cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota madiun,
Jawa timur
INDONESIA
DOUBLECLICK: Journal of Computer and Information Technology
ISSN : 25795317     EISSN : -     DOI : -
DoubleClick is Journal of Computer and Information Technology with registered number ISSN: 2579-5317 will publish in August and February. Topic of the DoubleClick Journal : 1. Application of information technology (Software engineering, system design, geographic information system mapping area, multimedia, simulation technique, robotics); 2. Development and empowerment of society or creative economy trough e-commerce); 3. Development of learning media based on information technology; 4. Information System;
Articles 28 Documents
Rancang Bangun Sistem Informasi Manajemen Pondok Pesantren Wisma Wisnu Madiun Berbasis Website Rahman, Arif; Nugrahanti, Fatim
DOUBLECLICK: Journal of Computer and Information Technology Vol 2, No 2 (2019)
Publisher : Universitas PGRI Madiun

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (828.051 KB) | DOI: 10.25273/doubleclick.v2i2.3922

Abstract

Pondok Pesantren Wisma Wisnu adalah sebuah instansi yang berada di jalan jaiman desa Jurug kecamatan Balerejo kabupaten Madiun.Pada pondok pesantren wisma wisnu pencatatan dan pengolahan data santri serta data transaksi pembayaran masih dilakukan dengan cara konvensional sehingga data santri menjadi kurang akurat, efektif dan efisien. Oleh sebab itu untuk meningkatkan keakuratan data, diperlukan pembangunan sistem informasi manajemen pondok yang terkomputerisasi.Adapun tujuan dari sistem ini dibuat yaitu untuk memudahkan admin dalam mengelola data nilai dan pembayaran santri menjadi lebih akurat, efektif dan efisien. Dalam menjalankan penelitian ini, menggunakan metode pengembangan perangkat lunak Waterfall.Hasil yang di dapat dari penelitian ini adalah Sistem Informasi Manajemen Pondok  Berbasis Web, sehingga dapat mempermudah  dalam mengolah data santri di Pondok Pesantren Wisma Wisnu menjadi lebih akurat, efektif dan efisien.
Pemodelan Vending Machine dengan Metode FSA (Finite State Automata) Wicaksono, Tatas Hari; Amrizal, Faisol Dwiki; Mumtahana, Hani Atun
DOUBLECLICK: Journal of Computer and Information Technology Vol 2, No 2 (2019)
Publisher : Universitas PGRI Madiun

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (797.06 KB) | DOI: 10.25273/doubleclick.v2i2.3901

Abstract

Vending Machine merupakan penerapan dari bidang ilmu Teori Bahasa dan Automata yang dapat menjual barang atau kebutuhan manusia secara otomatis. Sistem penjualan dengan Vending Machine tidak membutuhkan operator, pembeli dapat memilih sendiri barang yang diinginkan. Teori Bahasa dan Automata merupakan salah satu komponen bidang ilmu informatika yang mendasari ide dan model dari sistem komputasi. Pemodelan Vending Machine dengan metode finite state automata diharapkan dapat memberikan kemudahan bagi konsumen dalam memenuhi kebutuhan. Pada penelitian ini, pemodelan Vending Machine diimplementasikan pada alat penjualan minuman. Metode pemodelan Vending Machine dengan Finite State Automata untuk menjelaskan logika penerimaan masukan berupa koin pada mesin sampai mendapatkan minuman sesuai dengan pilihan. Hasil dari penelitian ini adalah simulasi/pemodelan alur komputasi yang berjalan pada Vending Machine dan desain interface Vending Machine. 
Analisis Kesiapan Pengembangan Sistem Diagnosa Komplikasi Kronik Penyerta Diabetes dan Web Edukasi Ramadhani, Risky Aswi; Niswatin, Ratih Kumalasari
DOUBLECLICK: Journal of Computer and Information Technology Vol 2, No 2 (2019)
Publisher : Universitas PGRI Madiun

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (653.491 KB) | DOI: 10.25273/doubleclick.v2i2.3923

Abstract

Jumlah penderita diabetes militus di Indonesia mencapai 6,7% dari jumlah penduduk. Perlu dibangun sebuah sistem yang digunakan untuk mendianosa penyakit penyerta dan komplikasi diabetes. Penelitian ini digunakan untuk menilai kesiapan masyarakat ,jika dikembangkan sistem diagnosa penyakit penyerta dan komplikasi kronik diabetes militus Sebelum membangun sebuah teknologi diperlukan analisa yang baik, analisa tersebut menyagkut kesiapan SDM, Infrastruktur Pendukung,dan kesiapan jaringan internet untuk mengembangkan teknologi ini Tujuan dari analisa ini adalah untuk memutuskan teknologi apa yang cocok untuk mnegurangi resiko penyakit penyerta dan komplikasi diabetes
Rekomendasi Disposisi Surat dengan Metode Naïve Bayes Pada Arsip Surat di Kantor Bakorwil Kabupaten Pamekasan Rachmatullah, Sholeh; Wijaya, Agung Putra
DOUBLECLICK: Journal of Computer and Information Technology Vol 2, No 2 (2019)
Publisher : Universitas PGRI Madiun

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1106.019 KB) | DOI: 10.25273/doubleclick.v2i2.3924

Abstract

Kantor Bakorwil Pamekasan merupakan kantor Badan Koordinasi Wilayah Pemerintah dan Pembangunan di Kabupaten Pamekasan. Sebagai salah satu kantor pemerintahan yang mengelola keluar masuknya surat, tentunya melakukan proses pencataan surat masuk dan surat keluar hingga mengarsipkan surat di ruang arsip. Terdapat permasalahan yang terjadi dalam proses pendataan surat masuk, surat keluar dan arsip surat, misalnya pencarian surat masuk membutuhkan waktu lama untuk mencari pada berkas arsip, setiap surat yang diproses memiliki tanggal kadaluarsa surat, dimana petugas akan kesulitan dalam mengontrol surat yang telah diproses atau belum selesai diproses. Hal ini  dikarekan belum adanya sistem informasi yang memadai. Dengan dukungan teknologi informasi pekerjaan mengelola surat masuk, surat keluar, dan arsip surat akan menjadi mudah. Surat masuk diterima oleh petugas, kemudian akan dibaca oleh Kepala Badan (Kaban) untuk didisposisikan ke Kepala Bagian (Kabag). Penentuan arah tujuan disposisi surat menggunakan metode Naive Bayes Classification (NBC) dengan Jelinek Mercer(JM)Smoothing. Pada penelitian ini, surat masuk diklasifikasikan kedalam 5 kelas, kelas tersebut mewakili jumlah Kabag sesuai tujuan disposisi surat masuk. Dengan menggunakan aplikasi arsip surat bisa mengefektifkan pengarsipan surat dan memberikan rekomendasi  bagi Kaban untuk mengidentifikasi disposisi surat masuk
Pengaruh Penugasan Dimensi Tiga Berbantuan Cabri 3D terhadap Hasil Belajar Dimensi Tiga di Kota Pasuruan Noviyanti, Majida; Moerti, Hari
DOUBLECLICK: Journal of Computer and Information Technology Vol 2, No 2 (2019)
Publisher : Universitas PGRI Madiun

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (966.923 KB) | DOI: 10.25273/doubleclick.v2i2.3814

Abstract

Dalam pengajaran Dimensi Tiga, visualisasi diperlukan untuk membangun pemahaman konseptual siswa. Aplikasi Cabri 3D merupakan program yang bersifat komputer grafis. Pada Cabri 3D, siswa dapat membuat bangun ruang yang diinginkan. Penelitian ini merupakan penelitian ex-postfacto dengan jenis penelitian korelasi. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan Korelasi Spearman. Pengumpulan data dalam penelitian ini bersumber dari siswa dengan menggunakan dokumentasi penskoran penugasan dan instrumen tes evaluasi hasil belajar. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XII MIPA di Kota Pasuruan Tahun Ajaran 2018 – 2019 yang berjumlah 864 sehingga diperoleh sampel sebanyak 277 siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara penugasan berbantuan Cabri 3D dengan hasil belajar siswa pada materi Dimensi Tiga, dimana nilai 14r">  sebesar 0,679 dan nilai signifikansi kurang dari 0,05. Dapat disimpulkan bahwa terdapat korelasi yang tinggi antara penugasan berbantuan dimensi tiga berbantuan CABRI 3D dengan hasil belajar siswa pada materi dimensi tiga
Aplikasi Sistem Informasi Absensi Mahasiswa dan Dosen Firliana, Rina; Rhohman, Fatkur
DOUBLECLICK: Journal of Computer and Information Technology Vol 2, No 2 (2019)
Publisher : Universitas PGRI Madiun

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (828.051 KB) | DOI: 10.25273/doubleclick.v2i2.3921

Abstract

Absensi dalam dunia pendidikan atau perkuliahan sangatlah penting. Akan tetapi absensi di dunia pendidikan atau perkuliahan masih banyak yang menggunakan sistem yang manual. Dosen masih memanggil satu persatu mahasiswanya untuk kehadiran mahasiswa atau mahasiswa langsung tanda tangan secara bergilir sehingga ada mahasiswa yang kelewatan untuk absen atau kadang mahasiswa juga melakukan kecurangan dengan merangkap tanda tangan kehadiran atau dengan menitip tanda tangan yang untuk dipalsukan. Selain itu, admin juga berperan untuk melaporkan ke ketua prodi dengan cara merekap data absensi secara manual dan dosen dalam menilai untuk nilai kehadiran siswa juga masih melihat data absensi yang merupakan hasil absensi selama 1 semester dan menghitung satu persatu. Oleh karena itu peneliti ingin membuat aplikasi sistem informasi absensi mahasiswa dan dosen secara online. Peneliti melakukan penelitian dengan metodologi penelitian sebagai berikut pertama peneliti melakukan studi pustaka berkaitan dengan sistem pengabsenan baik buku maupun jurnal, analisa dengan wawancara dengan  pihak yang bersangkutan sesuai bidang absensi, melakukan perancangan dengan menggunakan Data Flow Diagram (DFD), dan implementasi program dengan menggunakan PHP. Dengan melakukan tahapan-tahapan tersebut maka menghasilkan penelitian yang berkaitan dengan absensi mahasiswa dan dosen dimana mahasiswa dan dosen bisa langsung menginputkan absensi atau daftar hadir secara online setiap melakukan perkuliahan. Selain itu admin bisa merekap jumlah kehadiran dosen dan mahasiswa secara mudah untuk pelaporan. Dosen juga merasa terbantu untuk mengambil hasil absensi mahasiswa untuk pelaporan kelengkapan data penilaian dan ketua prodi bisa melihat laporan rekapan absensi secara online
Aplikasi Pengingat Jadwal Imunisasi Pada Puskesmas Kebun Handil Kota Jambi Berbasis Android Havaso, Ahmad Tasyrif; Mulyadi, Mulyadi; Suratno, Eddy
DOUBLECLICK: Journal of Computer and Information Technology Vol 2, No 2 (2019)
Publisher : Universitas PGRI Madiun

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (968.254 KB) | DOI: 10.25273/doubleclick.v2i2.3760

Abstract

Imunisasi adalah cara untuk meningkatkan kekebalan seseorang terhadap suatu penyakit dengan memasukkan vaksin ke dalam tubuh sehingga tidak mudah terserang penyakit. Imunisasi tidak cukup hanya dilakukan satu kali, tetapi harus dilakukan secara bertahap dan lengkap terhadap berbagai penyakit yang dapat membahayakan kesehatan dan hidup anak. Hasil pengamatan di Puskesmas Kebun Handil bahwa jadwal imunisasi anak dicatatkan pada sebuah buku dengan mencantumkan jenis imunisasi dan tanggal pelaksanaannya. Namun terkadang orang tua melupakan jadwal pelaksanaan imunisasi di bulan berikutnya sehingga sangat merugikan  para orang tua terutama kesehatan balita. Penelitian ini bertujuan untuk membangun sebuah aplikasi sebagai pengingat Jadwal Imunisasi Pada Puskesmas Kebun Handil Kota Jambi Berbasis Android. Penelitian dilaksanakan dengan tahapan identifikasi masalah, studi literature, pengumpulan data, dan Pengembangan Sistem dengan menggunakan metode waterfall. Informasi yang dihasilkan pada aplikasi ini adalah Jadwal Imunisasi yang dilengkapi notifikasi sebagai pengingat jadwal Imunisasi, serta mampu menampilkan data tumbuh kembang anak, vaksin imunisasi yang diberikan, tempat praktek dokter yang terdekat jaraknya dari lokasi pengguna dan Kejadian Ikutan Paska Imunisasi (KIPI).
Rancang Bangun Aplikasi Mobile Survey Pendamping Program Keluarga Harapan (Studi Kasus: UPPKH Dinas Sosial dan Tenaga Kerja Kota Batu) Saiful, Muhammad Rojib; Wicaksono, Galih Wasis; Hayatin, Nur
DOUBLECLICK: Journal of Computer and Information Technology Vol 1, No 2 (2018)
Publisher : Universitas PGRI Madiun

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (230.061 KB) | DOI: 10.25273/doubleclick.v1i2.2125

Abstract

UPPKH Dinas Sosial dan Tenaga Kerja Kota Batu ini, merupakan satu dari beberapa instansi pemerintah yang belum menerapkan sistem informasi manajemen pengolahan data dan masih melakukan input data di setiap aktivitasnya masih secara manual. Hal itu menjadikan kendala bagi instansi pemerintahan tersebut untuk meningkatkan kinerja para pendamping dalam menyediakan informasi yang efektif dan efisien. Pengolahan data yang masih manual ini menimbulkan berbagai masalah. Diantaranya yang timbul dari permasalahan pendamping dalam menjalankan tiap tugasnya harus menunggu data dari admin untuk survei ke setiap calon anggota peserta PKH. Dan permasalahan yang lain yaitu sulitnya admin untuk mengetahui informasi laporan data PKH.  Dan untuk mengatasi permasalahan yang ada pada kasus ini penulis menganalisis dan merancang sebuah aplikasi yang diharapkan dapat membantu tugas para pendamping dan admin, dimulai dari pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan penelitian kepustakaan. Dan aplikasi yang digunakan dalam implementasi sistem, yaitu database MySQL, Webservice, PHP Codeigniter dan Android sebagai bahasa pemrogramannya. Sistem ini mengintegrasikan aplikasi android dengan aplikasi web based menggunakan web service. Web Service menyediakan standar komunikasi di antara berbagai aplikasi software yang berbeda dan dapat berjalan di berbagai platform maupun framework. Sistem ini dibuat untuk membantu mempercepat proses penyelesaian pekerjaan seperti pada proses pendamping dan admin.
PERANCANGAN TEKNOLOGI AUGMENTED REALITY PADA BROSUR STT DHARMA ISWARA MADIUN Mumtahana, Hani Atun
DOUBLECLICK: Journal of Computer and Information Technology Vol 1, No 1 (2017)
Publisher : Universitas PGRI Madiun

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (826.328 KB) | DOI: 10.25273/doubleclick.v1i1.1320

Abstract

Latar Belakang: Media Promosi merupakan suatu alat untuk mengkomunikasikan suatu produk, jasa, image, perusahaan, instansi agar dapat lebih dikenal masyarakat lebih luas. Media promosi yang paling tua adalah media promosi dari mulut ke mulut sedangkan Media promosi yang klasik salah satunya adalah brosur dengan media kertas yang memilki beberapa halaman untuk memberikan informasi yang ditawarkan. Multimedia dapat membantu mempertajam informasi agar masuk dipikiran calon mahasiswa baru karena merupakan gabungan antara pandangan, suara dan gerakan. Augmented Reality merupakan sebuah teknologi yang menggabungkan benda maya dua dimensi atau tiga dimensi ke dalam suatu lingkungan nyata tiga dimensi yang langsung diproyeksikan ke dalam waktu nyata yang dapat dilihat serta dapat didengar juga.Metode: Brosur yang menggunakan Teknologi Augmented Reality dapat menjadi media sarana promosi baru yang lebih inovatif dan lebih kreatif untuk menarik minat calon mahasiswa, Augmented reality brosur secara real time sehingga calon mahasiswa baru dapat melihat gedung 3D STT DIM dan ruangan kelas 3D, dengan memanfaatkan Smartphone Berbasis Android.Hasil: Hasil pengujian aplikasi Brosur Augmented Reality menggunakan 8 Aturan Emas Desain Interface. Dari 8 Aturan tersebut, 7 Aturan berhasil diuji kelayakannya, yang menunjukkan bahwa sistem dapat berjalan dengan baik dan sesuai dengan kebutuhan pengguna dapat dibuktikan dengan menggunakan kuisioner
Perancangan Aplikasi Pembelajaran Seni Budaya Tembang Macapat Berbasis Android Arifudin, Hendrik Rusdian; Yanto, Budi
DOUBLECLICK: Journal of Computer and Information Technology Vol 1, No 1 (2017)
Publisher : Universitas PGRI Madiun

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (632.769 KB) | DOI: 10.25273/doubleclick.v1i1.1391

Abstract

Untuk mempermudah proses pembelajaran dan meningkatkan pemahaman maka diperlukan suatu media untuk memudahkan proses pembelajaran dan pemahaman. Oleh karena itu maka akan dirancang sebuah Aplikasi Pembelajaran Seni Budaya Tembang Macapat dengan memanfaatkan teknologi yang ada saat ini untuk mendukung kegiatan belajar dan mengajar di SMPN 1 Maospati sehingga memudahkan para pengajar ataupun siswa dalam proses penyampaian hingga pemahaman materi tembang macapat. Dalam pembuatan aplikasi ini saya menggunakan Aplikasi Adobe Makromedia Flash CS6. Pengembangan aplikasi tersebut menggunakan model waterfall, Model ini melakukan pendekatan secara sistematis dan urut mulai dari level kebutuhan aplikasi lalu menuju ke tahap analisis, desain, script, testing atau verification, dan maintenance. Diharapkan nantinya akan mempermudah dalam proses penyampaian materi dan pemahaman siswa yang berdampak langsung dengan meningkatnya prestasi belajar Seni Budaya

Page 1 of 3 | Total Record : 28