Jurnal Ilmiah KORPUS
Published by Universitas Bengkulu
Articles
57
Articles
​
IMPLEMENTASI KOMPETENSI INTI SATU DAN DUA KURIKULUM 2013 DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA SISWA KELAS VIII SMPN 1 KECAMATAN PONDOK KELAPA KABUPATEN BENGKULU TENGAH TAHUN PELAJARAN 2016/2017

Riyansa, Riyansa, Ariesta, Ria, Utomo, Padi

Jurnal Korpus Vol 1, No 1 (2017): JURNAL ILMIAH KORPUS EDISI AGUSTUS 2017
Publisher : FKIP Universitas Bengkulu

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

The purpose of this study is to describe the implementation of the core competencies one and two Curriculum 2013 in learning Indonesian students class VIII SMPN 1 Kecamatan Pondok Kelapa Central Bengkulu District Lessons 2016/2017. The method used in this research is descriptive qualitative method. The subject of this research is one Indonesian teacher who teaches in class VIII SMPN 1 Kecamatan Pondok Kelapa, Central Bengkulu Regency. Technique of collecting data using observation and interview. Data analysis techniques used are Miles and Huberman which includes data collection, data reduction, data presentation, and data verification. Test the validity of the data using credibility test conducted by triangulation. The results showed that the teacher has implemented the core competence of one / spiritual attitude through the activity of saying and responding greetings, praying together, performing the prayers at school and keeping the environment around the school. While the two core competencies / social attitudes are integrated through group learning activities, not cheating or plagiarism, speaking honestly, working on and collecting tasks on time, obeying school rules, performing individual duties well, daring to perform in class, be responsible and accept The risks of action, respect for the elderly, not forcing opinions, helping each other to achieve mutual success, taking an active role, asking, answering, not despairing, daring to accept others politely and politely fellow.

PELAKSANAAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA KURIKULUM 2013 KELAS VIII DI SMP NEGERI 4 KOTA BENGKULU

Pratiwi, Septi, Ariesta, Ria

Jurnal Korpus Vol 2, No 2 (2018): JURNAL ILMIAH KORPUS EDISI AGUSTUS 2018
Publisher : FKIP Universitas Bengkulu

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan perencanan pembelajaran dan pelaksanaan model  pembelajaran  berbasis proyek pada pembelajaran Bahasa Indonesia Kurikulum 2013 yang  dilakukan  di Kelas VIII SMP Negeri 4 Kota Bengkulu. Penelitian  ini menggunakan  metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini ialah guru Bahasa Indonesia yang mengajar di kelas VIII.5 dan siswa kelas VIII.5. Data penelitian ini dikumpulkan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi RPP untuk melihat perencanaan pembelajaran . Hasil penelitian menunjukan bahwa sebelum melakukan pembelajaran guru membuat sebuah perencanan pembelajaran terlebih dahulu, yaitu dengan menyusun RPP dan menentukan tugas proyek yang akan diberikan. Langkah-langkah pembelajaran yang digunakan dalam model pembelajaran berbasis proyek, yaitu penentuan proyek, perencanan proyek, penyususnan jadwal, penyelesaian proyek, penyampaian hasil proyek, dan penilian. Berdasarkan enam langkah pembelajaran yang dilaksanakan terdapat dua tahapan pembelajaran yang tidak teroptimalkan, yaitu pada tahap penyusunan jadawal dan penilaian proyek.Kata kunci: Pembelajaran berbasis proyek, pembelajaran Bahasa Indonesia, Kurikulum 2013

POLA PENGEMBANGAN PARAGRAF SISWA KELAS X SMAN 1 KOTA BENGKULU

Santoso, Bagus, Susetyo, Susetyo

Jurnal Korpus Vol 2, No 2 (2018): JURNAL ILMIAH KORPUS EDISI AGUSTUS 2018
Publisher : FKIP Universitas Bengkulu

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pola pengembangan paragraf siswa kelas X SMAN 1 Kota Bengkulu. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif. Penelitian ini difokuskan pada pola pengembangan paragraf siswa kelas X SMAN 1 Kota Bengkulu. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini dilakukan dengan cara memberikan kalimat topik yang telah ditentukan dan siswa mengembangkan menjadi sebuah paragraf. Data dianalisis dengan teknik analisis deskriptif yaitu mendeskripsikan pola pengembangan paragraf pada paragraf karangan siswa kelas X SMAN 1 Kota Bengkulu. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat sembilan pola pengembangan paragraf yang digunakan siswa dalam menulis  paragraf. Pola pengembangan paragraf terebut adalah (1) sebab-akibat, (2) narasi, (3) definisi, (4) pertanyaan-jawaban, (5) ilustrasi, (6) contoh, (7) sudut pandang, (8) analogi, (9) perbandingan-pertentangan.Kata kunci : Pola, pengembangan, paragraf

STUDI KOMPARASI HASIL BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN MENULIS PANTUN DENGAN MENERAPKAN COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC) DAN KONVENSIONAL DI KELAS VII SMPN 4 KOTA BENGKULU

Fernando, Okta, Suhartono, Suhartono

Jurnal Korpus Vol 2, No 2 (2018): JURNAL ILMIAH KORPUS EDISI AGUSTUS 2018
Publisher : FKIP Universitas Bengkulu

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

Tujuan penelitian ini  untuk mengetahui perbedaan menulis pantun menggunakan Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) dengan pembelajaran Konvensional siswa kelas VII SMPN 4 Kota Bengkulu tahun ajaran 2017/2018. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen  menggunakan bentuk desain Quasi Eksperimental dengan menggunakan Intact-group comparison. Data dalam penelitian ini adalah deskripsi hasil tes kemampuan menulis pantun kelas eksperimen (CIRC) dan kelas kontrol (model Konvensional). Penelitian ini dilakukan secara bergantian antara dua kelas VII 5 (eksperimen) dan VII 6 (kontrol) yang semuanya berjumlah 64 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes. Hasil penelitian dengan menggunakan rumus t-test terdapat perbedaan perhitungan dan temuan pada kemampuan menulis pantun siswa menggunakan model CIRC dan menggunakan model konvensional, uji t-test diperoleh hasil t-hitung 2,63. Nilai rata-rata untuk kelas eksperimen yang diperoleh siswa sebesar 90,5, masuk dalam kategori sangat baik dan nilai rata-rata untuk kelas kontrol yang diperoleh siswa sebesar 79,4, masuk dalam kategori baik, sehingga terdapat nilai rata-rata selisih antara kedua model senilai 9,8 pada hasil tes siswa.Kata Kunci: Kemampuan menulis, pantun, CIRC

PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN MEDIA VISUAL PROYEKSI DALAM KETERAMPILAN MENULIS TEKS FABEL PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 5 KOTA BENGKULU TAHUN AJARAN 2016/2017

Haryani, Septiza, Hamzah, Syukri, Arono, Arono

Jurnal Korpus Vol 2, No 2 (2018): JURNAL ILMIAH KORPUS EDISI AGUSTUS 2018
Publisher : FKIP Universitas Bengkulu

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

Penelitian ini bertujuan menggambarkan Pembelajaran Menggunakan Media Visual Proyeksi dalam Keterampilan Menulis Teks Fabel Pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 5 Kota Bengkulu Tahun Ajaran 2016/2017.Penelitian ini merupakan penelitian metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif.Populasi dalam penelitian ini siswa kelas VII SMP Negeri 5 Kota Bengkulu tahun ajaran 2016/2017 dengan jumlah 240 siswa.Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes.Instrumen pada penelitian adalah dengan menggunakan tes tertulis. Teknik analisis data memberikan penilaian (skor terhadap menulis siswa), penilaian dilakukan oleh dua orang yaitu penilai satu peneliti sendiri (P1) dan penilai kedua (P2) Guru Bahasa Indonesia SMP Negeri 5 Kota Bengkulu, menggunakan skor P1 dan P2, menghitung nilai rata-rata siswa dengan menggunakan rumus. Hasil perhitungan yang dianalisis diperoleh nilai rata-rata sebesar 71,82 nilai tersebut bila dilihat pada kriteria penilaian termasuk dalam kategori baik karena terletak  pada interval nilai 70-79. Dengan demikian, kemampuan menulis teks fabel pada siswa kelas VII SMP Negeri 5 Kota Bengkulu termasuk dalam kategori baik. Rincian kemampuan menulis siswa yaitu: 2 siswa termasuk dalam kategori nilai sangat baik, 6 siswa termasuk kategori nilai baik, 17 siswa termasuk dalam kategori nilai cukup, tidak ada siswa termasuk dalam kategori nilai kurang, dan tidak ada siswa dalam kategori nilai sangat kurang.Kata kunci : keterampilan menulis teks fabel

NILAI RELIGIUS DAN NILAI SOSIAL DALAM MATERI PEMBELAJARAN SASTRA (CERPEN) PADA BUKU TEKS BAHASA INDONESIA SMP/MTs KELAS VIII

Purwandi, Eko, Agustina, Emi, Canrhas, Amril

Jurnal Korpus Vol 2, No 2 (2018): JURNAL ILMIAH KORPUS EDISI AGUSTUS 2018
Publisher : FKIP Universitas Bengkulu

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan nilai religius dan nilai sosial dalam materi pembelajaran sastra (cerpen) pada buku teks bahasa Indonesia SMP/MTs kelas VIII. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif, sedangkan metode yang digunakan adalah metode deskriptif dan juga pendekatan model analisis konten. Data penelitian ini adalah  tiga cerpen yang ada di Buku Teks Bahasa Indonesia Wahana Pengetahuan SMP/MTs kelas VIII, yaitu cerpen “Nasehat Untuk Anakku, Emak dan Sepotong Roti, Ke Luar Negeri Untuk Mengembalakan Sapi”. Dari hasil analisis yang dilakukan terhadap  ketiga cerpen pada buku teks bahasa Indonesia SMP/MTs kelas VIII maka diketahui bahwa nilai religius adalah suatu pandangan yang berhubungan manusia dengan Tuhan terdiri dari; syukur, sabar, tawadhu, tawakal, ikhtiar, dan istiqomah. Nilai religius tersebut mencerminkan akhlak sesorang yaitu akhlak kepada Allah SWT, akhlak kepada orang tua, dan akhlak dalam menerima ketentuan Allah. Hal ini baik  untuk siswa menerapkannya dalam pembelajaran di sekolah maupun kehidupan sehari-hari. Dan nilai sosial adalah suatu kesadaran yang memiliki kualitas perilaku, pikiran, dan karakter yang dianggap masyarakat baik, terdiri dari; peduli keluarga, peduli sesama, jujur, kerja keras, mandiri, dan sopan santun. Nilai-nilai sosial yang terkandung dalam cerpen tersebut berguna dalam menanamkan sikap sosial pada peserta didik. Nilai pada cerpen tersebut dapat membantu dalam membentuk karakter peserta didik.Kata Kunci: Nilai religius, nilai sosial, teks cerpen, buku teks

PERBEDAAN KEMAMPUAN MENULIS PUISI MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN EXAMPLE NON EXAMPLE DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KONVENSIONAL SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 7 KOTA BENGKULU

Efrizal, Rian, Ariesta, Ria, Yulistio, Didi

Jurnal Korpus Vol 2, No 2 (2018): JURNAL ILMIAH KORPUS EDISI AGUSTUS 2018
Publisher : FKIP Universitas Bengkulu

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

Tujuan Penelitian ini untuk mendeskripsikan perbedaan kemampuan menulis puisi menggunakan model pembelajaran example non example dengan menggunakan model pembelajaran konvensional siswa kelas VIII SMP Negeri 7 Kota Bengkulu. Data yang diperoleh berupa hasil tes kemampuan siswa menulis puisi dengan model pembelajaran yang berbeda dan diterapkan pada kelas yang berbeda. Populasi pada penelitian ini seluruh siswa kelas VIII SMPN 7 Kota Bengkulu, dan yang menjadi sampel pada penelitian ini siswa kelas VIII D belajar dengan menggunakan model pembelajaran example non example dan siswa kelas VIII E yang belajar dengan menggunakan model pembelajaran konvensional. Metode yang digunakan pada penelitian ini menggunakan metode kuantitatif, dengan teknik pengumpulan data menggunakan tes kemampuan menulis puisi, dan dianalisis menggunakan teknik analisis uji beda atau uji “t”. Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) kemampuan menulis puisi menggunakan model pembelajaran example non example hasil nilai rata-ratanya 73,47 yang termasuk dalam kategori baik, (2) kemampuan menulis puisi dengan menggunakan model pembelajaran konvensional nila rata-ratanya 60,78 yang termasuk dalam kategori cukup, dan (3) terdapat perbedaaan antara kemampuan menulis puisi  menggunakan model pembelajaran example non example dengan mengggunakan model pembelajaran konvensional, dengan demikian Ha diterima.Kata kunci: Menulis, puisi, example non example, konvensional

PELAKSANAAN PROGRAM REMEDIAL PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA SISWA KELAS VIII DI SMP IT IQRA’ KOTA BENGKULU

Astuti, Extis Yuli, Yulistio, Didi, Arono, Arono

Jurnal Korpus Vol 2, No 2 (2018): JURNAL ILMIAH KORPUS EDISI AGUSTUS 2018
Publisher : FKIP Universitas Bengkulu

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan remedial mata pelajaran Bahasa Indonesia dan faktor-faktor yang menyebabkan siswa mengalami remedial. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan subjek siswa kelas VIII. Pengumpulan data dilaksanakan dengan observasi dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, display data dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa dalam pelaksanaan program remedial waktu pelaksanaan program remedial dilaksanakan dalam waktu satu minggu. Jumlah siswa yang melaksanakn remedial sebanyak 33 siswa. Metode yang digunakan dalam melaksanakan program remedial, yaitu pemberian tugas secara mandiri yang dikerjakan di rumah masing-masing. Faktor-faktor yang menyebabkan siswa remedial mencakup (1) faktor internal yang meliputi 5 aspek yaitu kebiasaan belajar, percaya diri, sikap terhadap belajar, menyimpan perolehan hasil belajar dan menggali hasil belajar yang tersimpan, dan (2) faktor eksternal, yaitu aspek kebijakan penilaian.Kata kunci: Pelaksanaan program remedial

NILAI-NILAI RELIGIUSITAS DALAM NOVEL TASBIH CINTA DI LANGIT MOSKOW KARYA INDAH EL-HAFIDZ

Putri, Marina Melani, Agustina, Emi, Canrhas, Amril

Jurnal Korpus Vol 2, No 2 (2018): JURNAL ILMIAH KORPUS EDISI AGUSTUS 2018
Publisher : FKIP Universitas Bengkulu

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan nilai-nilai religiusitas dalam novel Tasbih Cinta di Langit Moskow karya Indah El-Hafidz. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan Psikologi Sastra. Pendekatan ini digunakan untuk mendeskripsikan data-data dalam novel Tasbih Cinta di Langit Moskow yang berkaitan dengan nilai-nilai religiusitas. Langkah-langkah analisis data dalam penelitian ini yaitu: 1) Membuat sinopsis cerita novel Tasbih Cinta di Langit Moskow; 2) Menganalisis tema, tokoh/penokohan, alur, dan latar novel Tasbih Cinta di Langit Moskow; 3) Menganalisis nilai religiusitas dalam novel Tasbih Cinta di Langit Moskow; 4) Membuat kesimpulan hasil analisis dari novel Tasbih Cinta di Langit Moskow. Hasil pembahasan dalam penelitian ini yaitu didapatkan nilai religiusitas dalam novel Tasbih Cinta di Langit Moskow yang dicerminkan dalam bentuk: Keyakinan terhadap Tuhan, Tuhan tempat mengadu dan meminta pertolongan, selalu berdoa, berserah diri kepada Tuhan, hidup penuh syukur, melaksanakan kewajiban,  memohon ampunan kepada Tuhan, serta menolong dan perduli terhadap ciptaan Tuhan. Penelitian ini menghasilkan kesimpulan yaitu diperoleh nilai-nilai religiusitas berupa keyakinan seorang hamba terhadap Tuhannya dan kecintaan seorang anak terhadap orangtuanya.Kata kunci: Nilai-nilai religiusitas, novel

POLA PENALARAN PADA BAGIAN LATAR BELAKANG SKRIPSI MAHASISWA PROGRAM STUDI PETERNAKAN FAKULTAS PERTANIAN UNIVERSITAS BENGKULU TAHUN 2016

Setiawan, Andri, Yulistio, Didi, Gumono, Gumono

Jurnal Korpus Vol 2, No 2 (2018): JURNAL ILMIAH KORPUS EDISI AGUSTUS 2018
Publisher : FKIP Universitas Bengkulu

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

Tujuan Penelitian ini untuk mendeskripsikan pola penalaran pada bagian latar belakang skripsi mahasiswa Program Studi Peternakan Fakultas Pertanian Universitas Bengkulu tahun 2016. Peneliti menggunakan teori Toulmin mencakup enam unsur argumen, yaitu C (claim), pernyataan , G (ground) alasan atau bukti, W (warrant) pendukung, B (backing) pendukung tambahan, M (modal qualifier) kepastian pernyataan atau ukuran klaim, dan R (rebuttal) penyangkalan. Metode penelitian yang digunakan, yaitu deskripsi kualitatif. Data dalam penelitian ini berupa kalimat pada bagian latar belakang skripsi mahasiswa Program Studi Peternakan Fakultas Pertanian Universitas Bengkulu tahun 2016, yang berjumlah 20 data. Sumber data penelitian ini yaitu, skripsi mahasiswa Program Studi Peternakan Fakultas Pertanian tahun 2016 Universitas Bengkulu. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini yaitu dokumentasi. Analisis data dengan langkah sebagai berikut (i) membaca teks, (ii) mengklasifikasikan teks, (iii) mengelompokkan data sesuai permasalahan, (iv) menganalisis data penelitian sesuai permasalahan, (v) interpretasi dan kualifikasi data sesuai masalah. Hasil penelitian ditemukan beberapa pola penalaran dengan variasinya. Pola tersebut adalah (1) pola II (C-G-W) dengan pola (C-G-W) dan (W-C-G), (2) pola III (C-G-W-B) dengan variasi pola (G-W-B-C), (G-W-C-B), dan (W-B-G-C), (3) pola IV (C-G-W-B-MQ) dengan variasi pola (W-B-C-MQ-G), (G-C-W-B-MQ), (W-C-MQ-G-B), (W-C-G-B-MQ), (W-B-G-C-MQ), (G-C-W-MQ-B), (G-W-C-B-MQ), (C-G-W-B-MQ) dan (G-C-MQ-W-B) (4) pola V (C-G-W-B-MQ-R) dengan variasi pola (C-W-G-B-MQ-R), (C-G-W-B-R-MQ), (G-C-W-R-B-MQ), (W-B-G-R-C-MQ), dan (W-G-B-C-R-MQ).Variasi tersebut hanya terletak pada penempatan kalimat yang memiliki fungsi unsur argumentasi.Kata kunci: Pola penalaran, bagian latar belakang skripsi, teori Toulmin