cover
Contact Name
Devia Kartika
Contact Email
Devia.kartika11@gmail.com
Phone
0751-776666
Journal Mail Official
Devia.kartika11@gmail.com
Editorial Address
-
Location
Kota padang,
Sumatera barat
INDONESIA
Jurnal Ekobistek
ISSN : 23015268     EISSN : 25279483     DOI : https://doi.org/10.35134/ekobistek
Jurnal EKOBISTEK (Ekonomi, Bisnis dan Teknologi) adalah jurnal yang dipublikasi oleh Universitas Putra Indonesia YPTK Padang Sumatera Barat Indonesia. Jurnal EKOBISTEK terbit dua kali setahun yaitu, pada bulan Juni dan Desember. Jurnal EKOBISTEK menerima dan menerbitkan artikel-artikel ilmiah dari hasil penelitan dan kajian analisis dibidang ilmu ekonomi, akuntansi, bisnis, manajemen, teknologi, dan bidang-bidang yang terkait dengannya.
Articles 108 Documents
PENGARUH KUALITAS PELAYANAN (YANG DIRASAKAN), KUALITAS PRODUK DAN PROMOSI TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN OPERATOR SELULER TELKOMSEL DI GRAPARI KIOS TELKOMSEL PADANG Rahma, Anita Ade
Jurnal Ekobistek Vol 5, No 2 (2016): Jurnal Ekobistek UPI "YPTK" Padang
Publisher : Universitas Putra Indonesia YPTK Padang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan (1) Pengaruh Kualitas Pelayanan (yang dirasakan) terhadap Loyalitas Pelanggan (2) Pengaruh Kualitas Produk terhadap Loyalitas Pelanggan (3) Pengaruh Promosi terhadap Loyalitas Pelanggan (4) Pengaruh Kualitas Pelayanan, Kualitas Produk, dan Promosi secara bersama-sama terhadap Loyalitas Pelanggan.?Penelitian ini dilakukan di Grapari Kios Telkomsel Padang. Data dikumpulkan dengan menggunakan kuisioner yang disebarkan kepada pelanggan Telkomsel untuk data primer dan dari bahan tertulis untuk data sekunder. Pengolahan data dilakukan dengan model deskriptif kuantitatif dengan menggunakan model regresi berganda melalui proses SPSS versi 20.?Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa hipotesis secara parsial dan bersama-sama dari variabel Pengaruh Kualitas Pelayanan (yang dirasakan), Kualitas Produk, dan Promosi terhadap Loyalitas Pelanggan terbukti atau diterima dalam penelitian ini., disarankan untuk dipertahankan dan bahkan ditingkatkan kualitas pelayanan, kualitas produk serta promosi yang relatif sudah baik sehingga Loyalitas Pelanggan semakin tepat.?Keyword ?: Kualitas Pelayanan, Kualitas Produk, Promosi, Loyalitas Pelanggan
MEMBANGUN TRANSMISI JARINGAN SAKLAR TUNGGAL PADA GRAF BERARAH (DIGRAF) Sari, Yulia Retno
Jurnal Ekobistek Vol 3, No 1 (2014): Jurnal Ekobistek UPI "YPTK" Padang
Publisher : Universitas Putra Indonesia YPTK Padang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstrak - Jaringan saklar adalah suatu jaringan dari saklar-saklar yang saling berhubungan. Setiap jaringan saklar dapat direpresentasikan kedalam graf, dimana sisi dari graf merupakan saklar sedangkan titik sebagai terminal. Jika kita mengaitkan arah pada setiap sisi dalam graf menurut polaritas komponen yang bersangkutan dalam rangkaian, graf yang dihasilkan disebut digraph. Pada penelitian ini dibangun jaringan saklar tunggal pada digraf dengan langkah-langkah menggunakan hubungan matriks incidence (Af), matriks fundamental sirkuit (Bf), dan matriks himpunan pemisah (Cf). Kata Kunci : titik, sisi, matriks incidence (Af), matriks fundamental sirkuit (Bf), matriks himpunan pemisah (Cf).
PENGARUH KEPEMIMPINAN, KOMUNIKASI DAN LINGKUNGAN KERJATERHADAP KINERJA PEGAWAI KANTOR DINAS PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN KABUPATEN PESISIR SELATAN Dharma, Robby
Jurnal Ekobistek Vol 5, No 2 (2016): Jurnal Ekobistek UPI "YPTK" Padang
Publisher : Universitas Putra Indonesia YPTK Padang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar Pengaruh Kepemimpinan, Komunikasi dan Lingkungan Fisik Terhadap Kinerja Pegawai Kantor Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Pesisir Selatan. Penelitian ini terdiri dari tiga variabel Independen yaitu kepemimpinan, komunikasidan lingkungan fisik dan satu variabel Dependent kinerja pegawai. Metode analisis yang digunakan adalah analisis korelasi dan regresi berganda. Metode pengumpulan data pada penelitian ini adalah dengan menggunakan kuesioner yang diisi oleh responden yaitu Kantor Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Pesisir Selatan. Hasil penelitian yang didapatkan berdasarkan Uji Parsial (Uji t) diperoleh: (a) Terdapat pengaruh positif dan signifikan antara kepemimpinan terhadap kinerja peegawai, dibuktikan dengan nilai t hitung 3,731> t tabel 1,987, dengan tingkat signifikan (0,000< 0,05). (b) Terdapat pengaruh positif dan signifikan antara komunikasi terhadap kinerja pegawai, dibuktikan dengan nilai t hitung 3,702> t tabel 1,987, dengan tingkat signifikan (0,000< 0,05).(c) Tidak terdapat pengaruh positif dan signifikan antara lingkungan fisik terhadap kinerja pegawai, dibuktikan dengan nilai t hitung 1,247< t tabel 1,987, dengan tingkat signifikan (0,216> 0,05).Kemudian berdasarkan uji hipotesis secara simultan (Uji F) dapat diketahui nilai Fhitung59,536 > Ftabel2,71 dengan tingkat signifikan (0,000 < 0,05). Berdasarkan uji koefisien determinasi (R2) nilainya adalah 0,675. Hal ini menunjukkan bahawa besarnya persentase kontribusi variabel kepemimpinan, komunikasi dan limgkungan fisik terhadap variabel kinerja pegawai adalah sebesar 67,5% sisanya 42,5% dipengaruhi oleh variabel lain di luar penelitian ini. Keyword : Kepemimpinan, Komunikasi, Lingkungan Fisikdan Kinerja Pegawai
PENGARUH ATRIBUT PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN Yulasmi, Yulasmi
Jurnal Ekobistek Vol 3, No 2 (2014): Jurnal Ekobistek UPI "YPTK" Padang Oktober 2014
Publisher : Universitas Putra Indonesia YPTK Padang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

This research aim to determine the extent of the effect of product attributes on purchase decisions. The variables used in this study is the variable Brand (X1), Quality (X2), Packaging (X3) and the Purchase Decisions (Y). The research method used was descriptive analysis, validity, reliability, correlation, regression with data collection techniques through the distribution of questionnaires, interviews and literature study as well as data processing by using the tools of the program SPSS version 18.0.The result showed that the variable Brands (X1) has a regression coefficient (B) 0, 214 with a significant level of 0.000 <0.05, H0 is rejected, Ha accepted, meaning there is significant influence between variables brand purchase decision. Variable Quality (X2) has a regression coefficient (B) 0, 597 with a significant level of 0.000 <0.05, H0 is rejected, Ha accepted, meaning there is significant influence between the variable quality of the purchase decision. Variable Packaging (X3) has a regression coefficient (B) 0, 111 with significant levels of 0, 099> 0.05, H0 is accepted, Ha rejected a partial means there is no significant effect of the variable quality of the purchase decision. For the R value is equal to 0.869, which means there is a strong positive relationship between brands (X1), Quality (X2), and Packaging (X3) with Purchasing Decisions (Y) and the coefficient of determination or R-square is 0.755, which means that the contribution of the brand , quality and packaging of the Buying Decision (Y) equal to 75.5% or 24.5% influenced by other variables not included in the studied variables. Keywords: Attributes Product, Purchase Decision
PENGANGKATAN PEGAWAI NEGERI SIPIL DALAM JABATAN STRUKTURAL DI KABUPATEN BUNGO Sari, Nirmala
Jurnal Ekobistek Vol 4, No 2 (2015): Jurnal Ekobistek
Publisher : Universitas Putra Indonesia YPTK Padang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

AbstrackPosition of Civil Servants in any government organization has a very important role,because the civil service is the backbone of the government in implementing nationaldevelopment. To be able to realize the implementation of governance and development tasksrequired of Civil Servants professional, responsible, honest, and fair conducted based systemswork performance and career system. But in the execution and implementation experiencedmany difficulties that require good governance, including in the process of appointment of theCivil Service to structural positions, because the position of the structural position issusceptible to irregularities or personal interests that dominate such political interests, familyrelatives and etc. Research on the Appointment of Civil Servants in structural positions inBungo done through regulatory approaches and theories associated with the fact that how theimplementation of personnel regulations in Bungo Regency, which is also called empirical legalresearch. Regulation of the barometer is Government Regulation Number 100 of 2000 onAppointment of Civil Servants in structural positions. Weak rule of law relating to sanction aviolation of article 6 of Government Regulation No. 100 of 2000 impacted prolonged among theCivil Service itself, to public services and the performance of Civil Servants in governmentBungo, among others, the emergence of apathy and egocentric subordinates to superiors as wellas other social reactions, which include behavior indifferent to duties as and unfair competitionamong fellow employees and others that eventually led to the Civil Service fragmented in mind.Keywords: Civil Servants; structural positions;
PENGARUH KUALITAS PELAYANAN, KEPERCAYAAN, DAN KEPUASAN TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN PADA PT. PADANG TOUR WISATA PULAU PADANG Dharma, Robby
Jurnal Ekobistek Vol 6, No 2 (2017): Jurnal Ekobistek UPI "YPTK" Padang Oktober 2017
Publisher : Universitas Putra Indonesia YPTK Padang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Dari hasil penelitian didapatkan hasil analisis yang menggunakan Analisis Regresi Berganda didapatkan, bahwa variabel kualitas pelayanan, kepercayaan, kepuasan, dan loyalitas pelanggan (Adjust R Square) sebesar 0,474 atau  sebesar 47,4% dengan bentuk persamaan regresi Y= 8,432+ 0, 331X1 + 0,310X2 ? 0,029X3. Hasil analisis menggunakan uji t dapat diketahui variabel Kualitas Pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhdap Loyalitas Pelanggan dimana thitung lebih besar dari ttabel (3,972 > 1,992), Kepercayaan berpengaruh signifikan terhadap Loyalitas Pelanggan thitung lebih dari ttabel (3,301 > 1,992). Dan Kepusan tidak berpengaruh terhadap Loyalitas Pelanggan dengan Fhitung lebih kecil dari ttabel (-0,264 < 1,992). Hasil analisis menggunakan uji F dapat diketahui juga bahwa variabel kualitas pelayanan, kepercayaan, dan kepuasan secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap loyalitas pelanggan dengan Fhitung  24,685 > Ftabel  2,72. Kata Kunci : Kualitas Pelayanan, Kepercayaan, Kepuasan, dan Loyalitas Pelanggan
APLIKASI DATA MINING MENGGUNAKAN METODE DECISION TREE UNTUK PEMANTAUAN DISTRIBUSI PENJUALAN SEPEDA MOTOR MENGGUNAKAN BAHASA PEMPROGRAMAN BORLAND DELPHI Wafa, Zaenal
Jurnal Ekobistek Vol 2, No 1 (2013): Jurnal Ekobistek UPI "YPTK" Padang
Publisher : Universitas Putra Indonesia YPTK Padang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pola distribusi penjualan motor pada CV. Hayati dengan menggunakan metode decision tree yang di representasikan menggunakan pemprograman Delphi 7.0. Teori yang digunakan dalam penelitian ini yaitu teori yang berhubungan dengan data minig. Langkah-langkah yang digunakan adalah teknik pengumpulan data dengan wawancara dan data penjualan motor dalam satu bulan sebanyak 24 data.Pada metode analisa ini menjelaskan tentang UML yaitu Unified Modelling Language (UML) adalah sebuah ?bahasa? yang telah menjadi standar dalam industri untuk menentukan, visualisasi, merancang dan mendokumentasikan artifact dari sistem software, untuk memodelkan bisnis dan sistem non software lainnya Interbase yaitu aplikasi atau sistem untuk mengelola database atau manajemen data. Borland Delphi 7.0 adalah bahasa pemprograman yang digunakan, dan juga menjelaskan tentang metode decision tree dengan algoritma C4.5.H. Kata Kunci : Pemberian Bonus, ToolBox MATLap, Fuzzy
PENGARUH RETURN ON EQUITY (ROE) DAN DIVIDEND TERHADAP HARGA SAHAM PERUSAHAAN GO PUBLIK Yeni, Fitri
Jurnal Ekobistek Vol 3, No 1 (2014): Jurnal Ekobistek UPI "YPTK" Padang
Publisher : Universitas Putra Indonesia YPTK Padang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini dilakukan pada perusahaan manufaktur go publik yang terdaftar di Bursa efek Indonesia (BEI). Teknik analisa yang digunakan adalah analisa model regresi linear berganda dengan menggunakan alat bantu software SPSS versi 15.0. Multikolinearitas, Determinasi (R2), Uji-f dan Uji-t dilakukan untuk membuktikan kebenaran hipotesis dengan level signifikan 5%. Dari hasil penelitian di dapat persamaan : Y = -1448,005+ 37,59x1 + 837,895X2. ROE diperoleh nilai koefisien regresi sebesar 37,590 menyatakan bahwa kenaikan ROE sebesar Rp.1 maka total harga saham akan mengalami peningkatan sebesar 37,590 dengan asumsi variabel dividen Konstan. Dividen diperoleh nilai koefisien regresi sebesar 837,895 menyatakan bahwa kenaikan Dividen  sebesar Rp.1 maka total harga saham akan mengalami peningkatan sebesar 837,895 dengan asumsi variabel ROE konstan. Key Word : Return On Equity, Dividend, Harga Saham
ANALISIS PERBEDAAN KESIAPAN BELAJAR DAN HASIL BELAJAR ANTARA SISWA YANG MENGIKUTI TES OBJEKTIF DENGAN SISWA YANG MENGIKUTI TES ESSAY PADA MATA PELAJARAN PENGANTAR AKUNTANSI DAN KEUANGAN SISWA KELAS X SMK NEGERI BISNIS DAN MANAJEMEN KOTA PADANG Harmelia, Harmelia
Jurnal Ekobistek Vol 6, No 1 (2017): Jurnal Ekobistek UPI "YPTK" Padang April 2017
Publisher : Universitas Putra Indonesia YPTK Padang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

This research was aimed at knowing the different analysis of readiness of learning and result of learning student which in objective test with student wich in essay. The type of this research is a comparatif study and the population of the reseach was the students of class X accountancy of SMK Negeri business and managemet padang city amounting to 262student. The sampling technique used was purposive sampling, for class X acountancy SMkN 2, SMKN 3, SMKN 4 Padangwith rule use curriculum 2013 and amount student same. Data were collected by using two different instruments. The first one, a questionaire of readiness. The other one was on objective test of accountancy lesson.The type of data consisted of primary data and secondary data, while the data analysis was descriptive and inductive analysis by using two-ways of ANOVA. The results of the research are (1) result of learning had not significantly by using objective test and essay test (2)there are difference which is signifikant between readiness of learning high lower with result learn which in objective tes and in essay tes. (3) There isinteraction between using readiness of learning and result learn by using objective test and essay test. Keywords: readiness of learning, objective test, essay test, and result learn.
PERANAN EMPLOYEE ENGAGEMENT TERHADAP PENINGKATAN KINERJA Fenia, Selvi Zola
Jurnal Ekobistek Vol 4, No 2 (2015): Jurnal Ekobistek
Publisher : Universitas Putra Indonesia YPTK Padang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

AbstarkTujuan penulisan ini untuk mendeskripsikan faktor-faktor yang dapat meningkatkanmotivasi kerja karyawan, baik karyawan swasta maupun pemerintahan. Karyawan memegangperan utama dalam menjalankan roda kehidupan perusahaan . Kinerja karyawan merupakandasar bagi pencapaian kinerja dan prestasi perusahaan, sehingga pengelolaan karyawan sebagaisumber daya yang potensial merupakan tugas utama manajemen. Data dikumpulkanmelaluimetode wawancara, observasi, dan studi dokumentasi. kinerja karyawan merupakan dasar bagikinerja organisasi, artinya secara tidak langsung employee engagement berperan dalampeningkatan kinerja organisasiKata Kunci : motivasi, employee engagement

Page 1 of 11 | Total Record : 108