cover
Contact Name
Sobrul Laeli
Contact Email
Sobrul Laeli
Phone
-
Journal Mail Official
tadbir.muwahhid@unida.ac.id
Editorial Address
-
Location
Kota bogor,
Jawa barat
INDONESIA
TADBIR MUWAHHID
ISSN : 25794876     EISSN : 25793470     DOI : -
Core Subject : Education,
Tadbir Muwahhid Journal is a scientific journal covering aspects of Islamic Education Management and Tauhid-Based Management published twice in a year on every April and October with the submission process of manuscript is open throughout the year.
Arjuna Subject : -
Articles 120 Documents
IMPLEMENTASI MANAJEMEN ORGANISASI “HISADA” SEBAGAI WADAH KEPEMIMPINAN SANTRI Kholik, Abdul; Suharyati, Romlah Sri
TADBIR MUWAHHID Vol 1, No 2 (2017): Tadbir Muwahhid
Publisher : Universitas Djuanda

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (557.437 KB) | DOI: 10.30997/jtm.v1i2.957

Abstract

Organisasi HISADA (Himpunan Santri Daarul Uluum), memililki peran strategis dalam keberlangsungan proses pendidikan di sekolah Daarul Uluum. Sebagai sebuah organisasi di lingkungan sekolah, HISADA dituntut untuk bisa menjadi wadah dalam menumbuhkan jiwa kepemimpinan santri yang merupakan salah satu tujuan sekolah. Oleh sebab itu, pelaksanaan manajemen organisasi HISADA menjadi sangat penting dalam pencapaian salah satu tujuan sekolah yang lebih efektif dan efisien. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan fungsi manajemen organisasi HISADA terkait perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan pengawasan. Data yang dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Validitas data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakn uji kredibilitas yang dilakukan dengan memperpanjang waktu penelitian, meningkatkan ketekunan peneliti dan triangulasi data. Hasil penelitian ini menggambarkan bagaimana fungsi-fungsi manajemen organisasi HISADA yang terdiri dari: 1) perencanaan operasional yang dilakukan untuk jangka waktu satu tahun melalui musyawarah kerja HISADA sebagai langkah awal dari bentuk wadah kepemimpinan santri; 2) pengorganisasian dilakukan melalui beberapa tahapan hingga menghasilkan struktur organisasi HISADA dengan susunan personalia dan pembagian tugas yang terbagi ke dalam delapan bagian pada organisasi HISADA; 3) pelaksanaan dalam organisasi HISADA berjalan dengan baik melalui beberapa kegiatan yang sudah dirumuskan dalam program kerja pada setiap bagian organisasi HISADA yang dapat mengasah jiwa kepemimpinan santri meskipun masih ada hambatan yang dialami; 4) bentuk pengawasan yang dilakukan oleh pengurus HISADA  dalam organisasi HISADA adalah bentuk pengawasan langsung dan tidak langsung. Pengawasan secara langsung dilakukan ketua dan wakil HISADA kepada pengurus organisasi dan santri lainnya. Sementara itu, pengawasan tidak langsung dilakukan dengan menunjuk jasus (mata-mata).KATA KUNCI: kepemimpinan, manajemen, organisasi, santri.  IMPLEMENTATION OF “HISADA” ORGANIZATIONAL MANAGEMENT AS A OF STUDENT’S LEADERSHIP FACILITATOR ABSTRACTAssociation of Santri Darul Ulum or usually called as HISADA, has a strategic role in the continuity of education process at Daarul Uluum School. As an internal school organization, HISADA is required to be a facilitator in growing the soul of santri leadership which is known as one of the school goals. Therefore, implementation of HISADA organizational management becomes very important in achieving one of the school goals to be more effective and efficient. The purpose of this study was to describe HISADA management functions related to planning, organizing, implementing and monitoring. Data were collected through observation, interviews, and documentation. The study used a qualitative approach with case study method. The validity of the data used a credibility test conducted by prolonging the time of research, was increasing research and triangulation of data persistence. The results of this study is to describe: 1) operational planning conducted for a period of one year through HISADA work deliberation, 2) organizing carried out through several stages to enhance HISADA organizational structure, 3) implementation of HISADA’s program goes well even though there are some obstacles to be minimized, 4) supervision form conducted by the board of HISADA is both direct and indirect supervision.
PENGARUH KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH TERHADAP KINERJA GURU Sauri, Asep Sopian; Widyasari, Widyasari; Sesrita, Afridha
TADBIR MUWAHHID Vol 2, No 1 (2018): Tadbir Muwahhid
Publisher : Universitas Djuanda

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (529.941 KB) | DOI: 10.30997/jtm.v2i1.1160

Abstract

Rendahnya kapasitas guru dan kualitas guru disebabkan beberapa faktor, diantaranya yaitu rendahnya level dari pendidikan guru. Guru yang tidak memahami secara mendalam substansi ilmu keguruan, mayoritas guru menjalankan profesinya hanya sebatas dengan rutinitas mengajar biasa, tanpa memperhatikan nilai-nilai pendidikan bagi peserta didik. Kepemimpinan kepala sekolah membawa imbas terhadap kapasitas serta dapat mengembangkan kualitas guru serta meningkatkan kompetensi-kompetensi guru, sehingga berdampak positif dalam proses pembelajaran. Salah satu tindakan yang di implementasikan dalam memajukan pendidikan yang terdapat di Indonesia yaitu dengan membina kepala sekolah yang tak hanya berkompeten dalam satu bidang tapi berkompeten dibidang lainnya. Penelitian ini memiliki dampak kepemimpinan kepala sekolah kepada kinerja guru. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dan jenis penelitian korelasi fungsional. Data dikumpulkan melalui teknik observasi, wawancara, serta kuesioner. Teknik analisis data dibantu dengan menggunakan SPSS 21. Penelitian ini menampakkan bahwa terdapat pengaruh gaya kepemimpinan bagi kepala sekolah terhadap kinerja guru. Aspek yang berperan dalam kepemimpinan kepala sekolah serta cara kerja guru yaitu dengan  keinginan serta pemahaman guru akan perbaikan kinerjanya dan gurupun siap dibimbing demi terciptanya bobot pendidikan yang berkapasitas tinggi. Kepala sekolah mendukung peran serta guru dalam aktivitas KKGKata kunci: kepemimpinan, kinerja guru, pengaruh. EFFECT OF PRINCIPAL LEADERSHIP TO TEACHER PERFORMANCEABSTRACTThe low performances of teacher and the quality of teachers due to several factors, including the low level of teacher education, teachers who do not deeply understand the substance of science teacher, the majority of the teachers run the profession is limited to regular teaching routines without paying attented to the educational values for learners. Leadership of a principal can have of effect on performance as welling as to improvisation of the professionalism of teacher and then improve teacher competencies in ordered to have a positive of impact in the learning of process. One from the government's steps in advancing educations in Indonesia is by fostering principals who are nohing only competent in one field but competent in other fields. This research aims to determited the influence of principals from leadership on teacher performance. This research uses quantitative approach and type of functional correlation research. Data were collected through observation techniques, interviews, and questionnaires. Data analysis techniques assisted by using SPSS21. This results showing that there is influence between principal leadership and the teacher performance. Aspects that play a roling in the leaderships of at principal and the performanced of teacher that is with the desire and awareness of teachers will improve performance and gurupun ready in guidance for the creation of quality education quality. The principal supports teacher participation in KKG activities.
PENDIDIKAN KEPUTRIAN DALAM PEMBENTUKAN KEPRIBADIAN MUSLIMAH YANG TERAMPIL Kholifah, Siti
TADBIR MUWAHHID Vol 5, No 1 (2016): Jurnal Ta'Dibi
Publisher : Universitas Djuanda

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (836.871 KB) | DOI: 10.30997/jtm.v5i1.337

Abstract

Pendidikan keputrian adalah proses mendidik yang dilakukan oleh pendidik dalam perubahan watak, perilaku dan kepribadian seseorang yang berhubungan dengan segala hal kegiatan keputrian, baik masalah remaja putri maupun wanita dewasa. Kegiatan ekstrakurikuler merupakan kegiatan diklat di luar jam yang tercantum pada struktur kurikulum. Tujuan pendidikan keputrian dalam kegiatan ekstrakurikuler yaitu untuk menambah bekal dalam kehidupan sehari-hari santri dan mengeksplor bakat yang dimiliki santri, sehingga bakat yang dimiliki dapat tersalurkan dan berkembang dengan baik.Kepribadian muslimah yaitu pribadi yang senantiasa segala perbuatan dan ucapannya didasarkan kepada Al-Qur’an dan Hadits. Pribadi muslimah dapat terbentuk dari kebiasaan seseorang dalam bersikap sehari-hari. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah pendidikan keputrian yang berada di dalam kegiatan ekstrakurikuler tata rias dan kegiatan ta’lim dapat membentuk santri putri menjadi pribadi muslimah yang terampil atau tidak. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan studi kasus, yaitu suatu pendekatan untuk mempelajari, menerangkan, atau menginterpretasikan suatu kasus dalam konteksnya secara natural tanpa adanya intervensi pihak luar. Maknanya peneliti mengadakan telaah secara mendalam tentang suatu kasus. Dari hasil penelitian yang dilakukan oleh peneliti memperoleh data bahwa pendidikan keputrian yang diadakan pada kegiatan ekstrakurikuler tata rias dan kegiatan ta’lim belum sepenuhnya dapat membentuk kepribadian muslimah di karenakan waktu kegiatan yang hanya sebentar, namun dalam keterampilan para santri sudah terampil dalam berbagai hal.
PENGARUH KINERJA GURU PAI TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA Selvia, Eva
TADBIR MUWAHHID Vol 4, No 1 (2015): Jurnal Ta'Dibi
Publisher : Universitas Djuanda

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (553.533 KB) | DOI: 10.30997/jtm.v4i1.345

Abstract

Interest is a very important thing for the students in the learning process. Students who have an interest in him to learn, then the student can easily absorb the lessons he had learned. On the contrary, in the absence of interest and attention within a student's response to what he had learned, students will not be able to master the subject matter which he had learned it well. Therefore, interest in studying students is very noteworthy and enhanced by teachers as educators at the school. To generate interest, students learning the many ways that can be used, one of them the performance of teachers in may teach. The performance is a manifestation of a person's behaviour with the orientation of achievement. The performance of the teacher in the learning process of how a teacher to plan learning activities learning, implementing, and assessing learning outcomes. This research is quantitative types of research. The withdrawal of the sample size using a simple random sampling method, and the collection of data in this study is the question form, interview, observation and documentation. As for the data analysis techniques using simple regression. Finallay, the results prove that there is a positive and significant influence from Islamic teacher performance against learning interest of students in public high schools 1 Caringin Bogor, so the better the Islamic teacher performance then learning interest of students will be getting better.
PENGARUH KEGIATAN KEROHANIAN ISLAM (ROHIS) TERHADAP PENGEMBANGAN AFEKTIF SISWA Anwar, Muktamar
TADBIR MUWAHHID Vol 4, No 2 (2015): Jurnal Tadibi
Publisher : Universitas Djuanda

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (625.551 KB) | DOI: 10.30997/jtm.v4i2.188

Abstract

Kegiatan kerohanian Islam dapat menjadi sarana yang sangat efektif bagi proses pengembangan afektif peserta didik terutama di sekolah menengah atas negeri yang kegiatan pembelajaran terbatas oleh waktu. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kegiatan kerohanian Islam terhadap pengembangan afektif siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa koefisien F sebesar 43,859 dan P-value = 0,000 yang lebih kecil dari α = 0,025. Maka disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara kegiatan kerohanian Islam terhadap pengembangan afektif siswa.
ADAB PESERTA DIDIK MENURUT IMAM AN-NAWAWI DALAM KITAB ATTIBYAAN FII AADAABI HAMALAT AL-QUR’AN Budiman, Wandi
TADBIR MUWAHHID Vol 4, No 1 (2015): Jurnal TaDibi
Publisher : Universitas Djuanda

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (738.256 KB) | DOI: 10.30997/jtm.v4i1.329

Abstract

Adab has an important role for human life, so that became one of the manners of the Prophets mission in this world. Adab is also one aspect of the Indonesian national education goals. Learners as those who are seeking knowledge should make adab as a handle in the education process, so that the knowledge learned into useful knowledge. The problem of adab has great attention over time, scholars, including Imam an-Nawawi. Through the book at-Tibyaan Fii ÉdÉbi hamalat al-QurÉn, Imam an-Nawawi discusses some points of adab that must be possessed by a learner in his education.
EFEKTIVITAS KEPEMIMPINAN KARISMATIK KYAI DALAM MENINGKATKAN KINERJA GURU Ajan, A; Mahruddin, Amir; Mulyana, Muhammad Agus
TADBIR MUWAHHID Vol 2, No 1 (2018): Tadbir Muwahhid
Publisher : Universitas Djuanda

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (63.989 KB) | DOI: 10.30997/jtm.v2i1.1143

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis data tentang efektivitas kepemimpinan kharismatik kyai dalam meningkatkan kinerja guru di Pondok Pesantren Terpadu Darussyifa Al-Fithroh Perguruan YASPIDA Sukabumi. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa kepemimpinan kharismatik kyai di Pondok Pesantren Terpadu Darussyifa Al-Fithroh adalah : kepemimpinan kharismatik “efektif”. Keefektifan tersebut diperoleh dari perhitungan kai kuadrat yang diperoleh harga x2o 119, 3925. Hasil ini kemudian dapat dibandingkan dengan harga kritik (taraf signifikansi) x2t 5% dengan dk 8 = 15,507. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa x2o (observasi) lebih besar dibandingkan x2t (tabel) pada taraf signifikansi 5%. Penelitian ini direkomendasika kepada Kyai dan Guru di Pondok Pesantren sebagai bahan referensi dalam meningkatkan efektivitas kepemimpinan kharismatik Kyai dalam meningkatkan kinerja guru Di Pondok Pesantren Terpadu Darussyifa Al-Fithroh Perguruan YASPIDA Sukabumi.Kata kunci: efektivitas, kepemimpinan kharismatik, kinerja guru.THE EFFECTIVENESS OF KYAI KHARISMATIC LEADERSHIP IN IMPROVING TEACHER PERFORMANCETHE EFFECTIVENESS OF KYAI KHARISMATIC LEADERSHIP IN IMPROVING TEACHER PERFORMANCEABSTRACTThis study aims to find and analyze data about the effectiveness of kharismatic leadership of the Cleric in improving teacher performance in integrated islamic boarding school Darussyifa Al-Fithroh YASPIDA Sukabumi. This research is a kind of quantitative research. The results of this study suggest that the cleric charismatic leadership in in integrated islamic boarding school Darussyifa Al-Fithroh is "effective" charismatic leadership. The effectiveness is obtained from Kai Square calculations obtained by price x2o 119, 3925. This result can then be compared with the criticism price (significance level) x2t 5% with dk 8 = 15,507. Thus it can be concluded that x2o (observation) is greater than x2t (table) at 5% significance level. This research is recommended to cleric and teacher in boarding school as reference material in improving the effectiveness of cleric’s charismatic leadership in improving teacher performance In integrated islamic boarding school Darussyifa Al-Fithroh YASPIDA School of Sukabumi. 
SIGNIFIKANSI DISIPLIN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK Andalucy, Sayu Safira; Nasution, Syamsuddin Ali; Bisri, Hasan
TADBIR MUWAHHID Vol 1, No 2 (2017): Tadbir Muwahhid
Publisher : Universitas Djuanda

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (691.379 KB) | DOI: 10.30997/jtm.v1i2.954

Abstract

Tujuan penelitian untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh disiplin belajar dalam  pembelajaran terhadap hasil belajar pada mata pelajaran akidah akhlak. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, asosiatif berupa sebab akibat. Penggunaan sampel sebanyak 55 siswa dari populasi 122 siswa. Teknik pengambilan hasil data menggunakan angket skala bertingkat, observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan signifikansi persamaan regresi dengan hasil nilai Fhitung25.932 dan Ftabel dengan dfreg=1 dfres=53  adalah 4,03 pada taraf 5%. Dengan demikian Fhitung> Ftabel (25.932> 4,03) sehingga H0 ditolak, artinya terdapat pengaruh yang signifikan antara disiplin belajar dengan hasil belajar siswa mata pelajaran akidah akhlak. Hasil koefisien determinasi yaitu 0.5732 = 0.328 artinya hasil yang ada dalam proses belajar siswa pada mata pelajaran akidah akhlak sebesar 32.8% dipengaruhi oleh disiplin belajar. Sedangkan 64.6% hasil belajar siswa mata pelajaran akidah akhlak dipengaruhi oleh faktor lain.KATA KUNCI: akidah akhlak, disiplin belajar, hasil belajar.  THE INFLUENCE OF LEARNING DISCIPLINE AGAINST STUDENTS AT SUBJECT AQEEDAH MORALSABSTRACTThe purpose of research to determine whether or not the influence of learning discipline in instructional process of learning outcomes on the subjects of moral aqid. This research used quantitative, associative approach in the form of cause and effect. The sample use of 55 students from the population of 122 students. The data collection technique used multilevel scale questionnaire, observation, interview and documentation. The results showed the significance of regression equation with the result value of Fh25.932 and Ft with dfreg = 1 dfres = 53 is 4.03 at 5% level. Thus Fh> Ft (25.932> 4.03) so that Ho is rejected, it means there is a significant influence between the learning discipline with student learning outcomes subjects akidah akhlak. The result of coefficient of determination is 0.5732 = 0.328 means that the results of existing in the learning process of students on the subject of moral aqid is 32.8% influenced by the discipline of learning. While 64.6% of students learning achievement subjects akidah akhlak influenced by other factors. 
PENGARUH KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL KEPALA SEKOLAH TERHADAP KINERJA GURU DI MA MIFTAHUL HUDA DAN MA FATHAN MUBINA Inayatillah, Siti
TADBIR MUWAHHID Vol 5, No 1 (2016): Jurnal TaDibi
Publisher : Universitas Djuanda

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (513.018 KB) | DOI: 10.30997/jtm.v5i1.336

Abstract

Kepemimpinan pendidikan berkaitan dengan masalah kepala sekolah dalam meningkatkan kesempatan untuk mengadakan pertemuan secara efektif dengan para guru dalam situasi yang kondusif. Dalam hal ini perilaku kepala sekolah harus dapat mendorong kinerja para guru dengan menunjukan rasa bersahabat, dekat, dan penuh pertimbangan terhadap para guru, baik sebagai individu maupun sebagai kelompok. Oleh karena itu seorang pemimpin mencerminkan suatu gaya kepemimpinan yang dijalankannya. Tujuan dari penelitian ini adalah Untuk mengetahui pengaruh Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah terhadap Kinerja Guru di MA Miftahul Huda dan MA Fathan Mubina. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian kausal komparatif. Populasinya diambil sampel seluruh guru yang ada di MA Miftahul Hudadan MA Fathan Mubina yang berjumlah 29 orang. Teknik pengumpulan data adalah obsrevasi, wawancara, angket dan dokumentasi. Adapun teknik data yang digunakan adalah statistik deskriftif, yaitu Uji-t (Uji beda). Hasil penghitungan Uji-t yang ditunjukkan dari pernyataan bahwa meningkatnya kinerja guru karena kepemimpinan transformasional dengan nilai t-hitung sebesar 3,259 dan t-tabel 2,048 dengan ketentuan taraf signifikansi 5%. Maka hasil akhir penghitungan menyatakan signifikansi dan hipotesis yang diajukan diterima. Dengan demikian terdapat pengaruh yang positif antara kepemimpinan transformasional kepala sekolah terhadap kinerja guru MA Miftahul Huda dan MA Fathan Mubina.
PENGELOLAAN TAHFIDZUL QURAN MODEL PONPES LKiD Bisri, Hasan
TADBIR MUWAHHID Vol 5, No 1 (2016): Jurnal TaDibi
Publisher : Universitas Djuanda

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (489.806 KB) | DOI: 10.30997/jtm.v5i1.424

Abstract

Penelitian dilatarbelakangi adanya perkembangan pondok pesantren tahfidzul quran dengan berbagai macam model pengelolaan. Lembaga Kaderisasi Da’i dan Imam Masjid (LKiD) merupakan salah satu pondok pesantren yang memiliki praktik baik dalam penyelenggaraan program tahfidz. Dalam upaya mendalami praktik baik tersebut maka dilakukan penelitian yang terkait dengan pengelolaan tahfidz Alquran model LKiD. Tujuan penelitian untuk: 1) mendeskripsikan bentuk pengelolaan tahfidz pesantren LKiD, 2) mensosialisasikan praktik baik pengelolaan tahfidz Alquran model LKiD. Data dikumpulkan melalui multimetode yakni wawancara, observasi, dan dokumentasi. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif jenis studi kasus. Analisis data dengan teknik umum penelitian kualitatif, sedangkan interpretasi secara analisis induktif. Hasil penelitian menyimpulkan sebagai berikut: 1) halaqah Alquranmerupakan bentuk pembelajaran yang menjadi ciri khas LKiD dalam mengelola pendidikan tahfidz; 2) Pencapaian proses pendidikan santri dievaluasi secara periodik dan berkelanjutan menurut waktu dan jumlah hapalan; 3) Para musrif halaqah secara rutin memperoleh arahan/pembinaan melalui evaluasi; 4) Program pengembangan lanjutan para santri/musrif dilakukan kepada santri yang telah hapal 30 juz.

Page 1 of 12 | Total Record : 120