TA'LIM : Jurnal Studi Pendidikan Islam
ISSN : 26210452     EISSN : 26210460
TA‘LIM: Jurnal Studi Pendidikan Islam published by Program Studi Pendidikan Agama Islam (PAI) Universitas Islam Darul' Ulum Lamongan. TA‘LIM Journal that focus studies on Islamic Education. This journal is published twice a year in January and July.
Articles
17
Articles
AL-ISLAM DAN KEMUHADIYAHAN (AIK) PILAR DAKWAH ISLAM RAHMATAN LIL ALAMIN (STUDI PADA PERGURUAN TINGGI MUHAMMADIYAH DI NTT)

Tamrin, Muhammad

TA'LIM : Jurnal Studi Pendidikan Islam Vol 2 No 1 (2019): January
Publisher : Program Studi Pendidikan Agama Islam Fakultas Agama Islam Universitas Islam Darul 'Ulum Lamongan

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (547.514 KB)

Abstract

Al-Islam dan Kemuhammadiyahan (AIK) adalah bagian dari kurikulum muhammadiyah yang mengajarkan tentang keislaman dan kemuhammadiyahan pada peserta didik yang belajar pada lembaga pendidikan Muhammadiyah, untuk mengenalkan Islam dan Muhammadiyah. Pada peserta didik yang muslim, AIK mengajarkan nilai keislaman untuk dipahami, dihayati, dan diamalkan  menjadikannya sebagai jalan kehidupan, baik pribadi maupun kehidupan masyarakat. Sementara AIK pada peserta didik yang non muslim mengenalkan Islam dan nilai-nilai universal yang terkandung didalamnya (Islam Rahmatan Lil Alamin). Di wilayah Nusa Tenggara Timur terdapat 3 Perguruan Tinggi Muhammadiyah dengan jumlah mahasiswa yang didominasi non muslim. Ketiga Perguruan Tinggi Tersebut terdapat di Kabupaten Alor, Kabupaten Sikka Maumere dan Kota Kupang. Pada penelitIan ini mengambil 2 lokasi yang mayoritas mahasiswanya non muslim. Pertama IKIP Muhammadiyah Maumere berada di daerah mayoritas masyarakat beragama Katolik dan kedua Universitas Muhammadiyah Kupang mayoritas masyarakat beragama Protestan. Kedua Perguruan Tinggi ini dari hari ke hari mengalami kemajuan signifikan pada pembangunan fisik dan  jumlah mahasiswa. Penelitian ini bertujuan: 1) Untuk mengetahui kurikulum AIK dan Pola Pengajaran pada mahasiswa non muslim; 2) Untuk mengetahui respon  mahasiswa tentang eksistensi mata kuliah AIK. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian adalah jenis penelitIan lapangan (field research) dengan metode penelitian kualitatif deskriptif dengan menggunakan teknik pengumpulan data melalui metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data yang digunakan adalah  teknik analisis data interaktif model Milles dan Huberman.

AKTUALISASI KURIKULUM TERINTEGRASI DI SMA TRENSAINS TEBUIRENG JOMBANG

Sunardi, Sunardi, Fajri, Wildanul

TA'LIM : Jurnal Studi Pendidikan Islam Vol 2 No 1 (2019): January
Publisher : Program Studi Pendidikan Agama Islam Fakultas Agama Islam Universitas Islam Darul 'Ulum Lamongan

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (476.091 KB)

Abstract

Pendidikan bermutu dihasilkan oleh proses yang bermutu. Melalui pembentukan/ pengembangan nilai-nilai karakter yang diinternalisasikan  menjadi pribadi yang unggul akan menghasilkan mutu lulusan yang unggul. Untuk menghasilkan mutu lulusan yang berkarakter unggul dibutuhkan desain kurikulum yang baik, baik perencanaan, pelaksanaan, dan pengawasan yang efektif terkait dengan kurikulum yang diterapkan pada lembaga yang dikelola

PERUBAHAN STATUS KELEMBAGAAN PADA PERGURUAN TINGGI AGAMA ISLAM DALAM MENGHADAPI TANTANGAN DAN PELUANG PENDIDIKAN ISLAM DI INONESIA

Aminuddin, M. Yusuf

TA'LIM : Jurnal Studi Pendidikan Islam Vol 2 No 1 (2019): January
Publisher : Program Studi Pendidikan Agama Islam Fakultas Agama Islam Universitas Islam Darul 'Ulum Lamongan

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (660.225 KB)

Abstract

Lembaga pendidikan Islam sebagai salah satu lembaga sosial yang bersifat terbuka, dan  sebagai agen perubahan perlu memperhatikan adanya tuntutan perubahan perkembangan zaman. Perubahan status kelembagaan merupakan tuntutan akan penyelenggaraan pendidikan yang professional, berkualitas tinggi dan menawarkan banyak pilihan. Apalagi dengan sambutan arus globalisasi dan industri 4.0 yang melahirkan lingkungan persaingan dan kompetisi. Sehingga perubahan lembaga pendidikan Islam merupakan bagian dari upaya menghadapi tantangan dan menangkap peluang pendidikan Islam. Perubahan tersebut memerlukan upaya yang kuat oleh stakeholder dalam mengkaji dan mengevaluasi manajemen perubahan, kepemimpinan, sarana prasarana, mahasiswa, keuangan dan sumber daya manusia sangat berpengaruh dalam membangun lembaga pendidikan islam.

PROBLEMATIKA PEMBENTUKAN KARAKTER ISLAMI PESERTA DIDIK DI MTS ISLAMIYAH BULUREJO DAMARWULAN KEPUNG KEDIRI

Lailiyah, Nurul, Badi’ah, Riyadhotul

TA'LIM : Jurnal Studi Pendidikan Islam Vol 2 No 1 (2019): January
Publisher : Program Studi Pendidikan Agama Islam Fakultas Agama Islam Universitas Islam Darul 'Ulum Lamongan

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (414.659 KB)

Abstract

Penelitian ini membahas tentang Problematika Pembentukan Karakter Islami Peserta Didik Di MTs Islamiyah Bulurejo Damarwulan Kepung Kediri. Pendekatan dalam penelitian ini adalah kualitatif yang berjenis studi kasus. Dalam pengumpulan data digunakan metode observasi peran serta, wawancara mendalam dan dokumentasi. Teknik analisis datanya menggunakan model beberapa komponen yang saling berkaitan yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Untuk pengecekan keabsahan data digunakan perpanjangan penelitian, ketekunan pengamatan, dan triangulasi. Upaya yang dilakukan dalam menanggulangi problematika pembentukan karakter adalah mengundang Wali murid untuk diajak diskusi dan diberi arahan agar ada keseimbangan pendidikan disekolahan dan dilingkungan keluarga. Peserta didik yang masih belum memcerminkan perilaku atau karakter tanggung jawab dan kedisiplinan dengan cara dipanggil kekantor ketika pulang sekolah untuk dibimbing lagi mengenai pendidikan karakter dengan terus- menerus sampai ada perubahan dalam prilakunya.Memaksimalkan metode pembiasaan. Dalam hal ini metode pembiasaan yang berupa peraturan tersebut dengan cara memberi hukuman yang berupa baca istihgfar, baca surat- surat pendek, baca niat-niat sholat dan membersihkan kamar mandi agar bisa membuat peserta didik jera selain itu dari hukuman tersebut peserta didik juga dapat pahala serta bersifat mendidik.

Memperkuat Eksistensi Pendidikan Islam Di Era 4.0

Priatmoko, Sigit

TALIM : Jurnal Studi Pendidikan Islam Vol 1 No 2 (2018): July
Publisher : Program Studi Pendidikan Agama Islam Fakultas Agama Islam Universitas Islam Darul Ulum Lamongan

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (355.619 KB)

Abstract

Tulisan ini berupaya mendorong perlunya reformasi masif di tubuh pendidikan Islam. Reformasi ini diperlukan agar pendidikan Islam mampu menjawab tantangan dan tuntutan zaman yang terus mengalami perubahan. Selain itu, tulisan ini juga berupaya memberikan tawaran solutif kepada pendidikan Islam dalam menghadapi Era Revolusi Industri 4.0. Sebagaimana dikertahui bersama, bahwa era 4.0 membawa dampak yang luas dalam segala lini kehidupan, tak terkecuali dalam bidang pendidikan. Era yang melahirkan fenomena disruption ini menuntut dunia pendidikan Islam untuk turut menyesuaikan diri. Lulusan pendidikan Islam kini dihadapkan pada tantangan, tuntutan, dan kebutuhan baru yang belum pernah ada sebelumnya. Sehingga perlu dilakukan pembaruan dan inovasi terhadap sistem, tata kelola, kurikulum, kompetensi sumber daya manusia, sarana dan prasarana, budaya, etos kerja, dan lain-lain. Jika tidak demikian, pendidikan Islam akan semakin tertinggal dan usang. Oleh karena itu, perlu dicari langkah-langkah kongkrit bagi pendidikan Islam agar mampu tetap bersaing di era disrupsi ini. Langkah solutifnya adalah dengan turut mendisrupsikan diri.

Eksistensi Pendidikan Pesantren : Kritik Terhadap Kapitalisasi Pendidikan

Ulum, Miftachul

TALIM : Jurnal Studi Pendidikan Islam Vol 1 No 2 (2018): July
Publisher : Program Studi Pendidikan Agama Islam Fakultas Agama Islam Universitas Islam Darul Ulum Lamongan

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (309.974 KB)

Abstract

Pesantren berkembang dengan sebuah tradisi yang melingkupinya yang ditopang oleh kehadiran kiai sebagai penjaga keutuhan dan konsistensi pendiriannya, watak dan ideologi kiai menyatu dengan kelembagaan pesantren. Eksistensi pesantren dalam pengembangan pendidikan sampai saat ini masih terjaga dengan baik, tanpa banyak bergantung uluran tangan dalam meningkatkan konsistensi pendidikan. Banyak hal yang menarik dari pesantren dan  tidak terdapat pada lembaga lain yaitu mata pelajaran bakunya yang ditekstualkan pada kitab-kitab salaf (klasik) atau kitab kuning. Pesantren yang memberikan pendidikan pada masa-masa sulit, masa perjuangan melawan kolonial dan merupakan pusat studi yang tetap survive sampai masa kini. Keberadaan pesantren dalam menyelenggarakan pendidikan serta pembentukan karakter telah teruji, sehingga banyak tokoh-tokoh nasional yang lahir melalui pendidikan di pesantren. Namun seiring dengan dunia global , ranah pendidikan pun mengalami perubahan, dari yang berorientasi menyiapkan sumberdaya manusia sebagai bagian dari penguatan keimanan kepada Yang Maha Kuasa, beralih kepada kehidupan materialistik. Sistem pendidikan yang berhaluan liberal kapitalistik adalah seluruh bentuk pengelolaan pendidikan yang dijadikan sebagai sarana untuk memperoleh keuntungan finansial belaka, yang tidak menghiraukan lagi pentingnya pendidikan bagi setiap anak. Namun yang jelas kehadiran pesantren menjadikan salah satu mementum tetap eksistensinya dalam pengembangan pendidikan yang selalu mengedepankan pada tujuan pendidikan yang haqiqi yang selalu berlandaskan syiar Islam.

Pendidikan Karakter Prespektif Al-Quran Hadits

Fitri, Anggi

TALIM : Jurnal Studi Pendidikan Islam Vol 1 No 2 (2018): July
Publisher : Program Studi Pendidikan Agama Islam Fakultas Agama Islam Universitas Islam Darul Ulum Lamongan

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (567.059 KB)

Abstract

Pendidikan karakter merupakan upaya-upaya yang dirancang dan dilaksanakan secara sistematis untuk membantu peserta didik memahami nilai-nilai perilaku manusia yang berhubungan dengan Allah, diri sendiri, sesama manusia, lingkungan, dan kebangsaan yang terwujud dalam pikiran, sikap, perasaan, perkataan, dan perbuatan berdasarkan norma-norma agama, hukum, tata krama, budaya, dan adat istiadat. Tulisan ini bertujuan untuk Memahami formulasi konsep pendidikan karakter prespektif Al-Quran dan Hadits. Melalui telaah pemahaman secara tekstual dan kontekstual. Permasalahan yang ada dijawab melalui penelitian kepustakaan (library research). Data-data dikumpulkan dari berbagai referensi; baik primer, sekunder, maupun data pendukung. Data-data yang ada dianalisis dengan pendekatan hermeneutik dengan cara content analysis (analisis isi). Hasil penelitian menunjukkan Hadis-hadis yang diangkat dalam penelitian ini mengandung karakter atau perilaku manusia terhadap Tuhan, diri sendiri, sesama manusia, dan lingkungannya. Beberapa konsep pendidikan karakter yang dapat diungkap dari Al-Quran dan Hadits tersebut adalah Pertama, landasan pendidikan karakter, Kedua. Konsep pendidikan karakter dalam islam. Ketiga, Tahap-tahap pembentukan pendidikan karakter. Keempat, Metode Iinternalisasi pendidikan karakter. Kelima, Peran Guru dan orang tua dalam pendidikan karakter.

Relevansi Pemikiran Muhammad Iqbal Dalam Pembentukan Karakter Siswa Di Era Millenium

Kholidah, Zakiyah

TALIM : Jurnal Studi Pendidikan Islam Vol 1 No 2 (2018): July
Publisher : Program Studi Pendidikan Agama Islam Fakultas Agama Islam Universitas Islam Darul Ulum Lamongan

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (391.264 KB)

Abstract

Muhammad Iqbal adalah ulama besar dari India yang memberi pengaruh pada dunia Islam, salah satu perhatiannya adalah pada pendidikan karakter. Untuk menghadapi era millenium dibutuhkan pribadi yang tangguh dan bertanggung jawab, dan motivasi tinggi untuk meraih cita-cita. Seorang siswa yang masih berada pada masa perkembangan pesat secara fisik dan pikiran mudah terpengaruh dari berbagai hal, baik hal positif maupun negatif. Oleh karena itu, seorang guru wajib membekali pada siswa-siswi sebuah pendidikan karakter dengan contoh nyata dan pembiasaan. Hasil dari pembiasaan pendidikan karakter menjadi pegangan siswa dalam menghadapi masa depan yang penuh tantangan dan banyak perubahan. Melihat kondisi siswa yang ada di negara Indonesia banyak yang terkena imbas teknologi dan mengalami krisis moral menjadikan berbagai kalangan untuk memberi perhatian dan penyelamatan dengan berbagai cara dan metode. Muhammad Iqbal menawarkan pendidikan karakter untuk menyelamatkan dan mencegah siswa dari krisis moral adalah melalui pembentukan karakter berupa peneladanan, pengembangan potensi diri siswa, dan menumbuhkan sikap toleransi.

Hakikat, Nilai-Nilai Dan Strategi Pembentukan Karakter (Akhlak) Dalam Islam

Nawali, Ainna Khoiron

TALIM : Jurnal Studi Pendidikan Islam Vol 1 No 2 (2018): July
Publisher : Program Studi Pendidikan Agama Islam Fakultas Agama Islam Universitas Islam Darul Ulum Lamongan

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (539.42 KB)

Abstract

Tulisan ini akan membahas tentang hakikat, nilai-nilai dan strategi pembentukan karakter dalam Islam. Melihat lingkungan disekitar kita, terutama daerah perkotaan banyak anak yang berusia pelajar tidak mempunyai karakter yang baik dalam kesehariannya, bahkan setiap perilakunya tidak terdapat nilai-nilai yang sesuai dengan ajaran Islam. Seperti membolos sekolah, tawuran dan lain-lain, bahkan orang berpendidikan pun kerap mempunyai karakter buruk seperti korupsi, kolusi dan nepotisme (KKN). Setiap orang mempunyai hakikat karakter yang berbeda-beda, untuk itu perlu adanya strategi tertentu agar setiap orang mempunyai karakter yang sesuai dengan nilai-nilai dan norma-norma masyarakat dan tentunya sesuai dengan ajaran Islam.

Pengembangan Teknologi Informasi Dan Komunikasi Di Bidang Kesiswaan, Kepegawaian Dan Keuangan Di Sma Muhammadiyah 1 Gresik

Suradji, Muchamad

TALIM : Jurnal Studi Pendidikan Islam Vol 1 No 2 (2018): July
Publisher : Program Studi Pendidikan Agama Islam Fakultas Agama Islam Universitas Islam Darul Ulum Lamongan

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (326.347 KB)

Abstract

Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi yang secara tidak langsung telah banyak mempengaruhi dunia pendidikan dan pembelajaran di negara ini. Perkembangan tersebut sangat fundamental dan telah membawa perubahan yang signifikan dalam percepatan dan inovasi penyelenggaraan pendidikan. Akan tetapi, dalam menyikapi perkembangan tersebut, tidak semua pihak atau kalangan mampu meresponnya dengan baik. Oleh sebab itu, untuk dapat memberikan dampak yang positif, salah satu yang perlu dilakukan adalah pengembangan teknologi informasi dan komunikasi  yang dilakukan melalui pendayagunaan TIK di bidang pendidikan yang mencakup peran TIK sebagai substansi pendidikan, alat bantu pembelajaran, fasilitas pendidikan, standar kompetensi, penunjang administrasi pendidikan, alat bantu manajemen satuan pendidikan, dan infrastruktur pendidikan. Penelitian ini merupakan penelitian diskriptif kualitatif. Adapun metode pengumpulan datanya adalah: observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data dengan menggunakan analisis kualitatif. Adapun langkah-langkah dalam teknik analisis data meliputi, reduksi data, display data dan verifikasi. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pengembangan teknologi informasi dan komunikasi di bidang kesiswaan di SMA Muhammadiyah 1 Gresik diterapkan dalam hal: penerimaan siswa baru, pelaporan hasil belajar, dan pengendalian disiplin siswa. Pada bidang kepegawaian, teknologi dikembangkan dalam hal perencanaan pegawai dan penilaian kepegawaian. Sedangkan dalam bidang keuangan yaitu mengembangan layanan dalam bidang keuangan dengan bekerjasama dengan Bank BRI Syari’ah