cover
Contact Name
Muhammad Syafar
Contact Email
m.syafar@uinbanten.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
alqolam.journal@uinbanten.ac.id
Editorial Address
-
Location
Kota serang,
Banten
INDONESIA
ALQALAM
ISSN : 14103222     EISSN : 2620598X     DOI : -
ALQALAM (e-ISSN: 2620-598X; p-ISSN: 1410-3222) is a journal published by the Center for Research and Community Service of UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten-INDONESIA. ALQALAM is an academic journal published twice a year (every six months). ALQALAM had been accreditated by Ministry of Education and Culture No. 80/DIKTI/Kep./2012, 13 Desember 2012. This journal focuses on specific themes of Islamic Studies.
Arjuna Subject : -
Articles 8 Documents
Search results for , issue " Vol 19 No 93 (2002): April - June 2002" : 8 Documents clear
THE SECRET OF THE SELF Ma'mur, Ilzamuddin
ALQALAM Vol 19 No 93 (2002): April - June 2002
Publisher : Center for Research and Community Service of UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten-Serang City-Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (204.859 KB) | DOI: 10.32678/alqalam.v19i93.456

Abstract

Muhammad Iqbal selain dikenal sebagai sorang pemikir Islam liberal di dunia Islam, ia juga dikenal sebagai sorang pujangga-filosuf yang karya-karyanya banyak dibaca dan dikaji orang. Di antara karya sasteranya adalah The Secret of the Self yang dijadikan sasran pembahasan dengan pendekatan stilistika, bukan kritik sastera. Kendati kedua pendekatan ini bisa digunakan untuk menilai sebuah karya sastra, namun tulisan ini dibatasi dengan hanya menerapkan analisa stilistika.Puisi Iqbal yang terkandung dalam buku tersebut merupakan puisi­ puisi filsafat keagamaan. Kendati puisi terpilih terdiri dari tiga puisi, namun pada dasarnya semuanya merupakan satu-kesatuan. Puisi-puisi tersebut yang menggunakan struktur pemyataan, pertanyaan dan perintah dengan pemilihan kata simbolis, menggambarkan tahap·an pertumbuhan dan pelatihan spiritual manusia untuk mencapai tahapan tertinggi yang disebutnya dengan insan kamil.Kata kunci: Stilistika, puisi, pengajaran bahasa, filsafat, dan insan kamil.
SISTEM PEMBELAJARAN DI PERGURUAN TINGGI Hidayat, Sholeh
ALQALAM Vol 19 No 93 (2002): April - June 2002
Publisher : Center for Research and Community Service of UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten-Serang City-Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (292.101 KB) | DOI: 10.32678/alqalam.v19i93.457

Abstract

Pembelajaran merupakan kegiatan inti dari keseluruhan proses pendidikan di Perguruan Tinggi. Salah satu indikator mutu pendidikan di Perguruan Tinggi dapat dilihat dari hasil belajar mahasiswa dan kualitas hasil belajar akan dipengaruhi oleh kualitas proses pembelajarannya. Dosen merupakan faktor determinan dalatn menentukan tinggi rendahnya  kualitas  proses  pembelajaran.  Kualitas  proses_pembelajaran dapat dilihat dari bagaimana dosen dalam menggunakan sistem penyajian bahan, peranan dosen dalam mengelola kegia n pembelajaran, .tingkat partisipasi dan jenis kegiatan belajar yang dihayati mahasiswa se iklim proses pembelajaran.Ada dua pola pembelajaran di Perguruan Tinggi yaitu pola pembelajaran yang berpusat pada lembaga atau dosen, yaitu  seorang dosen mengajar mahasiswa dengan bahan ajar yang sudah given sebagaimana yang telah dituangkan dalam Silabus dan Pola Pembelajaran yang di desain dengan pendekatan sistem yaitu dosen mengajar dan mahasiswa. belajar, bertolak dari kebutuhan belajar mahasiswa yang diawali dengan needs assesment. Strategi pembelajaran di Perguruan Tinggi keaktifan berpusat pada mahasiswa dan kemandirian.Kata Kunci: Sistem Pembelajaran, Perguruan Tinggi, Pola Pembelajaran
KONSEP KEADILAN DALAM AL-QUR'AN Anwar, Saeful
ALQALAM Vol 19 No 93 (2002): April - June 2002
Publisher : Center for Research and Community Service of UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten-Serang City-Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1155.632 KB) | DOI: 10.32678/alqalam.v19i93.451

Abstract

Makalah ini mengkaji tiga aspek konsep keadilan Al-Qur'an, yaitu pengertian, posisi dan refleksinya dalam kultur keilmuan islami,. dengan asumsi dasar bahwa Al-Qur'an merupakan wahyu Allah yang diturunkan kepada Nabi Muhammad saw. dalam bahasa arab sebagai rahmat bagi segenap alam sampai akhir zaman. Karena itu ia harus dipahami berdasarkan petunjuk Al-Qur'an dan As-Sunnah, akal sehat serta temuan-temuan empirik manusia serta kaidah-kaidah bahasa arab sendiri. Metode yang dipakai adalah metode tafsir Maudu'i (tematik) dengan alat bantu ilmu bahasa, teologi, filsafat, hukum dan psikologi.Hasil kajian menyimpulkan bahwa ada sedikitnya dua kata dalam Al-Qur'an yang mengandung arti "keadilan", yaitu kata 'adl dan qist. Keduanya dipakai dalam arti dan konteks yang sama kecuali pada beberapa tempat. Esensi keadilan clalam konsep Al-Qur'an aclalah memperlakukan sesuatu sesuai dengan kualitasnya sendiri, yang dalam dimensi sosial adalah menyamakan, menyebandingkan, menyejajarkan dan menyeimbangkan dua objek atau lebih yang sama/ sebanding/ sejajar/ seimbang, clan membedakan dua objek atau lebih yang memang berbeda. Keadilan objektif ini merupakan asas fundamental dalam keseluruhan sistem Islam, dan telah terefleksikan secara luas dalam kultur keibman islami.Kata Kunci: Tafsir Maudu'i, 'adl, qist, dan al-Qur'an
PERANAN PENGETAHUAN KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH Syarifudin, Encep
ALQALAM Vol 19 No 93 (2002): April - June 2002
Publisher : Center for Research and Community Service of UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten-Serang City-Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (239.916 KB) | DOI: 10.32678/alqalam.v19i93.458

Abstract

Kepala Sekolah sebagai pimpinan maupun manajer- dituntut untuk memiliki kemampuan dalam memimpin. Salah satu syarat. yang harus ditempuh oleh Kepala Sekolah adalah memiliki pengetahuan kepemimpinan pendidikan. Tanggung jawab Kepala Sekolah adalah mencurahkan seluruh kemampuannya terutama potensi  dirinya  yaitu bakat dalam dirinya yang secara alamiah dapat dikembangkan  melalui ilmu yang diperolehnya serta pengalaman-pengalaman dalam memimpinInteraksi yang berkesinambungan secara emosional clan struktural yang baik akan dapat menunjang. peranan pengetahuan kepemimpinan Kepala Sekolah dalam pendidikan di dalam tugas dan fungsinya. Namun pada kondisi psikologis Kepala Sekolah kurang baik, biasanya ada pelimpahan tugas kepada orang (bawahan) yang dipercayakan dalam menyelesaikan beberapa hal yang dinilainya cukup mendesak, bila hal ini berjalan dengan baik secara langsung akan membantu peranan pengetahuan kepemimpinan Kepala Sekolah dalam pendidikan dengan menggunakan pelimpahan tugas tersebut.Dalam proses kegiatan sekolah atau kegiatan belajar mengajar, Kepala Sekolah adalah seorang pimpinan yang memberikan pengarahan terhadap guru dan siswa. Dalam mentransfer pengetahuan hendaknya Kepala Sekolah sudah mempersiapkan diri terlebih dahulu mengenai pengetahuan atau kecakapan dan keterampilan. Tanpa ini semua tidak mungkin proses kegiatan sekolah dapat berjalan dengan kondusif. Kepala Sekolah sebagai manajer yang bertanggung jawab akan suatu keberhasilan terhadap sekolah, dengan demikian Kepala Sekolah dituntut agar mampu mengantarkan keberhasilan dalam memimpin di  sekolah  walaupun banyak kendala yang dihadapi.Untuk menjadi seorang pemimpin yang baik, maka seorang Kepala Sekolah harus memiliki pengetahuan tentang kepemimpinan pendidikan. Pengetahuan kepemimpinan pendidikan merupakan segala sesuatu yang diketahui oleh Kepala Sekolah, mulai dari merencanakan, mengarahkan, membimbing, mempengaruhi dan menggerakkan efektivitas guru dan siswa. Kegiatan ini dilakukan agar para guru yang dipimpinnya mau bekerja sama di dalam kegiatan sekolah, sehingga dapat mendukung terciptanya ik1im seko lah  yang harmonis, dan terciptanya kinerja yang diharapkan. Kata Kunci: Pengetahuan Kepemimpinan, Kepala Sekolah, Pendidikan, Pengqjaran
CORAK PEMIKIRAN TAFSIR IBN TAIMIYAH Syarjaya, H. E. Syibli
ALQALAM Vol 19 No 93 (2002): April - June 2002
Publisher : Center for Research and Community Service of UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten-Serang City-Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (965.726 KB) | DOI: 10.32678/alqalam.v19i93.452

Abstract

Ibnu Taimiyah dikenal luas di kalangan cendekiawan Islam sebagai ulama yang   produktif menulis  berbagai pemikiran keagamaannya . Gagasan dan idenya di bidang tafsir al-Qur'an dapat ditemukan dalam berbagai karya tulisnya. Meskipun demikian, beliau tidak pemah menulis kajiannya secara spesifik di bidang tafsir al-Qur'an. Sangat disayangkan memang kalau beliau tidak menulis kitab tafsir secara khusus. Namun, bahasan beliau tentang tafsir secara intens dapat dilihat dalam jilid 13 sampai 17 pada karya monumentalnya, 'Majmu' Fatawa Syaikh al-Islam Ahmad Ibn Taimiyah'Di bidang tafsir al-Qur'an ini, telah banyak metode yang digunakan para ulama untuk memahami dan menjelaskan makna yang terkandung dalam al-Qur'an. Metode yang biasa digunakan para mufassir tersebut antara lain: metode tahlili, maudhu'i, muqoron. Ada juga yang menggunakan bi al Ma'tsur, bi al Ra’yi atau bi al Isyary.Berkenaan dengan metodologi tafsir ini, Ibnu Taimiyah membagi tafsir kepada dua bagian, tafsir bi al Naqli (menafsirkan ayat al-Qur'an dengan ayat al-Qur'an yang lain, atau dengan hadits nabi, atau  dengan qaul sahabat dan tabiin) dan tafsir bi al Aqli. Bagi Ibnu Taimiyah, hanya tafsir bi al Naqli saja yang boleh digunakan. Sedangkan tafsir bi al Aqli (tafsir yang menggunakan rasio atau akal semata), beliau menolak keras penggunaannya dalam upaya memahami ayat al-Qur'an. Bahkan secara tegas, hal itu dihukumi haram.Kata Kunci: Ibu Taimiyah, Metodologi Tafsir, Tafsir bi al Ma'tsur, Tafsir bi al Rayi
KELUARGA DAN MASYARAKAT Ariany, Ieke Sartika
ALQALAM Vol 19 No 93 (2002): April - June 2002
Publisher : Center for Research and Community Service of UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten-Serang City-Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (219.362 KB) | DOI: 10.32678/alqalam.v19i93.459

Abstract

Keluarga adalah unit sosial terkecil yang dari padanya suatu bangunan masyarakat bahkan negara-bangsa terbentuk. Dengan demikian keluarga merupakan institusi yang ·terlalu penting untuk diabaikan dalam berbagai disiplin ilmu-ilmu sosial, termasuk di dalamnya sosiologi. Sebagai sub sistem sosial, keluarga juga merupakan agen utama yang turut menggerakkan terjadinya perubahan sosial dalam masyarakat bangsa dan sekaligus agen penting yang harus menghadapinya. Melalui pendekatan teori fungsional-struktural Talcott Parson, penulis mencoba menganalisis komponen utama sistem sosial yang terdapat dalam keluarga serta para anggotanya. Dengan didukung oleh gagasan-gagasan para sosiolog terkemuka lainnya, mulai dari August Comte, Emile Durkheim, hingga Jane P. Carry, akhirnya penulis berkesimprilan bahwa setidaknya ada tiga komponen utama yang lekat dengan sub sistem sosial tersebut yang perlu mendapat. perhatian khusus: peran, norma, dan nilai yang dimainkan, dipedomani, dan diseminasi dalam dan oleh keluarga.Kata Kunci: Sosiologi, Keluarga, Masyarakat, dan Teori Struktural­, Furigsional
HUBUNGAN ANTARA RUMPUN BAHASA SEMIT, BAHASA ARAB DAN ALQURAN Ismail, Achmad Satori
ALQALAM Vol 19 No 93 (2002): April - June 2002
Publisher : Center for Research and Community Service of UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten-Serang City-Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (266.874 KB) | DOI: 10.32678/alqalam.v19i93.454

Abstract

Berdasarkan karakteristik kebahasaan yang terdapat dalam bahasa Arab, para peneliti di bidang bahasa telah memasukkan bahasa Arab ke dlam kelompok rumpun bahasa Semit. Di antara karakteristik tersebut misalnya adalah kosa kata yang kebanyakan berasal dari tiga huruf, perubahan bentuk kata kerja sesuai dengan perubahan bentuk waktu (tenses), bentuk kata benda (ism) dan kata kerja (fi'il) serta penggunaan kata ganti (dhamir). Di samping itu, antara bahasa Arab dan bahasa  Semit, terclapat pula kesamaan dalam susunan dan bentuk kalimat serta banyak kosa kata.Mengingat kaitan yang demikian erat antara bahasa Arab dan rumpun bahasa Semit, maka studi tentang bahasa-bahasa Semit menjadi sangat relevan bagi para peneliti bahasa Arab.Sebelum  mengurai   hubungan   antara   al-Qur'an   dengan   bahasa Arab, penulis mengangkat permasalahan di sekitar asal-usul dan sejarah pertumbuhan bahasa Arab sejak dari awal kelahirannya yang masih dipenuhi kabut misteri hingga bahasa ini mencapai kematangannya yang luar biasa pada masa menjelang kedatangan Islam di jazirah Arabia.Kehadiran Islam dengan membawa al-Qur'an yang berbahasa Arab sebagai mukjizat, temyata membawa pengaruh yang sangat besar bagi bahasa Arab sehingga bahasa ini masih tetap eksis dan bahkan terus berkembang sampai sekarang.Kata Kunci: Bahasa Semit, bahasa Arab, al-Arab al-Baidah, al-Arab af­ Baqryah.
ANALISIS FONOLOGI BAHASA ARAB: Tinjauan Linguistik Modern Mu'izzuddin, Moch.
ALQALAM Vol 19 No 93 (2002): April - June 2002
Publisher : Center for Research and Community Service of UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten-Serang City-Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (245.599 KB) | DOI: 10.32678/alqalam.v19i93.455

Abstract

The abstract of this article as shown in the paper.

Page 1 of 1 | Total Record : 8


Filter by Year

2002 2002


Filter By Issues
All Issue Vol 35 No 2 (2018): July - December 2018 Vol 35 No 1 (2018): January - June 2018 Vol 34 No 2 (2017): July - December 2017 Vol 34 No 1 (2017): January - June 2017 Vol 33 No 2 (2016): July - December 2016 Vol 33 No 1 (2016): January - June 2016 Vol 32 No 2 (2015): July - December 2015 Vol 32 No 1 (2015): January - June 2015 Vol 31 No 2 (2014): July - December 2014 Vol 31 No 1 (2014): January - June 2014 Vol 30 No 3 (2013): September - December 2013 Vol 30 No 2 (2013): May - August 2013 Vol 30 No 1 (2013): January - April 2013 Vol 29 No 3 (2012): September - December 2012 Vol 29 No 2 (2012): May - August 2012 Vol 29 No 1 (2012): January - April 2012 Vol 28 No 3 (2011): September-December 2011 Vol 28 No 2 (2011): May - August 2011 Vol 28 No 1 (2011): January - April 2011 Vol 27 No 3 (2010): September - December 2010 Vol 27 No 2 (2010): May - August 2010 Vol 27 No 1 (2010): January - April 2010 Vol 26 No 3 (2009): September - December 2009 Vol 26 No 2 (2009): May - August 2009 Vol 26 No 1 (2009): January - April 2009 Vol 25 No 3 (2008): September - December 2008 Vol 25 No 2 (2008): May - August 2008 Vol 25 No 1 (2008): January - April 2008 Vol 24 No 3 (2007): September - December 2007 Vol 24 No 2 (2007): May - August 2007 Vol 24 No 1 (2007): January - April 2007 Vol 23 No 3 (2006): September - Desember 2006 Vol 23 No 2 (2006): May - August 2006 Vol 23 No 1 (2006): January - April 2006 Vol 22 No 3 (2005): September - December 2005 Vol 22 No 2 (2005): May - August 2005 Vol 22 No 1 (2005): January - April 2005 Vol 21 No 102 (2004): September - December 2004 Vol 21 No 101 (2004): May - August 2004 Vol 21 No 100 (2004): January - April 2004 Vol 20 No 98-99 (2003): July - December 2003 Vol 20 No 97 (2003): April - June 2003 Vol 20 No 96 (2003): January - March 2003 Vol 19 No 95 (2002): October - December 2002 Vol 19 No 94 (2002): July - September 2002 Vol 19 No 93 (2002): April - June 2002 Vol 19 No 92 (2002): January - March 2002 Vol 18 No 90-91 (2001): July - December 2001 Vol 18 No 88-89 (2001): January - June 2001 Vol 17 No 87 (2000): Oktober - December 2000 Vol 17 No 86 (2000): July - September 2000 Vol 17 No 85 (2000): April - June 2000 Vol 14 No 74 (1998): September - October 1998 Vol 13 No 72 (1998): May - June 1998 Vol 13 No 68 (1997): November - Desember 1997 Vol 13 No 67 (1997): September - Oktober 1997 Vol 13 No 66 (1997): Juli - Agustus 1997 Vol 11 No 63 (1997): Maret - April 1997 Vol 11 No 62 (1996): September - Oktober 1996 Vol 11 No 59 (1996): Maret - April 1996 Vol 11 No 58 (1996): Januari - Februari 1996 Vol 10 No 56 (1995): September - October 1995 Vol 10 No 55 (1995): July - August 1995 Vol 10 No 54 (1995): May - June 1995 Vol 10 No 53 (1995): March - April 1995 Vol 10 No 52 (1995): January - February 1995 Vol 10 No 51 (1994): November - Desember 1994 Vol 10 No 51 (1994): November - December 1994 Vol 10 No 50 (1994): September - October 1994 Vol 4 No 15 (1988): September - October 1988 More Issue