cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota mataram,
Nusa tenggara barat
INDONESIA
Ibtida'iy | Jurnal Prodi PGMI
ISSN : 2502504X     EISSN : -     DOI : -
Core Subject :
IBTIDA’IY adalah salah satu jurnal penelitian yang dikelola oleh Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) Fakultas Agama Islam UM Mataram, ber-ISSN: 2502-504X, dan terbit pertama kali di bulan Oktober 2016. Tiap tahun terbit dua kali yakni bulan April dan Oktober. Adapun cakupan publikasi pada Jurnal Ibtida’iy adalah hasil penelitian di bidang pendidikan dasar berbasis agama islam baik teori, praktik atau kajian kepustakaan atau literasi tentang pendidikan islam.
Arjuna Subject : -
Articles 6 Documents
Implementasi Program IMTAQ sebagai upaya Penguatan Nilai-Nilai Keagamaan Anak di SDN 1 Lembah Sari Riadi, Riadi
Ibtida’iy | Jurnal Prodi PGMI Vol 3, No 2 (2018): Oktober 2018
Publisher : Ibtida’iy | Jurnal Prodi PGMI

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Pendidikan agama (Islam) masih mengalami kekurangan setidak-tidaknya dalam 2 (dua) aspek mendasar yaitu; Pertama pendidikan agama masih berpusat pada hal-hal yang bersifat simbolic, ritualistic, serta bersifat legal formalistic (halal-haram) dan kehilangan ruh moralnya. Kedua, kegiatan pendidikan agama cenderung bertumpu pada penggarapan ranah kognitif dan paling banter hingga ranah emosional, tetapi tidak dapat mewujudkannya dalam tindakan nyata akibat tak tergarapnya ranah psikomotorik. Kritik semacam itu juga berkembang di tengah masyarakat, yaitu bahwa kurikulum PAI dipandang kurang berhasil dalam membentuk sikap, perilaku dan pembiasaan peserta didik. Sebagai indikatornya antara lain adalah rendahnya minat dan kemampuan siswa untuk melaksanakan ibadah, tidak mampu baca tulis Qur’an, berperilaku kurang terpuji, bahkan melakukan tindak kriminal dan aksi kekerasan, anarchisme, premanisme, tindakan brutal, perkelahian pelajar, konsumsi minuman keras, narkoba dan lain-lain. Adapun kontribusi penelitian ini adalah untuk (1) Mengetahui implementasi program Imtaq sebagai upaya penguatan nilai-nilai keagamaan anak di SDN 1 Lembah Sari.(2) Mengetahui Materi-Materi Imtaq yang ditanamkan pada siswa dalam rangka penguatan nilai-nilai keagamaan di SDN 1 Lembah Sari. (3) Mengatasi kendala-kendala yang dihadapi dalam program imtaq di SDN 1 Lembah Sari.Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, Kehadiran peneliti di lapangan sebagai salah satu ketentuan dan kegiatan institusi ada beberapa prosedur birokrasi yang dilalui dengan tujuan untuk mendapatkan kemudahan dan keabsahan dalam proses penelitian. Kehadirian yang cukup lama di lokasi penelitian adalah suatu keniscayaan yang dilakukan dalam mengumpulkan data sebanyak-banyaknya dengan menggunakan beberapa metode antara lain: observasi, Interview/wawancara dan metode dokumentasi. Lokasi penelitian dilakukan di SD 1 Lembah Sari Kecamatan Batu Layar. Adapun sumber data dalam penelitian ini adalah : Kepala Sekolah, Wakil Kepala Sekolah, Guru, Tata Usaha dan Siswa. Adapaun metode pengumpulan data  yang digunakan yaitu : Metode Wawancara/Interview, Metode Observasi/Pengamatan, dan Dokumentasi. Adapun  teknik analisa yang digunakan adalah analisis induktif . Adapun keabsahan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah  ketekunan/keajengan pengamatan, triangulasi, pemeriksaan sejawat melalui diskusi, dan telaah bahan referensi. 
Hubungan Kompetensi Profesional Guru dengan Minat Belajar Siswa Kelas IV Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial di SD Islam Majanubil’ilmi Sukamaju Tahun Pelajaran 2016/2017” Asriadi, Lalu; Wardi, Muhammad Musfiatul
Ibtida’iy | Jurnal Prodi PGMI Vol 3, No 2 (2018): Oktober 2018
Publisher : Ibtida’iy | Jurnal Prodi PGMI

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (692.737 KB)

Abstract

Berdasarkan hasil observasi awal yang dilakukan pada tanggal 19 Maret 2017, peneliti menemukan bahwa kompetensi profesional guru mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial di SD Islam Majanubil’ilmi ternyata masih belum optimal, ini terlihat dari kurangnya penguasaan materi pelajaran oleh guru, metode dan media pembelajaran yang digunakan masih monoton, kurang menguasai kelas yang ditandai dengan kurang kondusifnya suasana di dalam kelas serta kualifikasi guru yang tidak sesuai.[1] Sementara itu, berkaitan dengan minat belajar siswa kelas IV pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial ternyata masih kurang. Hal ini terlihat dari masih adanya siswa yang mengantuk pada saat proses belajar mengajar berlangsung, saling mengganggu antar siswa, tidak memperhatikan penjelasan guru di depan kelas, sebagian siswa tidak memiliki catatan lengkap. Berbagai upaya telah dilakukan untuk dapat meningkatkan minat belajar siswa, diantaranya dengan pemberian pelajaran tambahan, menyediakan LKS yang dilengkapi dengan sejumlah soal-soal latihan, tetapi hasilnya masih belum maksimal. Kenyataan tersebut dapat diduga penyebabnya antara lain, siswa kurang memahami konsep pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial, siswa kurang termotivasi menyelesaikan tugas-tugas di rumah, minat baca siswa  masih rendah, siswa jarang berani bertanya pada saat proses belajar mengajar.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1)  Gambaran kompetensi profesional guru di SD Islam Majanubil’ilmi (2) Gambaran minat belajar siswa di SD Islam Majanubil’ilmi (3) Hubungan antara  kompetensi profesional guru dengan minat  belajar siswa kelas IV pada mata pelajaran IPS di SD Islam Majanubil’ilmi Sukamaju Lombok Timur. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas IV di SD Islam Majanubil’ilmi yang berjumlah 19 orang. Jenis penelitian yang dilakukan termasuk dalam jenis penelitian kuantitatif dengan pendekatan korelasional. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, angket dan dokumentasi. Sedangkan instrument yang digunakan dalam penelitian ini adalah instrument angket. Berdasarkan hasil penelitian, menunjukkan bahwa kompetensi profesional guru dan minat belajar siswa berada pada kategori sedang dan tidak terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara kompetensi profesional guru dengan minat belajar siswa, hal ini dapat dibuktikan dari hasil analisis menggunakan rumus Pearson Poduct Moment dengan menggunakan bantuan Microsoft Excel. Diperoleh hasil r hitung sebesar 0,262. Jika nilai r hitung ini dikonsultasikan dengan  nilai r tabel untuk taraf signifikan 5% atau 1% dengan N = 19, diperoleh r tabel = 0,456 maupun taraf signifikan 1% diperoleh 0,575. Karena r hitung ≤ r tabel untuk kesalahan 5% (0,262 ≤ 0,456), maka dapat disimpulkan bahwa tidak terdapat hubungan yang positif antara kompetensi profesional guru dengan minat belajar siswa kelas XI pada mata pelajaran IPS di SD Islam Majanubil’ilmi. Sehingga hipotesis yang diajukan ditolak.Kata Kunci : Kompetensi Profesional Guru, Minat Belajar Siswa
Motivasi Orang Tua Dalam Mendidik Anak Pada Usia Dini Di TK Abu Abdillah Al-Islami Desa Medas Kecamatan Gunungsari Lombok Barat Husnan, Husnan; HELWANI, AHMAD
Ibtida’iy | Jurnal Prodi PGMI Vol 3, No 2 (2018): Oktober 2018
Publisher : Ibtida’iy | Jurnal Prodi PGMI

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (684.504 KB)

Abstract

Membekali anak dengan pendidikan adalah hak anak dan kewajiban bagi orang tua. Untuk itu orang tua harus memberikan pendidikan terbaik bagi anak-anak demi masa depan mereka. Orang tua memiliki motivasi besar untuk mendidik anak anak mereka sejak dini, karena itulah banyak disaksikan dimana-mana bahwa anak-anak kini sudah mulai belajar ketika mereke berumur tiga tahun. Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan pendkatan fenomenoligi diskriptif. Data-data yang didapatkan dari penelitian ini adalah gambaran dilapangan terkait fenomena dan semangat para orang tua yang cukup besar dalam memberikan pendidikan untuk anak-anak mereka sejak dini. Data penelitian diperoleh dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Motivasi orang tua dalam memberikan pendidikan kepada anak-anak mereka di pengaruhi oleh  tiga hal, pertama, para orang tua menginginkan anak menjadi lebih baik dari mereka. Kedua, semaraknya para orang tua yang memberikan pendidikan kepada anak-anak mereka sejak dini., Ketiga mendidik anak sejak dini adalah bagian dari tren kehidupan saat ini.Kata Kunci,motivasi,pendidikan, usia dini,  deskriptif, tren kehidupan.
Urgensi Manajemen Kerjasama Universitas Muhammadiyah Mataram Dengan Asia Muslim Charity Fondation (AMCF)Dalam Pengembangan Universitas Muhammadiyah Mataram”. Marzoan, Marzoan
Ibtida’iy | Jurnal Prodi PGMI Vol 3, No 2 (2018): Oktober 2018
Publisher : Ibtida’iy | Jurnal Prodi PGMI

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (464.771 KB)

Abstract

Universitas Muhammadiyah Mataram merupakan lembaga Perguruan Tinggi Islam yang memiliki Visi untuk menjadi Universitas yang Islami, mandiri, unggul dan berdaya saing di kawasan ASEAN, Salah satu langkah yang diambil adalah  menjalin kerjasama dengan AMCF.  Tujuan  penelitian ini adalah: (1) Untuk memahami manajemen kerjasama Universitas Muhammadiyah Mataram dengan AMCF dalam Pengembangan Universitas Muhammadiyah Mataram (2) Untuk memahami bentuk kerjasama Universitas Muhammadiyah Mataram dengan AMCF dalam Pengembangan Universitas Muhammadiyah Mataram (3) Untuk memahami dampak kerjasama Universitas Muhammadiyah Mataram dengan  AMCF dalam Pengembangan Universitas Muhammadiyah Mataram. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, Pengumpulan data menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Tehnik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan temuan menggunakan ketekunan pengamatan, dan  triangulasi. Hasil penelitian ini adalah (1) Kerjasama Universitas Muhammadiyah Mataram Dengan Asia Muslim Charity Fondation (AMCF) dikembangkan dalam bidang dakwah, pendidikan dan kesehatan. (2) Bentuk kerjasama Universitas Muhammadiyah Mataram Dengan Asia Muslim Charity Fondation (AMCF) adalah (a) Beasiswa dan Biaya Oprasional berupa biaya kuliyah dan Asrama gratis serta biaya oprasional untuk kegiatan dan pengembangan mahad Khalid bin Walid dan Program Studi KPI (b) Penyelenggaraan Pendidikan, berupa kegiatan pembelajaran di Ma’had yang dilakukan selama 2 tahun dan perkuliyahan pada Program Studi KPI (c) Pemberdayaan Alumni, berupa prekrutan alumni sebagai Da’i dan diberikan tunjangan setiap bulannya oleh AMCF, dan (d) Pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM), berupa pengkaderan bahasa arab, bidang penelitian, pengabdian dan pengajaran bagi dosen dan karyawan. (3) dampak kerjasama ini adalah Meningkatnya jumlah mahasiswa, meningkatnya jumlah sarana dan prasarana berupa asrama, gedung Ma’had, gedung perkuliyahan, kelinik, masjid dan mobil ambulance, dan Meningkatnya kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) yang tercermin dari kemampuan dosen dalam berbahasa arab, melakukan pengabdian dan penelitian.Kata Kunci: Manajemen, Kerjasama, Pengembangan
Urgensi Multimedia Interaktif untuk Meningkatan Pemahaman Materi Tata Bahasa Arab pada siswa Madrasah Ibtidaiyah Nurul Islam Sekarbela Mataram Ali, Mustapa; Aqodiah, Aqodiah
Ibtida’iy | Jurnal Prodi PGMI Vol 3, No 2 (2018): Oktober 2018
Publisher : Ibtida’iy | Jurnal Prodi PGMI

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (598.559 KB)

Abstract

Penting difahami bahwa dalam pembelajaran bahasa adalah belajar melalui pengalaman langsung. Jangan pernah mengajarkan satu kosa kata dengan kata “ bayangkan, ini adalah sebuah bola” tanpa membawa media apapun, namun lebih baik ketika guru mengatakan “ ini adalah bola” lebih bermanfaat lagi jika bola itu dapat dipegan atau dilemparkan oleh anak atau siswa. Dari ilustrasi tersebut, tentunya dapat tergambar betapa pentingnya media untuk menyampaikan sebuah pesan, terutama jika audiens pesan tersebut adalah anak-anak. Penelitian ini berjudul Urgensi Multimedia Interaktif untuk Meningkatan Pemahaman Materi Tata Bahasa arab pada Madrasah Ibtidaiyah Nurul Islam Sekarbela Kota Mataram. Jenis Penelitian ini adalah penelitian kualitatif, dalam hal ini adalah difokuskan pada pengembangan media pembelajaran dalam bentuk multimedia interaktif disesuaikan dengan materi yang diajarkan pada siswa kelas lima V MI.  Penelitian dilaksanakan di MI Nurul Islam Sekarbela Mataram tahun akademik 2017/2018. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas  lima A dan B berjumlah 51 orang. Sasaran penelitian ini merupakan satu obyek penelitian sekaligus sebagai pengguna media Multimedia interaktif saat aktivitas pembelajaran tata bahasa Arab berlangsung. Dalam penelitian ini melibatkan ahli media dalam proses pembuatan, dan dosen bidang studi bahasa Arab. Adapun hasil dari penelitian ini adalah penggunaan media interaktif  dalam pembelajaran tata bahasa Arab dapat meningkatkan pemahaman siswa, hal ini terbukti dari hasil nilai tes yaitu dari post tes, latihan soal dan free tes yaitu interval nilai yang dicapai kelas VA  bervariasi, walaupun demikian pencapaian hasil yang diharapkan sudah sesuai dengan standar kompetensi atau standar ketuntasan, walaupun ada lima orang siswa yang masih mendapatkan nilai kurang dari 70. Dan 20 orang siswa menperoleh nilai 70- 90. Dan nilai untuk kelas V B juga menunjukan hal yang sama walaupun ada perbedaan tingkat pencapaian seperti Dari 25 orang siswa ada delapan siswa yang mencapai nilai di   bawah 70, dan yang lainnya memperoleh nilai 70 sampai 90. walaupun demikian tetap ada peningkatan pemahaman siswa pada materi tata bahasa arab (nahwu)
Manajemen Personalia Lembaga Pendidikan Islam (Studi di Madrasah Ibtidaiyah NW No.1 Boro’ Tumbuh) Zulkifli, Muhammad
Ibtida’iy | Jurnal Prodi PGMI Vol 3, No 2 (2018): Oktober 2018
Publisher : Ibtida’iy | Jurnal Prodi PGMI

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (485.737 KB)

Abstract

Penelitian ini menjelaskan tentang gambaran tentang pelaksanaan Manajmen Personalia Lembagan Pendidikan Islam, yang dalam ini penulis mempokuskan di Madrasah Ibtidaiyah Swasta No.1 NW Boro’ Tumbuh, yang berlokasi di Jalan Simpang Kulur Desa Tumbuh Mulia Kecamatan Suralaga Kabupaten Lombok Timur. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan yang pakai adalah pendekatan kualitatif. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan antara lain : in-depth interviewing, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitan pada tulisan ini, termuat beberapa hal, antara lain : 1) Penerapan Manajemen Personalia di MI NW No.1 Boro’ Tumbuh, 2) Perencanaan Pegawai di MI NW No.1 Boro’ Tumbuh, 3) Rekrutmen Pegawai di MI NW No.1 Boro’ Tumbuh, 4) Meningkatkan dan Pengembangan Pegawai di MI NW No.1 Boro’ Tumbuh, 5) Promosi dan Mutasi di MI NW No.1 Boro’ Tumbuh, 6) Pemberhentian Pegawai di MI NW No.1 Boro’ Tumbuh, 7) Penilaian Pegawai di MI NW No.1 Boro’ Tumbuh, 8) Kompensasi di MI NW No.1 Boro’ Tumbuh, dan 9) Problem-problem yang dihadapi di MI NW No.1 Boro’ Tumbuh dalam menerapkan sistem manajemen.Kata Kunci : Manajemen Personalia dan Lembaga Pendidikan Islam.

Page 1 of 1 | Total Record : 6


Filter by Year

2018 2018