Al-Mashrafiyah : Jurnal Ekonomi, Keuangan, dan Perbankan Syariah
This journal contains writings of research results or theoretical studies related to economics, finance and sharia banking.This journal is published by the Department of Islamic Banking Faculty of Economics and Islamic Business UIN Alauddin Makassar. This journal is published in 2 (two) editions every year, October and April editions.
Articles
25
Articles
‚Äč
KELAYAKAN NASABAH DALAM PEMBERIAN PEMBIAYAAN KREDIT KEPEMILIKAN RUMAH PADA KANTOR BANK PEMBIAYAAN RAKYAT SYARIAH INVESTAMA MEGA BAKTI MAKASSAR.

K, Amiruddin

Al-Mashrafiyah (Jurnal Ekonomi, Keuangan dan Perbankan Syariah) Vol 2, No 1 (2018): Al-Mashrafiyah
Publisher : Universitas Islam Negeri Alauddin

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (270.281 KB)

Abstract

Dalam melakukan penilaian permohonan pembiayaan bank syariah bagian marketing harus memperhatikan beberapa prinsip dan analisis utama yang berkaitan dengan kondisi secara keseluruhan calon nasabah, sehingga bisa mengurangi tingkat pembiayaan bermasalah calon nasabah di dunia perbankan syariah. Artikel ini mengulas tentang kelayakan Pembiayaan nasabah dalam pemberian pembiayaan pada kantor Bank Pembiayaan Rakyat Syariah IMB Makassar. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif deskriptif. Hasil yang diperoleh menunjukkan bahwa dalam menganalisis kelayakan Pembiayaan nasabah dalam pemberian pembiayaan, Bank Rakyat Syariah melakukan penilaian dengan menggunakan prinsip 5C yaitu Character, Capacity, Capital, Collateral, and Condition of Economy, dan konsep FAST yaitu Fathanah, Amanah, Shiddiq, dan Tabligh. Adapun dampak kelayakan terhadap pemberian pembiayaan yakni untuk pihak Bank, kelayakan ini berdampak positif karena dengan adanya kelayakan maka pihak Bank dapat menganalisis secara detail permohonan nasabah. Sedangkan untuk pihak nasabah, kelayakan ini berdampak negatif karena untuk mendapatkan modal secara cepat akan terhambat dengan adanya standar kelayakan ini.Kata Kunci:¬†Kelayakan Nasabah, dampak Kelayakan, konsep FASTIn assessing the financing application for the marketing department, sharia banks must pay attention to several main principles and analysis related to the overall condition of prospective customers, so as to reduce the level of financing of problematic prospective customers in the world of Islamic banking. This article reviews the feasibility of customer financing in the provision of financing at the office ‚??Bank Pembiayaan Rakyat Syariah IMB Makassar‚?Ě. The approach used is descriptive qualitative‚?? approach. The results show that in analyzing customer financing feasibility in providing financing, ‚??Bank Pembiayaan Rakyat Syariah IMB Makassar‚?Ě conducts an assessment using the 5C principles of Character, Capacity, Capital, Collateral, and Condition of Economy, and the FAST concepts are Fathanah, Amanah, Shiddiq, and Tabligh. As for the impact of feasibility on financing provision, namely for the Bank, this feasibility has a positive impact because with the feasibility, the Bank can analyze in detail the customers application. Where as for the customer, this feasibility has a negative impact because to get capital quickly will be hampered by the existence of this feasibility standard.Keywords:¬†Customer Feasibility, Feasibility impact, FAST concept¬†

EFEKTIFITAS MODAL KERJA DAN LIKUIDITAS SERTA DAMPAKNYA TERHADAP KEBIJAKAN DIVIDEN PERUSAHAAN BERBASIS SYARIAH

Rijal, Akhmad, Said, Salmah

Al-Mashrafiyah (Jurnal Ekonomi, Keuangan dan Perbankan Syariah) Vol 2, No 1 (2018): Al-Mashrafiyah
Publisher : Universitas Islam Negeri Alauddin

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (378.675 KB)

Abstract

Artikel ini membahas tentang kinerja keuangan perusahaan yaitu pengaruh modal kerja yang diukur dengan Net Working Capital (NWC) terhadap kebijakan dividen yang diukur dengan Dividend Payout Ratio (DPR), pengaruh modal kerja terhadap likuiditas yang diukur dengan Current Ratio (CR), pengaruh likuiditas terhadap kebijakan dividen dan pengaruh modal kerja terhadap kebijakan dividen melalui likuidias. Objek dalam artikel ini pada perusahaan yang terdaftar secara konsisten dalam Jakarta Islamic Index (JII), di Bursa Efek Indonesia (BEI). Teknik yang digunakan adalah ¬†analisis jalur untuk menguji pengaruh modal kerja terhadap kebijakan dividen dengan likuiditas sebagai variabel internvening. Hasil yang diperoleh menunjukkan bahwa modal kerja tidak berpengaruh signifikan terhadap kebijakan dividen. Dengan kata lain, peningkatan modal kerja tidak dapat mempengaruhi keputusan kebijakan dividen yang diambil oleh perusahaan. Selain itu, modal kerja tidak berpengaruh negatif signifikan terhadap likuiditas. Dalam artikikel ini juga menemukan bahwa likuiditas tidak berpengaruh signifikan terhadap kebijakan dividen. Selanjutnya, likuiditas tidak mampu memediasi modal kerja terhadap kebijakan dividen, karena modal kerja tidak memengaruhi kebijakan dividen walaupun salah satu faktor berpengaruh terhadap kebijakan dividen adalah likuditas.Kata Kunci:¬†Kinerja Keuangan, Modal Kerja, Likuiditas, Kebijakan Dividen, Jakarta Islamic IndexThis article discusses to analyze the companies‚?? financial performance i.e. the effect of working capital measured by Net Working Capital (NWC) on dividend policy as proxied by Dividend Payout Ratio (DPR), the influence of working capital on liquidity as measured by Current Ratio (CR), the influence of liquidity on dividend policy and the effect of working capital on dividend policy through liquidity. This study was conducted on companies registered consistently in the Jakarta Islamic Index (JII) in Indonesia Stock Exchange (BEI). This study uses path analysis to examine the effect of working capital on dividend policy with liquidity as an intervening variable. The results of this research showed that working capital had no significant effect on dividend policy. In other words, an increase in working capital cannot affect the dividend policy decisions taken by the company. In addition, working capital did not have a significant negative effect on liquidity. This study also found that liquidity had no significant relevancy on dividend policy so. Furthermore, liquidity was not able to mediate working capital on dividend policy, as working capital did not influence dividend policy though liquidity is one factor influencing dividend policy.¬†Keywords:¬†Financial Performance, Working Capital, Liquidity, Dividend Policy, Jakarta Islamic Index¬†¬†

MANAGEMENT OF ‚??AKAD MURABAHAH‚?Ě ON SUBSIDIZED HOUSING FINANCING IN THE BRANCH OFFICE OF ‚??BANK TABUNGAN NEGARA (BTN) SHARIA‚?Ě IN BATAM

Wibisono, Chabullah, Purwanti, Ipunk

Al-Mashrafiyah (Jurnal Ekonomi, Keuangan dan Perbankan Syariah) Vol 2, No 1 (2018): Al-Mashrafiyah
Publisher : Universitas Islam Negeri Alauddin

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (482.061 KB)

Abstract

One type of bank product is a mainstay now is the form of offering financing products Ownership Subsidized Housing, And needs of the community, especially the lower middle-class society will be the availability of housing that is habitable is a primary need that can not be rejected again. For that form of mortgage financing for most people is the best solution. However, a problem arises where there has been much disagreement on the principles of sharia. In other words, in the have a ‚??muamalah‚?Ě activities should use the provisions in force in the field of Islamic law. The provisions of Islamic law governing the movements between the man known as the principles of sharia have an essential role in the economic life of society. The purpose of which is to meet community needs for housing or decent housing. The manifestation of professionalism shown by the Branch Office ‚??muamalah‚?Ě in Batam achieve it best category award in the realization of Subsidized Housing Nasional. Bank level BTN Sharia also always provide the best service to its customers, which one of them through subsidized homeownership financing in sharia and always follow legislation in force. Based on the analysis and the previous discussion, the following authors put forward some conclusions as follows: a. The need for residential facilities is essential for all Indonesian citizens without feathers . By of view because it is the muamalahtake on this important role as a pioneer of home finance is subsidized. All that aims to provide a sense of justice and improve the welfare of society. b. In the subsidized homeownership financing in Islamic Party muamalahBranch Office of Batam and the recipient of the funding first, make ‚??wakalah‚?Ě which stated that the client authorizes the bank to build a home purchase subsidy desirable customers. Then in use ‚??wakalah‚?Ě, and the bank buys the house from the developer. After the purchase of the house and then the banks did purchase contract to the customer at the selling price agreed upon after the added margin (profit) bank. This is what is called a transaction ‚??Murabahah‚?Ě. Then customers pay the installments corresponding periods in multi separate.Transaksi this contract are allowed by the National Sharia Board fatwa Indonesian Ulema Council with the provisions of Indo- No.10/DSN-MUI /IV/ 2000 on ‚??wakalah‚?Ě. In the implementation of the financing agreement are carried out by the ‚??muamalah‚?Ě Branch Office with the recipient Batam financing problems may occur. Problems or problematic were generally occurred because of the faith that is not good from the receiving party financing. Said that because the ‚??muamalah‚?Ě Branch Office will hold a time Batam financing agreement has been briefed in detail the contents of the contract is communicated to the recipient of financing. The problems that occurred in the implementation of ‚??Murabahah‚?Ě in subsidized homeownership financing in sharia at the muamalah Branch Office (BTN) Sharia in Batam generally consist of two (2) types, namely: a. Recipients of subsidized home ownership financing by sharia late paying the installments that exceed the agreed time limit. b. Rececier subsidized home ownership financing by sharia are unable to pay the number of episodes as agreed.Keywords:¬†Management, Akad Murabahah,¬†Subsidized Housing, Sharia Bank.

MEKANISME DAN MASALAH PEMBIAYAAN MUDHARABAH PADA KANTOR BANK PANIN DUBAI SYARIAH CABANG MAKASSAR

Ismawati, Ismawati

Al-Mashrafiyah (Jurnal Ekonomi, Keuangan dan Perbankan Syariah) Vol 2, No 1 (2018): Al-Mashrafiyah
Publisher : Universitas Islam Negeri Alauddin

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (211.458 KB)

Abstract

Kenyataan bahwa dari semua pembiayaan yang ada di Bank Panin Dubai Syariah Makassar terlihat pembiayaan Mudharabah merupakan produk yang paling lambat perkembangannya dalam periode 5 (lima) tahun terakhir.Dalam artikel ini difokuskan pada produk panin bank syariah yang sejalan dengan semangat mewujudkan sistem bagi hasil (profit and loss sharing) yang adil dalam produk Mudharabah. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan deskriptif. Pendekatan ini digunakan untuk mengungkap mekanisme dan masalah dalam Pembiayaan Mudharabah di Bank Panin Dubai Makassar. Kendala pembiayaan Mudharabah lebih kepada dari kebijakan Bank Panin Dubai Syariah Makassar yang menetapkan tarif tinggi pada pembiayaan Mudharabah yang membuat jangkauan dari pembiayaan Mudharabah menjadi pada kalangan pengusaha besar saja. Oleh sebab itu banyak masyarakat yang tidak tersentuh oleh pembiayaan Mudharabah. Prosedur yang ditentukan oleh Bank Panin Dubai Syariah Makassar akan menyulitkan nasabah untuk melakukan pengajuan nasabah yang baru akan memulai kegiatan usahannya. Karena para pengusaha baru atau UMKM tidak bisa memenuhi persyaratan persyaratan yang ditetapkan dalam prosedur pembiayaan. Jugaadanya aturan yang ketat dari OJK bahwa hanya unit usaha syariah yang boleh diberikan pembiayaan.Kata Kunci: Mudharabah, Bagi Hasil, Bank Panin Dubai Syariah. The fact that of all the financing available at Panin Dubai Sharia Bank Makassar, Mudharabah financing is the slowest product in the last 5 (five) years. In this article, the focus on Islamic banks panin products is in line with the spirit of creating a fair profit and loss sharing system in Mudharabah products. The approach used in the research is descriptive qualitative. This approach is used to uncover mechanisms and problems in Mudharabah Financing at Panin Dubai Bank in Makassar. Mudharabah financing constraints are more than the Panin Dubai Syariah Makassar policy which sets high tariffs on Mudharabah financing which makes the range of Mudharabah financing to be among the big entrepreneurs only. Therefore, many people are not touched by Mudharabah financing. The procedure determined by Panin Dubai Syariah Makassar Bank will make it difficult for customers to submit new customers who will start their business activities. Because new entrepreneurs or MSMEs cannot meet the requirements of the requirements set out in the financing procedure. There are also strict rules from the OJK that only sharia business units may be given financing.Keywords: Mudharabah, Profit and Loss Sharing, Panin Dubai Syariah Bank 

IMPLIKASI RELATIONSHIP MARKETING TERHADAP TINGKAT LOYALITAS DEBITUR KREDIT KOMERSIAL

Taufiq, M.

Al-Mashrafiyah (Jurnal Ekonomi, Keuangan dan Perbankan Syariah) Vol 2, No 1 (2018): Al-Mashrafiyah
Publisher : Universitas Islam Negeri Alauddin

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (376.258 KB)

Abstract

Strategi Relationship Marketing (Financial Bonds, Social Bonds, Customization Bonds, dan Structural Bonds) dipandang sebagai faktor penting yang berpengaruh terhadap tingkat loyalitas debitur kredit komersial. Tujuan dari studi ini adalah untuk mengetahui faktor yang dominan dalam Relationship Marketing, dan strategi Relationship Marketing mana yang berpengaruh dominan terhadap tingkat loyalitas debitur kredit komersial.Populasi penelitian ini adalah seluruh debitur kredit komersial PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero), Tbk. Kantor Cabang Makassar Somba Opu sebanyak 365 debitur. Sampel dipilih secara acak berstrata sebanyak 80 responden. Data dianalisis dengan regresi linier berganda. Berdasarkan hasil analisis Uji t yang dilakukan, didapatkan hasil bahwa variabel Customization Bonds memberikan pengaruh paling kuat (dominan)terhadap tingkat loyalitas debitur kredit komersial PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. Kantor Cabang Makassar Somba Opu, kemudian diikuti berturut-turut oleh Structural Bonds, Financial Bonds, dan Social Bonds.Kata Kunci: Financial Bonds, Social Bonds, Customization Bonds, Structural Bonds, dan LoyalitasRelationship Marketing Strategies (Financial Bonds, Social Bonds, Customization Bonds, and Structural Bonds) are seen as important factors that influence the level of loyalty of commercial credit borrowers. The purpose of this study is to determine the dominant factors in Relationship Marketing, and which Relationship Marketing strategies have the dominant influence on the level of loyalty of commercial credit debtors. The population of the study is all debtors of commercial credit debtor of PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero), Tbk. Somba Opu Branch Office comprising 365 debtors. They are selected by stratified random sampling of 80 respondents. The data are analyzed by linier multiple regression. Based on the results of the t-test analysis performed, it was found that the Customization Bonds variable had the most powerful (dominant) influence on the level of loyalty of the commercial credit debtors of PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. Makassar Somba Opu Branch Office, then followed successively by Structural Bonds, Financial Bonds, and Social Bonds.Keywords: Financial Bonds, Social Bonds, Customization Bonds, Structural Bonds, and Loyalty

COMPARATIVE OF CONVENTIONAL MARKETING AND SHARIA MARKETING AGAINST MASLAHAH WITH CUSTOMER SATISFACTION AS INTERVENING AT CUSTOMER SUPER MARKET IN BATAM CITY

Wibisono, Chabullah

Al-Mashrafiyah (Jurnal Ekonomi, Keuangan dan Perbankan Syariah) Vol 1, No 2 (2018)
Publisher : Universitas Islam Negeri Alauddin

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (590.618 KB)

Abstract

The unbalanced development of modern markets and traditional markets, of course, as a result of conventional marketing and syariah marketing systems, has the effect of many current markets and the decline of traditional markets that are mostly owned by the economically weak communities in Batam, whether the impact of conventional maketing that make the city into behaving cosumtifically, it is necessary to conduct research "Comparative of Conventional Marketing and Sharia Marketing Against Maslahah with Customer Satisfaction as Intervening at Customer Super Market In Batam City", population is taken from 8 big super market in Batam City equal to 8 x 100 respondents, sample of 215 respondents, using SEM * version 22, research result: the effect of conventional marketing variable on Customer Satisfaction variable is positively significant, variable effects Sharia Marketing to variable Customer Satisfaction is significantly positive, variable effects Customer Satisfaction to variable Maslahah is a significant negative, variable results Conventional Marketing to variable Maslahah is definite, not substantial, the effect of variable Sharia Marketing to variable Maslahah is significantly positive, changes in Customer Satisfaction influenced by Sharia Conventional Marketing and Marketing of 39.50%. Maslahah change is affected by the effects of conventional and Sharia Marketing Marketing and amounted to 53,50% customer satisfaction, consumers are dissatisfied with traditional marketing, but consumers do not get maslahah that is a dimensionless material and spiritual fulfillment, need to apply Sharia marketing.Keywords: Conventional Marketing, Sharia Marketing, Customer Satisfaction and Maslahah.

PENERAPAN AKUNTANSI DEPOSITO AMANAH BERDASARKAN PRINSIP BAGI HASIL MUDHARABAH

Herlin, Herlin

Al-Mashrafiyah (Jurnal Ekonomi, Keuangan dan Perbankan Syariah) Vol 1, No 2 (2018)
Publisher : Universitas Islam Negeri Alauddin

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (217.736 KB)

Abstract

Tujuan dari penelitiaan ini adalah untuk menganalisis kesesuaian perlakuan akuntansi dari sistem bagi hasil deposito Amanah di PT. BPRS Safir Bengkulu dengan Sofyan, Wiroso dan Yusuf menurut para ahli dalam buku akuntansi perbankan Islam.Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan dengan perlakuan akuntansi antara praktek deposito mudharabahyang berlaku di PT. BPRS Safir Bengkulu dengan ketentuan yang berlaku dalam PSAK telah dilakukan dengan baik oleh PT. BPRS Safir Bengkulu. Dalam pencatatan dan perlakuan akuntansi dengan deposito mudharabah selalu dikalahkan oleh ketentuan dan aturan yang tercantum dalam pernyataan standar akuntansi keuangan berlaku.Kata Kunci: Bagi Hasil, deposito Mudharabah

PERBANDINGAN KINERJA DAN PENGUNGKAPAN ETIKA ISLAM PADA PT BANK MUAMALAT DENGAN PT BANK BRI SYARIAH

Bulutoding, Lince, Akbar, Muh. Ruslim

Al-Mashrafiyah (Jurnal Ekonomi, Keuangan dan Perbankan Syariah) Vol 1, No 2 (2018)
Publisher : Universitas Islam Negeri Alauddin

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (585.002 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan dan perkembangan kinerja dan pengungkapan etika pada PT Bank Muamalat dan PT Bank BRI Syariah dengan menggunakan metode Shariah Conformity and Profitability (SCnP) dan Ethical Identity Index (EII) periode 2015 dan 2016. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan analisis statistik deskriptif.Hasil menunjukkan bahwa pada tahun 2015 dan 2016, kinerja PT Bank Muamalat dan PT Bank BRI Syariah berpredikat memuaskan dan cukup sehat namun memiliki hasil yang berbeda. Sementara Perbandingan dan perkembangan pengungkapan etika Islam pada PT Bank Muamalat dan PT Bank BRI Syariah juga menunjukkan kondisi yang berbeda pada setiap dimensi pengungkapan.Kata Kunci: Kesesuaian dan Profitabilitas Syariah (SCnP), Ethical IdentityIndex (EII), dan Perbankan Syariah

DETERMINAN PENGUNGKAPAN ISLAMIC SOCIAL REPORTING(ISR) PADA PERBANKAN SYARIAH DENGAN KOMISARIS INDEPENDEN SEBAGAI VARIABEL MODERATING

Pratama, Nur Abdi, Muchlis, Saiful, Wahyuni, Idra

Al-Mashrafiyah (Jurnal Ekonomi, Keuangan dan Perbankan Syariah) Vol 1, No 2 (2018)
Publisher : Universitas Islam Negeri Alauddin

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (429.024 KB)

Abstract

Penelitian bertujuan untuk menguji dan mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi tingkat pengungkapan tanggung jawab sosial yang diukur menggunakan  Islamic Social Reporting (ISR) pada bank umum syariah yang beroperasi di Indonesia selama kurun waktu 2013-2016. Sumber data penelitian ini berasal dari 44 laporan keuangan dari 11 bank umum syariah selama empat tahun. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah profitabilitas, ukuran bank, kepemilikan institusional, leverage serta  komisaris independen sebagai variabel moderating sementara untuk variabel terikat adalah Islamic Social Reporting (ISR). Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa secara parsial, profitabilitas, ukuran bank, kepemilikan isntitusional dan leverage yang memiliki pengaruh terhadap tingkat pengungkapan Islamic Social Reporting, sedangkan untuk uji moderasi hanya profitabilitas, kepemilikan institusional dan leverage yang dimoderasi oleh komisaris independen dalm melakukan pengungkapan Islamic Social Reporting.Kata Kunci: Islamic Social Reporting, Profitabilitas, Ukuran Bank, Kepemilikan Institusional,  Leverage dan Komisaris Independen.

MINAT MASYARAKAT KOTA WATAMPONE UNTUK MENGGUNAKAN JASA PERBANKAN SYARIAH

Darwis, Darwis

Al-Mashrafiyah (Jurnal Ekonomi, Keuangan dan Perbankan Syariah) Vol 1, No 2 (2018)
Publisher : Universitas Islam Negeri Alauddin

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (363.748 KB)

Abstract

Penelitian ini¬† bertujuan mengetahui (1) sikap (Ab) masyarakat terhadap minat untuk menggunakan jasa perbankan syari‚??ah, (2) norma subyektif (SN) masyarakat terhadap minat untuk menggunakan jasa perbankan syari‚??ah, (3) minat (BI) masyarakat untuk menggunakan jasa perbankan syari‚??ah. Penelitian ini bersifat deskriptif. Penelitian dilakukan di Kota Watampone Provinsi Sulawesi Selatan. Sampel yang diambil sebanyak 96 responden. Pengumpulan data dilakukan dengan¬† observasi, kuesioner dan dokumentasi. Data dianalisis dengan Metode analisis Fishbein.Hasil penelitian menunjukkan bahwa¬† nilai sikap (Ab) adalah 104 dengan kategori positif yang diinterpretasikan bahwa responden memiliki keyakinan dan evaluasi baik terhadap atribut-atribut yang melekat pada perbankan syariah. Hal ini¬† menimbulkan kecenderungan untuk bersikap positif¬† terhadap minat untuk menggunakan jasa perbankan syariah, nilai norma subyektif (SN) adalah 78 dengan kategori positif yang diinterpretasikan bahwa minat responden untuk menggunakan jasa perbankan syariah¬† dipengaruhi atau mempertimbangkan pendapat orang lain yang penting (referen), dan nilai minat (BI) adalah 47,216 dengan kategori positif yang diinterpretasikan bahwa masyarakat cukup berminat untuk berperilaku menggunakan jasa perbankan syariah. Kata Kunci:¬†Sikap, Norma Subyektif, Minat, dan Perbankan Syariah