cover
Contact Name
Kamirsyah Wahyu
Contact Email
kwahyu@uinmataram.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
jurnalbeta@gmail.com
Editorial Address
-
Location
Kota mataram,
Nusa tenggara barat
INDONESIA
Beta: Jurnal Tadris Matematika
ISSN : 20855893     EISSN : 25410458     DOI : -
Core Subject : Education, Social,
Bετα: Jurnal Tadris Matematika (p-ISSN: 2085-5893 | e-ISSN: 2541-0458) is scientific, peer-reviewed, and open access journal published by Universitas Islam Negeri (UIN) Mataram in collaboration with Asosiasi Dosen Matematika dan Pendidikan Matematika PTKIN (Ad-Mapeta) half-yearly on May and November. It has been indexed in SINTA 2 (Accredited Journal, Decree No.21/E/KPT/2018) by Director General of Strengthening Research and Development, Ministry of Research Technology and Higher Education of the Republic of Indonesia in 2018. The indexing status will be active until 2020.
Arjuna Subject : -
Articles 5 Documents
Search results for , issue " Vol 7 No 1 (2014): Beta Mei" : 5 Documents clear
Efektivitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation Terhadap Peningkatan Kemampuan Investigasi Matematika Siswa Astuti, Alfira Mulya
Beta: Jurnal Tadris Matematika Vol 7 No 1 (2014): Beta Mei
Publisher : Universitas Islam Negeri (UIN) Mataram

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya efektivitas model pembelajaran kooperatif tipe GI (Group Investigation) terhadap peningkatan kemampuan investigasi matematika siswa kelas VIII SMPN 1 Soromandi Tahun Ajaran 2013/2014. Desain penelitian yang digunakan adalah desain penelitian eksperimen yang tergolong pre-experimental designs dengan jenis desain one group pretest-posttest design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMPN 1 Soromandi dengan sampel penelitian siswa kelas VIII B yang berjumlah 30 siswa sebagai kelas yang menggunakan metode GI (Group Investigation). Penentuan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik purposive sampling. Instrumen penelitian berupa tes hasil belajar siswa. Teknik analisis datanya menggunakan uji t sample related yang sebelumnya dilakukan uji prasyarat yaitu uji normalitas chi kuadrat dan uji homogenitas. Berdasarkan hasil analisis diperoleh  sebesar -28,2107 dan  pada taraf signifikan 1% diperoleh dengan menggunakan teknik interpolasi sebesar 2,67, sehingga . Ini menunjukan bahwa pada taraf kepercayaan 99% model pembelajaran kooperatif tipe GI (Group Investigation) efektif dalam meningkatkan kemampuan investigasi matematika siswa kelas VIII SMPN 1 Soromandi Tahun Ajaran 2013/2014. Peningkatan kemampuan investigasi matematika dapat dilihat dari kenaikan rata-rata nilai pretest sebesar 31,677 ke posttest sebesar 63,5 yang signifikan. Selain itu, peningkatan kemampuan investigasi matematika siswa tergambar dari cara siswa menyelesaikan persoalan matematika dengan langkah yang berbeda-beda berdasarkan kemampuan investigasi matematika yang mereka miliki.
Peningkatan Keefektifan Pembelajaran Matematika Melalui Pendekatan Realistik Alkusaeri, Alkusaeri
Beta: Jurnal Tadris Matematika Vol 7 No 1 (2014): Beta Mei
Publisher : Universitas Islam Negeri (UIN) Mataram

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keefektifan pembelajaran matematika yang ditunjukkan oleh meningkatnya (1) keterlibatan aktif siswa dalam pembelajaran, dan (2) prestasi belajar matematika siswa. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas. Subjek penelitian adalah siswa kelas V MI NW 02 Kembang Kerang Kec. Aikmel Lotim yang berjumlah 13 orang, 6 orang siswa laki-laki  dan 7 orang siswa perempuan. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri atas enam pertemuan dalam tiga siklus. Penelitian ini menggunakan empat tahap tindakan, yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan suatu peningkatan dari satu siklus ke siklus selanjutnya baik dari segi keterlibatan atau keaktifan maupun prestasi belajar siswa sehingga dapat meningkatkan keefektifan pembelajaran. Setelah dianalisis data mengenai penerapan pembelajaran menggunakan pendekatan realistik yang dilakukan guru melalui proses pengamatan terhadap proses pembelajaran ternyata mengalami peningkatan dari siklus I hingga siklus III sehingga keterlibatan aktif dan prestasi belajara siswa meningkat pula.
Analisis Kemampuan Kognitif dan Afektif terhadap Kemampuan Psikomotor Siswa Setelah Penerapan KTSP Surmiyati, Surmiyati; Patmi, Sri; Kristayulita, Kristayulita
Beta: Jurnal Tadris Matematika Vol 7 No 1 (2014): Beta Mei
Publisher : Universitas Islam Negeri (UIN) Mataram

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan menganalisis hubungan kemampuan kognitif dan afektif terhadap kemampuan psikomotor siswa setelah penerapan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian korelasi (uji korelasi ganda). Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas X SMAN 3 Mataram Tahun Pelajaran 2008/2009 berjumlah 326 siswa yang terbagi dalam 9 kelas. Data dalam penelitian ini merupakan data sekunder yang diambil dari nilai rapot siswa yang diambil pada semester ganjil 2008/2009. Hasil uji statistik menunjukan bahwa ada hubungan yang signifikan antara kemampuan kognitif dan kemampuan afektif terhadap kemampuan psikomotor siswa SMAN 3 Mataram.
English for Specific Purposes (ESP): An Approach of English Teaching for Non-English Department Students Agustina, Titik
Beta: Jurnal Tadris Matematika Vol 7 No 1 (2014): Beta Mei
Publisher : Universitas Islam Negeri (UIN) Mataram

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

English for Specific Purposes (ESP) secara umum dimaknai sebagaisebuah pendekatan pembelajaran bahasa Inggris yang  berbasis pada tujuan/kebutuhan si pembelajar. Dalam konteks pembelajaran bahasa Inggris di Indonesia baik pada sekolah menengah maupun perguruan tinggi,  terutama bagi peserta didik di luar jurusan bahasa Inggris, pendekatan  ESP  merupakan pilihan populer. Aplikasi pendekatan ini senada pula dengan kebijakan pemerintah bidang pendidikan yang menitikberatkan tujuan pembelajaran bahasa Inggris yakni untuk meningkatkan kemampuan peserta didik menggunakan bahasa Inggris khususnya bagi kebutuhan akademis dan karir professional dengan penekanan pada kemampuan membaca yang memungkinkan peserta didik memahami topik-topik materi autentik sesuai jurusan mereka secara efektif. Artikel ini mengedepankan kajian teoritis menyangkut konsep dasar ESP meliputi definisi dan perannya sebagai sebuah pendekatan pembelajaran,  berikut isu terkait diantaranya analisis kebutuhan sebagai ciri utama ESP, silabus, tujuan pembelajaran, materi, metodologi, dan evaluasi pembelajaran bahasa Inggris berbasis ESP.
Pengaruh Kemampuan Verbal dan Numerik terhadap Kemampuan Menyelesaikan Soal Cerita Sistem Persamaan Linier Hardiani, Nur
Beta: Jurnal Tadris Matematika Vol 7 No 1 (2014): Beta Mei
Publisher : Universitas Islam Negeri (UIN) Mataram

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kemampuan verbal dan kemampuan numerik terhadap kemampuan menyelesaikan soal-soal sistem persamaan linier bentuk cerita pada siswa kelas VIII MTs. Darul Aman Tegal tahun pelajaran 2013/204. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif melalui pendekatan kuantitatif yang mengkaji pengaruh kemampuan verbal, dan kemampuan numerik terhadap kemampuan menyelesaikan soal-soal sistem persamaan linier (SPL) bentuk cerita. Subyek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII MTs. Darul Aman Tegal tahun pelajaran 2013/2014 yang berjumlah 21 siswa, sedangkan obyek dalam penelitian ini adalah kemampuan verbal, kemampuan numerik, dan kemampuan menyelesaikan soal-soal sitem persamaan linier bentuk cerita. Hasil analisis uji t kemampuan verbal, dan numerik terhadap kemampuan menyelesaikan SPL diperoleh nilai thitung(7.019)>ttabel(2.093). Oleh karena itu ada pengaruh yang signifikan kemampuan verbal, dan numerik terhadap kemampuan menyelesaikan SPL. Besarnya pengaruh dituliskan dalam bentuk persamaan regresi, yaitu Y=19.62+0.426X1+0.337X2. Persamaan regresi menunjukkan apabila kemampuan verbal dan kemampuan numerik bertambah 1 satuan, maka  nilai kemampuan menyelesaikan soal SPL akan bertambah 0.426 dari kemampuan verbal dikurang 0.337 dari kemampuan numerik dan ditambah 19.62 dari faktor lain yang belum diamati.

Page 1 of 1 | Total Record : 5