cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota bandung,
Jawa barat
INDONESIA
Jurnal Ilmiah Teknologi Informasi Terapan
Published by Universitas Widyatama
ISSN : 24073911     EISSN : -     DOI : -
Core Subject : Science,
Jurnal ilmiah di bidang teknologi informasi dan terapannya dikelola oleh Unit ERP Center Universitas Widyatama, terbit 3 kali dalam setahun, setiap bulan April, Agustus dan Desember.
Arjuna Subject : -
Articles 10 Documents
Search results for , issue " Vol 2, No 1 (2015)" : 10 Documents clear
KAJIAN PENERAPAN PORTER’S GENERIC STRATEGIES DI INDUSTRI TELEKOMUNIKASI INDONESIA (STUDI KASUS: TELKOMSEL, XL DAN INDOSAT) Amalia, Endang
Jurnal Ilmiah Teknologi Informasi Terapan Vol 2, No 1 (2015)
Publisher : Universitas Widyatama

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

[id]Abstrak :Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui seperti apa strategi di industri telekomunikasi di Indonesia. Penelitian ini mengambil tiga operator GSM terbesar di Indonesia yaitu PT. Telkomsel Tbk, PT. XL Axiata Tbk, dan PT Indosat Tbk, yang mana ketiganya memiliki pangsa terbesar diantara 10 operator lainnya. Analisis data dilakukan dengan menggunakan metode komparatif yang menjelaskan masing-masing strategi operator Telkomsel, Indosat dan XL. Data yang digunakan ada dua, yaitu data-data dari laporan tahunan masing-masing operator dan wawancara yang kepada masing-masing operator pada bagian pengembangan inovasi dan strategi. Data-data yang diambil dari laporan tahunan masing-masing operator adalah data pangsa pasar, ARPU, Subscribers Breakdown, MoU, Net Adds Subscriber, Price Minute, Processed Calls, Average MoU dan biaya pemasaran.Berdasarkan analisis dan pengolahan data disimpulkan bahwa strategi di pasar telekomunikasi di Indonesia masih menggunakan Porter’s Generic Strategies, yaitu Telkomsel dan Indosat merupakan operator yang berhasil dalam menggunakan strategi differentiation dimana Telkomsel meng-cover daerah terluas termasuk Indonesia bagian Timur dengan jumlah BTS mencapai 54.291 pada akhir tahun 2012 dan Indosat memberikan layanan MIDI dan Wireless yang berkontribusi terhadap usaha MIDI sebesar 14.6% pada akhir tahun 2012 sedangkan XL merupakan operator yang berhasil menerapkan strategi Cost Leadership yang bisa menekan beban biaya perusahaan setiap tahunnya sehingga mengeluarkan produk dengan harga dibawah pasar. XL dikenal sejak tahun 2007 dengan tarif per detiknya. XL juga menerapkan beberapa strategi dari differentiation dengan mengembangkan teknologi yang bernama XCLoud.Kata kunci:Kepemimpinan biaya, diferensiasi, dan Strategi Generic Porter[en]AbstractThis research was conducted to understand what kind of strategies there are in Indonesia’s telecommunication industry. This research was focused on the three biggest GSM operators in Indonesia, PT. Telkomsel Tbk, PT. XL Axiata Tbk, and PT Indosat Tbk, all of which has the biggest market share compared to ten other operators.Data were analyzed using comparative method to explain each strategy that the respective operators use. There were two data used in this research; annual report of each operator and interview with the department of innovation and strategy of each operator. Data from annual report of each operator are Market Share, ARPU, Subscribers Breakdown, MoU, Net Adds Subscriber, Price Minute, Processed Calls, Average MoU, and Marketing Cost.Based on the analysis and processing of data concluded that the strategy in the telecommunications market in Indonesia is still using Porters Generic Strategies, Telkomsel and Indosat is an operator which succeeded in using the strategy of differentiation where Telkomsel to cover the largest area including East Indonesia by the number of base stations to reach 54 291 by the end of the year 2012 and Indosat provide Wireless and MIDI services that contributed 14.6%  MIDI businesses at the end of 2012 while XL is a successful operator cost that implemented Cost Leadership Strategy that reduce company’s cost each year so they can release lowest product pricein the market. Since 2007 XL is well known with their “per second call tarifs”. XL also implemented some of the differentiation strategies by developped Xcloud Technology.Keywords:Cost Leadership, Differentiation, and Porter’s Generik Strategy
SENTIMEN ANALYSIS TERHADAP NILAI KEPERCAYAAN SEBUAH ONLINE SHOP DI INSTAGRAM Puspitarani, Yan
Jurnal Ilmiah Teknologi Informasi Terapan Vol 2, No 1 (2015)
Publisher : Universitas Widyatama

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

[id]AbstrakInstagram menjadi tempat yang menarik untuk memasarkan produk. Dengan modal foto dan caption yang menarik, online shop akan mendapatkan followers yang kemungkinan besar tertarik untuk membeli produk mereka. Akan tetapi, seiring dengan mudahnya membuat akun Instagram, tingkat kepercayaan pembeli terhadap online shop tersebut menjadi hal yang paling penting. Oleh karena itu, diperlukan review terhadap online shop tersebut. Salah satu caranya adalah dengan memanfaatkan sentimen analysis terhadap komentar-komentar pada foto dan caption di akun Instagram online shop yang bersangkutan. Model sistem untuk proses review menggunakan sentiment analysis pun diusulkan pada paper ini. Proses sentiment akan menggabungkan pendekatan lexicon dan machine learning. Data yang akan digunakan adalah komentar-komentar terhadap foto dan caption beberapa online shop di Instagram.Kata Kunci : sentiment analysis, lexicon analysis, machine learning for sentiment [en]AbstractInstagram became an attractive place to market the product. With attractive photos and captions, online shop will gain followers who are interested in buying their products. However, Instagram account can create easily so the level of buyer confidence to shop online has become the most important thing. Therefore, the review of the online shop is required. The review can be used by sentiment analysis to the comments of photos and captions in the online shop Instagram account. A model system for the review process using sentiment analysis was proposed in this paper. Sentiment process will combine lexicon and machine learning approaches. Data will be used in this study are comments on photos and captions several online shop on Instagram.Keywords: sentiment analysis, lexicon analysis, machine learning for sentiment
RANCANG BANGUN SISTEM INFORMASI PENDISTRIBUSIAN MAJALAH PADA LAKSAMANA KURIR W, Yohannes Yahya
Jurnal Ilmiah Teknologi Informasi Terapan Vol 2, No 1 (2015)
Publisher : Universitas Widyatama

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

[id]AbstrakMasa sekarang ini, Perkembangan Teknologi Informasi menjadi salah satu penunjang kebutuhan hidup manusia dalam bersosialisasi dengan lingkungan kerja. Pada Laksamana Kurir, sebuah perusahaan distribusi majalah, Sistem Informasi merupakan salah satu penunjang kinerja pada sistem yang sedang berjalan. Perusahaan ini, sistem yang sedang berjalan pada bagian kurir masih menggunakan sistem manual. Contohnya pada Surat Tanda Terima yang sering menimbulkan permasalahan dalam pembuatan laporan dan keterlambatan penyampaian laporan kepada pimpinan usaha.  Akhirnya semua masalah yang terjadi di Laksamana Kurir bisa di atasi dan memperoleh hasil yang memuaskan. Data pelanggan dapat diperoleh dengan cepat melalui form pelanggan, Laporan disajikan dalam bentuk sederhana namun tetap memberikan informasi yang berguna, membantu kinerja staf  administrasi menjadi lebih efisien dan efektif, mutu informasi dan  mengurangi kesalahan menghitung.Kata kunci :Distribusi, sistem informasi, laporan, kurir, majalah[en]AbstractNowaday, development of information technology became one of supporting the needs of human life in socializing with work environment. With the Information Technology in human life, it can help to get information that is accurate and fast. and also all forms of work that initially requires effort and a long time then finally can be done practically without requiring a lot of energy and can save time. At Laksamana Courier, Information Systems is one that supporting work performance. On existing situation, the company still using manual system to  handle sort of administration process such as receipt order which can caused problems in making the report and the late submission of the report to the management. Regarding to this problem, we proposed a system that can handle the adminisration of magazine distribution, so i can manage the customer database, billing, and reporting. The system can access the customer information quickly, create the simple but understandable report, and help the staff work efficiently and effectivelly. It also can increase the quality of information and reduce the error account.Keywords:Distribution, information system, report, courier, magazine.
IDENTIFIKASI FUNGSI TATA KELOLA DATA FRAMEWORK DAMA INTERNATIONAL PADA UNIVERSITAS X Tridalestari, Ferra Arik; Prasetyo, Hanung Nindito
Jurnal Ilmiah Teknologi Informasi Terapan Vol 2, No 1 (2015)
Publisher : Universitas Widyatama

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

[id]AbstrakSaat ini, perguruan tinggi dituntut untuk memiliki manajemen yang responsif. Dalam mengembangkan organisasinya, perguruan tinggi tentunya didukung oleh data dan informasi yang valid. Sementara pada kenyataannya kebanyakan perguruan tinggi dihadapkan pada permasalahan data dan informasi. Oleh karena itu diperlukan sebuah model tata kelola data. Terdapat beberapa framework tata kelola data yang dapat digunakan, salah satunya adalah DAMA International. Framework DAMA International memberikan pendekatan model tata kelola data secara fungsional, lengkap dan menyeluruh dalam membangun tata kelola data di organisasi. Pertanyaan mendasar adalah tata kelola data seperti apa yang sesuai dengan kebutuhan perguruan tinggi.Paper ini menggambarkan bagaimana mengidentifikasi kebutuhan tata kelola data khususnya di perguruan tinggi. Adapun metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan peffers dan studi kasus dilakukan di Universitas X. Adapun analisis yang dilakukan adalah melakukan identifikasi kebutuhan tata kelola data diperguruan tinggi dengan referensi DAMA International melalui pemetaan dan pengukuran terhadap proses bisnis yang didasarkan pada konsep Tridharma perguruan tinggi dan Standar Nasional Pendidikan Tinggi (SNPT).Berdasarkan hasil analisis diperoleh fungsi utama tata kelola data yang meliputi Tata kelola data, Manajemen dokumen dan konten, Manajemen Data Master dan referensi, Manajemen operasional Data, Manajemen Business Inteligence dan Data warehouse, Manajemen Kualitas data. Sedangkan fungsi pendukung yang dihasilkan meliputi Manajemen Arsitektur data, Pembangunan data, Manajemen Metadata, Manajemen Keamanan data. Kata kunci : Data, Informasi, identifikasi Tata Kelola Data, Perguruan Tinggi [en]AbstractToday, universities are required to have a responsive management. In developing their organizations, universities must be supported by valid data and information. While in fact most colleges are faced with the problem of data and information. Therefore we need a governance model of the data. There are few data governance framework that can be used, one of which is the DAMA International. DAMA International Framework provide a data governance model approach is functionally or rather give artifacts spaces for organizations to fulfill that felt more easily, complete and thorough in building a data governance in higher education. The fundamental question is what kind of data governance in accordance with the needs of the college.This study gives an overview of how to identify the need for data governance, especially in college. The research method used is Peffers approach and case studies conducted at the Telkom University. The analysis is carried out to identify the needs of data governance in college with reference DAMA International through mapping and measurement of business processes based on the concept Tridharma and Higher Education National Standards.Based on the results obtained by the analysis of the main functions include data governance are Data governance, Document and Content Management, Master Data and References Management, Operational Data Management, Management of Business Intelligence and Data warehousing, Data Quality Management. While the support functions of data generated includes Management Architecture, Development Data, Metadata Management, Data Security Management. Keywords :Data, Information, Data Governance Identification, Higher Education
PREDIKSI LOKASI KEJADIAN KRIMINAL DENGAN MENGGUNAKAN DISCRETE CHOICE MODEL Junaedi, Danang; Hutapea, Santi; A M, Ruminta Astri; Sibarani, Grace Yanni
Jurnal Ilmiah Teknologi Informasi Terapan Vol 2, No 1 (2015)
Publisher : Universitas Widyatama

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

[id]Jumlah tindak kriminal yang berhasil diselesaikan oleh pihak kepolisian tidak sebanding dengan jumlah kejadian kriminal yang memiliki kecenderungan meningkat. Hal ini berakibat pada rendahnya tingkat kepuasan masyarakat dengan kinerja kepolisian. Salah satu upaya yang bisa dilakukan adalah melakukan pencegahan dengan cara memprediksi lokasi kejadian kriminal yang mungkin terjadi setelah suatu kejadian kriminal berlangsung disuatu lokasi. Salah satu solusi yang dapat membantu dalam mengambil keputusan adalah Discrete Choice Model. Discrete Choice Model adalah teknik untuk menentukan pilihan ketika seseorang dihadapkan pada banyak pilihan. Discrete Choice Model akan diimplementasikan dalam simulator untuk lokasi kejadian kriminal selanjutnya berdasarkan kejadian sebelumnya dari beberapa alternatif lokasi di Kabupaten TOBASA. Tahapan yang dilakukan adalah survei untuk memperoleh data, analisis data dan pemilihan alternatif. Berdasarkan hasil pengujian, akurasi hasil prediksi adalah sebesar 65,11%. [en]The amount of crime that is successfully solved by the police is not proportional to the number of criminal events which have a tendency to increase. This resulted in a low level of public satisfaction with police performance. One effort that can be done is to prevent the crime scene to predict how that might occur after a criminal incident took place at a given location. One solution that can assist in making decisions is the Discrete Choice Model. Discrete Choice Model is a technique for determining a persons choice when faced with many choices. Discrete Choice Model will be implemented in a simulator to the next crime scene based on previous occurrences of several alternatif locations in the District Tobasa. Steps being taken is a survey to obtain the data, data analysis and selection of alternatifs. Based on test results, the accuracy of the prediction is equal to 65.11%.
ANALISIS FAKTOR KESUKSESAN SISTEM INFORMASI MENGGUNAKAN MODEL DELONE AND MCLEAN Wisudiawan, Gede Agung Ary
Jurnal Ilmiah Teknologi Informasi Terapan Vol 2, No 1 (2015)
Publisher : Universitas Widyatama

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

[id]Abstrak :Model kesuksesan sistem informasi merupakan model kausal yang berisikan dimensi-dimensi pembentuk kesuksesan sistem informasi. Dimensi user satisfaction berhubungan dengan service quality, information quality,system quality, perceived usefulness dan benefit. Penelitian ini mencoba menganalisis hubungan antara semua dimensi yang menyusun kesuksesan system informasi tersebut. System informasi yang digunakan sebagai kasus dalam penelitian ini adalah system informasi e-learning yang sudah digunakan oleh mahasiswa, dosen dan staff pada salah satu perguruan tinggi swasta di Bandung.Kata kunci :Model kesuksesan sistem informasi, Model DeLone & McLean, Model Seddon, Pearson Product Moment[en]AbstractInformation systems success model success is a causal model that contains the dimensions forming the success of information systems. Dimensions of user satisfaction related to service quality, information quality, system quality, perceived usefulness and benefits. This study tries to analyze the relationship between all the dimensions that make up the success of the information system. System information is used as a case in this study is the e-learning information system that has been used by students, faculty and staff at one of the private universities in Bandung.Keywords :Information success model, the DeLone & McLean model, the Seddon model, Pearson Product Moment
PROTOTIPE SISTEM ELECTRONIC CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT (E-CRM) UNTUK MENDUKUNG INDUSTRI MANUFAKTUR PADA PT. ARGO PANTES. TBK Nofiyani, Nofiyani; Hamdani, Agus Umar
Jurnal Ilmiah Teknologi Informasi Terapan Vol 2, No 1 (2015)
Publisher : Universitas Widyatama

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

[id]AbstrakPT. Argo Pantes Tbk merupakan perusahaan manufaktur di Indonesia yang bergerak di bidang industri tekstil. Seiring dengan berjalannya waktu, industri tekstil cukup memberikan prospek yang baik. Pada era globalisasi saat ini persaingan antar perusahaan semakin kompetitif dan perkembangan teknologi informasi semakin pesat sehingga memberikan manfaat yang besar bagi kelancaran proses-proses bisnis. Perusahaan perlu memanfaatkan perkembangan teknologi informasi untuk meningkatkan performa bisnis, kualitas dan data informasi yang dihasilkan. Dalam memaksimalkan usaha meningkatkan jumlah customernya maka perlu diterapkan strategi Customer Relationship Management yang dikombinasikan dengan teknologi internet (biasa disebut E-CRM). Pada penelitian ini, penulis menggunakan metodologi Object-Oriented Analysis and Design (OOAD) untuk pengembangan sistem, bahasa pemrograman menggunakan PHP, software database menggunakan MySQL dan pengujian sistem menggunakan ISO 9126, teknik pengukuran Likert dan Forum Group Discussion (FGD).Kata kunci :Electronic Customer Relationship Management, Object-Oriented Analysis and Design (OOAD), ISO 9126[en]AbstractPT. Argo Pantes Tbk is a manufacturing company in Indonesia which engaged in the textile industry. Over time, the textile industry provide good prospects. In the current of globalization, competition between companies are increasingly competitive and the development of information technology are widespread so give benefit for the smooth business processes. Companies required the development of information technology to improve business performance, quality of the data and generated of information. To maximize of the number of customers, companies needed to applied Customer Relationship Management strategy combined with internet technology (commonly called E-CRM). In this research, the authors use Object-Oriented Analysis and Design (OOAD)methodology for the development system, the programming use PHP language, database use MySQL and the system testing use ISO 9126, Likert measurement techniques and the Forum Group Discussion (FGD)Keywords :Electronic Customer Relationship Management, Object-Oriented Analysis and Design (OOAD), ISO 9126.
PERANCANGAN ARSITEKTUR INFORMASI ORGANISASI PENDIDIKAN MENGGUNAKAN BUSINESS SYSTEM PLANNING Samihardjo, Rosalin
Jurnal Ilmiah Teknologi Informasi Terapan Vol 2, No 1 (2015)
Publisher : Universitas Widyatama

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

[id]AbstrakSistem informasi bukan hanya sekedar otomatisasi, tetapi juga dapat menjadi strategi organisasi untuk mencapai tujuannya. Sistem informasi yang baik dapat menghasilkan informasi yang berkualitas. Terkadang organisasi mengembangkan sistem informasi tanpa melihat aliran informasi pada setiap bagian organisasi, yang pada akhirnya menyebabkan sistem informasi tersebut menjadi kumpulan sistem yang tidak terintegrasi baik data maupun aplikasinya. Arsitektur informasi merupakan salah satu solusi permasalahan tersebut dimana arsitektur informasi memetakan aliran informasi suatu organisasi.Salah satu metode yang biasa digunakan dalam merancang arsitektur informasi adalah Business System Planning (BSP). BSP dimulai dengan mendefinisikan tujuan bisnis organisasi, mengidentifikasi proses bisnis, mendefinisikan kelas data, dan merancang arsitektur informasi. Hasil akhir dari penelitian ini adalah sebuah arsitektur informasi untuk organisasi pendidikan dengan rekomendasi penerapan di Universitas XYZ. Arsitektur informasi yang dibuat berfungsi sebagai bahan pertimbangan kebutuhan data pada saat akan mengembangkan subsistem, juga merupakan cetak biru pada sistem informasi yang akan dikembangkan lebih lanjutKata kunci: proses bisnis, kelas data, arsitektur informasi, organisasi pendidikan[en]AbstractThe information system is not just automation, but also can be a strategy of the organization to achieve its objectives. A good information system can produce quality information. Sometimes organizations develop an information system without seeing the flow of information on each part of the organization, which ultimately led to the information system into a collection system that is not integrated both data and applications. Information architecture is one of the solutions to these problems which mapped the information architecture of an organizations information flow.One method that is commonly used in designing the information architecture is the Business System Planning (BSP). BSP begins by defining the business objectives of the organization, identifying the business processes, defining the class of data, and designing the information architecture. The end result of this research is an information architecture for educational organizations with recommendations on the application of XYZ University. Information architecture that is made to function as a material consideration when the data needs to be developing subsystems, it is also a blueprint on information systems that will be developed furtherKeywords : business processes , data classes , information architecture , educational organizations
DESIGN AND ANALYSIS OF UTILIZING POMDP IN ONLINE RESERVATION SYSTEM Al Faraby, Said
Jurnal Ilmiah Teknologi Informasi Terapan Vol 2, No 1 (2015)
Publisher : Universitas Widyatama

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

System personalization is a smart way to handle interaction with various types of customers that come with different preferences. In this project we attempt to optimize the sequential decision processes during the interaction between an online hotel reservation service and its customer. We use POMDP framework to determine the best response for the system. POMDP is suitable for this problem because it takes into account the non-observability of the customer preferences, and the uncertainty of the observations that come from the customer. We present our findings regarding the potential improvement by utilizing belief information, and the sufficient level of observation certainty in order to keep the model considerably useful. We also show the resulting policies trees with the belief information in order to clarify the intuition behind the actions planned
PENGUKURAN KESIAPAN PERGURUAN TINGGI UNTUK MEMPUBLIKASIKAN HASIL KARYA ILMIAH INTERNAL CIVITAS AKADEMIKA SECARA ONLINE Somantri, Asep; Agustin, Ririn Dwi; Majapahit, Sali Alas; Hexagraha, Agus
Jurnal Ilmiah Teknologi Informasi Terapan Vol 2, No 1 (2015)
Publisher : Universitas Widyatama

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

[id]AbstrakDalam rangka meningkatkan kualitas pembelajaran perguruan tinggi, para peneliti, khususnya mahasiswa dan dosen harus mempublikasikan karya tulis ilmiahnya. Hal ini sudah menjadi keharusan yang disyaratkan oleh Dikti dan telah didukung oleh sejumlah kebijakan dan peraturan. Oleh karena itu, perguruan tinggi diharapkan memiliki fasilitas untuk publikasi hasil karya ilmiah, sehingga dapat memudahkan para peneliti untuk menerbitkan karya ilmiahnya ataupun untuk memperoleh referensi pembelajaran dari fasilitas tersebut. Salah satu hal yang dapat mempermudah mahasiswa dan dosen untuk mempublikasikan karya tulis ilmiahnya adalah perguruan tinggi harus menyediakan fasilitas tersebut secara online, yang dapat kita sebut e-publikasi. Fakultas Teknik Universitas Pasunda (FT Unpas)  belum memiliki wadah publikasi karya ilmiah yang memadai, khususnya media publikasi internal yang dapat dimanfaatkan oleh para lulusannya agar mudah mempublikasikan karya ilmiahnya. Selain itu, sulitnya mengelola karya ilmiah berupa tugas akhir, tesis, atau disertasi, dikarenakan banyak dan tersebarnya karya ilmiah dari lulusan di banyak prodi, serta beragamnya karakteristik pengelolaan di setiap prodi. Berdasarkan hal tersebut, Unpas dinilai perlu mempersiapkan diri untuk menerapkan e-publikasi, sehingga perlu dilakukan penilaian terhadap organisasi FT Unpas mengenai kesiapannya menerapkan e-publikasi.Penelitian ini menghasilkan nilai kesiapan organisasi FT Unpas terhadap penerapan e-publikasi, dengan cara menganalisis dan menetapkan faktor-faktor kesiapan, menyebarkan kuesioner, kemudian mengolah hasilnya dengan menggunakan Structural Equation Modeling (SEM).Kata kunci : Publikasi Karya Tulis Ilmiah, E-Publikasi, Kesiapan Organisasi, SEM[en]AbstractIn order to improve the quality of teaching colleges, the researchers, particularly students and professors must publish scientific papers. It has become a necessity required by the Dikti and has been supported by a number of policies and regulations. Therefore, universities are expected to have facilities for the publication of the results of scientific work, so as to facilitate the researchers to publish scientific work or to obtain a reference of learning of the facility. One of the things that can facilitate students and lecturer to publish scientific papers are college should provide these facilities by online way, that is e-publication. The Faculty of Engineering in Pasundan University (FT Unpas) do not yet have a container of adequate publication of scientific papers, especially the media publications that can be used by graduates to be easy to publish their scientific work. In addition, the difficulty of managing scientific papers in the form of a final project, thesis or dissertation, due to the many and spread of scientific works of graduates in many study program, as well as the diverse characteristics in each study program management. Based on this, Unpas assessed need to prepare to implement e-publications, so that should be an assessment of the organizations readiness to implement the e-publication of FT Unpas.This research resulted a measurement model of FT Unpas organizational readiness for the readiness factors, then measure by using Structural Equation Modeling (SEM).Keywords: Publication of Scientific Writing, E-Publications, Organizational Readiness, SEM

Page 1 of 1 | Total Record : 10