cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota kupang,
Nusa tenggara timur
INDONESIA
Jurnal Media Elektro
ISSN : 22526692     EISSN : -     DOI : -
Jurnal Media Elektro adalah merupakan jurnal ilmiah yang menyajikan artikel yang bersifat original tentang pengetahuan dan informasi riset ataupun aplikasi riset dan pengembangannya. Jurnal ini merupakan sarana publikasi dan karya riset beserta pengembangannya di bidang teknologi. Untuk penulis yang berminat untuk Pemuatan artikel di jurnal ini, maka dapat dialamatkan ke email:media.elektro.undana@gmail.com. Artikel yang masuk akan diseleksi oleh editor. Jurnal ini terbit secara berkala sebanyak dua kali dalam setahun.
Arjuna Subject : -
Articles 48 Documents
Aplikasi Android Untuk Mendiagnosa Penyakit Tena, Silvester; Manafe, Beby H. A.; Ndoloe, Welmy M
Jurnal Media Elektro Vol 5, No 2 (2016): Oktober 2016
Publisher : Universitas Nusa Cendana

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

 Sistem pakar merupakan suatu sistem yang dirancang untuk dapat menirukan keahlian seorang pakar dalam memecahkan masalah. Salah satu permasalahan dalam dunia kesehatan yakni mengenai penyakit mata. Mata merupakan organ tubuh yang wajib dijaga kesehatannya. Kemampuan masyarakat sangat minim dalam mengidentifikasi gejala awal penyakit yang dideritanya dan keterbatasan tenaga ahli sehingga diperlukan sistem pakar. Sistem pakar dapat membantu dokter untuk mendiagnosa penyakit mata yang dialami secara dini dengan mengidentifikasi gejala awal yang dialami.Dalam mendiagnosa penyakit mata menggunakan sistem pakar diperlukan suatu metode untuk memberikan hasil diagnosa yang dapat dipercaya keakuratannya. Metode Certainty Factor merupakan suatu metode yang dapat diterapkan pada sistem pakar. Metode ini memberikan hasil diagnosa yang disertai dengan nilai tingkat kepastian dari tiap penyakit yang diderita oleh pasien. Sistem pakar ini dikembangkan pada media smartphone berbasis android, sehingga memudahkan pengguna dalam pemakaian secara portabel.Pengujian pada sistem pakar ini dilakukan dengan membandingkan hasil diagnosa yang diberikan oleh pakar dan hasil diagnosa dari sistem pakar pada 40 kasus penyakit mata yang diperoleh dari RSUD S.K Lerik Kota Kupang. Penyakit mata yang didiagnosa yakni Katarak, Hordeolum, Corpus alienum kornea, Pterygium, Glaukoma dan Konjungtivitis karena paling sering dialami oleh masyarakat. Hasil pengujiannya menunjukkan bahwa sistem pakar memberikan hasil yang akurat karena disertai dengan nilai kepastian yang menggambarkan tingkat keyakinan dari pakar mengenai penyakit yang kemungkinan diderita pasien. Persentase keakuratan sistem pakar yang dibuat mencapai 92.5%.
REKONFIGURASI JARINGAN TEGANGAN MENENGAH 20 kV UNTUK PENINGKATAN KUALITAS PENYALURAN DAYA SISTEM KELISTRIKAN KAMPUS UNDANA PENFUI KUPANG Sampeallo, Agusthinus S.; Nursalim, Nursalim; Sado, Kristoforus Kato
Jurnal Media Elektro Vol 6, No 2 (2017): OKTOBER 2017
Publisher : Universitas Nusa Cendana

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Universitas Nusa Cendana Kupang merupakan salah satu pelanggan tenaga listrik dari PT. PLN (Persero) Cabang Kupang Rayon Kupang dengan kontrak daya sebesar 650 kVA dan tegangan sistem 20 kV. Masukan dari sistem kelistrikan undana dimulai dari gardu hubung milik PLN yang terletak didalam kampus undana kemudian daya diteruskan  ke gardu kubikel milik undana. Keluaran dari gardu kubikel akan disalurankan melalui jaringan tegangan menengah yang terdiri atas tiga jalur utama yakni, jalur Rektorat lama, Rektorat Baru, dan jalur Kedokteran. Ketiga jalur distribusi tegangan menengah tersebut akan melayani tujuh buah transformator. Masalah utama yang terjadi pada sistem kelistrikan undana penfui adalah sering terjadinya pemadaman yang disebabkan oleh pembembanan lebih pada salah satu jalur beban yakni pada jalur rektorat lama yang mensuplai lima buah transformator.Tujuan dari penelitian ini adalah melakukan rekonfigurasi jaringan tegangan menengah 20 kV untuk peningkatan kualitas penyaluran daya sistem kelistrikan kampus undana penfui kupang agar tidak terjadi pembembanan lebih pada salah satu jalur beban sehingga tidak menyebabkan ketidak seimbangan beban.Dari hasil analisa kondisi eksisting sistem kelistrikan kampus undana penfui kupang adalah sumber akan memberikan daya P = 0.31164421 MW, Q = 0.12765602 Mvar, atau      S = 0.439300 MVA dengan cos phi 0.85. dengan total losses daya secara keseluruhan adalah 0.0001258 MW. Sedangkan hasil rekonfigurasi sistem kelistrikan kampus undana penfui kupang adalah sumber akan memberikan daya P = 0.40599625 MW, Q = 0.16497407 Mvar, atau S = 0.57097032 MVA dengan cos phi 0.85. dengan total losses daya secara keseluruhan adalah 0.000062325 MW.
Disain Sistem Pengindraan Level Intensitas Curah Hujan berbasis Minicomputer Lami, H; Pella, S. I.
Jurnal Media Elektro Vol 7, No 1 (2018): APRIL 2018
Publisher : Universitas Nusa Cendana

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Intensitas curah hujan mempunyai peran yang penting bagi pertanian di Indonesia, terutama pada daerah-daerah potensial lahan kering. Penelitian ini bertujuan membangun sebuah sistem yang dapat memonitor curah hujan dan melaporkannya secara otomatis ke sebuah komputer server yang daoat diakses oleh setiap pihak yang  membutuhkan. Protoype sistem yang dibangun terdiri dari sensor ultrasonic dan minicomputer Raspberry Pi 3 mode B+ yang terhubung ke jaringan internet. Raspberry Pi mengakses sensor ultrasonic untuk membaca level ketinggian air pada wadah penampung curah hujan secara berkala, mengolahnya untuk mendapatkan data curah hujan dan menyimpan data tersebut dalam sebuah database. Sebuah server pusat bertugas untuk mengumpulkan data curah hujan dari setiap titik pengambilan sampel. Publik dan mengakses data sensing sdari tiap wilayah menggunakan teknologi website.
Sistem Pengaturan Motor DC Menggunakan Proportional Integral Derivative (PID) Kontroler Nursalim, Nursalim
Jurnal Media Elektro Vol 1, No 1: April 2012
Publisher : Universitas Nusa Cendana

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melakukan pengendalian putaran Motor DC dengan menggunakan sistem kendali PID  (Propotional Integral Derivative). Untuk melihat kinerja dari PID maka akan dibandingkan dengan Motor DC yang menggunakan kontroler PI (Propotional  Integral)). Dari hasil percobaan yang telah dilakukan didapatkan hasil bahwa motor DC yang menggunakan kontroler PID pada saat starting tanpa beban membutuhkan waktu yang lebih cepat yaitu 0.066 detik. Sedangkan motor DC yang menggunakan kontroler  PI membutuhkan waktu 2.345 detik. Pada saat pemberian beban, Motor DC yang menggunakan kontroler PID membutuhkan waktu pemulihan untuk kembali mencapai steady state sesuai setpoint (100 Rad/s) adalah 0.34 detik. SedangkanUntuk Motor DC yang menggunakan kontroler PI membutuhkan waktu pemulihan untuk kembali mencapai steady state sesuai setpoint (100 Rad/s)adalah 0.411 detik.
Desain Sistem Penggerak Panel Surya Menggunakan Board Arduino Uno R3 I. Ati, Nebayot Frangky; Nursalim, Nursalim; Sampeallo, Agusthinus S.
Jurnal Media Elektro Vol 5, No 2 (2016): Oktober 2016
Publisher : Universitas Nusa Cendana

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Kemampuan menghasilkan energi listrik pada Pembangkit Listrik Tenaga  Surya sangat bergantung pada besar dan lamanya pancaran sinar matahari yang mengenai permukaan panel surya. Pergerakan matahari dari timur ke barat secara berkala setiap harinya merupakan masalah dalam mengoptimalkan Pembangkit Listrik Tenaga Surya jika menggunakan panel surya yang statis. Hal ini disebabkan karena panel surya tidak dapat menyerap energi matahari secara maksimal. Untuk mengatasi masalah tersebut, maka dirancang suatu panel surya yang dapat bergerak mengikuti pergerakan matahari secara otomatis menggunakan microcontroller  (Arduino uno R3)  dan Light Dependent Resistor (LDR) Sebagai sensornya. Hasil pengujian yang diperoleh pada panel surya yang bergerak mengikuti pergerakan matahari menghasilkan tegangan rata-rata 6,4776 Volt sedangkan panel surya dengan posisi statis dengan sudut  90º  adalah 5,9790. Hasil ini menunjukkan bahwa kinerja sistem penggerak panel surya yang menggunakan arduino uno R3 lebih optimal dan output tegangan rata-rata lebih besar dibandingkan panel surya konvensional pada sudut 90º. 
OPTIMASI PUBLIC SWITCHED TELEPHONE NETWORK ( PSTN ) MENGGUNAKAN ALGORITMA GREEDY DAN ALGORITMA STAR DENGAN PT. TELKOM KUPANG SEBAGAI MODEL Maggang, Amin A; Manafe, Beby H. A.
Jurnal Media Elektro Vol 6, No 1 (2017): April 2017
Publisher : Universitas Nusa Cendana

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Kualitas dari sebuah jaringan telepon dapat dilihat dari kemampuan jaringan untuk melewatkan semua aliran trafik. Jaringan dikatakan memiliki kualitas yang baik atau optimum, apabila jaringan mampu untuk melewatkan semua trafik sesuai dengan Grade of Service (GoS) yang ditawarkan. Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan model jaringan telepon dengan aliran trafik yang optimum sehingga dapat ditentukan link untuk menghubungkan suatu sentral dengan sentral lainnya dengan pemakaian kapasitas sirkit yang optimum. Pengoptimasian aliran trafik ini dilakukan dengan menggunakan algoritma greedy dan algoritma star. Penelitian ini menggunakan 9 sentral/node. Dimana intensitas trafik yang digunakan adalah intensitas trafik yang paling maksimum dan minimum diantara kesembilan sentral tersebut. Yang nilainya masing-masing adalah 176.7 erlang dan 0 erlang. Nilai intensitas trafik ini, digunakan untuk membangkitkan trafik secara acak agar mendapatkan nilai intensitas trafik rata-rata pada setiap sentral yang kemudian direpresentasikan dalam matriks T dan matriks U. Nilai kedua matriks ini yang  dipakai oleh algoritma Greedy dan algoritma Star untuk memodelkan jaringan. Dengan diperolehnya model jaringan ini kemudian dicari matriks D untuk perhitungan Z(T). Dari hasil simulasi yang diperoleh dari kedua algortima, menunjukan bahwa model jaringan yang dihasilkan oleh algortima Star adalah model jaringan yang optimum karena dari 30 kali percobaan model jaringan algortima Star memiliki nilai Z(T) lebih kecil dibandingkan dengan nilai Z(T) algoritma Greedy.
PENGEMBANGAN SISTEM INFORMASI BERBASIS WEBSITE SEBAGAI MEDIA PUBLIKASI KEGIATAN UNGGULAN BAGI SMP MUHAMMADIYAH KOTA KUPANG Nursalim, Nursalim; Manu, Sarlince Octaviana
Jurnal Media Elektro Vol 6, No 1 (2017): April 2017
Publisher : Universitas Nusa Cendana

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Perkembangan pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) dalam dunia pendidikan saat ini sudah tidak bisa dihindari lagi, karena telah menyatu dengan perkembangan setiap aktivitas, tidak terkecuali dalam dunia pendidikan. Demikian halnya guru sebagai tenaga profesional, harus mampu mengimbangi laju perubahan tersebut. Sikap yang harus direfleksikan oleh guru di antaranya melalui apresiasi, inovasi, dan kreasi untuk memanfaatkan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) seperti yang dicantumkan pada peraturan kompetensi guru dalam pasal 8 Undang-Undang Republik Indonesia nomor 14 tahun 2005. SMP Muhammadiyah kupang adalah  merupakan salah  satu sekolah yang menjadikan sekolah sebagai pusat pendidikan, da’wah, dan pengkaderan yang unggul dan andal yang ada di kota kupang. Pada dasarnya SMP Muhammadiyah mempunyai banyak kegiatan baik yang bertaraf lokal maupun yang bertaraf nasional, salah satunya kegiatan lomba robot nasional yang selalu diikutinya. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan system informasi dan manajemen berbasis website untuk membantu SMP muhammadiyah kota kupang agar dapat mempublikasi hasil-hasil kegiatan yang pernah diikutinya.Adanya system informasi dan manajemen sekolah berbasis website di SMP Muhammadiyah ini, sangat memberikan kemudahan kepada guru untuk memanajemen serta mempromosikan hasil kegiatan sekolah mereka ke masyarakat dalam mencari informasi khususnya mengenai sekolah di SMP Muhammadiyah Kota Kupang.
PENGEMBANGAN SISTEM INFORMASI DAN MAJEMEN SEKOLAH SMK MUHAMMADIYAH KUPANG Nursalim, Nursalim; Sampeallo, Agustinus S
Jurnal Media Elektro Vol 6, No 2 (2017): OKTOBER 2017
Publisher : Universitas Nusa Cendana

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Perkembangan pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) dalam dunia pendidikan saat ini sudah tidak bisa dihindari lagi, karena telah menyatu dengan perkembangan setiap aktivitas, tidak terkecuali dalam dunia pendidikan. Demikian halnya guru sebagai tenaga profesional, harus mampu mengimbangi laju perubahan tersebut. Sikap yang harus direfleksikan oleh guru di antaranya melalui apresiasi, inovasi, dan kreasi untuk memanfaatkan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) seperti yang dicantumkan pada peraturan kompetensi guru dalam pasal 8 Undang-Undang Republik Indonesia nomor 14 tahun 2005. SMK Muhammadiyah kupang  adalah merupakan salah satu sekolah yang menjadikan sekolah sebagai pusat pendidikan, da’wah, dan pengkaderan yang unggul dan andal yang ada di kota kupang. Pada dasarnya SMK Muhammadiyah mempunyai banyak kegiatan baik yang bertaraf lokal maupun yang bertaraf nasional, namun kegiatan tersebut kurang bergaung di masyarakat kota kupang yang disebabkan karena kurangnya media promosi yang dimiliki oleh SMK Muhammadiyah kota kupang. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan system informasi dan manajemen berbasis website untuk membantu SMK muhammadiyah kota kupang agar dapat mempublikasi hasil-hasil kegiatan yang pernah  diikutinya. Selain itu, dengan adanya sistem manajemen ini, maka SMK Muhammadiyah kota kupang dapat dengan mudah mengelola system administrasinya.Berdasarkan hasil kegiatan dapat dilihat bahwa adanya system informasi dan manajemen sekolah berbasis website di SMK Muhammadiyah dapat memberikan kemudahan kepada guru untuk memanajemen serta mempromosikan hasil kegiatan sekolah mereka ke masyarakat khususnya mengenai kegiatan sekolah  SMK Muhammadiyah Kota Kupang.
SIMULATION OF ENERGY CONSUMPTION IN MULTI CLUSTER WIRELESS SENSOR NETWORKS Pella, S. I.
Jurnal Media Elektro Vol 7, No 1 (2018): APRIL 2018
Publisher : Universitas Nusa Cendana

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Energy conserving protocols in wireless sensor networks (WSNs), such as S-MAC, introduce multi-cluster network. The border nodes in multi cluster WSNs  have more active time than the other nodes in the network; hence have more energy depletion rate. Since battery replacement in most networks is considered difficult, one or more nodes running out of energy prematurely will affect the network connectivity and decrease the overall network performance severely. This paper aims to (1) analyze the energy consumption in a multi-cluster sensor network and compare it to the single cluster scenario (2) investigate the merging time in a single cluster network. The result shows that, in average the energy needed to deliver a packet in the multi cluster networks is about 150% more than the energy needed in the single cluster networks. Moreover, the merging time in the single cluster network  using schedule offset as the merging criteria in average is slightly smaller than one in the network using schedule ID as merging criteria.
Pengaruh Kabut Garam Terhadap Kinerja Isolator 20 Kv Berbahan Polimer Resin Epoxy , Sudirman S; , Sri Kurniati A
Jurnal Media Elektro Vol 1, No 2: Oktober 2012
Publisher : Universitas Nusa Cendana

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

This paper aim to know polymer isolator performance of epoksi resin 20 kV in condition of salt fog and compared to cleanness fog. Measurement done in a cloud chamber (Chamber Test) which its the temperature is arranged to become 3 level: low (00 - 250C), medium (250 - 350C) and height (350- 450C). And then is done measurement of good blowby current in condition of clean fog and also salt fog by taking polymer isolator sample in condition of cleanness and pollutant. Result of study indicates that isolator performance hardly influenced by condition of area of especially residing in coast area that is often foggy salt. In condition of clean fog without pollutant is obtained by examination of leaky current 20 uA at temperature 400, while at condition of salt fog 25 uA. Finally, in condition of light pollutant of rising blowby current becomes 21 uA at condition of cleanness while at condition of salt fog becomes 26 uA. Abstract in Bahasa Indonesia:Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kinerja isolator polimer jenis epoksi resin 20 kV dalam kondisi kabut garam dan dibandingkan dengan kabut bersih. Pengukuran dilakukan dalam suatu kamar kabut (Test Chamber) yang temperaturnya diatur menjadi 3 tingkatan, yakni tingkat rendah (00 – 250C), sedang (250 – 350C) dan tinggi (350- 450C). Kemudian dilakukan pengukuran arus bocor baik dalam kondisi kabut bersih maupun kabut garam dengan mengambil sampel isolator polimer dalam kondisi bersih dan berpolutan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kinerja isolator sangat dipengaruhi oleh kondisi lingkungan terutama yang berada di daerah pantai yang sering berkabut garam. Dalam kondisi kabut bersih tanpa polutan diperoleh pengujian arus bocor sebesar 20 uA pada suhu 40 derajat, sedangkan pada kondisi kabut garam sebesar 25 uA. Kemudian dalam kondisi berpolutan ringan arus bocor naik menjadi 21 uA pada kondisi bersih sedangkan pada kondisi kabut garam menjadi 26 uA.