cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota medan,
Sumatera utara
INDONESIA
RAUDHAH
ISSN : -     EISSN : -     DOI : -
Core Subject : Education,
Arjuna Subject : -
Articles 53 Documents
PENGEMBANGAN KEAGAMAAN ANAK USIA DINI Khadijah, Khadijah
RAUDHAH Vol 4, No 1 (2016): RAUDHAH
Publisher : UIN Sumatera Utara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (326.077 KB)

Abstract

Religious early childhood that everything related or associated withattitudes, rituals and beliefs of children who are religious. Religiousdevelopment in children starts from the fairly tale stage and The realisticstage. As for religious properties owned subsidiary that is unreflective,egocentric, anthromorphis, verbalis and ritualists, imitative and awe /admiration. Religious values in children can be developed through theexample, habituation, advice, stories, songs and gift-giving. While theconstraints faced by parents/educators in internalize religious values are:1) parents/educators are less able to provide good role model, 2) theneighborhoods where children live less support or do not have consistencyin habituation, 3) lack of control storytelling techniques, and 4) parents /educators more berkomentator on childrens negative behavior, and oftenignore the positive behavior of children.Kata Kunci:Pengembangan, Keagamaan, Anak Usia Dini.
PENGARUH METODE BERCERITA TERHADAP PERKEMBANGAN KOKAKATA ANAK USIA 5-6 TAHUN DI RA HAJJAH SITI SYARIFAH KECAMATAN MEDAN TEMBUNG LilisDarmila, Lilis
RAUDHAH Vol 6, No 1 (2018): RAUDHAH
Publisher : UIN Sumatera Utara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (269.84 KB)

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui 1) Untuk mengetahui perkembangan kosakata anak usia dini pada kelas yang tidak menggunakan metode bercerita, 2) Untuk mengetahui perkembangan kosakata anak usia dini pada kelas yang menggunakan metode bercerita, 3) Untuk mengetahui pengaruh signifikanmetode bercerita terhadap perkembangan kosa kata anak usia 5-6 tahun di RA Hajjah Siti Syarifah Kec. Medan Tembung. Populasi dalam penelitian ialahseluruhanakkelas B sedangkansampeldalampenelitianiniberjumlah 30 anak. Instrumen yang digunakan dalam penelitian adalah lembar observasi. Teknik analisis data yang digunakan adalahuiji-F dan uji-t. Berdasarkan hasil pembahasan dari pengujian hipotesis perkembangan kosakata anak diperoleh thitung> ttabel, yaitu 3,442>1,701  maka H0 ditolak dan Ha ­diterima. Yang artinya metode bercerita berpengaruh terhadap perkembangankosakata di RA Hajjah Siti Syarifah Kecamatan Medan Tembung T.A 2017/2018.Kata kunci:     Metode Bercerita, Perkembangan Kosakata
PERAN KUALITAS KEMELEKATAN ANAK TERHADAP PERILAKU SOSIAL Nasution, Fauziah
RAUDHAH Vol 4, No 2 (2016): RAUDHAH
Publisher : UIN Sumatera Utara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (706.017 KB)

Abstract

attachment is a relationship between two people who have emotional ties that last a long time caused one to feel comfort, pleasure and confidence in other, and it can form attachment behavior. Every baby has experience different attachment so you can find patterns of attachment, namely: secure attachment, attachment avoidance, resistance and clinging attachment disorganization.  The development of attachment to the baby began to rise in the first half, the quality of which is owned by infant attachment may affect social behavior in the future.  With a secure attachment baby will be able to interact socially with good, do not get frustrated, have achievements, and the development of the whole of their competence, as well as the management of true emotions
PENGARUH PERMAINAN OUTBOUND TERHADAP KECERDASAN KINESTETIK ANAK PADA KELOMPOK B DI BANDAR KLIPPA Thalia, Siti
RAUDHAH Vol 6, No 2 (2018): RAUDHAH
Publisher : UIN Sumatera Utara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (111.249 KB)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Masalah dalam penelitian ini berdasarkan hasil observasi yaitu kurangnya kecerdasan kinestetik  anak dalam hal melenturkan gerakan tubuhnya. Contohnya ketika disuruh untuk berjalan zig-zag, berjalan menggunakan satu kaki dan mengikuti beberapa macam gerakan senam anak masih kaku dan beberapa anak hanya diam saja.Jenis penelitian ini adalah Pre-Experimental Design (intact-group comparision). Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan dua kelas kelompok yang memiliki karakteristik yang sama yaitu kelas B1 dan kelas B2. Penentuan sample kelas dilakukan secara acak (random) dengan jumlah sample tiap kelas sebanyak 15 orang anak. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah  observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah statistik deskriptif dan statistik diferensial.Hasil penelitian menunjukkan bahwa Berdasarkan hasil observasi kecerdasan kinestetik anak yang diberi perlakuan menggunakan permainan outbound terdapat pengaruh yang signifikan positif dari hasil perhitungan hipotesis dengan tingkat kepercayaan 95% thitung (3,628) > ttabel (1,701) pada taraf α=0,05. Sehingga dapat disimpulkan bahwa permainan outbound berpengaruh secara signifikan terhadap kecerdasan kinestetik anak kelompok B di Raudhatul Athfal As-Salam.Kata kunci:  Permainan Outbound, Papan Titian, Kecerdasan Kinestetik..
PENGARUH KEGIATANFINGER PAINTING TERHADAP KREATIVITAS ANAK PADA KELOMPOK B DI RAUDHATUL ATHFAL ISLAMIYAH KELURAHAN PADANG MERBAU Mardiah, Siti
RAUDHAH Vol 6, No 1 (2018): RAUDHAH
Publisher : UIN Sumatera Utara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (126.708 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) Kreativitas anak di Raudhatul Athfal Islamiyah menggunakan kegiatan Finger Painting, (2) Kreativitas anak menggunakan kegiatan mewarnai di RA Islamiyah (3) Pengaruh yang signifikan kegiatan Finger Painting terhadap Kreativitas Anak di RA Islamiyah.Jenis penelitian ini adalah Pre Eksperimental Design. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh rata-rata nilai pada kelas eksperimen 6,26 sehingga kreativitas anak di kelas eksperimen masuk dalam kategori berkembang sesuai harapan. Sedangkan nilai rata-rata pada kelas kontrol 2,46, sehingga kreativitas anak belum maksimal berkembang. Berdasarkan hasil hipotesis yang menyatakan bahwa thitung>ttabelyaitu thitung  sebesar 4,61 dan ttabelsebesar 2,131 pada taraf α = 0,05 dan tingkat kepercayaan 95 %. Sehingga dapat disimpulakan bahwa kegiatan finger painting berpengaruh secara signifikan terhadap kreativitas anak di Raudhatul Athfal Islamiyah Tahun Pelajaran 2017-2018. Kata kunci:     Kreativitas, Kegiatan Finger Painting
MENGOPTIMALKAN PERKEMBANGAN KOGNITIF ANAK MELALUI KEGIATAN BERMAIN Rohani, Rohani
RAUDHAH Vol 4, No 2 (2016): RAUDHAH
Publisher : UIN Sumatera Utara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (564.209 KB)

Abstract

Cognitive is a process of thinking is the ability of individuals to connect, assess and consider an incident or event. Associated with increased cognitive development of childrens ability to think, solve problems, make decisions, intelligence and talent of children.Cognitive Aspects develops when children play is the child able to improve attention and concentration, is able to bring creativity, capable of divergent thinking, train memory, develop perspectives, and develop language skills.The game is one of the media learning fun for children. The game can stimulate cognitive development in children.
UPAYA MENINGKATKAN KREATIVITAS ANAK MELALUI PENERAPAN MIND MAP DI RA AL-KAMAL KEC. PERCUT SEI TUAN LAU DENDANG Yuliarti, Yuliarti Yuliarti
RAUDHAH Vol 6, No 2 (2018): RAUDHAH
Publisher : UIN Sumatera Utara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (129.392 KB)

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui 1) perkembangan kreativitas anak sebelum diterapkan mind map di ra al-kamal, 2) perkembangan kreativitas anak sesudah diterapkan mind map di ra al-kamal, 3) penerapan mind map dapat meningkatkan kreativitas anak di ra al-kamal. Jenis penelitian yang digunakan adalah PTK. Subyek dalam penelitian ini sebanyak 20 orang anak. Instrumen yang digunakan dalam penelitian adalah lembar observasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah data deskritif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peningkatan kreativitas anak meningkat setelah adanya tindakan melalui penerapan mind map. Pada saat dilakukan observasi pratindakan, persentase kreativitas sebesar 50%, kemudian mengalami peningkatan pada Siklus I sebesar 60% dan pada pelaksanaan Siklus II juga mengalami peningkatan sebesar 80%. Langkah-langkah yang ditempuh sehingga kreativitas anak meningkat adalah: kegiatan pra-pengembangan, kegiatan pengembangan, dan kegiatan penutup.  Kata kunci:  kreativitas, mind map
KONSEP DASAR PELAKSANAAN BIMBINGAN KONSELING Arsini, Yenti
RAUDHAH Vol 5, No 1 (2017): RAUDHAH
Publisher : UIN Sumatera Utara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (132.252 KB)

Abstract

Bimbingan konseling merupakan proses bantuan yang diberikan oleh guru BK kepada peserta didik, baik secara perorangan maupun secara kelompok agar mampu mandiri dan berkembang secara optimal, baik dalam bidang pribadi, belajar, sosial dan karir dengan melalui berbagai jenis layanan dan kegiatan pendukung, berdasarkan norma-norma yang berlaku agar mampu mandiri dan berkembang secara optimal. Dalam pelaksanaan kegiatan konseling di sekolah seorang guru BK harus perlu memahami secara benar dan tepat tentang konsep dasar penyelenggaraan BK di sekolah, sehingga pelaksanaan BK di sekolah sesuai dengan keilmuan yang ada. Oleh karena itu seorang guru BK harus  terus menggali pengetahuan mereka tentang BK itu sendiri, sehingga menjadi seorang guru BK yang profesional dan berpengalaman.
MANAJEMEN : PENDEKATAN TEORI ETIKA DAN MORALITAS suhairi, suhairi
RAUDHAH Vol 5, No 2 (2017): RAUDHAH
Publisher : UIN Sumatera Utara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (99.926 KB)

Abstract

Etika merupakan pola perilaku seseorang atau sesuatu badan/lembaga dalam organisasi sebagai kelaziman yang dapat diterima interaksi denganlingkungannya. Kenyakinan dalam diri seseorang menjadi faktor pendoronguntuk melakukan atau tidak sesuatu. Moralitas seseorang menjadi faktorpendorong terbentuknya perilaku yang sesuai dengan etika, tetapi nilai-nilaimereka bertentangan dengan nilai etika yang berlaku dalam lingkungannya.Bentuk moralitas manajer akan dipengaruhi oleh latar belakang budaya,pendidikan, pengalaman dan karakter individu. Prinsip seorang manajemenmenyakini seseorang untuk dapat diarahkan yang tercipta keindahan, kebaikan, keadilan, kebenaran dan kebersamaan terhadap dilingkungan tersebut.
PENGARUH KEGIATAN BERMAIN KONSTRUKTIF TERHADAP KEMAMPUAN MENGENAL BENTUK GEOMETRI PADA ANAK KELOMPOK B DI RA SABILA AMANDA Hrp, TryAstuti Ningsih
RAUDHAH Vol 6, No 2 (2018): RAUDHAH
Publisher : UIN Sumatera Utara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (87 KB)

Abstract

Tujuan penelitian untuk mengetahui: 1) tingkat kemampuan mengenal bentuk geometri pada anak dengan melakukan kegiatan bermain konstruktif; 2) tingkat kemampuan mengenal bentuk geometri pada anak tanpa melakukan kegiatan bermain konstruktif; 3) pengaruh kegiatan bermain konstruktif terhadap kemampuan mengenal bentuk geometri. Jenis penelitian yaitu pre-experimental designs (intact-group comparison). Populasi sebanyak 50 anak dan sampel sebanyak 30 anak. Instrumen penelitian menggunakan test. Analisis data menggunkan uji tingkat kecenderungan variabel penelitian, uji-t dan uji pengaruh. Hasil penelitian menunjukan bahwa ada pengaruh positif kegiatan bermain konstruktif terhadap kemampuan mengenal bentuk geometri pada anak kelompok B di RA Sabila Amanda sebesar 2,961. Sedangkan, perbandingan hasil yang diperoleh dari kelas eksperimen lebih tinggi daripada nilai kelas kontrol. Hasil tersebut dapat lihat berdasarkan nilai rata-rata yang diperoleh  kelas eksperimen sebesar 16,8 dan nilai rata-rata kelas kontrol sebesar 10 dan perhitungan menggunakan uji-t dengan α = 0,05 diperoleh bahwa thitungttabel ( 9,84 2,048).