Indonesian Journal of Primary Education
ISSN : 25992821     EISSN : 25974866
Indonesian Journal of Primary Education adalah jurnal berkala ilmiah yang diterbitkan dua kali setahun (Juni-Desember) yang mempublikasikan hasil penelitian orisinal tentang pendidikan dasar dan pendidikan guru sekolah dasar. Jurnal ini bertujuan untuk mengembangkan konsep, teori, perspektif, paradigma, dan metodologi dalam ruang lingkup pendidikan dasar dan pendidikan guru sekolah dasar meliputi kurikulum, bahan ajar, media, metode, dan evaluasi pembelajaran sekolah dasar.
Articles 67 Documents
Penerapan Pedekatan Sosial untuk Meningkatkan Kecerdasan Interpersonal Siswa Sekolah Dasar

Sutarna, Nana

Indonesian Journal of Primary Education Vol 2, No 2 (2018): Indonesian Journal of Primary Education
Publisher : Program Studi PGSD UPI Kampus Tasikmalaya

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (327.55 KB) | DOI: 10.17509/ijpe.v2i2.15102

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kecerdasan interpersonal anak dengan menerapkan pendekatan sosial. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri 1 Winduhaji dengan jumlah siswa kelas sebanyak 21 anak. Obyek penelitian  ini yaitu kecerdasan interpersonal anak yang meliputi 3 dimensi kepekaan sosial, pemahaman sosial dan komunikasi sosial. Data dikumpulkan melalui observasi, angket dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada peningkatan kecerdasan interpersonal anak melalui pendekatan sosial, yakni kecerdasan interpersonal anak sebelum diterapkannya pendekatan sosial diperoleh nilai terendah 37, nilai tertinggi 67 dan memperoleh nilai rata-rata 53,67 dengan standar deviasi 9,04. Dan mengalami peningkatan setelah diterapkannya pendekatan sosial diperoleh nilai terendah 54, nilai tertinggi 82 dan memperoleh nilai rata-rata 69,67 dengan standar deviasi 9,35. Hal ini telah meningkat setelah mendapatkan perlakuan, hasilnya dengan tingkat signifikasi 0,05 tercatat bahwa nilai thitung = 5,16 > ttabel = 1,68385. Jadi, hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini diterima. Langkah-langkah yang ditempuh sehingga kecerdasan interpersonal anak meningkat: kegiatan diskusi kelompok, kegiatan S3 (Sedekah Sehari Sesukamu). Kesimpulan dari penelitian ini adalah pendekatan sosial dapat meningkatkan kecerdasan interpersonal anak.

Aktivitas Fisik Olahraga untuk Pertumbuhan dan Perkembangan Siswa SD

Burhaein, Erick

Indonesian Journal of Primary Education Vol 1, No 1 (2017): Indonesian Journal of Primary Education
Publisher : Program Studi PGSD UPI Kampus Tasikmalaya

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (239.244 KB) | DOI: 10.17509/ijpe.v1i1.7497

Abstract

Karya tulis ini merupakan kajian keilmuan teoritik dengan metode library research sebagai problem solving terhadap suatu permasalahan. Tujuan penulisan ini, untuk mengetahui aktivitas fisik olahraga untuk pertumbuhan dan perkembangan siswa sekolah dasar. Hal tersebut dikarenakan bahwa usia anak sekolah dasar merupakan lanjutan setelah  masa emas (usia dini). Sehingga diperlukan konsep belajar atau aktivitas yang sesuai dengan usia tumbuh kembang nya. Berdasarkan karakteristik anak usia sekolah dasar yang senang bermain, bergerak, mengelompok, dan praktik langsung. Oleh karena itu, berkaitan dengan aktifitas tersebut disesuaikan dengan pertumbuhan fisiknya dan perkembangan emosional anak. Bentuk aktifitas fisik disesuaikan dengan jenjang umurnya: periode umur 7-8 tahun (SD kelas 1 dan 2), periode umur 9 tahun (SD kelas 3), periode umur 10-11 tahun (kelas 4 dan 5), dan periode umur 12-13 tahun (kelas 6). Sehingga, melalui aktifitas fisik yang tepat dan sesuai periode diharapkan akan berdampak pada pertumbuhan fisik dan perkembangan emosi optimal. 

Pengaruh Metode Scramble dan Minat Baca terhadap Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa Sekolah Dasar

Sumira, Dika Zuchdan, Deasyanti, Deasyanti, Herawati, Tuti

Indonesian Journal of Primary Education Vol 2, No 1 (2018): Indonesian Journal of Primary Education
Publisher : Program Studi PGSD UPI Kampus Tasikmalaya

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (204.161 KB) | DOI: 10.17509/ijpe.v2i1.11673

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh metode scramble terhadap kemampuan membaca pemahaman ditinjau dari minat baca siswa sekolah dasar. Penelitian dilakukan di SD Negeri 1 Kawali dengan sampel siswa kelas IVA 30 orang sebagai kelas eksperimen dan kelas IV B dengan sampel siswa 30 orang sebagai kelas kontrol yang dilaksanakan pada tahun ajaran 2017/2018. Penelitian menggunakan treatment by level 2 x 2. Teknik analisis data adalah analisis varians dua jalur (ANAVA). Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) terdapat perbedaan kemampuan membaca pemahaman siswa yang melalui metode scramble dengan siswa yang menggunakan metode ekspositori; (2) terdapat interaksi antara metode pembelajaran dan minat baca terhadap kemampuan membaca pemahaman siswa sekolah dasar; (3) Siswa yang memiliki metakognisi belajar tinggi, kemampuan pemecahan masalah matematika antara kelompok siswa  yang diajar metode scramble lebih tinggi dari pada kelompok siswa yang diajar menggunakan metode ekspositori; (4) Siswa yang memiliki minat baca rendah, kemampuan membaca pemahaman antara kelompok siswa yang diajar menggunakan metodel scramble lebih rendah dari pada kelompok siswa yang diajar menggunakan metode ekspositori.

Profil Pengarang Anak Indonesia sebagai Role Model Pendidikan Karakter

Apriliya, Seni, Hodidjah, Hodidjah, Salim, Yajid Nur, Nugraha, Rizki Siddiq

Indonesian Journal of Primary Education Vol 1, No 2 (2017): Indonesian Journal of Primary Education
Publisher : Program Studi PGSD UPI Kampus Tasikmalaya

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (274.225 KB) | DOI: 10.17509/ijpe.v1i2.9478

Abstract

Tulisan ini mengajukan gagasan tentang pendidikan karakter yang didasarkan pada profil pengarang Indonesia. Telah diteliti sejumlah pengarang anak Indonesia yang terhimpun dalam buku Naskah Terbaik LMCA tahun 2011-2015 menggunakan metode analisis konten dengan teknik membaca berulang serta mencatat data melalui kegiatan kategorisasi, tabulasi, dan inferensi. Hasil penelitian menunjukkan gambaran/profil pengarang anak Indonesia relatif positif dan dapat dimanfaatkan untuk pendidikan karakter dengan pertimbangan (1). kebijakan dan orientasi pendidikan karakter kepada anak-anak akan efektif jika diberikan model atau contoh konkret; (2) secara umum karakteristik pengarang anak Indonesia (a). gemar membaca, (b). gemar menulis, (c) gemar olahraga, (d) gemar melukis dan (e) berprestasi di berbagai bidang;  sehingga (3) para pengarang anak dapat dijadikan sebagai alternatif model atau contoh konkret untuk pendidikan karakter bagi anak-anak Indonesia pada umumnya.

Motivasi dan Hasil Belajar Siswa melalui Bermain Peran dalam Film Pendek

Sudirman, Kemas

Indonesian Journal of Primary Education Vol 1, No 1 (2017): Indonesian Journal of Primary Education
Publisher : Program Studi PGSD UPI Kampus Tasikmalaya

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (524.904 KB) | DOI: 10.17509/ijpe.v1i1.7520

Abstract

Siswa akan terdorong untuk belajar manakala mereka memiliki minat. Pengembangkan minat belajar siswa merupakan salah satu teknik dalam meningkatan motivasi belajar. Salah satu cara yang logis untuk memotivasi siswa dalam pembelajaran adalah mengaitkan pengalaman belajar dengan minat siswa. Ada beberapa materi pelajaran yang sukar bila dijelaskan dengan kata-kata belaka. Maka perlu didramatisasikan, Salah satu materi dalam Pendidikan Agama Islam yang sukar bila hanya dijelaskan dengan kata-kata adalah “Qada dan Qadar”.  Melalui bermain peran dalam film pendek terbukti dapat meningkatan motivasi dan hasil belajar siswa.  Sebelum pembelajaran melalui bermain peran, siswa yang mencapai ketuntasan sebanyak 8 orang atau 40% sedangkan yang belum tuntas sebanyak 12 orang atau 60%. Setelah pelaksanaan pembelajaran melalui bermain peran, siswa yang tuntas sebanyak 20 orang atau 100%.

Pengaruh Concept-Rich Instruction terhadap Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa Sekolah Dasar Ditinjau Dari Math Anxiety

Kusmayanti, Intan, Sumantri, M Syarif, Noornia, Anton

Indonesian Journal of Primary Education Vol 2, No 1 (2018): Indonesian Journal of Primary Education
Publisher : Program Studi PGSD UPI Kampus TasikmalayaUPI

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | | DOI: 10.17509/ijpe.v2i1.12068

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pendekatan pembelajaran Concept-Rich Instruction terhadap kemampuan pemahaman matematis ditinjau dari math anxiety siswa sekolah dasar. Penelitian dilakukan di SD Negeri 1 Sindangkasih dengan sampel siswa  kelas III A dan III B 45 orang sebagai kelas eksperimen dan kelas III C dan III D dengan sampel siswa 45 orang sebagai kelas kontrol yang dilaksanakan pada tahun ajaran 2017/2018. Penelitian menggunakan treatment by level 2 x 2. Teknik analisis data adalah analisis varians dua jalur (ANAVA). Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) terdapat perbedaan kemampuan pemahaman matematis siswa yang belajar dengan menggunakan pendekatan concept-rich instruction dengan siswa yang menggunakan pendekatan pembelajaran konvensional; (2) terdapat interaksi antara pendekatan pembelajaran dan math anxiety terhadap kemampuan pemahaman matematis; (3) kemampuan pemahaman matematis siswa dengan tingkat math anxiety rendah yang belajar menggunakan pendekatan pembelajaran concept-rich instruction lebih tinggi daripada yang belajar menggunakan pendekatan pembelajaran konvensional; (4) kemampuan pemahaman matematis siswa dengan tingkat math anxiety tinggi yang belajar menggunakan pendekatan pembelajaran concept-rich instruction lebih rendah daripada yang belajar menggunakan pendekatan pembelajaran konvensional

Bahan Ajar Musik Ansambel untuk Siswa SD

Fuadah, Ulfah Samrotul, Respati, Resa, Halimah, Momoh

Indonesian Journal of Primary Education Vol 1, No 1 (2017): Indonesian Journal of Primary Education
Publisher : Program Studi PGSD UPI Kampus Tasikmalaya

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (732.913 KB) | DOI: 10.17509/ijpe.v1i1.7493

Abstract

Pendidikan seni musik merupakan salah satu bidang keilmuan yang dipelajari oleh siswa Sekolah Dasar. Seni musik salah satunya melalui kegiatan ansambel memberikan manfaat seperti memunculkan sikap bekerja sama dan harmonis antar siswa. Namun pada kenyataannya, pembelajaran ansambel dalam bidang seni musik di sekolah belum efektif. Hal tersebut diakibatkan beberapa faktor seperti belum tersedianya bahan ajar yang mudah dipahami dan dibaca. Sebagai solusi pemecahan masah, peneliti mengembangkan bahan ajar musik ansambel. Tujuan peneliti melakukan penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan rancangan, kelayakan, serta implementasi bahan ajar musik ansambel untuk siswa kelas tinggi sekolah dasar di Kota Tasikmalaya. Metode penelitian yang digunakan yaitu Design Based Reseach (DBR) dengan prosedur penelitian menurut Reeves. Pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, Expert Judgement, Angket, dan studi dokumentasi. Penelitian menghasilkan produk bahan ajar berbentuk modul dengan judul Ansambel untuk Siswa Sekolah Dasar. Kerangka bahan ajar terdiri dari: (1) deskripsi tujuan; (2) petunjuk belajar; (3) uraian materi; dan (4) tugas atau latihan yang telah divalidasi dan direvisi sesuai saran dari para ahli. Latihan praktik dalam bahan ajar terdiri dari latihan memainkan nada sederhana dan lagu hasil aransemen. Lagu aransemen dilengkapi dengan full score dan partisi untuk memudahkan dalam membaca notasi sesuai instrumen musik yang dimainkan. Bahan ajar juga dilengkapi CD berisi instrumen musik pengiring lagu. Hasil uji coba menggambarkan bahwa bahan ajar dapat digunakan oleh siswa dan dapat membimbing siswa dalam melaksanakan kegiatan ansambel sehingga pembelajaran lebih efektif dan menyenangkan.

Penguatan Keterampilan Sosial dan Emosional melalui Metode Speaker’s Staff dalam Pembelajaran di Sekolah Dasar

Hanifah, Nurdinah, Sunaengsih, Cucun

Indonesian Journal of Primary Education Vol 1, No 2 (2017): Indonesian Journal of Primary Education
Publisher : Program Studi PGSD UPI Kampus Tasikmalaya

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (349.848 KB) | DOI: 10.17509/ijpe.v1i2.11390

Abstract

Kompleknya permasalahan kehidupan di sekitar anak, termasuk di dalamnya perkembangan IPTEK yang banyak memberikan tekanan dan mempengaruhi perkembangan emosi maupun sosial anak berdampak pada perubahan perilaku ke arah perilaku yang individualistis, tidak peduli, sulit berinteraksi secara sosial (social insulation) sehingga melemahkan rasa sosial dan empatinya. Banyak penelitian memperlihatkan pentingnya keterampilan sosial emosional siswa, bahwa individu yang memiliki keterampilan sosial dan emosional yang bagus siap dalam mengatasi stress dan menyesuaikan diri dengan perubahan kehidupan sosial budaya yang serba cepat, dan berani mengambil keputusan. Permasalahannya adalah pembelajaran di sekolah mengarah pada suatu kecenderungan ketercapaian target materi, kurang mendorong siswa untuk peduli, mau bekerjasama sehingga mengeliminir kompetensi lain yang seharusnya juga dikembangkan, karenanya perlu iklim pembelajaran yang berupaya untuk menyeimbangkan semua pengembangan kompetensi peserta didik yang berdampak pada penguatan sosial dan emosional siswa. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode deskriptif, yang akan menggambarkan bagaimana penguatan keterampilan sosial dan emosional siswa di SD melalu metode speaker’s staff. Hasil penelitian memperlihatkan metode speaker’s staff memberikan pengaruh positif terhadap keterampilann sosial dan emosianal siswa.

Penerapan Strategi Belajar Reciprocal Teaching terhadap Kemampuan Membaca pada Siswa SD

Akhir, Muhammad

Indonesian Journal of Primary Education Vol 1, No 2 (2017): Indonesian Journal of Primary Education
Publisher : Program Studi PGSD UPI Kampus Tasikmalaya

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (467.175 KB) | DOI: 10.17509/ijpe.v1i2.9313

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen, yaitu jenis pre-Experimental Design. Desain ini belum merupakan eksperimen sungguh-sungguh karena masih terdapat variabel luar yang ikut berpengaruh terhadap terbentuknya variabel dependen.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh strategi belajar reciprocal teaching terhadap kemampuan membaca pada siswa sekolah dasar. penelitian ini menggunakan desing penelitian One-Group Pretest-Posttest Design, dengan subyek 22 siswa di SD Muhammadiyah Perumnas Makassar dan data dianalisis menggunakan statistik deskriptif.. Berdasarkan hasil analisis statistik inferensial dengan menggunakan rumus uji t. Tingkat persentase keberhasilan yang dicapai oleh siswa, yaitu hampir semua siswa (19 orang) memperoleh nilai di atas 70 (86,4%). Oleh karena thitung ttabel pada taraf signifikansi 0,05, maka hipotesis nol (H0) ditolak dan hipotesis alternative (Ha) diterima yang berarti bahwa ada pengaruh dalam menerapkan strategi belajar reciprocal teaching terhadap kemampuan membaca Berdasarkan hasil dari penelitian dapat disimpulkan bahwa stragi belajar reciprocal teaching memiliki pengaruh terhadap kemampuan membaca pada siswa sekolah dasar. Kata Kunci : reciprocal teaching,  kemampuan membaca, aktivitas siswa. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen, yaitu jenis pre-Experimental Design. Desain ini belum merupakan eksperimen sungguh-sungguh karena masih terdapat variabel luar yang ikut berpengaruh terhadap terbentuknya variabel dependen.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh strategi belajar reciprocal teaching terhadap kemampuan membaca pada siswa sekolah dasar. penelitian ini menggunakan desing penelitian One-Group Pretest-Posttest Design, dengan subyek 22 siswa di SD Muhammadiyah Perumnas Makassar dan data dianalisis menggunakan statistik deskriptif.. Berdasarkan hasil analisis statistik inferensial dengan menggunakan rumus uji t. Tingkat persentase keberhasilan yang dicapai oleh siswa, yaitu hampir semua siswa (19 orang) memperoleh nilai di atas 70 (86,4%). Oleh karena thitung ttabel pada taraf signifikansi 0,05, maka hipotesis nol (H0) ditolak dan hipotesis alternative (Ha) diterima yang berarti bahwa ada pengaruh dalam menerapkan strategi belajar reciprocal teaching terhadap kemampuan membaca Berdasarkan hasil dari penelitian dapat disimpulkan bahwa stragi belajar reciprocal teaching memiliki pengaruh terhadap kemampuan membaca pada siswa sekolah dasar.  

Jenis dan Kuantitas Konjungsi dalam Cerita Anak

Wahyuningsih, Bhekti, hodidjah, hodidjah, apriliya, seni

Indonesian Journal of Primary Education Vol 1, No 1 (2017): Indonesian Journal of Primary Education
Publisher : Program Studi PGSD UPI Kampus Tasikmalaya

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (321.921 KB) | DOI: 10.17509/ijpe.v1i1.7498

Abstract

Konjungsi berperan penting dalam pembentukan kalimat. Setiap cerita tidak terlepas dari penggunaan konjungsi. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan bagaimana penggunaan jenis dan kuantitas penggunaan konjungsi yang terdapat dalam cerita anak. Cerita anak ini terdapat pada naskah terbaik LMCA tahun 2014. Metode penelitian yang digunakan adalah metode analisis konten dengan pemaparan deskriptif. Sumber data penelitian adalah cerita anak pada naskah terbaik LMCA tahun 2014. Hasil penelitian ini menunjukkan terdapat empat jenis konjungsi yang digunakan yaitu konjungsi antarkata/frase, antarklausa, antarkalimat, dan antarparagraf. Jenis konjungsi yang paling sering digunakan yaitu konjungsi antarklausa sebanyak 387 kali (60,50%) dari 639 penggunaan konjungsi, konjungsi antarkata/frase sebanyak 167 kali (26,13%), konjungsi antarkalimat sebanyak 81 kali (12,68%), dan konjungsi antarparagraf sebanyak 4 kali (0,63%). Hasil penelitian ini diharapkan dapat dijadikan bahan ajar penggunaan konjungsi dalam pembelajaran bahasa Indonesia di SD.