cover
Contact Name
Islahudin
Contact Email
islahudin.ntb@gmail.com
Phone
-
Journal Mail Official
islahudin.ntb@gmail.com
Editorial Address
-
Location
Kota mataram,
Nusa tenggara barat
INDONESIA
ORBITA: Jurnal Kajian, Inovasi dan Aplikasi Pendidikan Fisika
ISSN : 24609587     EISSN : 26147017     DOI : -
Core Subject : Science, Education,
Jurnal ORBITA merupakan salah satu jurnal yang dikelola oleh Program Studi Pendidikan Fisika FKIP UM Mataram dan pertama kali terbit November 2015. Jurnal ORBITA berisi tulisan yang diangkat dari hasil penelitian dan atau kajian hasil analisa kritis di bidang sains khususnya ilmu Fisika. Diterbitkan dua kali setahun pada bulan Mei dan November.
Arjuna Subject : -
Articles 27 Documents
ANALISIS KEMAMPUAN MAHASISWA MENENTUKAN PERSAMAAN HUKUM NEWTON DI PROGRAM STUDI PENDIDIDKAN FISIKA UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH MATARAM TAHUN 2017 Wahyu, Yunia Dian; Islahudin, Islahudin; Zulkarnain, Zulkarnain
ORBITA: Jurnal Kajian, Inovasi dan Aplikasi Pendidikan Fisika Vol 4, No 1 (2018): Mei
Publisher : Universitas Muhammadiyah Mataram

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31764/orbita.v4i1.471

Abstract

Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat kemampuan mahasiswa semester I, III dan V program studi pendidikan fisika Universitas Muhammadiyah Mataram tahun 2017 dalam menentukan persamaan Hukum Newton. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan desain penelitiannya deskriptif. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Januari 2017 sampai bulan Februari. Sampel penelitian ini adalah mahasiswa Program Studi Pendidikan Fisika Universitas Muhammadiyah Mataram semester I, III dan V. teknik pengngambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling. Instrumen yang digunakan dalam bentuk tes soal menentukan arah gaya pada gambar menggunakan aplikasi Hukum Newton dan menentukan persamaan Hukum Newton. Uji coba instrumen dalam penelitian ini, dilakukan pada program studi pendidikan fisika semester VII yang telah menempuh mata kuliah Fisika Dasar I. berdasarkan hasil uji kelayakan instrument koefisien korelasi nya adalah 0.4682, berdasarkan hasil uji validitas diperoleh 9 soal valid dan 11 soal tidak valid, hasil uji reliabilitas diperoleh derajat realibilitas sangat tinggi yaitu 1.0361 < 0.4682 , hasil uji taraf kesukaran diperoleh 11 soal dalam klasifikasi mudah dan 9 soal dalam klasifikasi sedang, dan hasil uji daya beda diperoleh 4 soal dalam klasifikasi jelek sekali, 8 soal dalam klasifikasi jelek, 7 soal dalam klasifikasi cukup, dan 1 soal dalam klasifikasi baik. Analisis data yang digunakan yaitudistribusi frekuensi dan Indeks Prestasi Kelompok (IPK). Dari hasil distribusi frekuensi 30 orang mahasiswa yang teridiri dari semester I = 11 orang mahasiswa, semester III = 12 orang mahasiswa, dan semester V = 7 orang mahasiswa, diperoleh skor rata-rata 39.7333, standar deviasi 12.9201, skorterkecil 19, skor terbesar 61, range 42, jumlah nilai interval 6 dan lebar interval 7. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh Indeks Prestasi Kelompok (IPK) 30 orang mahasiswa yang terdiri dari semester I = 11 orang mahasiswa, semester III = 12 orang mahasiswa, dan semester V = 7 orang mahasiswa yaitu 55.185 dengan kriteria Sedang.
PEMANFAATAN SAMPAH KULIT KAWISTA (LIMONIA ACIDISSIMA) MENJADI BRIKET BIOARANG SEBAGAI BAHAN BAKAR A LTERNATIF Utami, Linda Sekar; Sabaryati, Johri
ORBITA: Jurnal Kajian, Inovasi dan Aplikasi Pendidikan Fisika Vol 4, No 1 (2018): Mei
Publisher : Universitas Muhammadiyah Mataram

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31764/orbita.v4i1.472

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menentukan nilai kalor yang terkandung dalam briket yang terbuat dari kulit kawista. Kulit Kawista dikarbonisasi terlebih dahulu menjadi arang. Proses pembuatan briket dengan menggunakan arang yang divariasikan komposisinya menggunakan binder tapioka,. Diperoleh bahwa kandungan binder mempengaruhi karakteristik dari briket. Penggunaan tapioka memberikan nilai kalor lebih baik. Nilai kalor paling besar ditunjukkan oleh briket dengan penambahan binder tapioka 10%, yaitu sebesar 5073,69 kal/g.
SENSOR ELASTISITAS BERBASIS KOIL DATAR UNTUK MENGHITUNG KONSTANTA ELASTISITAS BEBERAPA JENIS KAYU TIDAK AWET UNTUK BANGUNANRUMAH SEDERHANA Fatimah, Nurul; Islahudin, Islahudin; Sabaryati, Johri
ORBITA: Jurnal Kajian, Inovasi dan Aplikasi Pendidikan Fisika Vol 4, No 1 (2018): Mei
Publisher : Universitas Muhammadiyah Mataram

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31764/orbita.v4i1.468

Abstract

Penelitian ini untuk menghitung besarnya konstanta elastisitas beberapa jenis kayu tidak awet dengan mengukur kelenturan kayu sebagai tegangan keluaran sensor koil datar. Koil datar adalah lilitan kawat yang sangat tipis dan bertindak sebagai induktor, bersama dengan kapasitor membangun sebuah osilator yang menghasilkan frekuensi bergantung pada nilai induktansi dan kapasitansi. Adapun tujuan penelitian ini antara lain, (1) Membuat rangkaian pengolah sinyal dari sensor getaran berbasis koil datar, (2) Menentukan besarnya daya lentur beberapa jenis kayu tidak awet, (3) Menghitung besarnya konstanta elastisitas beberapa jenis kayu tidak awet, dan (4) Menentukan jenis kayu tidak awet yang memiliki daya lentur paling besar. Penelitian dilaksanakan di Laboratorium Fisika Dasar Universitas Muhammadiyah Mataram. Jarak logam pengganggu terhadapkoil datar akan dirubah menggunakan beban yang digantungkan dengan lengan gaya yang berbeda. Data penelitian yang diperoleh akan ditampilkan oleh multimeter yang telah dihubungkan dengan sensor koil datar, kemudian dianalisis menggunakan Microsoft Excel. Dari hasil penelitian diperolehkesimpulan (1) Rangkaian pengolah sinyal berbasis koil datar telah dirancang dan dibuat dengan menghubungkan koil datar yang dijepit dengan statip terletak sejajar dengan kayu yang dijepit di samping meja dengan klem universal; (2) Tingkat kelenturan suatu kayu dapat ditentukan dengan mengukur besarnya Vout yang dihasilkan. Besar Vout yang dihasilkan adalah : Untuk kayu nangkapada lengan gaya 0,15-0,35 m berturut-turut adalah -0,40 volt; -0,39 volt; -0,38 volt; -0,35 volt; 0,1 volt. Untuk kayu durian adalah -0,39 volt; -0,38 volt; -0,37 volt; -0,20 volt; 1,29 volt. Untuk kayu mangga adalah -0,38 volt; -0,36 volt; -0,35 volt; -0,32 volt; 0,92 volt; (3) Konstanta elastisitas yang sudahdiperoleh antara lain : Kayu nangka memiliki rentang (76,923-2000) N/volt dengan R = 0,994, kayu durian memiliki rentang (23,392-1333,333) N/volt dengan R = 0,983, dan kayu mangga memiliki rentang (29,851-1000) N/volt dengan R = 0,978; (4) Kayu mangga adalah kayu tidak awet yangmemiliki tingkat kelenturan paling besar dengan rentang (29,851-1000) N/volt dengan R = 0,978. 
PENGEMBANGAN MODUL PRAKTIKUM FISIKA MODEL GUIDE INQUIRY BERBASIS COMPUTERIZED EXPERIMENT TOOL (CET) UNTUK PEMBENTUKAN KARAKTER ILMIAH SISWA Sabaryati, Johri; Darmayanti, Ni Wayan Sri
ORBITA: Jurnal Kajian, Inovasi dan Aplikasi Pendidikan Fisika Vol 4, No 1 (2018): Mei
Publisher : Universitas Muhammadiyah Mataram

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (177.538 KB) | DOI: 10.31764/orbita.v4i1.497

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk : (1) Mengembangkan modul praktikum model guided inquiry berbasis computerized experiment tool (CET) untuk pembentukan karakter ilmiah siswa layak digunakan. (2) Mengetahui kualitas modul praktikum model guided inquiry berbasis computerized experiment tool (CET) untuk pembentukan karakter ilmiah siswa. Secara umum peneltian ini melalui 3 tahap utama,yaitu: (1) studi pendahuluan, (2) dan pembuatan dan pengembangan produk, (3) evaluasi. Tahapanpertama dan kedua telah dilakukan, sedangkan tahap ketiga yang berupa kegiatan evaluasi sampai saat ini sudah dilakukan kegiatan validasi ahli dan penilaian pendidik. Kemudian juga telah dilakukan uji coba terbatas di MA Nurul Haramain Narmada. Berdasarkan hasil penelitian yang telahdilakukan, maka dapat disimpulkan sementara sebagai berikut: (1) Berdasarkan hasil validasi ahli dan penilaian pendidik dapat disimpulkan bahwa produk modul praktikum model guided inquiry berbasis computerized experiment tool (CET) yang telah dikembangkan telah layak untuk digunakan. (2) Berdasarkan hasil uji coba terbatas diketahui bahwa produk hasil pengembangan dapat meningkatkan karakter tanggung jawab, kreatif dan teliti. Karakter yang paling tinggi peningkatannyaadalah karakter tanggung jawab.
PENGEMBANGAN RUMFIS (RUMUS FISIKA) BERBASIS PROGRAM MATLAB PADA MATERI SUHU DAN KALOR UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA SMPN 2 LABUAPI KELAS VII TAHUN AJARAN 2017/2018 Zulmi, Nurul; Darmayanti, Ni Wayan Sri; Zulkarnain, Zulkarnain
ORBITA: Jurnal Kajian, Inovasi dan Aplikasi Pendidikan Fisika Vol 4, No 1 (2018): Mei
Publisher : Universitas Muhammadiyah Mataram

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31764/orbita.v4i1.469

Abstract

Perkembangan teknologi informasi telah mempengaruhi pengunaan jenis media sebagai alat bantu dalam proses pembelajaran, permasalahan yang muncul adalah bagaimana seorang guru mampu menciptakan proses pembelajaran yang menyenangkan sehingga motivasi belajar siswa meningkat melalui pemilihan dan penggunaan media pembelajaran yang tepat. Media pembelajaran mempunyai peranan yang sama pentingnya dengan faktor-faktor pendidikan yang lain, namun kurang diperhatikan oleh guru. Padahal kehadiran media dalam pembelajaran juga memberikan dampak positif bagi pengajaran dalam penyajian informasi yang akan diberikan terhadap siswa. Penelitian inibertujuan untuk mengetahui pengembangan RUMFIS berbasis program Matlab pada materi Suhu dan Kalor khususnya pada cakupan materi singkat serta rumusnya dapat meningkatkan motivasi belajar siswa SMP Negeri 2 Labuapi kelas VII tahun ajaran 2017/2018. Penelitian ini menggunakan metodeR&D (Reserch and Development). Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VII SMP Negeri 2 Labuapi yang terdiri dari 1 kelas dan berjumlah 20 orang. Model pengembangan yang digunakan adalah Borg dan Gall yang terdiri dari 10 langkah yang harus diikuti untuk menghasilkan produk berupa RUMFIS berbasis program Matlab. Data diperoleh melalui angket. Teknik analisis datayang digunakan adalah deskriptif kualitatif untuk mengukur motivasi belajar siswa. Dari hasil penelitian diketahui bahwa RUMFIS berbasis program Matlab pada materi Suhu dan Kalor dapat meningkatkan motivasi belajar siswa. Hal ini berdasarkan pada peresentase motivasi sebelum menggunakan media RUMFIS sebesar 51% dan mengalami peningkatan menjadi 72 % setelah menggunakan media RUMFIS dengan gain sebesar 0,43 dalam kategori sedang.
RANCANG BANGUN SENSOR GETARAN BERBASIS KOIL DATAR UNTUK MENGANALISIS DAYA REDAM VIBRASI BEBERAPA JENIS KAYU TIDAK AWET UNTUK BANGUNAN RUMAH SEDERHANA Islahudin, Islahudin; Fatimah, Nurul
ORBITA: Jurnal Kajian, Inovasi dan Aplikasi Pendidikan Fisika Vol 4, No 1 (2018): Mei
Publisher : Universitas Muhammadiyah Mataram

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31764/orbita.v4i1.470

Abstract

Koil datar adalah lilitan kawat yang sangat tipis dan bertindak sebagai induktor, bersama dengan kapasitor membangun sebuah osilator yang menghasilkan frekuensi bergantung pada nilai induktansi dan kapasitansi. Osilator ini dinamakan osilator LC. Induktansi koil datar bergantung pada jarak benda logam di depan koil datar. Jika induktansi berubah, frekuensi akan berubah juga.Frekuensi dapat dirubah ke dalam bentuk tegangan untuk merepresentasikan jarak. Efek ini kemudian diterapkan pada frekuensi rendah menggunakan bandul pada rumahan sensor untuk menganalisis daya redam vibrasi beberapa jenis kayu tidak awet. Adapun tujuan penelitian ini antara lain, (1) Membuat rangkaian pengolah sinyal dari sensor getaran berbasis koil datar, (2) Menentukan besarnya daya redam vibrasi beberapa jenis kayu tidak awet untuk rumah sederhana, dan (3) Menentukan jenis kayu tidak awet yang memiliki daya redam vibrasi paling besar. Lokasi penelitian ini telah dilaksanakan di Laboratorium Fisika Dasar Universitas Muhammadiyah Mataram. Padapenelitian ini, variabel yang diukur adalah tegangan keluaran sensor getaran koil datar. Ukuran kayuyang digunakan adalah sama untuk kayu mangga, nangka, dan durian, yaitu panjang 100 cm, lebar 7 cm, dan tingi 5 cm. Jarak logam pengganggu terhadap koil datar dirubah menggunakan vibrator agar tegangan keluaran sensor berubah sesuai dengan frekuensi vibrator yang digunakan. Sensorgetaran koil datar ini diukur responnya terhadap perubahan jarak dari logam pengganggu, kemudian dicatat hasilnya dan dianalisis menggunakan Fast Transform Fourier (FFT) Analysis ToolPack pada Ms. Excel. Sensor getaran mendeteksi arah getaran dalam sumbu x. Data penelitian yang diperolehmenggunakan rekaman data dari mikrokontroler Atmega 16. Data sensor yang direkam berupa tegangan keluaran sensor yang dicacah dalam orde waktu milidetik (ms) untuk sensor dalam arah x. Untuk menampilkan rekaman data pada kedua sensor pada PC, maka digunakan aplikasi bahasa pemrograman Procesing. Nilai frekuensi yang sudah diperoleh antara lain untuk kayu mangga ke-1, 2, dan 3 berturut-turut yaitu 7,8125 Hz, 7,8125 Hz, 7,8125 Hz. Untuk kayu nangka ke-1, 2, dan 3 berturut-turut yaitu 17,1875 Hz, 17,1875 Hz, 17,1875 Hz. Adapun untuk kayu durian ke-1, 2, dan 3 berturut-turut yaitu 17,1875 Hz, 17,1875 Hz, 17,1875 Hz. Struktur kayu tidak awet yang memiliki daya redam vibrasi paling tinggi adalah struktur kayu tidak awet yang memilki tingkat frekuensi terendah. Dalam hal ini kayu tidak awet yang paling besar daya redam vibrasinya adalah kayu mangga dengan nilai frekuensi terendah yaitu 7,8125 Hz. Hal ini terjadi karena kayu mangga memiliki struktur yanglebih lunak dibandingkan kayu nangka dan durian. 
PEMANFAATAN LABORATORIUM VIRTUAL BERBASIS EWB (ELECTRONICS WORKBENCH) TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR FISIKA SISWA IPA KELAS XII IPA MA NW DARUSSALIMIN SENGKOL, BATUKLIANG LOMBOK TENGAH TAHUN PELAJARAN 2018/2019 Islahudin, Islahudin; Khaerani, Siti; Zulkarnain, Zulkarnain
ORBITA: Jurnal Kajian, Inovasi dan Aplikasi Pendidikan Fisika Vol 4, No 2 (2018): November
Publisher : ORBITA: Jurnal Kajian, Inovasi dan Aplikasi Pendidikan Fisika

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (255.172 KB)

Abstract

Penelitian yang telah dilakukan ini tentang pemanfaatan Laboratorium Virtual Berbasis EWB (Electronics Workbench) terhadap peningkatan hasil belajar fisika siswa IPA Kelas XII MA NW Darussalimin Sengkol, Batukliang, Lombok Tengah Tahun Pelajaran 2018/2019. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemanfaatan Laboratorium Virtual Berbasis EWB (Electronics Workbench) terhadap peningkatan hasil belajar fisika siswa IPA Kelas XII MA NW Darussalimin Sengkol, Batukliang, Lombok Tengah Tahun Pelajaran 2018/2019. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Pre-eksperimen. Desain penelitian yang digunakan adalah one group pretest-posttest design. Teknik analisis data menggunakan pre test dan post test menggunakanrumus uji pengaruh atau uji t. Adapun peningkatan hasil belajar antara sebelum dan sesudah menggunakan EWB dihitung menggunakan uji N Gain. Jika t hitung < t tabel maka Ho diterima atau tidak ada pengaruh, sebaliknya jika thitung > ttabel maka Ha diterima atau bisa dikatakan memiliki pengaruh. Hasil perhitungan menunjukkan bahwa nilai thitung (= 7,45540) > ttabel (= 2.92078) pada taraf kepercayaan 95%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan pemanfaatan laboratorium virtual berbasis EWB (Electronics Workbench) terhadap peningkatan hasil belajar fisika siswa IPA Kelas XII MA Darussalimin NW Sengkol, Batukliang, Lombok Tengah Tahun Pelajaran 2018/2019 dan berada dalam kategori Sedang.
PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN GAME FISIKA ASIK (GASIK) UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA SMP KELAS VIII MATERI POKOK CAHAYA DAN SIFAT- SIFAT CAHAYA Ibrahim, Ibrahim; Utami, Linda Sekar; Darmayanti, N .W. S.
ORBITA: Jurnal Kajian, Inovasi dan Aplikasi Pendidikan Fisika Vol 4, No 2 (2018): November
Publisher : ORBITA: Jurnal Kajian, Inovasi dan Aplikasi Pendidikan Fisika

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (474.765 KB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui kevalidan Gasik berbentuk permainan dalam meningkatkan motivasi belajar siswa SMP kelas VIII materi cahaya dan sifat-sifat cahaya, dan untuk mengetahui peningkatan motivasi belajar siswa setelah menerapkan media pembelajaran Gasik. Metode yangdigunakan dalam penelitian ini adalah metode research and development (R&D) dengan langkah-langkah : (1) Identifikasi masalah, (2) Pengumpulan informasi, (3) Desain produk, (4) Validasi desain,(5) Perbaikan desain, (6) Uji coba produk, (7) Revisi produk, (8) Uji coba pemakaian,(9) Revisi produk tahap akhir, (10)Produksi masal. Media pembelajaran ini telah melalui tahap validasi dengan kriteria sangat baik ahli I, ahli II, ahli III dan praktisi. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII. Data motivasi siswa diperoleh menggunakan istrumen angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran Gasik terujikevalidannya dan dapat meningkatkan motivasi siswa. Peningkatan motivasi belajar secara klisakal juga berada pada kriteria sedang dengan normalisasi gain sebesar 0,52 atau setara dengan 52%. Dengan demikian, hasil penelitian terhadap motivasi belajar siswa secara klasikal mengalami peningkatanyangberada dalam kategori sedang.
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SAINS TEKNOLOGI MASYARAKAT TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP SISWA KELAS XI IPA PADA MATA PELAJARAN FISIKA MATERI SUMBER ARUS DI SMA KATOLIK KESUMA MATARAM TAHUN PELAJARAN 2017/2018 Pangkal, Florianus; Darmayanti, Ni Wayan Sri; Sabaryati, Johri
ORBITA: Jurnal Kajian, Inovasi dan Aplikasi Pendidikan Fisika Vol 4, No 2 (2018): November
Publisher : ORBITA: Jurnal Kajian, Inovasi dan Aplikasi Pendidikan Fisika

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (276.828 KB)

Abstract

Tujuan penelitan ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran sains teknologi masyarakat terhadap pemahaman konsep siswa diSMAK Kesuma Mataram tahun pelajaran 2018/2019. Bentuk penelitian ini adalah penelitian kuantitatif, Desain penelitian yang digunakan Quasi –Eksperiment yaituRandom Sampling Pre-test-Pos-test Control.Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA di SMAK Kesuma Mataram. Metode penentuan sampel Random Sampling dari kelas XI IPA. Adapun sampel dalam penelitian ini adalah kelas XI IPA 2 sebagai kelas eksperimen dan kelasXI IPA 1 sebagai kelaskontrol. Instrumen penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pilihanganda sebanyak 25 soal. Hasil teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian adalah uji persyaratan analisis dengan menggunakan uji homogen data yang diperoleh, x2hitung = 1,18 dan x2tabel = 1,94 pada taraf signifikan 5% berdasarkan kriteria penguji jika x2hitung<x2tabel maka sampel homogen pada kelas ekperimen dan kelas kontro pre-test, sedangkan uji homogenitas post-test pada sampel ekperimen dan kontrol diperoleh x2hitung = 1,38 dan x2tabel = 1,94 pada taraf signifikan 5% berdasarkan kriteria penguji jika x2hitung<x2tabel makan sampel homogen. Pada pengujian normalitas data diperoleh Kelas eksperimen X2hitung7,338>X2tabe 12,592 sedangkan kelas control X2hitung4,194< X2tabel12,592 maka data dinyatakan distribusi normal pada taraf signifikan 5% pengujian. Hipotesis dengan menggunakan uji-t sampel berkorelasi pollend varians diperoleh nilai t hitung3,646>2,030 ttable(t hitung>t table yang menunjukan bahwa hipotesis nol ditolak dan hipotesis alternatif di terima nyatanya ada pengaruh pemahaman konsep siswa sebelum dan sesudahdiaharapkan model pembelajaran sains teknologi masyarakat. Berdasarkan beberapa analisis yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwah model pembelajaran sains teknologi masyarakat dapat meningkatkanpemahaman konsep siswa pada mata pelajaran fisika di SMAK Kesuma Mataram
PENGEMBANGAN MODUL FISIKA BILINGUAL MATERI HUKUM NEWTON PADA SISWA SMA KELAS X UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR FISIKA TAHUN AJARAN 2017/2018 Jannah, Zulfa Baijatul; Islahudin, Islahudin; Darmayanti, N .W. S.
ORBITA: Jurnal Kajian, Inovasi dan Aplikasi Pendidikan Fisika Vol 4, No 2 (2018): November
Publisher : ORBITA: Jurnal Kajian, Inovasi dan Aplikasi Pendidikan Fisika

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (360.795 KB)

Abstract

Penelitian ini untuk mengembangkan Modul Fisika Bilingual pada bahasan hukum newton, untuk meningkatkan motivasi belajar siswa SMA Kelas X. Adapun tujuan dari penelitian ini yaitu (1) untuk mengetahui kevalidan media pembelajaran modul fisika bilingual pada materi hukum newton untuk meningkatkan motivasi belajar siswa kelas X,(2) Untuk mengetahui keefektifan media pembelajaranmodul fisika bilingual pada materi hukum newton untuk meningkatkan motivasi belajar siswa kelas X. (3) Untuk mengetahui kepraktisan media pembelajaran modul fisika bilingual pada materi hukum newton untuk meningkatkan motivasi belajar siswa kelas X. Penelitian ini menggunakan metode research and development (R & D). Sebagai subjek dalam penelitian ini adalah siswa SMAN 8Mataram Kelas XMIA 5 . Model pengembangan yang digunakan adalah Dick & Carey yang terdiri dari 10 langkah yang harus diikuti untuk menghasilkan produk berupa Modul Fisika Bilingual. Data diperoleh melalui angket dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif untuk mengukur motivasi belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa modul fisikabilingual memiliki kriteria baik berdasarkan penilaian dari ahli dan praktis. Modul fisika bilingual yang di kembangkan juga memiliki kriteria baik untuk meningkatkan motivasi belajar siswa dengan persentase sebesar 80,27% bila di bandingkan sebelum menggunakan modul fisika bilingual yaitu sebesar 51,31%. Peningkatan motivasi belajar siswa secara klasikal juga berada pada kriteria sedang dengan normalisasi gain sebesar 0,59. Berdasarkan hasil dari penelitian ini dapat di simpulkan bahwa modul fisika bilingual dapat meningkatkan motivasi belajar siswa kelas X SMAN 8 Mataram tahun pelajaran 2017/2018. 

Page 1 of 3 | Total Record : 27