cover
Contact Name
Romi Cendra
Contact Email
romicendra@edu.uir.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
sportarea@journal.uir.ac.id
Editorial Address
-
Location
Kab. magelang,
Jawa tengah
INDONESIA
JOURNAL SPORT AREA
Published by Universitas Islam Riau
ISSN : 2527760X     EISSN : 2528584X     DOI : -
Core Subject : Education,
Sport Area publishes research journals and critical analysis studies in the areas of Sport Education, Sports Coaching and Sports Science. The theme of the paper covers: Learning Physical Education and Sport, Sport Pedagogy, Sports Sociology, Sport Psychology, Sports Coaching, Sports Science, Sports Management, Sports Biomechanics, Health Sports, Sports Philosophy, Sports Industry, and Sports Physiology.
Arjuna Subject : -
Articles 74 Documents
Pengaruh Daya Ledak Otot Tungkai, Kecepatan Reaksi dan Motivasi Terhadap Kecepatan Lari Jarak Pendek 100 Meter Pada Atlet PPLP Provinsi Riau Henjilito, Raffly
Journal Sport Area Vol 2 No 1 (2017): Juni
Publisher : UIR Press

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (190.395 KB) | DOI: 10.25299/sportarea.2017.vol2(1).595

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh langsung dan tidak langsung antara daya ledak otot tungkai, kecepatan reaksi dan motivasi terhadap kecepatan lari jarak penek 100 meter. Penelitian ini dilakukan pada atlit atletik PPLP Pekanbaru Provinsi Riau. Populasi menggunakan populasi sasaran adalah seluruh atlit atletik PPLP lari jarak pendek berjumlah 12 atlit. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik sampel total (total sampling). Pengujian hipotesis pengaruh daya ledak otot tungkai terhadap kecepatan lari jarak pendek 100 meter sebesar 0,659. Pengaruh kecepatan reaksi terhadap kecepatan lari jarak pendek 100 meter sebesar 0,621. Pengaruh motivasi terhadap kecepatan lari jarak pendek 100 meter sebesar 0,764. Pengaruh daya ledak otot tungkai terhadap motivasi sebesar 0,625. Pengaruh kecepatan reaksi terhadap motivasi sebesar 0,782. Pengaruh daya ledak otot tungkai terhadap kecepatan lari jarak pendek 100 meter melalui motivasi sebesar 0,915. Pengaruh kecepatan reaksi terhadap kecepatan lari jarak pendek 100 meter melalui motivasi sebesar 0,960. Hasil penelitian menyimpulkan: Terdapat pengaruh positif antara daya ledak otot tungkai terhadap kecepatan lari jarak pendek 100 meter pada atlit atletik PPLP Pekanbaru. Terdapat pengaruh positif antara kecepatan reaksi terhadap kecepatan lari jarak pendek 100 meter pada atlit atletik PPLP Pekanbaru. Terdapat pengaruh positif antara motivasi terhadap kecepatan lari jarak pendek 100 meter pada atlit atletik PPLP Pekanbaru. Terdapat pengaruh positif antara daya ledak otot tungkai terhadap motivasi pada atlit atletik PPLP Pekanbaru. Terdapat pengaruh positif antara kecepatan reaksi terhadap motivasi pada atlit atletik PPLP Pekanbaru. Terdapat pengaruh positif antara daya ledak otot tungkai terhadap kecepatan lari jarak pendek 100 meter melalui motivasi pada atlit atletik PPLP Pekanbaru. Terdapat pengaruh positif antara kecepatan reaksi terhadap kecepatan lari jarak pendek 100 meter melalui motivasi pada atlit atletik PPLP Pekanbaru.
Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Menganalisis Teknik Dasar Passing Dalam Permainan Sepak Bola Novion, Zulvan
Journal Sport Area Vol 3 No 1 (2018): Juni
Publisher : UIR Press

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (37.784 KB) | DOI: 10.25299/sportarea.2018.vol3(1).1412

Abstract

Setiap pembelajaran yang dilakukan memiliki fokus dan tujuan utama yaitu hasil belajar. Hasil belajar dapat berupa akademik, perilaku, etika sosial. Berdasarkan observasi yang dilakukan terkait pembelajaran penjasorkes SMA kelas X materi teknik Passing masih rendah, ditandai dengan perhatian peserta didik selama pembelajaran yang kurang kondusif yang berpengaruh terhadap hasil belajar. Salah satu metode pembelajaran yang menciptakan pembelajaran menyenangkan, membuat peserta didik aktif untuk menguasai pengetahauan melalui pembelajaran kooperatif Teams Games Turnament yang mengutamakan kerjasama kelompok dan kompetisi. Penelitian tindakan kelas ini dilakukan di kelas X 1 SMA Negeri 5 Pekanbaru. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik. Teknik pengumpulan data yaitu observasi dan tes. Teknik analisis data menggunakan analisis kualitatif. Metode yang digunakan yaitu Penelitan Tindakan Kelas dengan dua siklus. Berdasarkan penelitian, ketuntasan belajar peserta didik pada siklus I menunjukkan bahwa peserta didik yang tuntas sebanyak 31 orang dengan persentase 88% sedangkan peserta didik yang tidak tuntas sebanyak 5 orang dengan persentase 12%. Hasil tes siklus II menunjukkan bahwa seluruh peserta didik tuntas dengan persentase 100% dengan rata-rata klasikal yaitu 93. Pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament untuk kelas X 1 SMA Negeri 5 Pekanbaru berhasil meningkatkan ketuntasan belajar peserta didik.
Kontribusi Tingkat Kesegaran Jasmani dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Penjas (Studi Korelasi Pada Mahasiswa Penjas Angkatan 2013 FKIP UIR Pekanbaru) Zulrafli, Zulrafli; Turimin, Turimin; Muspita, Muspita
Journal Sport Area Vol 1 No 2 (2016): Desember
Publisher : UIR Press

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (203.471 KB) | DOI: 10.25299/sportarea.2016.vol1(2).395

Abstract

Penelitian yang dilakukan di Penjas FKIP Universitas Islam Riau bertujuan untuk mengetahui hubungan hasil belajar mahasiswa penjas yang mengambil mata kuliah praktek. Hubungannya dilihat dari tingkat kesegaran jasmani mahasiswa dan motivasi belajar. Hipotesis penetian; (1) terdapat hubungan signifikan antara tingkat kesegaran jasmani dengan hasil belajar mahasiswa penjas, (2) terdapat hubungan signifikan antara motivasi belajar dengan hasil belajar mahsiswa penjas, dan (3) terdapat kontribusi signifikansi antara tingkat kesegaran jasmani dan motivasi belajar mahasiswa penjas secara bersama-sama terhadap hasil belajar. Penelitian ini melibatkan 58 orang responden, pengambilan sampel secara proporsional random sampling. Data dikumpulkan melalui tes dan kuisioner. Data penelitian dianalisis dengan mengunakan teknik statistik koefisien  korelasi dan regresi ganda. Hasil penelitian mengungkapkan, (1) terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara tingkat kesegaran jasmani dengan hasil belajar penjaskes, (2) terdapat hubungan posistif dan signifikan antara motivasi belajar dengan hasil belajar, dan (3) terdapat kontribusi yang positif dan signifikan antara tingkat kesegaran jasmani dan motivasi belajar penjas secara bersama terhadap hasil belajar penjas.
Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Materi Jenis Kelainan Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) Pada Mata Kuliah Penjas Adaptif Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigasi (GI) Indrawan, Budi; Priana, Ari; Rubiana, Iman
Journal Sport Area Vol 3 No 1 (2018): Juni
Publisher : UIR Press

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (36.5 KB) | DOI: 10.25299/sportarea.2018.vol3(1).1575

Abstract

Tujuan penelitian ini secara umum untuk mengetahui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigasi terhadap peningkatan hasil belajar mahasiswa pada mata kuliah penjas adaptif dalam materi pengenalan berbagai macam jenis kelainan anak berkebutuhan khusus. Metode penelitian yang penulis lakukan dengan menggunakan metode penelitian tindakan (action research) atau penelitian tindakan kelas yang penelitian ini dilakukan pada saat perkuliahan berlangsung.  Hasil penelitian menunjukan pada siklus satu ketuntasan belajar mahasiswa masih berada pada 65% yaitu terdapat 26 orang yang sudah menunjukan ketuntasan belajarnya. Siklus II sudah menunjukan peningkatan yang signifikan yaitu sudah sampai 90% (36 orang ) yang sudah tuntas belajara atau dikatakan lulus. Hasil akhir dari penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe group investigation memberikan pengaruh yang berarti terhadap peningkatan hasil belajar mata kuliah penjas adaptif pada mahasiswa kelas E Jurusan Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi tahun 2016/2017. Hal ini ditunjukan dengan hasil peningkatan belajar yang sudah mencapai kriteria ketuntassan minimal adalah sebanyak 36 orang atau sebesar 90% artinya sudah melebih 75% dari kriteria ketuntassan (kelulusan ) minimal.
Pengaruh Metode Latihan Interval Ekstensif dan Intensif Terhadap Prestasi Lari 400 Meter Putra Atlet PASI Riau Sulastio, Agus
Journal Sport Area Vol 1 No 2 (2016): Desember
Publisher : UIR Press

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (150.024 KB) | DOI: 10.25299/sportarea.2016.vol1(2).382

Abstract

Berdasarkan pengamatan peneliti di lapangan terlihat bahwa para atlet PASI Riau, prestasi larinya masih rendah, dan masih banyak atlet yang belum memiliki daya tahan kecepatan dalam berlari. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu (quasy eksperimen), populasi penelitian ini adalah atlet PASI Riau yang berjumlah 14 orang, sedangkan sampel dalam penelitian ini adalah 14 orang atlet setelah menggunakan teknik total sampling yaitu teknik penentuan sampel dengan mengambil semua populasi. Data dianalisis menggunakan statistik uji normalitas dan uji-t. Hasil analisis data menunjukan bahwa: (1) Terdapat pengaruh secara signifikan metode interval ekstensif terhadap prestasi lari 400 meter putra atlet PASI Riau, dengan diperolehnya nilai thitung = 11.44 > ttabel = 1.943, (2) Terdapat pengaruh secara signifikan metode interval instensif terhadap prestasi lari 400 meter putra atlet PASI Riau, dengan diperolehnya nilai thitung = 3.030 > ttabel = 1.943, (3) Terdapat perbedaan pengaruh antara metode interval ekstensif dengan metode interval intensif terhadap prestasi lari 400 meter putra atlet PASI Riau, dengan diperolehnya nilai thitung = 5.794 > ttabel = 1.943. Dimana jika dilihat dari rata-rata peningkatan maka dapat diketahui bahwa metode interval ekstensif lebih efektif daripada metode interval intensif terhadap peningkatan prestasi lari 400 meter putra atlet PASI Riau.
Tingkat Kesegaran Jasmani Penghuni Lapas Anak Kota Pekanbaru Makorohim, M Fransazeli; Apriani, Leni
Journal Sport Area Vol 2 No 2 (2017): Desember
Publisher : UIR Press

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (183.673 KB) | DOI: 10.25299/sportarea.2017.vol2(2).785

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat sejauh mana tingkat kesegaran jasmani penghuni lapas anak Kota Pekanbaru dan kelayakan sarana prasarana Rutan atau Lapas anak Kota Pekanbaru. Dimana awal permasalahan ini adalah keterbatasan dalam melakukan aktifitas fisik yang terjadi disaat para penghuni atau napi terkurung di suatu tempat yang bisa dibilang kebebasan bergerak menjadi sedikit dibatasi. Penelitian ini bersifat deskriptif dengan studi observasional untuk memberikan gambaran mengenai penelitian yang dilakukan dengan kondisi-kondisi yang terjadi melalui observasi langsung. Sampel dalam penelitian ini adalah seluruh penghuni lapas anak Kota Pekanbaru. Instrumen pada penelitian ini adalah tes TKJI. Berdasarkan analisis penelitian dan diuji kebenaranya berdasarkan fakta yang di temui bahwa tingkat kesegaran jasmani penghuni lapas anak kota Pekanbaru, dapat disimpulkan dari hasil tes dan penjumlahan tergolong sedang persentasenya 65, 2% atau sebanyak 15 orang dari 23 sampel yang di teliti tingkat kesegaran jasmaninya, lalu hasil tes dari penjumlahan tergolong kurang persentasenya 34, 8 % atau sebanyak 8 orang dari 23 sampel yang diteliti tingkat kesegaran jasmaninya. Dari hasil penjumlahan rata-rata skor tes kesegaran jasmani penghuni lapas anak kota Pekanbaru, didapat skornya 14,17. Dilihat dari norma tingkat kesegaran jasmani untuk remaja 16 - 18 tahun, maka klasifikasinya tergolong sedang.
Pengaruh Senam SKJ 2008 Terhadap Kebugaran Jasmani Siswi Sekolah Dasar Negeri 20 Alang Laweh Padang Selatan Kota Padang Oktaviani, Lusi; Meirony, Arfon
Journal Sport Area Vol 2 No 1 (2017): Juni
Publisher : UIR Press

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (228.507 KB) | DOI: 10.25299/sportarea.2017.vol2(1).591

Abstract

Senam ialah suatu latihan tubuh yang dipilih dan dikonstruk secara sengaja, yang dilakukan secara sistematis dengan tujuan meningkatkan kebugaran jasmani, mengembangkan keterampilan, dan menanamkan nilai-nilai mental spiritual. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen, populasi dan sampel penelitian siswi Sekolah Dasar Negeri 20 Alang Laweh Padang Selatan Kota Padang dari kelas IV sampai V dengan jumlah 28 orang. Uji statistik yang digunakan adalah t-test, dari hasil tersebut dilihat bahwa thitung (3,70) > ttabel (2,05). Hal ini berarti bahwa hipotesis penelitian dapat diterima dengan nilai selisih peningkatan yang ditemukan berdasarkan persentase sebesar 3,97%. Berdasarkan analisis data dan pembahasan, maka dapat dikemukakan kesimpulan. Senam SKJ 2008 berpengaruh signifikan terhadap peningkatan kebugaran jasmani siswi Sekolah Dasar Negeri 20 Alang Laweh Padang Selatan Kota Padang.
Proses Pelaksanaan Penilaian Hasil Pembelajaran Pendidikan Jasmani Anak Tuna Rungu di SMALB Negeri Pembina Pekanbaru Sari, Merlina
Journal Sport Area Vol 3 No 1 (2018): Juni
Publisher : UIR Press

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (81.357 KB) | DOI: 10.25299/sportarea.2018.vol3(1).1657

Abstract

Physical education for children with hearing impairment should be implemented by applying appropriate adaptive learning strategies to support the achievement of expected goals, because children with hearing or hearing impairment can not process information as normal children. Thus, in the implementation of learning teachers should be able to build good communication Based on the results of observations that the authors do to students with hearing impaired Private Junior High School (SMPLB) as a city Pekanbaru. Some problems are found, namely the lack of knowledge of students in the field of physical education because when the students' learning tends to be pensive and not pay attention to the teacher, when the assessment begins students can not perform the movement that is taught by the teacher because in the learning process students tend not to notice, and the student body tends to stiff when practicing movements that teachers teach. From the results of data collected and analyzed, although there are teachers who have not conducted a good assessment but the final end of the sample collected is the implementation of assessment in the physical education field of the private junior high school deaf students (SMPLB) in Pekanbaru city well done
Penerapan Pendekatan Model Method Untuk Meningkatkan Kemampuan Mahasiswa PGSD FKIP Universitas Riau Dalam Pemecahan Masalah Pecahan Fendrik, Muhammad; Putra, Zetra Hainul
Journal Sport Area Vol 1 No 2 (2016): Desember
Publisher : UIR Press

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (310.539 KB) | DOI: 10.25299/sportarea.2016.vol1(2).394

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh banyaknya siswa yang mengalami kesulitan dalam melakukan operasi hitung pada materi pecahan dalam konteks soal cerita yang menuntut siswa untuk dapat menyelesaikan soal-soal tersebut. Hal ini dikarenakan pembelajaran konvensional di SD banyak yang hanya memberikan penjelasan yang terbatas. Penelitian ini dilakukan terhadap mahasiswa PGSD yang merupakan calon guru SD yang nantinya akan mengajar siswa-siswa sekolah dasar, sehingga bisa dijadikan sebagai tolak ukur untuk mengetahui keberhasilan dan kelemahan mahasiswa dalam menyelesaikan persoalan matematika siswa SD. Penggunaan model method memungkinkan mahasiswa untuk mempelajari struktur masalah dari berbagai macam masalah yang terdapat dalam kehidupan sehari-sehari. Penelitian ini dilaksanakan pada semester ganjil tahun 2015/2016. Subjek penelitian ini adalah mahasiswa PGSD FKIP Universitas Riau semester III (mahasiswa angkatan 2014). Desain penelitian ini adalah quasi eksperiment none quivalen control group, karena siswa yang menjadi responden pada penelitian ini tidak dipilih secara acak, melainkan peneliti menggunakan kelas yang ada. Kemampuan pemecahan masalah mahasiswa PGSD FKIP Universitas Riau pada pecahan melalui pendekatan model method mengalami peningkatan, hal ini dapat dibuktikan dengan adanya peningkatan kemampuan pemecahan masalah mahasiswa PGSD FKIP Universitas Riau dari rata-rata skor pretest 53,30 menjadi 70,69 pada rata-rata skor posttest, dengan rata-rata skor peningkatan 0,37 yang berada pada kategori sedang.
Efektivitas Dribbling Dengan Kaki Bagian Luar, Bagian Dalam, dan Bagian Punggung Kaki Terhadap Penguasaan Keterampilan Dribbling Dalam Permainan Sepakbola Subekti, Nuriska
Journal Sport Area Vol 2 No 2 (2017): Desember
Publisher : UIR Press

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (210.633 KB) | DOI: 10.25299/sportarea.2017.vol2(2).705

Abstract

Tujuan umum penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas dribbling dengan kaki bagian luar, bagian dalam, dan bagian punggung kaki terhadap keterampilan saat dribbling dalam permainan sepakbola. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif, dimana pengambilan data dilakukan hanya satu kali. Populasi penelitian ini adalah anggota Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Sepakbola Universitas Siliwangi sebanyak 30 orang. Sampel diambil sebanyak 30 orang sehingga penelitian ini merupakan penelitian populasi. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes dribbling dengan kaki bagian luar, bagian dalam, dan bagian punggung kaki. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh hasil sebagai berikut : 1) antara dribbling menggunakan kaki bagian luar dengan kaki bagian dalam terdapat perbedaan efektivitas yang bermakna terhadap kecepatan saat dribbling, 2) antara dribbling menggunakan kaki bagian luar dengan bagian punggung kaki tidak terdapat perbedaan efektivitas yang bermakna terhadap kecepatan saat dribbling, 3) antara dribbling menggunakan kaki bagian dalam dengan bagian punggung kaki terdapat perbedaan efektivitas yang bermakna terhadap kecepatan saat dribbling, dan 4) dribbling menggunakan kaki bagian dalam memiliki efektivitas yang lebih bermakna dibandingkan dribbling menggunakan kaki bagian luar dan bagian punggung kaki terhadap keterampilan dribbling anggota Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Sepakbola Universitas Siliwangi Tasikmalaya. Dalam upaya meningkatkan kecepatan saat dribbling dalam permainan sepakbola, disarankan kepada guru pendidikan jasmani, pelatih maupun pembina olahraga sepakbola agar menggunakan ketiga bentuk latihan di atas, karena terbukti secara empiris ketiga bentuk latihan tersebut dapat meningkatkan keterampilan dribbling permainan sepakbola.