cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota palopo,
Sulawesi selatan
INDONESIA
DINAMIS-Journal Of Islamic Management And Bussiness
ISSN : -     EISSN : -     DOI : -
Core Subject : Science,
DINAMIS: Journal of Islamic Mangement and Bussines The Journal published by Prodi Manajemen Bisnis Syariah focused on Accounting, Business, Economics, Finance and Management studies. The Journal is published twice a year. The aim of the journal is to disseminate the accounting, business, economics, finance, and management researches done by researchers both from Indonesian and overseas.
Arjuna Subject : -
Articles 9 Documents
CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT DAN PENGARUHNYA TERHADAP LOYALITAS NASABAH PADA BANK RAKYAT INDONESIA (BRI) SYARIAH KANTOR CABANG PEMBANTU (KCP) KOTA PALOPO Iskandar, Ahmad Syarief; W, Nildha Amelia
DINAMIS-Journal Of Islamic Management And Bussiness Vol 1, No 1 (2018): Vol.1 No. 1 April 2018
Publisher : PRGORAM STUDI MANAJEMEN BISNIS SYARIAH IAIN PALOPO

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Pesatnya perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi menjadikan persaingan antara perusahaan pada sektor perbankansemakin ketat sehingga mendorong perusahaan perbankan untuk terus berupaya tidak hanya mendapatkan nasabah tetapi jugabagaimana mempertahankan nasabahnya. Customer Relationship Management (CRM) menjadi salah satu upaya yang dapatditerapkan untuk membangun relasi yang kuat antar bank dan nasabah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruhCustomer Relationship Management (CRM) terhadap Loyalitas Nasabah pada Bank Rakyat Indonesia (BRI) Syariah KantorCabang Pembantu (KCP) Kota Palopo. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif. Populasi dalampenelitian ini adalah nasabah BRI Syariah KCP Kota Palopo. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik nonprobability sampling dengan cara purposive sampling. Teknik pengumpulan data digunakan dalam penelitian yaitu denganmembagikan kuesioner berupa pernyataan tertulis untuk memperoleh keterangan dari 96 responden yang menjadi sampelpenelitian. Data yang diperoleh kemudian di analisis dengan menggunakan metode yaitu analisis regresi berganda danpengujian hipotesis dengan menggunakan bantuan SPSS for windows Versi 20. Hasil Penelitian ini menemukan bahwa dalamuji simultan (Uji-F) menghasilkan tingkat signifikansi sebesar 0,000 lebih kecil dari 0,05 di simpulkan bahwa variabelCustomer Relationship Management (CRM) yang terdiri dari identify, acquire, retain dan develop secara bersama-samaberpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas nasabah. Berdasarkan uji parsial (Uji-T) diperoleh bahwa variabel identifydominan berpengaruh terhadap loyalitas nasabah dengan nilai koefisien regresi terbesar yaitu 0,821. Dengan demikian pihakBank Rakyat Indonesia (BRI) Syariah Kantor Cabang Pembantu (KCP) Kota Palopo terus mengefektifkan penggunaandatabase nasabah untuk lebih mengenal dan mengetahui potensial nasabah terhadap peningkatan bank, meningkatkan mutupelayanan serta memanfaatkan perkembangan teknologi yang mampu menunjang kemudahan nasabah dalam bertransaksi.
PENERAPAN NILAI-NILAI ISLAM DALAM BANK BERBASIS SYARIAH DAN PENGARUHNYA TERHADAP LOYALITAS NASABAH Bakri, Adzan Noor; Masruroh, Umi Masruroh
DINAMIS-Journal Of Islamic Management And Bussiness Vol 1, No 1 (2018): Vol.1 No. 1 April 2018
Publisher : PRGORAM STUDI MANAJEMEN BISNIS SYARIAH IAIN PALOPO

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi dengan banyaknya lembaga keuangan syariah yang bermunculan dan semakin banyaknya bank syariah yang melayani jasa keuangan sekaligus memenuhi kebutuhan masyarakat yang semakin beragam. Dengan banyaknya perbankan syariah saat ini, tak lepas dari tudingan yang menyatakan bahwa perbankan syariah adalah bank konvensional yang hanya dibubuhi label syariah. Namun, dewasa ini bank syariah selalu berupaya menerapkan nilai-nilai Islam yang yang didasarkan pada prinsip syariah. Melihat upaya bank syariah, apakah nantinya nilai-nilai Islam mempengaruhi keloyalitasan nasabah, karena loyalitas nasabah adalah sumber keuntungan suatu perusahaan khususnya perbankan syariah. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Sampelnya diambil secara purposive sampling. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer yang diperoleh dari penyebaran angket. Angket digunakan untuk memperoleh data tentang nilai-nilai Islam yaitu keadilan, kesederajatan dan kejujuran. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu menggunakan uji validitas dan reliabiitas, uji asumsi klasik, uji regresi berganda, dan uji hipotesis dengan bantuan program spss 15.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tidak terdapat pengaruh antara nilai-nilai Islam seperti keadilan, kesederajatan dan kejujuran  terhadap loyalitas nasabah baik secara parsial maupun bersama-sama. Artinya meskipun Bank berbasis Syariah penerapan nilai-nilai Islam bukanlah merupakan faktor yang mepengaruhi loyalitas nasabah menabung di bank syariah namun ada beberapa faktor lain yang lebih mempengaruhi loyalitas nasabah yang tidak di teliti oleh peneliti. Implikasi penelitian ini adalah Bank Syariah harus mampu menonjolkan nilai-nilai Islam dalam segala bentuk aktivitasnya, sehingga dapat meningkatkan kepercayaan nasabahnya. Kepercayaan merupakan salah satu faktor penting untuk menjaga hubungan jangka panjang antara bank syariah dengan nasabahnya
PENGARUH FAKTOR LINGKUNGAN KELUARGA DAN MASYARAKAT, EKSPEKTASI PENDAPATAN, DAN PENDIDIKAN TERHADAP MINAT MAHASISWA DALAM BERWIRAUSAHA Kamma, Hamzah; Hardiana, Hardiana
DINAMIS-Journal Of Islamic Management And Bussiness Vol 1, No 1 (2018): Vol.1 No. 1 April 2018
Publisher : PRGORAM STUDI MANAJEMEN BISNIS SYARIAH IAIN PALOPO

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tulisan ini berjudul Pengaruh faktor lingkungan keluarga dan masyarakat, ekspektasi pendapatan, dan pendidikan terhadap minat mahasiswa dalam berwirausaha (studi kasus mahasiswa prodi ekonomi syariah tahun 2014) dengan rumusan masalah bagaimana pengaruh faktor lingkungan keluarga dan masyarakat terhadap  minat mahasiswa dalam berwirausaha, bagaimana pengaruh faktor ekspektasi pendapatan terhadap minat mahasiswa dalam berwirausaha, bagaimana pengaruh faktor pendidikan terhadap minat mahasiswa dalam berwirausaha. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan menggunakan analisis regresi linier berganda dengan SPSS versi 20. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa ekonomi syariah tahun 2014 yang berjumlah 146 mahasiswa dengan sampel sebanyak 37 mahasiswa. Dengan teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu simple random sampling. Hasil penelitian menemukan bahwa variabel variabel lingkungan keluarga dan masyarakat dengan nilai thitung -2,606 < ttabel 1,692, ekpektasi pendapatan dengan nilai thitung 3,662  dan nilai ttabel 1,692, dan  pendidikan dengan nilai  thitung  2,662 dan nilai  ttabel 1,692, yang berpengaruh terhadap minat berwirausaha mahasiswa Ekonomi Syariah. Dengan demikian, hipotesis kedua dan ketiga yang diajukan terbukti kebenarannya. Ekspektasi pendapatan dan pendidikan secara bersama-sama juga berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat berwirausaha mahasiswa Ekonomi Syariah. Sedangkan lingkungan keluarga dan masyarakat tidak berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat berwirausaha mahasiswa ekonomi syariah.
IMPLEMENTASI MANAJEMEN SUMBER DAYA MANUSIA (MSDM) PADA PERGURUAN TINGGI KEAGAMAAN ISLAM NEGERI (PTKIN) Makkulasse, Ramlah; Sari, Nur Indah
DINAMIS-Journal Of Islamic Management And Bussiness Vol 1, No 1 (2018): Vol.1 No. 1 April 2018
Publisher : PRGORAM STUDI MANAJEMEN BISNIS SYARIAH IAIN PALOPO

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Manajemen sebagai salah satu sains dan tekhnologi memberikan kontribusi yang besar bagi keberhasilan suatu Organisasu/perusahaan. Seiring dengan perkembangan zaman yang semakin pesat, kegiatan ekonomi pun mengalami perkembangan, tidak ketinggalan juga Ekonomi Islam, seorang musslim diwajibkan untuk selalu mengaplikasikan ajaran Islam dalam setiap sendi kehidupannya. Indonesia adalah salah satu Negara yang menggunakan prinsip-prinsip Manajemen dalam pengelolaan Organisasi/perusahaan sekaligus sebagai Negara Muslim terbesar di dunia. Dalam   hal ini termasuk membahas tentang aktivitas bisnis (manajemen). Manaajemen organisasi/perusahaan mencakup pengelolaan SDM yang dapat dipadukan dengan  ajran-ajaran Islam yang berasal dari Al-Qur’an dan Hadist.  Manajemen berbasis syariah pada umumnya hanya dilakukan oleh Organisai/perusahaan yang pemiliknya seorang Muslim yang mengharuskan seluruh pekerjanya orang Islam dan mengharuskan pekerjanya mengikuti aturan yang telah diterapkan secara syariah. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dimana pengumpulan data dilakukan dengan wawancara dan observasi secara mendalam sehingga mampu mendapatkan informasi lebi lanjut sejauh mana MSDM berbasis syariah ini diterapkan di Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam ini. Objek penelitian ini adalah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (F.EBI) kemudian responden dalam penelitian ini adalah Wakil Rektor II, Kabag Umum, Dekan FEBI, Staf atau Karyawan serta Dosen yang bersangkutan. Adapun penerapan Manajemen Sumber Daya Manusia ( MSDM) yang berbasis syariah FEBI meliputi proses rekrutmen, seleksi, kontrak kerja, penilaian kerja, upah, pelatihan dan pengembangan serta konpensasi. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, Manajemen yang berbasis syariah dapat diterapkan dan diaplikasikan secara nyata dalam pengelolaan Organisasi/perusahaan. Dimana semua aspek manajemen yang teerkait disesuaikan dengan perintah Allah SWT. Manajemen berbasis syariah dianggap lebih sesuai dengan kepribadian dan kerakter bangsa Indonesia.
PENGARUH FAKTOR KELAS SOSIAL TERHADAP PERILAKU KONSUMEN DALAM PEMILIHAN PAKAIAN DI DESA LAGEGO KECAMATAN BURAU KABUPATEN LUWU TIMUR Ilham, Ilham; Hermawati, Hermawati
DINAMIS-Journal Of Islamic Management And Bussiness Vol 1, No 1 (2018): Vol.1 No. 1 April 2018
Publisher : PRGORAM STUDI MANAJEMEN BISNIS SYARIAH IAIN PALOPO

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah adalalah untuk mengetahui sejauh mana dan seberapa penting peran status sosial terhadap perilaku konsumen dan keputusan pembelian. Jenis penelitian yang dilakukan merupakan penelitian ex post facto dengan penelitian (kuantitatif deskripitif), artinya data dikumpulkan setelah semua kejadian yang dipersoalkan berlangsung tanpa ada perlakuan. Dalam penelitian ini tidak ada manipulasi atau perlakuan melainkan berlangsung dengan sendirinya tanpa di kendalikan oleh peneliti yang bertujuan untuk menemukan faktor–faktor yang menentukan sebab-sebab memungkinkan terjadinya peristiwa yang diteliti. Kelas Sosial memiliki Thitung sebesar (12,186) > Ttabel (1,985) sehingga hal tersebut menunjukkan bahwa Ha diterima atau Ho ditolak, artinya variabel kelas sosial secara parsial berpengaruh signifikan terhadap perilaku konsumen dalam pemelihan pakaian di Desa Lagego Kecamatan Burau Kabupaten Luwu Timur.
STRATEGI PEMASARAN PRODUK GADAI SYARIAH (RAHN) DALAM UPAYA MENARIK MINAT NASABAH PADA BANK SYARIAH MANDIRI KOTA PALOPO Jabani, Muzayyanah; Chodijah, Siti
DINAMIS-Journal Of Islamic Management And Bussiness Vol 1, No 1 (2018): Vol.1 No. 1 April 2018
Publisher : PRGORAM STUDI MANAJEMEN BISNIS SYARIAH IAIN PALOPO

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tulisan  ini membahas masalah yaitu: 1) Bagaimana strategi pemasaran yang digunakan oleh Bank Syariah Mandiri Kota Palopo dalam menarik minat nasabah?, 2) Bagaimana peningkatan jumlah nasabah melalui implementasi strategi produk gadai syariah pada Bank Syariah Mandiri Kota Palopo?. Sedangkan tujuan penelitian ini yakni untuk: 1) Mengetahui bagaimana strategi pemasaran yang digunakan oleh Bank Syariah Mandiri Kota Palopo dalam menarik minat nasabah, 2) Mengetahui peningkatan jumlah nasabah pada Bank Syariah Mandiri melalui implementasi strategi pemasaran produk gadai syariah (rahn). Studi ini menggunakan desain penulisan deskripktif kualitatif yang berusaha untuk menggambarkan tentang bagaimana strategi pemasaran produk gadai syariah dalam menarik minat nasabah, untuk itu penulis melakukan suatu penulisan dengan menggunakan beberapa macam persiapan, 1) Observasi, dilakukan oleh penulis secara langsung  dengan cara mengamati berbagai hal yang berkaitan dengan penulisan 2) Wawancara, dimana penulis melakukan penulisan melalui pendekatan individu dan bertanya langsung terhadap beberapa informan. 3) Dokumentasi, atau pengumpulan data yang dilakukan oleh penulis dengan cara terjun langsung ke lapangan untuk mengumpulkan data-data atau dokumen-dokumen yang dapat memberikan gambaran tentang lokasi dan obyek. Hasil penelitian menunjukkan, 1) bahwa strategi yang digunakan oleh Bank Syariah Mandiri Kota Palopo dalam menarik minat nasabahnya adalah sebagai berikut: (1) Strategi Produk (Product) (2) Strategi Harga (Price) (3) Strategi Tempat (Place) (4) Strategi Promosi (Promotion) 2) Implementasi strategi pemasaran produk gadai syariah (rahn) yang dilakukan oleh Bank Syariah Mandiri Kota Palopo ternyata mampu mempengaruhi peningkatan jumlah nasabah. Ini terbukti dengan peningkatan biaya keluar (out standing), pencapaian target, serta peningkatan jumlah nasabah dari tahun ke tahun.
PENERAPAN KOMUNIKASI PEMASARAN TERHADAP PERILAKU DAN PUTUSAN PEMBELIAN Batjo, Nurdin
DINAMIS-Journal Of Islamic Management And Bussiness Vol 1, No 2 (2018): VOL.1, NO.2 Oktober 2018
Publisher : PRGORAM STUDI MANAJEMEN BISNIS SYARIAH IAIN PALOPO

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Globalisasi memiliki imbas yang sangat besar terhadap dunia pemasaran. Dimana terbuka peluang pasar yang makin besar tetapi memiliki kelemahan yaitu persaingan yang makin ketat dan berat. Oleh karena itu pemasaran di era globalisasi ini tidak hanya melakukan perbaikan disisi produk, penetapan harga yang lebih terjangkau dan pendistribusian produk yang kontinyu saja. Tetapi sangat dibutuhkan komunikasi pemasaran yang efektif agar perusahaan dapat mengkomunikasikan produknya, meningkatkan citra merek dan menghasilkan keputusan pembelian.  Pemasaran merupakan suatu system dan proses social yang bekecimpung orang dan kelompok agar terpenuhi kebutuhan dan keinginan melalui penciptaan, penawaran dan penukaran produk serta fungsinya dengan pihak lain. Pemasaran modern berfokus pada keinginan dan kebutuhan konsumen melalui manajemen pemasaran yang efektif dengan memanfaatkan bauran pemasaran yang terdiri dari rancangan sebuah produk, penetapan harga yang terjangkau, penditribusian yang kontinyu dan promosi atau komunikasi pemasaran atas produk kepada pasar sasarannya.  Komunikasi pemasaran merupakan elemen dari bauran pemasaran yang berfungsi untuk mengkomunikasikan bahwa akan atau telah tersedianya produk dipasaran beserta atribut-atribut produk yang menyertainya sehingga tercipta peningkatan citra produk yang berujung pada keputusan pembelian atas produk tersebut. Bauran komunikasi pemasaran terdiri dari lima elemen pokok seperti periklanan, penjualan personal, promosi penjualan, pemasaran langsung serta hubungan masyarakat. Dimana kelima elemen ini berbaur satu dengan lainnya guna tercapai tujuan komunikasi pemasaran yaitu peningkatan citra produk yang berakhir pada pembelian produk tersebut.
WAKAF PRODUKTIF SEBAGAI INSTRUMEN KESEJAHTERAN SOSIAL DAN PEMBERDAYAAN EKONOMI UMAT (POTENSI DAN TANTANGAN) Arno, Abd. Kadir
DINAMIS-Journal Of Islamic Management And Bussiness Vol 1, No 2 (2018): VOL.1, NO.2 Oktober 2018
Publisher : PRGORAM STUDI MANAJEMEN BISNIS SYARIAH IAIN PALOPO

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

As a religious institution with potential economic benefits, effective and efficient waqf empowerment for productive purposes is a must. So there must be an effort to manage the productive waqf, so it can provide a solution of what is expected that can prosper the community then it needs optimal management of existing waqf objects. The management of endowments in Indonesia is faced with various challenges, among others: a) development of waqf by nazhir more on the protection of waqf property not by the utilization of waqf; (b) Muslims understanding of waqf is lacking; (c) the limited amount of government support in the form of budgets to facilitate the wakaf movement and the provision of services for the administration of waqfs; (e) the lack of activities that educate and socialize productive wakaf to the Muslim community, this condition has an impact on the low awareness of waqf; and (f) the establishment and distribution of wakaf institutions in regions has not considered the potential of wakaf in each region
IMPLEMENTASI NILAI NILAI ISLAM DALAM BERDAGANG PADA PUSAT NIAGA PALOPO Sholekhah, Mar Atin
DINAMIS-Journal Of Islamic Management And Bussiness Vol 1, No 2 (2018): VOL.1, NO.2 Oktober 2018
Publisher : PRGORAM STUDI MANAJEMEN BISNIS SYARIAH IAIN PALOPO

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Studi inii dilatar belakangi dengan banyaknya transaksi dipasar yang mengandung unsur curang. Hal ini disebabkan tingginya keinginan masyarakat untuk memperoleh keuntungan sebanyak-banyaknya dalam waktu sesingkat-singkatnya sehingga menggeser nilai-nilai kejujuran  yang terkandung didalam berwirausaha. Padahal kunci dari kesuksesan dalam berwirausaha terletak pada kejujuran dan keadilan serta bekerja dengan mengharap ridha Allah swt. Penelitian mengacu pada satu pokok permasalahan yaitu bagaimana pengimplementasian nilai-nilai Islam bagi pedagang pada Pusat Niaga Palopo. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif. Metode yang digunakan yaitu: metode pengumpulan data dengan menggunakan kuesioner atau angket dan observasi. Alat ukur yang digunakan yaitu uji validitas dan realibilitas. Dalam penelitian ini menggunakan teknis analisis deskriptif, karena dalam penelitian ini hanya menggunakan satu variabel, oleh karena itu analisis ini tidak berbentuk perbandingan atau hubungan. Penelitian ini di lakukan pada 80 pedagang di Pusat Niaga Palopo/PNP. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan nilai-nilai keislaman bagi pedagang pada Pusat Niaga Palopo tergolong dalam tingkatan sedang. Artinya tidak buruk dan tidak pula bisa dikatakan baik, namun setidaknya ada terbesit kesadaran dalam diri seorang wirausaha dengan mengikuti nilai-nilai  Islam dalam berbisnis usaha.

Page 1 of 1 | Total Record : 9