cover
Contact Name
Khabibur Rohman
Contact Email
haabib.rohman@gmail.com
Phone
-
Journal Mail Official
jurnalmartabat@gmail.com
Editorial Address
-
Location
Kab. tulungagung,
Jawa timur
INDONESIA
Martabat: Jurnal Perempuan dan Anak
ISSN : 25812076     EISSN : 25810472     DOI : -
Core Subject : Education, Social,
Martabat: Journal of Women and Children is a journal for scientific publication which is run by Center of Gender and Children's Studies (PSGA) IAIN Tulungagung. Journal of Martabat publish every six months in the form of printed and electronic. Martabat provides a theoretical and research study of women and children's issues resulting in new perspectives. Martabat presents a critical reflection on the theory and practice of feminism and children in various contexts. The articles that publish must have an authenticity and should be in line with editorial views
Arjuna Subject : -
Articles 47 Documents
Dwilogi Filsafat Perempuan : Mengupas Paradigma Perempuan melalui Pendekatan Humanistik dan Implikasi Empirisme Afiyatin, Alfiyah Laila
Martabat: Jurnal Perempuan dan Anak Vol 3, No 1 (2019)
Publisher : IAIN Tulungagung

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (300.585 KB) | DOI: 10.21274/martabat.2019.3.1.161-186

Abstract

Abstrak Dalam perspektif sejarah, terutama di zaman jahiliyah, perempuan adalah kelompok manusia yang tertindas, terbatas, dan tidak berpengaruh. Bahkan, sampai saat ini pun sebagian orang masih memberikan dogma tersebut pada kontribusi perempuan di berbagai sektor. Hal tersebut bertentangan dalam kajian keIslaman. Pada hakikatnya, kedudukan perempuan dalam pandangan Islam sangat jelas, yakni Islam memberikan perhatian atau kedudukan yang terhormat sebagaimana yang dimiliki oleh laki-laki (dalam posisinya sebagai manusia). Menanggapi hal tersebut, humanistik berbicara, bahwa manusia (baik laki-laki maupun perempuan) memiliki kesangupan untuk menentukan nasib sendiri, kebebasan dan tanggung jawab, pencarian makna unik yang bermakna. Teori humanistik menekankan kekuatan dan keistemewaan yang dimiliki oleh manusia. Manusia lahir dengan citra dan fitrah yang cenderung baik. termasuk potensi yang dimiliki oleh kaum perempuan yang layak untuk diwujudkan dan dikembangkan. Dengan bercermin pada aliran empirisme, melalui pendindraan pada dunia perempuan saat ini, maka kontribusi perempuan telah dapat dibuktikan. Di berbagai bidang, baik politik, arkeologi, dan ekonomi, perempuan telah menunjukkan peran penting dan memiliki nilai lebih dalam hal keuletan dan ketelitian yang jarang sekali dimiliki oleh kaum laki-laki.
HUBUNGAN PENGETAHUAN TENTANG HIV/AIDS DAN SIKAP PEKERJA SEKS KOMERSIAL TERHADAP PERILAKU DALAM MENGIKUTI VCT DI SURAKARTA Kumalasari, Mei Lina Fitri
Martabat: Jurnal Perempuan dan Anak Vol 1, No 2 (2017)
Publisher : IAIN Tulungagung

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (7716.278 KB) | DOI: 10.21274/martabat.2017.1.2.261-278

Abstract

[The prevalence of HIV/AIDS is always increasing. To reduce the incidence of HIV/AIDS figures, the Government set the strategy through early detection and counselling voluntarily, one of which is a service of the Voluntary Counseling and Testing (VCT). The behavior follow VCT is influenced by several factors, such as knowledge and attitudes. The purpose of this research is to analyze the relationship of knowledge about HIV/AIDS and attitudes toward the Behavior of commercial sex workers in following VCT In Surakarta. This research is research observational analytic approach with cross sectional and implemented in the localization of the region of Surakarta. Do test validity and reliability with a total sample of 30. Samples of research a number of 105 PSK with accidental sampling sampling techniques. The data were analyzed using poisson regression with robust variance with STATA SE version 12.0. The results showed there was a significant relationship between knowledge about HIV/AIDS and the attitude of PSK with behavior follow.]   Keywords: knowledge, attitude and utilization of VCT
Pengembangan Model Fun Painting untuk Meningkatkan Keterampilan Motorik Halus Anak TK B di Kota Bandar Lampung Citra, Aulia Gustina
Martabat: Jurnal Perempuan dan Anak Vol 1, No 1 (2017)
Publisher : Martabat: Jurnal Perempuan dan Anak

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21274/martabat.2017.1.01.

Abstract

The objective of this research is to develop fine motor skills at TK B with Funpainting. The method used in the research is the research and development,developed by Borg and Gall. Development of the model used in this studyuses ASSURE: 1)Analyze Learner, 2)State objectives, 3)Select instructionalmethods, media and material, 4)Utilize media and material, 5)Requirelearner participation dan 6) Evaluate and revise. The purpose of this researchis to encourage kindergarten teachers, parents, and schools to facilitate theimplementation the model of Fun painting for young children. The techniqueof analysis data by using descriptive and qualitative. The model system toFun painting is consist of actions book and teachers planner.Keywords: Fine Motor Skills, Fun Painting, Research and Development
ASESMEN PERKEMBANGAN MOTORIK KASAR ANAK USIA 4-5 TAHUN Maulidiyah, Eka Cahya
Martabat: Jurnal Perempuan dan Anak Vol 1, No 1 (2017)
Publisher : Martabat: Jurnal Perempuan dan Anak

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21274/martabat.2017.1.01.

Abstract

Assessment gross motor development of children aged 4-5 years aims todetermine the development of children aged 4-5 years according to the level ofgross motor development. Knowing the delay and the possibility of its specialneeds in children, and making plan for gross motor development programchildren from the assessment that has been done. The assessment was conductedin early childhood institutions in Jl Permata Bunda. Benda Jaya RT / RW007/012 Duren Sawit. The subjects included 20 students. Students hadan age range of 4-5 years with varygross motor skills. Data were processedusing Rio Anates to see the number of per-individual scores, the average score,reliability, as well as the significance or correlation score items with a total score.The scale used is the scale rating. Through the scale rating raw data obtainedin the form of numbers and then interpreted in a qualitative sense. The datais identified to produce the screening, which is subsequently used as the basisto create grouping, a mapping, and planning a learning program that fits theneeds of children in whole or individually.Keywords: Asesmen, Motorik, Motorik Kasar, Anak, Anak Usia Dini
DINAMIKA KEPEMIMPINAN NYAI DI PESANTREN BUDAYA JAWA ‘Aeni, Fitri Nur
Martabat: Jurnal Perempuan dan Anak Vol 1, No 1 (2017)
Publisher : Martabat: Jurnal Perempuan dan Anak

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21274/martabat.2017.1.01.

Abstract

The position and role of women can not be separated from the prevailing socioculturalsystem. Women in various civilizations often receive unjust treatmentin the social system, women may only access spaces located in the domesticsector. The same is true of Javanese women. Javanese women are attachedto the label “Konco ing wingking”, someone who is given the responsibilityof taking care of the back of the household and should not appear in front.This research specifically examines the role of pesantren in Javanese culture.This research is interesting because the role nyai often sink and lose whencompared with the Kyai.Keywords : Nyai, Pesantren, The Role of Women
MENGGAGAS GENDER DAN PENDIDIKAN TRANSFORMATIF DI IAIN TULUNGAGUNG DALAM MEWUJUDKAN KAMPUS DAKWAH DAN PERADABAN Nurcholis, Ahmad
Martabat: Jurnal Perempuan dan Anak Vol 1, No 1 (2017)
Publisher : IAIN Tulungagung

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (12505.72 KB) | DOI: 10.21274/martabat.2017.1.1.1-24

Abstract

Kehadiran IAIN Tulungagung sebagai kampus dakwah dan peradaban di tengah-tengan masyarakat modern Indonesia saat ini bagaikan air hujan di tengah kegersangan tanah yang tandus. Sebab kampus dakwah dan peradaban diharapkan mampu menjawab krisis moral masyarakat global saat ini. Sebagai contoh krisis moral di tingkat elit sosial yang saat ini santer diberitakan oleh media massa, antara lain: trafficking, pelecehan seksual, korupsi, suap, makar, skandal perselingkuhan. Adapun Krisis moral pada tingkat remaja yang sangat meresahkan guru, dosen dan orang tua, antara lain: dropout, seks bebas, aborsi, maraknya anak jalanan (aliran punk). Artikel ini mengusung asumsi bahwa kampus dakwah dan peradaban akan semakin eksis bila memberdayakan gender dan pendidikan transformatif sebagai haluan perjuangan dakwahnya. Hal itu senafas dengan tujuan gender yang memperjuangkan kesetaraan di tengah budaya patriarkhi yang menindas perempuan. Sejalan pula dengan tujuan pendidikan transformatif yang berupaya untuk melahirkan insan cerdas komprehensif dan kompetitif. Maka sebenarnya titik temu antara gender, pendidikan transformatif serta kampus dakwah dan peradaban adalah pembebasan. Suatu misi yang sangat mulia yaitu membebaskan masyarakat modern Indonesia dari krisis moral, ketidak adilan, ketimpangan sosial, penjajahan intelektuan, kemaksiatan dan kegelapan spiritual.
PENGEMBANGAN MODEL FUN PAINTING UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MOTORIK HALUS ANAK TK B DI KOTA BANDAR LAMPUNG Kurniasih, Siti; Citra, Aulia Gustina
Martabat: Jurnal Perempuan dan Anak Vol 1, No 1 (2017)
Publisher : IAIN Tulungagung

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (9157.869 KB) | DOI: 10.21274/martabat.2017.1.1.25-44

Abstract

Abstrak: Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan keterampilan motorik halus di TK B dengan melukis yang menyenangkan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan, yang dikembangkan oleh Borg dan Gall. Pengembangan model yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan ASSURE: 1) Menganalisis Kebutuhan, 2) Tujuan Pembelajaran, 3) Memilih metode pembelajaran, media dan materi, 4) Memanfaatkan media dan materi, 5) Memerlukan partisipasi peserta didik dan 6) Mengevaluasi dan merevisi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendorong guru TK, orang tua, dan sekolah untuk memudahkan pelaksanaan model Fun Painting untuk anak usia dini. Teknik analisis data dengan menggunakan deskripsi dan kualitatif. Hasil penelitian ini diperoleh suatu produk model pembelajaran melukis yang menyenangkan berupa buku panduan dan program pembelajaran.   Kata Kunci: Keterampilan motorik halus, melukis yang menyenangkan, penelitian dan pengembangan
ASESMEN PERKEMBANGAN MOTORIK KASAR ANAK USIA 4-5 TAHUN Maulidiyah, Eka Cahya
Martabat: Jurnal Perempuan dan Anak Vol 1, No 1 (2017)
Publisher : IAIN Tulungagung

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (10040.799 KB) | DOI: 10.21274/martabat.2017.1.1.45-64

Abstract

Abstrak: Asesmen perkembangan motorik kasar anak usia 4-5 tahun bertujuan untuk mengetahui perkembangan anak usia 4-5 tahun sesuai tingkat perkembangan motorik kasarnya. Mengetahui keterlambatan dan kemungkinan adanya kebutuhan khusus motorik kasar pada anak, serta untuk merencanakan program pengembangan motorik kasar anak dari hasil asesmen yang telah dilakukan. Asesmen ini dilaksanakan pada lembaga PAUD Permata Bunda di Jl. Benda Jaya RT/RW 007/012 Duren Sawit, Jakarta Timur. Subyek penelitian berjumlah 20 siswa. Siswa memiliki rentang usia 4-5 tahun dengan kemampuan motorik kasar berbeda-beda. Data diolah dengan menggunakan Rio Anates untuk melihat jumlah skor per-individu, skor rata-rata, reabilitas, serta signifikansi atau korelasi skor butir dengan skor total. Skala yang digunakan adalah skala rating. Melalui skala rating data mentah yang diperoleh berupa angka kemudian ditafsirkan dalam pengertian kualitatif. Data tersebut diindentifikasi untuk menghasilkan screening, yang selanjutnya dijadikan dasar untuk membuat grouping, mapping, dan merencanakan program pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan anak baik secara menyeluruh maupun secara individu. Kata kunci: Asesmen, motorik, motorik kasar, anak, anak usia dini
DINAMIKA KEPEMIMPINAN NYAI DI PESANTREN BUDAYA JAWA Aeni, Fitri Nur
Martabat: Jurnal Perempuan dan Anak Vol 1, No 1 (2017)
Publisher : IAIN Tulungagung

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (11769.157 KB) | DOI: 10.21274/martabat.2017.1.1.65-86

Abstract

Peran dan kedudukan seorang perempuan dalam masyarakat tidak dapat terlepas dari sistem sosial budaya. Oleh karena itu perubahan budaya dalam masyarakat sangat mempengaruhi kedudukan dan peran perempuan dalam masyarakat. Hampir semua suku bangsa bahkan negara terlanjur dibuat percaya bahwa perempuan adalah seseorang yang lemah dan hanya pelengkap hidup seorang suami. Bahkan dalam sejarah kemanusiaan yang panjang, kaum perempuan mengalami nasib tragis yang mana mereka dianggap sebagai barang dan alat pemuas nafsu kaum lelaki. Mereka ditindas dan tidak dihormati kemanusiaannya, justru dipinggirkan dengan alasan tradisi dan adat istiadat. Dalam peradaban kuno serta masyarakat primitif, mereka ditindas tanpa perikemanusiaan dan tidak diberi layanan yang adil.
GENDER DAN PENDIDIKAN MULTIKULTURAL DI MTSN TUREN KAB. MALANG MENUJU KIPRAH “MADRASAH LEBIH BAIK- LEBIH BAIK MADRASAH” Laila, Izzatul
Martabat: Jurnal Perempuan dan Anak Vol 1, No 1 (2017)
Publisher : IAIN Tulungagung

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (12658.42 KB) | DOI: 10.21274/martabat.2017.1.1.87-110

Abstract

Motto “Lebih Baik Madrasah – Madrasah Lebih Baik” secara simbolis dicanangkan bagi seluruh madrasah di Indonesia oleh kementerian agama pada hari amal baktinya yang ke-69 tanggal 27 Desember 2014. Sejalan dengan visi tersebut, MTsN Turen Kab. Malang telah memiliki motto “progress in togetherness” yang berarti maju dalam kebersamaan, yaitu di mana madrasah mampu menciptakan budaya kebersamaan dan kesetaraan antara peran laki-laki dan perempuan dalam memperoleh hak untuk menyampaikan gagasan, ide dan berkaya untuk kemajuan pendidikan anak bangsa. Semenjak berdirinya pada tahun 1948 hingga saat ini, MTsN Turen mengalami masa perkembangan yang sangat pesat justru saat dipimpin oleh dua periode kepemimpinan kepala madrasah perempuan, yaitu Hj. Siti Hamidah, M.Ag dan Hj Maria Ulfa, M.Ag. Artikel ini menengahkan asumsi bahwa melaui pemberdayaan pendidikan berbasis gender dan pendidikan multikultural, MTsN Turen mampu menjadi salah satu madrasah unggulan dan paling berprestasi di kabupaten Malang dengan visinya: mewujudkan  sumber daya insani yang beriman, bertaqwa, cerdas dan unggul.