cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota bandung,
Jawa barat
INDONESIA
Jurnal Ilmiah Teknologi Informasi Terapan
Published by Universitas Widyatama
ISSN : 24073911     EISSN : -     DOI : -
Core Subject : Science,
Jurnal ilmiah di bidang teknologi informasi dan terapannya dikelola oleh Unit ERP Center Universitas Widyatama, terbit 3 kali dalam setahun, setiap bulan April, Agustus dan Desember.
Arjuna Subject : -
Articles 9 Documents
Search results for , issue " Vol 3, No 3 (2017)" : 9 Documents clear
ANALISIS DAN IMPLEMENTASI WEB USAGE MINING MENGGUNAKAN ALGORITMA SEQUENTIAL PATTERN DISCOVERY USING EQUIVALENCE CLASSES SPADE (Studi Kasus: Website iGracias Universitas Telkom) Khoirun Nissa, Asri Inna; Asror, Ibnu; Wisudiawan, Gede Agung Ari
Jurnal Ilmiah Teknologi Informasi Terapan Vol 3, No 3 (2017)
Publisher : Universitas Widyatama

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (304.923 KB)

Abstract

[Id]Website Igracias Universitas Telkom merupakan salah satu website di universitas Telkom yang sering digunakan oleh seluruh entitas Universitas Telkom. Pola pengunjungan web dapat digunakan untuk mengetahui halaman apa saja yang telah dikunjungi oleh user dalam suatu website. Salah satu ilmu yang mempelajari? pola navigasi user agar mendapatkan suatu informasi yang bermanfaat adalah web usage mining. Pada penelitian ini algoritma yang digunakan adalah sequential pattern discovery using equivalence classes (SPADE). Algoritma SPADE diterapkan untuk mencari pola perilaku pengguna website dengan cara melakukan preprocessing data untuk menyaring informasi yang dibutuhkan. Dilanjutkan dengan pembentukan data transaksi dan perhitungan SPADE dengan mengkombinasikan itemset dan menghitung frequent-nya untuk mendapatkan rule yang kemudian dicari kekuatan setiap rule dengan menghitung lift ratio-nya.Kata kunci : web usage mining, SPADE.?[En]Igracias?Telkom University?is one of the?Telkom?University website that are frequently used?by the entire?entity?of the by all?entities that?exist at Telkom University. The pattern of the web can be used recursively to find out what pages have been visited?by the user?on a?website.?One of the study of the patterns of user navigation in order to obtain a useful information is a web usage mining. On this final project, the algorithm used is a sequential pattern discovery using equivalence classes (SPADE). The SPADE algorithm is applied to search behavior patterns by preprocessing data to find out the useful information or knowledge. Proceed with the establishment of the data transaction and calculation of the SPADE by combining itemset and calculate the frequent to get a rules which will then look for the strength of each rule by calculating the lift ratio.
ESTIMASI RESIKO PENGEMBANGAN SISTEM INFORMASI MENGGUNAKAN PENDEKATAN EXPECTED MONETARY VALUE (EVM) Syukriyah, Yenie; Suprapto, Falahah
Jurnal Ilmiah Teknologi Informasi Terapan Vol 3, No 3 (2017)
Publisher : Universitas Widyatama

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (228.676 KB)

Abstract

[Id]Manajemen resiko merupakan bidang penting pada manajemen proyek secara keseluruhan, dan manajemen proyek sistem informasi secara khusus. Melalui manajemen resiko yang baik, pimpinan dan stakeholder proyek berharap bahwa resiko terhadap kegagalan proyek dapat diminimalisir dengan usaha yang rasional.? Manajemen resiko sendiri meliputi banyak kegiatan, salah satunya adalah analisis dan perencanaan mitigasi resiko.? Aspek penting pada analisis dan perencanaan mitigasi resiko yaitu? melakukan penilaian atau estimasi atas resiko untuk menentukan prioritas serta dampak setiap mitigasi yang diambil. Pada umumnya, hal yang paling mudah diterima stakeholder dalam menyajikan resiko adalah menghitung biaya akibat resiko tersebut. Untuk melakukan perhitungan biaya untuk memitigasi resiko, dapat digunakan salah satu pendekatan yaitu Expected Monetary Value (EVM). Melalui pendekatan EVM, dapat ditentukan pilihan tindakan mitigasi yang paling optimal, dengan estimasi biaya paling minimal[En]??????? Risk management is an important area of overall project management, and information systems project management in particular. Through good risk management, project leaders and stakeholders expect that the risks to project failure can be minimized by rational efforts. Risk management itself includes many activities, one of which is risk mitigation analysis and planning. An important aspect of risk mitigation analysis and planning is to assess or estimate the risks to determine the priorities and impacts of each mitigation. In general, the easiest thing a stakeholder receives in presenting risk is to calculate the cost of the risk. To perform cost calculation to mitigate risk, one of the approaches is Expected Monetary Value (EVM). Through the EVM approach, the most optimal mitigation options can be determined, with the least cost estimate
PENDEKATAN MODEL ONTOLOGI UNTUK PENCARIAN LEMBAGA PENDIDIKAN (STUDI KASUS LEMBAGA PENDIDIKAN PROVINSI DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA) Octavianus Turang, Daniel Alexander
Jurnal Ilmiah Teknologi Informasi Terapan Vol 3, No 3 (2017)
Publisher : Universitas Widyatama

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (722.524 KB)

Abstract

[Id]Lembaga Pendidikan merupakan suatu lembaga yang strategis dalam menghasilkan dan meningkatkan kualitas sumber daya manusia di suatu negara. Informasi dan pencarian lokasi lembaga sangat dibutuhkan masyarakat untuk menentukan pilihan lembaga yang diinginkan. Pada penelitian ini pengetahuan mengenai Lembaga Pendidikan di Provinsi D.I. Yogyakarta (DIY) disimpan dalam model ontologi berbasis web. Provinsi DIY terkenal sebagai kota pelajar dan menjadi tujuan untuk menuntut ilmu. Lembaga pendidikan terdiri dari lembaga pendidikan formal dan non-formal, lembaga pendidikan formal yang terdiri dari? Sekolah Dasar, Sekolah Menengah Pertama, Sekolah Menengah Atas, Universitas dan sebagainya, sedangkan lembaga pendidikan non formal seperti Lembaga Kursus dan Lembaga Pelatihan dan Keterampilan (LPK).Penilitian ini bertujuan merancang ontologi lembaga pendidikan Provinsi D.I. Yogyakarta dan merancang sistem pencarian. Hasil dari penelitian ini membangun sebuah aplikasi pencarian menggunakan pencarian berdasarkan kata kunci dan kriteria. Dalam pencarian menggunakan kata kunci, pengguna dapat melakukan pencarian sesuai pengetahuan pengguna. Sedangkan pencarian menggunakan kriteria, pengguna dapat melakukan pencarian dengan kriteria yang terdapat pada aplikasi dengan bantuan pilihan untuk pencarian. Selain itu, aplikasi ini juga memiliki beberapa fitur, seperti rute ke lokasi lembaga pendidikan yang ada di Provinsi D.I. Yogyakarta.[En]Educational Institution is an institution that is strategizes in generating and improving the quality of human resources in a country. Information and location search is needed in community organizations to determine the selection of the desired institute. In this study, knowledge of Institutions in Yogyakarta is stored in a web-based ontology model. Yogyakarta is famous as a city of students and a destination for studying. Schools consisting of formal educational institutions and non-formal institutions, formal education institutions consist of elementary school, junior high school, senior high school, university and so on, while non-formal education institutions consist of private Institute courses and the Institute for Training and Skills (LPK).This research aims to design the ontology of educational institutions province of Yogyakarta and search systems design. The results of this study is the development a search application using a search based on keywords and criteria. In search using keywords, users can conduct a search according the users knowledge. While using a search criteria, users can perform a search with the criteria contained in the application with the help of an option to search. In addition, the application also has several features, such as the route to the location of existing educational institutions in Yogyakarta.
PERANCANGAN SISTEM INFORMASI REKAM MEDIS PASIEN RAWAT JALAN BERBASIS WEB DI KLINIK SEHAT MARGASARI BANDUNG Pasaribu, Johni S; Sihombing, Johnson
Jurnal Ilmiah Teknologi Informasi Terapan Vol 3, No 3 (2017)
Publisher : Universitas Widyatama

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (683.292 KB)

Abstract

[Id]Sistem infomasi rekam medis pasien rawat jalan adalah sistem informasi yang bertujuan mengelola data pasien yang berobat hingga pasien tersebut keluar dari rumah sakit atau klinik pada periode tertentu. Sistem informasi yang dirancang sangatlah penting untuk mencegah terjadinya kesalahan prosedur dalam pelaksanaan pendaftaran dan pengelolaan data. Sistem informasi dalam klinik kesehatan ini adalah sistem informasi yang berisikan data pasien, data obat, data transaksi dan rekam medis pasien. Adapun sebelumnya kinerja sistem dalam pelayanan pasien yang berjalan pada klinik kesehatan secara umum belum optimal karena masih pada pengolahan data pasien dan data rekam medis masih menggunakan media pembukuan atau manual. Pengelolaan data pasien di Klinik Sehat Margasari masih belum efektif karena sistem yang digunakan ?kurang lengkap sehingga pelayanan pasien menjadi lambat dan rekam pasien sering hilang atau tidak ditemukan. Maka pelayanan pasien menjadi tidak efektif dan efisien, karena sistem manual pembukuan memperlambat pembuatan laporan atau pencarian data pasien. Sistem informasi pelayanan pasien dirancang bertujuan untuk membangun sistem informasi yang terkomputerisasi, sehingga memudahkan pihak klinik kesehatan mengolah data pasien, obat, transaksi, rekam medis, tindakan medis pasien hingga pencetakan laporan.Hasil yang diharapkan dari penelitian ini yaitu terbangunnya sistem informasi rekam medis berbasis web untuk memudahkan Klinik Sehat Margasari dalam membantu pengolahan data pasien, obat, transaksi, rekam medis, tindakan medis pasien hingga pencetakan laporan. Rumusan masalah dari penelitian ini adalah bagaimana membangun sistem informasi rekam medis di Klinik Sehat Margasari sehingga dapat menyajikan informasi yang akurat serta efisien. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah menghasilkan suatu sistem informasi rekam medis pasien rawat jalan.Kata kunci : Sistem Informasi, Rekam Medis, Pasien Rawat Jalan[En]Medical record outpatient information system is a system that aims to manage the data of patients who register for treatment until the patient is discharged from the hospital or health center in a given period. The information system is important because it is designed to prevent errors in the execution of the procedure of registration and data management so that it can be done as well as possible. This information systems in health clinic is an information system that has patient data, drug data, transaction data and medical records of the patient. As before for the performance of the system in patient care in health clinic in generally not optimal because it is still in the processing of patient data and medical records are still using books or manuals. Management of patient data at the Health Clinic Margasari Bandung is still not effective because the system used is less complete so that the patients service to be slow and patient records are often missing or was not found. Therefore care patients at health clinic become ineffective and inefficient, because manual system ?making slow reporting or searching data patient. Patient care information system designed aiming to establish a computerized information system, making it easier for the health clinic process patient data, drugs, transaction, medical records, medical actions to patient until print out of reports. The expected outcome of this research is to build information system web-based to facilitate Health Clinic Margasari Bandung making it easier for the health clinic process patient data, drugs, transaction, medical records, medical actions to patient until print out of reports. Fundamental problem of this research is how to install information system for medical record patient information system at Health Clinic Margasari that make information representation accurately and efficiently. The aim of this research is to produce a information system of medical record outpatient.?
IMPLEMENTASI PIRANTI JARINGAN REPEATER ECO VILLAGE MENGGUNAKAN MODEL PROTOTYPE DAN KONSEP GREEN COMPUTING Bastian, Ade; Budiman, Arif Yusuf
Jurnal Ilmiah Teknologi Informasi Terapan Vol 3, No 3 (2017)
Publisher : Universitas Widyatama

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1102.083 KB)

Abstract

AUDIT TATA KELOLA TI PADA PT. PORTO INDONESIA SEJAHTERA MENGGUNAKAN COBIT PADA DOMAIN PO Andry, Johanes Fernandes; Sanjaya, Bobby
Jurnal Ilmiah Teknologi Informasi Terapan Vol 3, No 3 (2017)
Publisher : Universitas Widyatama

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (316.18 KB)

Abstract

[Id]Penelitian ini membahas tentang kondisi tata kelola teknologi informasi di PT. Porto Indonesia Sejahtera khususnya pada kantor bagian manufaktur. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana perusahaan telah menerapkan tata kelola TI yang baik. Fokus Penelitian ini hanya pada 1 dominan COBIT 4.1 yaitu PO? terdiri dari 62 detailed control objective, domain PO dipilih karena ingin mengetahui kematangan perencanaan teknologi informasi yang telah berjalan sesuai dengan visi dan misi. Pengumpulan data dilakukan dengan cara menyebarkan kuisioner dan? wawancara. Kedua metode tersebut berpatokan pada model standard COBIT. Hasil pengolahan data akan digunakan untuk mencari kelemahan-kelemahan yang terdapat pada domain. Temuan kelemahan atau masalah akan di bandingkan dengan kondisi ideal yang telah di tetapkan? pada setiap levelnya, sehingga dapat diketahui rekomendasi yang cocok untuk diterapkan. Masalah utama yang ditemui adalah manajemen belum memahami arti pentingnya investasi pada bidang teknologi informasi, manajemen risiko yang belum dikelola dengan baik, dan kemampuan SDM yang masih kurang. Sehingga mengakibatkan kontrol teknologi menjadi lemah, biaya teknologi informasi yang tinggi tidak disertai dengan nilai balik dalam menigkatkan efektifitas, efisiensi dan keuntungan buat investasi perusahaan di kemudian hari.Kata kunci: Audit, Tata kelola TI, PT Porto Indonesia Sejahtera, COBIT, Plan Organize.?Abstract This study discusses the condition of information technology governance at PT. Porto Indonesia Sejahtera especially at manufacturing department. Aims to find out how far the company has implemented good IT governance. The focus of this research is only on 1 dominant COBIT 4.1 that is PO consists of 62 detailed control objective, PO domain chosen because want to know maturity planning of information technology which have been run in accordance with vision and mission. Data collection was done by distributing questionnaires and interviews. Both methods are based on the COBIT standard model. The results of data processing will be used to find the weaknesses in the domain. The findings of weakness or problem will be compared with ideal conditions that have been set at each level, so it can be known recommendation suitable to be applied. The main problem encountered is that management has not understood the importance of investment in the field of information technology, risk management that has not been well managed, and the ability of human resources is still lacking. So as to result in technological controls become weak, high information technology costs are not accompanied by the value of turning in improving the effectiveness, efficiency and profit for the companys investment in the future.
APLIKASI OPTIMASI BAHAN CETAKAN DENGAN METODE BRANCH & BOUND PADA PERCETAKAN CENTRAL GRAFINDO Andersen, Edy; Agung, Halim
Jurnal Ilmiah Teknologi Informasi Terapan Vol 3, No 3 (2017)
Publisher : Universitas Widyatama

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (406.36 KB)

Abstract

[Id]Percetakan merupakan teknologi atau seni yang memproduksi salinan dari sebuah image dan desain dengan sangat cepat, seperti kata atau gambar di atas kertas atau bahan baku. Central Grafindo merupakan salah satu perusahaan percetakan yang telah beroperasi di Jakarta sejak tahun 2010. Dalam hal pelayanan pada pelanggan, Central Grafindo memiliki beragam permasalahan. Dimana saat ini setiap customer yang melakukan permintaan rincian harga atas kebutuhan mereka, dilakukan perhitungan secara manual sehingga di rasa sangat memakan waktu dan ke akuratan dalam perhitungan tersebut tidak selalu benar. Selain itu, setiap penghitungan area cetak harus di sesuaikan dengan bahan masih di lakukan secara manual sehingga waktu sangat terbuang banyak dalam proses perhitungan tersebut. Algoritma yang digunakan pada penelitian ini adalah Metode Branch & Bound yang dimana sistem kerjanya dilakukan dengan memecah persoalan ke dalam beberapa kondisi yang telah di atur sehingga dapat menghasilkan nilai Optimum area cetak. Hasil penelitian yang di dapatkan adalah aplikasi simulasi area cetak dan perhitungan harga dapat di implementasikan pada Central Grafindo berdasarkan hasil pengujian dengan Metode Branch & Bound maka di dapat hasil yang cukup memuaskan dengan persentase keberhasilan mencapai 100% dari 50 kali percobaan.[En]Printing is a technology or art that produces copies of an image and design very quickly, such as words or images on paper or raw materials. Central Grafindo is one printing company that has been operating in Jakarta since 2010. In terms of customer service, Central Grafindo has various problems. Where now every customer who requests price details of their needs, done manually calculations so that in very time consuming sense and to accuracy in the calculation is not always true. In addition, any calculation of the print area should be adjusted with the material still done manually so that time is very much wasted in the calculation process. The algorithm used in this research is Branch & Bound Method where its work system is done by breaking the problem into some condition that has been set so that it can yield optimum value of print area. The results obtained are the application of print area simulation and price calculation can be implemented on Central Grafindo based on the test results with Branch & Bound Method then in the results can be quite satisfactory with the percentage of success reached 100% of 50 experiments.
PERANCANGAN SISTEM INFORMASI KINERJA PEGAWAI STUDI KASUS: BUMN KONTRUKSI Hanafi, Ridha
Jurnal Ilmiah Teknologi Informasi Terapan Vol 3, No 3 (2017)
Publisher : Universitas Widyatama

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (969.252 KB)

Abstract

[Id]Dalam era kompetisi bisnis yang semakin tinggi? dan tuntutan customer yang semakin meningkat, organisasi? semakin dituntut untuk mencapai kinerja yang optimal dalam usahanya mencapai tujuan organisasi.? Pencapaian kinerja organisasi sangat ditentukan oleh bagaimana organisasi mengoptimalisasi potensi sumber daya yang dimilikinya. Sumber daya utama yang dimiliki oleh organisasi dalam pencapaian tujuan organisasi adalah Sumber Daya Manusia (SDM).? Agar SDM yang dimiliki oleh perusahaan dapat dimanfaatkan secara optimal dan fokus pada pencapaian tujuan organisasi maka perlu dilakukan proses manajemen kinerja pegawai yang baik. Secara strategis, kinerja pegawai harus dapat diselaraskan dengan kinerja organisasi untuk pencapaian tujuan strategis organisasi. Untuk mengakomodasi hal ini maka konsep Balanced Score Card sangat potensial untuk diakomodasi dan diimplementasikan.? Pada level operasional, pengelolaan kinerja pegawai yang meliputi proses perencanaan kinerja (performance planning), pelaksanaan dan monitoring (performance tracking) dan penilaian kinerja (performance appraisal) harus dapat dilaksanakan secara komprehensif dan aplikatif sehingga realisasinya benar-benar sesuai dengan apa yang diharapkan organisasi.Implementasi proses manajemen kinerja organisasi pada umumnya dan pegawai pada khususnya seperti yang dijelaskan tersebut, akan sangat sulit pelaksanaannya apabila masih dilakukan secara manual.? Semakin kompleksnya parameter kinerja pegawai yang ingin dicapai, semakin besarnya jumlah pegawai, semakin dinamisnya perubahan bisnis dan semakin banyak kesibukan pekerjaan? akan menyebabkan implementasi manajemen kinerja pegawai secara manual tidak efisien dan efektif untuk dilaksanakan karena proses bisnis yang kompleks, mekanisme pelaporan dan monitoring kinerja akan sangat memakan waktu dan sulit dilakukan. Implementasi sistem informasi manajemen kinerja pegawai merupakan suatu solusi yang potensial untuk diterapkan untuk menghadapi permasalahan tersebut. Apabila permasalahan tersebut dapat diatasi maka diharapkan pencapaian kinerja perusahaan dalam mencapai visi dan misinya dapat terealisasi. Berdasarkan hal tersebut, maka perlu dilakukan perancangan sistem aplikasi manajemen kinerja pegawai yang dapat memenuhi kebututuhan organisasi dan pegawai. Implementasi sistem ini? diharapkan dapat mendukung berjalannya proses manajemen kinerja organisasi sehingga secara strategis tujuan organisasi dapat tercapai..[En]In an era of increasingly high business competition and customer demands, organizations are increasingly required to achieve optimal performance in an effort to achieve organizational goals. Achievement of organizational performance is largely determined by how the organization optimizes the potential of its resources. The main resource that the organization has in achieving its organizational goals is Human Resources (HR). In order for HR can be utilized optimally and focus on achieving organizational goals it is necessary to conduct an excellent employee performance management process. Strategically, employee performance must be aligned with organizational performance for the achievement of organizational strategic goals. To accommodate this concept, Balanced Score Card is very potential to be accommodated and implemented. At the operational level, employee performance management that includes performance planning process, performance monitoring and performance appraisal must be implemented comprehensively and applicable so that the realization is exactly what the organization expects.Implementation of the organizations performance management process in general and employees in particular as described, will be very difficult if it is still done manually. The more complex the performance parameters of employees to be achieved, the greater the number of employees, the more dynamic the business changes and the more busy work will lead to implementation of employee performance management manually inefficient and ineffective. This is because of complex business processes, reporting mechanisms and performance monitoring will be very time consuming and difficult to do. Implementation of employee performance management information system is a potential solution to be applied to face the problem. If the problem can be solved, it is expected that the achievement of the companys performance in achieving its vision and mission can be realized. Based on this, it is necessary to design an employee performance management application system that can meet the needs of the organization and employees. Implementation of this system is expected to support the running of organizational performance management process so that the strategic objectives of the organization can be achieved.
KAJIAN PENERAPAN EDI DALAM PENGELOLAAN RANTAI PASOKAN DI INDUSTRI MANUFAKTUR Budiman, Ade Surya
Jurnal Ilmiah Teknologi Informasi Terapan Vol 3, No 3 (2017)
Publisher : Universitas Widyatama

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (780.037 KB)

Abstract

[Id]Industri manufaktur merupakan jenis industri yang bisa dikatakan mustahil bisa berjalan tanpa keberadaan dan kolaborasi dengan industri-industri manufaktur lainnya. Sebuah perusahaan manufaktur tidak bisa dikatakan berperan sebagai produsen atau sebagai konsumen saja, karena perusahaan-perusahaan itu secara umum ikut berperan dalam kegiatan hulu hingga hilir dalam sistem manufaktur. Business to Business (B2B) adalah model perniagaan yang berlaku pada industri manufaktur. Perusahaan berkolaborasi membentuk rantai pasokan (supply chain) dan bersimbiosis untuk menjamin ketersediaan bahan baku dan ketersediaan pembeli dari hasil produksi mereka. Teknologi informasi dapat berperan penting dalam masalah pengelolaan informasi antar perusahaan dalam siklus rantai pasokan. Electronic Data Interchange (EDI) merupakan sebuah mekanisme pertukaran data secara elektronis antara pembeli dan penjual didalam sebuah siklus rantai pasokan. Didalam implementasinya, EDI diterjemahkan dalam beberapa model dan bentuk yang disesuaikan dengan kebutuhan perusahaan dan partner rantai pasokannya, sehingga perlu ditemukan formulasi yang standar mengenai bagaimana EDI diterapkan secara umum di industri manufaktur global. Didalam paper ini, akan dilakukan kajian mengenai bagaimana EDI berperan dalam pengelolaan rantai pasokan di industri manufaktur beserta model EDI yang telah diterapkan. Sehingga didapatkan gambaran mengenai standarisasi dari EDI dalam industri manufaktur.[En]Manufacturing industry is a kind of industry that can be said to be impossible to run without existence and collaboration with other manufacturing industries. A manufacturing company can not be said to play a role as a producer or as a consumer, as they generally play a role in upstream to downstream activities in the manufacturing system. Business to Business (B2B) is a commercial model applicable to the manufacturing industry. The company collaborates to form a supply chain and is symbiotic to ensure the availability of raw materials and the availability of buyers from their produce. Information technology can play an important role in the problem of information management between firms in the supply chain cycle. Electronic Data Interchange (EDI) is an electronic data exchange mechanism between buyers and sellers within a supply chain cycle. In its implementation, EDI is translated into several models and forms tailored to the needs of the company and its supply chain partners, so there is a need to find a standardized formulation of how EDI is generally applied in the global manufacturing industry. In this paper, a review of how EDI will play a role in supply chain management in the manufacturing industry and the EDI model that has been implemented. So we get a picture about the standardization of EDI in the manufacturing industry.

Page 1 of 1 | Total Record : 9