOURNALISM) BERBASIS SANTRI SEBAGAI PENYEIMBANG KOMUNIKASI KEAGAMAAN LOKAL KEDIRI Handayani, Diah
MEDIAKITA Vol 1, No 2 (2017)
Publisher : IAIN KEDIRI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

The aim of this research is to improve awareness of the religious multivarians local information that constructedby the Pesantren. Improving the dakwah Pesantren by constructed the santri capacity improving the santri skillsto conduct the news, features, public opinion, and the articles by citizen journalism. And the process of socialconstruction of santri about radicalism of pesantren, according to four stages of social construction of massmedia by Burhan Bungin; phase of construction materials prepare, phase of construction distribution, materialsconstruction formation, and phase of confirmation. This research based on qualitative research method.Explaining and answering the questions of “why” and “how” of the research focus in this case study in TheHidayatul Mubtadi’ien Lirboyo Pesantren. This research used data from interview with editorial staff, pesantren,Al-Muttaqien, also from Radar Kediri and Stain Kediri. This project held on the three institution are collaboratedto introduce the partnership between the researcher, civil society, and the economic society.The result of this research shows that during preparation phase of construction materials santri stood up forcapitalism but still based on consideration of news quality and values. Santri distributed its construction weekly,to Middle-Class city readers. By citizen journalism santri made the construction about radicalism at pesantrenformed by means of negative image messages about pesantren, which extended through construction of text andselection of news sources.This influenced by ideological factor and journalists closeness to police and intelligent sources. Confirmation phaseoccurred when Al-Muttaqien sent a protest letter to santri into the social media, which caused readers interaction.Keywords: citizen journalism, journalism product, the religious local informasion, santri, social media.
ANALISIS KEPUASAN PENGGUNAAN BLACKBERRY MESSENGER (BBM) DI KALANGAN SANTRI PONDOK PESANTREN AL-ISHLAH BANDARKIDUL MOJOROTO KOTA KEDIRI Pradhuka, Briant Nor; Mahanani, Prima Ayu Rizqi
MEDIAKITA Vol 1, No 1 (2017)
Publisher : IAIN KEDIRI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat motif (Gratification Sought) dan kepuasan (Gratification Obtained) dalam menggunakan aplikasi Blackberry messenger (BBM) di kalangan santri Pondok Pesantren Al-Ishlah Bandarkidul Mojoroto Kota Kediri. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif yang menggunakan metode survei dan dengan alat bantu kuesioner. Responden dari penelitian ini adalah santri Pondok Pesantren Al-Ishlah Bandarkidul Mojoroto Kota Kediri yang menggunakan Blackberry messenger (BBM) dengan jumlah sampel 75 dari 174 populasi. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara teknik sampling purposive. Data dari hasil kuesioner kemudian dimasukkan ke dalam coding sheet secara manual dan diinterpretasikan. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa motif (GS) santri Pondok Pesantren Al-Ishlah Kota Kediri dalam menggunakan Blackberry Messenger (BBM) memiliki tingkatan motif informasi sebesar 50,7% termasuk dalam kategori tinggi, motif identitas pribadi 37,3% kategori sedang, motif integrasi dan interaksi sosial 6,7% kategori sangat tinggi, motif hiburan 2,7% kategori rendah dan 2,7% kategori sangat rendah pada setiap indikator. Sedangkan kepuasan yang diperoleh (GO) santri Pondok Pesantren Al-Ishlah Kota Kediri dalam penggunaan aplikasi ini juga memiliki tingkat kepuasan 57,3% dalam kategori tinggi pada indikator kepuasan informasi, 32% kategori sedang pada indikator kepuasan identitas pribadi, 5,3% kategori rendah pada indikator kepuasan integrasi dan interaksi sosial, 2,7% kategori sangat tinggi pada indikator kepuasan hiburan dan 2,7% kategori sangat rendah pada setiap masing-masing indikator. Kata kunci: Analisis Kepuasan, Blackberry Messenger (BBM)
PEMBERITAAN FATWA MUI TENTANG ATRIBUT KEAGAMAAN NON-MUSLIM DI DETIK.COM DAN REPUBLIKA.CO.ID Ahmat, Abu Bakar; Tahrir, Ahmad Halil
MEDIAKITA Vol 1, No 1 (2017)
Publisher : IAIN KEDIRI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Praktik jurnalistik masa kini telah memanfaatkan media online atau internet sebagai sarana penyebarluasan informasi. Di penghujung tahun 2016, masyarakat dihebohkan dengan banyaknya pemberitaan media online yang menyoroti isu-isu agama. Penelitian ini bermaksud untuk mengetahui bagaimana framing yang dilakukan media online Detik.com dan Republika.co.id yang memberitakan soal “Fatwa Majelis Ulama Indonesia (MUI) nomor 56 tahun 2016 tentang hukum memakai atribut non-Muslim”. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Analisis framing dilakukan dengan menggunakan model Zhongdang Pan dan Gerald M. Kosicki. Hasil penelitian menunjukkan bahwa framing yang dilakukan Detik.com dan Republika.co.id terhadap fatwa MUI nomor 56 tahun 2016 sangat dipengaruhi oleh ideologi dan nilai-nilai yang hendak diperjuangkan media. Detik.com masih menunjukkan usaha untuk objektif dalam melakukan pemberitaan, sementara Republika.co.id yang merupakan media yang berideologi Islam tampak sangat mendukung fatwa MUI di setiap berita yang disajikannya. Kata kunci: Analisis Framing, Media online, Pemberitaan Fatwa Mui, Atribut non-Muslim

Page 1 of 3 | Total Record : 22