cover
Filter by Year
at-tamkin: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat
at-tamkin - Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat ini berisi best-practice program program pengabdian masyarakat dalam berbagai bentuk aski sosial berupa pendampingan,pelatihan, pemberdayaan dan bentuk-bentuk lainnya dalam rangka alih pengetahuan dan teknologi pada berbagai komunitas guna memecahkan berbagai permasalahan, baik yang bersifat individual maupun kolektif/berbasis komunitas.
Articles
10
Articles
‚Äč
MEWUJUDKAN KEBERDAYAAN EKONOMI MASYARAKAT DESA MELALUI KELOMPOK USAHA BERSAMA DI DESA KALIPUCANG, JATIARJO DAN WONOSARI KABUPATEN PASURUAN

Sutomo, Sutomo, Mujtabah, M.

Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Vol 1 No 1 (2018): Juni
Publisher : Universitas Islam Raden Rahmat Malang

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

Ada harapan besar dengan lahirnya UU No. 6/2014 tentang Desa (UU Desa) telah ditetapkan sebagai dasar pengaturan desa. Dalam konsiderannya disampaikan bahwa Desa memiliki hak asal usul dan hak tradisional dalam mengatur dan mengurus kepentingan masyarakat setempat dan berperan mewujudkan cita-cita kemerdekaan berdasarkan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945. Desa sebagai ruang publik yang memiliki keragaman dan kebhinekaan adalah kodrat yang tidak dapat dipungkiri. Namun desa juga harus berhak membangun kesejahteraan masyarakatnya, menata kehidupannya, dan melindungi sumber-sumber penghidupannya. Sehingga, desa merupakan aset pembangunan yang harus bergerak aktif dan sejahtera dalam bingkai NKRI sebagaimana tujuan konstitusi. Kegiatan pemberdayaan yang dilakukan oleh siapapun dan dengan pendekatan apapun harus berorientasi pada pemberdayaan ekonomi masyarakat desa. Dengan mengedepankan pada pemberdayaan ekonomi diharapkan sedikit demi sedikit kemiskinan di desa dapat dikurangi dan kesenjangan antara desa dan kota dapat dipersempit.

POTENSI ALAM DAN PERILAKU EKONOMI MASYARAKAT DAERAH MARGINAL KABUPATEN MALANG STUDI KASUS DI DUSUN UMBUL REJO DESA SIDODADI KECAMATAN GEDANGAN KABUPATEN MALANG

Muar, Muhammad Romli

Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Vol 1 No 1 (2018): Juni
Publisher : Universitas Islam Raden Rahmat Malang

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

Manusia diciptakan Allah SWT sebagai khalifah di atas bumi. Tugas manusia adalah memelihara bumi pada satu sisi dan mencari rejeki dari bumi pada sisi yang  lain. Untuk merealisasikan keduanya dibutuhkan ilmu pengetahuan agar bisa mengeksploitasi bumi tanpa merusaknya. Kreatifitas inovatif merupakan tuntutan agar seluruh kebutuhan terpenuhi dan bumi selalu terjaga dari kerusakan. Hasil bumi yang melimpah perlu sentuhan tangan-tangan trampil dalam mengolahnya sehingga bernilai ekonomi tinggi. Inilah yang menjadi realita di Dusun Umbulrejo Desa Sidodadi Kecamatan Gedangan Kabupaten Malang. Hasil bumi  melimpah tapi kurang sentuhan keterampilan dan pola pikir produktif warga. Program Pengabdian Kepada Masyarakat Terintegrasi (PPM-T) Universitas Islam Raden Rahmat Malang mencoba membuka wawasan warga menuju usaha ekonomi kreatif dari hasil pertanian sebagai sarana peningkatan taraf perekonomian. Usaha ini diwujudkan dalam bentuk sosialisasi, pendampingan usaha kreatif sampai pada pendampingan dalam pemasaran.

PROGRAM PENGHIJAUAN DALAM RANGKA MENANAMKAN KESADARAN MENCINTAI LINGKUNGAN DI DESA KREBET SENGGRONG, KECAMATAN BULULAWANG, KABUPATEN MALANG

Hasanah, Siti Muawanatul

Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Vol 1 No 1 (2018): Juni
Publisher : Universitas Islam Raden Rahmat Malang

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

Pelaksanaan KKN oleh Kelompok An-Nur di Desa Krebet Senggrong terdiri dari program fisik dan non-fisik. Program utamanya adalah penghijauan desa yang berupa, penanaman pohon, pembudidayaan tanaman sayuran di pekarangan, pembagian polibag gratis, dan sebagainya. Adapun program kerja non fisiknya adalah program-program yang terkait dengan pembelajaran dan pengembangan potensi masyarakat di lokasi yang digunakan untuk KKN. Program non fisik seperti pelatihan kewirausahaan, pendampingan kegiatan keagamaan, kelompok belajar untuk anak-anak, Posyandu, Pendampingan TPA, dsb. Program-program tersebut telah dilaksanakan dan diupayakan agar berjalan seoptimal mungkin dan memberikan kebermanfaatan bagi masyarakat. Pelatihan kewirausahaan yang telah dilaksanakan yakni pelatihan membuat rajutan wool dan pelatihan mendaur ulang sampah menjadi produk yang punya nilai guna dan nilai jual. Program kerja unggulan ini didasarkan pada tujuan dari mahasiswa KKN untuk pengembangan pengetahuan dan keterampilan masyarakat. Selain itu juga didasarkan pada kebutuhan masyarakat akan ketrampilan yang bermanfaat bagi masyarakat.

PENDAMPINGAN IBU HAMIL ANEMIA DAN KEKURANGAN ENERGI KRONIS (KEK) DI DESA JARAK KECAMATAN PLOSOKLATEN KABUPATEN KEDIRI

Aisyah, Siti

Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Vol 1 No 1 (2018): Juni
Publisher : Universitas Islam Raden Rahmat Malang

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

Berdasarkan data dari Pemantauan wilayah Setempat Kesehatan Ibu dan Anak (PWS-KIA) Desa Jarak tahun 2017 didapatkan 24 ibu hamil risiko tinggi, 8 diantaranya  dengan anemia dan 2 orang KEK. KEK dan anemia merupakan faktor risiko perdarahan post partum dan Berat Badan Lahir Rendah(BBLR).Tujuan dari kegiatan ini adalah melakukan pendampingan ibu hamil yang anemia dan KEK dari hamil sampai nifas dengan melibatkan peran serta masyarakat dan keluarga. Metode pendekatan yang digunakan adalah kerjasama lintas program dengan puskesmas, kerjasama lintas sektor dengan aparat desa, pemberdayaan kader dan keluarga ibu hamil. Kegiatan yang dilakukan adalah melakukan pemerikasaan kehamilan, memberikan suplemen tablet Fe, melakukan penyuluhan tentang gizi pada masa kehamilan, mengadakan kelas ibu hamil, melakukan kunjungan rumah untuk memantau kondisi ibu hamil serta melatih keluarga sebagai pendamping minum Fe dan pemenuhan gizi ibu hamil. Hasil kegiatan semua ibu hamil yang anemia dapat tertangani, proses persalinan 6 ibu hamil melahirkan secara normal di bidan desa dan 2 ibu hamil dirujuk ke RSUD Pare tepat waktu, ibu dan bayi dalam kondisi sehat. Masa nifas 8 ibu hamil berjalan normal. Mengatasi masalah kehamilan dengan kasus anemia dan KEK tidak bisa hanya upaya preventif dari petugas kesehatan saja, peran masyarakat utamanya kader kesehatan dan pemberdayaan keluarga dalam penanganan menjadi kunci keberhasilan dalam pendampingan ibu hamil yang mengalami anemia dan KEK.

PENDIDIKAN KOMUNITAS TENTANG PEMAKAIAN BENGKUNG PADA IBU NIFAS DI DESA KELING KECAMATAN KEPUNG KABUPATEN KEDIRI

Rahayu, Dewi Taurisiawati

Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Vol 1 No 1 (2018): Juni
Publisher : Universitas Islam Raden Rahmat Malang

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

Perawatan pada masa nifas akan menentukan status kesehatan dan mempercepat proses pemulihan ibu setelah melahirkan. Budaya bengkung di Kabupaten Kediri masih kental sampai sat ini. Hampir semua ibu nifas di Desa Keling masih menggunakan bengkung atau stagen untuk dibebatkan di perutnya. Alasan yang disampaikan oleh ibu nifas tentang penggunaan bengkung itu adalah 10 orang ibu nifas ( 41, 67 %) mengatakan mereka memakai bengkung karena anjuran orang tua dan budaya dan 14 orang  ibu nifas ( 58,335) mengatakan mereka memakai bengkung karena merasa nyaman. Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk mengajarkan ibu nifas cara memakai bengkung yang aman agar tidak membahayakan proses pemulihan kesehatannya. Metode yang dipakai adalah survey untuk menentukan sasaran, pelatihan  kader tentang cara pemakaian bengkung yang aman untuk ibu nifas. Kegiatan dilaksanakan tanggal 5-27 November 2017. Hasil dari kegiatan ini terdapat 24 ibu di Desa Keling yang menggunakan bengkung. Sebelum penyuluhan dilaksanakan ibu nifas menyampaikan beberapa keluhan karena pemakaian bengkung yang salah yaitu 9 ibu nifas mengatakan kakinya bengkak (37,5 %), 10 ibu nifas mengatakan mengalami gatal-gatal di kulit (41,67%), 3 orang ibu nifas merasakan sesak nafas (12,5%) dan 2 orang mengatakan tidak ada keluhan sama sekali. Dengan cara pemakaian yang salah pemakaian bengkung justru akan merugikan ibu nifas itu sendiri. Karena itulah dilaksanakan pendidikan komunitas  tentang pemakaian bengkung yang benar kepada kader dan para ibu nifas di Desa Keling Kecamatan Kepung Kabupaten Kediri. Dengan pemakaian bengkung yang benar maka bisa membuat ibu nifas merasa nyaman tanpa mengganggu proses pemulihan kesehatannya.

PROGRAM PENGEMBANGAN KEWIRAUSAHAAN PETANI SELADA AIR PONCOKUSUMO

Kusdiyanti, Heny, Zanky, M. Nurruddin, P., Lifa Farida, Wati, Andy Prasetyo

Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Vol 1 No 1 (2018): Juni
Publisher : Universitas Islam Raden Rahmat Malang

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

Petani Selada di Indonesia memiliki kemampuan ekonomi yang tidak sama dengan petani lainnya yang ada di Indonesia. Perbedaannya adalah petani selada tidak mengenal musim. Dengan demikian harus ada peran serta masyarakat, organisasi sosial, organisasi pendidikan khususnya pemerintah dalam mengatasi masalah petani selada air ini. Permasalahan yang ada pada petani selada air ini adalah tidak adanya kemampuan lain selain kemampuan memproduksi hasil pertanian yaitu selada air. Kondisi ini mengakibatkan timbulnya permasalahan secara ekonomi yaitu hasil produksi pertanian dijual dengan harga sangat murah. Para petani tidak memiliki keterampilan dalam memberikan nilai tambah hasil produksi pertaniannya seperti pengolahan, pengemasan atau yang lainnya. Petani juga tidak memiliki akses untuk menjual hasil pertaniannya sampai dengan konsumen akhir. Selama ini hasil pertanian selada air hanya dijual pada tengkulak saja. Tujuan kegiatan ini untuk membantu petani memberikan nilai tambah pada hasil pertanian selada air, sehingga dapat membatu meningkatkan kesejahteraan para petani. Strategi yang dilakukan adalah identifikasi masalah, mencari mitra, menjalin kerjasama dengan mitra, sosialisasi pemecahan masalah oleh mitra serta pendampingan terhadap masyarakat. Hasil dari kegiatan ini adalah: (1) Peningkatan kesadaran para petani selada air. (2) Petani menyadari bahwa kemampuan dalam berwirausaha dibutuhkan oleh seorang petani, (3) adanya kesepakatan yang dituangkan dalam nota kerjasama antar Pemerintah Desa Poncokusumo dengan Dinas koperasi dan Usaha Mikro Kabupaten Malang, SMK Cendika Bangsa Kepanjan Malang, Universitas Negeri Malang. (4) Dijadikannya Desa Poncokusumo sebagai desa mitra Universitas Negeri Malang

MENGGAGAS READING AND LEARNING COMMUNITY MELALUI RINTISAN PERPUSTAKAAN DAN RUMAH BELAJAR DESA PALAAN

Inayati, Isna Nurul, Ubaidillah, Aan Fardani

Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Vol 1 No 1 (2018): Juni
Publisher : Universitas Islam Raden Rahmat Malang

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

Berdasarkan program dan rancanagan strategis LPPM Universitas Islam Raden Rahmat Malang Periode I (2017-2020) yang meengusung program pengembangan prototype Desa Khaira Ummah melalui skema desa mitra, dimana Desa Palaan ditetapkan sebagai sasaran utama, diketahui kondisi awal bahwa Desa Palaan belum memiliki fasilitas publik yang dapat mendukung usaha peningkatan minat belajar dan minat membaca masyarakat. Hal ini berdampak pada kurangnya fasilitas publik yang dapat mendukung usaha peningkatan minat belajar dan minat membaca masyarakat, belum memiliki perpustakaan desa, belum memiliki pusat pemberdayaan potensi, belum memiliki pusat bermain dan belajar bagi anak, keberadaan Wifi di area Kantor Desa dimanfaatkan anak-anak untuk bermain game online dan media sosial. Berkenaan dengan kondisi tersebt, program ini dilaksanakan dengan tujuan untuk merintis perpustakaan dan rumah belajar Desa Palaan perlu segera direalisasikan, dengan harapan  keberadaan perpustakaan dan rumah belajar Desa Palaan ini dapat digunakan sebagai pusat pemberdayaan warga Desa Palaan, baik dalam aspek pendidikan, Ekonomi, Sosial maupun Budaya. Ada dua pendekatan yang penulis gunakan dalam  perintisan Perpustakaan dan Rumah Belajar Desa Palaan ini, yaitu Apreciative Inquiry dan Working Out Loud. Kedua pendekatan ini kemudian dijabarkan dalam empat tahap pelaksanaan program, yaitu: Perencanaan Program, Perintisan Program, Launching Program, Tindak Lanjut Program. Dari 4 tahap pelaksanaan kegiatan yang telah diaplikasikan, dapat disimpulkan bahwa program rintisan perpustakaan dan rumah belajar Desa Palaan dinyatakan dapat menjadi magnet kedatangan masyarakat ke perpustakaan sebagai ajang belajar, membaca, pusat bermain edukatif bagi anak-anak, dan sentra kegiatan pemberdayaan.

UPAYA PENINGKATAN STATUS KESEHATAN SISWA SEKITAR TEMPAT PEMBUANGAN AKHIR DI SD SIDOWAREK 02 KECAMATAN PLEMAHAN KABUPATEN KEDIRI

Agustin, Retno Ardanari

Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Vol 1 No 1 (2018): Juni
Publisher : Universitas Islam Raden Rahmat Malang

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini berjudul Upaya Peningkatan Status Kesehatan Siswa Sekitar Tempat Pembuangan Akhir Di SD Sidowarek 02 Kecamatan Plemahan Kabupaten Kediri. Tujuan Pengabdian ini adalah untuk melaksanakan Upaya Peningkatan Status Kesehatan Siswa Sekitar Tempat Pembuangan Akhir Di SD Sidowarek 02 Kecamatan Plemahan Kabupaten Kediri. Target pengabdian ini adalah siswa kelas V dan VI SD Sidowarek 02 Kecamatan Plemahan Kabupaten Kediri. Luaran pengabdian ini adalah meningkatkan pengetahuan dan perilaku siswa tentang perilaku hidup bersih dan sehat. Metode yang digunakan adalah dalam bentuk penyampaian materi tentang perilaku hidup bersih dan sehat dengan menggunakan Booklet dan Banner. Kesimpulan dari pengabdian ini adalah siswa mengetahui perilaku hidup bersih dan sehat, bersikap favorable tetapi dalam pelaksanaannya masih kurang tepat. Siswa lebih banyak meniru kebiasaan orang di sekitarnya. Misalnya cuci tangan bersih saja menggunakan air, jarang menggunakan sabun dan air yang mengalir, hanya sedikit siswa yang menyukai sayuran dalam konsumsi makanan pokok sehari-hari, masih ada yang buang air besar di sungai, merokok. Setelah kegiatan ini, diharapkan siswa akan belajar berperilaku hidup bersih dan sehat sesuai dengan materi yang telah diberikan dan dari sumber informasi lainnya, misalnya dari petugas kesehatan, membaca dari booklet, banner, leaflet/brosur dan lainnya.

ASSET BASED COMMUNITY DEVELOPMENT DI PESANTREN WISATA: IMPLEMENTASI STRATEGIS DI PP. AN-NUR 2 AL MURTADLO MALANG

Djawahir, Abdillah Ubaidi

Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Vol 1 No 1 (2018): Juni
Publisher : Universitas Islam Raden Rahmat Malang

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

This paper aims to explore the Asset Base Community Development (ABCD) on the implementation of the pesantren community, focusing on seven specific principles. Induction deduction design, including in-depth interviews, Focus Group Discussion (FGD), workshops, observations, and document analysis, were used. Findings of "Mapping Tourism Asset" Pesantren Wisata Annur 2 Al Murtadlo Malang. Community members have a high level of shared meaning, commitment, full participation and an internationally focused democratic power distribution, social capital ties, and effective access to internal resources. And good relationships with communities and external organizations. Pesantren as an institution has both material and immaterial tools. Both are the components of the existence of pesantren as an institution of education, social and religious. The Mapping Tourism Asset becomes a strong marker for the development of pesantren from an institution of religious education (Islam), socially, culturally and culturally has a strong opportunity to become part of the growth the halal tourism industry in Indonesia. The approach and methodology of ABCD used in this research resulted in mapping "tourism assets" of pesantren wisata that is, the true of education program; museum; spot of selfie; bank of garbage; and the souvenir center.

PROGRAM PENDAMPINGAN KOMPETISI SAINS MADRASAH TAHUN 2018 PADA KELOMPOK KERJA KEPALA MADRASAH IBTIDAIYAH KECAMATAN BANTUR KABUPATEN MALANG

Wibowo, Andi, Muslihasari, Adzimatnur, Oktiningrum, Wuli

Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Vol 1 No 1 (2018): Juni
Publisher : Universitas Islam Raden Rahmat Malang

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

Program pendampingan Kompetisi Sains Madrasah (KSM) merupakan program yang dilaksanakan oleh dua lembaga antara Universitas Islam Raden Rahmat terhadap Kelompok Kerja Kepala Madrasah Ibtidaiyah (K3MI) Kecamatan Bantur Kabupaten Malang. Program pendampingan ini dilaksanakan dalam rangka membantu K3MI dalam kegiatan penyusunan naskah soal, kepengawasan, dan korektor kegiatan KSM. Keterlibatan Universitas Islam Raden Rahmat bertujuan agar pelaksanaan KSM di Kecamatan bantur lebih objektif sehingga dapat menjaring siswa-siswi MI sekecamatan Bantur yang mempunyai kemampuan akademik terbaik. Kegiatan ini dilaksanakan dalam berbagai tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Kegiatan perencanaan dilaksanakan antara bulan Januari sampai Februari 2018, sedangkan kegiatan pelaksanaan dan evaluasi KSM dilakukan pada tanggal 12 Februari 2018 bertempat di MI Nurul Hidayah. Hasil dari kegiatan ini adalah tersusunnya naskah soal dan terpilihnya siswa-siswi juara 1, 2, dan 3 tingkat MI sekecamatan Bantur pada kegiatan KSM bidang matematika, IPA, dan Bahasa Indonesia. Hasil evaluasi menunjukkan bahwa kegiatan KSM lebih objektif. Selain itu, distribusi peringkat juara dalam ketiga bidang lebih merata yang menunjukkan persaingan dalam KSM sangat ketat.