cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota medan,
Sumatera utara
INDONESIA
JURNAL TARBIYAH
ISSN : 08542627     EISSN : 25974270     DOI : -
Tarbiyah Journal published by Tarbiyah Science and Teacher Training Faculty, State Islamic University of North Sumatera Medan, Medan City, North Sumatera Province,Indonesia Tarbiyah Journal is published since 1993 for Vol.1, No.1 and have gotten ISSN on May 29, 2007. This journal focuses on scholarly writing and articles of Tarbiyah science, Education and Islamic studies in the form of study, conceptual, reserach results, book review and biography.
Arjuna Subject : -
Articles 103 Documents
EVALUASI KETERAMPILAN LABORATORIUM MAHASISWA MENGGUNAKAN ASESMEN KEGIATAN LABORATORIUM BERBASIS KOMPETENSI PADA PELAKSANAAN PRAKTEK PENGALAMAN LAPANGAN Maknun, Djohar
JURNAL TARBIYAH Vol 22, No 1 (2015)
Publisher : UIN Sumatera Utara Medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (527.823 KB) | DOI: 10.30829/tar.v22i1.4

Abstract

Pelayanan kegiatan laboratorium/praktikum merupakan salah satu unsur dan upaya yang tidak dapat dipisahkan dari pembelajaran sains IPA secara menyeluruh. Untuk memenuhi kebutuhan pendidikan terhadap kegiatan laboratroium yang semakin meningkat baik jumlah maupun mutunya, maka peranan laboratorium sains (biologi) baik dalam bentuk rujukan kegiatan lab sains maupun bentuk lainnya perlu dikembangkan dan ditingkatkan. Penelitian ini menggunakan metode riset dan pengembangan (Research and Development). Asesmen berbasis kompetensi yang dikembangkan meliputi empat dimensi kompetensi dalam asesmen berbasis kompetensi yaitu; (1) task skills, (2) contingency management skills, (3) task management skills, dan (4) role/job environment skills. Desain yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan Pre Experimen Design (Quasi experiment). Kegiatan praktikum di Jurusan Tadris IPA Biologi IAIN Syekh Nurjati Cirebon kurang mengembangkan keterampilan laboratorium, kompetensi keterampilan lab mahasiswa kategori sedang sampai tinggi. Efektivitas asesmen yang digunakan untuk mengevaluasi keterampilan lab mahasiswa sudah cukup tinggi. Keunggulan asesmen yang digunakan, dapat secara rinci mengevaluasi keterampilan lab mahasiswa berdasarkan kriteria/indikator kerja yang jelas, sedangkan kelemahannya memerlukan waktu yang ekstra dan metode penilaian yang komprehensif untuk mendapatkan data hasil evaluasi yang lebih valid. Faktor-faktor pendukung untuk mengembangkan keterampilan lab mahasiswa, antara lain keberadaan lab, alat, dan bahan praktikum, dan adanya panduan praktikum, sedangkan faktor penghambat adalah keterbatasan waktu praktikum, serta kerusakan dan keterbatasan alat. Kata Kunci: Evaluasi, Keterampilan Lab, Asesmen, Kompetensi, PPL
PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR MAHASISWA MELALUI PENERAPAN GROUP INVESTIGATION BERBANTU MEDIA MICROBLOGGING EDMODO Ginting, Pirman
JURNAL TARBIYAH Vol 24, No 2 (2017)
Publisher : UIN Sumatera Utara Medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (993.736 KB) | DOI: 10.30829/tar.v24i2.196

Abstract

Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang bertujuan untukmeningkatkan prestasi belajar mahasiswa pada Mata Kuliah English Syntax. Subjek Penelitian adalah mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris FKIP UMSU. PTK tersebut dilaksanakan dalam tiga siklus pembelajaran melalui pendekatan kualitatif-kuantitatif untuk mendapatkan data penelitian. Data kuantitatif diperoleh melalui pemberian tes, sedangkan data kualitatif didasarkan pada hasil observasi aktivitas mahasiswa dan dosen dalam kegiatan pembelajaran.Data penelitian dianalisis melalui kajian-kajian reflektif pada setiap siklusnya. Hasil analisis data menunjukkan bahwa pada siklus Itelah terjadi peningkatan hasil belajar mahasiswa dengan persentase keberhasilan 38,10% dibandingkan dengan hasil belajar mahasiswa sebelum diberikan tindakan pada siklus I (23,91% mahasiswa yang berhasil). Namun, pada siklus ini masihditemui beberapa kekurangan karena sebagian besar mahasiswa belum terbiasa dengan kondisi belajar melalui model pembelajaran Group Investigation. Kekurangan pada siklus I terlihat dari masih rendahnya tingkat aktivitas mahasiswa dalam proses pembelajaran dengan persentase rata-rata 67,26%, aktivitas dosen 75,05%, dan kemampuan mahasiswa dengan skor perolehan rata-rata hanya mencapai 71,90 dengan persentase keberhasilan 54,35%. Dalam siklus kedua, aktivitas proses belajar mengajar berjalan lebih baik. Aktivitas mahasiswa dan dosen dalam pembebelajaran mengalami peningkatan dengan skor persentasi 71,88% dan 83.77%,dengan tingkat kelulusan 58,70%. Penguasaan mahasiswa terhadap materi juga mengalami peningkatan dengan nilai rata-rata 74,40%. Pelaksanaan siklus III ini bertolak dari permasalahan pada tahap tindakan II. Hasil rata-rata nilai kemampuan mahasiswa terhadap penguasaan materi yang diperoleh pada tindakan III adalah 85,83, dengan tingkat kelulusan 91,30%. Nilai rata-rata aktivitas mahasiwa dalam PBM adalah 78,80%. Sementara, aktivitas dosen dalam pembelajaran juga mengalami perbaikan dengan baik, dengan persentasi 87,70%. Berdasarkan hasil analisis Data tersebut di atas dapat disimpulkan bahwa Model Pembelajaran Group Investigation berbantu media microblogging edmodo secara signifikan dapat meningkatkan prestasi belajar mahasiswa, khususnya pada Mata Kuliah English Syntax. Keywords: Prestasi Belajar, Group Investigation, Microblogging Edmodo, Syntax
KAJIAN PSIKOLOGI LINTAS BUDAYA TENTANG STRES PENGASUHAN PADA IBU Daulay, Nurussakinah
JURNAL TARBIYAH Vol 23, No 2 (2016)
Publisher : UIN Sumatera Utara Medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1059.656 KB) | DOI: 10.30829/tar.v23i2.115

Abstract

Positive parenting spend with their children is indispensable in influencing their development. Especially the role of mothers in foster emotional closeness of mother and child attachment relationship. Parents (especially mothers) are directly involved in the caring of children throughout the day. The amount of burden felt by the mother as the closest figure in parenting as well as a figure who must work outside the home to help the familys economic costs, these conditions can be stressful parenting. Conditions of stress and negative emotions will cause the mothers mothers experience of delay in the parenting process. It would be bad in parenting because of stress and negative emotions are often experienced by the mother behaves is not healthy, not positive and will exacerbate the situation of children, such as child neglect even violent behavior toward his son. The importance of the mother also has been studied, including by Gray (2003) that there was evidence suggesting that the burden of parenting more weight falls on mothers than fathers (Moes, Koegel, Schreibman & Loos, 1992 (in Marshall & Long, 2010) , and the mother will suffer more emotionally the load (Gray, 2003, in Marshall & Long, 2010).Keywords: Mother, stressors, negative emotions, parenting stress
IMPLEMENTASI TES PSIKOLOGI DALAM BIDANG PENDIDIKAN Daulay, Nurussakinah
JURNAL TARBIYAH Vol 21, No 2 (2014)
Publisher : UIN Sumatera Utara Medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (574.599 KB) | DOI: 10.30829/tar.v21i2.13

Abstract

Tes psikologi merupakan alat yang digunakan oleh psikolog dalam melakukan penilaian terhadap individu sesuai dengan tujuan dari diberikannya tes tersebut. Tes psikologi ini dirasakan sangat esensial bagi para pendidik, para konselor (guru pembimbing), serta para orangtua dalam memahami potensi-potensi, bakat atau kemampuan siswa. Dalam menyajikan fungsi-fungsi hasil tes psikologis, tes psikologis dapat digunakan sebagai suatu alat prediksi, suatu bantuan diagnosis, suatu alat pemantau (monitoring), dan sebagai suatu instrument evaluasi. Khususnya dalam bidang pendidikan, data hasil tes psikologi biasanya dimanfaatkan untuk seleksi calon anak didik penjurusan atau pemilihan program studi perencanaan studi anak didik pada tingkat yang lebih tinggi, program bimbingan karir, penanganan pada kasuskasus tertentu yang sering terjadi dalam dunia pendidikan, seperti siswa yang mengalami kesulitan belajar, anak berbakat, kesulitan dalam penyesuian diri, gangguan dalam konsentrasi, disleksia, dan sebagainya.Kata kunci : Tes psikologi, anak, pendidikan
Sekularitas Dan Spritualitas: Mencari Format Integrasi Ilmu Untuk Konstruksi Kurikulum Pendidikan Islam Nasution, Abdusima
JURNAL TARBIYAH Vol 25, No 1 (2018)
Publisher : UIN Sumatera Utara Medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (900.515 KB) | DOI: 10.30829/tar.v25i1.243

Abstract

One of the most desirable objectives of Islamic education is the realization of a harmonious civil society between faith, science and morals. Science without faith is blind, faith without science is paralysis, while the integration between faith and science will manifest in morals. In its operational level, as a guide to educational indicators, it is contained in a stage called the curriculum. Achievements and successes of education are also determined by the curriculum. Building a framework of Islamic education curriculum quality ideally combines rational and soul which in term is known as secularity and spirituality. With these two principles will fill the science and faith later. Therefore, the Prophet SAW hinted for the goodness in the world and life hereafter is knowledge.  The integration between knowledge and religious knowledge should be covered in curriculum.
IMPROVING THE STUDENTS’ SPEAKING SKILL THROUGH REPORT ANIMAL TEXT BY ADOPTING NUMBERED HEAD TOGETHER STRATEGY AT THE ELEVENTH GRADE OF MAN 2 MODEL MEDAN Ramadhan, Achmad
JURNAL TARBIYAH Vol 24, No 1 (2017)
Publisher : UIN Sumatera Utara Medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (901.653 KB) | DOI: 10.30829/tar.v24i1.132

Abstract

This research was conducted by using Classroom Action Research (CAR). This research aimed to improve the students’ speaking skill through report animal text by adopting Numbered Head Together strategy. The subject of this research was the eleventh grade of IPS-2 (social class) MAN 2 Model Medan which consisted of 38 students. This research was conducted in two cycles which every cycle consisted of two meetings. Based on the speaking test, the students’ score kept improving in every cycle. In the pre-test, there were 10 students (26,32%) who has passed the test. In the post-test I, there were 27 students (71,05%) who has passed the test. In the post-test II, there were 31 students (81,57%) who has passed the test. From the students’ score in every cycle, it was could be concluded that students’ score keep improve in every cycle. Based on the data analyzed of observation sheet, interview report, and diary notes, it was could be concluded that the learning process run well and the students were active, enthusiastic and interested in learning speaking English. The result of the research showed that report animal text significantly could improve the students’ speaking skill at the eleventh grade of MAN 2 Model Medan.
LITERASI INFORMASI DAN KRITIS: URGENSI, PERSPEKTIF ISLAM, DAN INTEGRASI DALAM KURIKULUM PENDIDIKAN MULYONO, HERRY
JURNAL TARBIYAH Vol 22, No 2 (2015)
Publisher : UIN Sumatera Utara Medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (693.178 KB) | DOI: 10.30829/tar.v22i2.30

Abstract

Pesatnya perkembangan perangkat TIK berdampak pada penyebaran informasi yang berlebihan. Sayangnya, respon dunia pendidikan khususnya sekolah masih bertumpu pada akses terhadap informasi dan kemampuan peserta didik dalam menggunakan perangkat teknologi TIK tersebut. Artikel ini membahas tentang pentingnya literasi pendidikan dan kritis, integrasi pendidikan literasi informasi dan kritis dalam kurikulum pendidikan, dan implikasinya dalam kelas pembelajaran. Artikel ini dikembangkan kedalam empat bagian. Bagian pertama berjudul Memahami literasi informasi dan kritis mempresentasikan definisi operasional dari literasi informasi dan kritis yang digunakan dalam artikel ini. Bagian kedua mendiskusikan tentang pentingnya mengenalkan dan memiliki literasi informasi dan kritis. Perspektif Islam terkait literasi informasi dan kritis disajikan dalam bagian ke-tiga. Bagian keempat fokus pada integrasi literasi informasi dan kritis.
PENERAPAN TEORI BRUNER DAN PETA KONSEP DALAM MENINGKATKAN PENALARAN DAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA Ardat, Ardat
JURNAL TARBIYAH Vol 21, No 1 (2014)
Publisher : UIN Sumatera Utara Medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (508.177 KB) | DOI: 10.30829/tar.v21i1.224

Abstract

This study starts from the low ability of reasoning and understanding of the math concepts students with the root of the problems caused by the use of teachers teaching model less relevant and very limited use of learning media. The study aims to determine: (1) whether the application of Bruners theory with the help of concept maps can enhance students mathematical reasoning, (2) whether the application of Bruners theory with the help of concept maps can enhance students understanding of concepts, and (3) describe the activity levels of students in the application of theory Bruner with the help of concept maps. This research a classroom action research. Subjects in this study were students of class XI SMA 20 field totaling 40 people. Object of study is the increase in students mathematical reasoning and understanding through learning to use Bruners theory with the help of a concept map on the subject of Opportunity. The results of the data analysis an average score of 72.2 mastery of prerequisite. From the results of the study concluded that the application of mathematics learning using Bruners theory with the help of concept maps can enhance students reasoning and understanding of mathematics, and their lessons take place either by reviewing the observations of students activities. Based on this conclusion it is expected that the findings of this study can be used as a reference for the improvement of reasoning and understanding of math concepts students
PENDIDIKAN BERBASIS NILAI (ANALISIS TEORI DAN IMPLEMENTASI) Nurjunaedah, Nida
JURNAL TARBIYAH Vol 21, No 2 (2014)
Publisher : UIN Sumatera Utara Medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (705.024 KB) | DOI: 10.30829/tar.v21i2.19

Abstract

Unsur-unsur pendidikan berbasis nilai dapat ditemukan tidak hanya dalam materi pelajaran, tetapi dalam gaya atau metode belajar yang digunakan, penjadwalan kelas, kegiatan ekstrakurikuler, dan keterlibatan orang tua. Pendidikan berbasis nilai diatur untuk mengamankan pembangunan yang membutuhkan keterpaduan lengkap antara tubuh, pikiran, dan hati, serta penyaluran energi kehidupan dalam kegiatan pembelajaran yang berkontribusi terhadap pertumbuhan kepribadian anak baik internal maupun eksternal. Pendidikan berbasis nilai merupakan instrumen untuk mencapai cita-cita kehidupan. Pendidikan yang tidak membantu mengungkapkan kebajikan manusia tidak akan melakukan apapun yang baik untuk masyarakat, melainkan akan menyesatkan keseluruhan kemanusiaan. Pendidikan sebagai instrumen harus dirumuskan atas nilai-nilai. Pembelajaran nilai, norma, dan etika, diharapkan dapat mengembalikan karakter bangsa kepada esensinya. Untuk mengembalikan karakter bangsa, pemerintah memberlakukan kurikulum 2013 yang menekankan pada pembelajaran nilai dan norma.Key Word: pendidikan, kurikulum, nilai, karakter
MODEL IMPLEMENTASI KEBIJAKAN PENGEMBANGAN ILMU BERPARADIGMA ISLAMI DALAM AKSELERASI PENCAPAIAN VISI DAN MISI KONVERSI IAIN SUSQA PEKANBARU KE UIN SUSKA RIAU Darwis, Amri
JURNAL TARBIYAH Vol 21, No 1 (2014)
Publisher : UIN Sumatera Utara Medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (670.272 KB) | DOI: 10.30829/tar.v21i1.223

Abstract

This article is the results of the research about “Evaluation of policy of developing Islamic paradigm knowledge”. It is the ultimate mision of converting Islamic Higher Education which has a status as State Islamic Institution (IAIN) to be State Islamic University (UIN). Because of the image of IAIN is considered trapped in the dicotomy of knowledge, then it was more focused on Islamic studies and seems ignoring the seculer studies. Therefore, the new mision is fostered “the Integration of Knowledge and Islam” This paper is the policy research by reviewing the sides of the problems on the fields particularly the policy implementation model of developing Islamic paradigm of knowledge as the ultimate mision of converting IAIN to UIN Suska Riau that still left behind other elements which have progress very rapidly. The form of this research is developing model. After being analyzed various models of implementation of policy. Thus, accordance with the method of research, the model treatment have been tested in the faculty of Education and Teacher Training, and Faculty of Social Science and Economy Faculty. The results, from various models developed such as Top Down model, Buttom up, and Hybridge, Hybridge model is considered more effective and efficient to be applied. While, the main contraint from interview results conducted at the faculty level evidently have no any models, guidances, and instructions about developing islamic paradigm of knowledge, either at the general faculties and religious faculties.

Page 1 of 11 | Total Record : 103