cover
Contact Name
Muhammad Syafar
Contact Email
m.syafar@uinbanten.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
alqolam.journal@uinbanten.ac.id
Editorial Address
-
Location
Kota serang,
Banten
INDONESIA
ALQALAM
ISSN : 14103222     EISSN : 2620598X     DOI : -
ALQALAM (e-ISSN: 2620-598X; p-ISSN: 1410-3222) is a journal published by the Center for Research and Community Service of UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten-INDONESIA. ALQALAM is an academic journal published twice a year (every six months). ALQALAM had been accreditated by Ministry of Education and Culture No. 80/DIKTI/Kep./2012, 13 Desember 2012. This journal focuses on specific themes of Islamic Studies.
Arjuna Subject : -
Articles 8 Documents
Search results for , issue " Vol 25 No 2 (2008): May - August 2008" : 8 Documents clear
PENGEMBANGAN SILABUS BAHASA INGGRIS DI IAIN SMH BANTEN Tarihoran, Naf'an
ALQALAM Vol 25 No 2 (2008): May - August 2008
Publisher : Center for Research and Community Service of UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten-Serang City-Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (965.658 KB) | DOI: 10.32678/alqalam.v25i2.1682

Abstract

Pengembangan silabus merupakan bagian penting dari proses keberhasilan pebelajaran di lembaga pendidikan termasuk IAIN. Kemampuan dosen dalam mengembangkan silabus yang baik dan dapat diaplikasikan (applicable) akan berpengaruh pada penyusunan rencana pembelajaran (lesson plan) yang berarti pula berpengaruh pada proses pembelajaran di dalam kelas. Meskipun kita ketahui bahwa proses pembelajaran di dalam kelas dipengaruh banyak faktor namum jika tujuan jangka menengah tidak dapat dipahami oleh dosen dan civitas akademika, maka proses pun akan terganggu.Dalam mengembangkan silabus dosen perlu mengintegrasikan kebutuhan dan tujuan pembelajaran. Kedua hal tersebut dangat mendukung mahasiswa dalam kehidupan sehari-hari, pembelajaran dan pekerjaan mereka. Mengembangkan silabus bukan hanya pekerjaan individual namun perlu melibatkan dosen lain sehigga silabus yang dihasilkan akan lebih maksimal dan benar-benar applicable di lembaga bersangkutan.Pengembangan silabus membutuhkan ketekunan dan ketelitian. Dosen yang mengembangkan silabus harus dapat menjabarkan tujuan pengajaran mengenai indikator dan kegiatan pembelajaran yang tepat. Dosen juga harus dapat menentukan bentuk dan jenis penilaian yang tepat sehingga ketercapaian tujuan dapat benar-benar terukur. Selain itu, penentuan materi pembelajaran serta sumber/ bahan/ alat bantu pembelajaran serta alokasi waktu menjadi kegiatan kunci untuk mendukung tercapainya kompetensi yang diharapkan.Kata Kunci: Silabus bahasa, IAIN SMH Banten, tujuan pembelajaran
IMAM Al-KHOLIL BIN AHMAD DAN KARYANYA, MU'JAM "AL-'AIN" Jumhana, Nana
ALQALAM Vol 25 No 2 (2008): May - August 2008
Publisher : Center for Research and Community Service of UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten-Serang City-Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1232.589 KB) | DOI: 10.32678/alqalam.v25i2.1681

Abstract

Dibandingkan dengan bangsa-bangsa lain seperti India, Yunani, Romawi, dan China, bangsa Arab termasuk bangsa yang terlambat dalam menyusun kamus. Sampai akhir Dinasti bani Umayyah, di dunia Arab belum dikenal penulisan mujam (kamus) bahasa Arab seperti yang dikenal saat ini. Penyusunan mujam (kamus) bahasa Arab, yang menghimpun kosa kata bahasa Arab dan dijadikan sebagai panduan dalam mencari makna kosa kata, dengan metode dan sistem tertentu, barn dimulai pada awal masa dinasti Abbasiyyah, dengan dipelopori oleh Imam al-Kholii ibn Ahmad (100-170 H), dengan mu’jam yang berjudul ''al-'Ain''. Baru setelah itu penyusunan kamus (mu'jam) di kalangan sarjana muslim (Arab) mengalami perkembangan yang cukup pesat, dan hinga kini telah lahir mu’jam­mu’jam baru dengan berbagai pendekatan dan metode penulisan yang digunakan.Sebagai seorang ulama yang mempelopori penulisan kamus bahasa Arab, di mana pola dan pendekatan yang digunakannya betul-betul baru dan sangat berbeda dari kelaziman yang ada di zamannya, Imam al-Kholil dan karyanya, mu’jam al­'Ain, cukup banyak menjadi objek kajian pembahasan para sarjana bahasa Arab sesudahnya. Perhatian para sarjana tersebut pada umumnya berkisar mengenai kesarjanaan al-Kholii bin Ahmad yang banyak memberikan kontribusi pada pengembangan ilmu bahasa Arab, pendekatan dan metode al-tartib al-shaury yang digunakan al-Kholii dalam menyusun entri kamus bahasa Arab pertama tersebut, yang menunjukkan kecemerlangannya sebagai seorang Sayyidu ahl al-adab.Tulisan ini mendeskripsikan secara sekilas mengenai biografi Imam al­Kholii bin Ahmad serta mu’jam (kamus bahasa arab) karyanya yaitu mu jam al­'Ain. Khusus dalam deskripsi mengenai mu’jam ini, akan diungkap tentang karakteristik kitab mu’jam al-'Ain, metode dan pendekatan yang digunakan dalam penyajian entri mu’jam (kamus)nya, serta pengaruh kemunculan mu’jam ini bagi perkembangan kamus ekabahasa Arab sesudahnya, serta pengaruhnya terhadap perkembangan kajian-kajian tentang kamus ekabahasa Arab.Kata Kunci: al-Kholii bin Ahmad, Mu’jam al-'Ain, Tartib makharijul huruf
PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP GEOMETRI PADA MADRASAH IBTIDAIYAH Rustam, Rustam; Rajati, Tati
ALQALAM Vol 25 No 2 (2008): May - August 2008
Publisher : Center for Research and Community Service of UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten-Serang City-Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1548.067 KB) | DOI: 10.32678/alqalam.v25i2.1686

Abstract

Penelitian ini secara umum bertujuan untuk meningkatkan proses belajar mengajar dan hasil belajar siswa pada mata pelqaran matematika dan secara khusus bertujuan untuk mengetahui proses belajar mengajar materi geometri jika menggunakan sumber belajar yang ada di lingkungan siswa dan untuk mengetahui dampak penggunaan sumber belqar yang ada di lingkrmgan siswa terhadap pemahaman konsep geometri.Subyek penelitian ini adalah siswa kelas V Madrasah Ibtidaiyah (MI) Miftahul Athfal Jabon Mekar. Metode dalam memperoleh data untuk mennjawab permasalahan yaitu metode penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus tindakan. Adapun pengumpulan data diperoleh melalui tes, wawancara, dan observasi lapangan. Selanjutnya dilakukan pengelompokan data, validasi data, interpretasi data, dan tindakan.Hasil penelitian ini adalah: (1) proses pembelajaran. dengan menggunakan sumber belajar atau alat peraga yang berasal dari lingkungan dapat memperbaiki kesalahan dan memperjelas konsep geometri; (2) meningkatkan prestasi siswa, dalam kasus ini prestasi siswa meningkat dari rata-rata 6,42 menjadi 8,21 dalam skala 10.Kata Kunci: Madrasah Ibitidaiyah, MI Miftahul Athjal Jabon Mekar, Konsep Geometri, pendekatan lingkungan
SADAR GENDER SANTRI PUTRI MELALUI KAJIAN KITAB ‘UQUD AL-LUJJAYN’ Akrom, Akrom; Ghufron, Zaki
ALQALAM Vol 25 No 2 (2008): May - August 2008
Publisher : Center for Research and Community Service of UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten-Serang City-Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1215.134 KB) | DOI: 10.32678/alqalam.v25i2.1685

Abstract

Gender bagi santri putri Daar el-Rahmah Serang tidak hanya dipahami sebagai jenis kelamin, melainkan juga sebagai alat analisis untuk melihat ketim­pangan dan ketidakadilan relasi laki-laki dan perempuan yang mengakibatkan kekerasan baik dalam kehidupan rumah tangga ataupun masyarakat. Para santri putri sadar gender ketika bersama-sama mengaji secara kritis kitab "Uqud al-Lujjayn" karya Syekh Nawawi al-Bantani yang jika dipahami secara tekstual bias gender.Untuk melakukan sadar gender melalui kajian kritis kitab Uqud al­Lujjayn, santri putri juga harus memahami secara kontekstual makna dzikir dalam tarekat Sadziliyah. Kenapa santri putri harus dzikir? Ini keunikan dari Pesantren Putri Daar el-Rahmah yang mewajibkan santrinya berdzikir tarekat Sadziliyah dan mengintegrasikanya dengan berpikir kritis, selain itu semua santrinya berjenis kelamin perempuan yang rentan dengan tindak kekerasan. Pemahaman dzikir secara kontekstual, dalam konteks pemberdayaan santri putri menuju transformasi sosial, sebagai "entry point" (pintu masuk) sadar gender dilakukan. Dalam memahami dzikir para santri putri selalu berdzikir secara rutin setelah shalat Isya' dan sadar bahwa ''mereka tidak boleh hasud, dusta, dan takabur dalam bermasyarakat. ''Realitas sadar gender santri putri Pesantren Putri Daar el-Rahmah Serang tersebut mempakan potret santri putri sebagai santri, mahasiswa, pelajar, dan masyarakat selama enam bulan dalam proses melakukan transformasi sosial. Hal itu terjadi dilatarbelakangi oleh realitas santri putri yang tidak aktif berpartisipasi dalam aktifitas sosial keagamaan di dalam masyarakat, karena mereka berpikir bahwa kegiatan sosial keagamaan di luar rumah mempakan tugas laki-laki, sebagaimana secara implisit dikatakan Syekh Nawawi dalam kitab Uqud al-Lujjayn.Kata kunci: pesantren putri Daar el-Rahmah, sadar gender, kitab 'uqud al-lujjayn’
PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN DAN KECERDASAN INTERPERSONAL TERHADAP KEMAMPUAN MENYUSUN PERANCANGAN PEMBELAJARAN Hidayat, Sholeh
ALQALAM Vol 25 No 2 (2008): May - August 2008
Publisher : Center for Research and Community Service of UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten-Serang City-Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1399.258 KB) | DOI: 10.32678/alqalam.v25i2.1684

Abstract

Tulisan ini mengkaji tentang pengaruh; pertama, strategi pembelajaran kooperatif terhadap kemampuan menyusun rancangan pembelajaran; dua, kecerdasan interpersonal terhadap kemampuan menyusun rancangan pembelajaran; ketiga, interaksi antara strategi belajar dan kecerdasan interpersonal terhadap kemampuan menyusun rancangan pembelajaran. Kasus kajian ini terjadi pada program studi DII jurusan pendidikan guru Taman Kanak-kanan FKIP Universitas Tirtayasa, semester dua tahun akademik 2006-2007, dengan sample sebanyak 44 orang.Tulisan ini menyajikan bahwa; pertama, kemampuan merancang pembelajaran bagi siswa yang mendapat strategi belajar kooperatif lebih tinggi dari pada siswa yang mendapat strategi belajar ekspositori; kedua, kemampuan merancang pembelajaran bagi siswa yang memiliki kecerdasan interpersonal yang tinggi lebih sesuai dengan strategi pembelajaran kooperatif; ketiga, siswa yang memiliki kecerdasan interpersonal yang rendah dalam merancang pembelajaran lebih cocok dengan strategi belajar ekspositori; keempat, ada interaksi antara penggunaan strategi belajar dan kecerdasan interpersonal yang memberikan pengaruh yang berbeda dalam merancang pembelajaran.Kata kunci: strategi belajar, pembelajaran koopertaif, pembelajaran ekpositori, kecerdasan interpersonal, rancangan pembelajaran.
IHWAL PENERJEMAHAN Ma'mur, Ilzamudin
ALQALAM Vol 25 No 2 (2008): May - August 2008
Publisher : Center for Research and Community Service of UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten-Serang City-Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1415.399 KB) | DOI: 10.32678/alqalam.v25i2.1683

Abstract

Penerjemahan, kendati secara akdemis mempakan fenomena bam-bam ini saja, Sejatinya merupakan tindak komunikasi yang telah dilakukan orang dan berlangsung selama berbadad. Peminatnya meliputi tidak saja para linguis dan sastrawan tetapi juga para pakar dalam bidang yang semakin menjauh seperti antroplogi, psikologi hingga matematika. Kenyataanya penerjemah telah memainkan peran krusialnya di sepanjang peradaban umat manusia mulai dari masa klasik, abad pertengahaan, hingga zaman modern sekarang. Selain itu, dari sudut kajian teoretis, peredebatan apakah penerjemahan itu ilmu, teori, seni, keterampilan atau selera masih terus bergulir sebagaimana direfleksikan oleh beragamnya judul buka tentang penerjemahan. Namun demikian, perkembangan terahir nampaknya, istilah translation studies lebih banyak digunakan para teoretisi dan praktisi penerjemahan, suatu istilah payung, karena mencakup penerjemahan dan penjurumbahasaan, yang diperkenalkan pertama kali oleh James Straton Holmes.Kata Kunci: Penerjemahan, penerjemah, Sejarah penerjemahan
TEACHING STRATEGY Nor, Mariam Mohamed; Samad, Rahmad Sukor Ab.; Ibrahim, Abdul Halim
ALQALAM Vol 25 No 2 (2008): May - August 2008
Publisher : Center for Research and Community Service of UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten-Serang City-Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1612.242 KB) | DOI: 10.32678/alqalam.v25i2.1687

Abstract

Educationists hold varying views on the standard of today 's examinations but concur on one issue: Malaysia is producing rote-memorizers which could be behind the better results. They agree that a different approach could result in more intelligent and creative students. The younger generation could be pushed and challenged further by scrapping objective and quantitative questions and replcing them with more open-ended ones. This would allow them to be more creative besides using their intelligence. This study explores teachers' perceptions and practices on the teaching of thinking skills via questioning techniques which was conducted using questionnaires, observations and interviews. Findings showed that the infusion of thinking skills in the teaching and learning is still at the introductory stage and there are still lots of room for improvement.Keywords: education, teaching and learning, thinking skills, and questioning techniques
دراسة صرفية لصيغ المبالغة وتطبيقاتها في سورة هود Mukhtar, Hannanah
ALQALAM Vol 25 No 2 (2008): May - August 2008
Publisher : Center for Research and Community Service of UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten-Serang City-Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1710.396 KB) | DOI: 10.32678/alqalam.v25i2.1680

Abstract

Tulisan ini berjudul ''Studi Sintaksis tentang Shighat Mubalaghah (Ungkapan berlebihan) dan Implementasinya pada Surah Hud". Tujuan dari kajian ini adalah untuk mengetahui definisi Shigahat Mubalaghah, bentuknya, fungsinya, i'rabnya dan maknanya serta implementasinya pada surah Hud. Bentuk kajian ini adalah kajian kualitatif, sedangkan metode yang dipergunakan adalah metode deduksi dalam menemukan sumber data, dan metode analisis dalam menafsirkan data. Dalam kajian ini, Shighat Mubalaghah yang dikaji dibatasi hanya pada lima  bentuk, yaitu  pada bentuk-bentuk  فعيل وفعول وفعال وفعل ومفعال   . Hasil dari kajian ini di antaranya adalah bahwa Shighat Mubalaghah berfungsi seperti Isim Fa'il, namun menunjukkan makna berlebih. Shighat Mubalaghah ini dapat dibentuk hanya dari kata kerja (fi'il) yang dapat mempunyai arti berlebih. Bila dan bentuk fi'il yang tidak bisa berlebih, seperti dari fi'il مات . maka tidak bisa dibentuk Shighat Mubalaghahnya, karena mati itu satu tingkatan. Kemudian, dalam Surah Hud, terdapat lebih dari empat puluh Shighat Mubalaghah dari kelima bentuknya tadi. Semua bentuk Shighat Mubalaghah dalam Surah Hud ini dikaji dan dijelaskan maknanya serta kedudukannya dalam kalimat-kalimat Surah.Kata Kunci: shighat mubalagh ah , Isim fa’il , fi’il tsulatsi. surah hud.

Page 1 of 1 | Total Record : 8


Filter by Year

2008 2008


Filter By Issues
All Issue Vol 35 No 2 (2018): July - December 2018 Vol 35 No 1 (2018): January - June 2018 Vol 34 No 2 (2017): July - December 2017 Vol 34 No 1 (2017): January - June 2017 Vol 33 No 2 (2016): July - December 2016 Vol 33 No 1 (2016): January - June 2016 Vol 32 No 2 (2015): July - December 2015 Vol 32 No 1 (2015): January - June 2015 Vol 31 No 2 (2014): July - December 2014 Vol 31 No 1 (2014): January - June 2014 Vol 30 No 3 (2013): September - December 2013 Vol 30 No 2 (2013): May - August 2013 Vol 30 No 1 (2013): January - April 2013 Vol 29 No 3 (2012): September - December 2012 Vol 29 No 2 (2012): May - August 2012 Vol 29 No 1 (2012): January - April 2012 Vol 28 No 3 (2011): September-December 2011 Vol 28 No 2 (2011): May - August 2011 Vol 28 No 1 (2011): January - April 2011 Vol 27 No 3 (2010): September - December 2010 Vol 27 No 2 (2010): May - August 2010 Vol 27 No 1 (2010): January - April 2010 Vol 26 No 3 (2009): September - December 2009 Vol 26 No 2 (2009): May - August 2009 Vol 26 No 1 (2009): January - April 2009 Vol 25 No 3 (2008): September - December 2008 Vol 25 No 2 (2008): May - August 2008 Vol 25 No 1 (2008): January - April 2008 Vol 24 No 3 (2007): September - December 2007 Vol 24 No 2 (2007): May - August 2007 Vol 24 No 1 (2007): January - April 2007 Vol 23 No 3 (2006): September - Desember 2006 Vol 23 No 2 (2006): May - August 2006 Vol 23 No 1 (2006): January - April 2006 Vol 22 No 3 (2005): September - December 2005 Vol 22 No 2 (2005): May - August 2005 Vol 22 No 1 (2005): January - April 2005 Vol 21 No 102 (2004): September - December 2004 Vol 21 No 101 (2004): May - August 2004 Vol 21 No 100 (2004): January - April 2004 Vol 20 No 98-99 (2003): July - December 2003 Vol 20 No 97 (2003): April - June 2003 Vol 20 No 96 (2003): January - March 2003 Vol 19 No 95 (2002): October - December 2002 Vol 19 No 94 (2002): July - September 2002 Vol 19 No 93 (2002): April - June 2002 Vol 19 No 92 (2002): January - March 2002 Vol 18 No 90-91 (2001): July - December 2001 Vol 18 No 88-89 (2001): January - June 2001 Vol 17 No 87 (2000): Oktober - December 2000 Vol 17 No 86 (2000): July - September 2000 Vol 17 No 85 (2000): April - June 2000 Vol 14 No 74 (1998): September - October 1998 Vol 13 No 72 (1998): May - June 1998 Vol 13 No 68 (1997): November - Desember 1997 Vol 13 No 67 (1997): September - Oktober 1997 Vol 13 No 66 (1997): Juli - Agustus 1997 Vol 11 No 63 (1997): Maret - April 1997 Vol 11 No 62 (1996): September - Oktober 1996 Vol 11 No 59 (1996): Maret - April 1996 Vol 11 No 58 (1996): Januari - Februari 1996 Vol 10 No 56 (1995): September - October 1995 Vol 10 No 55 (1995): July - August 1995 Vol 10 No 54 (1995): May - June 1995 Vol 10 No 53 (1995): March - April 1995 Vol 10 No 52 (1995): January - February 1995 Vol 10 No 51 (1994): November - Desember 1994 Vol 10 No 51 (1994): November - December 1994 Vol 10 No 50 (1994): September - October 1994 Vol 4 No 15 (1988): September - October 1988 More Issue