SAINS DAN TEKNOLOGI STTIND PADANG
JURNAL SAINS DAN TEKNOLOGI STTIND PADANG SUBMISSION EDITORIAL TEAM REVIEWERS PEER REVIEW PROCESS FOCUS & SCOPE ARCHIVING OPEN ACCESS STATEMENT PUBLISHING SYSTEM HISTORY CONTACT US Tools: Turnitin Grammarly Logo Journal Indexed by: User Username Password Remember me Notifications View Subscribe Font Size Make font size smaller Make font size default Make font size larger Home About Login Register Categories Search Current Archives Announcements Home > About the Journal > Editorial Policies Editorial Policies Focus and Scope Section Policies Peer Review Process Publication Frequency Open Access Policy Archiving Focus and Scope Jurnal Sains dan teknologi STTIND Padang berfokus pada penerbitan jurnal asli dari para peneliti dan akademisi di bidang aplikasi teknologi ilmiah dan industri. Ruang lingkup artiket termasuk bidang teknik industri, teknik pertambangan, teknik lingkungan, sistem informasi. sains dan teknologi dan pendidikan serta kejuruan.
Articles
63
Articles
‚Äč
PERANCANGAN PENCATATAN DAN PELAPORAN TERPADU PUSKESMAS BERBASIS E-REPORT UNTUK MENINGKATKAN KESEHATAN MASYARAKAT

Nazir, Nasrul, Darmawati, Gusnita

SAINS DAN TEKNOLOGI STTIND PADANG Vol 18, No 2 (2018): JURNAL SAINS DAN TEKNOLOGI STTIND PADANG
Publisher : Sekolah Tinggi Teknologi Industri Padang

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

Mutu pelayanan kesehatan yang diberikan kepada masyarakat dapat ditingkatkan dengan baik apabila didukung oleh sistem pelaporan yang baik yaitu informasi harus lengkap dan data tersebut harus diterima tepat waktu.Sistem pencatatan dan pelaporan terpadu puskesmas (SP2TP) ke dinas kesehatan kota Bukittinggi masih dilakukan dengan menyerahkan file berupa hardcopy kepada dinas kesehatan kota sehingga dinas kesehatan kota harus merekapitulasi lagi pelaporan yang akan memerlukan waktu lama dan kemungkinan akan terjadi duplicate data.Tujuan dari penelitian ini adalah terciptanya e-report yang menggambarkan informasi yang akurat, representatif dan reliable yang dapat dijadikan pedoman dalam penyusunan perencanaan kesehatan masyarakat. Dalam penelitian ini menggunakan metode waterfall yang mana membantu dalam perancangan sistem mulai dari desain, pengujian sampai implementasi sedangkan untuk memodelkan rancangan sistem menggunakan UML (Unified Modeling Language). Hasil dari penelitian ini adalah sistem informasi pelaporan data SP2TP lewat media website atau secara online yang dapat digunakan oleh pegawai setiap puskesmas dalam lingkungan dinas kesehatan kota bukittinggi

PERANCANGAN SISTEM INFORMASI PEMODELAN LABOR PRAKTIKUM PROSES MANUFAKTUR BERBASIS WEB

Wati, Elma, Nofriadiman, Nofriadiman, Yulita, Harsiska

SAINS DAN TEKNOLOGI STTIND PADANG Vol 18, No 2 (2018): JURNAL SAINS DAN TEKNOLOGI STTIND PADANG
Publisher : Sekolah Tinggi Teknologi Industri Padang

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

Laboratorium merupakan tempat mahasiswa untuk melakukan eksperimen-eksperimen dari teori yang telah didapatkan berfungsi untuk meningkatkan pemahaman mahasiswa terhadap suatu materi yang telah dipelajari. Terbatasnya sumber-sumber untuk panduan praktikum proses manufaktur yang mengakibatkan kurang percaya diri ketika melaksanakan praktek karena berhubungan† dengan kecelakaan kerja. Maka dari itu dibutuhkan sebuah website untuk mempermudah mahasiswa dalam proses pembelajaran untuk mencari informasi kegiatan praktikum yang dibutuhkan, untuk mempermudah mahasiswa dalam melakukan proses dibutuhkan panduan untuk pemahaman berupa website proses manufaktur dalam bentuk video dan gambar sehingga pemahaman terhadap proses akan lebih baik.

APLIKASI TEKNOLOGI TEPAT GUNA THERESER MULTIGUNA UNTUK PETANI PADI DAERAH PERBATASAN DHARMASRAYA

Adri, Junil, Refdinal, Refdinal

SAINS DAN TEKNOLOGI STTIND PADANG Vol 18, No 2 (2018): JURNAL SAINS DAN TEKNOLOGI STTIND PADANG
Publisher : Sekolah Tinggi Teknologi Industri Padang

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

Kendala atau permasalahan yang ada pada petani saat ini adalah masalah pasca panen. Permasalahan terletak pada mesin perontok gabah. Mesin perontok gabah yang dimiliki bertipe Dragon dan mesin ini masih kurang efektif karena banyak gabah yang terbuang. Tenaga yang dibutuhkan juga cukup banyak dalam mengumpulkan gabah yang telah di rontokkan. Sehingga komplikasi permasalahan ini selain jumlah mesin belum mencukupi kebutuhan, mesin yang ada pun kurang efektif dan efisien dalam membantu proses panen para petani. Sehingga berdampak pada turunnya kualitas dan kuantitas padi yang akan di dapatkan petani. Dari fenomena ini TIM pengabdian menawarkan solusi membuat mesin theresher multiguna. Haparan mesin thereser ini mampu bekerja lebih efektif dari mesin yang sebelumnya. Metode penerapan ipteks yang dilakukan pada kegiatan ini adalah dengan memberikan teori pengantar, demonstrasi, dan praktek. Teori pengantar bersifat aplikatif yakni pengenalan alat, bagaimana cara penggunaannya, fungsinya serta aplikasi pemakaian di lapangan. Hasi dari pengabdian ini berupa mesin thereser multiguna menggunakan motor penggerak 9 HP untuk mencapai kinerja maksimal dan mesin thereser multiguna dilengkapi dengan lorong penghembus guna memisahkan padi berisi dan padi kosong

PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN JARINGAN KOMPUTER MENGGUNAKAN SOFTWARE MULTIMEDIA ADOBE FLASH CS6

Zulkifli, Zulkifli

SAINS DAN TEKNOLOGI STTIND PADANG Vol 18, No 2 (2018): JURNAL SAINS DAN TEKNOLOGI STTIND PADANG
Publisher : Sekolah Tinggi Teknologi Industri Padang

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

 Abstrak: Lembaga Pendidikan merupakan tempat mempersiapkan mahasiswa dalam bidang akademik, dan juga memiliki keterampilan yang tepat bagaimana belajar, beradaptasi dan berinovasi sehingga pembelajaran  berbasis multimedia memiliki peran yang sangat signifikan untuk menciptakan  keterampilan mahasiswa dalam matakuliah jaringan komputer dan dengan media pemebelajaran ini mahasiswa dapat mengulang pelajarannya secara mandiri tanpa dibatasi tempat dan waktu. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang menggunakan model prosedural yang terdiri dari 4 tahapan yaitu: (1) analisis Kebutuhan media pembelajaran, (2) Perancangan  media pembelajaran, (3) Pembuatan media pembelajaran  dan (4) Evaluasi serta validasi media pembelajaran. Sehingga hasil akhir dari media pembelajaran jaringan komputer ini dapat dijalankan dengan hasil pengujian materi-materi pada halaman media pembelajaran didapatkan  hasil baik dari hasil evaluasi akhir media pembelajaran jaringan komputer. Kata kunci: Keterampilan, Multimedia, Media, Model, Evaluasi  Abstract: The Educational Institution is a place to prepare students in the academic field, and also have the right skills on how to learn, adapt and innovate so that multimedia-based learning has a very significant role to create student skills in Computer networking courses and with this learning media students can repeat their lessons independently without being limited by time and place. This research is a development research that uses a procedural model consisting of 4 stages, namely: (1) analysis of learning media needs, (2) design of learning media, (3) making learning media and (4) evaluation and validation of learning media. So that the end result of this computer network learning media can be run with the results of testing the material on the learning media page obtained good results from the results of the final evaluation of computer network learning media. Keywords: Skills, Multimedia, Media, Model, Evaluation

TINGKAT KEPUASAN MAHASISWA TERHADAP KINERJA DOSEN MENGGUNAKAN FUZZY LOGIC (STUDI KASUS DI STTIND PADANG)

Febriyani, Indah

SAINS DAN TEKNOLOGI STTIND PADANG Vol 18, No 2 (2018): JURNAL SAINS DAN TEKNOLOGI STTIND PADANG
Publisher : Sekolah Tinggi Teknologi Industri Padang

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

In higher education, lecturer holding an important role in producing graduates who are qualified and skilled. Therefore, it is necessary to know the student satisfaction measurement on performance of existing on-campus lecturer STTIND Padang. To determine the level of satisfaction of students performed observation and dissemination of the questionnaire to respondents. The questionnaire as a tool for collecting data and the methods used in measuring the level of satisfaction of students against the performance of lecturers is Mamdani Fuzzy Logic method that is implemented through software Matlab 6.1. The results show that students are already quite satisfied on performance lecturer in the course of Mining Engineering at STTIND Padang. By using Fuzzy Logic can generate performance information a lecturer in teaching and can serve as evaluation to improve performance in the future.

SISTEM INFORMASI PENGORDERAN HASIL OLAHAN BAHAN MENTAH KOPI MENJADI BUBUK KOPI PADA USAHA RAHMAD NASUTION KECAMATAN GUNUNG TUA PANYABUNGAN KABUPATEN MANDAILING NATAL SUMATERA

Kesumaningtyas, Febby

SAINS DAN TEKNOLOGI STTIND PADANG Vol 18, No 2 (2018): JURNAL SAINS DAN TEKNOLOGI STTIND PADANG
Publisher : Sekolah Tinggi Teknologi Industri Padang

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

Pada umumnya karyawan ingin membuat sebuah laporan yang tepat, cepat dan akurat, namun terkadang karyawan hanya mengenali lembar kerja Microsoft Word atau Microsoft Ecxel sebagai tahap akhir dalam pembuatan sebuah laporan, begitu juga halnya dengan karyawan pada Usaha Rahmad Nasution. Sistem Informasi ini merupakan Sistem Informasi berbasis komputer yang menggunakan data-data serta program yang dapat menyelesaikan masalah penginputan data dan pembuatan laporan yang masih dilakukan dengan cara manual oleh seorang karyawan dalam sebuah perusahaan. Sistem Informasi ini bertujuan membantu karyawan dalam pembuatan laporan maupun data-data yang dibutuhkan untuk produksi. Aplikasi Sistem Informasi ini menghasilkan keluaran berupa program aplikasi atau tools yang dapat digunakan untuk penginputan data-data dan menghasilkan sebuah laporan berdasarkan penginputan yang dilakukan oleh user atau pengguna. Pengujian sistem menunjukkan bahwa sistem mampu melakukan penginputan data-data yang berhubungan dengan produksi dan mampu menghasilkan berbagai laporan yang tepat, cepat dan akurat seperti yang diharapkan pengguna. Kata Kunci : Sistem Informasi, pengorderan hasil olahan bahan mentah kopi.

PENJADWALAN PRODUKSI DENGAN METODE CAMPBELL DUDEK SMITH (CDS) UNTUK MEMINIMUMKAN TOTAL WAKTU PRODUKSI (MAKESPAN)

Ervil, Riko, Nurmayuni, Dela

SAINS DAN TEKNOLOGI STTIND PADANG Vol 18, No 2 (2018): JURNAL SAINS DAN TEKNOLOGI STTIND PADANG
Publisher : Sekolah Tinggi Teknologi Industri Padang

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

Dalam proses produksinya beberapa operasi kerja memerlukan waktu proses yang sangat lama yang mengakibatkan besarnya waktu proses produksi perusahaan. Dampaknya ketika penjadwalan yang dilakukan kurang sesuai maka besarnya makespan dalam sistem produksi tersebut akan meningkat. Metode yang digunakan yaitu metode CDS (Campbell Dudek Smith), metode ini ditemukan oleh Campbell, Dudek, dan Smith yang merupakan pengembangan dari aturan Jhonson, untuk mendapatkan urutan pekerjaan metode CDS ini dapat menghasilkan k iterasi (alternatif urutan job) k = m-1 bertujuan untuk menghasilkan waktu produksi yang minimal. Hasil dan kesimpulan dengan menggunakan metode CDS diperoleh nilai makespan minimum dan penjadwalan yang optimal yang terdapat pada iterasi ketiga dengan nilai makespan sebesar 54 hari dan tidak ada pesanan yang terlambat. 

PERANCANGAN SISTEM INFORMASI AKADEMIK PADA SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN NEGERI (SMKN) I LINTAU BUO MENGGUNAKAN PHP MYSQL

Jaya, Eko Amri, Wedyawati, Veni, Ridwan, M

SAINS DAN TEKNOLOGI STTIND PADANG Vol 18, No 2 (2018): JURNAL SAINS DAN TEKNOLOGI STTIND PADANG
Publisher : Sekolah Tinggi Teknologi Industri Padang

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

Penerapan sebuah situs akademik di sebuah sekolah menjadi salah satu bentuk sikap dalam mempertunjukkan atau memperlihatkan informasi kepada masyrakat. Dengan adanya situs akademik yang efektif pada sebuah sekolah dapat memberikan nilai tambah lebih baik untuk sekolah tersebut maupun untuk siswa dan walisiswa serta juga masyarakat yang ingin mengetahui informasi apasaja dari sekolah itu. Sekolah Menengah Kejuruan  Negeri 1 Lintau Buo (SMK N 1 Lintau Buo) adalah salah satu Sekolah Menengah Kejuruan berstandar Nasional (SMK SSN) di Kabupaten Tanah Datar yang perlu berinteraksi dan bersosialisasi kepada masyarakat luas dengan memberikan informasi yang lengkap dan jelas mengenai sekolah tersebut. Sebelumnya sekolah ini belum pernah mempunyai Sistem Informasi Akademik sebagai media promosi, penerimaan siswa baru dan pemberian informasi kepada siswa, orang tua, wali, maupun masyarakat luas. Oleh karena itu pihak sekolah masih menggunakan cara manual dalam menyampaikan informasi. Sistem pemberian informasi yang berjalan saat ini masih dirasa kurang efektif dikarenakan masih berjalan secara manual dari mulut kemulut sehingga yang demikian dirasakan masih dirasakan memiliki kekurangan, antara lain jangkauan penyebarannya masih kurang luas dan muatan informasi yang terbatas.

ANALISIS KERUSAKAN SPAREPART PADA MESIN PLANETARY COOLER UNTUK MENGHITUNG BIAYA SPAREPART YANG RUSAK PADA INDARUNG II/III DI PT.SEMEN PADANG

Latief, Abdul, Ervil, Riko, Zulfahli, Randi

SAINS DAN TEKNOLOGI STTIND PADANG Vol 18, No 2 (2018): JURNAL SAINS DAN TEKNOLOGI STTIND PADANG
Publisher : Sekolah Tinggi Teknologi Industri Padang

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

PT. Semen Padang merupakan perusahaan yang bergerak dibidang industri pengolahan bahan mentah menjadi bahan jadi dengan skala besar. Perusahaan yang berstatus BUMN (Badan Usaha Milik Negara). PT. Semen Padang merupakan salah satu perusahaan Industri di Sumatera Barat yang memproduksi Semen. Planetary Cooler merupakan alat yang digunakan oleh pabrik Semen Padang yang berfungsi untuk mendinginkan clinker pada indarung II/III di PT. Semen Padang. Untuk itu Planetary Cooler merupakan mesin yang sangat penting untuk diperhatikan. Proses pendinginan Planetary Cooler harus berjalan dengan baik agar tidak terjadi kerusakan pada Planetary Cooler yang berdampak pada terbuangnya material akan menghambat proses produksi pada Planetary Cooler. Maka dilakukan analisa peramalan kerusakan komponen dan penentuan biaya  untuk tahun 2018. Sehingga diperoleh hasil dengan menggunakan mini tab 16. Data hasil peramalan yang didapatkan yaitu Batu tahan api 10, Lifter 6, Tapak 8, Baut 4 dan Filter 10. harga yang dikeluarkan untuk komponen batu tahan api yaitu sebesar Rp 2.000.000, biaya lifter sebesar Rp 408.000, biaya tapak sebesar Rp 224.000, biaya baut sebesar Rp 48.000 dan biaya filter sebesar Rp 15.000.000. Jadi total biaya perawatan yang dikeluarkan perusahan pada tahun 2018 sebesar Rp 17.680.000.

PERANCANGAN APLIKASI MULTIMEDIA BERBASIS COMPUTER BASED TRAINING (CBT) PADA BIDANG TEKNIK VOKASI

Zulkifli, Zulkifli

SAINS DAN TEKNOLOGI STTIND PADANG Vol 18, No 1 (2018): JURNAL SAINS DAN TEKNOLOGI STTIND PADANG
Publisher : Sekolah Tinggi Teknologi Industri Padang

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

ABSTRAK Beberapa tujuan penelitian pengembangan model pembelajaran Competensi Based Training (CBT) pada bidang vokasi ini adalah pengembangan perangkat pembelajaran dalam bentuk aplikasi multimedia. Sehingga dengan adanya aplikasi mulitmedia CBT ini sebagai perangkat pembelajaran agar siswa dapat mengembangkan pengetahuan dan keterampilannya yang pada gilirannya diharapkan para siswa dapat memperoleh keunggulan kompetitif dan dapat meningkatkan kualitasnya. Penelitian ini merupakan Research & Development yang terdiri atas beberapa tahapan dan yaitu: (1) tahap analisis kebutuhan; (2) Desain; (3) Pengembangan; serta dalam tahap pengembangan terdiri atas tahapan konsep (concept), perancangan (design), pengumpulan bahan (material collecting), pembuatan (assembly), tes (testing), dan distribusi (implementation). Hasil penelitian pada tahap perancangan dan pengembangan adalah, ditemukan perangkat pembelajaran CBT dalam bentuk aplikasi multimedia menggunakan Perangkat lunak 3Ds Max untuk siswa vokasi sehingga siswa belajar seperti layaknya pratikum namun dengan tampilan dan visualisasi yang menarik serta adanya backsound musik dan suara  sehingga tidak membosankan. Kata Kunci: CBT, Aplikasi, Multimedia, kompetitif, 3Ds Max