cover
Contact Name
Kamirsyah Wahyu
Contact Email
kwahyu@uinmataram.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
jurnalbeta@gmail.com
Editorial Address
-
Location
Kota mataram,
Nusa tenggara barat
INDONESIA
Beta: Jurnal Tadris Matematika
ISSN : 20855893     EISSN : 25410458     DOI : -
Core Subject : Education, Social,
Bετα: Jurnal Tadris Matematika (p-ISSN: 2085-5893 | e-ISSN: 2541-0458) is scientific, peer-reviewed, and open access journal published by Universitas Islam Negeri (UIN) Mataram in collaboration with Asosiasi Dosen Matematika dan Pendidikan Matematika PTKIN (Ad-Mapeta) half-yearly on May and November. It has been indexed in SINTA 2 (Accredited Journal, Decree No.21/E/KPT/2018) by Director General of Strengthening Research and Development, Ministry of Research Technology and Higher Education of the Republic of Indonesia in 2018. The indexing status will be active until 2020.
Arjuna Subject : -
Articles 6 Documents
Search results for , issue " Vol 4 No 2 (2011): Beta Nopember" : 6 Documents clear
Kestabilan Titik Ekuilibrium Bebas Heroin dalam Model Sistem Persamaan Diferensial (ODE) Saparwadi, Lalu
Beta: Jurnal Tadris Matematika Vol 4 No 2 (2011): Beta Nopember
Publisher : Universitas Islam Negeri (UIN) Mataram

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Diberikan model epidemic SU1U2 (SIR) yang menggambarkan efek fisik dan psikologis dari penyakit akibat kecanduan Heroin pada masyarakat. Dalam tulisan ini, dipelajari kesetabilan dari ekuilibrium bebas Heroin. Jumlah reproduksi dasar didefinisikan dengan Ro, dengan β1 menyatakan peluang dari tidak memakai menjadi pemakai Heroin, p menyatakan proporsi dari sebarang pemakai Heroin memesuki pengobatan, µ menyatakan tingkat kematian alami dari sebarang populasi, dan δ1 menyatakan laju pengurangan individu akibat kematian karena pemakaian Heroin yang tidak dalam pengobatan dan kesembuhan secara spontan (individu tidak dalam pengobatan dapat berhenti memakai Heroin tapi tidak rentan lebih lama). Jika Ro<1, maka model ini mempunyai titik ekuilibrium bebas Heroin yang stabil asymtotik lokal. Jika Ro>1, maka model ini mempunyai titk ekuilibrium bebas Heroin yang tidak stabil.
Penerapan Strategi Inquiri untuk Meningkatkan Hasil Belajar Tentang Sistem Persamaan Linier (SPL) Dua Variabel Mahsup, Mahsup
Beta: Jurnal Tadris Matematika Vol 4 No 2 (2011): Beta Nopember
Publisher : Universitas Islam Negeri (UIN) Mataram

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pembelajaran strategi penemuan yang dapat meningkatkan hasil belajar pada materi SPL dua variabel siswa kelas VIII SMPN 4 Mataram. Jenis penelitian ini adalahPenelitian Tindakan  Kelas (PTK). Penelitian ini terdiri dari dua Siklus. Sumber data yang yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII- A SMPN 4 Mataramyang mengikuti kegiatan pembelajaran. Data yang dikumpulkan antara lain berasal dari: (a) hasil pekerjaan siswa secara tertulis, (b) hasil wawancara, (c) hasil observasi,dan (d) hasil catatan lapangan.Peningkatan hasil belajar siswa dapat dilihat dari hasil tes belajar dan aktivitas siswa. Hasil penelitian dilihat dari hasil observasi dan hasil tes akhir siklus.Hasil observasi menunjukkan bahwa yang dilakukan pada kategori baik. Dari hasil tes akhir siklus persentase ketuntasan klasikal 85,30% menujukkan bahwa dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa tentang konsep sistem persamaan linier (SPL) dua variabel.
Analisis Penyelesaian Rubik 2×2 Menggunakan Grup Permutasi Abdurahim, Abdurahim; Romdhini, Mamika Ujianita; Wardhana, I Gede Adhitya Wisnu
Beta: Jurnal Tadris Matematika Vol 4 No 2 (2011): Beta Nopember
Publisher : Universitas Islam Negeri (UIN) Mataram

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan menyelesaikan Rubik 2x2, dipandang dari sudut matematika, yaitu bidang aljabar, khususnya grup permutasi. Seperti diketahui, Rubik ini memiliki enam warna berbeda dan dalam keadaan akhir, setiap sisinya memiliki warna yang sama. Dalam penyelesaianya, rubik ini pertama diacak dengan menggunakan koleksi permutasi yang mengakibatkan terjadi pemetaan untuk setiap kubus-kubus kecil. Selanjutnya dianalisis kondisi dan kasusnya dan diselesaikan Rubik 2x2 ini menggunakan grup permutasi
Pemahaman Konsep Turunan Dengan Menggunakan Software Maple Pada Mahasiswa Jurusan Tadris Matematika Kristayulita, Kristayulita
Beta: Jurnal Tadris Matematika Vol 4 No 2 (2011): Beta Nopember
Publisher : Universitas Islam Negeri (UIN) Mataram

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Mahasiswa sering mengalami kesulitan dalam kegiatan pembelajaran matematika, diantaranya adalah kesulitan dalam menghitung cepat, kemampuan logika, keterampilan menulis atau menggambar dan rasa malas belajar matematika. Ini disebabkan sebagian mahasiswa memandang matakuliah  kalkulus adalah  matakuliah  yang sulit dan membosankan. Untuk meningkatkan minat belajar mahasiswa ditawarkan untuk mempelajari kalkulus dibarengi dengan software Maple. Maple merupakan salah satu aplikasi komputer untuk menunjang pembelajaran matematika. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui apakah dengan diajarkan mata kuliah matematika dipadukan dengan aplikasi komputer dapatkah prestasi mahasiswa meningkat. Metode penelitian yang digunakan metode eksperimen dengan analisis data menggunakan uji-t. Sampel yang digunakan adalah mahasiswa semester I Jurusan Tadris Matematika Fakultas Tarbiyah kelas A, B, C, dan D di mana kelas A dan C dijadikan kelas eksperimen dan kelas B dan D dijadikan kelas kontrol. Berdasarkan dari hasil olahan data diperoleh thitung < ttabel atau  -5,697 < 1,988 , maka tidak ada peningkatan pemahaman konsep turunan dengan menggunakan software Maple  pada mahasiswa Jurusan Tadris Matematika Tahun Pelajaran 2011/2012 di IAIN Mataram
Eksistensi Kampung Limit Dalam Membangun Kultur Akademik Pada Mahasiswa Andriani, Parhaini
Beta: Jurnal Tadris Matematika Vol 4 No 2 (2011): Beta Nopember
Publisher : Universitas Islam Negeri (UIN) Mataram

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini mengidentifikasi eksistensi Kampung Limit  dalam membangun kultur akademik pada mahasiswa jurusan Pendidikan Matematika Fak. Tarbiyah dan respon siswa dengan keberadaan Kampung Limit. Responden sebanyak 60 orang dari 540 mahasiswa dijadikan sampel untuk dianalisis menggunakan pendekatan kualitatif. Data diperoleh menggunakan teknik wawancara, angket, observasi dan dokumentasi. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa eksistensi Kampung Limit mampu mengembangkan kultur akademik di kalangan mahasiswa Jurusan Pendidikan Matematika. Keberadaan Kampung Limit juga disambut positif oleh mahasiswa dan menginginkan banyak area serupa dikembangkan di Fakultas Tarbiyah
Pengaruh Model Problem Based Instruction (PBI) dengan Pendekatan Open Ended Terhadap Pemahaman Konsep dan Kemampuan Penalaran Matematika Siswa Risnawati, Risnawati
Beta: Jurnal Tadris Matematika Vol 4 No 2 (2011): Beta Nopember
Publisher : Universitas Islam Negeri (UIN) Mataram

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Given the importance of understanding the concept and the ability in mathematics reasoning for students learn mathematics, the teachers must determine the appropriate learning method that can facilitate students understanding the concepts and the ability reasoning students. One method that can be done is to apply the PBI model with Open Ended Approach. This reseach was conducted to examine whether there are differences in the model PBI with Open Ended approach to the understanding of concepts and the ability in mathematics of reasoning, as well as to obtain information about students attitudes toward learning mathematics of PBI model with Open Ended approach. This research is a quasi-experimental research with pretest-postes without randomized control groups design. The researsh was conducted in March until April 2012 with 92 students of the fifth Elementary school Muhammadiyah, Kampar District, Kampar regency. The instruments used in this study consisted of testing the understanding of mathematical concepts and reasoning skills, students attitudes questionnaires, observation sheet, and interview guides. Data analysis was performed by t test. The result of this research showed that there was different of understanding the concept ang the ability in mathematics reasoning between students that were taught PBI model with Open Ended Approach with who were taught using the conventional approach. During learning, most students showed positive attitude towards learning mathematics of PBI model with open ended approach. This was shown by an increase in student activities that the longer the better for learning. Based on the findings of the study, the application of the model PBI with Open Ended approaches can be used as an alternative learning method that can be applied in an effort to improve the understanding of the concepts and mathematical reasoning abilities.

Page 1 of 1 | Total Record : 6