cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota bandung,
Jawa barat
INDONESIA
Jurnal Ilmiah Teknologi Informasi Terapan
Published by Universitas Widyatama
ISSN : 24073911     EISSN : -     DOI : -
Core Subject : Science,
Jurnal ilmiah di bidang teknologi informasi dan terapannya dikelola oleh Unit ERP Center Universitas Widyatama, terbit 3 kali dalam setahun, setiap bulan April, Agustus dan Desember.
Arjuna Subject : -
Articles 9 Documents
Search results for , issue " Vol 3, No 2 (2017)" : 9 Documents clear
PERANCANGAN SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PENILAIAN PRESTASI PEGAWAI MENGGUNAKAN METODE SAW, AHP, DAN TOPSIS Suryana, Ase; Yulianto, Erwin; Pratama, Khrisna Dea
Jurnal Ilmiah Teknologi Informasi Terapan Vol 3, No 2 (2017)
Publisher : Universitas Widyatama

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (945.277 KB)

Abstract

[Id]Pemilihan pegawai terbaik merupakan salah satu aspek yang cukup penting di perusahaan karena dengan sumber daya manusia yang unggul dan memiliki kompetensi tinggi dapat meningkatkan produktivitas dan kinerja suatu perusahaan serta menghasilkan pemimpin-pemimpin hebat di masa depan. Beberapa permasalahan yang terjadi pada pemilihan pegawai terbaik di PT BPD Jawa Barat & Banten, Tbk (Call Name : bank bjb) antara lain yaitu pengolahan data kandidat pegawai terbaik yang akan diseleksi masih membutuhkan waktu yang lama karena belum memiliki standar dan masih memakai sistem manual sehingga proses penilaian masih belum transparan, akurat dan terpercaya. Penentuan pegawai terbaik di bank bjb sangat memerlukan sistem pendukung keputusan sebagai rekomendasi kepada Direksi. Sistem pendukung keputusan penentuan pegawai terbaik yang dilakukan pada penelitian ini menggunakan tiga metode yaitu Simple Additive Weighting (SAW), Analytical Hierarchy Process (AHP), dan Technique For Order Preference By Similarity To Ideal Solution (TOPSIS). Penelitian akan menghasilkan sebuah sistem pendukung keputusan yang dapat merekomendasikan pegawai terbaik pada bank bjb berdasarkan kriteria yang telah ditetapkan yaitu nilai kinerja individu, nilai kinerja unit kerja, kehadiran, perilaku, pencapaian target kerja, masa kerja, pendidikan, penilaian makalah, presentasi, dan hasil wawancara.Kata Kunci : Sistem Pendukung Keputusan, Pegawai Terbaik, SAW, AHP, TOPSIS[En]Best employees selection is one aspect which is quite important in the company because of the superior human resources and high competence can improve the productivity and performance of a company and produce great leaders in the future. Some of the problems occurred for best employees selection in PT BPD Jawa Barat and Banten Tbk (Call Name: bank bjb) are best employees candidate data processing who would be selected still take a long time because it has no standards and still use manual system so that the assessment process is still not transparent, accurate and reliable. Determining the best employees in the bank bjb need the decision support systems as a recommendation to the Board of Directors. Decision support system to determining the best employees who performed in this research using three methods : Simple Additive Weighting (SAW), Analytical Hierarchy Process (AHP), and Technique For Order Preference By Similarity To Ideal Solution (TOPSIS). The research will create a decision support system that can recommend the best employees in bank bjb based on predetermined criteria such as individual performance score, work unit performance, attendance, behavior, employment target achievement, employee education, assessment papers, presentations, and interviews results.Keywords : Decision Support System, Best Employee, SAW, AHP, TOPSIS
KERANGKA ANALISIS KOMPONEN KONSEP DAN DESAIN GAME Agustin, Ririn Dwi
Jurnal Ilmiah Teknologi Informasi Terapan Vol 3, No 2 (2017)
Publisher : Universitas Widyatama

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (629.333 KB)

Abstract

[Id]Pada tulisan ini diajukan sebuah skenario membangun pengetahuan tentang konsep dan desain beragam game yang ada di pasaran guna diacu untuk mendapatkan inspirasi dalam mengembangkan konsep dan desain game yang baru.Sebagai langkah awal dari upaya tersebut, telah diusulkan sebuah kerangka analisis game untuk tahap konsep dan desain dari? aspek struktur, klasifikasi teknis yang digunakan oleh komponen struktur, dan kualitas fungsional dari gameplay. Selanjutnya kerangka analisis dapat digunakan sebagai acuan untuk mengkaji dan mendokumentasikan sebuah game.Konsep game dibangun dari? enam komponen, yakni style, theme, character, setting, backstory, dan plot. Sedangkan desain game, pada hirarki pertama dibangun dari empat komponen, yakni elemen game, gameplay, game space, dan backstory & story.? Elemen game terdiri dari karakter, item, dan objek. Gameplay dibagi menjadi goal, mechanic, game balance, dan level.Kualitas dari gameplay dapat dilihat dari seberapa baik? implementasi dari fitur unique solution, nonlinierity, teching player, modeling reality, input and control, output and feedback. Setiap komponen desain game memiliki klasifikasi teknis yang relatif? standar? yang bisa dipilih untuk membangun game.Kerangka analisis yang dihasilkan dalam tulisan ini masih membutuhkan validasi. Proses validasi diusulkan dilakukan melalui implementasi kerangka analisis terhadap beberapa aplikasi game.Kata kunci :Konsep game, desain game,? gameplay[En]Have been proposed a scenario to build knowledge about the concept and design of comercial games for inspiration in developing the concept and design of the new game. As a first step of that process, have been proposed an analytical framework for the game concept and design phase of the structural aspects, technical aspect , and functional quality of the gameplay. Further this analysis framework can be used as a reference for assessing and documenting about a game.The concept of the game is constructed from six components, namely style, theme, character, setting, backstory, and plot. While the design of the game, at the first hierarchy is built of four components, namely the game element, gameplay, game space, and story. Game elements consist of character, item and object. Gameplay consist of? goal, gamebalance, level, and game mechanics.? Stucture of concept and design of game is the result of a literature review of four books on game design with different authors.The quality of the gameplay can be seen from how well the implementation of features unique solution, nonlinierity, teching player, modeling reality, and control input, output and feedback. Each component of game design have some standards of technical aspect. We can classify the game based on technical aspect that be used.Framework analysis of the concept and design of the game in this paper still requires validation. The validation process is done through the implementation of the proposed analytical framework to several gaming applications?
PERANCANGAN SISTEM KAMERA PENGAWAS BERBASIS PERANGKAT BERGERAK MENGGUNAKAN RASPBERRY PI Kurniawan, Dwi Ely; Fani, Syafarudin
Jurnal Ilmiah Teknologi Informasi Terapan Vol 3, No 2 (2017)
Publisher : Universitas Widyatama

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (439.9 KB)

Abstract

[Id]Tingginya kriminalitas di Kota Batam membuat beberapa warga menjadi khawatir terhadap pencurian. Pemilik rumah dan toko terkadang waswas untuk meninggalkan rumah dalam keadaan kosong. Penelitian ini mengusulkan untuk merancang sebuah sistem kamera pengawas, sehingga pemilik rumah atau toko dapat dengan mudah memantau dan memonitor kondisi rumah mereka dengan perangkat bergerak yang dimiliki. Perancangan sistem kamera pengawas memanfaatkan teknologi wireless yang memungkinkan diakses jarak jauh, dimanapun dan kapanpun oleh pemilik rumah. Kamera CCTV dilengkapi dengan sensor motion yang akan mendeteksi adanya gerakan. Bila terdapat gerakan maka sensor akan mengirim sinyal ke raspberry pi, lalu memprosesnya dengan mengirim notifikasi ke perangkat smartphone. Pengguna dapat memutuskan untuk melakukan kontrol alarm aktif sebagai peringatan bahaya dalam upaya pencegahan tindakan pencurian.Kata kunci: kamera pengawas, perangkat bergerak, raspberry pi[En]The high crime in Batam makes some residents became concerned about theft. Where the owners of houses and shops are sometimes hesitant to leave the house empty. This study proposes to design a camera monitoring system, so that the owner of the house / shop can easily track and monitor the condition of their homes. CCTV cameras equipped with motion sensors that will detect the presence of motion. When there is a motion sensor will send a signal to the raspberry pi, and then forwarded to send notifications to the android. The design of the camera monitoring system using wireless technology that allows remote access, anywhere and anytime by the homeowner.
DESAIN OPTIMASI AKURASI ENKRIPSI OBYEK PADA GAMBAR Sanjaya, Muhammad Barja
Jurnal Ilmiah Teknologi Informasi Terapan Vol 3, No 2 (2017)
Publisher : Universitas Widyatama

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (668.727 KB)

Abstract

[Id]Dewasa ini penerapan teknologi informasi makin maju pesat dalam perkembangannya. Beragam data informasi saling dipertukarkan di internet. Data-data tersebut bisa berupa informasi dalam bentuk format apa saja dan dengan kriteria konfidental yang berbeda. Tingkat kerahasiaan data tersebut bisa didukung dengan adanya implementasi kriptografi yakni enkripsi. Salah satu enkripsi pada data yang sedang ramai dikaji yakni gambar yang memiliki sangat banyak informasi. Proses komputasi kriptografi konvensional pada gambar masih dirasa belum mencapai tingkat performansi yang optimal. Hal ini dikarenakan proses enkripsi yang dilakukan adalah pada keseluruhan gambar sehingga memerlukan biaya komputasi yang mahal. Oleh karena itu pada penelitian ini diusulkan proses inisialisasi sebelum enkripsi dilakukan berupa pemfokusan pada area obyek yang terseleksi saja pada gambar sehingga tidak hanya performansi optimal yang diperoleh namun rasio akurasi juga optimal. Berdasarkan hasil pengujian yang dilakukan, diperoleh adanya rasio akurasi enkripsi pada obyek di gambar sebesar 68,1059% dengan nilai MSE = 0.Kata kunci: kriptografi, enkripsi, konfidental, inisialisasi, teknologi informasi.[En]The growth of applied information technology nowadays is getting fast. Many information have been exchanged each other in internet. Those data are such as information in any format and different confidentiality criteria. The level of confidentiality can be provided by implementing cryptography process namely encryption. One of encryption process which has been being studied is on image encryption. The process still has high computation costs yet to conduct the encryption due to the process is conducted to the entire of image. Thus in this research, it is proposed an initialization before conducting the encryption such as focusing only on the selected area of object on image. The proposed method is to produce the optimal performance in accuracy ratio. Based on the testing results, it is achieved the percentage of the accuracy of number of selected pixels ratio as big as 68,1059% and the value of MSE = 0.
DETEKSI DAN REKOGNISI RAMBU-RAMBU LALU LINTAS DENGAN MENGGUNAKAN METODE SUPPORT VECTOR MACHINE Ramadhani, Kurniawan Nur; Mubarok, M.Syahrul; Palit, Agnes Dirgahayu
Jurnal Ilmiah Teknologi Informasi Terapan Vol 3, No 2 (2017)
Publisher : Universitas Widyatama

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (812.159 KB)

Abstract

[Id]Kota-kota besar pasti tidak lepas dengan penggunaan rambu lalu lintas untuk meningkatkan keselamatan pengguna jalan. Rambu lalu lintas dirancang untuk pembantu pengemudi untuk mencapai tujuan mereka dengan aman, dengan menyediakan informasi rambu yang berguna. Meskipun demikian, hal yang tidak diinginkan dapat terjadi ketika informasi yang tersimpan pada rambu lalu lintas tidak diterima dengan baik pada pengguna jalan. Hal ini dapat menjadi masalah baru dalam keamanan berkendara. Dalam meminimalisasi masalah tersebut, dapat dibuat suatu teknologi yang mengembangkan sistem yang mengidentifikasi objek rambu lalu lintas secara otomatis yang dapat menjadi salah satu alternatif meningkatkan keselamatan berkendara, yaitu Traffic Sign Detection and Recognition (Sistem Deteksi dan Rekognisi Rambu Lalu Lintas). Sistem ini menggunakan menggunakan deteksi ciri warna dan bentuk. metode Histogram of Oriented Gradient (HOG) untuk ektraksi ciri citra bentuk, colour moment untuk ekstraksi warna dan Support Vector Machines (SVM) untuk mengklasifikasikan citra rambu lalu lintas. Sehingga dapat dianalisa bagaimana Sistem dapat mendeteksi dan mengenali citra yang merupakan objek rambu lalu lintas? Diharapkan dengan adanya paduan metode-metode tersebut dapat membangun sistem deteksi dan rekognisi rambu lalu lintas, dan meningkat performansi sistem dalam mendeteksi dan mengenali rambu lalu lintas. Performansi yang dihasilkan dari sistem adalah 94.5946% menggunakan micro average f1-score.Kata kunci : ekstraksi ciri fitur, ekstraksi ciri warna, klasifikasi, HOG, colour moment, SVM, micro average f1-score.[En]The big cities must not be separated by the use of traffic signs to improve road safety. Traffic signs are designed to aide drivers to reach their destination safely, by providing useful information signs. Nonetheless, undesirable things can happen when information stored in the traffic signs are not received well on the road. It can be a new problem in road safety. In minimizing the problem, can be made of a technology that is developing a system that identifies an object traffic signs automatically which can be one alternative to improve driving safety, the Traffic Sign Detection and Recognition (Detection System and Traffic Sign Recognition). The system uses using the detection characteristics of colors and shapes. methods Histogram of Oriented Gradient (HOG) to extract image characteristic shape, color moment for the extraction of color and Support Vector Machines (SVM) to classify traffic signs image. So it can be analyzed how the system can detect and recognize the image which is the object of traffic signs? Expected by the blend of these methods can build a system of detection and recognition of traffic signs, and increased system performance to detect and recognize traffic signs. Performasi generated in the system is 94.5946% using micro average f1-score.
EKTRAKSI FITUR MENGGUNAKAN DISCRETE WAVELET TRANSFORM DAN FULL NEIGHBOUR LOCAL BINARY PATTERN UNTUK KLASIFIKASI MAMMOGRAM Putra, Januar Adi; Suciati, Nanik; Wijaya, Arya Yudhi
Jurnal Ilmiah Teknologi Informasi Terapan Vol 3, No 2 (2017)
Publisher : Universitas Widyatama

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (732.037 KB)

Abstract

[Id]Local binary pattern adalah sebuah kode biner yang menggambarkan pola tekstur lokal. Hal ini dibangun dengan lingkungan batas dengan nilai abu-abu dari pusatnya. Local binary pattern tradisional memiliki beberapa kelemahan yakni varian terhadap rotasi dan pada saat proses thresholding pixel sensitif terhadap noise. Pada penelitian ini diusulkan sebuah metode ektraksi fitur baru untuk mengatasi masalah tersebut, metode tersebut disebut full neighbour local binary pattern (fnlbp). Metode ini nantinya akan dikombinasikan dengan discrete wavelet transform untuk ektraksi fitur dari citra mammogram dengan metode klasifikasi adalah Backpropagation Neural Network (BPNN). Berdasar ujicoba yang telah dilakukan metode usulan mendapatkan rata-rata akurasi yang lebih baik daripada metode local binary pattern tradisional baik yang dikombinasi dengan discrete wavelet transform ataupun tidak. Performa metode usulan full neighbour local binary pattern dapat menghasilkan akurasi yang sempurna yakni 100% baik pada saat menggunakan discrete wavelet transform ataupun tidak, sedangkan akurasi terendah yang didapat adalah 90.49%.Kata Kunci: Ekstraksi fitur, local binary pattern, wavelet, klasifikasi mammogram.?[En]Traditional local binary pattern have some disadvantages which is a variant of the rotation and during the thresholding process the pixel is sensitive to noise. At this study the authors proposed a new method of features extraction to solve that problem and this method called full neighbor local binary pattern (fnlbp). This method will be combined with discrete wavelet transform to extract the features of the mammogram image and the classification method is Backpro- pagation Neural Network (BPNN). Based on experiments the result of proposed method in an average accuracy is better than traditional methods of local binary pattern which combined with discrete wavelet transform or not. The performance of the proposed method of full neighbor local binary pattern can produce perfect accuracy that is 100%, this accuracy is reached when using discrete wavelet transform or not, while the lowest accuracy obtained is 90.49%.
PENERAPAN FRAMEWORK YII PADA PEMBANGUNAN SISTEM PPDB SMP BPPI BALEENDAH KABUPATEN BANDUNG Pasaribu, Johni S
Jurnal Ilmiah Teknologi Informasi Terapan Vol 3, No 2 (2017)
Publisher : Universitas Widyatama

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (841.526 KB)

Abstract

[Id]Penerimaan peserta didik baru (PPDB) merupakan salah satu proses yang ada di instansi pendidikan seperti sekolah yang berguna untuk menyaring calon siswa yang terpilih sesuai kriteria yang ditentukan oleh sekolah tersebut untuk menjadi siswa didiknya. Pada umumnya proses PPDB dilakukan melalui tahapan pendaftaran, tes seleksi, dan pengumuman penerimaan siswa. Dalam penelitian ini penerapannya pada SMP BPPI Baleendah yang selama ini dilakukan secara manual atau sudah terkomputerisasi tetapi menggunakan Microsoft Office Excel. Pendaftaran secara manual masih menggunakan formulir yang menimbulkan antrian. Formulir pendaftaran tersebut akan dimasukkan oleh komite PPDB ke dalam komputer. Dengan semakin banyaknya calon siswa baru, maka proses memasukkan, mengolah dan memberikan informasi hasil PPDB memerlukan waktu.Hasil yang diharapkan dari penelitian ini adalah menghasilkan sistem PPDB berbasis web menggunakan pendekatan YII Framework dengan metoda MVC (Model View Controller) pada SMP BPPI Baleendah yang dapat menyelesaikan masalah yang ada. Manfaat dari penelitian ini adalah memberikan kemudahan bagi admin maupun siswa itu sendiri. Langkah-langkah pengembangan sistem ini adalah studi pustaka, observasi, wawancara, analisis, perancangan, uji coba dan implementasi. Kesimpulan hasil dari penelitian ini adalah diharapkan dapat terbangunnya sistem informasi penerimaan siswa baru yang berbasis web.Kata kunci : Perangkat Lunak, Penerimaan Peserta Didik Baru, Berbasis Web[En]The admission of new students is one of processes within educational institutions like school which is used to select candidate according to stated criteria by related school. Generally, the process of acceptance of new students began with registration, selection, and announcement steps of new student. This research was taken place at Junior High School (SMP) BPPI Baleendah which during the time has practiced the admission of new students manually or computerized but used Microsoft Office Excel only. The manual registration that are still using the form that led to long queues. The registration form hereinafter be recapitulated in the ledger by the committee PPDB into the computer. Because the number of applicants who pretty much and continues to grow, so that the input process, data processing and delivery of information resulting from the admission requires substantial time. The expected outcome of this research is to produce PPDB system web-based using YII Framework with MVC method on SMP BPPI Baleendah which can solve problem. The benefit of this research is to provide an ease for administrator and student. The steps of development system are literature study, observation, interview, analysis, schematization, trial, and implementation as its method. The conclusion from research result hopes installed an information system of new student acceptance in web-based. The author suggested that these applications can grow more, as in the use of Mobile-based or Website.
MENGENALI RAMBU LALU LINTAS MENGGUNAKAN METODE HOG DAN KNN Palit, Agnes Dirgahayu
Jurnal Ilmiah Teknologi Informasi Terapan Vol 3, No 2 (2017)
Publisher : Universitas Widyatama

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (358.702 KB)

Abstract

[Id]Kota-kota besar pasti tidak lepas dengan penggunaan rambu lalu lintas untuk meningkatkan keselamatan pengguna jalan. Rambu lalu lintas dirancang untuk membantu pengemudi untuk mencapai tujuan mereka dengan aman, dengan menyediakan informasi rambu yang berguna. Meskipun demikian, hal yang tidak diinginkan dapat terjadi ketika informasi yang tersimpan pada rambu lalu lintas tidak diterima dengan baik pada pengguna jalan. Hal ini dapat menjadi masalah baru dalam keamanan berkendara. Dalam meminimalisasi masalah tersebut, dapat dibuat suatu teknologi yang mengembangkan sistem yang mengidentifikasi objek rambu lalu lintas secara otomatis yang dapat menjadi salah satu alternatif meningkatkan keselamatan berkendara, yaitu Traffic Sign Recognition (Sistem Rekognisi Rambu Lalu Lintas). Sistem ini menggunakan metode Histogram of Oriented Gradient (HOG), untuk ektraksi ciri citra, dan K-Nearest Neighbour (KNN) untuk mengklasifikasikan citra rambu lalu lintas. Sehingga dapat dianalisa bagaimana Sistem dapat mengenali citra yang merupakan objek rambu lalu lintas? Serta bagaimana performansi akurasi sistem. Diharapkan dengan adanya paduan metode-metode tersebut dapat dilihat bagaimana sistem merekognisi rambu lalu lintas. Dari hasil pengujian performansi sistem dengan nilai k=3, diperoleh akurasi sistem 79.4444 %.Kata kunci : ekstraksi ciri, klasifikasi, HOG, KNN.?[En]The big cities must not be separated by the use of traffic signs to improve road safety. Traffic signs designed to help drivers to reach their destination safely, by providing useful information signs. Nonetheless, undesirable things can happen when information stored in the traffic signs are not received well on the road. It can be a new problem in road safety. In minimizing the problem, can be made of a technology that is developing a system that identifies an object traffic signs automatically which can be one alternative to improve driving safety, the Traffic Sign Recognition. The system uses a method Histogram of Oriented Gradient (HOG), for the feature extraction of image characteristics, and K-Nearest Neighbor (KNN) to classify traffic signs image. So, it can be analyzed how the system can detect and recognize the image which is the object of traffic signs? And how the accuracy of the system performance. Expected by the blend of these methods can be seen how the system detects and merekognisi traffic signs. From the results of performance testing system with a value of k = 3, acquired 79.4444% system accuracy.
PERENCANAAN ARSITEKTUR SISTEM INFORMASI REKAM MEDIS DAN MONITORING GIZI BURUK DENGAN MENGGUNAKAN TOGAF ADM Putra, Ova Nurisma
Jurnal Ilmiah Teknologi Informasi Terapan Vol 3, No 2 (2017)
Publisher : Universitas Widyatama

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (449.728 KB)

Abstract

[Id]Dinas Kesehatan Propinsi Jawa Barat masih mengalami kesulitan dalam pengelolaan informasi yang baik, terutama pada proses rekam medis, pencatatan dan pelaporan gizi buruk masih dilakukan secara bertingkat mulai pengumpulan data dari bidan desa, puskesmas, Dinas Kesehatan Kabupaten/Kota kemudian Dinas Kesehatan Propinsi dan diteruskan ke pusat. Sehingga perlu diupayakan pengelolaan informasi melalui sistem pelayanan dengan memanfaatkan teknologi informasi berbasis Cloud Computing.Penelitian ini membahas mengenai tiga iterasi dari seluruh fase yang ada di The Open Group Architecture Framework (TOGAF) Architecture Development Method (ADM), yaitu iterasi ke satu pada Architecture Capability Iteration, iterasi ke dua pada Architecture Development Iteration dan iterasi ke tiga pada Transition Planning Iteration. Dan Monitoring dan Evaluasi (M&E) merupakan dua kegiatan terpadu dalam rangka pengendalian suatu program. Hasil dari penelitian ini adalah perencanaan arsitektur sistem informasi rekam medis dan monitoring gizi buruk berbasis Cloud Computing dengan nama M2Rec (Medical Record and Monitoring) yang berupa rekomendasi integrasi dan pengembangan antara sistem informasi berjalan saat ini dengan arsitektur sistem informasi yang diusulkan.Kata Kunci : Arsitektur Bisnis, Arsitektur Data, Arsitektur Aplikasi, Arsitektur Teknologi, TOGAF ADM, Medical Record and Monitoring, Cloud Computing.[En]Provincial Health Office of West Java are still experiencing difficulties in the management of good information, especially in the medical record, recording and reporting of malnutrition is still done in stages begin collecting data from midwives, community health centers, the District Health Office / City then PHO and forwarded to the center. So that needs to be pursued through the information management system by utilizing information technology services based on Cloud Computing. This study discusses the three iterations of all phases in The Open Group Architecture Framework (TOGAF) Architecture Development Method (ADM), the iteration of the Architecture Capability Iteration, iterations to two on Architecture Development Iteration and iteration to three on Transition Planning iteration. And Monitoring and Evaluation (M & E) is an integrated two activities to prevent and control program. Results from this study is the architectural planning of medical record information system and monitoring of malnutrition based Cloud Computing with M2Rec name (Medical Record and Monitoring) in the form of recommendations and the development of integration between information systems currently running with the proposed information system architecture.

Page 1 of 1 | Total Record : 9