J I M P - Jurnal Informatika Merdeka Pasuruan
ISSN : -     EISSN : -
Jurnal Informatika Merdeka Pasuruan (JIMP) terbit 3 kali dalam satu tahun yaitu dibulan maret, agustus dan desember. Memuat tulisan ilmiah yang berhubungan dengan bidang teknologi informasi serta aplikasi teknik informatika. Jurnal JIMP terbitan berkala ini adalah hasil penelitian dari tugas akhir penelitian dari dalam dan luar Departemen Fakultas Teknologi Informasi Universitas Merdeka Pasuruan.
Articles
63
Articles
Media Pembelajaran Mengenal Jenis Batuan Berbasis Augmented Reality Pada Perangkat Android

Prayoga, Dito Ari ( Jurusan Teknik Informatika Universitas Widyagama Malang )

J I M P - Jurnal Informatika Merdeka Pasuruan Vol 3, No 3 (2018): DESEMBER
Publisher : Universitas Merdeka Pasuruan

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (783.327 KB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi pada berkembang pesatnya penggunaan smartphone di kalangan pelajar dan kurangnya metode pembelajaran yang efektif dan menarik untuk pelajaran IPS-Geografi khususnya materi jenis-jenis batuan tingkat SMP. Hal ini dikarenakan materi jenis-jenis batuan sulit ditemui alat peraganya di beberapa lingkungan sekolah. Augmented Reality adalah teknologi yang saat ini berkembang dengan pesat, salah satunya banyak dikembangkan di bidang pendidikan. Kelebihan dari Augmented Reality adalah tampilan visual yang menarik, karena dapat menampilkan objek secara 3 dimensi yang seakan-akan ada pada lingkungan nyata sehingga dapat. Metode yang digunakan adalah Marker Based AR yang menggunakan marker atau penanda untuk memunculkan objek 3D dan Metode Occlusion Based pada Virtual Button. Dengan menggunakan teknologi Augmented Reality pada aplikasi yang dikembangkan diharapkan dapat digunakan sebagai salah satu alternatif media pembelajaran untuk mengenalkan jenis-jenis batuan yang mampu memudahkan siswa memahami materi dan menambah daya tarik siswa untuk mempelajari materi tersebut. Hasil pengujian Alpha fitur pada aplikasi berjalan dengan baik, terutama Metode Occlusion Based yang diimplementasikan pada Virtual Button. Hasil pengujian beta menunjukkan aplikasi dapat membuat siswa lebih memahami materi serta menambah minat siswa dalam mempelajari materi jenis batuan karena memberikan pengalaman berbeda dalam belajar.Kata kunci : Media Pembelajaran, Jenis-jenis Batuan, Augmented Reality, Android

Penerapan Model Green SCOR untuk Pengukuran Kinerja Green Supply Chain Management pada PT. XYZ

febrianti, fifi fitria ( Program Studi Sistem Informasi, STMIK Primakara, Denpasar ) , Eka Putra, I Gede Juliana ( Program Studi Sistem Informasi, STMIK Primakara, Denpasar ) , Raditya Putra, I Gusti Lanang Agung ( Program Studi Sistem Informasi, STMIK Primakara, Denpasar )

J I M P - Jurnal Informatika Merdeka Pasuruan Vol 3, No 3 (2018): DESEMBER
Publisher : Universitas Merdeka Pasuruan

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (319.672 KB)

Abstract

PT.XYZ merupakan salah satu satu perusahaan tekstil terbesar di Bali, untuk meningkatkan produktivitas kinerja maka dilakukan penilaian kinerja dengan menggunakan green supply chain management dengan model SCOR, dengan normalisasi menggunakan rumus snorm de boer serta pembobotan menggunakan rumus Analytical Hiearchy Process (AHP).Menurut penilaian yang telah dilakukan, menghasilkan 31 KPI dan 5 dimensi, menghasilkan nilai tertinggi pada proses return sedangkan nilai terendah pada proses make. Adapun nilai kinerja dari perusahaan sebesar 67,692. Nilai ini menunjukkan kinerja dari perusahaan masih tergolong average dan harus banyak melakukan perbaikan agar bisa mencapai nilai good.Kata kunci : Kinerja Supply Chain, GSCM, SCOR, AHP.

Sistem Informasi Pengolahan Data Keuangan Berbasis Web

Purnomo, Heri ( STMIK PPKIA Pradnya Paramita ) , Maknunah, Jauharul ( STMIK PPKIA Pradnya Paramita )

J I M P - Jurnal Informatika Merdeka Pasuruan Vol 3, No 3 (2018): DESEMBER
Publisher : Universitas Merdeka Pasuruan

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (648.737 KB)

Abstract

Sistem informasi keuangan adalah suatu sistem informasi yang memfasilitasi organisasi untuk mengelola data keuangan bagi bidang-bidang yang terkait sehingga dapat membantu menyelesaikan kegiatan di bidang keuangan terutama untuk proses pencatatan dan laporan keuangan secara cepat. Tujuannya terwujudnya Implemetasi Sistem Informasi Keuangan berbasis web untuk mendukung penyajian informasi dalam proses pengambilan keputusan oleh pimpinan, maupun bagian keuangan. Metode yang digunakan adalah metode analisis dan metode perancangan. Metode perancangannya yaitu membuat implentasi sistem informasi, desain basis data dan analisis data keuangan.Metode analisis dilakukan dengan menggunakan teknik observasi dan wawancara, studi kepustakaan, survey langsung di STMIK Pradnya Paramita dengan cara mewawancarai orang-orang terkait untuk melengkapi informasi yang dibutuhkan.Hasil akhir dari implentasi sistem informasi keuangan berbasis web dimanfaatkan untuk mempermudah dan mempercepat pengaksesan data serta memberikan pihak pimpinan dalam mengakses penuh ke data tanpa melakukan pemrosesan data operasional. Dengan terbangunnya implementasi sistem informasi dapat dihasilkan data yang terstruktur dan terintegrasi dengan baik sebagai masukan bagi pihak manajemen dalam proses pengambilan keputusan.Kata Kunci : Implementasi, Sistem Informasi, Keuangan, Web

Metode AHP Dan SAW Untuk Penerimaan Siswa Baru (Studi kasus:Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Sandikta)

Sumanto, Sumanto ( Jurusan Teknik Informatika Bina Sarana Informatika )

J I M P - Jurnal Informatika Merdeka Pasuruan Vol 3, No 3 (2018): DESEMBER
Publisher : Universitas Merdeka Pasuruan

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (357.78 KB)

Abstract

Penerimaan siswa baru pada SMK Sandikta masih menggunakan Microsoft Excel dalam proses penyeleksian penerimaan siswa baru, sehingga membutuhkan waktu yang lama untuk menentukan siswa tersebut diterima atau tidak diterima. Masalah tersebut juga berdampak pada siswa yang tidak diterima, ditakutkan untuk mendaftar kesekolah lain pendaftarannya sudah tutup, terkadang banyak calon siswa yang mendaftar kebeberapa sekolah untuk mewaspadai tidak diterima disekolah tersebut. Tujuan peneliti dalam pembuatan skripsi ini adalah untuk membantu panitia penerimaan siswa baru SMK Sandikta dalam penyeleksian penerimaan siswa baru dengan menggunakan metode AHP (Analitycal Hierarchy Process) untuk menetukan nilai bobot awal pada setiap kriteria dan menggunakan metode SAW (Simple Additive Weighting) untuk mencari perankingan pada setiap alternatif. Kriteria yang digunakan untuk penerimaan siswa baru pada SMK Sandikta ini ada empat yaitu nilai ujian nasional, nilai rapor semester akhir, umur dan penyakit yang diderita. Bobot yang didapatkan dari metode AHP akan dimasukan pada metode SAW dalam menentukan alternatif yang diterima. Dengan adanya sistem pendukung keputusan ini, diharapkan dapat membantu panitia penerimaan siswa baru dalam menentukan penerimaan siswa baru pada SMK Sandikta.Kata kunci : Sistem Pendukung Keputusan, Penerimaan Siswa Baru, AHP, SAW.

Perancangan Aplikasi Toko Online Calgan MWS Berbasis Mobile Web Menggunakan Framework Codeigniter

Prasetyo, Andri ( Jurusan Manajemen Informatika STMIK Pradnya Paramita Malang ) , Syaifulloh, Ali ( Jurusan Manajemen Informatika STMIK Pradnya Paramita Malang )

J I M P - Jurnal Informatika Merdeka Pasuruan Vol 3, No 3 (2018): DESEMBER
Publisher : Universitas Merdeka Pasuruan

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (570.792 KB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti, bahwa fenomena toko online saat ini sangatlah marak diperbincangkan. Pengguna dapat mengakses mulai dari perangkat komputer, laptop, tablet hingga smartphone. Akan tetapi, masih banyak pengguna aplikasi toko online yang menggunakan perangkat dengan spesifikasi rendah khususnya smartphone sehingga dalam menggunakan aplikasi tersebut pengguna merasa kesulitan, memperlambat kinerja smartphone nya serta memorinya yang tidak mencukupi untuk menginstall aplikasi tersebut.Tujuannya adalah untuk membantu pengguna yang memiliki perangkat khususnya smartphone dengan spesifikasi rendah dapat mengakses dan menggunakan aplikasi ini untuk berbelanja, sedangkan bagi admin memberikan kemudahan dalam memproses pemesanan barang yang dibeli dan mengatur user serta menambahkan barang yang akan dijual nantinya. Metodologi yang digunakan dalam aplikasi ini adalah SDLC (Software Development Life Cycle). Metodologi ini mempunyai beberapa tahap perencanaan yaitu Analisis,Desain, Implementasi dan Pengujian. Tool yang digunakan pada penelitian ini adalah PHP, Framework Codeigniter, Mobile JQuery dan Mysql. Dengan adanya Aplikasi Toko Online Calgan MWS berbasis Mobile Web dengan menggunakan Framework Codeigniter ini diharapkan akan memudahkan admin untuk mengelola toko onlinenya dan kepada pengguna dalam berbelanja secara online.Kata kunci : Aplikasi, Toko Online berbasis Mobile Web.

Perancangan Proses Bisnis Financial Management (Fm) Berbasis Diagram Business Process Model And Notation (BPMN) Di Pt. Retgoo Sentris Informa

priyono, muhammad agus ( universitas widyagama )

J I M P - Jurnal Informatika Merdeka Pasuruan Vol 3, No 3 (2018): DESEMBER
Publisher : Universitas Merdeka Pasuruan

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (409.437 KB)

Abstract

PT. RetGoo Sentris Informa di dirikan di Malang pada bulan Mei 2014. Sistem Financial Management (FM) di PT. RetGoo Sentris Informa saat ini masih belum menggunakan aplikasi khusus yang terstruktur dengan baik. Sehingga perlu dilakukan perancangan proses bisnis sistem Financial Management (FM) yang baru dengan tujuan untuk meningkatkan kinerja pegawai pada divisi Financial Department (FD) dalam hal waktu dan efisiensi.Tahapan perancangan yang digunakan meliputi perancangan diagram proses bisnis, variable, dan desain antar muka. Perancangan ini mempunyai manfaat yaitu sebagai acuan untuk membuat aplikasi Financial Management (FM) sehingga lebih terstruktur. Dalam Merancang proses Bisnis FM berbasis diagram BPMN di PT.RetGoo Sentris Informa ini yang dibutuhkan adalah diagram BPMN untuk merancang proses bisnis tersebut.Kata kunci : Financial Management, BPMN

Peningkatan Keamanan Jaringan Pada EndPoint Menggunakan Metode Host Instrusion Detection And Prevention System Dengan Centralized Patch Vulnerability

Fauzan, Andri ( Fakultas Teknologi Komunikasi dan Informatika, Universitas Nasional ) , Fitri, Iskandar ( Fakultas Teknologi Komunikasi dan Informatika, Universitas Nasional ) , Nathasia, Novi Dian ( Fakultas Teknologi Komunikasi dan Informatika, Universitas Nasional )

J I M P - Jurnal Informatika Merdeka Pasuruan Vol 3, No 3 (2018): DESEMBER
Publisher : Universitas Merdeka Pasuruan

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (590.565 KB)

Abstract

Sebuah sistem dan metode meningkatkan keamanan endpoint dari jaringan komputer. Sistem dan metode menghasilkan keamanan endpoint pada jaringan yang dikarantina dan tidak dikarantina. Berdasarkan penilaian keamanan yang dihasilkan, endpoint yang aman terhubung ke jaringan yang tidak dikarantina dan endpoint yang tidak aman atau rentan terhubung ke jaringan yang dikarantina. Endpoint Security membantu memperbaiki kerentanan endpoint pada jaringan yang dikarantina. Agen keamanan Endpoint, pemindai keamanan, dan mesin remediasi yang menjalankan fungsi di atas berada pada masing-masing jaringan yang dikarantina dan tidak dikarantina pada endpoint yang berbeda. Dengan arsitektur seperti itu, sistem keamanan endpoint secara menguntungkan dapat menjadi sistem operasi agnostik dan dapat memberikan keamanan endpoint yang lengkap dan kuat dengan HIPS/HIDS, untuk setiap endpoint.Kata Kunci : Endpoint Security, HIPS, HIDS

Penerapan Data Mining Untuk Menganalisis Kepuasan Konsumen Menggunakan Metode Algoritma C4.5

Takalapeta, Sutriawaty ( Jurusan Teknik Informatika, FT Universitas Widyagama, Malang )

J I M P - Jurnal Informatika Merdeka Pasuruan Vol 3, No 3 (2018): DESEMBER
Publisher : Universitas Merdeka Pasuruan

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (355.451 KB)

Abstract

Kepuasan konsumen mencakup perbedaan antara tingkat kepentingan dan kinerja atau hasil yang dirasakan, serta merupakan evaluasi purna beli dimana alternatif yang dipilih sekurang-kurangnya dapat memberikan hasil sama atau melampaui harapan konsumen, sedangkan ketidakpuasan dapat terjadi apabila hasil yang diperoleh tidak memenuhi harapan yang diinginkan konsumen. Terdapat 5 dimensi yang dirancang untuk mengukur kualitas pelayanan yang didasarkan pada perbedaan antara nilai harapan dengan nilai kinerja yang dirasakan oleh konsumen yaitu tangible, reliability, responsiveness, assurance, dan empathy. Lima dimensi tersebut sangat berpengaruh dalam kemajuan suatu perusahaan maka dari itu dengan menggunakan metode data mining dapat ditemukan tren-tren penting bagi perusahaan.Penilaian kepuasan konsumen berdasarkan angket yang telah diisi oleh konsumen. Hasil angket tersebut akan diolah menggunakan algoritma C4.5.Algoritma C4.5 adalah salah satu algoritma dari metode klasifikasi dan menghasilkan sebuah pohon keputusan. Metode pohon keputusan mengubah fakta yang sangat besar menjadi pohon keputusan yang merepresentasikan aturan. Aturan dapat dengan mudah dipahami dengan bahasa alami.Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, penggunaan algoritma C4.5 dapat membantu pihak resto dalam meningkatkan pelayanan sesuai dengan hasil kuisioner yang telah diisi oleh para pelanggan. Berdasarkan hasil perhitungan, pelanggan puas terhadap variabel Tangiables (Fasilitas), Tangiables (Peralatan), Tangiables (Penampilan Karyawan). Sedangkan pelanggan tidak puas terhadap satu variabel yaitu Tangiables (Komunikasi). Nilai gain tertinggi adalah variabel tangiables dengan nilai 0,378118. Sedangkan indikator dari variabel tangiables yang mempunyai nilai entropy tertinggi adalah indikator fasilitas dengan nilai 0,764205. Total kuisioner yang diisi sejumlah 15 kuisioner, 11 orang menyatakan puas dan hanya 4 orang yang menyatakan tidak puas.Kata kunci : Algoritma C4.5, Data Mining, Kepuasan Konsumen

Penilaian Pemain Basket untuk Menentukan Posisi Menggunakan Fuzzy Mamdani

Khalif, Rehan Aria ( Fakultas Teknologi Komunikasi dan Informatika, Universitas Nasional ) , Andryana, Septi ( Fakultas Teknologi Komunikasi dan Informatika, Universitas Nasional ) , Winarsih, Winarsih ( Fakultas Teknologi Komunikasi dan Informatika, Universitas Nasional )

J I M P - Jurnal Informatika Merdeka Pasuruan Vol 3, No 3 (2018): DESEMBER
Publisher : Universitas Merdeka Pasuruan

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (584.545 KB)

Abstract

Bola basket merupakan olahraga yang banyak diminati anak muda. Dari banyaknya pemain basket pelatih sangat sulit menentukan posisi mana yang sesuai untuk para pemain basket. Penelitian ini dibuat untuk membantu pelatih untuk memberikan posisi para pemain basket tingkat SMA dengan memberikan penilaian berdasarkan kriteria yang telah ditentukan oleh pelatih basket. Memberikan sebuah penilaian juga merupakan sebuah motivasi agar para pemain basket bisa berkembang dan mempertahankan kualitas agar semakin baik. Sistem Pendukung keputusan dengan menggunakan metode fuzzy mamdani untuk melakukan penilaian pada para pemain basket. Dengan melakukan penilaian ini dapat memberikan performa terbaik pada setiap posisi. Hasil dari sampel pada penelitian dan pengujian pada studi kasus “penilaian pemain basket untuk menentukan posisi menggunakan metode fuzzy mamdani” Pada data pengujian terdapat 9 sampel nama pemain untuk menentukan posisi, dan terdapat 2 di posisi forward, 6 posisi guard dan 1 posisi Center.Kata Kunci : SPK, Fuzzy Mamdani, Posisi

Sistem Deteksi Menggunakan Sensor Ultrasonik berbasis Arduino mega 2560 dan Processing untuk Sistem Keamanan Rumah

Setyawan, Bayu ( Fakultas Teknologi Komunikasi dan Informatika, Universitas Nasional ) , Andryana, Septi ( Fakultas Teknologi Komunikasi dan Informatika, Universitas Nasional ) , Winarsih, Winarsih ( Fakultas Teknologi Komunikasi dan Informatika, Universitas Nasional )

J I M P - Jurnal Informatika Merdeka Pasuruan Vol 3, No 3 (2018): DESEMBER
Publisher : Universitas Merdeka Pasuruan

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (524.186 KB)

Abstract

Home security adalah kebutuhan wajib setiap pemilik rumah. Salah satu contoh sistem tradisional yang masih banyak digunakan adalah alarm rumah. Tetapi seiring dengan perkembangan teknologi saat ini sistem keamanan rumah semakin banyak jenisnya. Oleh karena itu, penulis akan membuat suatu sistem keamanan rumah berbasis mikrokontroler menggunakan model sistem pengembangan Prototyp. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa sensor berfungsi dengan baik. Sensor Ultrasonic dapat mendeteksi gerakan dengan jarak terjauh 4 meter dan 2 cm untuk normally open pada sensor magnetic switch. Uji coba membuktikkan bahwa Alat deteksi ini terbukti berhasil membaca gerakan dengan jarak yang ditentukan serta tidak dapat membaca gerakan lebih dari 4 meter.Kata kunci : arduino mega 2560, sensor ultrasonic, buzzer, motor servo, processing.