cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
,
INDONESIA
KHOZANA: Jurnal Ekonomi dan Perbankan Islam
ISSN : 2614879     EISSN : 26148625     DOI : -
Core Subject : Economy,
JURNAL KHOZANA adalah jurnal berkala Ilmiah yang diterbitkan oleh Sekolah Tinggi Ekonomi dan Bisnis Islam Darusalam. Jurnal Khozana memuat artikel hasil penelitian maupun artikel konseptual (baik kualitatif lapangan atau kualitatif pustaka) dengan fokus kajian di bidang “Ekonomi dan Perbankan”. Pengelola (Redaksi) mengundang para ilmuan, akademisi, praktisi, peneliti, LSM maupun mahasiswa untuk mengembangkan keilmuan dan mempublikasi hasil penelitiannya setelah melalui mekanisme seleksi naskah, telaah mitra bestari, dan proses penyuntingan.
Arjuna Subject : -
Articles 12 Documents
MEKANISME EKSEKUSI BARANG JAMINAN PADA AKAD MUSYARAKAH DI BMT UGT SIDOGIRI BANGKALAN Fajar, Fajar; Yanto, Yanto
KHOZANA: Journal of Islamic Economic and Banking Vol. 1 No. 2 (Juli 2018)
Publisher : Sekolah Tinggi Ekonomi Dan Bisnis Islam Darussalam

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (581.371 KB)

Abstract

Pada prinsipnya dalam pembiayaan musyarakah tidak ada jaminan, namun untuk menghindari terjadinya penyimpangan maka diperbolehkan adanya jaminan sesuai fatwa DSN No. 08/DSNMUI/IV/2000 tentang Pembiayaan Musyarakah. Bentuk jaminan yang disyaratkan oleh BMT diantaranya emas, surat kendaraan bermotor dan sertifikat tanah. Pada tulisan ini kajian terfokus pada mekanisme eksekusi jaminan pada akad musyarakah di BMT UGT Sidogiri Bangkalan dalam pandangan Hukum Bisnis Syari’ah. Penelitian ini bersifat kualitatif melalui pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data melalui wawancara tidak terstruktur, obsevasi dan dokumentasi. Data tersebut dianalisis menggunakan teknik analisis konten (content analysis). Hasil penelitian menyatakan bahwa mekanisme eksekusi barang jaminan di BMT UGT Sidogiri Bangkalan dilakukan berdasarkan ketentuan syari’ah yaitu dengan cara menjual barang tersebut dan apabila nilai jual melebihi hutang maka kelebihan tersebut akan dikembalikan kepada pemilik barang. Namun apabila nilainya kurang, maka pemilik barang wajib menambahi kekurangan tersebut.  Kata Kunci: Eksekusi Jaminan, Musyarakah, Hukum Bisnis Syari’ah
ANALISIS RISIKO DAN EFISIENSI PERBANKAN KONVENSIONAL DENGAN METODE DATA ENVELOPMENT ANALYSIS Jasman, Jasman
KHOZANA: Journal of Islamic Economic and Banking Vol. 1 No. 2 (Juli 2018)
Publisher : Sekolah Tinggi Ekonomi Dan Bisnis Islam Darussalam

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (299.169 KB)

Abstract

Studi ini bertujuan untuk mengetahui tingkat efisiensi perbankan konvensional di Indonesia dan pengaruh risiko terhadap efisiensi. Pengukuran tingkat efisiensi menggunakan metode Data Envelopment Analysis (DEA) dan regresi model efek tetap untuk mengukur pengaruh risiko. Risiko yang diteliti adalah risiko kredit yang diproksikan dengan non-performing loan (NPL), net interest margin (NIM) sebagai proksi risiko manajemen dan liquidity ratio (LR) dan loan to deposit ratio (LDR) sebagai proksi risiko likuiditas. Sampel penelitian terdiri dari 18 bank di Indonesia dengan data tahunan periode 2011-2015. Hasil studi menunjukkan hanya 4 bank konvensional yang relatif efisien. Meskipun terdapat peningkatan efisiensi yang relatif rendah, secara umum, mayoritas perbankan konvensional belum mencapai efisiensi relatif. Hasil lain menunjukkan bahwa risiko kredit tidak berpengaruh terhadap efisiensi. Sementara itu, risiko manajemen yang rendah dan risiko likuiditas yang tinggi berpengaruh positif signifikan terhadap efisiensi. Ini menunjukkan penyaluran jumlah kredit yang tinggi dapat meningkatkan produktivitas dan efisiensi perbankan konvensional.  Kata kunci: Risiko, Efisiensi dan Data Envelopment Analysis
PENGARUH KEPRIBADIAN EXTRAVERSION DAN AGREEABLENESS TERHADAP KETERLIBATAN KERJA Rusdi, Muhammad
KHOZANA: Journal of Islamic Economic and Banking Vol. 1 No. 2 (Juli 2018)
Publisher : Sekolah Tinggi Ekonomi Dan Bisnis Islam Darussalam

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (416.729 KB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah menguji pengaruh sifat kepribadian (extraversion dan agreeableness) terhadap keterlibatan kerja. Survey dilakukan dengan menggunakan kuesioner dari penelitian sebelumnya. Kuesioner didistribusikan pada 77 staf pengajar (non-ASN) di UIN Raden Fatah Palembang. Pengujian validitas dan reliabilitas digunakan untuk menguji isi kuesioner. Uji statistik dengan menggunakan regresi linear untuk menguji hubungan diantara variabel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepribadian extraversion dan agreeableness berpengaruh positif dan signifkan terhadap keterlibatan kerja. Kata kunci: Extraversion, Agreeableness, Keterlibatan Kerja
IMPLEMENTASI SIMPANAN UMROH IMPLEMENTASI SIMPANAN UMROH DENGAN AKAD WADI’AH (STUDI DI BMT EL-MENTARI PUTRA RUMBIA LAMPUNG TENGAH TAHUN 2017 Ismail, Habib; Mukhlisin, Ahmad
KHOZANA: Jurnal Ekonomi dan Perbankan Islam Vol. 1 No. 1 (Januari 2018)
Publisher : Sekolah Tinggi Ekonomi Dan Bisnis Islam Darussalam

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (448.017 KB)

Abstract

Simpanan Umroh adalah Bentuk simpanan bagi anggota yang berencana menunaikan ibadah umroh. Simpanan ini dikelola dengan menggunakan dasar prinsip wadiah dimana atas ijin penitip dana, BMT dapat memanfaatkan dana tersebut sebelum dipergunakan oleh penitip. Setelah simpanan anggota mencukupi, BMT akan mengembalikan simpanan tersebut kepada anggota BMT El-Mentari Darul Falah Cabang Putra Rumbia. Simpanan ini menggunakan prinsip akad Wadi’ah. Prinsip al-wadi’ah merupakan titipan murni dari suatu pihak ke pihak lain, baik perorangan maupun badan hukum yang harus dijaga dan dikembalikan kapan saja bila si penitip menghendaki. Fokus artikel ini adalah bagaimanakah implementasi simpanan umroh dengan akad wadiah di BMT El-Mentari Darul Falah Cabang Putra Rumbia Tahun 2017?
PENERAPAN PRODUK TABUNGAN WADI’AH DALAM PERSPEKTIF DSN-MUI NOMOR 2 TAHUN 2017 Asari, Erham
KHOZANA: Jurnal Ekonomi dan Perbankan Islam Vol. 1 No. 1 (Januari 2018)
Publisher : Sekolah Tinggi Ekonomi Dan Bisnis Islam Darussalam

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (514.336 KB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Penerapan Produk Tabungan Wadi’ah Dalam Perspektif DSN-MUI NO.2 Tahun 2017 Pada BMT Ar-Rahmah Gaya Baru 2 Kecamatan Seputih Surabaya Tahun 2017. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) dengan mengambil lokasi penelitian di BMT Ar-Rahmah Gaya Baru 2 dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tabungan wadiah di BMT Ar-Rahmah Gaya Baru 2 dengan prinsip wadiah yad-dhamanah. Ketentuannya yaitu nasabah tidak dapat mengambil dananya sebelum akhir periode yaitu selama 24 bulan (2 tahun), BMT Ar-Rahman Gaya Baru 2 diberikan ijin oleh anggota untuk mengelola dana yang dititipi dengan cara yang halal melalui pembiayaan-pembiayaan, anggota bisa mendapat bonus, dan BMT Ar-Rahman Gaya Baru 2 menjamin saldo simpanan anggota pada produk tabungan wadiah tidak akan berkurang. Sehingga akad wadiah yang dilaksanakan di BMT Ar-Rahman Gaya Baru 2 sesuai atau tidak bertentangan dengan Fatwa DSN-MUI No. 2 Tahun 2017 tentang Wadiah.   Kata Kunci: Tabungan Wadi’ah,  DSN-MUI Nomor 2 Tahun 2017, BMT
STRATEGI PEMASARAN DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (STUDI KASUS PEDAGANG DI PASAR TRADISIONAL) Jasman, Jasman; Agustin, Rini
KHOZANA: Jurnal Ekonomi dan Perbankan Islam Vol. 1 No. 1 (Januari 2018)
Publisher : Sekolah Tinggi Ekonomi Dan Bisnis Islam Darussalam

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (494.419 KB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui strategi pemasaran di pasar tradisonal raman utara dan untuk mengetahui pemasaran dalam persepektif ekonomi Islam serta untuk mengetahui alasan pedagang melakukan dugaan penyimpangan dalam setrategi pemasaran. Penelitian ini adalah penelitian lapangan dan Peneliti menggunakan metode observasi, interview dan dokumentasi. Dalam setrategi produk ada yang melakukan penipuan dengan menyembunyikan cacat barang. Dalam setrategi tempat yaitu berlokasi didalam pasar tradisional raman utara dan adanya perebutan konsumen. Dalam setrategi harga ada yang menaikan harga pada situasi tertentu seperti pada saat musim hajatan dan lebaran. Dalam setrategi promosi ada yang melakukan reklame palsu, pedagang memuji-muji daganganya secara berlebihan serta menggunakan kata-kata sumpah. Kemudian berkaitan dengan persepektif ekonomi Islam di pasar tradisional raman utara yaitu ada yang sesuai dengan ekonomi Islam dalam hal bertindak jujur dan benar,amanah,dan murah hati. Dan ada juga yang tidak sesuai dengan ekonomi Islam seperti mengurangi timbangan,menyembunyikan cacat barang, sumpah palsu dan reklame palsu.   Kata Kunci: Strategi Pemasaran, Ekonomi Islam, Studi Kasus Pedagang Pasar Tradisional.
IMPLEMENTASI SERVICE EXCELLENCE OLEH CUSTOMER SERVICE PADA BPR SYARI’AH WAY KANAN Khotamin, Nur Alfi; Dahlan, Rakhmat
KHOZANA: Jurnal Ekonomi dan Perbankan Islam Vol. 1 No. 1 (Januari 2018)
Publisher : Sekolah Tinggi Ekonomi Dan Bisnis Islam Darussalam

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (389.807 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan objek lapangan yaitu Implementasi Service Excellence Oleh Customer Service Pada BPR Syari’ah Way Kanan tahun dengan mengalisisnya menggunakan standar-standar yang ada.  Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimana implementasi Service Excellence Oleh Customer Service Pada BPR Syari’ah Way Kanan Tahun 2017? Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui implementasi Service Excellence Oleh Customer Service Pada BPR Syari’ah Way Kanan Tahun 2017 Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) dengan menambil lokasi penelitian di BPRS Way Kanan dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Data-data dalam penelitian ini terdiri dari data primer dan data sekunder yang diperoleh dengan menggunakan metode interview (wawancara) dengan customer service, dokumentasi dan observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa customer service mampu mengimplementasikan standar-standar yang sudah ditetapkan oleh BPRS Way Kanan kedalam pelayanan yang sudah menjadi tugasnya, namun bukan sembarang pelayanan tapi pelayanan prima (service excellence) yang meliputi aspek dasar Accountability (Tanggung Jawab), Action (Tindakan), Attention (Perhatian), Appearance (Penampilan), Attitude (Sikap), Ability (Kemampuan) yang mampu memuaskan dan menarik hati nasabah agar tetap loyal kepada BPRS Way Kanan.   Kata Kunci:  Implementasi Service Excellence, BPR Syariah
JUAL BELI MELALUI INTERNET DALAM PERSEPEKTIF EKONOMI ISLAM Harto, Harto; Ambariyani, Ambariyani
KHOZANA: Jurnal Ekonomi dan Perbankan Islam Vol. 1 No. 1 (Januari 2018)
Publisher : Sekolah Tinggi Ekonomi Dan Bisnis Islam Darussalam

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (563.902 KB)

Abstract

Jual beli melalui internet saat ini masih menjadi pilihan penting dalam berbisnis dengan alasan praktis, cepat dan mudah. Bisnis ini terus tumbuh dan berkembang di Indonesia. Meskipun mengandung berbagai resiko, seperti ketidaksamaan antara gambar produk di internet dengan barang yang diterima pembeli, tetap saja jual beli melalui internet banyak dilakukan oleh masyarakat Indonesia. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana aspek akad dan khiyar dalam jual beli melalui internet menurut persepektif ekonomi Islam ? dan bagaimana keabsahan jual beli melalui internet menurut persepektif ekonomi Islam?. Penelitian ini merupakan penelitian pustaka (library researtch) yaitu menelaah literatur, transkip, buku-buku atau dokumen yang ada relevansinya dengan masalah-masalah yang akan di teliti dan dibahas. Analisis data dilakukan secara kualitatif dalam bentuk sistematis yang tersusun secara benar sehingga mudah dibaca dan mengerti dalam memberi arti terhadap data. Hasil pengkajian menunjukkan jual beli melalui internet ditinjau dari segi akad dan khiyar diperbolehkan (absah) menurut ekonomi Islam. Hal ini sesuai dengan kaidah ushul fiqih. Kata Kunci: Akad Khiyar, Internet, Ekonomi Islam.
PENINGKATAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR EKONOMI (AKUNTANSI) MELALUI MODEL MAKE-A MATCH Suminarto, Suminarto
KHOZANA: Jurnal Ekonomi dan Perbankan Islam Vol. 1 No. 1 (Januari 2018)
Publisher : Sekolah Tinggi Ekonomi Dan Bisnis Islam Darussalam

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (279.216 KB)

Abstract

Dalam proses pembelajaran Ekonomi (Akuntansi) diperlukan strategi tertentu dan motivasi yang kuat. Guru sangat berperan, terutama dalam hal merancang skenario pembelajaran. Guru harus mampu memilih model pembelajaran yang mampu meningkatkan motivasi peserta didik, sesuai dengan karakteristik mata pelajaran, dan  karakteristik peserta didik sehingga pembelajaran dapat berlangsung optimal. Tujuan penelitian tindakan kelas ini adalah untuk meningkatkan belajar peserta didik menggunakan model pembelajaran Make – A Match dikembangkan oleh Lorna Curran  Penelitian ini dilaksanakan pada kelas XII IPS2 SMA Negeri 1 Trimurjo semester 1 Tahun Pelajaran 2015/2016, materi “Posting dari jurnal khusus kebuku besar, posting ke buku pembantu” menggunakan siklus-siklus , dalam penelitian ini penulis mencoba sampai 2 siklus. Hasil penelitina ini menunjukan bahwa dari tiap siklus dalam memahami siklus akuntansi perusahaan dagang pada materi posting dari junal khusus ke buku besar, posting ke buku pembantu diperoleh peningkatan motivasi dan  hasil belajar. Secara umum dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran Make – A Match dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar peserta didik. Oleh karena itu peneliti berpendapat bahwa  model pembelajaran Make – A Match dapat digunakan sebagai  model alternatif  dalam pembelajaran. Kata Kunci: Make A Match, Belajar Ekonomi Akuntansi, Lorna CurranT
KEUANGAN PUBLIK PERSPEKTIF IMAM AL-MĀWARDĪ DALAM KITAB AL-AHKÃM AS- SULṬÃNIYYAH WA AL-WILAYĀT AD-DINIYAH Zulkadri, Zulkadri
KHOZANA: Journal of Islamic Economic and Banking Vol. 1 No. 2 (Juli 2018)
Publisher : Sekolah Tinggi Ekonomi Dan Bisnis Islam Darussalam

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (792.804 KB)

Abstract

Tulisan ini secara umum membahas tentang pemikiran ekonomi imam al-Māwardī khususnya pada keuangan publik. Dilatarbelakangi tanggung jawab pemerintah terhadap kesejahteraan masyarakt secara materil dan spiritual. Untuk dapat mewujudkan itu pemerintah diberikan amanah untuk mengelola keuangan publik mulai dari sumber dana dan alokasi dana tersebut untuk mencapai tujuan bernegara. Dalam hal ini, imam al-Māwardī dalam kitab al-Ahkām as-Sulṭāniyyah Wa al-wilayah ad-Diniyah menguraikan masalah tersebut. Oleh sebab itu melalui artikel ini penulis berupaya mengungkap dua hal yaitu pertama, menganalisis peran Bait al-Māl dalam mengelola keuangan negara kedua menganalisis kebijakan fiskal. Penelitian ini adalah study atas pemikiran imam al-Māwardī yang sepenuhnya merupakan penelitian kepustakaan library reseach. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif dengan metode pendekatan content analysis. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan 1. Bait al-Māl dalam mengelola keuangan negara berperan sebagai pelaksana kebijakan fiskal. Dalam hal alokasi, Bait al-Māl harus dapat mengoptimalkan sumber pendapatan dan mendistribusikannya sesuai dengan tuntunan syariat dan berdasarkan maslahat. 2. Kebijakan fiskal dalam pandangan al-Māwardī bertujuan mengantarkan manuisa kepada real welfare, yaitu kebahagian dunia dan akhirat. Kata kunci: Keuangan Publik, Kebijakan Fiskal, Bait al-Mal

Page 1 of 2 | Total Record : 12