cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota palopo,
Sulawesi selatan
INDONESIA
Kelola: Journal of Islamic Education Management
ISSN : -     EISSN : -     DOI : -
Core Subject : Science, Education,
Arjuna Subject : -
Articles 7 Documents
Search results for , issue " Vol 2, No 2 (2017): Kelola: Journal of Islamic Education Management" : 7 Documents clear
Membentuk Karakter Generasi Muda Melalui Institusi Keluarga Di Era Digital RG, Salmawaty; Mahmud, Hilal
KELOLA: Journal of Islamic Education Management Vol 2, No 2 (2017): Kelola: Journal of Islamic Education Management
Publisher : Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palopo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24256/joiem.v1i2.435

Abstract

The main focus of this research is how to shape character of young generation through family institutions in digital era. The study, therefore, discusses the adopted parenting pattern and the role of family institutions in shaping character of young generation in digital era. Data obtained through questionnaires, interviews, observation and documentation studies. The population in this study is all students of SMP Negeri 9 Palopo which amounted to 597 people. Sampling technique used is Probability Sampling Technique based on Slovin formula so that the number of samples is 86 people. The results showed that the adopted parenting pattern is permissive, authoritarian, and authoritative.
Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Produktivitas Tenaga Kerja Industri Kecil Kota Palopo Ukkas, Imran
KELOLA: Journal of Islamic Education Management Vol 2, No 2 (2017): Kelola: Journal of Islamic Education Management
Publisher : Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palopo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24256/joiem.v1i2.440

Abstract

Kualitas produksi yang dihasilkan oleh industri kecil sangat ditentukan oleh produktivitas tenaga kerjanya. Tingkat produktivitas tenaga kerja yang cenderung rendah dapat mengakibatkan menurunnya jumlah produksi. Hal ini dapat disebabkan oleh beberapa faktor antara lain tingkat pendidikan, usia, pengalaman kerja, dan jenis kelamin. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh tingkat pendidikan, usia, pengalaman kerja, dan jenis kelamin terhadap produktivitas tenaga kerja pada industri kecil di Kota Palopo. Sampel penelitian sebanyak 100 orang tenaga kerja pada industri kecil yang ada di Kota Palopo yang diambil dengan menggunakan teknik probability random sampling. Adapun metode analisis dalam penelitian yaitu menggunakan analisis kuantitatif dengan rumus regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat pendidikan, usia, pengalaman kerja dan jenis kelamin berpengaruh positif signifikan terhadap produktivitas tenaga kerja industri kecil Kota Palopo. Selanjutnya dari keempat variabel independen tersebut yang memiliki pengaruh dominan terhadap produktivitas tenaga kerja yaitu variabel usia sebesar 2,331. Hasil penelitian ini diharapkan dapat menjadi bahan pengembangan kajian ilmu manajemen sumber daya manusia terkhusus mengenai produktivitas tenaga kerja dalam rangka upaya peningkatan produksi pada industri kecil.
Pendekatan Problem Posing Berbasis Teori Polya Irfah, Auli; Rahmah, Nur
KELOLA: Journal of Islamic Education Management Vol 2, No 2 (2017): Kelola: Journal of Islamic Education Management
Publisher : Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palopo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24256/joiem.v1i2.436

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian ex-post facto, yang bertujuan untuk mengetahui persepsi siswa tentang pendekatan problem posing berbasis teori Polya, kemampuan siswa menyelesaikan soal-soal cerita, serta pengaruh pendekatan problem posing berbasis teori Polya terhadap kemampuan menyelesaikan soal-soal cerita pada siswa kelas VIII SMP Negeri 5 Palopo. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 5 Palopo yang berjumlah 144 siswa, dengan teknik pengambilan sampel yaitu stratified random sampling dengan jumlah sampel sebanyak 36 siswa. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket dan tes. Selanjutnya data yang diperoleh dianalisis dengan statistik deskriptif dan statistik inferensial. Hasil analisis statistik deskriptif menunjukkan bahwa skor rata-rata persepsi siswa tentang pendekatan problem posing berbasis teori Polya pada siswa kelas VIII SMP Negeri 5 Palopo adalah sebesar 60,17 dari skor ideal 70 dengan standar deviasi = 5,359; skor maksimum = 69; dan skor minimum = 49. Sedangkan skor rata-rata kemampuan menyelesaikan soal-soal cerita pada siswa kelas VIII SMP Negeri 5 Palopo adalah sebesar 82,06 dari skor ideal 100 dengan standar deviasi = 6,224; skor maksimum = 94; dan skor minimum = 67. Hasil analisis statistik inferensial dengan menggunakan regresi linear sederhana diperoleh bahwa thitung ttabel (9,634 1,690, dengan = 0,05), korelasi nilai r sebesar 0,856 menunjukkan korelasi sangat kuat, serta koefisien determinan yaitu sebesar 73,27%. Hal ini menunjukkan bahwa benar terdapat pengaruh yang signifikan antara pendekatan problem posing berbasis teori Polya terhadap kemampuan menyelesaikan soal-soal cerita pada siswa kelas VIII SMP Negeri 5 Palopo.
Manajemen dan Organisasi dalam Pandangan Islam Safri, Hendra
KELOLA: Journal of Islamic Education Management Vol 2, No 2 (2017): Kelola: Journal of Islamic Education Management
Publisher : Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palopo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24256/joiem.v1i2.437

Abstract

Dalam kehidupan masyarakat modern seperti saat ini berbagai jenis kegiatan dilakukan untuk memenuhi kebutuhan hidup baik secara individu maupun berkelompok, dalam dunia bisnis setiap kegiatan memiliki orientasi dalam hal pengembangan yang nantinya akan menghasilkan output sesuai dengan rencana awal yang telah ditetapkan namun hal ini dapat tercapai apabila dibarengi dengan pengelolaan dan sumber daya manusia yang memadai, pengelolaan yang dimaksud dalam hal ini dimulai dari Perencanaan, Pengorganisasian, Pengaplikasian, dan Pengawasan. Di dalam ajaran Islam manusia senantiasa diharapkan agar mencari rezeki dengan cara yang Halal dan menjauhi Riba, selain itu setiap aktivitas yang dilakukan secara berkelompok harus di dasari dengan kebaikan dan tim yang solid, hal ini diumpamakan seperti bangunan yang kokoh yang menopang satu sama lain demi kesejahteraan bersama.
Manajemen Kinerja Nursam, Nasrullah
KELOLA: Journal of Islamic Education Management Vol 2, No 2 (2017): Kelola: Journal of Islamic Education Management
Publisher : Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palopo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24256/joiem.v1i2.438

Abstract

Manajemen kinerja tradisional mempunyai kelemahan-kelemahan dan tidak sesuai lagi diterapkan oleh organisasi bisnis dalam memasuki persaingan yang sangat ketat di pasar global. Manajemen kinerja tradisional harus ditinggalkan dan diganti dengan menerapkan manajemen kinerja baru. Perbaikan manajemen kinerja dilakukan secara berkelanjutan untuk mengantar kinerja karyawan, tim, dan organisasi ke yang terbaik. Agar efektivitas manajemen kinerja tercapai, organisasi bisnis perlu mengembangkan supervisi dalam melakukan perbaikan manajemen kinerja. Model manajemen kinerja yang terdiri dari empat tahap (perencanaan, implementasi, evaluasi, dan kompensasi) dapat dipergunakan untuk perbaikan manajemen kinerja.
Analisis Manajemen Humas dalam Upaya Meningkatkan Partisipasi Masyarakat terhadap Lembaga Pendidikan M, Suardi
KELOLA: Journal of Islamic Education Management Vol 2, No 2 (2017): Kelola: Journal of Islamic Education Management
Publisher : Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palopo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24256/joiem.v1i2.434

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seperti apa manajemen humas dalam upaya meningkatkan partisipasi masyarakat terhadap lembaga pendidikan smp negeri satap 9 Bulukumba. Pendekatan yang dilakukan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan metode pengumpulan data melalui penelitian lapangan dengan cara observasi dan wawancara. Data yang diperoleh diolah dan dianalisis melalui tiga alur, yakni reduksi data, display data (penyajian) dan verifikasi data. Hasil penelitian ditemukan bahwa upaya smp negeri satap 9 bulukumba dalam meningkatkan partisipasi masyarakat terhadap lembaga pendidikan smp negeri satap 9 bulukumba melalui menajemen humas yaitu menggunakan berbagai macam tekhnik komunikasi, baik secara lisan, tulisan maupun melalui perbuatan (uswah hasanah). Hal demikian dilakukan agar pesan yang di sampaikan dapat lebih mudah menyebar dan di terima dengan baik oleh masyarakat sekitar yang relatif majemuk dari segi pendidikan, ekonomi dan strata sosial. Sedangkan penggunaan media sosial smp negeri satap 9 bulukumba sangat memperhitungkan aspek efektifitas dan efesiensinya.
Efektivitas Model Learning Cycle 7e (Lc 7e) Berbasis Pendekatan Konstruktivisme Musdalifa, Andi; Taqwa, Taqwa
KELOLA: Journal of Islamic Education Management Vol 2, No 2 (2017): Kelola: Journal of Islamic Education Management
Publisher : Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palopo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24256/joiem.v1i2.439

Abstract

Permasalahan pokok dalam penelitian ini yaitu (1). Bagaimana hasil belajar matematika siswa kelas VII MTs. Batusitanduk yang tidak diajar dengan model Learning Cycle 7E berbasis pendekatan konstruktivisme? (2). Bagaimana hasil belajar matematika siswa kelas VII MTs. Batusitanduk yang diajar dengan model Learning Cycle 7E berbasis pendekatan konstruktivisme? (3). Apakah model Learning Cycle 7E berbasis pendekatan konstruktivisme efektif meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas VII MTs. Batusitanduk?. Penelitian ini menggunakan desain eksperimen dengan true-experimental tipe pre test-post test control group design dengan populasi yaitu seluruh siswa kelas VII MTs. Batusitanduk tahun ajaran 2015/2016 yang berjumlah 115 siswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu cluster random sampling sehingga terpilih dua kelas yang menjadi sampel yaitu kelas VII A sebagai kelas kontrol dengan jumlah 29 siswa dan kelas VII B sebagai kelas eksperimen dengan jumlah 29 siswa. Teknik pengumpulan data yaitu dengan pemberian tes dan lembar observasi aktivitas siswa. Analisis data menggunakan statistik deskriptif dan statistik inferensial. Hasil penelitian diperoleh rata-rata nilai siswa sebelum perlakuan untuk kelas eksperimen sebesar 65,66 dan untuk kelas kontrol sebesar 67,31. Dari hasil uji statistik z diperoleh dengan taraf signifikan 5% diperoleh , sehingga maka H0 diterima, artinya tidak ada perbedaan yang signifikan antara kedua kelas. Rata-rata nilai siswa setelah perlakuan untuk kelas eksperimen sebesar 75,83 dan untuk kelas kontrol sebesar 70,86. Dari hasil uji statistik z diperoleh dengan taraf signifikan 5% diperoleh . Sehingga , maka H0 ditolak dan H1 diterima, artinya hasil belajar kelas eksperimen lebih baik dari hasil belajar kelas kontrol.

Page 1 of 1 | Total Record : 7