cover
Contact Name
Muhammad Syahrul Kahar
Contact Email
Muhammad Syahrul Kahar
Phone
-
Journal Mail Official
raisdera207@gmail.com
Editorial Address
-
Location
Kota sorong,
Papua barat
INDONESIA
SENTRALISASI
ISSN : 19797567     EISSN : 26144328     DOI : -
Core Subject : Economy,
entralisasi (Journal of Economic Science/Jurnal Ilmu-Ilmu Ekonomi)is scientific peer-reviewed journal published by faculty of Economic, Universitas Muhammadiyah Sorong, Indonesia. Since estabilished in 2012, Sentralisasi is intended to provide a medium for dissemination of original and quality research on various topic in look the Focus and Scope and other related fields to be published two times a year (January and June). Sentralisasi issue consist Economic, Development Economic, Bussines, Social Economic, Acounting, Islamic Economic, Management, Human Resource Management and Entrepreneurship.
Arjuna Subject : -
Articles 5 Documents
Search results for , issue " Vol 7, No 1 (2018): Sentralisasi" : 5 Documents clear
PERLINDUNGAN KONSUMEN DALAM PELABELAN PRODUK MENURUT EKONOMI ISLAM Wangsi, Mitta Muthia; Rawi, Rais Dera Pua
SENTRALISASI Vol 7, No 1 (2018): Sentralisasi
Publisher : SENTRALISASI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (582.189 KB)

Abstract

Jenis penelitian ini adalah penelitian literer yaitu menggunakan buku – buku yang berkaitan dengan judul di atas. Sedangkan pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif. Dengan metode pengumpulan data yang berkaitan dengan materi pembahasan penulis menggunakan dokumenter. Dalam analisis data penulis menggunakan metode induktif dan deduktif yang kemudian dianalisa dengan menggunakan metode analitis deskriptif. Peneliti memperoleh hasil penelitian bahwa legalitas perundang-undangan perlindungan konsumen di indonesia telah diadopsi dari adanya peran ekonomi islam dalam menciptakan kesejahteraan para pelaku ekonomi yang berasaskan pada Al-Qur’an, Hadist dan penerapannya sejak zaman kekhilafahan. perlindungan konsumen merupakan salah satu upaya dalam penerapan pelaksanaan Ekonomi Islam untuk melindungi konsumen dan untuk memberikan rasa tanggung jawab kepada para pelaku usaha dalam setiap kegiatan produksi sehingga tercapailah keadilan ekonomi dalam setiap kegiatan pemenuhan kebutuhan (barang dan jasa).  Ada beberapa pihak yang mempunyai peran khusus dalam penerapan konsep perlidungan konsumen dalam pelabelan produk pangan diantaranya : pertama: individu, yaitu setiap orang harus sadar akan keberadaannya masing-masing sebagai pihak konsumen yang berhak mendapatkan hak-haknya dan sebagai pelaku usaha yang harus memperhatikan berbagai tanggung jawab berkaitan dengan produk yang dihasilkan. Kedua: pemerintah, pihak ini bertugas menetapkan peraturan (undang-undang) perlindungan konsumen dan memberikan pengawasan atau kontrol terkait dengan harga, kualitas, kadaluarsa yang tertulis di label suatu produk. Ketiga: lembaga perlindungan konsumen, lembaga swasta ini dibentuk dari beberapa masyarakat yang peduli akan pentingnya perlindungan konsumen demi terpenuhinya hak-hak para konsumen.
ANALISIS STRATEGI BAURAN PEMASARAN DALAM PENINGKATAN PENJUALAN KAPAL PADA PT. INDUSTRI KAPAL INDONESIA (PERSERO) MAKASSAR Haris, Abdul
SENTRALISASI Vol 7, No 1 (2018): Sentralisasi
Publisher : SENTRALISASI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (495.598 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahu strategi yang dapat dilakukan untuk meningkatkan dan menguasai bangsa pasar pada PT. Industri Kapal Indonesia di Makassar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini ialah observasi dan wawancara. Adapun hasil dari penelitian ini disimpulkan bahwa Untuk mempertahankan kelangsungan hidup perusahaan maka perusahaan harus mengadakan peningkatan penjualan dan promosi produk secara intensif agar mampu bersaing di pasar yang akan menjadi tujuannya.
ANALISIS EFESIENSI PEMANFAATAN MODAL KERJA DALAM PENGELOLAAN PT. PELABUHAN INDONESIA IV (PERSERO) CABANG MAKASSAR Rahman, Abdul
SENTRALISASI Vol 7, No 1 (2018): Sentralisasi
Publisher : SENTRALISASI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (550.184 KB)

Abstract

Tujuan penelitian ini, 1) Untuk menganalisis keadaan sumber dan penggunaan modal kerjayang dimiliki untuk menghasilkan Sisa Hasil usaha pada Koperasi Karyawan PT PelabuhanIndonesia IV (Persero) Cabang Makassar. 2) Untuk menganalisis efektivitas pemanfaatanmodal kerja dalam mencapai Laba Usaha pada Koperasi Karyawan PT Pelabuhan IndonesiaIV (Persero) Cabang Makassar.Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif denganTeknik analisis kuantitatif adalah analisis dengan menggunakan cara sebagai berikut : 1)analisis sumber dan penggunaan dana (Munawir, 1999:97) dan analisis rentabilitas digunakanmetode analisis rentabilitas seluruh modal dan rentabilitas modal.Hasil penelitianmenunjukkan tahun 2014 sebesar 124,55% dan pada tahun 2015 sebesar 77,80% ini berartibahwa setiap hutang lancar Rp. 1,00 dijamin oleh quick ratio assets Rp. 124,55% untuk tahun2014 dan setiap hutang lancar Rp. 1,00 dijamin oleh quick ratio sebesar Rp. 77,80 untuktahun 2015. Sedangkan Hasil perhitungan rasio menunjukkan tahun 2014 sebesar 124,55%dan pada tahun 2015 sebesar 77,80% ini berarti bahwa setiap hutang lancar Rp. 1,00 dijaminoleh quick ratio assets Rp. 124,55% untuk tahun 2014 dan setiap hutang lancar Rp. 1,00dijamin oleh quick ratio sebesar Rp. 77,80 untuk tahun 2015.
ANALISIS PEMASARAN, KUALITAS PRODUK, DAN HARGA TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN ( STUDI KASUS DI UD. LUPY BAKERY LAMONGAN) Lestari, Fetri dia Ayu; Muhtarom, Abid; Cahyo, Septyan Budy; Mahmudah, Henny
SENTRALISASI Vol 7, No 1 (2018): Sentralisasi
Publisher : SENTRALISASI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (695.676 KB)

Abstract

Perkembangan dunia ilmu pengetahuan dan teknologi pada saat ini mengalami kemajuan yang sangat pesat. Sebagai akibatnya banyak bermunculan perusahaan baru dan selanjutnya persaingan tidak dapat dihindari. Berhasil tidaknya suatu perusahaan dalam pencapaian tujuan tergantung pada manajemen yang ada dalam perusahaan. Metode analisis yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, uji regresi linier berganda, uji korelasi, koefisien determinasi, uji F dan uji t. Berdasarkan hasil uji validitas menunjukan bahwa koefisien lebih besar dari r tabel dan dinyatakan valid, pada uji reliabilitas mempunyai koefisien alpha yang cukup besar dari 0,6 dan dinyatakan reliabel. Perhitungan regresi linier berganda diperoleh persamaan Y = 0,013 + 0,798X1 + 0,274X2  ̶  0,129X3,  uji F menunjukan nilai F = 105635,3 dengan signifikansi sebesar 0,00<0,05 dan secara parsial uji t dari variabel X1 sebesar 8,013, X2 sebesar 2,744 dan X3 sebesar -1,278. Untuk itu dapat disimpulkan bahwa secara parsial dari ketiga variabel bebas yang mempunyai pengaruh paling dominan terhadap kepuasan konsumen di UD. Lupy Bakery Lamongan adalah pemasaran (X1).
ANALISIS PENGARUH GAYA KEPEMIMPINAN TERHADAP PRODUKTIVITAS KERJA KARYAWAN PADA PT. GLOBAL TRANSPORTASI MAKASSAR Asdar, Muhammad
SENTRALISASI Vol 7, No 1 (2018): Sentralisasi
Publisher : SENTRALISASI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (400.574 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan : 1) Untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh gaya kepemimpinan manajer terhadap peningkatan produktivitas kerja karyawan pada PT. Global Transportasi Makassar. 2) Mengetahui gaya kepemimpinan manajer yang paling berpengaruh terhadap peningkatan produktivitas kerja karyawan pada PT. Global Transportasi Makassar.Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif dengan Teknik analisis kuantitatif dengan menggunakan dua metode analisis, yaitu : Metode analisis kualitatif adalah metode analisis data yang diperoleh lewat wawancara, kuesioner dan sebagainya. Penggunaan metode ini dimaksudkan untuk mengetahui gaya kepemimpinan apa yang digunakan dan sejauh mana hal itu berpengaruh dalam peningkatan kinerja karyawan dan Metode analisis kuantitatif merupakan metode yang digunakan untuk mengukur peningkatan kinerja karyawan dalam bentuk angka. Dalam metode ini digunakan variabel gaya kepemimpinan sebagai berikut Y = bo + b₁ X₁ + b₂ X₂ + b3X3+ E.Hasil penelitian menunjukkan bahwa persentase produktivitas karyawan pada tahun 2015 merupakan kinerja yang paling tinggi selama lima tahun terakhir yaitu dari tahun 2011-2015, dimana pada tahun 2015 tingkat produktivitas karyawan adalah sebesar 75,45. Hasil koefisien korelasi (R), menunjukkan nilai sebesar 0,980 dengan demikian dikatakan variabel X1 (Gaya Intruksi), variabel X2 (Gaya Konsultasi), X3 (Gaya Partisipasi) dan X4 (Gaya Delegatif) memiliki keeratan yang tinggi, yakni 98 % atau tingkat standar error 2 % atau 0,2. Hasil koefisien determinasi (R²), menunjukkan nilai sebesar 0,960 atau 96 %, berarti pengaruh variabel X1 (Gaya Intruksi), variabel X2 (Gaya Konsultasi), X3 (Gaya Partisipasi) dan X4 (Gaya Delegatif) terhadap variabel Y (produktivitas kerja karyawan) adalah signifikan (karena mendekati positif satu). Sedangkan selebihnya 4 % adalah pengaruh variabel lainnya, akan tetapi tidak diteliti.

Page 1 of 1 | Total Record : 5