JARTIKA: Jurnal Riset Teknologi dan Inovasi Pendidikan
ISSN : 26222159     EISSN : -
Jurnal Riset Teknologi dan Inovasi Pendidikan (JARTIKA | ISSN 2622-2159 (Online) | ISSN 2622-4763 (Print) )adalah Jurnal Kajian, Penelitian, dan Pengembangan Kependidikan diterbitkan oleh Pusat Penelitian dan Pengembangan Rekarta Mataram bekerjasama dengan UNW Mataram, UIN Mataram, dan UM Mataram. Adapun cakupan publikasi JARTIKA adalah hasil penelitian atau kajian kritis di bidang kependidikan, meliputi (1) matematika dan ilmu alam (fisika, kimia, biologi, sains, ICT, dan aplikasinya); (2) ilmu sosial, sejarah, geografi, budaya, dan ekonomi; (3) bahasa dan sastra, dan (4) pendidikan dasar. JARTIKA terbit dua kali setahun pada bulan Januari dan Juli.
Articles
61
Articles
Peningkatan Kemampuan Menulis Cerita Fiksi Dengan Menggunakan Gambar Seri Pada Siswa Kelas V SD

Retina, Retina

Jurnal Riset Teknologi dan Inovasi Pendidikan Vol. 2 Special Issues (Maret) 2019
Publisher : Pusat Penelitian dan Pengembangan REKARTA

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

Abstrak: Penelitan ini bertujuan untuk mendeskripsikan Penerapan Metode Discovery dapat meningkatkan Prestasi Belajar Bahasa Indonesia Pokok Bahasan Menulis Cerita Pada Siswa Kelas V SDN Loang Tuna. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SDN Loang Tuna, populasi penelitiannya adalah seluruh siswa kelas V SDN Loang Tuna yang berjumlah 29 orang. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam   penelitian  ini  adalah  metode  observasi  dan  tes  hasil  belajar  untuk mengetahui peningkatan prestasi belajar bahasa Indonesia pokok bahasan menulis cerita dengan menerapkan  metode  discovery. Hasil  penelitian  ini  bahwa nilai rata-rata seluruh siswa yaitu dari nilai rata- rata  62,06  pada  siklus  I  menjadi  80,34  pada  siklus  II,  dengan persentase ketuntasan belajar sebesar 93,10% yang sebelumnya hanya 48,27%. Disimpulkan bahwa penerapan metode discovery dapat  meningkatkan  prestasi  belajar  bahasa  Indonesia  pokok bahasan  menulis cerita pada siswa kelas V SDN Loang Tuna. Hal ini terbukti dengan meningkatnya. Kata kunci: Metode Discovery, Prestasi Belajar.   Abstract: This research aims to describe the Implementation of Discovery Method can improve Indonesian Language Learning Achievement The Subject of Writing Stories in Class V Students of SDN Loang Tuna. The subject of this study was the fifth grade students of Loang Tuna Elementary School, the study population was all fifth grade students of Loang Tuna Elementary School, amounting to 29 people. The data collection method used in this study is the method of observation and test of learning outcomes to determine the increase in learning achievement in Indonesian, the subject of writing stories by applying the discovery method. The results of this study that the average value of all students is from the average value of 62.06 in the first cycle to 80.34 in the second cycle, with the percentage of learning completeness of 93.10%, which was previously only 48.27%. It was concluded that the application of discovery methods can improve learning achievement in Indonesian, the subject of writing stories in class V SDN Loang Tuna. This is proven by the increase. Keywords: Discovery Method, Learning Achievement

Peningkatan Prestasi Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Students Team Achievement Division (STAD) di Kelas IX SMP

Semah, Semah

Jurnal Riset Teknologi dan Inovasi Pendidikan Vol. 2 Special Issues (Maret) 2019
Publisher : Pusat Penelitian dan Pengembangan REKARTA

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

Tujuan penulisan penelitian tindakan kelas ini adalah untuk mengetahui apakah model pembelajaran Students Team Achievement Division (STAD) dapat meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar siswa. Metode pengumpulan datanya adalah observasi dan tes prestasi belajar. Metode analisis datanya adalah deskriptif baik untuk data kualitatif maupun untuk data kuantitatif. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah Students Team Achievement Division (STAD) dapat meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar siswa. Ini terbukti dari hasil yang diperoleh pada Siklus I meningkat 60% dan dari Siklus I ke  Siklus II naik 92%. Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini adalah model pembelajaran Students Team Achievement Division (STAD) dapat meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar.

Peningkatan Keterampilan Membaca Intensif Biografi Tokoh dengan Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Siswa Kelas VII SMP

Haudiyah, Haudiyah

Jurnal Riset Teknologi dan Inovasi Pendidikan Vol. 2 Special Issues (Maret) 2019
Publisher : Pusat Penelitian dan Pengembangan REKARTA

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

Tujuan Penelitian Tindakan Kelas ini adalah untuk  mendeskripsikan peningkatan  keterampilan membaca intensif biografi tokoh dengan pembelajaran kooperatif tipe jigsaw pada siswa  kelas  VII. Terdiri atas dua siklus dan setiap siklus terdiri atas perencanaan, pelaksanaan, observasi, evaluasi, dan refleksi.  Pengumpulan data dilakukan dengan teknik tes, non tes, observasi aktivitas guru, observasi aktivitas siswa, jurnal, wawancara, dokumentasi, dan studi pustaka. Data dianalisis secara kuantitatif dan kualitatif. Diperoleh hasil bahwa peningkatan proses ditunjukkan dengan semua indikator tindakan telah dilaksankan oleh semua  siswa. Sedangkan peningkatan hasil dapat dilihat dari nilai rata-rata individu siswa yaitu:64,28%  pada siklus I menjadi  92,85%  pada  siklus  II,  atau  nilai  rata-rata  tiap  siklus  mengalami peningkatan dari 71,25 pada siklus I menjadi 80,17 pada siklus II. Berdasarkan hasil pembahasan dapat disimpulkan bahwa  kemampuan membaca intensif biografi tokoh dengan metode jigsaw pada siswa kelas VII mengalami peningkatan, baik dari segi proses maupun hasil.

Peningkatan Minat Belajar Seni Tari Melalui Penerapan Pendekatan Cooperative learning Tipe Jigsaw Dalam Pembelajaran Tari Bagi Siswa Kelas VIII SMP

Rahayuningsih, Kt. Sri

Jurnal Riset Teknologi dan Inovasi Pendidikan Vol. 2 Special Issues (Maret) 2019
Publisher : Pusat Penelitian dan Pengembangan REKARTA

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

Penelitian Tindakan Kelas ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar seni tari siswa melalui penerapan metode pembelajaran jigsaw dalam proses pembelajaran seni tari. Pengumpulan data dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun instrumen yang digunakan adalah lembar observasi, lembar penilaian, angket kuisioner, pedoman wawancara dan catatan lapangan. Hasil penelitian menunjukan bahwa pada siklus I terdapat 20% siswa belum tuntas sedangkan siklus II ketuntasan mencapai 100%. Disimpulkan bahwa penerapan penerapan pendekatan cooperative learning tipe jigsaw dalam pembelajaran tari Lancang Kuning dapat digunakan pada praktek tari Lancang Kuning pada siswa kelas VIII SMP

Meningkatkan Disiplin dan Tanggung Jawab Siswa Melalui sanksi Berjenjang pada Siswa Kelas III SD

Aripin, Aripin

Jurnal Riset Teknologi dan Inovasi Pendidikan Vol. 2 Special Issues (Maret) 2019
Publisher : Pusat Penelitian dan Pengembangan REKARTA

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat disiplin dan rasa tanggung jawab siswa. Langkah penelitian ini adalah mulai dari perencanaan, observasi sebelum pelaksanaan, penelitian, observasi pada saat  pelaksanaan penelitian dari siklus I sampai dengan siklus II dan dilakukan pengolahan data secara diskriptif komperatif serta diadakan refleksi dari masing masing siklus. Diperoleh hasil pada siklus I bahwa katagori tingkat disiplin siswa nilainya masih rendah yaitu nilai cukup. Sedangkan pada katagori rasa tanggung jawab siswa mencapai nilai cukup yaitu rata rata nilainya 6,7. namun pada  poin mengerjakan tugas rumah dengan nilai  D yaitu 5,4. Pada siklus II hasilnya tingkat disiplin siswa mencapai nilai rata rata 8,6 (katagori sangat baik). Tingkat tanggung jawab siswa mencapai nilai 8,5 (sangat baik). Pada katagori mengerjakan tugas rumah yang hanya  mampu mencapai nilai pada katagori cukup yaitu dengan nilai  rata rata 6,7. Disimpulkan terjadinya peningkatan tingkat disiplin dan tanggung jawab siswa dari siklus I sampai siklus ke II karena dilakukan perbaikan pada teknik dalam memberikan sanksi berjenjang secara bervariasi, pembinaan dengan kontinu serta motivasi kepada siswa.

Upaya Meningkatkan Kemampuan Siswa Dalam Mengerjakan Soal Cerita Pada Mata Pelajaran Matematika Melalui Metode Bermain Kartu Soal Bagi Siswa Kelas VI SD

Watha, Watha

Jurnal Riset Teknologi dan Inovasi Pendidikan Vol. 2 Special Issues (Maret) 2019
Publisher : Pusat Penelitian dan Pengembangan REKARTA

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

Penelitian tindakan kelas ini bertujuan mendeskripsikan peningkatan kemampuan mengerjakan soal cerita pada pelajaran matematika melalui permainan kartu bagi kelas VI SD. Dilaksanakan dalam dua siklus dengan metode pengumpulan data melalui Observasi, interview, dokumentasi, dan tes. Hasil penelitian sebelum diadakan tindakan sebesar 5,97 dan setelah diadakan tindakan menjadi 6.65 dengan demikian berarti ada peningkatan prestasi sebesar 0.68. Sehingga disimpulkan bahwa  terdapat peningkatan prestasi belajar siswa kelas VI SD dalam mengerjakan soal cerita pada pelajaran matematika melalui permainan kartu

Toleransi Dalam Pendidikan Agama Dan Implementasinya Terhadap Perilaku Toleran Peserta Didik di SMA Negeri 1 Gerung Lombok Barat

Hayati, Nur

Jurnal Riset Teknologi dan Inovasi Pendidikan Vol. 2 Special Issues (Maret) 2019
Publisher : Pusat Penelitian dan Pengembangan REKARTA

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

Fokus kajian penelitian ini adalah (1) bagaimana implementasi sikap toleransi terhadap orang yang berbeda keyakinan, dan dalam peaksanaan kehidupan bertoleransi itu dan (2) apa faktor pendukung serta implikasi ehidupan toleransi tersebut. Peneliti menggunakan penelitian kualitatif deskriptif dengan pendekatan fenomenologi. Pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, dokumentasi, dan triangulasi dengan menggunakan analisa deskriptif sosiohistoris. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) konsep toleransi yang diperoleh oleh peserta didik SMA Negeri 1 Gerung diperoleh sejak usia pendidikan dasar dan memperolehnya dari guru SD dan dari orang tua, (2) implementasi dari sikap yang tepat terhadap kehidupan bertoleransi menurut peserta didik SMA Negeri 1 Gerung adalah saling menghargai dan menghormati orang yang beragama lain, dan (3) faktor pendukung toleransi adalah kepala sekolah, guru, pemahaman terhdap agama dan budaya sekolah. Implikasi dari keadaan ini peserta didik dapat hidup dengan rukun, dapat menjalankan kehidupan agama masing-masing sesuai dengan keyakinan dan mereka tidak menemukan kendala dalam bertoleransi.

Penerapan Strategi Picture Word Inductive Model Guna Meningkatkan Hasil Belajar Dalam Menyusun Teks Deskriptif Berbahasa Inggris Bagi Siswa Kelas VII SMP

Natsir, M.

Jurnal Riset Teknologi dan Inovasi Pendidikan Vol. 2 Special Issues (Maret) 2019
Publisher : Pusat Penelitian dan Pengembangan REKARTA

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas VII SMP dalam pembelajaran menulis berbahasa Inggris, terutama dalam mendeskripsikan benda, orang atau tempat tertentu melalui strategi pembelajaran Picture Word Inductive Model. Penelitian dengan menggunakan analisis data berupa triangulasi metode, menunjukkan hasil bahwa ada peningkatan hasil belajar siswa dalam mengiktui pembelajaran menulis berbahasa Inggris ketika menggunakan strategi PWIM. Dari keadaan semula hanya 9 siswa (23,68%) dari 38 siswa yang bisa mendiskripsikan benda/orang/tempat tertentu, pada tindakan siklus pertama ada 15 siswa (39,47%) yang bisa mendiskripsikan benda tertentu dengan lebih benar. Pada siklus ke dua sebanyak 25 siswa (65,79%) bisa mendiskripsikan orang tertentu dengan lebih benar. Pada siklus ke tiga kembali terjadi penurunan hasil belajar siswa. Hanya 20 siswa (52,63%) bisa mendiskripsikan tempat tertentu dengan lebih benar. Bisa disimpulkan bahwa PWIM signifikan guna meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran menulis berbahasa Inggris terutama dalam mendiskripsikan benda/orang/tempat tertentu.

English Games (Bermain Peran) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Inggris Siswa Kelas IX SMP

Darmat, L.

Jurnal Riset Teknologi dan Inovasi Pendidikan Vol. 2 Special Issues (Maret) 2019
Publisher : Pusat Penelitian dan Pengembangan REKARTA

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

Tujuan penelitian in (1) Mendeskripsikan proses pembelajaran keterampilan berbicara dalam mata pelajaran Bahasa Inggris menggunakan english games (Bermain Peran) pada siswa dan (2) Memaparkan hasil proses pelaksanaan pembelajaran keterampilan berbicara dalam mata pelajaran Bahasa Inggris menggunakan English games (bermain Peran) pada siswa kelas IX SMP. Jenis penelitian yang dilakukan yaitu Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Hasil penelitian menunjukan bahwa peningkatan kemampuan berbicara ditunjukkan dengan nilai rata-rata kelas yang telah diperoleh. Pada saat sebelum dilaksanakan tindakan, nilai rata-rata kelas yang diperoleh yaitu 63,51. Setelah dilaksanakan tindakan pada siklus I nilai rata-rata kelas 70,55. Pada siklus II nilai rata-rata kelas semakin naik, rata-rata kelas meningkat menjadi 78,70. Selain dari rata-rata nilai kelas, pencapaian nilai KKM uga meningkat, yaitu pada pratindakan pencapaian KKM sebesar 22%, pada siklus I pencapaian nilai KKM sebesar 44%, dan siklus II pencapaian nilai KKM semakin meningkat yaitu 85%.  Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa english game (bermain peran ) dapat meningkatkan  keterampilan berbicara dan motivasi siswa dalam mata pelajaran bahasa Inggris.

Keefektifan Konseling Realita Untuk Meningkatkan Pengendalian Perilaku Siswa di SMP

Sinata, Sinata

Jurnal Riset Teknologi dan Inovasi Pendidikan Vol. 2 Special Issues (Maret) 2019
Publisher : Pusat Penelitian dan Pengembangan REKARTA

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui keefektifan Konseling Realita terhadap peningkatan pengendalian perilaku siswa. Rancangan penelitian yang digunakan adalah kuasi eksperimen. Sampel diambil dengan teknik purposive sampling. Jumlah subjek yang diambil sebanyak 5 siswa yang mempunyai pengendalian perilaku rendah. Data diperoleh melalui subjek, menggunakan inventori pengendalian perilaku yang telah diuji validitasnya dengan menggunakan analisis butir dan uji reliabilitas dengan didapatkan r alpha sebesar 0, 766> r tabel 0, 316. Analisis hasil penelitian menggunakan statistic nonparametric dengan menggunakan uji beda Wilcoxon (The Wilcoxon Signed­ranks test). Dari hasil penghitungan uji beda dengan formula wilcoxon  didapatkan nilai Z wilcoxon  sebesar -2,060 dengan probabilitas (p) atau signifikansi (α) sebesar 0,039. Oleh karena nilai Z wilcoxon memiliki probabilitas (p) atau signifikansi (α) kurang dari 0,05 (p < 0,05) maka dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara skor data pengendalian perilaku sebelum dan setelah pemberian treatmen, sehingga dapat disimpulkan bahwa Konseling Realita efektif untuk meningkatkan pengendalian perilaku siswa di SMP Negeri 1 Pujut.