cover
Filter by Year
Jurnal Riset Ekonomi dan Bisnis
Published by Universitas Semarang
Jurnal Riset Ekonomi dan Bisnis (JREB) are published three times a year in April, August and December.
Articles
23
Articles
PENGARUH KUALITAS JASA PERGURUAN TINGGI TERHADAP KEPUASAN DAN LOYALITAS MAHASISWA

Iswara, Widya, Pratomo, Luki Adiati

Jurnal Riset Ekonomi dan Bisnis Vol 10, No 3 (2017): Desember 2017
Publisher : Pascasarjana Universitas Semarang

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1118.422 KB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisa pengaruh kualitas jasa terhadap kepuasan dan loyalitas mahasiswa serta citra Perguruan Tinggi. Data diperoleh dengan cara menyebarkan kuisioner kepada  120 responden yaitu mahasiswa Universitas Trisakti. Data yang digunakan adalah data cross-sectional dan menggunakan purposive sampling sebagai metode pegambilan sampel. Alat analisis yang digunakan adalah Structural Equation Modeling (SEM). Hasil pengujian hipotesa menunjukkan bahwa aspek akademis, aspek non akademis dan reputasi  berpengaruh positif terhadap kepuasan mahasiswa, sedangkan aspek program dan akses tidak mempunyai pengaruh positif terhadap kepuasan mahasiswa. Kemudian kepuasan mahasiswa juga mempunyai pengaruh positif terhadap citra perguruan tinggi sementara kepuasan mahasiswa dan citra ternyata tidak mempunyai pengaruh positif terhadap loyalitas mahasiswa. Disarankan bagi Universitas Trisakti untuk memperkuat reputasi yang merupakan faktor terpenting dalam mempengaruhi kepuasan mahasiswa, serta mengembangkan strategi hubungan pemasaran agar dapat meningkatkan loyalitas mahasiswa. Untuk penelitian selanjutnya disarankan mengevaluasi penetapan harga (price fairness) dalam mencapai kepuasan dan loyalitas  mahasiswa.  .The purpose of this study is to analyze the impacts of higher education service quality towards student satisfaction and Loyalty, and student satisfaction towards university image and student loyalty. The data was gathered using questionnaires and was collected from 120  respondents who study at Trisakti University. The data was using cross-sectional and the sampling method was using purposive sampling. This research were using Structural Equation Modeling (SEM) as analysis method.The finding shows that academic aspects, non-academic aspects and reputation influenced  students satisfaction while program issues and access did not have impact on students satisfaction.  The other results proved that students satisfaction influence University image but surprisingly students satisfaction and University image did not have impact on students loyalty.  Very important for Trisakti University to improve their image because this is one strong factor in building students satisfaction, while they have to develop customer relationship management with their students and alumni to strengthen their students loyalty. To understand more student satisfaction, it advised to examine the price fairness as one possible factor in building students satisfaction and loyalty. 

DAMPAK PINJAMAN DAN BANTUAN MODAL KERJA TERHADAP KINERJA USAHA Studi Kasus UMKM Binaan KADIN Jawa Tengah

Liani, Hoo Helena Ayu, Prawihatmi, Chatarina Yekti

Jurnal Riset Ekonomi dan Bisnis Vol 10, No 3 (2017): Desember 2017
Publisher : Pascasarjana Universitas Semarang

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (746.755 KB)

Abstract

Permasalahan UMKM yang selama ini dipandang utama adalah permodalan. UMKM biasanya tidak memiliki akses yang mudah untuk memperoleh pinjaman untuk modal kerja. Untuk itulah terdapat skema bantuan modal yang disediakan oleh berbagai lembaga keuangan dan lembaga pemerintah untuk mengatasi permasalahan modal di UMKM. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dampak bantuan dan pinjaman modal kerja pada kinerja usaha UMKM yang dibina oleh TTIC Kadin Jawa Tengah. Responden pada penelitian ini adalah  UMKM yang telah dibina oleh TTIC kadin Jawa Tengah, yang berjumlah 20 UMKM. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah melalui wawancara mendalam  dipandu dengan kuesioner. Metode penelitian pada penelitian ini adalah metode deskriptif eksploratif . Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa bantuan /pinjaman modal kerja untuk UMKM binaan TTIC Kadin Jawa Tengah memberikan stimulus dalam usaha-usaha mengembangkan kinerja usahanya terutama dalam menambah peralatan, melakuakn inovasi , menambah tenaga kerja sampai dengan usaha perluasan pasar. Meskipun tidak secara langsung, pinjaman /bantuan modal telah berdampak positif terhadap kinerja usaha UMKM binaan TTIC Kadin Jawa Tengah.The one of main problem of MSMEs  is capital. MSMEs usually do not have easy access to obtain loans for working capital. For this reason there is a capital assistance scheme provided by various financial institutions and government agencies to address capital problems in MSMEs. This study aims to determine the impact of aid and working capital loans on the performance of SMEs business which is fostered by TTIC Kadin  Jawa Tengah. Respondents in this study are MSMEs that have been fostered by TTIC Kadin Jawa Tengah. The number of respondents are 20 MSMEs. Data collection techniques in this study is through in-depth interviews guided by questionnaires. The research method in this research is descriptive explorative method. The results of this study indicate that assistance / working capital loans for MSMEs fostered by TTIC Kadin Jawa Tengah provide stimulus in the efforts to develop business performance, especially in adding equipment, making innovation, adding labor to market expansion efforts. Although indirectly, the loan / capital assistance has a positive impact on the performance of UMKM business fostered by TTIC Kadin Jawa Tengah.

PERILAKU INVESTASI SEKTOR KEUANGAN DI KALANGAN PEGAWAI NEGERI SIPIL : PENGEMBANGAN THEORY PLANNED OF BEHAVIOR

Sriatun, Sriatun, Indarto, Indarto

Jurnal Riset Ekonomi dan Bisnis Vol 10, No 3 (2017): Desember 2017
Publisher : Pascasarjana Universitas Semarang

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (633.77 KB)

Abstract

Investasi sektor keuangan merupakan salah satu alternatif investasi yang cocok untuk Pegawai Negeri Sipil (PNS).  Penelitian ini berusaha menganalisis faktor yang mempengaruhi minat berinvestasi serta menemukan faktor yang menyebabkan masih rendahnya tingkat investasi sektor ini di kalangan PNS dengan menggunakan dasar Theory Planned of Behavior dengan menambahkan faktor bias konfirmasi. Populasi penelitian adalah Pegawai Negeri Sipil yang bekerja pada Kantor Pelayanan Pajak di Semarang dengan jabatan Account Representative. Sampel penelitian sejumlah 120 yang penentuannya menggunakan simple random sampling. Data yang terkumpulkan dari hasil kuesioner dianalisis menggunakan Structural Equation Modeling (SEM) dengan menggunakan software amos ver.21.0.Hasil penelitian menunjukkan bahwa minat investasi dipengaruhi oleh sikap berperilaku, norma subjektif, kontrol perilaku, dan bias konfirmasi. Penelitian menemukan bahwa minat investasi tidak memediasi pengaruh sikap berperilaku, norma subjektif, kontrol perilaku, dan bias konfirmasi terhadap keputusan investasi. Temuan penelitan memperlihatkan bahwa keputusan investasi di kalangan PNS dipengaruhi oleh sikap berperilaku dan kontrol perilaku .         Investment finance sector is one of the alternative investments that are suitable for Civil Servants (PNS). This research seeks to analyze the factors that affect interest to invest and find the factors that led to the low level of investment this sector among civil servants using the basic Theory of Planned Behavior by adding a factor of confirmation bias. The study population is a Civil Servant who worked on the Tax Office in Semarang with positions Account Representative. The research sample number 120 that determination using simple random sampling. Data were collected from questionnaires were analyzed using Structural Equation Modeling (SEM) by using software amos ver.21.0. The results showed that the investment intentions are influenced by the attitude toward the behavior, subjective norms, perceived behavioral control, and confirmation bias. The study found that investment intentions are not mediating influence behaved attitude toward the behavior, subjective norms, perceived behavioral control, and confirmation bias towards investment decision. The findings of the research show that the investment decisions among civil servants behave is influenced by the attitude toward the behavior and perceived behavioral control.

PERILAKU PENJUALAN ADAPTIF PENGARUHNYA TERHADAP KINERJA TENAGA PENJUALAN

Hidayanti, Dewinta Mustika, Wardoyo, paulus, Rusdianti, Endang

Jurnal Riset Ekonomi dan Bisnis Vol 10, No 3 (2017): Desember 2017
Publisher : Pascasarjana Universitas Semarang

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (640.292 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan membuktikan secara empiris pengaruh dari orientasi pelanggan dan kompetensi teknik tenaga penjual terhadap perilaku penjualan adaptif. Serta pengaruh dari kompetensi teknik tenaga penjual dan perilaku penjualan adaptif terhadap kinerja tenaga penjual.Penelitian ini menggunakan sample sebanyak 102 orang , sedangkan teknk sampling yang digunakan adalah sensus. Hasil penelitian ini membuktikan kompetensi teknik tenaga penjual tidak berpengaruh terhadap kinerja tenaga penjual dan perilaku penjualan adaptif berpengaruh terhadap kinerja tenaga penjualThe purpose of studies to analyze and prove empirically the influence of customer orientation and the technical competence of salespeople on adaptive sales behaviors. As well as the influence of the salespersons technical competence and adaptive sales behavior in the performance of salespeople.This study used a sample of 102 people, while the sampling technique used was the census. The results of this study prove the competence of salespeople techniques do not affect the performance of salespeople and the sales behavior adaptive effect on the performance of salespeople.

ANALISIS PENGARUH KARAKTERISTIK INDIVIDU, KOMITMEN ORGANISASI, DAN KEPUASAN KERJA TERHADAP KINERJA KARYAWAN DENGAN MOTIVASI SEBAGAI VARIABEL INTERVENING

Kridharta, Danar, Rusdianti, Endang

Jurnal Riset Ekonomi dan Bisnis Vol 10, No 3 (2017): Desember 2017
Publisher : Pascasarjana Universitas Semarang

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (440.049 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kinerja karyawan PT Bank BRI cabang Brebes dari petugas rekening usaha mikro. Variabel bebas terdiri dari karakteristik individu, komitmen organisasional, kepuasan kerja. Variabel dependen adalah variabel kinerja karyawan dan variabel intervening adalah motivasi. Dalam penelitian ini digunakan metode purposive sampling. 90 Account officer bisnis mikro sebagai sampel. Metode pengumpulan data dengan menggunakan kuesioner diisi langsung oleh responden. Analisis yang digunakan untuk menjawab hipotesis dan rumusan masalah adalah analisis regresi bertahap. Hasil penelitian menunjukkan bahwa karakteristik individu berpengaruh positif dan signifikan terhadap motivasi, Komitmen organisasi tidak berpengaruh terhadap motivasi, kepuasan kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap motivasi, Karakteristik individu tidak berpengaruh terhadap kinerja karyawan, komitmen organisasional berpengaruh positif dan signifikan pada kinerja karyawan. Motivasi mempengaruhi hubungan antara karakteristik individu terhadap kinerja karyawan, dengan kata lain untuk meningkatkan kinerja karyawan yang dibutuhkan motivasi. Motivasi tidak mempengaruhi hubungan antara komitmen organisasional terhadap kinerja karyawan. Motivasi mempengaruhi hubungan antara kepuasan kerja terhadap kinerja karyawan, dengan kata lain untuk meningkatkan kinerja karyawan yang dibutuhkan motivasi.This research aims to analyze employee performance of PT Bank BRI branch of Brebes part of micro business account officer. Independent variables consist of individual characteristics, organizational commitment, job satisfaction. Dependent variable are employee perfomance and intervening variable are motivation. In this study used purposive sampling method .  90 employees of micro business account officer as a sample. Methods of data collection using questionnaires filled directly by the respondents. The analysis used to answer the hypothesis and problem formulation is step multiple regression analysis. The results showed that individual characteristics have a positive and significant effect on motivation, Organizational commitment has no effect on motivation, job satisfaction has a positive and significant effect on motivation, Individual characteristics have no effect on employee performance, organizational commitment has a positive and significant impact on employee performance. Motivation affects the relationship between individual characteristics on employee performance, in other words to improve employee performance required motivation. Motivation does not affect the relationship between organizational commitment to employee performance. Motivation affects the relationship between job satisfaction on employee performance, in other words to improve employee performance required motivation.

MODEL PROFITABILITAS PADA PERUSAHAAN SEKTOR INDUTRI BARANG KONSUMSI DI BURSA EFEK INDONESIA

Zulaikah, Siti, Saifudin, Saifudin

Jurnal Riset Ekonomi dan Bisnis Vol 9, No 3 (2016): Desember 2016
Publisher : Pascasarjana Universitas Semarang

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

 Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis secara empiris pengaruh tingkat perputaran kas, tingkat perputaran piutang, tingkat perputaran persediaan, tingkat perputaran modal kerja, dan stuktur modal terhadap profitabilitas pada perusahaan sektor indutri barang konsumsi di Bursa Efek Indonesia (BEI) Periode 2012-2014. Penelitian ini untuk menganalisis secara empiris apakah antara perputaran kas, perputaran piutang, perputaran persediaan, perputaran modal kerja, dan stuktur modal terhadap profitabilitas secara parsial dan simultan.      Sampel pada penelitian ini berjumlah 23 perusahaan sektor indutri barang konsumsi di Bursa Efek Indonesia (BEI) Periode 2012-2014. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder dan pemilihan sampel perusahaan dengan menggunakan metode purposive sampling. Metode yang digunakan adalah metode regresi linier berganda.      Hasil pengujian hipotesis dalam penelitian ini menunjukkan bahwa tiga variabel yaitu perputaran kas, perputaran piutang, dan struktur modal berpengaruh terhadap Profitabilitas. Sedangkan dua variable yaitu perputaran persediaan dan perputaran modal kerja tidak berpengaruh terhadap profitabilitas. Dan pengujian secara simultan menunjukkan bahwa variabel perputaran kas, perputaran piutang, perputaran persediaan, perputaran modal kerja, dan stuktur modal terhadap profitabilitas.

AKSES UMKM KULINER TERHADAP PEMBIAYAAN MIKRO ( Studi di Pasar Semawis Kota Semarang )

Wijaya, Ong, Stefani Yunika, Prawihatmi, Chatarina Yekti

Jurnal Riset Ekonomi dan Bisnis Vol 10, No 1 (2017): April 2017
Publisher : Pascasarjana Universitas Semarang

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (269.594 KB)

Abstract

Usaha Mikro, Kecil dan Menengah merupakan sektor usaha yang sangat berperan penting di Indonesia karena UMKM mampu meningkatkan kesejahteraan ekonomi Indonesia. Banyaknya pedagang mikro saat ini telah dapat membantu memberikan lapangan usaha dan mengurangi pengangguran. Namun permasalahan utama yang sering dihadapi pelaku UMKM adalah akses terhadap permodalan. Maka, akses modal yang mudah sangat dibutuhkan pelaku UMKM untuk mengatasi permasalahan tersebut dan demi mengembangkan usahanya.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui akses pembiayaan mikro bagi pedagang mikro di Semawis, serta mengetahui faktor apa saja yang menjadi pendukung dan penghambat dalam mengakses pembiayaan mikro. Responden pada penelitian ini adalah pedagang mikro kuliner di Kawasan Pecinan, Waroeng Semawis Semarang yang berjumlah 12 orang. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah melalui wawancara dipandu dengan kuesioner. Metode penelitian pada penelitian ini adalah metode kualitatif dengan pendekatan fenomenologi.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa akses terhadap pembiayaan mikro dimiliki oleh pedagang kuliner Semawis. Pelayanan dan prosedur menjadi faktor pendukung akses pembiayaan mikro. Sedangkan agunan dan proses pencairan dana merupakan faktor penghambat dalam mengakses pembiayaan mikro bagi pedagang kuliner Semawis.Micro, Small and Medium Enterprises sector is a very important role in Indonesia because SMEs can improve the welfare of the Indonesian economy. Micro traders now are able to help provide field operations and reduce unemployment. But the main problem often faced by SMEs is access to capital. Therefore easy access to much needed capital SMEs to overcome these problems and in order to expand its business.This study aims to determine access to microfinance for micro traders in Semawis, and to know what are the factors supporting and accessing microfinance. Respondent in this study is culinary micro traders in Chinatown area, Waroeng Semawis Semarang totaling 12 people. Data collection technique in this research is through interview guided by a questionnaire. The research method in this study is a qualitative descriptive  method .These results indicate that access to micro financing is owned by the merchant culinary Semawis. Services and procedures supporting factors access to microfinance. While collateral and the disbursement process is a limiting factor in access to microfinance to Semawis culinary merchants.

PENGARUH PENGEMBANGAN KARIER, ROTASI KERJA DAN LINGKUNGAN KERJA TERHADAP KUALITAS KERJA PEGAWAI MELALUI MOTIVASI KERJA SEBAGAI VARIABEL INTERVENING ( STUDI DI BADAN KEPEGAWAIAN DAERAH KABUPATEN REMBANG )

Nusantara, Galang Wibawa, Rusdianti, Endang

Jurnal Riset Ekonomi dan Bisnis Vol 10, No 1 (2017): April 2017
Publisher : Pascasarjana Universitas Semarang

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (237.567 KB)

Abstract

Kualitas kerja adalah gambaran mengenai tingkat pencapaian pelaksanaan suatu kegiatan/program/kebijakan dalam mewujudkan sasaran, tujuan, misi dan visi organisasi yang tertuang dalam perencanaan strategis suatu organisasi. Istilah kinerja sering digunakan untuk menyebut prestasi atau tingkat keberhasilan individu maupun kelompok. Kriteria keberhasilan ini berupa tujuan-tujuan atau target-target tertentu yang hendak dicapai. Tanpa ada tujuan dan target, kualitas kerja seseorang atau organisasi tidak mungkin dapat diketahui karena tidak ada tolok ukurnya. Tujuan penelitian adalah bagaimana meningkatkan kualitas kerja pegawai pada Badan Kepegawaian Daerah Kabupaten Rembang, dan berakibat pada penyelesaian pekerjaan yang optimal. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer, adapun respondennya adalah seluruh pegawai pada Badan Kepegawaian Daerah Kabupaten Rembang sejumlah 80 orang. Teknik pengambilan sampel menggunakan metode sensus yang artinya seluruh jumlah populasi merupakan sampel yaitu seluruh Pegawai pada Badan Kepegawaian Daerah Kabupaten Rembang, yaitu sebanyak 80 orang.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa faktor Pengembangan karier, Rotasi pekerjaan dan Lingkungan kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap Motivasi kerja . Rotasi pekerjaan dan Lingkungan kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap kualitas kerja sedangkan Pengembangan karier dan Motivasi kerja berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap kualitas kerja pegawai pada Badan Kepegawaian Daerah Kabupaten Rembang.Quality of work is a description of the level of achievement of the implementation of an activity / program / policy in realizing the goals, objectives, mission and vision of the organization contained in the strategic planning of an organization. Performance terms are often used to refer to achievements or success rates of individuals or groups. This success criterion of goals or targets to be achieved. Without goals and targets, the quality of work of a person or organization is unlikely to be known because there is no benchmark. Objective this research was how to increasing quality of employee work at the Regional Civil Service Agency of Rembang Regency, and result in the completion of work that was optimal.The data used in this study are primary data, while the respondents are all employees at the Regional Civil Service Agency of Rembang Regency are 80 people. The sampling technique used the census method are 80 people.The results of this study indicate that the factors of career development, job rotation and work environment have a positive and significant effect on work motivation. Job rotation  and work environment have positive and significant effect on work quality while career development and work motivation have positive and not significant effect on work quality of employees at the Regional Personnel Agency of Rembang Regency.

PENGARUH PERCEIVED ORGANIZATIONAL OF SUPPORT, LEADER-MEMBER EXCHANGE, DAN STRES KERJA TERHADAP TURNOVER INTENTION KARYAWAN GENERASI Y DENGAN EMPLOYEE ENGAGEMENT SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Studi Kasus Pada Karyawan PT BPR Restu Artha Makmur)

Pradusuara, Franes, Indarto, Indarto, Santoso, Djoko

Jurnal Riset Ekonomi dan Bisnis Vol 10, No 1 (2017): April 2017
Publisher : Pascasarjana Universitas Semarang

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (547.442 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan: (1) Untuk menganalisis pengaruh perceived organizational of support, leader-member exchange, dan stres kerja terhadap  employee  engagement  dan turnover intention; (2) Untuk Menganalisis pengaruh perceived organizational of support, leader-member exchange, dan stres kerja terhadap Turnover Intention  dengan dimediasi oleh employee  engagement.Penelitian ini merupakan penelitian eksplanatori dengan metode pengambilan sampel secara sensus terhadap 60 karyawan generasi Y di PT BPR Restu Artha Makmur Kota Semarang. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner  yang menggunakan skala likert 5 poin.  Teknik analisis yang digunakan adalah regresi linear berganda.Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) perceived organizational of support berpengaruh positif-signifikan terhadap employee  engagement  dan negatif-signifikan terhadap turnover intention; (2) leader-member exchange berpengaruh positif-signifikan terhadap employee  engagement  dan negatif-signifikan terhadap turnover intention; (3) stres kerja berpengaruh negatif-signifikan terhadap employee  engagement  dan positif-signifikan terhadap turnover intention; (4) employee  engagement berpengaruh negatif-signifikan terhadap turnover intention; (5) employee engagement efektif dalam memediasi variabel perceived organizational of  support, leader-member exchange, dan stres kerja terhadap turnover intention (R = 0,71; Sign = 0.00).   This study aims: (1) To analyze the effect of perceived organizational of support, leader-member exchange, and job stress on employee engagement and turnover intention; (2) To analyze the influence of perceived organizational of support, leader-member exchange, and work stress on Turnover Intention with mediating employee engagement.This research is explanatory research with census sampling method to 60 Y generation employees at PT BPR Restu Artha Makmur Semarang City. Technique of collecting data using questionnaires using Likert scale 5 points. The analysis technique used is multiple linear regression.The results showed that: (1) perceived organizational of support positively-significant to employee engagement and negative-significant to turnover intention; (2) leader-member exchange has a significant positive effect on employee engagement and significant negatives to turnover intention; (3) Job Stress has significant effect on employee engagement and positive-significant to turnover intention; (4) employee engagement has a significant negative effect on turnover intention; (5) effective employee engagement in mediating perceived organizational of support, leader-member exchange, and work stress on turnover intention (R = 0.71; Sign = 0.00).

JOB SATISFACTION & JOB ENVIRONMENT : PENGARUHNYA TERHADAP INTENTION TURNOVER DI SEMARANG MEDICAL CENTER TELOGOREJO

Wicaksono, Gerardus Cahyu Adhi, Wardoyo, Paulus

Jurnal Riset Ekonomi dan Bisnis Vol 10, No 1 (2017): April 2017
Publisher : Pascasarjana Universitas Semarang

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (398.007 KB)

Abstract

Tujuan studi ini adalah menganalisis pengaruh job satisfaction, job environment terhadap turnover intention dengan menggunakan internal motivation sebagai variable intervening. Studi ini dilatarbelakangi adanya perbedaan hasil penelitian atas pengaruh job satisfaction terhadap turnover intention. Unit  penelitian adalah para perawat di SMC Telogorejo dengan menggunakan responden sebanyak 120 orang yang dipilih dengan memakai teknik purposive sampling.Hasil studi menujukkan bahwa job satisfaction dan job environment berpengaruh terhadap turnover intention, namun demikian studi ini gagal membuktikan peran internal motivation sebagai variable interveningThe purpose of the study is to analyze the influence of job satisfaction, job environment to turnover intention by using internal motivation as intervening variable. This study is based on differences in research on the influence of job satisfaction on turnover intention. The research unit is the nurses SMC Telogorejo, using the respondents as many as 120 people selected by using purposive sampling technique.The results showed that job satisfaction and job environment had an effect on turnover intention, however, this study failed to prove the role of internal motivation as intervening variable