cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota mataram,
Nusa tenggara barat
INDONESIA
Jurnal Masyarakat Mandiri - JMM
ISSN : -     EISSN : -     DOI : -
Core Subject : Social,
Arjuna Subject : -
Articles 22 Documents
POTENSI INDUSTRI “KERIPIK ENYE” DALAM PENINGKATAN KESEJAHTERAAN MASYARAKAT DESA WALURAN KABUPATEN SUKABUMI Isa, Indra Griha Tofik; Rizal Setiawan, Iwan; Jhoansyah, Dicky
JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) Vol. 3, No. 1: Juni 2019
Publisher : Muhammadiyah University of Mataram

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (859.836 KB) | DOI: 10.31764/jmm.v3i1.920

Abstract

Abstrak: Desa Waluran merupakan desa penyangga yang ada di Kawasan Wisata Geopark Ciletuh. Dengan dekatnya Desa Waluran Mandiri pada Objek Wisata Geopark Ciletuh belum memberikan kontribusi perekonomian dalam peningkatan kesejahteraan masyarakat. Padahal di daerah ini terdapat industri “Keripik Enye” yang dapat diangkat menjadi potensi lokal yang dapat menarik perhatian turis Geopark Ciletuh. Bahan baku yang melimpah yakni Singkong banyak dijumpai di Desa Waluran, sehingga terdapat 3 sentra pabrik pembuat enye yang rata-rata produksinya dari 100 kg singkong mentah menghasilkan 38 kg “Keripik Enye”. Pabrik Enye ini memiliki sejumlah pekerja yang seluruhnya merupakan warga asli Desa Waluran. Pekerja Pabrik Enye didominasi perempuan usia rata-rata 25-40 tahun dan hanya mengandalkan penghasilan di Pabrik Enye tersebut. Permasalahan yang dihadapi adalah secara umum masyarakat belum menyadari bahwa “Keripik Enye” khas Waluran dapat diangkat menjadi produk potensi daerah yang dapat menarik minat para turis yang akan berwisata ke Geopark Ciletuh. Untuk menunjang hal tersebut maka dilakukan (1) inovasi produk; (2) promosi media online dengan YouTube dan Instagram; (3) pengurusan Perizinan Industri Rumah Tangga (P-IRT); (4) Kerjasama dengan Dinas Pariwisata Kabupaten Sukabumi. Sehingga hasil akhir yang didapatkan adalah terjadi peningkatan penjualan dan produk “Keripik Enye” menjadi dikenal sebagai produk lokal khas Waluran.Abstract:  Waluran Village is one of buffer village in Geopark Ciletuh tourism area. With proximity to the Geopark Ciletuh tourism area, it has not given an economic contribution to improving community welfare. Even though in this area there is “Keripik Enye” Home Industry which can be appointed as local potential for attracting attention Ciletuh Geopark Tourists. The abundant raw materials that is Cassava, can be found in Waluran Village so that there are 3 centers of “Keripik Enye” Home Industry which produces 38 kg(s) from 100 kg of raw Cassava in every day. The workers of “Keripik Enye” Home Industry is dominated by women in 25 to 40 average years and only rely on working in Home Industry “Keripik Enye”. The general problem which faced by people in Waluran Village is they do not realize that Waluran’s “Keripik Enye” could be adopted as a local potential product which can attract to the tourists who traveled to Ciletuh Geopark. Things which are done to solve the problems are (1) Doing product innovation; (2) Accompaniment in online promotion; (3) Accompaniment in Licensing of Home Industry; (4) Cooperation to Government tourism office of Sukabumi District. The results of this action are the growth of sales product and “Keripik Enye” is known well as Waluran’s local potential product.
PELATIHAN PENULISAN KARYA ILMIAH (PENELITIAN TINDAKAN KELAS SEBAGAI INSPIRASI GURU PROFESIONAL) Ilham, Ilham; Bafadal, Moh. Fauzi; Humaira, Humaira; Gani, Arsyad Abd; Rahmaniah, Rima
JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) Vol 1, No 1: Desember 2017
Publisher : Muhammadiyah University of Mataram

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1096.887 KB) | DOI: 10.31764/jmm.v1i1.9

Abstract

Pelatihan Penulisan Karya ilmiah ini merupakan bentuk pengabdian pada masyarakat. Kegiatan pelatihan ini fokus pada Penelitian Tindakan Kelas. Pelatihan ini bertujuan (1) memberikan pemahaman kepada guru terhadap pentingnya Penelitian Tindakan Kelas (2) para guru mampu mengaplikasikan konsep dan pemahaman Penelitian Tindakan Kelas pada pelaksanaan dan evaluasi proses pembelajaran. Lokasi kegiatan ini di Kecamatan Kopang, Kabupaten Lombok Tengah. Peserta pelatihan adalah para guru di tingkat Sekolah Dasar dan Menengah Pertama se-Kecamatan Kopang Kabupaten Lombok Tengah. Peserta yang hadir pada pelatihan ini sebanyak 35 peserta. Metode yang digunakan dalam pelatihan ini adalah ceramah bervariasi dalam bentuk seminar sehari. Peserta terlihat aktif dan semangat mengikuti pelatihan. Hal ini ditandai dengan pertanyaan yang diajukan oleh para peserta. Berdasarkan temuan hasil diskusi bahwa pelatihan penelitian tindakan kelas memberikan inspirasi tersendiri bagi guru. Kegiatan semacam ini yang jarang dilaksanakan didaerah. Peserta akan mengaplikasikan penelitian tindakan kelas dengan harapan ada proses pendampingan yang berkelanjutan.
PENINGKATAN KOMPETENSI GURU MATEMATIKA MELALUI PELATIHAN PENGUATAN MATERI MATEMATIKA DI MADRASAH IBTIDIYAH SE-KECAMATAN JONGGAT LOMBOK TENGAH Nugraha, Yandika; Putrawangsa, Susilahuddin; Syawahid, M.
JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) Vol 1, No 1: Desember 2017
Publisher : Muhammadiyah University of Mataram

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1096.868 KB) | DOI: 10.31764/jmm.v1i1.13

Abstract

Pengadian ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi guru matematika melalui pelatihan penguatan materi matematika. Kegiatan pelatihan ini menggunakan pendekatan pelatihan active learning dimana narasumber hanya sebagai fasilitator dan lebih mengekplorasi kemampuan peserta dengan memberikan pendampingan dan mengeksplorasi terkait materi matematika dan penilaian hasil belajar. Adapun peserta kegiatan pelatihan yaitu terdiri dari guru-guru yang mengajar matematika dan berasal dari madrasah ibtidaiyah se-Kecamatan Jonggat dan merupakan bagian dari Kelompok Kerja Madrasah (KKM) MIN 2 Lombok Tengah. Pelaksanaan kegiatan pelatihan berjalan lancar tanpa ada kendala berarti dan sesuai dengan jadwal yang sudah direncanakan. Para peserta sangat antusias dalam menerima wawasan baru sebagai bentuk penyegaran terkait pemahaman materi matematika sebagai bentuk implementasi didalam pembelajaran di kelas.
USAHA PENDIDIKAN DASAR COMPUTER “DIKSAR COMP” MAHASISWA DI FKIP MUHAMMADIYAH MATARAM Sari, Nursina; Rahman, Nanang
JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) Vol 1, No 1: Desember 2017
Publisher : Muhammadiyah University of Mataram

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1096.532 KB) | DOI: 10.31764/jmm.v1i1.18

Abstract

Pengabdian dalam bentuk kegiatan kewirausahaan merupakan salah satu program yang dilaksanakan oleh Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) kampus FIKIP Muhammadiyah Mataram dengan identitas Pendidikan Dasar Computer (DIKSAR COMP) yang bertujuan untuk menerapkan kompetensi berwirausaha dari mata kuliah kewirausahaan dapat diintegrasikan dalam unit usaha jasa percetakan di Prodi PGSD FKIP Muhammadiyah Mataram. Adapun metode pelaksanaan dari pengabdian ini meliputi tahap perencanaan, pelaksanaan meliputi penyeleksian calon pelaksana usaha, pelatihan melalui proses magang, promosi dan kegiatan usaha, monitoring dan evaluasi, serta partisipasi mitra usaha. Target dari program pengabdian ini adalah mahasiswa PGSD FKIP Muhammadiyah Mataram yang sasaran pelanggan usahanya adalah seluruh mahasiswa baik kampus FIKIP maupun kampus fakultas lain di Universitas Muhammadiyah Mataram yang dilaksanakan selama dua bulan. Hasil dari pengabdian ini adalah terbentuknya usaha jasa percetakan Pendidikan Dasar Computer (DIKSAR COMP) meliputi jasa rental pengetikan sekaligus printing, penjilidan, penjualan peralatan ATK untuk kebutuhan perkuliahan sampai pada pengadaan mini kantin sangat dibutuhkan yang berjalan baik. Mahasiswa PGSD yang diberikan kesempatan dan fasilitas lebih termotivasi dan terdorong dalam mempraktekkan kompetensi berwirausaha untuk menjadi entrepreneurship berdasarkan keterampilan-keterampilan yang diperoleh dari pelatihan melalui proses magang oleh mitra usaha. Selain mendapatkan keuntungan, para mahasiswa juga dapat terpancing untuk mengkreasikan ide-ide brilian sebagai rencana usaha baru.
APLIKASI SISTEM INFORMASI DESA SEBAGAI TEKNOLOGI TEPAT GUNA UNTUK PENDATAAN PENDUDUK DAN POTENSI DESA Syaharuddin, Syaharuddin; Ibrahim, Malik
JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) Vol 1, No 1: Desember 2017
Publisher : Muhammadiyah University of Mataram

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1096.523 KB) | DOI: 10.31764/jmm.v1i1.14

Abstract

Di Indonesia Sistem Informasi Desa (SID) diatur dalam Undang-undang terkait indikator, tata pengembangan, dan pengelolaannya agar input-output dari teknologi tepat guna ini benar-benar mendeskripsikan data dan informasi desa tersebut. Hal ini dikarenakan dana pembangunan desa akan terealisasikan dengan baik dan tepat sasaran. Dalam kegiatan ini tim melakukan survey ke beberapa lokasi di Lombok Tengah khususnya beberapa desa pemekaran yang memang membutuhkan tenaga ahli sebagai operator dan system informasi desa yang komunikatif dengan user sehingga memudahkan dalam penginputan data dan mengeksport data dalam sebuah laporan. Sistem dibangun berdasarkan garis besar peraturan pemerintah dan masukan atau saran dari pejabat setempat sehingga menghasilkan beberapa menu input-output meliputi Data Profil Desa, Data Kependudukan, Data Pendidikan, Data Potensi Wisata Desa, Data Administrasi termasuk surat masuk dan keluar, Data Inventaris Desa, dan Data Pendapatan dan Pengeluaran Desa. Aplikasi ini dibangun menggunakan Delphi sebagai Graphical User Interface, Microsoft Access sebagai Bank Data, dan Microsoft Excell sebagai export data atau pelaporan.
SOSIALISASI MEDIA PITA BILANGAN MATEMATIKA SISWA SEKOLAH DASAR DESA GELANGSAR LOMBOK BARAT Mahsup, Mahsup; Anwar, Yunita Septiana
JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) Vol 1, No 1: Desember 2017
Publisher : Muhammadiyah University of Mataram

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1096.885 KB) | DOI: 10.31764/jmm.v1i1.10

Abstract

Tujuan kegiatan pengabdian untuk mengetahui proses sosialisasi dengan menggunakan media Pita bilangan dan Bimbingan Belajar Matematika untuk menigkatkan pemahaman dalam berhitung matematika siswa SD di Desa Gelangsar. Metode Pengabdian yang digunakan adalah metode deskriptif. Rancangan Pengabdian terdiri dari tahap perencanaan dan pelaksanaan tindakan. Sasaran kegiatan adalah anak SD dengan jumlah anak sekitar 20 orang yang berada di Gelangsar Kecamatan Gunungsari Kabupaten Lombok Barat. Kegiatan dilaksanakan selama 1 hari dilakukan di desa Gelangsar Kecamatan Gunungsari Kabupaten Lombok Barat. Hasil kegiatan pengabdian yaitu (1) kegiatan sosialisasi penggunaan media pita sangat bermanfaat untuk meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi bilangan bulat, (2) Kegiatan sosialisasi dapat mendorong siswa supaya lebih giat belajar dan berlatih dalam mengerjakan perhitungan operasi bilangan bulat dan (3) dengan kegiatan pelatihan dapat menambah informasi dalam penggunaan media khususnya pita bilangan.
PENINGKATAN KEMAMPUAN PERHITUNGAN MATEMATIKA ANUITAS MASYARAKAT DESA AI BUKAQ LOMBOK TENGAH Mandailina, Vera
JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) Vol 1, No 1: Desember 2017
Publisher : Muhammadiyah University of Mataram

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1096.46 KB) | DOI: 10.31764/jmm.v1i1.15

Abstract

Kegiatan ini dilakukan untuk meningkatkan kemampuan perhitungan anuitas masyarakat di Lombok Tengah. Kegiatan berlangsung selama 1 bulan termasuk perencanaan sampai evaluasi. Perserta kegiatan ini adalah para ibu-ibu rumah tangga, bapak-bapak dan remaja masjid Desa Ai Bukak. Kegiatan dilakukan dalam bentuk pelatihan dengan nara sumber dari Universitas Muhammadiyah Mataram. Tahap awal para peserta diberikan materi tentang anuitas, kemudian tahap berikutnya diberikan contoh kasus untuk diselesaikan. Adapun perhitungan menggunakan alat bantu (kalkulator) Casio. Hasil kegiatan ini sangat membantu masyarakat dalam menentukan pilihan dalam hal menabung, deposito, atau meminjam uang ke sebuah lembaga seperti Bank dan Koperasi dalam membangun usahanya.
PENDIDIKAN DAN PELATIHAN DASAR KEPEMIMPINAN SISWA MA PUTRA AL-ISHLAHUDDINY DI LOMBOK BARAT Mulhamah, Mulhamah
JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) Vol 1, No 1: Desember 2017
Publisher : Muhammadiyah University of Mataram

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1096.914 KB) | DOI: 10.31764/jmm.v1i1.11

Abstract

Pengabdian ini bertujuan untuk meningkatkan potensi diri siswa di Madrasah Aliyah Putra Al-Ishlahuddiny dalam melaksanakan tugas sebagai pemimpin dan pengurus diorganisasi sekolah maupun dilingkungan masyarakat kelak. Pelatihan ini akan menggunakan pendekatan pelatihan active learning dimana pembicara hanya merupakan fasilitator dan lebih mengeksplorasi capabilitas audience yang terdiri dari siswa yang bertugas sebagai pengurus Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS) dan melaksanakan tanggung jawab sebagai OSIS dengan memberikan pemdampingan dan bimbingan teknis. Kegiatan pelatihan berjalan sesuai rencana, sehingga peserta dapat mengikuti pemberian materi oleh masing-masing narasumber. Para peserta sangat antusias dan senang dalam mengikuti pelatihan. Para peserta mendapatkan tambahan wawasan dan lebih mempersiapkan diri dan tambangahan pengetahuan tentang dasar kepemimpinan, tehnik komunikasi pemimpin, tehnik problem solving pemimpin, dan tehnik kerjasama seorang pemimpin.
PENERAPAN PENILAIAN AUTENTIK KURIKULUM 2013 PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA DI MA MUHAMMADIYAH 1 MALANG Baiduri, Baiduri; Utomo, Dwi Priyo; Rosyadi, Alfiani Athma Putri; Jamil, Anis Farida
JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) Vol 1, No 1: Desember 2017
Publisher : Muhammadiyah University of Mataram

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1096.505 KB) | DOI: 10.31764/jmm.v1i1.16

Abstract

Kegiatan ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan penilaian autentik kurikulum 2013 pada mata pelajaran matematika. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian kualitatif dengan sifat penelitian adalah penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data adalah observasi, dokumentasi, dan wawancara. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan air flow model yang terdiri dari mereduksi data, menyajikan data, dan menyimpulkan data. Hasil kegiatan berlangsung diawali dengan kegiatan observasi. Selanjutnya terdapar 4 kegiatan yang dilaksanakan yaitu: 1) mengkaji konsep kurikulum 2013 terutama konsep penilaian auntentik kurikulum 2013, 2) diskusi dengan guru matematika tentang rencana implementasi penilaian autentik kurikulum 2013, 3) implementasi penilaian autentik kurikulum 2013, dan 4) refleksi implementasi penilaian autentik kurikulum 2013. Rekomendasi untuk kegiatan yang selanjutnya adalah dikembangkan implementasi untuk pengembangan perangkat pembelajaran berdasarkan kurikulum 2013.
PENINGKATAN KOMPETENSI ICT GUNA SIMULASI UNBK SISWA MTS NURUL IHSAN KECAMATAN JONGGAT KABUPATEN LOMBOK TENGAH Negara, Habibi Ratu Perwira; Santosa, Farah Heniati; Bahri, Samsul
JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) Vol 1, No 1: Desember 2017
Publisher : Muhammadiyah University of Mataram

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1096.886 KB) | DOI: 10.31764/jmm.v1i1.7

Abstract

Kegiatan Peningkatan Kompetensi ICT guna Simulasi UNBK ini bertujuan untuk memberikan penguatan kepada siswa-siswa kelas IX Mts. Nurul Ihsan Sukarara Kecamatan Jonggat Kabupaten Lombok Barat. Pelaksanaan simulasi berlangsung dengan memberikan kesempatan kepada setiap siswa untuk menjalankan aplikasi UNBK dan menyelesaikan beberapa soal pada paket soal yang diberikan. Kegiatan simulasi berlangsung selama 2 tahap, dimana tahap kedua merupakan penguatan kembali kepada siswa-siswa yang masih dirasa kurang dalam proses simulasi yang dilakukan pada tahap 1. Kesimpulan yang diperoleh dari kegiatan Peningkatan ICT ini adalah (1) Siswa memahami fungsi setiap tombol aplikasi UNBK yaitu, tombol memulai pengerjaan soal, tombol paket soal, tombol jawaban dan melihat hasil ujian, (2) Siswa mulai terbiasa menggunakan aplikasi UNBK serta menjawab soal pada paket soal yang telah dipilih.

Page 1 of 3 | Total Record : 22