cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kab. lombok barat,
Nusa tenggara barat
INDONESIA
JARTIKA: Jurnal Riset Teknologi dan Inovasi Pendidikan
ISSN : 26222159     EISSN : -     DOI : -
Jurnal Riset Teknologi dan Inovasi Pendidikan (JARTIKA | ISSN 2622-2159 (Online) | ISSN 2622-4763 (Print) )adalah Jurnal Kajian, Penelitian, dan Pengembangan Kependidikan diterbitkan oleh Pusat Penelitian dan Pengembangan Rekarta Mataram bekerjasama dengan UNW Mataram, UIN Mataram, dan UM Mataram. Adapun cakupan publikasi JARTIKA adalah hasil penelitian atau kajian kritis di bidang kependidikan, meliputi (1) matematika dan ilmu alam (fisika, kimia, biologi, sains, ICT, dan aplikasinya); (2) ilmu sosial, sejarah, geografi, budaya, dan ekonomi; (3) bahasa dan sastra, dan (4) pendidikan dasar. JARTIKA terbit dua kali setahun pada bulan Januari dan Juli.
Arjuna Subject : -
Articles 66 Documents
Peningkatan Prestasi Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Students Team Achievement Division (STAD) di Kelas IX SMP Semah, Semah
Jurnal Riset Teknologi dan Inovasi Pendidikan Vol. 2 Special Issues (Maret) 2019
Publisher : Pusat Penelitian dan Pengembangan REKARTA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (531.931 KB)

Abstract

Tujuan penulisan penelitian tindakan kelas ini adalah untuk mengetahui apakah model pembelajaran Students Team Achievement Division (STAD) dapat meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar siswa. Metode pengumpulan datanya adalah observasi dan tes prestasi belajar. Metode analisis datanya adalah deskriptif baik untuk data kualitatif maupun untuk data kuantitatif. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah Students Team Achievement Division (STAD) dapat meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar siswa. Ini terbukti dari hasil yang diperoleh pada Siklus I meningkat 60% dan dari Siklus I ke  Siklus II naik 92%. Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini adalah model pembelajaran Students Team Achievement Division (STAD) dapat meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar.
Peningkatan Keterampilan Membaca Intensif Biografi Tokoh dengan Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Siswa Kelas VII SMP Haudiyah, Haudiyah
Jurnal Riset Teknologi dan Inovasi Pendidikan Vol. 2 Special Issues (Maret) 2019
Publisher : Pusat Penelitian dan Pengembangan REKARTA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (592.077 KB)

Abstract

Tujuan Penelitian Tindakan Kelas ini adalah untuk  mendeskripsikan peningkatan  keterampilan membaca intensif biografi tokoh dengan pembelajaran kooperatif tipe jigsaw pada siswa  kelas  VII. Terdiri atas dua siklus dan setiap siklus terdiri atas perencanaan, pelaksanaan, observasi, evaluasi, dan refleksi.  Pengumpulan data dilakukan dengan teknik tes, non tes, observasi aktivitas guru, observasi aktivitas siswa, jurnal, wawancara, dokumentasi, dan studi pustaka. Data dianalisis secara kuantitatif dan kualitatif. Diperoleh hasil bahwa peningkatan proses ditunjukkan dengan semua indikator tindakan telah dilaksankan oleh semua  siswa. Sedangkan peningkatan hasil dapat dilihat dari nilai rata-rata individu siswa yaitu:64,28%  pada siklus I menjadi  92,85%  pada  siklus  II,  atau  nilai  rata-rata  tiap  siklus  mengalami peningkatan dari 71,25 pada siklus I menjadi 80,17 pada siklus II. Berdasarkan hasil pembahasan dapat disimpulkan bahwa  kemampuan membaca intensif biografi tokoh dengan metode jigsaw pada siswa kelas VII mengalami peningkatan, baik dari segi proses maupun hasil.
Peningkatan Minat Belajar Seni Tari Melalui Penerapan Pendekatan Cooperative learning Tipe Jigsaw Dalam Pembelajaran Tari Bagi Siswa Kelas VIII SMP Rahayuningsih, Kt. Sri
Jurnal Riset Teknologi dan Inovasi Pendidikan Vol. 2 Special Issues (Maret) 2019
Publisher : Pusat Penelitian dan Pengembangan REKARTA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (608.316 KB)

Abstract

Penelitian Tindakan Kelas ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar seni tari siswa melalui penerapan metode pembelajaran jigsaw dalam proses pembelajaran seni tari. Pengumpulan data dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun instrumen yang digunakan adalah lembar observasi, lembar penilaian, angket kuisioner, pedoman wawancara dan catatan lapangan. Hasil penelitian menunjukan bahwa pada siklus I terdapat 20% siswa belum tuntas sedangkan siklus II ketuntasan mencapai 100%. Disimpulkan bahwa penerapan penerapan pendekatan cooperative learning tipe jigsaw dalam pembelajaran tari Lancang Kuning dapat digunakan pada praktek tari Lancang Kuning pada siswa kelas VIII SMP
Meningkatkan Disiplin dan Tanggung Jawab Siswa Melalui sanksi Berjenjang pada Siswa Kelas III SD Aripin, Aripin
Jurnal Riset Teknologi dan Inovasi Pendidikan Vol. 2 Special Issues (Maret) 2019
Publisher : Pusat Penelitian dan Pengembangan REKARTA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (533.414 KB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat disiplin dan rasa tanggung jawab siswa. Langkah penelitian ini adalah mulai dari perencanaan, observasi sebelum pelaksanaan, penelitian, observasi pada saat  pelaksanaan penelitian dari siklus I sampai dengan siklus II dan dilakukan pengolahan data secara diskriptif komperatif serta diadakan refleksi dari masing masing siklus. Diperoleh hasil pada siklus I bahwa katagori tingkat disiplin siswa nilainya masih rendah yaitu nilai cukup. Sedangkan pada katagori rasa tanggung jawab siswa mencapai nilai cukup yaitu rata rata nilainya 6,7. namun pada  poin mengerjakan tugas rumah dengan nilai  D yaitu 5,4. Pada siklus II hasilnya tingkat disiplin siswa mencapai nilai rata rata 8,6 (katagori sangat baik). Tingkat tanggung jawab siswa mencapai nilai 8,5 (sangat baik). Pada katagori mengerjakan tugas rumah yang hanya  mampu mencapai nilai pada katagori cukup yaitu dengan nilai  rata rata 6,7. Disimpulkan terjadinya peningkatan tingkat disiplin dan tanggung jawab siswa dari siklus I sampai siklus ke II karena dilakukan perbaikan pada teknik dalam memberikan sanksi berjenjang secara bervariasi, pembinaan dengan kontinu serta motivasi kepada siswa.
Pengembangan Modul Berbasis Problem Based Learning (PBL) Untuk Memfasilitasi Kemampuan Berpikir Matematis Tingkat Tinggi Siswa Mutmainah, Siti; Hermawati, Evi; Maulana, Frendi
Journal for Research in Educational Technology Vol. 2 No. 2, Juli 2019
Publisher : Pusat Penelitian dan Pengembangan REKARTA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (518.819 KB)

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengembangkan modul berbasis Problem Based Learning (PBL) guna memfasilitasi Kemampuan Berpikir Matematika Tingkat Tinggi (KBMTT) siswa; (2) mengetahui kualitas modul berbasis PBL berdasarkan peringkat validator; dan (3) mengetahui efektivitas modul tersebut. Penelitian ini termasuk penelitian pengembangan, meliputi tahap pendahuluan, tahap pengembangan, dan tahap pengujian produk. Instrumen yang digunakan meliputi lembar penilaian modul berbasis PBL dan tes KBMTT. Subjek penelitian adalah pihak-pihak yang terlibat selama proses pengujian produk, yaitu validator modul berbasis PBL dan siswa yang akan menggunakan modul tersebut. Analisis data dalam penelitian ini meliputi analisis data pengembangan modul, kualitas modul, dan efektivitas penggunaan modul. Produk yang dihasilkan dari penelitian ini adalah modul matematika berbasis PBL untuk memfasilitasi keterampilan berpikir matematika tingkat tinggi yang dilengkapi dengan perangkat pembelajaran. Kata Kunci: Modul berbasis PBL, Kemampuan Berpikir Matematis Tingkat Tinggi.                           Abstract : This study aims to (1) develop a module based on Problem Based Learning (PBL) to facilitate High Level Mathematical Thinking Ability (KBMTT) of students; (2) knowing the quality of PBL-based modules based on validator ratings; and (3) knowing the effectiveness of the module. This research includes development research, including the preliminary stage, the development stage, and the product testing phase. The instruments used included the PBL-based module assessment sheet and the KBMTT test. The research subjects are the parties involved during the product testing process, namely PBL-based module validators and students who will use the module. The data analysis in this study includes module development data analysis, module quality, and module usage effectiveness. The products produced from this study are PBL-based mathematical modules to facilitate high-level mathematical thinking skills equipped with learning devices. Keywords: PBL-based Modules, High Level Mathematical Thinking Ability
Mitigasi Struktural Berbasis 3D Google SketchUp Pada Sekolah Muhammadiyah Rawan Tanah Longsor di Kabupaten Karanganyar Pahleviannur, Muhammad Rizal; Hafidhudin Anwar, Muhammad; Lutfiani Sochiba, Salma; Yuda Prasetyo, Angga; Febrianto, Jumar; Aziiz Rayh Gilang, Abdul
Journal for Research in Educational Technology Vol. 2 No. 2, Juli 2019
Publisher : Pusat Penelitian dan Pengembangan REKARTA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (701.554 KB)

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kelayakan kondisi struktur fisik bangunan Sekolah-sekolah Muhammadiyah di Kabupaten Karanganyar terhadap bencana tanah longsor dengan dikombinasikan melalui pemodelan tiga dimensi menggunakan Google SketchUp. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Data kuantitatif dikumpulkan dengan menggunakan instrumen penelitian berupa kuesioner. Pembuatan SketchUp didasarkan pada observasi dan pengukuran di lapangan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa persentase kelayakan bangunan SD IT Muhammadiyah Jumapolo mencapai 77,19 % dan SD Muhammadiyah Jatiyoso memiliki persentase yaitu 51,41%. Maka dari itu, SD Muhammadiyah Jatiyoso memerlukan perhatian khusus dalam hal mitigasi struktural untuk menghadapi bencana tanah longsor. Kata kunci: Mitigasi Struktural; Tanah Longsor; Google SketchUp   Abstract: This research purposes to knowing the expediency level from the physic structure condition building of Muhammadiyah schools in Karanganyar toward disaster combination through three dimension Google SketchUp. The research design used in this study is descriptive quantitative methods. Quantitative data collected by research instrumental of inquiry observation by questionare. Making SketchUp based of observation and square measuring.  The result of this research is indicate the expediency of schools building focused on SD IT Jumapolo have reached 77.19% and SD Muhammadiyah Jatiyoso by reached 51.41%.  So, SD Muhammadiyah Jatiyoso must be more respected for structural mitigation disaster participation. Keywords : Structural Mitigation, Landslide Disaster, Google SketchUp
Implementasi Pembelajaran Matematika Berbasis Open Ended Pada Mahasiswa Semester I Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Pamulang Budiyarti, Nelly
Journal for Research in Educational Technology Vol. 2 No. 2, Juli 2019
Publisher : Pusat Penelitian dan Pengembangan REKARTA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (663.035 KB)

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran berbasis Open Ended dapat meningkatkan hasil belajar Matematika mahasiswa Akuntansi S1 semester I Universitas Pamulang. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi dan tes. Hasil ujian pada siklus pertama, 15 dari 35 mahasiswa atau 43% mahasiswa lulus materi “Hubungan Fungsi dengan Derivatif”. Sedang pada siklus kedua, 32 dari 35 mahasiswa yang memperoleh nilai yang termasuk kriteria lulus, yakni antara 60-95. Ada peningkatan hasil belajar dan persentase mahasiswa yang lulus yakni dari 43% menjadi 91%. Disimpulkan bahwa pembelajaran berbasis Open Ended ternyata disukai oleh mahasiswa karena dapat meningkatkan hasil belajar, selain itu, mahasiswa dapat menyampaikan gagasan atau ide terkait dengan bagaimana memecahkan suatu masalah Matematika dengan konsep yang bervariasi.  Kata kunci: Open Ended, Matematika.      Abstract: This study aims to describe the implementation of Open Ended-based learning can improve Mathematics learning outcomes of the first semester S1 Accounting students at the University of Pamulang. Data collection is done by observation and tests. The results of the exam in the first cycle, 15 of 35 students or 43% of students passed the material "Relationship of Functions with Derivatives". While in the second cycle, 32 of the 35 students who received grades included in the criteria for graduation, namely between 60-95. There is an increase in learning outcomes and the percentage of students who graduate, from 43% to 91%. It was concluded that Open Ended based learning turned out to be favored by students because it could improve learning outcomes, in addition, students could convey ideas or ideas related to how to solve a Mathematical problem with varied concepts. Keywords: Open Ended, Mathematic
Peningkatan Kemampuan Menulis Cerita Fiksi Dengan Menggunakan Gambar Seri Pada Siswa Kelas V SD Retina, Retina
Jurnal Riset Teknologi dan Inovasi Pendidikan Vol. 2 Special Issues (Maret) 2019
Publisher : Pusat Penelitian dan Pengembangan REKARTA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (614.778 KB)

Abstract

Abstrak: Penelitan ini bertujuan untuk mendeskripsikan Penerapan Metode Discovery dapat meningkatkan Prestasi Belajar Bahasa Indonesia Pokok Bahasan Menulis Cerita Pada Siswa Kelas V SDN Loang Tuna. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SDN Loang Tuna, populasi penelitiannya adalah seluruh siswa kelas V SDN Loang Tuna yang berjumlah 29 orang. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam   penelitian  ini  adalah  metode  observasi  dan  tes  hasil  belajar  untuk mengetahui peningkatan prestasi belajar bahasa Indonesia pokok bahasan menulis cerita dengan menerapkan  metode  discovery. Hasil  penelitian  ini  bahwa nilai rata-rata seluruh siswa yaitu dari nilai rata- rata  62,06  pada  siklus  I  menjadi  80,34  pada  siklus  II,  dengan persentase ketuntasan belajar sebesar 93,10% yang sebelumnya hanya 48,27%. Disimpulkan bahwa penerapan metode discovery dapat  meningkatkan  prestasi  belajar  bahasa  Indonesia  pokok bahasan  menulis cerita pada siswa kelas V SDN Loang Tuna. Hal ini terbukti dengan meningkatnya. Kata kunci: Metode Discovery, Prestasi Belajar.   Abstract: This research aims to describe the Implementation of Discovery Method can improve Indonesian Language Learning Achievement The Subject of Writing Stories in Class V Students of SDN Loang Tuna. The subject of this study was the fifth grade students of Loang Tuna Elementary School, the study population was all fifth grade students of Loang Tuna Elementary School, amounting to 29 people. The data collection method used in this study is the method of observation and test of learning outcomes to determine the increase in learning achievement in Indonesian, the subject of writing stories by applying the discovery method. The results of this study that the average value of all students is from the average value of 62.06 in the first cycle to 80.34 in the second cycle, with the percentage of learning completeness of 93.10%, which was previously only 48.27%. It was concluded that the application of discovery methods can improve learning achievement in Indonesian, the subject of writing stories in class V SDN Loang Tuna. This is proven by the increase. Keywords: Discovery Method, Learning Achievement
Upaya Meningkatkan Kemampuan Siswa Dalam Mengerjakan Soal Cerita Pada Mata Pelajaran Matematika Melalui Metode Bermain Kartu Soal Bagi Siswa Kelas VI SD Watha, Watha
Jurnal Riset Teknologi dan Inovasi Pendidikan Vol. 2 Special Issues (Maret) 2019
Publisher : Pusat Penelitian dan Pengembangan REKARTA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (522.666 KB)

Abstract

Penelitian tindakan kelas ini bertujuan mendeskripsikan peningkatan kemampuan mengerjakan soal cerita pada pelajaran matematika melalui permainan kartu bagi kelas VI SD. Dilaksanakan dalam dua siklus dengan metode pengumpulan data melalui Observasi, interview, dokumentasi, dan tes. Hasil penelitian sebelum diadakan tindakan sebesar 5,97 dan setelah diadakan tindakan menjadi 6.65 dengan demikian berarti ada peningkatan prestasi sebesar 0.68. Sehingga disimpulkan bahwa  terdapat peningkatan prestasi belajar siswa kelas VI SD dalam mengerjakan soal cerita pada pelajaran matematika melalui permainan kartu
Toleransi Dalam Pendidikan Agama Dan Implementasinya Terhadap Perilaku Toleran Peserta Didik di SMA Negeri 1 Gerung Lombok Barat Hayati, Nur
Jurnal Riset Teknologi dan Inovasi Pendidikan Vol. 2 Special Issues (Maret) 2019
Publisher : Pusat Penelitian dan Pengembangan REKARTA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (538.647 KB)

Abstract

Fokus kajian penelitian ini adalah (1) bagaimana implementasi sikap toleransi terhadap orang yang berbeda keyakinan, dan dalam peaksanaan kehidupan bertoleransi itu dan (2) apa faktor pendukung serta implikasi ehidupan toleransi tersebut. Peneliti menggunakan penelitian kualitatif deskriptif dengan pendekatan fenomenologi. Pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, dokumentasi, dan triangulasi dengan menggunakan analisa deskriptif sosiohistoris. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) konsep toleransi yang diperoleh oleh peserta didik SMA Negeri 1 Gerung diperoleh sejak usia pendidikan dasar dan memperolehnya dari guru SD dan dari orang tua, (2) implementasi dari sikap yang tepat terhadap kehidupan bertoleransi menurut peserta didik SMA Negeri 1 Gerung adalah saling menghargai dan menghormati orang yang beragama lain, dan (3) faktor pendukung toleransi adalah kepala sekolah, guru, pemahaman terhdap agama dan budaya sekolah. Implikasi dari keadaan ini peserta didik dapat hidup dengan rukun, dapat menjalankan kehidupan agama masing-masing sesuai dengan keyakinan dan mereka tidak menemukan kendala dalam bertoleransi.