cover
Contact Name
Jurnal AL-Jauhari
Contact Email
jurnalaljauhari@gmail.com
Phone
-
Journal Mail Official
jurnalaljauhari@gmail.com
Editorial Address
-
Location
Kota gorontalo,
Gorontalo
INDONESIA
Jurnal Ilmiah AL-Jauhari Jurnal Studi Islam dan Interdisipliner
ISSN : 25413430     EISSN : 25413449     DOI : -
Core Subject : Humanities, Art,
Jurnal Ilmiah AL-Jauhari Jurnal Studi Islam dan Interdisipliner adalah jurnal yang diterbitkan oleh IAIN Sultan Amai Gorontalo, terbit setahun dua kali pada bulan Juni dan Desember. Fokus kajian adalah Studi Islam Interdisipliner yang menampilkan hasil penelitian tentang keislaman. print ISSN: 2541-3430 online ISSN: 2541-3449. Pascasarjana Institut Agama Islam Negeri Sultan Amai Gorontalo.
Arjuna Subject : -
Articles 36 Documents
BIMBINGAN KONSELING DAN IMPLIKASINYA TERHADAP KARAKTER PESERTA DIDIK DI MAN MODEL GORONTALO Salamun, Jaenab
Jurnal Ilmiah AL-Jauhari: Jurnal Studi Islam dan Interdisipliner Vol 1 No 1 (2016): Jurnal AL-Jauhari
Publisher : Pascasarjana IAIN Sultan Amai Gorontalo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1316.332 KB)

Abstract

Untuk membentuk karakter peserta didik yang sesuai dengan harapan,  perlu adanya bantuan dari guru Bimbingan Konseling (selanjutnya disingkat BK) untuk mengarahkan ke jalan yang benar. Berkenaan dengan tugasnya, guru BK tentunya menghadapi banyak tantangan, mengingat di satu sisi sekolah dituntut untuk dapat  melahirkan generasi yang berkarakter, namun di sisi lain guru tidak dibenarkan lagi menghukum atau bertindak keras terhadap peserta didik dengan dalih apapun, dikarenakan adanya payung hukum yang menaungi peserta didik yakni undang-undang HAM dan undang-undang perlindungan anak. Hal inilah yang menjadi tantangan bagi sekolah untuk menerapkan aturan pada peserta didik. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui model penanganan masalah  yang dilakukan oleh guru BK di MAN Model Gorontalo dan implikasinya terhadap karakter peserta didik. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan pendekatan psikologi dan edukatif. Peneliti sebagai perencana, pelaksana, pengumpul data, penganalisis, penyimpul dan pada akhirnya pelapor hasil penelitian. Untuk  mengumpulkan  data  guna  menjawab  fokus  penelitian,  maka digunakan teknik pengumpulan data yaitu wawancara, observasi, dan dokumentasi. Dari hasil penelitian  ini  ditemukan bahwa:  (1) peranan BK sangat menentukan terarahnya karakter peserta didik yang bermasalah (2) dalam menengani peserta didik bermasalah ditempuh langkah-langkah seperti mengidentifikasi kasus, mendeskripsikan kasus dan mengkonferensi kasus (3) terdapat faktor pendukung dalam pelaksanaan BK yakni adanya kerja sama semua pihak dalam menangani persoalan peserta didik, tidak hanya bertumpu pada guru BK saja, sedangkan faktor penghambatnya adalah kurangnya guru BK yang profesional, dan sarana/prasarana yang memadai. Melalui penelitian ini penulis sangat menyarankan agar penyelesaian masalah peserta didik dapat dilakukan tanpa melalui kekerasan atau hukuman fisik. Penyelesaian masalah peserta didik melalui bimbingan konseling diharapkan menjadi solusi yang tepat untuk menghindari pelanggaran Undang-Undang Perlindungan Anak. Penulisan tesis ini belum sempurna dan jauh dari harapan, oleh karena itu sangat diharapkan untuk dapat dilakukan penelitian yang lebih baik lagi.
PERANAN WANITA KARIER TERHADAP PEMBINAAN KECERDASAN SPIRITUAL DAN PEMBENTUKANKARAKTER ANAK DI KECAMATAN TAPA KABUPATEN BONE BOLANGO Hamdjati, Yeni Marlina; Haluty, Djailani
Jurnal Ilmiah AL-Jauhari: Jurnal Studi Islam dan Interdisipliner Vol 3 No 2 (2018): Jurnal Ilmiah AL-Jauhari
Publisher : Pascasarjana IAIN Sultan Amai Gorontalo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (713.83 KB) | DOI: 10.30603/jiaj.v3i2.544

Abstract

Wanita karier dalam pembahasan tesis ini adalah seorang ibu yang berkiprah pada dunia kerja dan mampu mengasuh dan mendidik anak-anaknya, sehingga daripadanya dapat memberi dampak posisitif yang cukup besar kepada anak dalam hal pembinaan spiritual dan pembentukan karakter anak. Permasalahan yang diangkat dalam tesis ini adalah: Pertama, bagaimana tingkat partisipasi wanita karier dalam pembinaan spiritual dan pembentukan karakter anak di Kecamatan Tapa Kabupaten Bone Bolango? Kedua, bagaimana upaya yang dilakukan wanita karier dalam pembinaan spiritual dan pembentukan karakter anak di Kecamatan Tapa Kabupaten Bone Bolango? Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan tentang tingkat partisipasi dan upaya yang dilakukan wanita karier dalam pembinaan spiritual dan pembentukan karakter anak di Kecamatan Tapa Kabupaten Bone Bolango.   Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif deskriptif, dengan pendekatan yuridis normatif, sosilogis-kultural, dan pendekatan psikologis serta teknik pengumpulan data melalui observasi, analisis, wawancara, dan daftar informan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa; 1) Tingkat Partisipasi Wanita karier dalam Pembinaan Spiritual dan Pembentukan Karakter Anak di Kecamatan Tapa Kabupaten Bone Bolango ditunjukkan melalui pengasuhan anak sepenuhnya dilakukan oleh orang tua, pembiasaan atau pemberian contoh teladan kepada anak-anak dalam lingkup penanaman akhlakul qarimah, orang tua selalu memperhatikan cara belajar anak, orang tua membuat program kegiatan yang harus dilakukan oleh anak-anaknya dalam setiap hari, orang tua meskipun aktivitas keseharian lebih banyak berada di luar rumah, tetapi selalu berusaha untuk memenuhi tugas dan tanggung jawabnya dalam mendidik anak-anaknya agar memiliki pengetahuan aqidah dan akhlak secara dini serta mampu mengaplikasikan nilai-nilai aqidah dan akhlak terpuji dalam kehidupan sehari-hari; 2) Upaya yang dilakukan wanita karier dalam pembinaan spiritual dan pembentukan karakter anak di Kecamatan Tapa Kabupaten Bone Bolango di antaranya; a) melakukan pendidikan aqidah dan akhlak secara intesif kepada anak melalui mempraktekkan amalan ibadah di dalam kehidupan sehari-hari, seperti shalat lima waktu, puasa, membaca al-Qur‟an, dan amalan ibadah lainnya. Sedangkan pendidikan akhlak dilakukan dengan cara penanaman etika dan moral dalam keluarga, memperkenalkan kepada anak-anak cara hidup menghargai sesama manusia dan makhluk lainnya di lingkungan sekitarnya, serta mengajari anak agar selelu bersyukur dan bersabar untuk mengakui kebesaran Ilahi atas apa yang terjadi kepada makhluk ciptaan-Nya; b) memberikan contoh ketaladan yang baik kepada anak pada semua aspek; c) memasukkan anak ke lembaga-lembaga pendidikan agama, atau mengikutsertakan anak pada setiap kegiatan keagamaan, serta membiasakan anak membaca buku-buku tentang Aqidah dan Akhlak; d) melakukan pengawasan terhadap semua aktivitas anak terutama; cara belajar anak, sikap ramah anak terhadap orang lain, cara bergaul anak dengan yang lebih muda, sederajat atau yang lebih tua, yang kesemuanya disertai dengan penetapan puneshman dan reward atas perbuatan yang mereka lakukan. Rekomendasi hasil penelitian ini adalah; seyogyanya seorang ibu yang meskipun banyak berkarier di luar rumah, tetapi tidak boleh mengesampingkan tanggungjawabnya yang utama yaitu mendidik anak-anaknya menjadi insan paripurna yang berkepribadian mulia dan memiliki masa depan yang cerah. Di samping itu, orangtua diharapkan dapat memperbanyak referensi tentang pola asuh wanita karier dalam pembinaan spiritual dan pembentukan karakter anak ke arah yang lebih baik.
EFEKTIVITAS BIMBINGAN BELAJAR MANDIRI DAN IMPLIKASINYA TERHADAP HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PESERTA DIDIK DI SMK NEGERI 3 GORONTALO Zakaria, Darmawati; Ibrahim, Sulaiman
Jurnal Ilmiah AL-Jauhari: Jurnal Studi Islam dan Interdisipliner Vol 3 No 2 (2018): Jurnal Ilmiah AL-Jauhari
Publisher : Pascasarjana IAIN Sultan Amai Gorontalo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (556.489 KB) | DOI: 10.30603/jiaj.v3i2.538

Abstract

Guru sebagai pembimbing dalam proses pembelajaran membantu setiap peserta didik mengatasi kesulitan belajar baik secara individual maupun kelompok, melalui bimbingan belajar mandiri. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji lebih dalam pelaksanaan bimbingan belajar mandiri dan menganalisis pengaruhnya terhadap hasil belajar peserta didik. Metode yang digunakan adalah pendekatan kualitatif, dengan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan bimbingan belajar mandiri di SMK Negeri 3 Gorontalo terdapat 3 proses tahapan yaitu 1) Perencanaan; 2) Pelaksanaan; dan 3) Penilaian, Terbukti besarnya pengaruh terhadap hasil belajar peserta didik yang mengikuti kegiatan proses pembelajaran dengan teknik individual dan kelompok keseluruhannya tuntas belajar (100%). Teknik individual rerata prosentase baik sekali 57.89 dan rerata prosentase kriteria baik 42.11 %. Sedangkan keberhasilan teknik kelompok rerata prosentase baik sekali 66.67 %, dan rerata prosentase kriteria baik 33.33%.
ANALISIS PENETAPAN DISPENSASI KAWIN DALAM PERSPEKTIF UNDANG-UNDANG PERLINDUNGAN ANAK (STUDI KASUS DI PENGADILAN AGAMA LIMBOTO TAHUN 2015-2016) Yunus, Sri Rahmawaty; Faisal, Ahmad
Jurnal Ilmiah AL-Jauhari: Jurnal Studi Islam dan Interdisipliner Vol 3 No 2 (2018): Jurnal Ilmiah AL-Jauhari
Publisher : Pascasarjana IAIN Sultan Amai Gorontalo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (597.375 KB) | DOI: 10.30603/jiaj.v3i2.540

Abstract

This thesis described the establishment of judge in Limboto Religious Caurt in adjudicating marriage dispentation proposal. The proposal was requested by the parents for the children’s underage marriage, while in marriage law chapter 7 says that the marriage can be arranged at the age of 19 years old for men and 16yeras for women. Meanwhile, chilidren under 18 years old should have protection on thair rights and welfare as stated in Child Protection Law. Therefore, this research was conducted based on big concern on violation of chiledren’s rights.   In this research, the researcher discussed problems on 1) how the judges considered the marriage dispentation proposal in Limboto Religious Caourt? And 2) how the judges determined the marriage dispensation proposal?   This thesis was conducted through fielld research by means a research done in a particuler location ar area, and in this case it was located in Limboto Religious Court. This research used descriptive –analytic mathod where the problem of research was solved by describing and analytic it through data collection, composition, data analysis, data presentation and assessment on the reserch problem.   The result showed that the implementation of marriage dispensation in Limboto Religious Court is relevant with legal substanceof child protection law as well as marriage law number 1 of 1974 in which it is based on principile of the law, it also prioritizes welfare of the chilidren who are mature enough ini building a new family. Those children in marriage dispensation have met standrs in child protection that puts forward the regulation’s best principle, the right to live, and appreciation for the children. Therefore, the marriage dispensation in Limboto Religious Caourt is not contradictory to the child protection law.  
PUTUSAN HAKIM ATAS PERCERAIAN SALAH SATU PIHAK GAIB DAN IMPLIKASINYA TERHADAP PARA PIHAK DI PENGADILAN AGAMA LIMBOTO Hasan, Nurhayati; Ishak, Ajub
Jurnal Ilmiah AL-Jauhari: Jurnal Studi Islam dan Interdisipliner Vol 3 No 2 (2018): Jurnal Ilmiah AL-Jauhari
Publisher : Pascasarjana IAIN Sultan Amai Gorontalo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (534.324 KB) | DOI: 10.30603/jiaj.v3i2.541

Abstract

Proses perceraian dengan salah satu pihak gaib ini, dibedakan dalam proses pemanggilan pihak gaib melalui mass media yang tidak secara langsung kepada pihak yang gaib, namun proses persidangannya tetap dilaksanakan sama dengan cerai pada umumnya. Dengan demikian penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana proses sidang cerai gaib dan implikasinya terhadap pihak berperkara di Pengadilan Agama. Tesis ini merupakan kajian pustaka, yaitu penelitian dengan melakukan telaah terhadap putusan cerai gaib yang telah berkekuatan hukum tetap di wilayah Pengadilan Agama Limboto. Menggunakan analisis kualitatif, dengan mengumpulkan data-data didalami, ditelaah, dikaji dan dipahami dengan cara dianalisis dan disimpulkan untuk mendapatkan keakuratan data yang diperoleh. Menggunakan pendekatan yuridis sosiologis yang berusaha untuk menemukan, mengungkap dan menggambarkan fenomena hukum yang terjadi dalam persidangan, pertimbangan majelis hakim dalam memutuskan perkara cerai gaib dan realitas yang terjadi dalam masyarakat khususnya dalam perkara cerai gaib. Melalui proses wawancara, studi dokumentasi, pengolahan dan analisis data.   Berdasarkan hasil penelitian, ditemukan hal-hal yang terjadi dalam perceraian gaib, diantaranya keberadaan pihak yang digaibkan maupun dalam persidangan dan putusan cerai gaib yang telah berkekuatan hukum tetap, namun ada kelemahan dalam proses pembuktiannya dihadapan sidang, sehingga putusan hakim ini mampu memberikan implikasi kepada para pihak yang berperkara. Dengan demikian hal ini harus mendapatkan perhatian serius dari pemerintah dan aparat penegak hukum yang terkait untuk memperbaiki aturan yang telah ada demi masa depan anak bangsa, dan keteraturan proses pelaksanaan sistem peradilan agama, seharusnya ada aturan yang mengatur secara khusus tentang proses persidangan cerai gaib, yang dibedakan dengan proses cerai biasa.  
EFEKTIVITAS PELAKSANAAN SUPERVISI KEPALA SEKOLAH TERHADAP STANDAR PROSES PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMK NEGERI 1 KAIDIPANG KABUPATEN BOLAANG MONGONDOW UTARA Lauma, Ismail; Pido, Siti Asiah T
Jurnal Ilmiah AL-Jauhari: Jurnal Studi Islam dan Interdisipliner Vol 3 No 2 (2018): Jurnal Ilmiah AL-Jauhari
Publisher : Pascasarjana IAIN Sultan Amai Gorontalo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (543.311 KB) | DOI: 10.30603/jiaj.v3i2.542

Abstract

Kajian ini menganalisis efektivitas pelaksanaan supervisi kepala sekolah terhadap standar proses pembelajaran PAI, dan faktor-faktor yang mempengaruhinya. Hasil penelitian bahwa supervisi terhadap standar proses pembelajaran PAI belum efektif karena keterbatasan waktu kepala sekolah sehingga menunjuk guru senior untuk membantunya. Selain itu kinerja kepala sekolah lebih menitikberatkan pada pemenuhan aspek teknis administratif daripada aspek akademis dan pembelajaran; pengawasan lebih ke segi fisik pendukung pembelajaran. Faktor penunjang efektivitas supervisi terhadap standar proses pembelajaran PAI yakni kompetensi kepala sekolah dan kemampuan guru dalam pembelajaran. Faktor penghambat terdiri atas keterbatasan waktu kepala sekolah dan faktor keterbatasan sumber daya pendidikan.
PRAKTIK PERKAWINAN DIBAWAH UMUR DAN DAMPAKNYA TERHADAP KEHARMONISAN RUMAH TANGGA DI KABUPATEN BOALEMO Lakoro, Jusuf A; Suleman, Zulkarnain
Jurnal Ilmiah AL-Jauhari: Jurnal Studi Islam dan Interdisipliner Vol 3 No 2 (2018): Jurnal Ilmiah AL-Jauhari
Publisher : Pascasarjana IAIN Sultan Amai Gorontalo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (580.278 KB) | DOI: 10.30603/jiaj.v3i2.543

Abstract

Perkawinan dibawah umur di Kabupaten Boalemo umumnya terjadi pada anak-anak usia sekolah yang seharusnya masih merasakan dunia pendidikan dan menikmati indahnya masa-masa muda, namun harus berakhir dengan perkawinan diusia yang masih sangat muda dengan mengorbankan masa depan dan pendidikannya. Penelitian ini untuk menemukan, mengungkap dan menggambarkan praktik perkawinan anak dan dampaknya di Kabupaten Boalemo.   Tesis ini merupakan penelitian lapangan, yang dilakukan di Kabupaten Boalemo yang tersebar di 6 Kecamatan. Penelitian ini menggunakan analisis kualitatif, dengan cara mengumpulkan data-data, didalami, dikaji, dipahami dan disimpulkan dengan cara deskriptif untuk mendapatkan keakuratan data. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan yuridis sosiologis yaitu melihat fenomena sosial dalam masyarakat yang kemudian dikaitkan dengan aturan yang berlaku.   Berdasarkan hasil penelitian, ditemukan realitas yang terjadi dalam praktik perkawinan diibawah umur antara lain bentuk perkawinan dibawah umur yang cukup beragam antara lain; dilaksanakan berdasarkan hasil dispensasi nikah, rendahnya usia perkawinan, perkawinan dengan salah satu pasangan yang lebih tua, perkawinan hamil diluar nikah, perkawinan tanpa restu orang tua dan perkawinan tidak tercatat. Perkawinan dibawah umur juga telah berdampak terhadap keharmonisan rumah tangga, antara lain tidak tercapainya kesejahteraan jiwa, tidak tercapainya kesejahteraan fisik dan tidak tercapainya perimbangan ekonomi dalam rumah tangga. Perkawinan dibawah umur seharusnya mampu dibendung dengan ketegasan aturan baik undang-undang tentang perkawinan dan KHI maupun aturan adat yang berlaku di masyarakat Gorontalo. Selain itu pentingnya proses penyadaran, edukasi dan sosialisasi terhadap undang-undang perkawinan yang tidak lagi diketahui oleh anak-anak saat ini maupun terhadap bahaya perkawinan dibawah umur.
Pendidikan tentang Manusia dalam Perspektif Al-Qur’an Ibrahim, Sulaiman
Jurnal Ilmiah AL-Jauhari: Jurnal Studi Islam dan Interdisipliner Vol 2 No 2 (2017): Jurnal AL-Jauhari
Publisher : Pascasarjana IAIN Sultan Amai Gorontalo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1073.423 KB)

Abstract

Manusia dalam kaitannya dengan pendidikan, adalah merupakan makhluk ciptaan Tuhan yang memliki potensi untuk dapat berkembang ke arah yang positif sekaligus memliki potensi untuk berkembang ke arah yang negatif. Demikian pula keberadaan manusia di dunia yang dilengkapi dengan dua unsur, yaitu unsur jasad dan ruh, realitas yang mendasari dan prinsip yang menyatukan apa yang kemudian dikenal sebagai manusia bukanlah perubahan jasadnya melainkan keruhaniannya. Hal itu dapat dicapai jika potensi yang ada dalam dirinya diarahkan kepada yang positif melalui pendidikan.
Pelestarian Lingkungan Hidup dalam Perspektif Al-Qur’an: Kajian Tafsir Maudu’iy Ibrahim, Sulaiman
Jurnal Ilmiah AL-Jauhari: Jurnal Studi Islam dan Interdisipliner Vol 1 No 1 (2016): Jurnal AL-Jauhari
Publisher : Pascasarjana IAIN Sultan Amai Gorontalo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1239.627 KB)

Abstract

Artikel ini menjelaskan tentang pelestarian lingkungan hidup menurut perspektif al-Qur’an. Lingkungan hidup tidak saja bersifat fisik seperti tanah, udara, air, cuaca dan sebagainya, namun dapat juga berupa sebagai lingkungan kemis maupun lingkungan sosial. Lingkungan sosial meliputi semua faktor atau kondisi di dalam masyarakat yang dapat menimbulkan pengaruh atau perubahan sosiologis, ekonomi, politik dan sosial budaya. Al-Qur’an sangat menganjurkan kepada manusia untuk melestarikan lingkungan. Secara implisit, banyak ayat al-Qur’an menjelaskan bahwa Allah swt, senantiasa memelihara dan melindungi makhluk-Nya, termasuk binatang dengan cara memberikan makanan dan memotoring tempat tinggalnya. Adapun manusia sebagai makhluk Allah Swt, diperintahkan untuk selalu berbuat baik dan dilarang untuk berbuat kerusakan di atas bumi.
Hubungan Persepsi Guru PAI terhadap Pendidikan Agama Islam Berbasis ICT dalam Meningkatkan Kualitas Pendidikan di-Era Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) di Kota Gorontalo Hasyim, Rustam
Jurnal Ilmiah AL-Jauhari: Jurnal Studi Islam dan Interdisipliner Vol 3 No 1 (2018): Jurnal Al-Jauhari
Publisher : Pascasarjana IAIN Sultan Amai Gorontalo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1481.408 KB)

Abstract

Membangun persepsi guru PAI terhadap pendidikan agama Islam berbasis ICT  di-era Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) merupakan suatu varian yang mempengaruhi dalam meningkatkan kualitas pendidikan agama Islam berbasis ICT di Kota Gorontalo. Metode penelitian  menggunakan analisis data kombinasi (MixedMethods) dengan model Squential Explanatory Design, penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan hasil penelitian kuantitatif pada tahap pertama dan memperluas, memperdalam serta membuktikan data kuantitatif dengan data kualitatif pada tahap kedua. Hasil temuan dalam penelitian ini mendeskripsikan bahwa (1) kualitas pendidikan agama Islam berbasis ICT di Kota Gorontalo diperoleh nilai  porsentasi sebesar = 85,6%, (2) persepsi guru PAI terhadap pendidikan agama Islam berbasis ICT diperoleh nilai porsentasi sebesar = 80,9 %. (3) terdapat hubungan yang signifikansi antara persepsi guru PAI terhadap pendidikan agama Islam berbasis ICT dengan  peningkatan kualitas pendidikan dengan tingkat korelasi mencapai 98,6%. Perbandingan data kuantitatif dan kualitatf secara keseluruhan menyimpulkan bahwa persepsi guru PAI terhadap pendidikan agama Islam berbasis ICT dalam meningkatkan kualitas pendidikan (PAI berbasis merupakan varian/faktor yang mempengaruhi sikap dan pengetahuan guru PAI dalam menentukan upaya untuk meningkatkan kualitas pendidikan di-era MEA.

Page 1 of 4 | Total Record : 36