Jurnal Ilmiah POTENSIA
Published by Universitas Bengkulu
ISSN : 25279270     EISSN : 26212382
Jurnal Ilmiah Potensia merupakan hasil penelitian tentang Pendidikan Anak Usia Dini yang menyajikan hasil kajian ilmiah dan hasil penelitian dengan paradigma penelian seperti PTK, Kualitatif, Kuantitatif, Teoritik, Opini, Resensi buku dan kajian lainnya. Jurnal ini diperuntukkan bagi para ahli, mahasiswa S1 PAUD, peneliti, pengamat dan pemerhati seputar Pendidikan Anak Usia Dini. Terbit 2 kali dalam setahun yaitu bulan Januari dan Juli.
Articles 10 Documents
Search results for , issue " Vol 2, No 1 (2017): JANUARI" : 10 Documents clear
PERENCANAAN PEMBELAJARAN KURIKULUM 2013 PENDIDIKAN ANAK USIA DINI

Fitri, Annisa

Jurnal Ilmiah POTENSIA Vol 2, No 1 (2017): JANUARI
Publisher : Universitas Bengkulu

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (629.967 KB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk mendeskripsikan perencanaan pembelajaran Tujuan dari penelitian ini untuk mendeskripsikan perencanaan pembelajaran Kurikulum 2013 di PAUD IT Auladuna Kota Bengkulu.  Metode penelitian yang digunakan yaitu deskriptif kuantitatif. Subjek  penelitian ini adalah  guru kelas di PAUD IT Auladuna yang berjumlah 14 orang. Objek penelitiaan ini adalah Perencanaan Pembelajaran Kurikulum 2013 PAUD. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan dokumentasi. Analisis data statistik dengan menggunakan rumus presentase. Hasil penelitian tentang Perencanaan Pembelajaran Kurikulum  2013 Pendidikan Anak Usia Dini  di PAUD IT Auladuna Kota Bengkulu terhadap program tahunan, program semester, rencana pelaksanaan pembelajaran mingguan, rencana pelaksanaan pembelajaran harian, dan rencana penilaian sudah baik dan sudah sesuai dengan standar Perencanaan Pembelajaran Kurikulum 2013 PAUD. Disarankan kepada guru untuk mengevaluasi kembali perencanaan penilaian yang disesuaikan dengan kelompok usia anak didik.

IMPLEMENTASI KEMAMPUAN VOCABULARY BAHASA INGGRIS MELALUI METODE DRILL BERBASIS LINGKUNGAN

Suprapti, Desti Yuni, M.Nasirun, M.Nasirun, Wembrayarli, Wembrayarli

Jurnal Ilmiah POTENSIA Vol 2, No 1 (2017): JANUARI
Publisher : Universitas Bengkulu

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (528.183 KB)

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah ada perbedaan metode drill eksperimen pertama, kedua, ketiga, dan keempat terhadap kemampuan vocabulary bahasa Inggris pada anak kelompok B PAUD Aisyiyah XI Kota Bengkulu. Metode penelitian menggunakan metode kuasi eksperimen Time Series Design. Secara bersamaan, hasil vocabulary bahasa Inggris yang dipengaruhi oleh teratment pada eksperimen pertama, kedua, ketiga, dan keempat dilihat dalam uji c² atau chi-square, hasilnya adalah c²1 hit = 184,  c²2 hit = 85,32, c²3 hit = 34, c²4 hit = 72, dengan c²tab (5%) = 14,067. c²hitung > c²tabel. Ho ditolak dan Ha diterima. Maka dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan metode drill  dalam eksperimen pertama, kedua, ketiga, dan keempat terhadap kemampuan vocabulary bahasa Inggris anak kelompok B PAUD Aisyiyah XI Kota Bengkulu. Dari hasil penelitian ini disarankan kepada peneliti berikutnya untuk melakukan penelitian berikutnya dengan vocabulary dua suku kata dengan treatment yang berbeda.

HUBUNGAN ANTARA POLA ASUH DEMOKRATIS DENGAN KEMANDIRIAN ANAK DI KELOMPOK A PAUD IT BINA IMAN KABUPATEN BENGKULU UTARA

Restiani, Septi, Saparahayuningsih, Sri, Ardina, Mona

Jurnal Ilmiah POTENSIA Vol 2, No 1 (2017): JANUARI
Publisher : Universitas Bengkulu

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (415.09 KB)

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah apakah terdapat hubungan antara pola asuh orangtua dengan kemandirian anak di kelompok A PAUD IT Bina Iman Kabupaten Bengkulu Utara. Tujuan penelitian untuk mengetahui hubungan pola asuh yang diterapkan orangtua terhadap kemandirian anak kelompok A PAUD IT Bina Iman Kabupaten Bengkulu Utara. Metode penelitian yang digunakan deskriptif kuantitatif. Populasi penelitian ini yaitu seluruh anak kelompok A PAUD IT Bina Iman Kabupaten Bengkulu Utara. Teknik pengambilan sampel menggunakan sampel total dengan jumlah 25 orang. Alat pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner atau angket. Analisis data dengan analisis statistik menggunakan rumus korelasi product moment. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara pola asuh orangtua yang menerapkan pola asuh demokratis terhadap kemandirian anak, dengan hasil perhitungan korelasi rhitung sebesar 0,87 lebih besar dari rtabel 0,388. Melalui penelitian ini disarankan untuk mempertahankan pola asuh yang ditetapkan secara konsisiten, sedangkan untuk penelitian lebih lanjut hendaknya mencari variabel lain yang berhubungan dengan kemandirian anak.

MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBICARA ANAK MELALUI BERMAIN PERAN MIKRO

Susanti, Yumi Olva

Jurnal Ilmiah POTENSIA Vol 2, No 1 (2017): JANUARI
Publisher : Universitas Bengkulu

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (452.58 KB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah bagaimana meningkatkan kemampuan berbicara anak melalui bermain peran mikro. Subjek dalam penelitian ini adalah anak usia dini kelompok B PAUD Dwi Wardani Kota Bengkulu sejumlah 15 orang yang terdiri dari 8 anak perempuan dan 7 anak laki-laki. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas. Siklus pada penelitian ini menggunakan 2 siklus, setiap siklus tiga kali pertemuan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan melalui observasi, sedangkan teknik analisis data menggunakan teknik statistik dengan rumus rata-rata. Hasil penelitian menunjukkan pada siklus 1 kemampuan berbicara melalui bermain peran mikro dengan rata-rata 3.2 dengan kategori cukup. Pada siklus 2 mengalami peningkatan menjadi 4.1 dengan kriteria sangat baik. Kesimpulan bahwa melalui bermain peran mikro dapat meningkatkan kemampuan berbicara anak. Maka disarankan kepada guru dalam meningkatkan kemampuan berbicara anak dapat menggunakan bermain peran seperti bermain peran mikro dan bagi peneliti berikutnya menggunakan bermain peran makro.

MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA MELALUI METODE KARYAWISATA PADA ANAK KELOMPOK B LAB SCHOOL PAUD UNIB KOTA BENGKULU

Ayuandia, Nera, Saparahayuningsih, Sri, Ardina, Mona

Jurnal Ilmiah POTENSIA Vol 2, No 1 (2017): JANUARI
Publisher : Universitas Bengkulu

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (330.242 KB)

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana penerapan metode karyawisata dapat meningkatkan keterampilan berbicara pada anak kelompok B Taman Kanak-Kanak Lab School PAUD UNIB Kota Bengkulu. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas, dilaksanakan selama dua siklus dan tiga kali pertemuan setiap siklusnya. Subjek penelitian ini adalah 8 anak perempuan dan 5 anak laki-laki. Teknik pengumpulan data adalah observasi, dengan teknik analisis data menggunakan uji rata-rata dengan persentase untuk mengetahui tingkat keberhasilan belajar. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa keterampilan berbicara anak dapat ditingkatkan melalui metode karyawisata, dengan  ketuntasan belajar 84,2% rata-rata keterampilan berbicara anak 4,21 (Baik). Dari hasil penelitian yang diperoleh, maka disarankan bagi guru untuk menerapkan metode karyawisata dalam meningkatkan keterampilan berbicara, dan bagi peneliti selanjutnya diharapkan dapat melanjutkan penelitian ini dengan mengamati keterampilan berbicara anak dengan metode yang lain seperti metode bercakap-cakap dan metode berceria.

PENGARUH METODE FERNALD TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN PADA ANAK KELOMPOK A DI PAUD MEKAR SARI PENARIK MUKOMUKO

Nainggolan, Dewi, Sumarsih, Sumarsih, Delrefi D, Delrefi D

Jurnal Ilmiah POTENSIA Vol 2, No 1 (2017): JANUARI
Publisher : Universitas Bengkulu

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (548.654 KB)

Abstract

Permasalahan penelitian ini adalah apakah ada pengaruh metode Fernald terhadap kemampuan membaca permulaan anak di PAUD Terpadu Mekar Sari Penarik Mukomuko. Tujuan penelitian untuk mengetahui pengaruh metode Fernald terhadap kemampuan membaca permulaan anak usia dini. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen dengan desain penelitian One Group Pretest-Posttest Design. Subjek dalam penelitian adalah anak kelompok A1 dengan jumlah 14 anak PAUD Terpadu Mekar Sari Penarik Mukomuko tahun ajaran 2016/2017. Tekhnik pengumpulan data dilakukan dengan tes. Tekhnik analisis data menggunakan Chi-square. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara metode Fernald terhadap kemampuan membaca permulaan anak usia dini, dengan hasil yaitu c²hitung = 28 lebih besar dari c²tabel pada siginifikansi 5%= 22,362. Saran bagi guru agar dapat menggunakan metode Fernald untuk meningkatkan kemampuan membaca permulaan anak.

STUDI TENTANG PERKEMBANGAN KARAKTER JUJUR PADA ANAK USIA DINI

Novriyansah, Andika, Kurniah, Nina, Suprapti, Anni

Jurnal Ilmiah POTENSIA Vol 2, No 1 (2017): JANUARI
Publisher : Universitas Bengkulu

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (423.747 KB)

Abstract

Masalah penelitian ini adalah bagaimana perkembangan karakter jujur pada anak usia dini di kelompok B PAUD Fatma Kenanga Kota Bengkulu. Metode penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif dengan jenis survei. Populasi penelitian anak kelompok B PAUD Fatma Kenanga Kota Bengkulu tahun ajaran 2016/2017 yaitu sebanyak 21 anak. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dengan pengukuran skala Likert untuk mengukur karakter jujur anak yang dilakukan oleh guru kelas dan guru sentra. Analisis data menggunakan rumus rata-rata. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa perkembangan karakter jujur pada anak usia dini di kelompok B PAUD Fatma Kenanga Kota Bengkulu sudah berkembang baik sesuai dengan perkembangan usianya.

PERAN ORANGTUA DALAM PENDIDIKAN ANAK USIA DINI DITINJAU DARI LATAR BELAKANG PENDIDIKAN

Novrinda, Novrinda, Kurniah, Nina, Yulidesni, Yulidesni

Jurnal Ilmiah POTENSIA Vol 2, No 1 (2017): JANUARI
Publisher : Universitas Bengkulu

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (329.054 KB)

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana peran orangtua dalam pendidikan anak usia dini ditinjau dari latar belakang pendidikan di RA Al-Huda kota Bengkulu. Tujuan penelitian untuk mendeskripsikan peran orangtua dalam pendidikan anak usia dini ditinjau dari latar belakang pendidikan. Metode yang digunakan deskripsi kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah seluruh orangtua anak usia dini Paud RA Al-Huda. Sample penelitian ini menggunakan dispropotioned stratified random sampling. Sehingga diperoleh sampel sebanyak 34 orangtua yang terdiri dari tamatan SD, SMP, SMA, dan Perguruan Tinggi. Alat pengumpul data yang digunakan adalah kuesioner atau angket yang divalidasi oleh 3 dosen pakar. Teknik analisis data yang digunakan yaitu persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa orangtua tamatan SD, SMP, SMA, dan Perguruan tinggi berada pada kategori baik. Disarankan untuk penelitian lebih lanjut agar meneliti peran orangtua yang difokuskan pada faktor status sosial.

PENGARUH MEDIA BIG BOOK TERHADAP KEMAMPUAN BERBICARA PADA ANAK USIA DINI

Septiyani, Sundari, Kurniah, Nina

Jurnal Ilmiah POTENSIA Vol 2, No 1 (2017): JANUARI
Publisher : Universitas Bengkulu

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (422.159 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media big book terhadap kemampuan berbicara anak usia dini. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen. Subjek kelompok eksperimen B3 dan subjek kelompok kontrol B6. Teknik pengambilan sampel yaitu menggunakan purposive random sampling. Pengumpulan data dengan menggunakan observasi. Teknik analisis menggunakan (uji t-test). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol dalam kemampuan berbicara (thitung  5,437 ? dari ttabel 2,145) dengan rata-rata kelompok eksperimen 13,7 (baik) dan kelompok kontrol 13,1 (baik). Berdasarkan temuan penelitian disarankan kepada guru untuk dapat menggunakan media big book sebagai alternatif dalam pembelajaran untuk mengembangkan kemampuan berbicara pada anak usia dini.

Studi Perbedaan Karakter Disiplin Anak Kelompok B Berdasarkan Disiplin kerja Guru Di PAUD Kampung Bali Kota Bengkulu

Nasution, Siyyella Tika, Kurniah, Nina, Daryanti, Melia Eka

Jurnal Ilmiah POTENSIA Vol 2, No 1 (2017): JANUARI
Publisher : Universitas Bengkulu

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | | DOI: 10.33369/jip.2.1.79-85

Abstract

The research focuses on differences case of discipline character of early age students based on teacher’s performance disciplines at PAUD Kampung Bali Bengkulu City. The purpose of this research is to describe differences of discipline character of early age students of group B based on teacher’s performance disciplines. Method that was used is descriptive quantitative with comparative kind. Subject of this research is 40 children who consist of 13 children of Group B1, 13 children of Group B2, and 14 children of Group B3. Technique of collecting the data used statistics analysis with varian analysis one way formula. Results of this research were teacher’s performance disciplines at PAUD Kampung Bali was very good category and there is no difference between discipline character of early age students of Group B1, B2, and B3. Based on teacher’s performance discipline at PAUD Kampung Bali Bengkulu city was seen from Fcount value was 0,499 smaller than Ftable value which was  4,11 for 5% significant level (0,499<4,11). Suggestion in this research for teachers in investing good character into early age students should begin with teachers whose good character also.

Page 1 of 1 | Total Record : 10