cover
Contact Name
Zaenal Arifin
Contact Email
arifin1169@gmail.com
Phone
-
Journal Mail Official
jurnaltheorems.unma@gmail.com
Editorial Address
-
Location
Kab. majalengka,
Jawa barat
INDONESIA
Theorems (The Original Research of Mathematics)
Published by Universitas Majalengka
ISSN : 2528102X     EISSN : 25414321     DOI : -
Core Subject : Education,
Journal of THEOREMS (The Original Research of Mathematics) published by Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Majalengka, that contains writings from innovative and relevant research and conceptual studies related to mathematics and / or the development of mathematics learning.
Arjuna Subject : -
Articles 57 Documents
Kelas Virtual Menggunakan E-Learning Berbasis Edmodo (Virtual Classes Using E-Learning Based on Edmodo) Santoso, Erik
Theorems (The Original Research of Mathematics) Vol 3, No 2 (2019)
Publisher : Theorems (The Original Research of Mathematics)

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (768.188 KB)

Abstract

ABSTRAKPerkembangan teknologi yang cepat membuat pandangan pembelajaran berubah pula. Dulu pembelajaran hanya dilakukan di dalam kelas dengan media cetak yang disedikan oleh guru, sekarang melalui pemanfaatan internet guru bisa melaksanakan pembelajaran dimana saja dan kapan saja. Oleh karena itu pembelajaran yang demikian dapat memfasilitasi guru untuk melaksanakan pembelajaran yang dinamis dan dapat mengontrol siswa dalam pembelajaran di luar kelas. Edmodo merupakan platform yang banyak digunakan dalam pembelajaran berbasis e-learning. Edmodo sudah dirancang sebagai facebooknya pembelajaran, guru dan siswa serta orang tua dapat melihat pembelajaran pada kelas Edmodo yang dinamakan dengan kelas virtual, yang menjadi siswa dalam kelas Edmodo sudah diatur terlebih dahulu oleh guru sehingga percakapan pembelajaran hanya dapat dilihat oleh guru dan siswa, sehingga tingkat privasi dapat lebih terjaga. Melalui platform yang disediakan oleh Edmodo guru mampu memberikan tugas berupa latihan, kuis baik dalam bentuk gambar, audion atau yang lainnya dengan mudah, melalui pemanfaatan Edmodo diharapkan bahwa guru bisa meningkatkan pemahaman siswa terhadap materinya dan adanya pembelajaran yang sifatnya dinamis dan efektif karena pembelajaran dapat dilaksanakan kapanpun dan dimanapun.Kata kunci: kelas virtual, e-learning, edmodoABSTRACTThe Rapid technological developments makes learning views change as well. In the past learning was only done in the classroom with print media provided by the teacher, now through the use of the internet teachers can carry out learning anywhere and anytime. Therefore such learning can facilitate teachers to carry out dynamic learning and can control students in learning outside the classroom. Edmodo is a platform that is widely used in e-learning based learning. Edmodo has been designed as a learning facebook, teachers and students as well as parents can see learning in Edmodo's class called virtual classes, which become students in Edmodo class have been arranged in advance by the teacher so that learning conversations can only be seen by teachers and students, so that the level privacy can be better maintained. Through the platform provided by Edmodo the teacher is able to provide assignments in the form of exercises, quizzes in the form of images, audio or others easily, through the use of Edmodo it is hoped that teachers can improve students' understanding of the material and the existence of dynamic and effective learning because learning can be implemented anytime and anywhere.Keywords: e-learning, edmodo, virtual class.
PENGARUH JENIS KELAMIN TERHADAP MINAT MELANJUTKAN STUDI KE PERGURUAN TINGGI (THE GENDER IMPACT ON INTEREST IN CONTINUING STUDY AT MATHEMATICS EDUCATION DEPARTMENT OF UNIVERSITY OF SINGAPERBANGSA KARAWANG) Attin Warmi, Alpha Galih Adirakasiwi,
Theorems (The Original Research of Mathematics) Vol 3, No 2 (2019)
Publisher : Theorems (The Original Research of Mathematics)

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1105.899 KB)

Abstract

ABSTRAKAdapun penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan menguji pengaruh jenis kelamin berpengaruh terhadap minat melanjutkan studi keperguruan tinggi pada jurusan pendidikan matematika di UNSIKA. penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif, dengan metode survei. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa/i kelas XII SMA yang berada di kecamatan Karawang Barat. Teknik pengambilan sampel proportional random sampling. Pengujian hipotesis meliputi uji normalitas,  analisis regresi linier sederhana dan uji koefisien determinasi. Dari hasil analisis tersebut diperoleh persamaan regresi Y = 168,044  + 1,649X dan hasil pengujian F untuk koefisien determinasi sebesar 2,.350. sedangkan R kritik (n = 70; dengan taraf signifikansi 5%) = 0,033. Berdasarkan hasil analisis regresi linier sederhan yang dilanjutkan dengan uji koefisien determinasi dengan menggunakan Program SPSS bahwa jenis kelamin hanya mempengaruhi minat melanjukan studi sebesar 3,3 %, sedangkan faktor lain yang mempengaruhi minat namun tidak diteliti oleh peneliti ada sebesar 96,7% Kata kunci: jenis kelamin, minat melanjutkan studiABSTRACTThe research aims to analyze and examine the influence of gender influencing the interest in continuing college studies in mathematics education department of UNSIKA. This study used a quantitative research with a survey method. The population in this study were the high school students in class XII in Kecamatan Karawang Barat. The samples were selected used proportional random sampling technique. The data was analyzed by testing the hypothesis, included normality test, simple linear regression analysis, and the determination coefficient test. From the results of the analysis, it is obtained a regression equation Y = 168,044 + 1,649X and F test results for the determination coefficient is 2,350; while R criticism (n = 70; with a significance level of 5%) is 0,033. Based on the results of a simple linear regression analysis followed by the determination coefficient test using the SPSS Program, it is known that gender only affects interest in continuing study at mathematics education department of UNSIKA by 3,3%, while the other factors that influence interest but not examined in this research affect by 96.7%.Keywords: gender, interest in continuing study
Analisis Keterampilan Berpikir Kritis Matematik Siswa Melalui Penerapan Strategi Pembelajaran SLIM-N-BIL (Analysis of Students Mathematical Critical Thinking Skills Through Learning Strategies of SLIM-N-BIL) Sholihat, M. Nuur’aini
Theorems (The Original Research of Mathematics) Vol 3, No 2 (2019)
Publisher : Theorems (The Original Research of Mathematics)

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (763.136 KB)

Abstract

ABSTRAKKeterampilan berpikir kritis merupakan modal dasar dalam mengambil keputusan dan memecahkan masalah. Untuk meningkatkan keterampilan tersebut, salah satu alternatifnya adalah menerapkan strategi pembelajaran SLIM-N-BIL (Spasial-visual, Linguistik-verbal, Interpersonal, Musikal-Ritmik, Naturalis, Badan-kinestetik, Intrapersonal, dan Logis-matematis). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keterampilan berpikir kritis matematik siswa setelah memperoleh strategi pembelajaran SLIM-N-BIL. Untuk mengarah kepada tujuan tersebut, maka penelitian ini menelaah keterampilan berpikir kritis matematik siswa dengan menggunakan strategi pembelajaran SLIM-N-BIL pada setiap siklus. Penelitian ini dilaksanakan dengan metode penelitian tindakan kelas dengan subjek penelitian siswa kelas V SD Tulus Kartika Bandung dengan jumlah siswa sebanyak 20 siswa. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi aktivitas siswa, tes formatif dan tes akhir untuk mengukur keterampilan berpikir kritis matematik siswa. Hasil penelitian ini keterampilan berpikir kritis matematik siswa pada setiap siklus berkategori baik, dan ketuntasan belajar klasikal siswa berkategori baik.Kata kunci: keterampilan berpikir kritis, strategi pembelajaran SLIM-N-BIL.ABSTRACTCritical thinking skills are the basic capital in making decisions and problemsolving. To improve these skills, one alternative is to implement SLIM-N-BIL learning strategies (Spatial-visual, Linguistic-verbal, Interpersonal, Musical-Rhythmic, Naturalist, Body-kinesthetic, Intrapersonal, and Logical-Mathematical). This study aims to determine the students' critical mathematical thinking skills after obtaining the SLIM-N-BIL learning strategy. Leading to this goal, this study examines students' critical mathematical thinking skills using the SLIM-N-BIL learning strategy in each cycle. This research was conducted with classroom action research methods with research subjects of fifth grade students of SD Tulus Kartika Bandung with a total of 20 students. The instruments were usedare student activity observation sheets, formative tests and final tests to measure students' critical thinking skills. The results of this study are the mathematical critical thinking skills of students in each cycle are good, and the completeness of learning classical students is good categorize.Keywords: critical thinking skills, SLIM-N-BIL learning strategies.
Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Melalui Pendekatan Model-Eliciting Activities (MEAs) Fadhiya, Abdul Rosyid dan
Theorems (The Original Research of Mathematics) Vol 2, No 2 (2018)
Publisher : Theorems (The Original Research of Mathematics)

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (154.735 KB)

Abstract

Abstrak— Tulisan ini bertujuan untuk menelaah peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa melalui pendekatan Model-Eliciting Activities (MEAs) ditinjau berdasarkan kemampuan awal matematis (KAM) siswa. Data KAM diperoleh melalui tes yang telah diberikan sebelum penelitian dilakukan. Data KAM pada tulisan ini adalah nilai ulangan harian siswa pada pokok bahasan sebelumnya yang kemudian dikelompokkan menjadi kategori Tinggi, Sedang, dan Rendah. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian eksperimen dengan desain nonequivalent control group design. Teknik analisis data yang digunakan meliputi Uji Normalitas, Uji Homogenitas, Uji  t, Uji t’, Uji Mann Whitney, serta Uji Anova Satu Jalur. Kelompok eksperimen adalah kelompok yang memperoleh pembelajaran matematika melalui pendekatan Model-Eliciting Activities (MEAs) sedangkan kelompok kontrol adalah kelompok yang memperoleh pembelajaran matematika secara konvensional yakni ekspositori. Dari  data hasil penelitian diperoleh rata-rata N-Gain kelas eksperimen 0,38 sedangkan rata-rata N-Gain kelas kontrol 0,25. Selanjutnya rata-rata N-Gain kelas eksperimen kelompok KAM tinggi 0,55; kelompok KAM sedang 0,34; kelompok KAM rendah 0,39. Sedangkan rata-rata N-Gain kelas kontrol KAM tinggi 0,32; kelompok KAM sedang 0,24; kelompok KAM rendah 0,27. Berdasarkan analisis yang dilakukan, diperoleh kesimpulan bahwa apabila ditinjau secara keseluruhan, peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang memperoleh pembelajaran matematika melalui pendekatan Model-Eliciting Activities (MEAs) lebih baik daripada peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang memperoleh pembelajaran matematika secara konvensional. Selanjutnya apabila ditinjau berdasarkan kategori KAM tinggi, sedang, dan rendah, tidak terdapat perbedaan peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis baik itu pada siswa yang memperoleh pembelajaran matematika melalui pendekatan Model-Eliciting Activities (MEAs) maupun pada siswa yang memperoleh pembelajaran matematika secara konvensional. Akan tetapi pada kategori KAM tinggi dan sedang, peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang memperoleh pembelajaran matematika melalui pendekatan Model-Eliciting Activities (MEAs) lebih baik daripada peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang memperoleh pembelajaran matematika secara konvensional, namun tidak pada kategori KAM rendah. Kata Kunci: Kemampuan Awal Matematis (KAM), Model-Eliciting Activities (MEAs), Pemecahan Masalah Matematis.
Pengaruh Strategi Metakognitif Terhadap Metakognisi Mahasiswa PGSD Nur Asyiah, Liyana Sunanto dan
Theorems (The Original Research of Mathematics) Vol 3, No 1 (2018)
Publisher : Theorems (The Original Research of Mathematics)

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (163.074 KB)

Abstract

Abstrak—Artikel ini bertujuan mengkaji pengaruh strategi metakognitif terhadap metakognisi mahasiswa tingkat satu Prodi PGSD Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Cirebon semester genap T.A 2016/2017 pada mata kuliah Konsep Dasar Matematika, dengan menggunakan metode penelitian model linier sederhana. Teknik analisis data yang digunakan untuk uji hipotesis menggunakan analisis regresi linier sederhana untuk mrengetahui signifikansi pengaruh strategi metakognitif terhadap metakognisi digunakan uji koefisien. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat pengaruh yang positif dan  signifikan pada penerapan strategi metakognitif terhadap metakognisi menggunakan SPSS menunjukan t hitung = 8,662 dengan tingkat signifikansi  0,000 < 0,05 pada metakognisi. Sehingga dapat disimpulkan strategi metakognitif berpengaruh terhadap metakognisi mahasiswa PGSD UMC. Kata kunci: Strategi metakognitif, Metakognisi.
PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIK Santoso, Erik
Theorems (The Original Research of Mathematics) Vol 1, No 1 (2016)
Publisher : Theorems (The Original Research of Mathematics)

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (120.242 KB)

Abstract

Tujuan utama dari pengajaran matematika disetiap jenjang pendidikan adalah terciptanya kemampuan peserta didik yang tercermin dalam kemampuan berfikir kritis, logis, sistematis dan memiliki sifat objektif serta displin dalam memecahkan suatu permasalahan matematik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan model GI terhadap kemampuan pemecahan masalah. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen.Data dalam penelitian ini diperoleh melalui postespemecahan masalah matematis peserta didik yang dilakukan diakhir setelah pembelajaran selesai pada kelas eksperimen dan kelas kontrol.Skor postes bertujuan untuk melihat kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik di kelas eksperimen dan kelas kontrol.Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data, serta dengan pengujian hipotesis dengan menggunakan taraf nyata pengujian α=5% diperoleh  kesimpulankemampuan pemecahan masalah matematik peserta didik yang pembelajarannya menggunakan model koperatif GI lebih baik dibandingkan dengan yang menggunakan model pembelajaran langsung. Hal ini berarti model koperatif GI berpengaruh positif terhadap kemampuan pemecahan masalah matematik Kata kunci: Kemampuan pemecahan masalah matematik, Model Pembelajaran Koperatif Group Investigation, Materi Eksponen dan Logaritma
Meningkatkan Ketuntasan Belajar Siswa SD Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Mind Mapping Jatisunda, M. Gilar
Theorems (The Original Research of Mathematics) Vol 3, No 1 (2018)
Publisher : Theorems (The Original Research of Mathematics)

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (183.741 KB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah kurang tercapai ketuntasan belajar siswa kelas V khususnya pada mata pelajaran Matematika materi Sudut.Peneltian ini merupakan penelitian tindakan kelas.Penelitian tindakan kelas dilaksanakan dalam dua siklus, masing-masing siklus terdiri dari dua tindakan.Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V yang berjumlah 30 siswa, yang terdiri dari 14 siswa laki-laki dan 16 siswa perempuan. Teknik yang digunkan dalam pengumpulan data adalah tes dan observasi serta diperkuat dengan dokumentasi dan catatan lapangan. Hasil penelitian menunjukan bahwa pelaksanaan pembelajaran dengan model pembelajaran kooperatif tipe mind mapping dapat meningkatkan ketuntasan belajar siswa.Ini ditunjukan dengan adanya peningkatan hasil tes dari setiap siklus mengalami peningkatan. Siklus I tindakan 1 rata-rata nilai siswa sebesar 72,5 dengan persentase keberhasilan siswa mencapai 50% dan tindakan 2 mencapai 66,66% dengan rata-rata 76,071. Sedangkan pada siklus II tindakan 1 nilai rata-rata siswa sebesar 80,185 dengan persentase keberhasilan siswa mencapai 80% dan tindakan 2 nilai rata-rata siswa mencapai 84,64 dengan persentase mencapai 86,66%. Penelitian dikatakan berhasil karena persentase keberhasilan siswa mencapai ≥80%.Kesimpulan penelitian bahwa model kooperatif tipe mind mapping dapat meningkatkan ketuntasan belajarsiswa. Kata kunci: Ketuntasan Belajar, Materi Sudut, Mind Mapping, Pembelajaran Kooperatif.
Penerapan Pembelajaran Peer Instruction With Structured Inquiry (Pisi) untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Ruswana, Angra Meta
Theorems (The Original Research of Mathematics) Vol 2, No 1 (2017)
Publisher : Theorems (The Original Research of Mathematics)

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (209.864 KB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya fakta bahwa proses pembelajaran yang dilakukan sampai saat ini adalah pembelajaran konvensional yang membuat siswa menjadi subjek yang kurang aktif sehingga kemampuan pemecahan masalah siswa masih berada pada kategori rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan pemecahan masalah siswa yang memperoleh pembelajaran Peer Instruction with Structured Inquiry (PISI) dibandingkan dengan siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi experiment dengan desain kelompok kontrol non ekuivalen. Populasinya siswa kelas VIII di SMP 1 Ciamis dan sampelnya adalah siswa kelas VIII-B sebagai kelas eksperimen (kelas PISI) dan VIII-C sebagai kelas kontrol (kelas konvensional) yang dipilih dengan cara purposive sampling. Alat uji yang digunakan adalah instrumen tes berupa tes kemampuan pemecahan masalah matematis. Berdasarkan pengolahan data menggunakan uji gain ternormalisasi, diperoleh hasil: Peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang memperoleh pembelajaran PISI lebih baik daripada siswa yang mendapat pembelajaran konvensional. Kata kunci: Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis, Peer Instruction with Structured Inquiry (PISI).
Mengembangkan Instrumen Pengukur Critical Thinking Skills Siswa pada Pembelajaran Matematika Abad 21 Arifin, Zaenal
Theorems (The Original Research of Mathematics) Vol 1, No 2 (2017)
Publisher : Theorems (The Original Research of Mathematics)

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (179.391 KB)

Abstract

Abstrak—Mengembangkan instrumen pengukur critical thinking skills atau keterampilan berpikir kritis bertujuan untuk memberikan gambaran bagaimana langkah atau cara-cara yang harus dilaksanakan oleh seorang pendidik dalam mengembangkan instrumen sebagai pengukur kemampuan berpikir kritis siswa, khususnya mengembangkan instrumen pada mata pelajaran matematika. Adapun langkah-langkah dalam mengembangkan instrumen pengukur critical thinking skills adalah menyusun spesifikasi instrumen, menulis instrumen, menelaah instrumen, melakukan ujicoba instrumen, menganalisis butir instrumen, memperbaiki instrumen, dan merakit instrumen. Spesifiksi instrumen menunjukkan keseluruhan karakteristik yang harus dimiliki suatu instrumen.Penulisan soal merupakan langkah menjabarkan indikator menjadi pertanyaan-pertanyaan yang karakteristiknya sesuai dengan perincian pada kisi.kisi yang telah dibuat. Kegiatan analisis instrumen dilakukan terhadap masing-masing butir soalyang telah diberi skor dengan menggunakan model penskoran dikotomi dan politomi. Memperbaiki tes berarti melakukan perbaikan-perbaikan terhadap soal-soal yang belum sesuai dengan yang diharapkan. Setelah semua butir soal yang disusun dianalisis dan diperbaiki, selanjutnya adalah merakit butir-butir soal tersebut menjadi satu kesatuan instrumen.   Kata kunci:Critical Thinking Skills, Pengembangan Instrumen, Pembelajaran Matematika Abad 21.
Penerapan Pembelajaran Berbasis Masalah dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa Warmi, Attin
Theorems (The Original Research of Mathematics) Vol 2, No 2 (2018)
Publisher : Theorems (The Original Research of Mathematics)

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (154.453 KB)

Abstract

Abstrak—Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui penerapan pembelajaran berbasis masalah dapat meningkatkan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa. Penelitian ini menggunakan desain kelompok kontrol pre-test dan pos-test yang melibatkan dua kelompok yaitu kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMPN 3 Karawang Barat. Sampel dari penelitian ini sebanyak dua kelas yaitu kelas VIII O sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 48 siswa dan kelas VIII K sebagai kelas kontrol berjumlah 48 siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini diperoleh dari  pemberian pretes dan postes kemampuan berpikir kreatif matematis. Teknik analisis data yang digunakan untuk melihat peningkatan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa yaitu dengan gain ternormalisasi(N-Gain), yaitu membandingkan skor pre-test dan pos-test.  Hasil uji normalitas data n-gain kedua kelas berasal dari populasi yang berdistribusi normal, sedangkan hasil perhitungan uji homogenitas nilai signifikansinya 0.008 kurang dari 0.05 artinya varians dari data tersebut tidak homogen. Dikarenakan salah satu uji prasyarat tidak terpenuhi maka untuk untuk melihat perbandingan peningkatan dua kelompok antara kelas eksperimen dan kelas kontrol  menggunakan uji Mann-Whitney. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa kemampuan berpikir kreatif matematis siswa yang melaksanakan pembelajaran berbasis masalah dapat meningkat lebih baik daripada siswa yang melaksanakan pembelajaran konvensional. Kata Kunci: Berpikir Kreatif, Pembelajaran Berbasis Masalah.