cover
Contact Name
Dr. Noermanzah, M.Pd.
Contact Email
noermanzah@stkippgri-lubuklinggau.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
silamparibisa@stkippgri-lubuklinggau.ac.id
Editorial Address
-
Location
Kota lubuk linggau,
Sumatera selatan
INDONESIA
Silampari Bisa: Jurnal Penelitian Pendidikan Bahasa Indonesia, Daerah, dan Asing
ISSN : 26206919     EISSN : 26203316     DOI : -
Silampari Bisa: Jurnal Penelitian Pendidikan Bahasa Indonesia, Daerah, dan Asing is a journal that focuses on publishing research results in Indonesian language and literature education, foreign language and literature education, and local language and literature education.
Arjuna Subject : -
Articles 27 Documents
Penerapan Media Audiovisual dalam Meningkatkan Keterampilan Menyimak Dongeng Siswa Kelas III MIS Darul Ulum Muhammadiyah Bulukumba Hakim, M. Nur
Silampari Bisa: Jurnal Penelitian Pendidikan Bahasa Indonesia, Daerah, dan Asing Vol 1 No 2 (2018): Silampari Bisa: Jurnal Penelitian Pendidikan Bahasa Indonesia, Daerah, dan Asing
Publisher : LP4MK STKIP PGRI Lubuklinggau

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (420.818 KB) | DOI: 10.31540/silamparibisa.v1i2.79

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan proses dan hasil penerapan media audiovisual dalam meningkatkan keterampilan menyimak dongeng siswa kelas III MIS Darul Ulum Muhammadiyah Bulukumba. Penelitian yang dilakukan adalah penelitian tindakan selama 2 siklus, yang meliputi tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Adapun teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, catatan lapangan, dan tes, sedangkan teknik analisis data dilakukan secara kualitatif dan kuantitatif. Secara kualitatif, data dianalisis dari hasil observasi dan catatan lapangan, sedangkan secara kuantitatif, data dianalisis dari hasil tes yang dilakukan di setiap akhir siklus. Uji kebasahan data menggunakan triangulasi. Hasil analisis data menunjukkan bahwa: 1. selama proses penerapan media audiovisual terjadi peningkatan keterampilan menyimak dongeng yang tampak pada kemampuan siswa mengidentifikasi isi dongeng, seperti tema, penokohan, alur, latar, dan amanat, dan 2. hasil peningkatan terlihat pada ketuntasan belajar siswa yakni pada siklus I perolehan nilai rata-rata hanya 61,75 mengalami peningkatan menjadi 76,25. Hasil tersebut disimpulkan bahwa media audiovisual dapat memberikan dampak positif dalam peningkatan keterampilan menyimak dongeng siswa kelas III MIS Darul Ulum Muhammadiyah Bulukumba.
Komunikasi Sastra pada Puisi Selamat Tahun Baru Kawan Karya Mustofa Bisri Mustaqim, Andika Hendra
Silampari Bisa: Jurnal Penelitian Pendidikan Bahasa Indonesia, Daerah, dan Asing Vol 1 No 2 (2018): Silampari Bisa: Jurnal Penelitian Pendidikan Bahasa Indonesia, Daerah, dan Asing
Publisher : LP4MK STKIP PGRI Lubuklinggau

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (494.674 KB) | DOI: 10.31540/silamparibisa.v1i2.139

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk memberikan pemahaman tentang komunikasi sastra pada puisi Selamat Tahun Baru Kawan karya KH Mustofa Bisri (Gus Mus) dengan fokus membongkar sistem bahasa dan sistem sosio-budaya. Pendekaan penelitian ini adalah kualitatif dan menggunakan metode analisis isi. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik dokumentasi. Teknik analisis data dimulai dari menyusun ringkasan abstraksi berupa korpus, eksplikasi, dan penataan struktur. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa sistem bahasa pada puisi karya Gus Mus tersebut memunculkan makna yang bisa ditarik dari segi denotatif dan konotatif. Kemudian, permainan diksi juga dimainkan Gus Mus. Pemilihan diksi menunjukkan representasi tertentu. Selanjutnya, permainan rima dan irama juga menjadi aspek penting pada puisi Gus Mus. Dalam sistem sosial-budaya, pada puisi Gus Mus fokus membahas urusan keyakinan yang menjadi identitas pada banyak puisinya. Dia menyindir cara berkeyakinan banyak umat Islam terutama di Indonesia yang mengabaikan esensi dan cenderung lebih menunjukkan citra saja. Selain itu, unsur sosio-budaya yang muncul adalah sentimen yang bisa parameter stabilitas sosial, dan  tujuan yang menjadi arah pergerakan masyarakat. Tidak ketinggalan adalah kekuasaan yang penentu dan dominasi pada masyarakat, dan ketegangan juga bermain dengan penuturan yang paradoks.
Analisis Kesalahan Struktur Kalimat pada Tes Keterampilan Menulis dalam Diklat HSK 3 (汉语水平考试) Guru Bahasa Mandarin SMA/SMK di PPPPTK Boe Malang Puspitaningsih, Lestari
Silampari Bisa: Jurnal Penelitian Pendidikan Bahasa Indonesia, Daerah, dan Asing Vol 1 No 2 (2018): Silampari Bisa: Jurnal Penelitian Pendidikan Bahasa Indonesia, Daerah, dan Asing
Publisher : LP4MK STKIP PGRI Lubuklinggau

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (583.239 KB) | DOI: 10.31540/silamparibisa.v1i2.151

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kesalahan struktur kalimat pada tes keterampilan menulis yang dibuat oleh peserta diklat HSK 3 guru bahasa Mandarin SMA/SMK yang diselenggarakan di PPPPTK BOE Malang. Dalam Linguistik, berdasarkan J. Richard et al, (2002), kesalahan dapat berupakan kata, tindak tutur atau struktur gramatikal yang tidak tepat disebabkan oleh penguasaan yang tidak utuh terhadap bahasa tersebut. Penelitian dilakukan dengan menggunakan taksonomi komparatif yaitu menganalisis hasil tes keterampilan menulis peserta diklat yang terdapat pada HSK 3 yang disebabkan oleh kesalahan interlingual atau kesalahan interferensi, yakni kesalahan yang bersumber (akibat) dari pengaruh bahasa pertama (B1) terhadap bahasa kedua (B2) dan kesalahan intralingual yaitu kesalahan berbahasa yang disebabkan kurangnya penguasaan terhadap bahasa kedua (B2). Hasil anaslisis menunjukan bahwa terdapat lima kalimat dimana sebanyak  lebih dari 85% responden melakukan kesalahan yang disebabkan adanya kerancuan dengan struktur dalam bahasa Indonesia. Analisis kesalahan ini dilakukan tidak hanya untuk mengidikasi penyebab, namun juga sebagai kajian untuk menerapakan metode yang sesuai dalam melaksanakan pembelajaran bahasa Mandarin.
Nilai Sosial dan Moralitas dalam Naskah Drama Janji Senja Karya Taofan Nalisaputra Nugroho, Agung
Silampari Bisa: Jurnal Penelitian Pendidikan Bahasa Indonesia, Daerah, dan Asing Vol 1 No 2 (2018): Silampari Bisa: Jurnal Penelitian Pendidikan Bahasa Indonesia, Daerah, dan Asing
Publisher : LP4MK STKIP PGRI Lubuklinggau

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (488.539 KB) | DOI: 10.31540/silamparibisa.v1i2.153

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan nilai sosial dan nilai moral naskah drama. Naskah drama yang digunakan berjudul Janji Senja Karya Taofan Nalisaputra. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan dengan cara membaca, pengkodingan, pendeskripsian, interprestasi, dan kesimpulan. Hasil penelitian ini merupakan deskripsi kajian nilai sosial dan nilai moral naskah drama Janji Senja karya Taofan Nalisaputra. Hasil dari kajian nilai sosial yang mendominasi naskah drama  Janji Senja karya Taofan Nalisaputra yaitu nilai sosial diri dengan orang lain hal ini terlihat dari kutipan  “Istri harus patuh pada suami, ujaran yang kasar berdampak menyakiti hati orang lain, kebencian yang memutuskan tali darah dalam tubuh, lebih mementingkan orang lain dari pada ibunya sendiri”. Hal ini tampak jelas dituangkan oleh pengarang dalam naskahnya. Sedangkan nilai moral naskah drama Janji Senja karya Taofan Nalisaputra melingkupi beberapa aspek di antaranya,  berbentuk tingkah laku yang sesuai dengan kesusilaan, budi pekerti, dan juga akhlak. Berdasarkan hasil tersebut terlihat jelas jika naskah drama Janji Senja karya Taofan Nalisaputra sangat kental akan nilai sosial dan moral hal ini karena naskah drama yang diangkat berkaitan langsung dengan kehidupan sehari-hari di masyarakat.
Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Examples Non-Examples terhadap Hasil Belajar Menulis Teks Berita pada Siswa Kelas VIII SMPN 14 Kota Tangerang Sulaeman, Agus; Ariyana, Ariyana
Silampari Bisa: Jurnal Penelitian Pendidikan Bahasa Indonesia, Daerah, dan Asing Vol 1 No 2 (2018): Silampari Bisa: Jurnal Penelitian Pendidikan Bahasa Indonesia, Daerah, dan Asing
Publisher : LP4MK STKIP PGRI Lubuklinggau

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (386.006 KB) | DOI: 10.31540/silamparibisa.v1i2.201

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk  mengetahui pengaruh penggunaan model examples non examples pada siswa kelas VII SMPN 14 Kota Tangerang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode quasi eksperimen dengan melakukan pretes dan postes dua kelompok. Jenis metode penelitian eksperimen ini menggunakan disain penelitian Nonequivalent Control Group Design. Dimana kelas eksperimen yang diberi perlakuan dan kelas kontrol tidak diberi perlakuan. Nonequivalent Control Group Design ini hampir sama dengan pretest dan postest kontrol group desain, hanya pada desain ini kelompok eksperimen maupun kontrol tidak dipilih secara random. Teknik pengumpulan data menggunakan tes. Teknik analisis data dimulai dari uji normalitas, uji homogenitas, dan dilanjutkan uji hipotesis. Terdapat perbedaan hasil belajar menulis teks berita antara siswa yang diberi model pembelajaran examples non-examples dengan siswa yang tidak diberi model pembelajaran examples non-examples dan dibuktikan dengan hasil pengujian hipotesis yaitu pretes pada kelas kontrol dan eksperimen Ho diterima H1 ditolak, dapat disimpulkan bahwa thitung lebih kecil ttabel ( 0,42 lebih kecil 2,0022 ) maka pada pretes tidak memiliki perbedaan hasil belajar yang signifikan, dan hasil hipotesis postes pada kelas kontrol dan kelas eksperimen yaitu H1 diterima Ho ditolak karena thitung lebih besar ttabel = 3,05 lebih besar 2,0022. Maka dapat dinyatakan bahwa pemberian postes pada kelas kontrol yang tidak mendapatkan perlakukan dan kelas eksperimen mendapatkan perlakuan dengan menggunakan model pembelajaran examples non-examples menunjukkan perbedaan hasil belajar yang sangat signifikan.
Evaluasi Implementasi Penilaian Hasil Belajar Berdasarkan Kurikulum 2013 oleh Guru Bahasa Inggris dan Bahasa Indonesia di MTS Ja-Alhaq Kota Bengkulu Friantary, Heny; Martina, Feny
Silampari Bisa: Jurnal Penelitian Pendidikan Bahasa Indonesia, Daerah, dan Asing Vol 1 No 2 (2018): Silampari Bisa: Jurnal Penelitian Pendidikan Bahasa Indonesia, Daerah, dan Asing
Publisher : LP4MK STKIP PGRI Lubuklinggau

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (488.939 KB) | DOI: 10.31540/silamparibisa.v1i2.202

Abstract

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan hasil evaluasi terhadap proses implementasi kurikulum 2013 dalam penilaian hasil belajar yang dilakukan oleh guru mata pelajaran bahasa Indonesia dan bahasa Inggris di MTS Ja-Alhaq Kota Bengkulu dan menjelaskan kesenjangan antara standar absolut pelaksanaan dengan implementasi penilaian hasil belajar yang dilakukan oleh guru mata pelajaran bahasa Indonesia dan bahasa Inggris di MTS Ja-Alhaq Kota Bengkulu. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data dimulai dari identifikasi data, klasifikasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses implementasi penilaian hasil belajar siswa yang dilakukan oleh guru bahasa Inggris guru bahasa Indonesia belum sepenuhnya sesuai apa yang diminta oleh K13, penilaian aspek kompetensi pengetahuan masih didominasi dengan teknik tes tertulis, dan penilaian untuk pengukuran kompetensi keterampilan hanya dilakukan dengan teknik penilaian praktik. Kemudian, terdapat beberapa kesenjangan antara standar absolut pelaksanaan dengan implementasi penilaian hasil belajar siswa yang dilakukan oleh guru bahasa Inggris dan guru bahasa Indonesia yang menjadi subjek dari penelitian ini.
Sikap Pemertahanan Bahasa Jawa pada Masyarakat Desa G2 Dwijaya Kecamatan Tugumulyo Kabupaten Musi Rawas Abid, Syaiful; Muslihah, Nur Nisai; Puspitasari, Lesy
Silampari Bisa: Jurnal Penelitian Pendidikan Bahasa Indonesia, Daerah, dan Asing Vol 1 No 2 (2018): Silampari Bisa: Jurnal Penelitian Pendidikan Bahasa Indonesia, Daerah, dan Asing
Publisher : LP4MK STKIP PGRI Lubuklinggau

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (385.229 KB) | DOI: 10.31540/silamparibisa.v1i2.199

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan sikap pemertahanan bahasa Jawa pada masyarakat Desa G2 Dwijaya Kecamatan Tugumulyo Kabupaten Musi Rawas pada ranah remaja dan dewasa. Metode penelitian menggunakan metode deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah anak-anak, remaja, dan dewasa yang berjumlah 180 orang. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik angket. Data yang sudah terkumpul kemudian dianalisis sesuai dengan langkah-langkah analisis data, dimulai dengan penskoran, interpretasi, dan membuat kesimpulan. Dari hasil analisis data diketahui bahwa sikap pemertahanan bahasa Jawa dari golongan remaja dengan nilai rata-rata yaitu 89,38 dengan kategori sangat baik, dan untuk remaja dengan nilai rata-rata yaitu 88,97 dengan kategori sangat baik. Dengan demikian, sikap pemertahanan bahasa Jawa pada masyarakat Desa G2 Dwijaya Kecamatan Tugumulyo Kabupaten Musi Rawas mencapai nilai rata-rata yaitu 89,18 dengan kategori sikap pemertahanan bahasa Jawa yang sangat baik.
Gaya Bahasa Pertentangan dalam Novel Perahu Kertas Karya Dewi Lestari Sari, Inda Puspita
Silampari Bisa: Jurnal Penelitian Pendidikan Bahasa Indonesia, Daerah, dan Asing Vol 1 No 2 (2018): Silampari Bisa: Jurnal Penelitian Pendidikan Bahasa Indonesia, Daerah, dan Asing
Publisher : LP4MK STKIP PGRI Lubuklinggau

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (476.725 KB) | DOI: 10.31540/silamparibisa.v1i2.154

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan gaya bahasa pertentangan yang terdapat dalam novel Perahu Kertas Karya Dewi Lestari. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif terhadap dokumen berbentuk novel Perahu Kertas karya Dewi Lestari sebagai sumber datanya. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini dengan teknik pustaka, teknik simak, dan catat. Teknik analisis data dimulai dengan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil analisis novel Perahu Kertas yang telah dilakukan, diketahui bahwa terdapat gaya bahasa pertentangan yang didominasi dengan penggunaan gaya bahasa hiperbola dan dilengkapi oleh gaya bahasa litotes, oksimoron, paranomasia, ivendo, klimaks, antiklimaks, sarkasme, antifrasis, paradoks, ironi, sinisme, dan hiperbaton. Gaya bahasa pertentangan yang diciptakan oleh Dewi Lestari dalam novel Perahu Kertas, menunjukkan bahwa permainan penggunaan gaya bahasa sangat penting dalam membangun sebuah novel.
Keterampilan Menulis Akademik Mahasiswa S-1 Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FKIP Universitas Bengkulu Yanti, Nafri; Suhartono, Suhartono; Hiasa, Fina
Silampari Bisa: Jurnal Penelitian Pendidikan Bahasa Indonesia, Daerah, dan Asing Vol 1 No 1 (2018): Silampari Bisa: Jurnal Penelitian Pendidikan Bahasa Indonesia, Daerah, dan Asing
Publisher : LP4MK STKIP PGRI Lubuklinggau

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (549.041 KB) | DOI: 10.31540/silamparibisa.v1i1.4

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (a) mendeskripsikan penguasaan keterampiaan menulis akademik mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (PBSI) FKIP UNIB;  (b) menemukan kendala kegiatan menulis akademik mahasiswa Program Studi PBSI FKIP UNIB; dan  (c) memberikan  solusi untuk mengatasi hambatan kegiatan menulis akademik mahasiswa Program Studi PBSI  FKIP UNIB. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif. Objek penelitian adalah 33 orang  mahasiswa PBSI semester III. Teknik pengumpulan data  dilakukan dengan cara tes menulis dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah statistik deskriptif dengan cara melakukan penilaian terhadap hasil tes menulis mahasiswa berdasarkan rubrik penilaian yang telah disiapkan, hasil penilaian kemudian dikelompokan pada acuan penilaian, dan dijabarkan sesuai masing-masing komponen penilaian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tujuh orang mahasiswa  mempunyai kemampuan menulis artikel ilmiah pada kategori baik (21%), 4 orang pada kategori cukup (12%), 11 orang pada kategori kurang (33%) dan 11 orang pada kategori kurang sekali (33%). Kata kunci: keterampilan, menulis akademik, mahasiswa.   Abstract The objective of this research was to: (a) describe the mastery of academic writing skill of Indonesian Language and Literature Education Study Program (PBSI), FKIP at UNIB; (b) finding obstacles of academic writing activities of students of PBSI Study Program, FKIP at UNIB; and (c) providing solutions to overcome activity barriers in academic writing of student from of PBSI Study Program FKIP at UNIB. The method was qualitative method. The subject of research was 33 students from third semester. Technique of collecting was written test and interview. Data analysis technique used in this research was descriptive statistic, by assessing the results of student writing tests based on the assessment rubric that has been prepared, the assessment results were then grouped in the benchmark assessment and elaborated in accordance with each component of the assessment. The results showed that seven students had the ability to write scientific articles on good category (21%), 4 people in enough category (12%), 11 people in the category of less (33%) and 11 people in least category (33%). Keywords: skill, academic writing, students  
Tindak Tutur Ekspresif dalam Film Kehormatan di Balik Kerudung Sutradara Tya Subiakto Satrio Murti, Sri; Nisai Muslihah, Nur; Permata Sari, Intan
Silampari Bisa: Jurnal Penelitian Pendidikan Bahasa Indonesia, Daerah, dan Asing Vol 1 No 1 (2018): Silampari Bisa: Jurnal Penelitian Pendidikan Bahasa Indonesia, Daerah, dan Asing
Publisher : LP4MK STKIP PGRI Lubuklinggau

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (484.902 KB) | DOI: 10.31540/silamparibisa.v1i1.7

Abstract

Film Kehormatan di Balik Kerudung dengan sutradara Tya Subiakto Satrio merupakan film berisi percintaan, kesedihan, dan kesetiaan sehingga sangatlah menarik dan bisa dijadikan sebagai contoh dalam pembelajaran novel di sekolah. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan tindak tutur ekspresif dalam film Kehormatan di Balik Kerudung. Metode penelitian menggunakan metode deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu teknik dokumentasi. Teknik analisis data berupa tahap deskrpsi, klasifikasi, analisis, interpretasi data, evaluasi, dan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tindak tutur ekspresif dalam film Kehormatan di Balik Kerudung terdiri atas tindak tutur ekspresif berupa: a) memuji dalam konteks: memuji kecantikan dan ketampanan yang dimiliki petutur, dan terkesan dengan pakain dan wewangian yang petutur kenakan; b) mengucapkan terima kasih dengan ciri: mengucapkan terima kasih karena perbuatan baik yang sudah dilakukan petutur, mengucapkan terima kasih atas kenikmatan yang Allah berikan, dan mengucapkan terima kasih karena merasa merepotkan; c) mengucapkan maaf dengan ciri: karena telah mengecewakan petutur, karena tidak menepati janji, mengucapkan maaf atas perlakuan kasar dan tidak menyenangkan, serta berbuat kesalahan; d) kebahagiaan dengan ciri: situasi yang membuat nyaman, bersyukur atas apa yang dimiliki, tersenyum indah, saling menyukai, dan orang tua yang dikaruniai anak; serta e) mengeluh dalam konteks: perasaan sedih karena ditinggal menikah, perasaan sakit karena dilarang menikah, dan dikecewakan, diberi cobaan atau halangan dan rintangan. Dengan demikian, tindak tutur ekspresif dalam film Kehormatan di Balik Kerudung terdiri atas tindak tutur ekspresif dalam bentuk memuji, ucapan terima kasih, ucapan permohonan maaf, kebahagiaan, dan tindakan mengeluh. Kata kunci: tindak tutur, tindak tutur ekspresif, film   Abstract The film Kehormatan di Balik Kerudung with director Tya Subiakto Satrio is a film about love, sadness and fidelity so it is very interesting and can be used as an example in novel learning in school. The objective of the study was to describe expressive speech acts in the film Kehormatan di Balik Kerudung. The research method used qualitative descriptive method. Data collection techniques used are documentation techniques. Data analysis techniques are deskrpsi, classification, analysis, data interpretation, evaluation, and conclusion. The results of this study indicate that expressive speech acts in the film Kehormatan di Balik Kerudung consists of expressive speech acts in the form of: a) praising in the context of: praising the beauty and handsomeness of the opponent said, and impressed by the clothes and fragrances that the opponent said wearing; b) expressing gratitude with the trait: thanking you for the good deeds the opponent has done, thanking you for the pleasures God has given, and thanking him for the inconvenience; c) to apologize with the trait: to have disappointed the opponent, for not keeping promises, to apologize for abuse and discomfort, and to make mistakes; d) happiness with features: situations that make you comfortable, grateful for what you have, beautiful smiles, mutual love, and parents who are blessed with children; and e) complain to the context: the sadness of being married, the pain of being forbidden to marry, and being let down, given trials or hindrances and obstacles. Thus, the expressive act of expressiveness in the film Kehormatan di Balik Kerudung consists of expressive speech acts in the form of praise, thanksgiving, apology, happiness, and complaining. Keywords: speech action, expressive speech acts, film  

Page 1 of 3 | Total Record : 27