cover
Contact Name
Muhammad Syahrul Kahar
Contact Email
Muhammad Syahrul Kahar
Phone
-
Journal Mail Official
raisdera207@gmail.com
Editorial Address
-
Location
Kota sorong,
Papua barat
INDONESIA
SENTRALISASI
ISSN : 19797567     EISSN : 26144328     DOI : -
Core Subject : Economy,
entralisasi (Journal of Economic Science/Jurnal Ilmu-Ilmu Ekonomi)is scientific peer-reviewed journal published by faculty of Economic, Universitas Muhammadiyah Sorong, Indonesia. Since estabilished in 2012, Sentralisasi is intended to provide a medium for dissemination of original and quality research on various topic in look the Focus and Scope and other related fields to be published two times a year (January and June). Sentralisasi issue consist Economic, Development Economic, Bussines, Social Economic, Acounting, Islamic Economic, Management, Human Resource Management and Entrepreneurship.
Arjuna Subject : -
Articles 21 Documents
Kontribusi Pajak Daerah Dan Retribusi Daerah Terhadap Pendapatan Asli Daerah Di Kabupaten Barru Zulfikar, Imam; Rahman, Abdul
SENTRALISASI Vol 8, No 1 (2019): Sentralisasi
Publisher : Universitas Muhammadiyah Sorong

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (418.61 KB) | DOI: 10.33506/sl.v8i1.384

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui besarnya kontribusi Pajak Daerah terhadap Pendapatan Asli Daerah di Kabupaten Barru, dan untuk mengetahui besarnya kontribusi Retribusi Daerah terhadap Pendapatan Asli Daerah di Kabupaten Barru, serta untuk mengetahui besarnya kontribusi Pajak Daerah dan Retribusi Daerah terhadap Pendapatan Asli Daerah di Kabupaten Barru. Penelitian ini bersifat deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh data penerimaan Pajak Daerah dan Retribusi Daerah di Kabupaten Barru, sedangkan sampelnya adalah data penerimaan Pajak Daerah dan Retribusi Daerah tahun 2013-2017. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dokumentasi dan wawancara, Selanjutnya data di analisis dengan menggunakan analisis persentase. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Kontribusi Pajak Daerah terhadap Pendapatan Asli Daerah di Kabupaten Barru tahun 2013-2017 tergolong kecil dengan nilai persentase 12,82% yang disebabkan oleh pengetahuan dan pemahaman para wajib pajak yang masih minim dan petugas pajak yang ditunjuk atau mengawasi dan menangani kurang maksimal yang di dukung pula dengan system pemungutan pajak yang menganut system self assesment. sementara Kontribusi Retribusi Daerah terhadap Pendapatan Asli Daerah di Kabupaten Barru tahun 2013-2017 tergolong kecil dengan nilai persentase 17,34% yang disebabkan oleh kurangnya penerimaan dari wajib Retribusi, serta sarana dan prasanana yang disediakan oleh pemerintah juga masih kurang sedangkan Kontribusi Pajak Daerah dan Retribusi Daerah terhadap Pendapatan Asli Daerah di Kabupaten Barru tahun 2013-2017 tergolong cukup dengan nilai persentase 30,06%.
Pengaruh Ukuran Perusahaan Terhadap Audit Delay (Studi Empiris pada Perusahaan Pertambangan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2015). Badruzaman, Dudi; Nuraeni, Nuraeni
SENTRALISASI Vol 8, No 1 (2019): Sentralisasi
Publisher : Universitas Muhammadiyah Sorong

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (285.131 KB) | DOI: 10.33506/sl.v8i1.381

Abstract

AbstrakPenelitian ini difokuskan pada Pengaruh Ukuran Perusahaan terhadap Audit Delay (Studi Empiris pada Perusahaan Pertambangan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2015). Penelitian ini bertujuanuntuk meneliti kembali 1) Ukuran perusahaan pada perusahaan pertambangan yang terdaftar di BEI pada tahun 2015. 2) Audit delay pada perusahaan pertambangan yang terdaftar di BEI pada tahun 2015. 3) Pengaruh ukuran perusahaan terhadap audit delay pada perusahaan pertambangan yang terdaftar di BEI pada tahun 2015. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh perusahaan pertambangan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia pada Tahun 2015 yaitu sebanyak 41 perusahaan. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan sampling purposive. Berdasarkan kriteria yang telah ditentukan, maka menghasilkan sampel sebanyak 10 perusahaan pertambangan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Sumber data dalam penelitian ini adalah data sekunder. Sedangkan untuk menganalisis data yang diperoleh digunakan Analisis Regresi Linier Sederhana, Analisis Koefisien Korelasi, Koefisien Determinasi, Uji Hipotesis (Uji Signifikansi atau Uji t) dan Uji Kecocokan Model (Uji F). Hasil dari penelitian dan pengolahan data menunjukan bahwa ukuran perusahaan berpengaruh negatif terhadap audit delay pada perusahaan pertambangan yang terdaftar di BEI Tahun 2015. Artinya semakin besar ukuran perusahaan maka audit delay akan semakin cepat. Berarti perusahaan akan tepat waktu dalam penyampaian laporan keuangannya. Dan sebaliknya semakin kecil ukuran perusahaan maka audit delay akan semakin lama.  Kata Kunci : Ukuran Perusahaan dan Audit Delay  AbstrackThis research is focused on the Effect of Company Size on Audit Delay (Empirical Study on Mining Companies Listed on the Indonesia Stock Exchange in 2015). This study aims to re-examine 1) The size of the company in a mining company listed on the Indonesian Stock Exchange in 2015. 2) Audit delay on mining companies listed on the IDX in 2015. 3) The effect of company size on audit delay on mining companies registered in IDX in 2015. The population in this study were all mining companies listed on the Indonesia Stock Exchange in 2015, which were 41 companies. The sampling technique in this study used purposive sampling. Based on predetermined criteria, it produces a sample of 10 mining companies. The method used in this study is descriptive method with a quantitative approach. The data source in this study is secondary data. Whereas to analyze the data obtained used Simple Linear Regression Analysis, Correlation Coefficient Analysis, Determination Coefficient, Hypothesis Test (Significance Test or t Test) and Model Suitability Test (Test F). The results of research and data processing show that the size of the company negatively affects audit delay in mining companies listed on the Indonesian Stock Exchange in 2015. This means that the larger the size of the company, the audit delay will be faster. Means the company will be on time in submitting its financial statements. And conversely the smaller the size of the company, the longer the audit delay will be. 
Pengaruh Pola Pikir (Mindset) Kewirausahaan Terhadap Motivasi Dan Keterampilan Wirausaha Mahasiswa Program Studi Manajemen Universitas Muhammadiyah Sorong Suaidy, Helmi; Lewenussa, Ramli
SENTRALISASI Vol 8, No 1 (2019): Sentralisasi
Publisher : Universitas Muhammadiyah Sorong

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (270.965 KB) | DOI: 10.33506/sl.v8i1.385

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) besarnya pengaruh pola pikir (Mindset) kewirausahaan terhadap motivasi berwirausaha mahasiswa program studi Manajemen (2) besarnya pengaruh pola pikir (Mindset) kewirausahaan terhadap keterampilan berwirausaha mahasiswa program studi Manajemen (3) besarnya pengaruh pola pikir (Mindset) kewirausahaan terhadap motivasi dan keterampilan berwirausaha mahasiswa program studi Manajemen. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dan korelasi dengan pendekatan kuantitatif. Variabel penelitian ini adalah Pola Pikir (Mindet) kewirausahaan sebagai variabel dependent (Terikat), motivasi dan keterampilan berwirausaha sebagai variabel independent (Bebas). Penelitian ini merupakan penelitian populasi dengan responden mahasiswa program studi Manajemen Universitas Muhammadiyah Sorong angkatan 2014 yang berjumlah 116 mahasiswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan metode purposive sampling,,Teknik pengambilan data menggunakan kuesioner dan dokumentasi. Metode analisis data yang digunakan adalah regresi linier berganda dan sederhana. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Pola Pikir (Mindset) kewirausahaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap motivasi berwirausaha ditunjukkan oleh nilai Fhitung 38,963 dengan nilai signifikansi 0,000 dan R2 0,248 (2) Pola Pikir (Mindset)  kewirausahaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap keterampilan berwirausaha dengan ditunjukkan oleh nilai FHitung 21,708 dengan nilai signifikansi 0,000 dan R2 0,160.(3) Pola Pikir (Mindset)  kewirausahaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap keterampilan berwirausaha dengan ditunjukkan oleh nilai FHitung 22,019 dengan nilai signifikansi 0,000 dan R2 0,268.
PENGARUH BAURAN PEMASARAN TERHADAP PENJUALAN PADA PT. NESTLE INDOFOOD CITARASA INDONESIA DI MAKASSAR Rasyid, Nuraini; Rawi, Rais Dera Pua
SENTRALISASI Vol 7, No 2 (2018): Sentralisasi
Publisher : SENTRALISASI

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (297.403 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh bauran pemasaran yang terdiri dari harga, produk, distribusi dan promosi terhadap penjualan sambel Indofood pada PT. Nestle Citarasa Indonesia di Makassar.Sedangkan jenis penelitian adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode analisis data, 1) Analisis deskriptif digunakan untuk menjelaskan pengaruh bauran pemasaran yang terdiri dari harga, produk, distribusi dan promosi terhadap penjualan sambel Indofood. 2) Analisis regresi berganda mengukur keterkaitan unsur-unsur bauran pemasaran terhadap peningkatan penjualan sambel Indofood, persamaan yaitu : Y = b0 + b1 X1 + b2 X2 + b3 X3 + e. Hasil penelitian menunjukkan bahwa koefisien regresi memperlihatkan hasil koefisien konstanta (variabel Penjualan) adalah sebesar 3,173 dengan Thitung sebesar 3,574 dan nilai signifikansi sebesar 0,037, variabel Harga (X1) adalah sebesar 0,401 dengan Thitung sebesar 5,547 dan nilai signifikan sebesar 0,012, variabel Biaya Promosi (X2) adalah sebesar 0,751 dengan Thitung sebesar 12,498 dan nilai signifikan sebesar 0,001 dan untuk variabel Biaya Distribusi sebesar -0,098 dengan Thitung sebesar -7,955 dan nilai signifikan sebesar 0,004. Nilai Ttabel untuk uji ini adalah sebesar 1,943 yang diperoleh dengan alpha 5% dan df sebesar 6 (n-1). Jika kita bandingkan nilai Thitung koefisien konstanta dengan Ttabel, terlihat bahwa nilai Thitung lebih besar dari pada Ttabel, dan nilai signifikan yang lebih kecil dari pada alpha 5%, maka kesimpulan yang bisa diambil adalah menolak Ho yang berarti signifikan secara statistik
PERLINDUNGAN KONSUMEN DALAM PELABELAN PRODUK MENURUT EKONOMI ISLAM Wangsi, Mitta Muthia; Rawi, Rais Dera Pua
SENTRALISASI Vol 7, No 1 (2018): Sentralisasi
Publisher : SENTRALISASI

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (582.189 KB)

Abstract

Jenis penelitian ini adalah penelitian literer yaitu menggunakan buku – buku yang berkaitan dengan judul di atas. Sedangkan pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif. Dengan metode pengumpulan data yang berkaitan dengan materi pembahasan penulis menggunakan dokumenter. Dalam analisis data penulis menggunakan metode induktif dan deduktif yang kemudian dianalisa dengan menggunakan metode analitis deskriptif. Peneliti memperoleh hasil penelitian bahwa legalitas perundang-undangan perlindungan konsumen di indonesia telah diadopsi dari adanya peran ekonomi islam dalam menciptakan kesejahteraan para pelaku ekonomi yang berasaskan pada Al-Qur’an, Hadist dan penerapannya sejak zaman kekhilafahan. perlindungan konsumen merupakan salah satu upaya dalam penerapan pelaksanaan Ekonomi Islam untuk melindungi konsumen dan untuk memberikan rasa tanggung jawab kepada para pelaku usaha dalam setiap kegiatan produksi sehingga tercapailah keadilan ekonomi dalam setiap kegiatan pemenuhan kebutuhan (barang dan jasa).  Ada beberapa pihak yang mempunyai peran khusus dalam penerapan konsep perlidungan konsumen dalam pelabelan produk pangan diantaranya : pertama: individu, yaitu setiap orang harus sadar akan keberadaannya masing-masing sebagai pihak konsumen yang berhak mendapatkan hak-haknya dan sebagai pelaku usaha yang harus memperhatikan berbagai tanggung jawab berkaitan dengan produk yang dihasilkan. Kedua: pemerintah, pihak ini bertugas menetapkan peraturan (undang-undang) perlindungan konsumen dan memberikan pengawasan atau kontrol terkait dengan harga, kualitas, kadaluarsa yang tertulis di label suatu produk. Ketiga: lembaga perlindungan konsumen, lembaga swasta ini dibentuk dari beberapa masyarakat yang peduli akan pentingnya perlindungan konsumen demi terpenuhinya hak-hak para konsumen.
ANALISIS PENETAPAN TINGKAT SUKU BUNGA KREDIT UMUM DAN KREDIT PROGRAM PADA PT. BANK BRI (PERSERO) CABANG BARRU Haris, Abdul
SENTRALISASI Vol 7, No 2 (2018): Sentralisasi
Publisher : SENTRALISASI

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (226.972 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan dalam penetapan tingkat suku bunga kredit umum dan kredit program pada PT. Bank BRI (Persero) Cabang Barru.Sedangkan jenis penelitian ini, adalah menggunakan metode kuantitatif deskriptif dengan metode analisis data 1) Cost of Fund, 2) Laba Yang Diinginkan (Spread) 3) PPAP (Penghapusan Piutang Aktiva Produktif) dan 4) Overhead Cost.Dari perhitungan yang telah dilakukan, maka cost of fund Bank PT. Bank BRI Cabang Barru tahun 2015 dapat diperoleh dengan mengalikan tingkat suku bunga efektif masing-masing jenis dana dengan kontribusinya, lalu hasilnya masing-masing dijumlahkan, Dari perhitungan total biaya overhead PT. Bank BRI Cabang Barru sebesar Rp. 279.590.104.000. Sedangkan  aktiva produktif adalah semua aktiva yang dimiliki oleh bank dengan maksud untuk memperoleh penghasilan sesuai dengan fungsinya.
DETERMINAN KESEMPATAN KERJA PADA SEKTOR INFORMAL PERDAGANGAN DAN JASA DI KOTA AMBON Fernandus, Arce Yulita
SENTRALISASI Vol 5, No 2 (2016): Sentralisasi
Publisher : SENTRALISASI

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (507.208 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh upah, jenis usaha dan modal terhadap kesempatan kerja di Kota Ambon khususnya pada sektor informal. Penelitian ini dilakukan  pada perdagangan dan  jasa sektor informal di Kota Ambon. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer. Data primer tersebut berupa data hasil penelitian dengan metode wawancara aktif. Ada juga data diperoleh dari Badan Pusat Statistik kota Ambon. Alat analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis  regresi dengan uji statistic dan uji asumsi klasik. Berdasarkan Nilai Uji Regresi telah menbuktikan bahwa variabel tingkat upah sangat berpengaruh yang positif dan signifikan terhadap kesempatan kerja, dengan begitu variabel tingkat upah yang berbanding terbalik dengan kesempatan kerja yang tersedia di Kota Ambon. Dikarenakan sektor informal memberikan peluang kerja dan pendapatan yang mencukupi kebutuhan per hari  bagi setiap pekerja sehingga besar kecilnya upah yang diperoleh tidak memberikan pengaruh negatif terhadap kesempatan kerja yang tersedia. Dan untuk variabel jenis usaha dalam sektor informal khususnya perdagangan dan jasa  sangat berpengaruh yang positif dan signifikan terhadap kesempatan kerja, dengan begitu kesempatan kerja sangatlah tergantung dari jenis usaha yang tersedia di Kota Ambon. Jenis usaha di Kota Ambon dalam sektor infromal berkembang pesat mendorong terciptanya kesempatan kerja.  Sedangkan  variabel modal usaha tidak berpengaruh secara signifikan terhadap kesempatan kerja. Dikarenakan seluruh usaha pada sektor informal pada awal memulai usaha tidak membutuhkan modal besar dalam mengembangkan usaha tidak seperti usaha – usaha pada sektor formal yang membutuhkan modal besar dengan diikuti meningkatnya penyerapan tenaga kerja,  sehingga kesempatan kerja yang tersedia pada awal usaha di sektor informal tidak dipengaruhi oleh modal usaha. 
ANALISIS STRATEGI BAURAN PEMASARAN DALAM PENINGKATAN PENJUALAN KAPAL PADA PT. INDUSTRI KAPAL INDONESIA (PERSERO) MAKASSAR Haris, Abdul
SENTRALISASI Vol 7, No 1 (2018): Sentralisasi
Publisher : SENTRALISASI

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (495.598 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahu strategi yang dapat dilakukan untuk meningkatkan dan menguasai bangsa pasar pada PT. Industri Kapal Indonesia di Makassar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini ialah observasi dan wawancara. Adapun hasil dari penelitian ini disimpulkan bahwa Untuk mempertahankan kelangsungan hidup perusahaan maka perusahaan harus mengadakan peningkatan penjualan dan promosi produk secara intensif agar mampu bersaing di pasar yang akan menjadi tujuannya.
DETERMINASI PELATIHAN, MOTIVASI, GAJI, DAN KOMPENSASI UNTUK PRODUKSI (STUDI KASUS PADA CV ANUGRAH WALET INDONESIA) Arianto, Andika; Muhtarom, Abid; Ismail, Haris Bashory; Ruswaji, Ruswaji; Mahmudah, Henny
SENTRALISASI Vol 7, No 2 (2018): Sentralisasi
Publisher : SENTRALISASI

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (361.51 KB)

Abstract

Studied, salary has a dominant influence on productivity in CV. Anugrah Walet Indonesia. Economic growth in Indonesia is very rapid and causes the competition of the market is getting tighter. This study aims to determine the determination of training, motivation, salary, and compensation for CV production. Anugrah Walet Indonesia.This research uses descriptive method, in qualitative form using Probability Sampling technique. The sample of this research is 40 employees. This research uses validity test, reability, classical assumption, multiple linear regression, coefficient of determination, t test, and f test. This study uses EVIEWS 9 program. Partially there is significant influence between training, motivation, salary, and compensation to production at CV. Grace swallowed Indonesia. Simultaneously there is a significant influence between training, motivation, salary, and compensation on production in CV. Grace swallowed Indonesia. Among the 4 independent variables salary has a dominant influence on productivity on CV. Anugrah Walet Indonesia
PENGARUH KOMUNIKASI TERHADAP KINERJA PEGAWAI PADA BADAN KEPEGAWAIAN KABUPATEN TAMBRAUW Astuti, Putu Anggreyani Widya
SENTRALISASI Vol 5, No 2 (2016): Sentralisasi
Publisher : SENTRALISASI

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (537.043 KB)

Abstract

Kemampuan suatu organisasi dalam menghadapi tantangan era millennium tergantung pada kemampuan mobilisasi sumber daya manusia. Karakteristik yang menentukan dari sistem organisasi terletak pada sifat dalam mencapai sasaran. Sumber daya manusia dan perangkat kerja pada umumnya di organisasi untuk mencapai tujuan  –tujuan organisasi yang dinyatakan jelas. Komunikasi yang baik tidak hanya berbicara ataupun surat-menyurat saja, meskipun organisasi perkantoran telah menggunakan alat-alat komunikasi  yang mutahir dan memiliki pimpinan pandai berbicara yang dapat menyampaikan dengan cepat seluruh instruksi-instruksi, petunjuk, saran dan sebagainya, akan tetapi hal ini belum menjamin bahwa komunikasi telah dilakukan dengan baik. Peran pimpinan secara keseluruhan sangat signifikan dalam upaya tersebut, dimana kualitas sumber daya manusia sebagai aparatur pemerintah harus dijadikan motivator dalam mengkoordinir dan mengorganisir pegawai sehingga mampu berkomunikasi secara baik dalam era globalisasi saat ini. Populasi dalam penelitian ini adalah pegawai pada Badan Kepegawaian Tambrauw yang berjumlah 14 pegawai. Sampel yang penulis gunakan yaitu merupak sampel populasi yaitu sampel yang menggunakan seluruh populasi sampel, yaitu yang berjumlah 14 orang  pegawai. Metode analisis yang digunakan oleh penulis adalah dengan menggunakan korelasi product moment. Hasil penelitian yang diperoleh penulis adalah sebesar 0,74.  Yang artinya bahwa ada hubungan yang tinggi sekali antara pengaruh  komunikasi terhadap kinerja pegawai pada Badan Kepegawaian Kabupaten Tambrauw.

Page 1 of 3 | Total Record : 21