Silampari Bisa: Jurnal Penelitian Pendidikan Bahasa Indonesia, Daerah, dan Asing
ISSN : 26206919     EISSN : 26203316
Silampari Bisa: Jurnal Penelitian Pendidikan Bahasa Indonesia, Daerah, dan Asing is a journal that focuses on publishing research results in Indonesian language and literature education, foreign language and literature education, and local language and literature education.
Articles
19
Articles
Penerapan Media Audiovisual dalam Meningkatkan Keterampilan Menyimak Dongeng Siswa Kelas III MIS Darul Ulum Muhammadiyah Bulukumba

Hakim, M. Nur

Silampari Bisa: Jurnal Penelitian Pendidikan Bahasa Indonesia, Daerah, dan Asing Vol 1 No 2 (2018): Silampari Bisa: Jurnal Penelitian Pendidikan Bahasa Indonesia, Daerah, dan Asing
Publisher : LP4MK STKIP PGRI Lubuklinggau

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (420.818 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan proses dan hasil penerapan media audiovisual dalam meningkatkan keterampilan menyimak dongeng siswa kelas III MIS Darul Ulum Muhammadiyah Bulukumba. Penelitian yang dilakukan adalah penelitian tindakan selama 2 siklus, yang meliputi tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Adapun teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, catatan lapangan, dan tes, sedangkan teknik analisis data dilakukan secara kualitatif dan kuantitatif. Secara kualitatif, data dianalisis dari hasil observasi dan catatan lapangan, sedangkan secara kuantitatif, data dianalisis dari hasil tes yang dilakukan di setiap akhir siklus. Uji kebasahan data menggunakan triangulasi. Hasil analisis data menunjukkan bahwa: 1. selama proses penerapan media audiovisual terjadi peningkatan keterampilan menyimak dongeng yang tampak pada kemampuan siswa mengidentifikasi isi dongeng, seperti tema, penokohan, alur, latar, dan amanat, dan 2. hasil peningkatan terlihat pada ketuntasan belajar siswa yakni pada siklus I perolehan nilai rata-rata hanya 61,75 mengalami peningkatan menjadi 76,25. Hasil tersebut disimpulkan bahwa media audiovisual dapat memberikan dampak positif dalam peningkatan keterampilan menyimak dongeng siswa kelas III MIS Darul Ulum Muhammadiyah Bulukumba.

Komunikasi Sastra pada Puisi Selamat Tahun Baru Kawan Karya Mustofa Bisri

Mustaqim, Andika Hendra

Silampari Bisa: Jurnal Penelitian Pendidikan Bahasa Indonesia, Daerah, dan Asing Vol 1 No 2 (2018): Silampari Bisa: Jurnal Penelitian Pendidikan Bahasa Indonesia, Daerah, dan Asing
Publisher : LP4MK STKIP PGRI Lubuklinggau

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (494.674 KB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk memberikan pemahaman tentang komunikasi sastra pada puisi Selamat Tahun Baru Kawan karya KH Mustofa Bisri (Gus Mus) dengan fokus membongkar sistem bahasa dan sistem sosio-budaya. Pendekaan penelitian ini adalah kualitatif dan menggunakan metode analisis isi. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik dokumentasi. Teknik analisis data dimulai dari menyusun ringkasan abstraksi berupa korpus, eksplikasi, dan penataan struktur. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa sistem bahasa pada puisi karya Gus Mus tersebut memunculkan makna yang bisa ditarik dari segi denotatif dan konotatif. Kemudian, permainan diksi juga dimainkan Gus Mus. Pemilihan diksi menunjukkan representasi tertentu. Selanjutnya, permainan rima dan irama juga menjadi aspek penting pada puisi Gus Mus. Dalam sistem sosial-budaya, pada puisi Gus Mus fokus membahas urusan keyakinan yang menjadi identitas pada banyak puisinya. Dia menyindir cara berkeyakinan banyak umat Islam terutama di Indonesia yang mengabaikan esensi dan cenderung lebih menunjukkan citra saja. Selain itu, unsur sosio-budaya yang muncul adalah sentimen yang bisa parameter stabilitas sosial, dan  tujuan yang menjadi arah pergerakan masyarakat. Tidak ketinggalan adalah kekuasaan yang penentu dan dominasi pada masyarakat, dan ketegangan juga bermain dengan penuturan yang paradoks.

Analisis Kesalahan Struktur Kalimat pada Tes Keterampilan Menulis dalam Diklat HSK 3 (汉语水平考试) Guru Bahasa Mandarin SMA/SMK di PPPPTK Boe Malang

Puspitaningsih, Lestari

Silampari Bisa: Jurnal Penelitian Pendidikan Bahasa Indonesia, Daerah, dan Asing Vol 1 No 2 (2018): Silampari Bisa: Jurnal Penelitian Pendidikan Bahasa Indonesia, Daerah, dan Asing
Publisher : LP4MK STKIP PGRI Lubuklinggau

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (583.239 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kesalahan struktur kalimat pada tes keterampilan menulis yang dibuat oleh peserta diklat HSK 3 guru bahasa Mandarin SMA/SMK yang diselenggarakan di PPPPTK BOE Malang. Dalam Linguistik, berdasarkan J. Richard et al, (2002), kesalahan dapat berupakan kata, tindak tutur atau struktur gramatikal yang tidak tepat disebabkan oleh penguasaan yang tidak utuh terhadap bahasa tersebut. Penelitian dilakukan dengan menggunakan taksonomi komparatif yaitu menganalisis hasil tes keterampilan menulis peserta diklat yang terdapat pada HSK 3 yang disebabkan oleh kesalahan interlingual atau kesalahan interferensi, yakni kesalahan yang bersumber (akibat) dari pengaruh bahasa pertama (B1) terhadap bahasa kedua (B2) dan kesalahan intralingual yaitu kesalahan berbahasa yang disebabkan kurangnya penguasaan terhadap bahasa kedua (B2). Hasil anaslisis menunjukan bahwa terdapat lima kalimat dimana sebanyak  lebih dari 85% responden melakukan kesalahan yang disebabkan adanya kerancuan dengan struktur dalam bahasa Indonesia. Analisis kesalahan ini dilakukan tidak hanya untuk mengidikasi penyebab, namun juga sebagai kajian untuk menerapakan metode yang sesuai dalam melaksanakan pembelajaran bahasa Mandarin.

Nilai Sosial dan Moralitas dalam Naskah Drama Janji Senja Karya Taofan Nalisaputra

Nugroho, Agung

Silampari Bisa: Jurnal Penelitian Pendidikan Bahasa Indonesia, Daerah, dan Asing Vol 1 No 2 (2018): Silampari Bisa: Jurnal Penelitian Pendidikan Bahasa Indonesia, Daerah, dan Asing
Publisher : LP4MK STKIP PGRI Lubuklinggau

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (488.539 KB)

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan nilai sosial dan nilai moral naskah drama. Naskah drama yang digunakan berjudul Janji Senja Karya Taofan Nalisaputra. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan dengan cara membaca, pengkodingan, pendeskripsian, interprestasi, dan kesimpulan. Hasil penelitian ini merupakan deskripsi kajian nilai sosial dan nilai moral naskah drama Janji Senja karya Taofan Nalisaputra. Hasil dari kajian nilai sosial yang mendominasi naskah drama  Janji Senja karya Taofan Nalisaputra yaitu nilai sosial diri dengan orang lain hal ini terlihat dari kutipan  “Istri harus patuh pada suami, ujaran yang kasar berdampak menyakiti hati orang lain, kebencian yang memutuskan tali darah dalam tubuh, lebih mementingkan orang lain dari pada ibunya sendiri”. Hal ini tampak jelas dituangkan oleh pengarang dalam naskahnya. Sedangkan nilai moral naskah drama Janji Senja karya Taofan Nalisaputra melingkupi beberapa aspek di antaranya,  berbentuk tingkah laku yang sesuai dengan kesusilaan, budi pekerti, dan juga akhlak. Berdasarkan hasil tersebut terlihat jelas jika naskah drama Janji Senja karya Taofan Nalisaputra sangat kental akan nilai sosial dan moral hal ini karena naskah drama yang diangkat berkaitan langsung dengan kehidupan sehari-hari di masyarakat.

Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Examples Non-Examples terhadap Hasil Belajar Menulis Teks Berita pada Siswa Kelas VIII SMPN 14 Kota Tangerang

Sulaeman, Agus, Ariyana, Ariyana

Silampari Bisa: Jurnal Penelitian Pendidikan Bahasa Indonesia, Daerah, dan Asing Vol 1 No 2 (2018): Silampari Bisa: Jurnal Penelitian Pendidikan Bahasa Indonesia, Daerah, dan Asing
Publisher : LP4MK STKIP PGRI Lubuklinggau

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (386.006 KB)

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk  mengetahui pengaruh penggunaan model examples non examples pada siswa kelas VII SMPN 14 Kota Tangerang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode quasi eksperimen dengan melakukan pretes dan postes dua kelompok. Jenis metode penelitian eksperimen ini menggunakan disain penelitian Nonequivalent Control Group Design. Dimana kelas eksperimen yang diberi perlakuan dan kelas kontrol tidak diberi perlakuan. Nonequivalent Control Group Design ini hampir sama dengan pretest dan postest kontrol group desain, hanya pada desain ini kelompok eksperimen maupun kontrol tidak dipilih secara random. Teknik pengumpulan data menggunakan tes. Teknik analisis data dimulai dari uji normalitas, uji homogenitas, dan dilanjutkan uji hipotesis. Terdapat perbedaan hasil belajar menulis teks berita antara siswa yang diberi model pembelajaran examples non-examples dengan siswa yang tidak diberi model pembelajaran examples non-examples dan dibuktikan dengan hasil pengujian hipotesis yaitu pretes pada kelas kontrol dan eksperimen Ho diterima H1 ditolak, dapat disimpulkan bahwa thitung lebih kecil ttabel ( 0,42 lebih kecil 2,0022 ) maka pada pretes tidak memiliki perbedaan hasil belajar yang signifikan, dan hasil hipotesis postes pada kelas kontrol dan kelas eksperimen yaitu H1 diterima Ho ditolak karena thitung lebih besar ttabel = 3,05 lebih besar 2,0022. Maka dapat dinyatakan bahwa pemberian postes pada kelas kontrol yang tidak mendapatkan perlakukan dan kelas eksperimen mendapatkan perlakuan dengan menggunakan model pembelajaran examples non-examples menunjukkan perbedaan hasil belajar yang sangat signifikan.

Evaluasi Implementasi Penilaian Hasil Belajar Berdasarkan Kurikulum 2013 oleh Guru Bahasa Inggris dan Bahasa Indonesia di MTS Ja-Alhaq Kota Bengkulu

Friantary, Heny, Martina, Feny

Silampari Bisa: Jurnal Penelitian Pendidikan Bahasa Indonesia, Daerah, dan Asing Vol 1 No 2 (2018): Silampari Bisa: Jurnal Penelitian Pendidikan Bahasa Indonesia, Daerah, dan Asing
Publisher : LP4MK STKIP PGRI Lubuklinggau

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (488.939 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan hasil evaluasi terhadap proses implementasi kurikulum 2013 dalam penilaian hasil belajar yang dilakukan oleh guru mata pelajaran bahasa Indonesia dan bahasa Inggris di MTS Ja-Alhaq Kota Bengkulu dan menjelaskan kesenjangan antara standar absolut pelaksanaan dengan implementasi penilaian hasil belajar yang dilakukan oleh guru mata pelajaran bahasa Indonesia dan bahasa Inggris di MTS Ja-Alhaq Kota Bengkulu. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data dimulai dari identifikasi data, klasifikasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses implementasi penilaian hasil belajar siswa yang dilakukan oleh guru bahasa Inggris guru bahasa Indonesia belum sepenuhnya sesuai apa yang diminta oleh K13, penilaian aspek kompetensi pengetahuan masih didominasi dengan teknik tes tertulis, dan penilaian untuk pengukuran kompetensi keterampilan hanya dilakukan dengan teknik penilaian praktik. Kemudian, terdapat beberapa kesenjangan antara standar absolut pelaksanaan dengan implementasi penilaian hasil belajar siswa yang dilakukan oleh guru bahasa Inggris dan guru bahasa Indonesia yang menjadi subjek dari penelitian ini.

Sikap Pemertahanan Bahasa Jawa pada Masyarakat Desa G2 Dwijaya Kecamatan Tugumulyo Kabupaten Musi Rawas

Abid, Syaiful, Muslihah, Nur Nisai, Puspitasari, Lesy

Silampari Bisa: Jurnal Penelitian Pendidikan Bahasa Indonesia, Daerah, dan Asing Vol 1 No 2 (2018): Silampari Bisa: Jurnal Penelitian Pendidikan Bahasa Indonesia, Daerah, dan Asing
Publisher : LP4MK STKIP PGRI Lubuklinggau

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan sikap pemertahanan bahasa Jawa pada masyarakat Desa G2 Dwijaya Kecamatan Tugumulyo Kabupaten Musi Rawas pada ranah remaja dan dewasa. Metode penelitian menggunakan metode deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah anak-anak, remaja, dan dewasa yang berjumlah 180 orang. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik angket. Data yang sudah terkumpul kemudian dianalisis sesuai dengan langkah-langkah analisis data, dimulai dengan penskoran, interpretasi, dan membuat kesimpulan. Dari hasil analisis data diketahui bahwa sikap pemertahanan bahasa Jawa dari golongan remaja dengan nilai rata-rata yaitu 89,38 dengan kategori sangat baik, dan untuk remaja dengan nilai rata-rata yaitu 88,97 dengan kategori sangat baik. Dengan demikian, sikap pemertahanan bahasa Jawa pada masyarakat Desa G2 Dwijaya Kecamatan Tugumulyo Kabupaten Musi Rawas mencapai nilai rata-rata yaitu 89,18 dengan kategori sikap pemertahanan bahasa Jawa yang sangat baik.

Gaya Bahasa Pertentangan dalam Novel Perahu Kertas Karya Dewi Lestari

Sari, Inda Puspita

Silampari Bisa: Jurnal Penelitian Pendidikan Bahasa Indonesia, Daerah, dan Asing Vol 1 No 2 (2018): Silampari Bisa: Jurnal Penelitian Pendidikan Bahasa Indonesia, Daerah, dan Asing
Publisher : LP4MK STKIP PGRI Lubuklinggau

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan gaya bahasa pertentangan yang terdapat dalam novel Perahu Kertas Karya Dewi Lestari. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif terhadap dokumen berbentuk novel Perahu Kertas karya Dewi Lestari sebagai sumber datanya. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini dengan teknik pustaka, teknik simak, dan catat. Teknik analisis data dimulai dengan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil analisis novel Perahu Kertas yang telah dilakukan, diketahui bahwa terdapat gaya bahasa pertentangan yang didominasi dengan penggunaan gaya bahasa hiperbola dan dilengkapi oleh gaya bahasa litotes, oksimoron, paranomasia, ivendo, klimaks, antiklimaks, sarkasme, antifrasis, paradoks, ironi, sinisme, dan hiperbaton. Gaya bahasa pertentangan yang diciptakan oleh Dewi Lestari dalam novel Perahu Kertas, menunjukkan bahwa permainan penggunaan gaya bahasa sangat penting dalam membangun sebuah novel.

Moralitas dalam Novel Negeri di Ujung Tanduk Karya Tere Liye

Muhtadin, Muhtadin, Murniasih, Sugi

Silampari Bisa: Jurnal Penelitian Pendidikan Bahasa Indonesia, Daerah, dan Asing Vol 1 No 1 (2018): Silampari Bisa: Jurnal Penelitian Pendidikan Bahasa Indonesia, Daerah, dan Asing
Publisher : LP4MK STKIP PGRI Lubuklinggau

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (507.503 KB)

Abstract

 Tujuan dari penelitian ini untuk mendeskripsikan moralitas yang terkandung dalam novel Negeri di Ujung Tanduk Karya Tere Liye. Metode penelitian menggunakan analisis isi. Data dalam penelitian ini berupa kalimat yang mengandung nilai moral yang terdapat novel Negeri di Ujung Tanduk Karya Tere Liye. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik dokumentasi dan catat. Teknik analisis data dengan langkah-langkah: reduksi data, tabulasi data dan pengkodean, interpretasi, klasifkasi, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa moralitas dalam novel Negeri di Ujung Tanduk karya Tere Liye, yaitu: 1) hubungan manusia dengan manusia lain berupa eksistensi diri, harga diri, rasa percaya diri, takut, maut, rindu, dendam, kesepian, dan keterombang-ambingan, menjaga kesucian diri dari sikap rakus, mengembangkan keberanian, kejujuran, kerja keras, sabar, ulet, ceria, teguh, terbuka, visioner, mandiri, tegar, pemberani, optimis, dengki, munafik, reflektif, tanggung jawab, prinsip, percaya diri, disiplin, dan rakus 2) hubungan manusia dengan manusia lain (sosial) dan alam berupa kerja sama, saling mengenal, munafik, kepedulian, kemunafikan, rasa peduli, persahabatan, senyuman, saling membantu, dan pengkhianatan; serta 3) hubungan manusia dengan berupa mentauhidkan Tuhan dan menghindari syirik, bertaqwa dan memohon pertolongan dengan doa-doa, salat yang dilakukan oleh manusia, sebagai suatu kesadaran bahwa semua yang ada di alam ini raya milik Tuhan. Kata kunci: moralitas, sastra, novel   Abstract The objective of this research was to describes the morality contained in the Negeri di Ujung Tanduk novel the works of Tere Liye. The research method used content analysis. The data in this research is a sentence containing the moral values ​​contained by the Negeri di Ujung Tanduk novel the works of Tere Liye Tere Liye. Technique of collecting data using documentation technique and record. Data analysis techniques with steps: data reduction, data tabulation and coding, interpretation, classification, and conclusion. The result of the research shows that morality in Negeri di Ujung Tanduk novel the works of Tere Liye is: 1) human relationships with other human beings in the form of self-existence, self-esteem, self-confidence, fear, death, longing, resentment, loneliness, maintaining the sanctity of greed, developing courage, honesty, hard work, patient, resilient, cheerful, steadfast, open, visionary, independent, brave, courageous, optimistic, envy, hypocritical, reflective, responsible, principle, confident, disciplined , and voracious 2) human relationships with other humans (social) and nature in the form of cooperation, acquaintance, hypocrisy, caring, hypocrisy, caring, friendship, smile, mutual help, and betrayal; and 3) human relationships in the form of God's menthidising and avoiding shirk, piety and pleading with prayers, prayers performed by human beings, as an awareness that everything in this universe belongs to God. Keywords: morality, literature, novels

Kohesi dan Koherensi dalam Koran Bisnis Indonesia dengan Judul Kemenperin Jamin Serap Garam Rakyat

Goziyah, Goziyah, Rizka Insani, Harninda

Silampari Bisa: Jurnal Penelitian Pendidikan Bahasa Indonesia, Daerah, dan Asing Vol 1 No 1 (2018): Silampari Bisa: Jurnal Penelitian Pendidikan Bahasa Indonesia, Daerah, dan Asing
Publisher : LP4MK STKIP PGRI Lubuklinggau

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (474.423 KB)

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini yaitu memberikan pemahaman tentang kohesi dan koherensi dalam Koran Bisnis Indonesia dengan judul Kemenperin Jamin Serap Garam Rakyat. Metode penelitian yang digunakan adalah metode analisis isi dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik dokumentasi. Teknik analisis data dimulai dengan reduksi data, tabulasi data, klasifikasi data, interpretasi data, dan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa di dalam teks berita dalam Koran Bisnis Indonesia terdapat kohesi yang lebih dominan ditemukan kata ganti (pronominal) untuk kata ganti orang, ellipsis, dan konjungsi atau kata hubung. Kemudian, koherensi yang ditemukan yaitu hubungan pertentangan, hubungan general spesifik, hubungan perbandingan, hubungan sebab-akibat, hubungan tinjauan, dan hubungan rujukan. Kata kunci: kohesi, koherensi, koran   Abstract The objective of this research was to provide an understanding of cohesion and coherence in the newspaper Bisnis Indonesia with title Kemenperin Jamin Serap Garam Rakyat. The research method used is the method of content analysis with a qualitative approach. Data collection techniques using documentation techniques. Data analysis techniques begin with data reduction, data tabulation, data classification, data interpretation, and conclusions. The results show that in the news text in the newspaper Bisnis Indonesia there is a more dominant cohesion found pronouns for pronouns, ellipsis, and conjunctions or hyphens. Then, the coherence that is found is the relationship of contradictions, general specific relationships, comparison relationships, causal relationships, review relationships, and referral relationships. Keywords: cohesion, coherence, newspapers