cover
Filter by Year
Jurnal Agribest
“JURNAL AGRIBEST” adalah Jurnal Ilmu-ilmu Pertanian bidang Agribisnis, Sosial Ekonomidan bidang lainnya yang relevan terbit dua kali dalam setahun pada Bulan Maret dan September secara online dan cetak.
Articles
27
Articles
ANALISIS PEMASARAN AGROINDUSTRI RUMAH TANGGA GULA KELAPA DI KECAMATAN WULUHAN KABUPATEN JEMBER

Putri, Claresta Febriana ( Universitas Muhammadiyah Jember ) , Prayuginingsih, Henik ( Universitas Muhammadiyah Jember ) , Hadi, Syamsul ( Universitas Muhammadiyah Jember )

AGRIBEST Vol 2, No 1 (2018): Maret
Publisher : Fakultas Pertanian Universitas Muhammadiyah Jember

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

Tujuan dari penelitian adalah untuk mengetahui:1) pola saluran pemasaran, 2) marjin pemasaran, dan 3) efisiensi pemasaran gula kelapa tiap skala usaha di Kecamatan Wuluhan Kabupaten Jember. Penelitian menggunakan metode deskriptif dan survey dengan lokasi penelitian dipilih secara sengaja (purposive method). Pengambilan sampel dilakukan menggunakan metode Snowball Rolling.Analisis data menggunakan analisis deskriptif, dan margin pemasaran ditinjau dari berbagai skala usaha. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Saluran pemasaran terdiri atas saluran nol tingkat digunakan oleh 11,11% pengrajin dari skala kecil, saluran satu tingkat digunakan oleh 84,44% dari pengrajin skala kecil dan menengah, dan  saluran tiga tingkat digunakan oleh 4,44% pengrajin dari skala besar. 2) Margin saluran pemasaran nol tingkat Rp. 0,-/kg, satu tingkat Rp. 700,-/kg dan tiga tingkat Rp. 1575,-/kg. 3) Seluruh saluran pemasaran efisien dengan share harga 100% pada saluran nol tingkat, 93,13% pada saluran satu tingkat dan 87,40% pada saluran tiga tingkat.

ANALISIS KEUNTUNGAN DAN EFISIENSI PENGGUNAAN BIAYA USAHATANI KOPI RAKYAT ROBUSTA DI KECAMATAN SUMBER WRINGIN KABUPATEN BONDOWOSO

Sari, Ella Imaniar ( Universitas Muhammadiyah Jember ) , Sutiarso, Edy ( Universitas Muhammadiyah Jember ) , Hadi, Syamsul ( Universitas Muhammadiyah Jember )

AGRIBEST Vol 2, No 1 (2018): Maret
Publisher : Fakultas Pertanian Universitas Muhammadiyah Jember

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan tingkat keuntungan di antar strata luas lahan usahatani kopi rakyat robusta, untuk mengetahui perbedaan tingkat efisiensi penggunaan biaya antar strata luas lahan dalam usahatani kopi rakyat robusta, untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi keuntungan usahatani kopi rakyat robusta. Penentuan daerah penelitian ini adalah purposive method. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan survei. Data yang digunakan adalah data primer yaitu fungsi keuntungan yang didapatkan dari fungsi produksi Cobb Douglass serta uji validasinya (uji F, uji t, uji z dan koefisien determinasi ganda) dan data sekunder diperoleh dari berbagai literatur dan instansi terkait. Sampel ditentukan menggunakan metode random sampling sebanyak 60 petani kopi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa usahatani kopi di Kecamatan Sumber Wringin, Kabupaten Bondowoso menguntungkan dengan rata-rata keuntungan per hektar sebesar Rp 5.184.611,-. Jika dilihat berdasarkan skala luas lahan, maka rata-rata keuntungan petani lahan luas Rp 6.007.040,-.  lebih besar daripada petani lahan sempit Rp 4.362.183,-, Faktor-faktor keuntungan yang berpengaruh secara signifikan terhadap keuntungan usahatani kopi yaitu produktivitas, luas lahan, jumlah tanaman dan biaya produksi. Umur tanaman berpengaruh tidak signifikan terhadap keuntungan usahatani kopi. Penggunaan biaya produksi pada usahatani kopi sudah efisien, dengan R/C sebesar 1,85. Sementara dilihat dari strata luas lahan, petani lahan luas sebesar 2,06 lebih efisien dibandingkan petani lahan sempit sebesar 1,63.

ANALISIS PRODUKTIVITAS DAN KEUNTUNGAN USAHATANI BUAH NAGA BERDASARKAN SKALA USAHA DI KECAMATAN TEGALSARI, KABUPATEN BANYUWANGI

Sintia, Nana Lutfi ( Universitas Muhammadiyah Jember ) , Prayuginingsih, Henik ( Universitas Muhammadiyah Jember ) , Wijayanti, Fefi Nurdiana ( Universitas Muhammadiyah Jember )

AGRIBEST Vol 2, No 1 (2018): Maret
Publisher : Fakultas Pertanian Universitas Muhammadiyah Jember

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah; (1) Untuk mengetahui produktivitas usahatani buah naga skala sempit lebih rendah dan  skala luas; (2) Untuk mengetahui biaya produksi usahatani buah naga skala sempit dan  skala luas; (3) Untuk mengetahui keuntungan usahatani buah naga skala sempit dan  skala luas.  Jenis penelitian ini adalah metode deskriptif dan survey dengan lokasi penelitian dipilih secara purposive method, yaitu di Kecamatan Tegalsari, Kabupaten Banyuwangi. Pengambilan sampel dilakukan menggunakan metode Disproportioned Random Sampling. Data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara dan instansi. Analisis data menggunakan uji beda Z.  Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa; (1) Produktivitas usahatani buah naga untuk petani skala sempit lebih rendah dibandingkan dengan skala luas. Produktivitas buah naga untuk golongan petani skala sempit sebesar 7.190 kg/ha, sedangkan untuk skala luas sebesar 8.883 kg/ha. Perbedaan ini secara statistik signifikan pada taraf uji 1%; (2) Biaya produksi usahatani buah naga untuk petani skala sempit lebih besar dibandingkan dengan skala luas. Biaya produksi untuk golongan petani skala sempit sebesar Rp. 24.982.190/ha dan skala luas sebesar Rp. 21.022.842/ha. Perbedaan ini secara signifikan pada taraf uji 5%; (3) Keuntungan usahatani buah naga untuk petani skala sempit lebih rendah dibandingkan dengan skala luas. Keuntungan usahatani  buah naga golongan petani sempit sebesar Rp. 32.539.379/ha dan skala luas sebesar Rp. 50.043.825/ha. Perbedaan ini secara signifikan pada taraf uji 5%.

ANALISIS KELAYAKAN USAHATANI KELINCI DI DESA UMBULREJO KECAMATAN UMBULSARI KABUPATEN JEMBER

Ridho, Atok Ainur ( Universitas Muhammadiyah Jember ) , Prayuginingsih, Henik ( Universitas Muhammadiyah Jember )

AGRIBEST Vol 2, No 1 (2018): Maret
Publisher : Fakultas Pertanian Universitas Muhammadiyah Jember

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

Kontinyuitas pemasaran hasil produksi yang tidak stabil akibat iklim serta keterbatasan modal menyulitkan  peternak kelinci di desa Umbulrejo, Kecamatan Umbulsari, Kabupaten Jember.  Tujuan penelitian  adalah mengukur (1) keuntungan, (2) efisiensi biaya dan (3)  rentabilitas. Penelitian menggunakan  metode deskriptif-analitik  dan  survei.  Daerah penelitian ini ditentukan secara sengaja dengan pertimbangan bahwa daerah tersebut mempunyai peternak yang potensial usahatani kelinci. Penelitian  dilaksanakan  sejak  Oktober hingga Desember 2017. Obyek penelitian adalah peternak kelinci. Sampel penelitian ditentukan berdasar metode snow ball hingga tercapai kuota 18 orang.  Metode analisis data yang digunakan adalah analisis keuntungan, effisiensi biaya dan rentabilitas. Hasil  Penelitian adalah : (1)  tingkat keuntungan peternak kelinci sistem kandang batere di desa Umbulrejo, Kecamatan Umbulsari, Kabupaten Jember sebesar Rp 2.245.050 per 10 ekor induk kelinci per tahun  atau rata-rata per bulan Rp 187.088, (2)   penggunaan biaya  usaha pembesaran gurami effisien ditunjukkan dengan nilai R/C ratio sebesar 1,81. dan (3)  Rentabilitas usaha sebesar 115,29 %.  Berdasarkan nilai tersebut maka usaha budidaya kelinci sistem batrai lebih menguntungkan daripada menyimpan uang di Bank  dengan suku bunga bank yang diasumsikan sebesar 12% per tahun.

ANALISIS PEMASARAN KOMODITI BELIMBING (AVERRHOA CARAMBOLA L.)

Pakpahan, Helena T ( Universitas Muhammadiyah Jember ) , Putri D, Yoan Casika ( Universitas Methodist Indonesia )

AGRIBEST Vol 2, No 1 (2018): Maret
Publisher : Fakultas Pertanian Universitas Muhammadiyah Jember

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

Penelitian ini  berjudul Analisis Pemasaran Komoditi Belimbing (Averrhoa carambola L.)”. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui volume dan nilai transaksi belimbing di Daerah Penelitian, mengetahui besar marketing bill belimbing, untuk menghitung share cost dan share profit belimbing. Penentuan daerah dilakukan secara purposive. Metode dalam penentuan sampel adalah secara sengaja, petani 20 sampel, pedagang sebanyak 10 sampel. Hasil penelitian menunjukkan volume belimbing yang berasal dari Desa Durin Simbelang masuk ke Kota Medan pada tahun 2016 sebesar 180.950 kg dengan  harga rata-rata konsumen belimbing Rp 12.583 dan total nilai transaksi keseluruhan diperoleh sebesar Rp 1.017.843.750/tahun. Pada saluran tata niaga komoditi belimbing  nilai harga jual petani adalah Rp 6.775/kg dengan share margin (%) sebesar 53,48 %. Rata-rata biaya produksi yang dikeluarkan petani adalah sebesar Rp 3.068/kg dengan demikian margin keuntungan petani adalah sebesar Rp 3.707 atau sebesar 54,7% . Jumlah Marketing Bill yang diperoleh dengan menggunakan analisis price spread ialah rata-rata margin keuntungan seluruh pedagang yaitu sebesar Rp 5.241,73 atau sebesar 46,9 %, dimana pedagang besar memperoleh rata-rata margin keuntungan yang lebih tinggi yaitu sebesar Rp3.435,26/kg atau (27,12%) sedangkan pedagang pengecer hanya memperoleh rata-rata margin keuntungan sebesar Rp 1.806,48/kg atau sebesar (14,26%). Share Cost tertinggi yang dikeluarkan pedagang pengecer yaitu 14,4 % dan Share Profit yang tertinggi diterima oleh pedagang besar yaitu 91,7 %.

ANALISIS EFISIENSI TEKNIS PENGGUNAAN FAKTOR-FAKTOR PRODUKSI USAHATANI SEMANGKA DI DESA MAYANGAN KECAMATAN GUMUKMAS KABUPATEN JEMBER

Rofiqoh, Luluk ( Universitas Muhammadiyah Jember ) , Agustina, Titin ( Universitas jember ) , Hartadi, Rudi ( Universitas Jember )

AGRIBEST Vol 2, No 1 (2018): Maret
Publisher : Fakultas Pertanian Universitas Muhammadiyah Jember

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

Desa Mayangan sudah lama membudidayakan semangka akan tetapi masih terjadi kendala diantaranya tingkat produktivitas yang masih rendah, kapasitas produksi yang menurun, kondisi iklim dan cuaca yang tidak menentu.  Tingkat produktivitas yang rendah dapat berhubungan dengan penggunaan faktor produksi serta tingkat efisien petani dalam menggunakan input yang ada. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi tingkat produksi, (2) efisiensi teknis usahatani semangka, (3) faktor-faktor yang mempengaruhi inefisiensi teknis usahatani semangka di Desa Mayangan Kecamatan Gumukmas Kabupaten Jember. Metode dalam penelitian menggunakan data deskriptif dan analitis dengan pengambilan contoh dilakukan dengan cara Proportionate stratified random sampling, sehingga terpilih 50 sampel petani semangka berdasarkan tingkatan luas lahan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Faktor-faktor yang mempengaruhi produksi semangka di Desa Mayangan adalah luas lahan (X1), tenaga kerja (X2), pupuk organik (X3), pupuk kimia (X4), dan bibit (X5), sedangkan pestisida cair (X6) dan pestisida padat (X7) tidak berpengaruh nyata. (2) Tingkat efisiensi teknis petani semangka secara keseluruhan dalam penggunaan faktor produksi semangka di Desa Mayangan dengan rata-rata sebesar 0,68. (3) Faktor-faktor yang mempengaruhi inefisiensi teknis secara parsial dalam usahatani semangka di Desa Mayangan adalah pengalaman petani (tahun) dan dummy keikutsertaan kelompok tani.

PENGARUH DANA KREDIT USAHA RAKYAT (KUR) TERHADAP BANK PERKREDITAN RAKYAT (BPR) DI KABUPATEN JEMBER

Supeni, Nely ( Universitas Muhammadiyah Jember )

AGRIBEST Vol 2, No 1 (2018): Maret
Publisher : Fakultas Pertanian Universitas Muhammadiyah Jember

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

            Kredit Usaha Rakyat (KUR) adalah program pemerintah sebagai sumber dana untuk usaha Mikro, Usaha Kecil dan Menengah (UMKM) dengan suku bunga rendah, 9% setiap tahun dan tanpa agunan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Debitur UMKM dan jumlah kredit debitur UMKM di BPR sebelum dan sesudah Program Tanggung Jawab KUR .. BPR di Kabupaten Jember adalah 23 BPR. Teknik pengambilan sampel adalah Jenuh Sampling (Sensus). Analisis data yang dilakukan adalah Paired Sample t Test dengan teknik menggunakan data melalui kuesioner. Hasil analisis adalah (1) Debitur UMKM di BPR sebelum dan sesudah program KUR sebesar 0,201 yang berarti lebih besar dari α = 0,05, sedangkan hasil keputusan yang diterima adalah Ho. Tidak ada pengaruh signifikan terhadap jumlah debitur UMKM di BPR sebelum dan sesudah program KUR, (2) Total Dana Kredit UMKM di BPR sebelum dan sesudah program KUR adalah 0,623 yang berarti lebih besar dari α = 0,05, Keputusan yang diambil adalah menerima Ho. Menerima Secara Jelas tidak ada perbedaan yang signifikan dengan jumlah dana kredit peminjam UMKM di BPR sebelum dan sesudah program pensiun KUR.

STUDI KOMPARATIF USAHA PERKEBUNAN KOPI ROBUSTA DAN KOPI ARABIKA DI KECAMATAN PANTI KABUPATEN JEMBER

Abimanyu, Wisnu ( Universitas Muhammadiyah Jember ) , Hadi, Syamsul ( Universitas Muhammadiyah Jember ) , Ridho, Atok Ainur ( Universitas Muhammadiyah Jember )

AGRIBEST Vol 2, No 1 (2018): Maret
Publisher : Fakultas Pertanian Universitas Muhammadiyah Jember

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

Penelitian ini bertujuan (1) untuk mengetahui perbedaan produktivitas lahan dan keuntungan perkebunan kopi robusta dan arabika di Kabupaten Panti Kabupaten Jember. (2) untuk mengetahui efisiensi biaya usaha perkebunan kopi robusta dan arabika di Kecamatan Panti Kabupaten Jember (3) untuk mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi produksi kopi robusta dan kopi arabika di Kecamatan Panti Kabupaten Jember. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode deskriptif dan komparatif. Metode pengambilan sampel yang digunakan adalah Dispropotional Random Sampling. Peneliti menggunakan wawancara dan catatan untuk mengumpulkan data. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah (1) rumus produktivitas (2) analisis profit dan efisiensi biaya (3) regresi linier berganda. Hasil analisis menunjukkan bahwa (1) Perbedaan luas produktivitas kopi robusta dan arabika sebesar 1.330 kg / ha untuk robusta dan 1.150 kg / ha untuk kopi arabika (2) perbedaan laba bisnis robusta dan arabika menunjukkan bahwa keuntungan Rata-rata Robusta adalah Rp 13.276.003 / ha dan Rp 15.282.105 / ha untuk kopi arabika (3) untuk perbedaan efisiensi biaya robusta adalah 1,86 dan 1,89 untuk kopi arabika. Faktor-faktor yang berpengaruh nyata terhadap produktivitas robusta dan arabika adalah luas lahan (X4), dan varietas tiruan (D1). Sedangkan faktor-faktor yang tidak berpengaruh signifikan terhadap produksi adalah pupuk anorganik (X1), pupuk organik (X2), populasi (X3), tenaga kerja (X5), dan pengalaman (X6)

ANALISIS STRATEGI PEMASARAN UNTUK MENINGKATKAN PENJUALAN PUPUK PERTANIAN BERSUBSIDI PADA KIOS RESMI UD. HASRI JAYA DI KECAMATAN SILO KABUPATEN JEMBER

Novalia, Fahriyana Eka ( Universitas Muhammadiyah Jember ) , Firdaus, Muhammad ( STIE Mandala Jember ) , Hidayah, Tamriatin ( STIE Mandala Jember )

AGRIBEST Vol 2, No 1 (2018): Maret
Publisher : Fakultas Pertanian Universitas Muhammadiyah Jember

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

Penelitian bertujuan untuk membangun strategi pemasaran dalam upaya meningkatkan penjualan pupuk pertanian mersubsidi pada kios Resmi UD. HASRI JAYA. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan April sampai dengan Juni 2017 bertempat di Desa Karang Harjo Kecamatan Patrang Kabupaten Jember. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif dimana populasi penelitian ini berupa produsen dan konsumen yang mempunyai wawasan tentang pemasaran pupuk pertanian bersubsidi. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara purposive sampling dalam yang terdiri dari 5 orang. Data yang diperoleh adalah data kualitatif dan kuantitatif hasil wawancara responden yang kemudian dianalisis dengan menggunakan metode analisis SWOT. Hasil penelitian menunjukkan bahwa alternatif strategi pemasaran yang tepat untuk meningkatkan penjualan pupuk pertanian bersubsidi pada kios resmi UD. HASRI JAYA Di Kecamatan Silo Kabupaten Jember adalah strategi WO (strategi meminimalkan kelemahan organisasi sehingga dapat merebut peluang). Strategi yang harus diterapkan dalam kondisi ini adalah strategi turn around. Dalam hal ini kelemahan organisasi perlu diperbaiki untuk memperoleh peluang yang besar.

DAMPAK ERUPSI GUNUNG API RAUNG TERHADAP USAHATANI TEMBAKAU NA-OOGST DI DESA AMPEL KECAMATAN WULUHAN KABUPATEN JEMBER

Sari, Olivia Anjung ( Universitas Muhammadiyah Jember ) , Kuntadi, Ebban Bagus, Widjayanthi, Lenny ( Universitas Jember )

AGRIBEST Vol 1, No 2 (2017): September
Publisher : Fakultas Pertanian Universitas Muhammadiyah Jember

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

Pada tahun 2015 terjadi Erupsi Gunung Api Raung yang menyebabkan berbagai macam kerusakan pada komoditas perkebunan termasuk tembakau. Abu vulkanik dari erupsi tersebut mengandung unsur silika yang menempel pada daun tembakau menyebabkan  produksi dan kualitas tembakau. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) produksi dan kualitas tembakau Na-Oogst Sebelum dan sesudah erupsi Gunung Api Raung di Desa Ampel Kecamatan Wuluhan; (2) pendapatan petani sebelum dan sesudah erupsi Gunung Api Raung di Desa Ampel Kecamatan Wuluhan. Penentuan daerah penelitian menggunakan purposive method. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dan komparatif. Metode pengambilan sampel menggunakan disproportionate stratified random samplingdengan responden sebanyak41 petani. Penelitian ini menggunakan data primer dan sekunder. Metode analisis data menggunakan analisis deskriptif, analisis pendapatan, analisis uji beda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) produksi tembakau Na-Oogst sebelum dan sesudah terjadinya erupsi tidak berubah secara signifikan. Sedangkan kualitas tembakau sebelum dan sesudah erupsi mengalami perubahan. (2) terdapat perbedaan yang signifikan antara pendapatan usahatani tembakau sebelum dan sesudah terjadinya erupsi.