cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota bengkulu,
Bengkulu
INDONESIA
Jurnal Ilmiah KORPUS
Published by Universitas Bengkulu
ISSN : -     EISSN : 26146614     DOI : -
Core Subject : Education,
Jurnal Ilmiah KORPUS merupakan jurnal Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FKIP UNIB. Jurnal ini memuat dan menyebarluaskan hasil kajian ilmiah dan hasil-hasil penelitian mahasiswa dan dosen yang terpilih tentang bahasa, sastra, dan pengajarannya. KORPUS terbit tiga kali dalam setahun, yaitu pada bulan April, Agustus, dan Desember.
Arjuna Subject : -
Articles 84 Documents
IMPLEMENTASI GERAKAN LITERASI SEKOLAH DI SMP NEGERI 4 KOTA BENGKULU Wirawan, Noven Handani; Trianto, Agus; Gumono, Gumono
Jurnal Korpus Vol 2, No 3 (2018): JURNAL ILMIAH KORPUS EDISI DESEMBER 2018
Publisher : FKIP Universitas Bengkulu

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (457.099 KB) | DOI: 10.33369/jik.v2i3.6785

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan implementasi Gerakan Literasi Sekolah di SMP Negeri 4 Kota Bengkulu. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Data yang diperoleh berupa informasi mengenai pelaksanaan Gerakan Literasi Sekolah serta hal-hal yang memengaruhi pelaksanaan Gerakan Literasi Sekolah. Sumber data pada penelitian ini yakni kepala sekolah, wakil kepala kurikulum, kepala perpustakaan, guru Bahasa Indonesia, serta peserta didik. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan 1) reduksi data, 2) penyajian data, dan 3) penarikan kesimpulan/verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa SMP Negeri 4 Kota Bengkulu telah melaksanakan beberapa program literasi, seperti 1) kegiatan 15 menit membaca buku nonpelajaran, 2) jurnal membaca, 3) penghargaan pengunjung perpustakaan, 4) sudut baca dan pondok belajar, serta 5) kunjungan perpustakaan daerah. Program-program tersebut belum terlaksana dengan maksimal, karena tidak adanya Tim Literasi Sekolah. Implementasi Gerakan Literasi Sekolah di SMP Negeri 4 Kota Bengkulu masih berada pada tahap pembiasaan.Kata kunci: implementasi, Gerakan Literasi Sekolah
ANALISIS PERTANYAAN GURU DAN SISWA DALAM PROSES PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI KELAS VII SMP NEGERI 4 KOTA BENGKULU Faizah, Dini; Utomo, Padi; Arifin, M.
Jurnal Korpus Vol 2, No 3 (2018): JURNAL ILMIAH KORPUS EDISI DESEMBER 2018
Publisher : FKIP Universitas Bengkulu

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (468.151 KB) | DOI: 10.33369/jik.v2i3.6780

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan jenjang dan macam-macam pertanyaan yang diajukan oleh guru dan siswa dalam proses pembelajaran Bahasa Indonesia kelas VII-1, VII-3, dan VII-4 SMP Negeri 4 Kota Bengkulu tahun ajaran 2017/2018. Metode dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Hasil analisis kemunculan pertanyaan yang diajukan oleh guru di kelas VII-1, VII-3, dan VII-4 dalam delapan kali pertemuan sebanyak enam puluh dua pertanyaan, kemudian pertanyaan sering muncul pada jenjang C-2 (memahami) dan macam pertanyaan yang diajuakan menurut cara adalah pertanyaan menggali. Pertanyaan yang diajukan oleh siswa adalah sebanyak tujuh pertanyaan, kemudian  pertanyaan sering muncul pada jenjang C-2 (memahami) dan macam pertanyaan yang diajukan menurut cara ialah pertanyaan menggali. Pertanyaan-pertanyaan tersebut, lebih sering diajukan oleh guru dari pada siswa. pertanyaan sering muncul pada kegiatan pendahuluan dari pada kegiatan inti. Kemunculan-kemunculan pertanyaan tersebut belum berurutan sesuai dengan tingkatan ranah kognitif Taksonomi Anderson dan pertanyaan yang diajukan lebih pada macam pertanyaan menurut cara yakni pertanyaan menggali. Kata kunci: pertanyaan, macam-macam pertanyaan, taksonomi Anderson
KOHESI DAN KOHERENSI DALAM RUBRIK OLAHRAGA HARIAN RAKYAT BENGKULU Apreno, Reci; Suryadi, Suryadi; Djunaidi, Bambang
Jurnal Korpus Vol 2, No 3 (2018): JURNAL ILMIAH KORPUS EDISI DESEMBER 2018
Publisher : FKIP Universitas Bengkulu

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (456.166 KB) | DOI: 10.33369/jik.v2i3.6789

Abstract

Tujuan penelitian  untuk mengetahui dan mendeskripsikan penggunaan peranti kohesi dan koherensi pada rubrik ALL SPORT Harian Rakyat Bengkulu. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Data dalam penelitian ini berupa teks wacana berita yang bersumber dari rubrik ALL SPORT Harian Rakyat Bengkulu edisi Maret 2018. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik dokumentasi. Teknik analisis dilakukan dengan analisis wacana. Dalam penelitian ini keabsahan data dilakukan dengan triangulasi. Hasil penelitian ini ditemukan penggunaan peranti kohesi dan koherensi pada teks wacana berita rubrik ALL SPORT Harian Rakyat Bengkulu edisi 2018 yaitu, kohesi gramatikal  meliputi pronomina, substitusi, konjungsi, dan kohesi leksikal berupa repetisi atau pengulangan. Kekoherensian pada wacana berita rubrik ALL SPORT Harian Rakyat Bengkulu edisi Maret 2018 ditunjukkan dengan penggunaan peranti kohesi gramatikal seperti pronomina, substitusi, konjungsi, dan leksikal berupa kohesi repetisi. Selain itu kekoherensian wacana juga ditunjukkan dari topik atau informasi yang  terkandung di setiap bagian wacana dengan cara melihat apakah di setiap bagian wacana menjelaskan satu topik dan menyampaikan informasi yang sesuai dengan judul wacana. Berdasarkan hasil penelitian maka disimpulkan bahwa kohesi gramatikal dan kohesi leksikal  memiliki peran masing-masing dalam pembentukan wacana, sehingga wacana berita rubrik ALL SPORT Harian Rakyat Bengkulu menjadi koheren.Kata kunci : kohesi, koherensi, rubrik Olahraga Harian Rakyat Bengkulu
KEMAMPUAN MENULIS PUISI BERBASIS MEDIA LINGKUNGAN SISWA KELAS VII SMP NEGERI 5 KOTA BENGKULU Padhilhah, Meike Dwi; Susetyo, Susetyo; Arono, Arono
Jurnal Korpus Vol 2, No 3 (2018): JURNAL ILMIAH KORPUS EDISI DESEMBER 2018
Publisher : FKIP Universitas Bengkulu

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (588.736 KB) | DOI: 10.33369/jik.v2i3.6784

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan kemampuan menulis puisi berbasis me­dia lingkungan siswa kelas VII SMP Negeri 5 Kota Bengkulu. Metode yang digunakan dalam  penelitian ini adalah metode deskriptif. Data dalam penelitian ini berupa hasil tes kemampuan siswa menulis puisi menggunakan media lingkungan. Sumber data dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 5 Kota Bengkulu. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes kemampuan menulis puisi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kemampuan menulis puisi siswa kelas VII SMP Negeri 5 Kota Bengkulu berbasis media lingkungan secara umum berada pada nilai 72.23. Nilai rata-rata tersebut jika dikonversikan dengan perhitungan skala lima terma­suk dalam kategori tinggi, karena hasil teks menulis puisi rata-rata siswa mendapatkan nilai 70-79. Kata Kunci: Kemampuan Menulis Puisi, Media Lingkungan
KAJIAN UJARAN KEBENCIAN DI MEDIA SOSIAL Ningrum, Dian Junita; Suryadi, Suryadi; Chandra Wardhana, Dian Eka
Jurnal Korpus Vol 2, No 3 (2018): JURNAL ILMIAH KORPUS EDISI DESEMBER 2018
Publisher : FKIP Universitas Bengkulu

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (476.389 KB) | DOI: 10.33369/jik.v2i3.6779

Abstract

Ujaran kebencian merupakan fenomena kebahasaan yang bertolak belakang dengan konsep kesantunan berbahasa sebagai indikator kecerdasan linguistik dan etika berkomunikasi. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan bentuk tindak ujaran kebencian di media sosial serta jenis tindak tutur ilokusi pada komentar netizen di facebook. Metode dalam penelitian ini adalah deskriptif. Data berupa tuturan netizen pada kolom komentar yang mengandung ujaran kebencian dan tindak tutur ilokusi asertif, direktif, komisif, ekspresif dan deklaratif. Teknik pengumpulan datanya adalah dokumentasi. Langkah analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis kualitatif deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bentuk ujaran kebencian yang ditemukan antara lain bentuk penghinaan, menghasut, provokasi politik, pencemaran nama baik, penistaan agama, dan menyebarkan berita bohong (hoax) yang tergolong menjadi empat topik yaitu tentang masalah politik, sosial, ekonomi dan agama. Adapun jenis tindak tutur ilokusi yang ditemukan antara lain bentuk tindak tutur ilokusi asertif 32,63%, direktif 20,63%, komisif 9,26%, ekspresif 35,9%, dan deklaratif 1,58% dengan total keseluruhan 882 data tuturan dari 20 konteks tuturan. Kesimpulan pertama, pada konteks tuturan paling banyak ditemukan bentuk ujaran kebencian penistaan agama dan pada kolom komentar paling banyak ditemukan bentuk penghinaan bersifat mencela. Kedua, jenis Tindak Tutur Ilokusi (TTI) paling banyak ditemukan pada tuturan netizen di kolom komentar adalah TTI Ekspresif kategori mengkritik. Kata kunci : Ujaran Kebencian (hate speech), fungsi tindak tutur ilokusi, komentar facebook (fb) 2018
KAJIAN HERMENEUTIK SCHLEIERMACHER TERHADAP KUMPULAN LAGU KELOMPOK MUSIK EFEK RUMAH KACA Octaviani, Putri; Sarwono, Sarwit; Lubis, Bustanuddin
Jurnal Korpus Vol 2, No 3 (2018): JURNAL ILMIAH KORPUS EDISI DESEMBER 2018
Publisher : FKIP Universitas Bengkulu

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (470.524 KB) | DOI: 10.33369/jik.v2i3.6788

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menemukan dan memahami makna teks yang terdapat pada lirik lagu Efek Rumah Kaca dengan menggunakan konsep interpretasi gramatis dan interpretasi psikologis Schleiermacher. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Hermeneutik Schleirmacher. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa dalam lirik-lirik kelompok musik Efek Rumah Kaca banyak terdapat repetisi atau pengulangan baik dalam kata, kalimat ataupun bait, kemudian juga terdapat kata dalam lirik yang saling berkaitan atau disebut hubungan kausal. Selain itu, ada pula beberapa kata yang mendapat imbuhan sehingga terjadi gramatikalisasi yaitu perubahan bentuk suatu kata yang memengaruhi makna kata dan makna lirik lagu tersebut. Penelitian ini juga menunjukan bahwa Lirik-lirik yang ditulis tercipta ketika penulis melihat keadaan dan isu-isu sosial yang terjadi di masyarakat pada saat lirik ini diciptakan. Contohnya lirik lagu berjudul Jalang dan Di Udara yang isinya berbicara mengenai seseorang yang memiliki kekuasaan. Lirik yang berjudul Jalang berbicara mengenai ketidakadilan yang terjadi di masyarakat pada saat itu. Ketidakadilan yang terjadi berupa perampasan hak-hak dasar dari seorang manusia yaitu hak berpendapat dan berekspresi. Selain itu, ada pula lirik berjudul Di Udara yang berbicara mengenai seorang aktivis yang dibunuh dalam perjalannya dan sampai saat ini kebenaran kasusnya tidak juga terungkap.Kata kunci: Efek rumah kaca, Hermeneutik, Schleiermacher
ANALISIS NILAI-NILAI HUMANISME DALAM NOVEL REMBULAN TENGGELAM DI WAJAHMU KARYA TERE LIYE Agresti, Lise; Agustina, Emi; Canrhas, Amril
Jurnal Korpus Vol 2, No 3 (2018): JURNAL ILMIAH KORPUS EDISI DESEMBER 2018
Publisher : FKIP Universitas Bengkulu

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (479.959 KB) | DOI: 10.33369/jik.v2i3.6783

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui persoalan-persoalan dalam novel dan mendeskripsikan nilai-nilai humanisme dalam novel Rembulan Tenggelam di Wajahmu karya Tere Liye. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Data penelitian yang diambil dalam penelitian ini berupa teks mengenai nilai-nilai humanisme. Sumber data penelitian ini adalah novel  Rembulan Tenggelam di Wajahmu karya Tere Liye, terbitan Republika, Bandung tahun 2009 dengan tebal 425  halaman. Teknik pengumpulan data menggunakan studi pustaka atau studi dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan dalam novel Rembulan Tenggelam di Wajahmu mengungkapkan persoalan yaitu manusia terkadang menilai bahwa hal buruk yang terjadi dalam hidupnya karena ketidak-adilan dari Sang Penggaris takdir kehidupan. Akhirnya sering kali melampiaskan pada hal buruk misalnya kekerasan fisik ataupun verbal terhadap orang lain. Menerima takdir-Nya seharusnya dapat memberikan sebuah ketenangan jiwa seperti peduli dan tolong menolong. Nilai-nilai humanisme berupa menjadi pribadi yang mengetahui keadaan diri dan selalu merasa cukup atas semua hal yang terjadi.Kata Kunci: Nilai, humanisme, novel
PELAKSANAAN LITERASI DALAM PEMBELAJARAN DI KELAS VIII SMP NEGERI 9 KOTA BENGKULU Novandi, Deri; Trianto, Agus; Gumono, Gumono
Jurnal Korpus Vol 2, No 3 (2018): JURNAL ILMIAH KORPUS EDISI DESEMBER 2018
Publisher : FKIP Universitas Bengkulu

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (438.119 KB) | DOI: 10.33369/jik.v2i3.6778

Abstract

Peningkatan keterampilan literasi dalam aktivitas pembelajaran telah digiatkan di sekolah-sekolah di seluruh Indonesia termasuk SMP Negeri 9 Kota Bengkulu. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan pelaksanaan literasi yang terjadi selama aktivitas pembelajaran di kelas VIII SMP Negeri 9 Kota Bengkulu. Pendeskripsian pelaksanaan literasi dalam penelitian ini meliputi kegiatan literasi yang berlangsung pada pembelajaran Bahasa Indonesia, Ilmu Pengetahuan Alam, dan Ilmu Pengetahuan Sosial. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa pelaksanaan literasi dalam pembelajaran di kelas VIII SMP Negeri 9 Kota Bengkulu telah tercakup dalam aktivitas pembelajaran dengan berbagai metode dan kegiatan yang dilakukan guru dan siswa sesuai dengan Standar Kompetensi (SK) dan Kompetensi Dasar (KD). Pembelajaran literasi di kelas VIII SMP Negeri 9 Kota Bengkulu telah sesuai dan memenuhi prinsip-prinsip pembelajaran literasi mulai dari tahap perencanaan, tahap pelaksanaan, dan tahap evaluasi. Kegiatan pembelajaran yang berlangsung dapat memotivasi siswa dan guru dalam meningkatkan keterampilan literasi informasi dan berkehidupan serta literasi dasar siswa (membaca, menulis, dan berbahasa lisan). Kata kunci: pelaksanaan literasi, aktivitas pembelajaran
NILAI BUDAYA PADA LIRIK LAGU BERBAHASA REJANG DALAM KASET PRODUKSI AFIQ RAFLESIA RECORD Purwanti, Purwanti; Agustina, Emi; Chanafiah, Yayah
Jurnal Korpus Vol 2, No 3 (2018): JURNAL ILMIAH KORPUS EDISI DESEMBER 2018
Publisher : FKIP Universitas Bengkulu

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (458.315 KB) | DOI: 10.33369/jik.v2i3.6787

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah menjelaskan makna dan nilai budaya yang terdapat dalam kaset produksi Afiq Raflesia Record. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif. Penelitian ini difokuskan pada teks lirik lagu berbahasa Rejang.Teknik pengumpulan data pada penelitian ini dengan menggunakan teknik dokumentasi. Data yang dikumpulkan berbentuk kaset yang  berisikan lagu-lagu berbahasa Rejang yaitu Rejung Bumei Rafflesia dan Dendang Sehasen produksi Afiq Raflesia Record. Teknik analisis data menggunakan teknik dokumentasi. Data dianalisis guna mendeskripsikan makna dan nilai budaya yang ada dalam lirik lagu berbahasa Rejang. Hasil penelitian ini yaitu delapan (8) lagu yang liriknya berbahasa Rejang dapat dikelompokkan ke dalam dua (2) kelompok besar, pesimistik dan optimistik. Nilai budaya yang terdpat di dalamnya adalah “Lem idup, kabo tukuk”, “Judau, Jerkai, Maut do’o Tuhan kute matur, ite  nak denio yo cuma nam usaho ngen duo”, “Tuai-tuai ubai”, “Nak das lenget ade lenget”, “Bumei mengindoi”, dan “Tnangeak lenget tun”.Kata kunci : Makna, Nilai Budaya, Lirik Lagu Berbahasa Rejang
ANALISIS INTERAKSI GURU DAN SISWA DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI KELAS VII SMP NEGERI 15 KOTA BENGKULU Lisa, Junita Lisdia; Ariesta, Ria; Purwadi, Agus Joko
Jurnal Korpus Vol 2, No 3 (2018): JURNAL ILMIAH KORPUS EDISI DESEMBER 2018
Publisher : FKIP Universitas Bengkulu

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (556.601 KB) | DOI: 10.33369/jik.v2i3.6782

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan interaksi antara guru dan siswa yang terjadi dalam pembelajaran Bahasa Indonesia di kelas VII SMP Negeri 15 Kota Bengkulu, dengan menggunakan analisis interaksi BIAS (Brown Interaction Analysis System). Pendekatan yang digunakan yaitu pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Subjek penelitian adalah guru dan siswa di kelas VII SMP Negeri 15 Kota Bengkulu. Objek penelitian adalah interaksi guru dan siswa dalam pembelajaran Bahasa Indonesia. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik observasi, wawancara. Hasil penelitian menjelaskan bahwa kecenderungan kategori yang muncul pada kegiatan pembelajaran di kelas VII B dan VII C memiliki perbedaan. Berdasarkan tujuh kategori Brown kategori yang cenderung muncul di dalam pembelajaran Bahasa Indonesia di kelas VII B adalah kategori respon siswa (Pupil Respons (PR) siswa lebih banyak berbicara baik berkomentar maupun bertanya, interaksi yang terjadi adalah interaksi dua arah, hal ini berkaitan dengan keterampilan berbicara dan karakteristik materi yang diajarkan. Di kelas VII C kategori yang cenderung muncul adalah kategori pertanyaan guru (Teacher Questions (TQ) yaitu guru yang lebih dominan mengajukan pertanyaan kepada siswa. Interaksi yang terjadi adalah interaksi dua arah karena ketika guru mengajukan pertanyaan beberapa siswa menjawab pertanyaan guru tersebut. Namun, hanya sebatas antara guru dengan siswa atau siswa dengan guru. Interaksi yang terjadi berkaitan dengan karakteristik materi yang diajarkan dan keterampilan yang harus dicapai oleh siswa setelah pembelajaran selesai.Kata kunci: interaksi, guru dan siswa