Tarbawi: Jurnal Keilmuan Manajemen Pendidikan
ISSN : 24428809     EISSN : 26219549
TARBAWI: Jurnal Keilmuan Manajemen Pendidikan, p-ISSN 2442-8809 , e-ISSN 2621-9549 diterbitkan enam bulan sekali yakni pada bulan Juni dan Desember oleh Jurusan Manajemen Pendidikan Islam Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sultan Maulana Hasanuddin Banten berdasarkan SK. Dekan No. In.10/F.1/HK.00.5/1035/2015 tanggal 24 Maret 2015 dan berdasarkan Keputusan Rektor UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten Nomor 552 Tahun 2017. TARBAWI adalah Jurnal Keilmuan Manajemen Pendidikan. Jurnal ini memuat tulisan-tulisan tentang ulasan, hasil pemikiran dan penelitian tentang manajemen pendidikan.
Articles 111 Documents
MANAJEMEN PERPUSTAKAAN DALAM MENINGKATKAN MINAT BACA SISWA

Zohriah, Anis

Tarbawi Vol 2 No 01 (2016): Januari-Juni 2016
Publisher : Jurusan Manajemen Pendidikan Islam Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Pelaksanaan manajemen perpustakaan SMPIT Raudhatul Jannah Cilegon selain dilihat dari aspek perencanaan juga bisa dilihat dari aspek pengorganisasian, penggerakan, pengawasan, pemberdayaan, motivation, fasilitatif, dan evaluasi. Dari aspek perencanaan, perpustakaan SMPIT Raudhatul Jannah Cilegon telah merencanakan kegiatan dalam penyelenggaraan perpustakaan yang meliputi anggaran, pengadaan buku, sumber daya manusia.Dari aspek pengorganisasian, perpustakaan SMPIT Raudhatul Jannah Cilegon sudah membuat struktur organisasi dengan baik, sehingga dapat memperlancar kinerja perpustakaan sesuai pekerjaannya misalnya ketenagaan, pelayanan, dan pengklasifikasian buku. Dari aspek pergerakan, Pergerakan dalam manajemen perpustakaan SMPIT Raudhatul Jannah Cilegon meliputi: pelayanan, dan penyediaan sarana prasarana. Dari aspek pengawasan, pengawasan dalam manajemen perpustakaan SMPIT Raudhatul Jannah Cilegon dimaksudkan untuk mengetahui efektivitas dan efisiensi penyelenggaraan perpustakaan, selain untuk memperoleh peningkatan kualitas.Dari aspek motivation, motivation dalam manajemen perpustakaan SMPIT Raudhatul Jannah Cilegon diberikan agar para tenaga perpustakaan dapat memberikan pelayanan kepada pengguna perpustakaan dengan sebaik-baiknya.Aspek fasilitatif, fasilitatif dalam manajemen perpustakaan SMPIT Raudhatul Jannah Cilegon bersifat sebagai penunjang atau pendorong dalam meningkatkan kinerja dari para tenaga perpustakaan dan kepala perpustakaan.Aspek evaluasi, evaluasi dalam manajemen perpustakaan SMPIT Raudhatul Jannah Cilegon ditempuh untuk mengetahui sejauh mana penyelenggaraan program-program perpustakaan tercapai dan pastinya untuk meningkatkan pelayanan yang lebih baik lagi.

PENGELOLAAN KESIAPAN BELAJAR ANAK MASUK SEKOLAH DASAR

Rifai, Mohamad, Fahmi, Fahmi

Tarbawi Vol 3 No 01 (2017): Juni 2017
Publisher : Jurusan Manajemen Pendidikan Islam Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

Readiness of children to enter school is something that is very important that every child must have because the readiness to attend school is the first capital to follow the process of learning activities in school. The greater the readiness of the child, the greater the child has the ability to follow the poses of learning activities at school. Conversely, the smaller the readiness of childrens learning, the smaller the children have the ability to follow the poses of learning activities at school. The problem is that many children do not have readiness to learn well because parents have not manage the readiness to learn children enter school well. In the readiness of learning children enter primary school can not come suddenly in the child because everything must be well prepared, including that of elementary school age, cognitive, affective, and psychomotor ability of children and others needed by children. The role of parents and teachers in "pre-school" institutions / education at an early age is very important in managing preparing children for elementary school. Having the readiness to learn elementary school entrance well then the child can enjoy the process of learning activities and the opportunity / opportunity to deliver to achieve the best achievement in learning.

IMPLEMENTASI MANAJEMEN BERBASIS SEKOLAH DALAM MANAJEMEN PENDIDIKAN

Kosim, Nandang

Tarbawi Vol 2 No 02 (2016): Juli-Desember 2016
Publisher : Jurusan Manajemen Pendidikan Islam Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

Sistem pendidikan di suatu negara tidak terlepas dari peran pemerintah dan orang-orang yang berkontribusi satu sama lain. Pemerintah telah membuat reformasi pendidikan dengan menetapkan berbagai strategi dalam pengembangan pendidikan nasional. Namun pada kenyataannya dalam konteks manajemen pendidikan dalam pelaksanaannya secara keseluruhan masih harus terpusat sehingga demokratisasi yang kurang menggembirakan dan desentralisasi pendidikan. Manajemen terpusat dari pendidikan telah menyebabkan kebijakan yang seragam yang tidak dapat mengakomodasi perbedaan dalam keragaman / kepentingan daerah / sekolah / pelajar, mematikan partisipasi masyarakat dalam proses pendidikan, dan mendorong pemborosan dan kebocoran alokasi anggaran untuk pendidikan. Oleh karena itu, untuk mencapai manajemen pendidikan yang baik salah satu upaya yang dapat dilakukan adalah dengan menerapkan Manajemen Berbasis Sekolah. Manajemen Berbasis Sekolah (MBS) memiliki potensi yang sangat besar untuk menciptakan perubahan, menekankan keterlibatan tinggi (model keterlibatan tinggi) serta berbagai tingkat kesiapan membutuhkan pemegang kebijakan untuk menjalankan perannya sesuai dengan kewajiban, wewenang dan tanggung jawab. Manajemen Berbasis Sekolah juga dapat mengubah sistem dengan menggerakkan otoritas pengambil dalam pengambilan keputusan dan manajemen untuk setiap kelompok. Dengan konsep Manajemen Berbasis Sekolah diharapkan masing-masing sekolah dapat melakukan peningkatan mutu berkelanjutan dan memiliki kemandirian untuk menjadi lebih akuntabel.

Marinah Binti Awang, Eddi Supriadi,

Tarbawi Vol 4 No 01 (2018): Juni 2018
Publisher : Jurusan Manajemen Pendidikan Islam Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

This study aims to know and analyze the relationship of leadership principal teaching and work discipline to student academic achievement in school. This research uses quantitative method, the data is analyzed by using descriptive statistic and inference. Data collection using instruments, instruments compiled from various sources tailored to the research method used. The study was conducted on teachers in elementary schools in Jakarta. The study shows that there is a positive and significant correlation between the principals teaching leadership and the students academic achievement with the correlation correlation value of 0.454, there is a significant correlation between the teachers work discipline with the students academic achievement with the correlation value of 0.576. From the results of the study can be concluded that the improvement and improving the quality of student achievement can be done with the improvement and improvement of the leadership quality of teaching the principal and the discipline of teacher work. Student achievement can develop well with the help and touch of a principal through good school management, as well as the discipline of a teacher in carrying out his work as an educator so that will provide a good quality of learning process also with the expected achievement of student learning achievement high in school. Keywords. Leadership Teaching, Principals, Teachers Dicipline, Academic Achievements.  Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis hubungan kepemimpinan pengajaran kepala sekolah dan disiplin kerja terhadap prestasi akademik siswa di sekolah. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif, data dianalisis dengan menggunakan statistik deskriptif dan inferensi. Pengumpulan data menggunakan instrumen, instrumen disusun dari pelbagai sumber yang disesuaikan dengan metode penelitian yang digunakan. Penelitian dilakukan terhadap guru-guru di Sekolah Dasar di Jakarta. Dapatan kajian menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara kepemimpinan pengajaran kepala sekolah dengan prestasi akademik siswa dengan nilai hubungan korelasi sebesar 0.454, terdapat hubungan yang signifikan antara disiplin kerja guru dengan prestasi akademik siswa dengan nilai korelasi sebesar 0.576. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa perbaikan dan peningkatkan kualitas prestasi belajar siswa dapat dilakukan dengan adanya perbaikan dan peningkatan kualitas kepemimpinan pengajaran kepala sekolah serta adanya kedisiplinan kerja guru. Prestasi belajar siswa dapat berkembang dengan baik dengan adanya bantuan dan sentuhan dari seorang kepala sekolah melalui pengelolaan sekolah yang baik, serta adanya kedisiplinan seorang guru dalam melaksanakan pekerjaanya sebagai seorang tenaga pendidik sehingga akan memberikan kualitas proses pembelajaran yang baik pula dengan harapan tercapainya prestasi belajar siswa yang tinggi di sekolah. Kata Kunci. Kepemimpinan Pengajaran, Kepala Sekolah, Disiplin Guru, Prestasi Akademik

KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL KEPALA MADRASAH, PRESTASI GURU DAN BUDAYA BELAJAR DALAM MENINGKATKAN MUTU MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI JAKARTA SELATAN TRANSFORMATIONAL LEADERSHIP MADRASAH PRINCIPAL, TEACHER ACHIEVEMENT AND LEARNING CULTURE IN IMPROVING QUALIT

Muhammadi, Noor, bin Hj. Marzuki, Shahril Charil, bin Mohd. Hussin, Mohd. Yahya

Tarbawi Vol 1 No 01 (2015): Januari-Juni 2015
Publisher : Jurusan Manajemen Pendidikan Islam Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengenal pasti mutu madrasah, dari tiga aspek iaitu kepemimpinan transformasional kepala madrasah, prestasi guru, budaya belajar, terhadap mutu madrasah. Secara khusus tujuan yang ingin dicapai dalam kajian ini adalah untuk menganalisis kesan kepemimpinan transformasional kepala madrasah, prestasi guru terhadap budaya belajar dan mutu madrasah. Penelitian ini dilakukan terhadap kepala madrasah dan guru Madrasah  Tsanawiyah Negeri di Jakarta Selatan. Dalam penelitian ini pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan metode deskriptif. Metode ini digunakan karena fokus utama penelitian ini ialah untuk meneliti hubungan kepemimpinan transformasional kepala madrasah, prestasi guru, terhadap budaya belajar dan mutu madrasah. Pengumpulan data dengan menggunakan soal instrumen guna mengumpulkan data tentang faktor kepemimpinan transformasional kepala madrasah, prestasi guru dengan budaya belajar untuk peningkatan mutu madrasah. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknikanalisis data deskriptif dan inferensial. Hasil yang didapat dalam penelitian adalah terdapat hubungan positif dan signifikan kepemimpinan transformasional kepala madrasah dengan mutu madrasah, terdapat hubungan positif dan signifikan prestasi guru dengan mutu madrasah, terdapat hubungan positif budaya belajar terhadap mutu madrasah, terdapat hubungan positif dan signifikan kepemimpinan transformasional kepala madrasah dengan budaya belajar, terdapat hubungan positif dan signifikan prestasi guru dengan budaya belajar.

MANAJEMEN PENDEKATAN PEMBELAJARAN

Suryapermana, Nana

Tarbawi Vol 3 No 01 (2017): Juni 2017
Publisher : Jurusan Manajemen Pendidikan Islam Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

To create a good and perfect learning power is not as easy as turning your palms, or not as difficult as turning your foot. This needs to be studied and reflected in the nature of our minds, so that the learning process does not sink into the abyss of error, which will only destroy the students learning outcomes, which makes the students do not know the direction, where the step of this learning objective goes. To generate self-confidence, passion and the spirit of student learning, there needs to be a concept of "Approach" of learning that is built and created by the teacher. In our minds and minds, there must be a grain of questions about what that "approach" is. Here we try to philosophize without eliminating and without burning the results of thoughts and rekayaa others. What is meant Approach in this learning is a learning process created and mastered by teachers in teaching and learning process. Or how the teacher approaches the student learning. So it is with the expression in Jonis mind (1980: 15) that the meaning of "approach" is a general way of looking at the problem and object of study, so that the impact is like someone using certain glasses in view of nature. Green glasses will make the world namapk greenish, as well as using brown glasses, the world feels brown and so on. Next lets try to listen to listen and analyze, then we input into our natural thoughts about the meaning of the approach presented Sanjaya (2006: 36), "The approach can be interpreted as a point of departure or our point of view of the learning process. From the above perspective, surely our minds and our souls must fall down and sink into the minds of Masitoh and Goddess (2009: 38) which offer a learning approach and they say: the learning approach is a way of looking at and understanding the learning situation. There is another saying to the bottom of another fish, another grasshopper. Likewise in terms of learning approaches, the more people think, the more piling up, the smarter the person, the more science that is inspired by the results of reflection and experience. Therefore, the mind of W. Gulo, on the understanding of the learning approach, which is repackaged by Siregar and Nara (2010: 75) explains that the learning approach is a view in seeking the way students interact with their environment.

IMPLEMENTASI KEBIJAKAN PEMBELAJARAN TERPADU DAN MINAT PELANGGAN PENDIDIKAN

Fatkuroji, Fatkuroji

Tarbawi Vol 2 No 02 (2016): Juli-Desember 2016
Publisher : Jurusan Manajemen Pendidikan Islam Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

Kebijakan pembelajaran terpadu dapat diimplementasikan pada Sekolah Islam terpadu. Implementasi pembelajaran terpadu dapat meningkatkan minat pelanggan pendidikan. Analisis kebijakan publik adalah cara atau prosedur dalam mengunakan pemahaman manusia terhadap dan untuk memecahkan masalah kebijakan. Langkah-langkah implementasi kebijakan publik meliputi: penyusunan agenda, formulasi kebijakan, adopsi/legitimasi kebijakan dan evaluasi kebijakan. Sekolah Islam Terpadu adalah sekolah yang menerapkan pendekatan penyelenggaraan dengan memadukan pendidikan umum dan pendidikan agama menjadi suatu jalinan kurikulum. Bertujuan membina peserta didik untuk menjadi insan muttaqien yang cerdas, berakhlak mulia dan memiliki keterampilan yang memberi manfaat dan maslahat bagi ummat manusia. Pembelajaran terpadu merupakan pendekatan yang mengaitkan beberapa aspek baik dalam intra mata pelajaran maupun antar mata pelajaran baik umum ataupun agama. Minat pelanggan pendidikan Islam terpadu terlihat pada: membayar harga jasa sudah termasuk pelayanan. Mengutamakan kualitas yaitu kesesuaian dengan spesifikasi standar yang berlaku, dengan biaya yang kompetitif. Mendapatkan kepuasan puas, dengan memperoleh pelayanan yang baik melebihi apa yang mereka harapkan. Citra lembaga, yaitu fungsi pengalaman dan harapan pelanggan.

Farhurohman, Oman

Tarbawi Vol 4 No 01 (2018): Juni 2018
Publisher : Jurusan Manajemen Pendidikan Islam Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

Abstract. Leadership in education is closely related to the system: in put - process - out put. The study of the three elements that educational leaders will move in an effort to produce quality educational institutions. Thus, educational leadership is a very important factor in influencing the work performance of the organization because leadership is the main activity in achieving organizational goals. Educational leaders are not only skilled in managerial institutions, but their personality factors are required to be "good". This will create an institution conducive conducive to achieve quality. Keywords. Quality of Leadership, Principal, School Supervisor.   Abstrak. Kepemimpinan dalam pendidikan berkaitan erat dengan sistem: in put- proses - out put. Penelaahan atas ketiga unsur itulah pemimpin pendidikan akan bergerak dalam upaya menghasilkan kualitas lembaga pendidikan yang berkualitas. Jadi, kepemimpinan pendidikan merupakan faktor yang sangat penting dalam mempengaruhi prestasi kerja organisasi karena kepemimpinan merupakan aktivitas utama dalam mencapai tujuan organisasi/lembaga. Pemimpin pendidikan tidak hanya berkeahlian dalam manajerial lembaga, tetapi faktor kepribadiannya pun dituntut agar “baik”. Hal ini akan menciptakan lembaga yang dipimpinnya kondusif guna mencapai mutu yang berkualitas. Kata Kunci. Mutu Kepemimpinan, Kepala Sekolah, Pengawas Sekolah.   Daftar Pustaka Fattah, Nanang. 1996. Landasan Manajemen Pendidikan. Bandung: Rosdakarya. Indrafachru, Soekarto, dkk. 1983. Pengantar kepemimpinan pendidikan. Surabaya: Usana Offset Printing. Kompas.com. Maret 2008 dan November 2013. Mulyadi. 2010. Kepemimpinan kepala sekolah. Malang: UIN Maliki Press. Munajat, Nur. 2011.  Hand Out Leadership. UIN Suka-Fakultas Tarbiyah dan Keguruan. Mulyasa, H. E. 2012. Manajemen & Kepemimpinan Kepala Sekolah. Jakarta: Bumi Aksara. Rohmat. 2010. Kepemimpinan Pendidikan Strategi Menuju Sekolah Efektif.  Yogyakarta: Cahaya Ilmu. Sallis, Edward. 2011. Manajemen Mutu Terpadu Pendidikan Peran Strategis Pendidikan di Era Globalisasi Modern. Jogjakarta: IRCiSoD. Soetopo Hendyat, dkk. Kepemimpinan dan Supervisi Pendidikan. Malang: Bina Aksara. Suhertian. 2010. Konsep Dasar & Teknik Supervisi Pendidikan. Jakarta: Bineka.

PELAKSANAAN PENILAIAN DAN IMPLIKASINYA DALAM PEMBENTUKAN SIKAP ILMIAH DAN MOTIVASI BELAJAR MAHASISWA

Sukino, Sukino

Tarbawi Vol 1 No 02 (2015): Juli-Desember 2015
Publisher : Jurusan Manajemen Pendidikan Islam Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

This article would like to description result of research was done entitled the effect of application an examination for student’s science attitude and learning motivation in State Islamic Religious Institutes Pontianak. The problem in this research is first, how to effect of regularly test, and how to effect of take home test, and which do from third tests above very influences for student’s science attitude and learning motivation. This research was done based student’s attitude phenomena in learning activities especially to learn in faced an examination of semester in the Campus. That it was can looked from student’s activities very busy and so-so, tending to be lazy person. Based on pre investigation was discovered the information that student’s character not very busy to learn because lecturer always given test by taken home. But at the same time was discovered the information that student very occupied in quest the hand book, make a summary, and to borrow the notation of matters to another student to prepare to follow end an examination of semester regularly. This research characterized an associative by quantitative approach. That sampling of research was about 100 students taken by random sampling. Meanwhile, Method to aggregate the date used indirect communication technique by questionnaire instrument. Furthermore, to analysis the date used non parametric descriptive statistic. It was done crosstab test by using SPSS 18.0 version that the outcome this research pointed that the implementation of regularly test more influence for student’s science attitude and learning motivation.

PANDANGAN MAHASISWA ISLAM TERHADAP MUTU AKADEMIK PERGURUAN TINGGI AGAMA ISLAM SWASTA PROVINSI DKI JAKARTA

Supardi, Supardi, Syah, Darwyan, Muhtarom, Ali

Tarbawi Vol 2 No 01 (2016): Januari-Juni 2016
Publisher : Jurusan Manajemen Pendidikan Islam Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

Penelitan ini bertujuan untuk: 1) mendeskripsikan tingkat mutu akademik, kepuasan dan hasil belajar mahasiswa PTAIS provinsi DKI Jakarta; 2) Membandingkan mutu akademik PTAIS antara harapan dan kenyataan dan antar satuan pendidikan; Metode penelitian menggunakan pendekatan survey dengan model model SERVQUAL. Hasil penelitian menunjukkan: 1) tingkat mutu akademik harapan tinggi, sebenarnya sedang dan jarak memuaskan, kepuasan dan hasil belajar mahasiswa sedang; 2) terdapat perbedaan mutu akademik antara harapan dan kenyataan.

Page 1 of 12 | Total Record : 111