cover
Contact Name
Muhammad Syahrul Kahar
Contact Email
Muhammad Syahrul Kahar
Phone
-
Journal Mail Official
raisdera207@gmail.com
Editorial Address
-
Location
Kota sorong,
Papua barat
INDONESIA
SENTRALISASI
ISSN : 19797567     EISSN : 26144328     DOI : -
Core Subject : Economy,
entralisasi (Journal of Economic Science/Jurnal Ilmu-Ilmu Ekonomi)is scientific peer-reviewed journal published by faculty of Economic, Universitas Muhammadiyah Sorong, Indonesia. Since estabilished in 2012, Sentralisasi is intended to provide a medium for dissemination of original and quality research on various topic in look the Focus and Scope and other related fields to be published two times a year (January and June). Sentralisasi issue consist Economic, Development Economic, Bussines, Social Economic, Acounting, Islamic Economic, Management, Human Resource Management and Entrepreneurship.
Arjuna Subject : -
Articles 3 Documents
Search results for , issue " Vol 5, No 2 (2016): Sentralisasi" : 3 Documents clear
DETERMINAN KESEMPATAN KERJA PADA SEKTOR INFORMAL PERDAGANGAN DAN JASA DI KOTA AMBON Fernandus, Arce Yulita
SENTRALISASI Vol 5, No 2 (2016): Sentralisasi
Publisher : SENTRALISASI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (507.208 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh upah, jenis usaha dan modal terhadap kesempatan kerja di Kota Ambon khususnya pada sektor informal. Penelitian ini dilakukan  pada perdagangan dan  jasa sektor informal di Kota Ambon. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer. Data primer tersebut berupa data hasil penelitian dengan metode wawancara aktif. Ada juga data diperoleh dari Badan Pusat Statistik kota Ambon. Alat analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis  regresi dengan uji statistic dan uji asumsi klasik. Berdasarkan Nilai Uji Regresi telah menbuktikan bahwa variabel tingkat upah sangat berpengaruh yang positif dan signifikan terhadap kesempatan kerja, dengan begitu variabel tingkat upah yang berbanding terbalik dengan kesempatan kerja yang tersedia di Kota Ambon. Dikarenakan sektor informal memberikan peluang kerja dan pendapatan yang mencukupi kebutuhan per hari  bagi setiap pekerja sehingga besar kecilnya upah yang diperoleh tidak memberikan pengaruh negatif terhadap kesempatan kerja yang tersedia. Dan untuk variabel jenis usaha dalam sektor informal khususnya perdagangan dan jasa  sangat berpengaruh yang positif dan signifikan terhadap kesempatan kerja, dengan begitu kesempatan kerja sangatlah tergantung dari jenis usaha yang tersedia di Kota Ambon. Jenis usaha di Kota Ambon dalam sektor infromal berkembang pesat mendorong terciptanya kesempatan kerja.  Sedangkan  variabel modal usaha tidak berpengaruh secara signifikan terhadap kesempatan kerja. Dikarenakan seluruh usaha pada sektor informal pada awal memulai usaha tidak membutuhkan modal besar dalam mengembangkan usaha tidak seperti usaha – usaha pada sektor formal yang membutuhkan modal besar dengan diikuti meningkatnya penyerapan tenaga kerja,  sehingga kesempatan kerja yang tersedia pada awal usaha di sektor informal tidak dipengaruhi oleh modal usaha. 
PENGARUH KOMUNIKASI TERHADAP KINERJA PEGAWAI PADA BADAN KEPEGAWAIAN KABUPATEN TAMBRAUW Astuti, Putu Anggreyani Widya
SENTRALISASI Vol 5, No 2 (2016): Sentralisasi
Publisher : SENTRALISASI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (537.043 KB)

Abstract

Kemampuan suatu organisasi dalam menghadapi tantangan era millennium tergantung pada kemampuan mobilisasi sumber daya manusia. Karakteristik yang menentukan dari sistem organisasi terletak pada sifat dalam mencapai sasaran. Sumber daya manusia dan perangkat kerja pada umumnya di organisasi untuk mencapai tujuan  –tujuan organisasi yang dinyatakan jelas. Komunikasi yang baik tidak hanya berbicara ataupun surat-menyurat saja, meskipun organisasi perkantoran telah menggunakan alat-alat komunikasi  yang mutahir dan memiliki pimpinan pandai berbicara yang dapat menyampaikan dengan cepat seluruh instruksi-instruksi, petunjuk, saran dan sebagainya, akan tetapi hal ini belum menjamin bahwa komunikasi telah dilakukan dengan baik. Peran pimpinan secara keseluruhan sangat signifikan dalam upaya tersebut, dimana kualitas sumber daya manusia sebagai aparatur pemerintah harus dijadikan motivator dalam mengkoordinir dan mengorganisir pegawai sehingga mampu berkomunikasi secara baik dalam era globalisasi saat ini. Populasi dalam penelitian ini adalah pegawai pada Badan Kepegawaian Tambrauw yang berjumlah 14 pegawai. Sampel yang penulis gunakan yaitu merupak sampel populasi yaitu sampel yang menggunakan seluruh populasi sampel, yaitu yang berjumlah 14 orang  pegawai. Metode analisis yang digunakan oleh penulis adalah dengan menggunakan korelasi product moment. Hasil penelitian yang diperoleh penulis adalah sebesar 0,74.  Yang artinya bahwa ada hubungan yang tinggi sekali antara pengaruh  komunikasi terhadap kinerja pegawai pada Badan Kepegawaian Kabupaten Tambrauw.
PENGARUH DISIPLIN KERJA TERHADAP KINERJA KERJA GURU PADA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 6 AMBON Mustika, Susana Magdalena Welly
SENTRALISASI Vol 5, No 2 (2016): Sentralisasi
Publisher : SENTRALISASI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (422.951 KB)

Abstract

Dalam era globalisasi saat ini, segala aspek kehidupan dituntut untuk bersaing menunjukkan yang terbaik, karena yang terbaiklah yang akan dipilih, untuk dapat bersaing dalam pasar. Sebuah perusahaanseharusnya mempersiapkan diri menghadapi tantangan yang ada, dan sejatinya manusia yang memegang peran besar dalam suatu organisasi atau instansi. Kedisiplinan merupakan salah satu indikasi turunnya semangat dan kegairahan kerja. Karena pentingnya masalah kedisiplinan tersebut. Sebab sebenarnya ketidakdisiplian bukan hanya sekedar sebagai indikasi adanya semangat dan kegairan kerja, tetapi dapat mempengaruhi kinerja dan efisiensi pencapaian tujuan dari perusahaan tersebut. Disiplin kerja guru yang ada dalam SMP Negeri 6 Ambon masih sangat kurang, hal ini dapat dilihat dari kurang disiplinnya Guru yang datang terlambat pada saat jam kerja, pekerjaan seringkali tertunda atau tidak diselesaikan dengan baik, cara berpakaian yang kadang-kadang tidak sesuai dengan profesi sebagai guru, tujuan dan kemampuan karyawan yang ikut mempengaruhi tingkat kedisiplinan, dan lain sebagainya. Sehingga dapat kita lihat dengan kurangnya disiplin kerja dari SMP Negeri 6 Ambon dapat membuat kurangnya kinerja kerja Guru.  Populasi dalam penelitian ini  adalah Guru Sekolah Menegah Pertama Negeri 6 Ambon. Sampel dari penelitian ini adalah Guru Sekolah Menegah Pertama Negeri 6 Ambon yang berjumlah 68 orang. Hasil analisis regresi sederhana yaitu,  (Y) = 2.772 + 0.66 X. Berdasarkan uji F, variabel disiplin kerja(X) berpengaruh terhadap kinerja kerja Guru(Y), dimana F hitung 14.298 > F-tabel 3.9863. Hal ini menunjukkan bahwa ada pengaruh yang signifikan dan positif disiplin kerjaterhadap  kinerja kerja Guru. Dari perhitungan koefisien determinasi diketahui bahwa motivasi dipengaruhi oleh produktivitas kerja karyawan sebesar 20.6% dengan kelebihan 79.4% dapat dipengaruhi oleh faktor-faktor lain diluar motivasi dalam meningkatkan produktivitas kerja karyawan.  Hasil regresi bahwa koefisien regresi maupun uji parsialnya (uji t) dari variabel disiplin menunjukkan nilai yang positif/signifikan yaitu 3.781> t-tabel 1.6683. Hal ini berarti bahwa variabel disiplin mempunyai hubungan yang searah/positif terhadap variabel kinerja kerja Guru Sekolah Menegah Pertama Negeri 6 Ambon.

Page 1 of 1 | Total Record : 3