cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota bengkulu,
Bengkulu
INDONESIA
Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia
Published by Universitas Bengkulu
ISSN : 25484435     EISSN : 26158752     DOI : -
Core Subject : Education,
Jurnal Pendidikan Matematika Reflesia telah memiliki P-ISSN: 2548-4435 (Media Cetak) dan E-ISSN : 2615-8752 (Media Online) yang diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Matematika FKIP Universitas Bengkulu, yang memuat artikel-artikel yang berisi tentang hasil-hasil penelitian, telaah/tinjauan pustaka, kasus lapangan atau gagasan dalam bidang ilmu matematika dan Pendidikan Matematika.
Arjuna Subject : -
Articles 62 Documents
Analisis Kesulitan Siswa dalam Menyesaikan Soal-Soal PISA (Programme for International Student Assessment) di SMP Kota Bengkulu Haji, Saleh; Yumiati, Yumiati; Zamzaili, Zamzaili
Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia Vol 3, No 2 (2018)
Publisher : Program Studi Pascasarjana Pendidikan Matematika FKIP Universitas Bengkulu

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33449/jpmr.v3i2.6884

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesulitan-kesulitan siswa SMP Kota bengkulu dalam menyelesaikan soal-soal PISA ((Programme for International Student Assessment). Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif. Subjek penelitian sebanyak 100 orang, siswa kelas VIII dari SMP 2, 4, 6, 11, 16, dan SMP IT Kota Bengkulu. Hasil penelitian sebagai berikut: 1) Kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal-soal PISA pada sekolah level tinggi adalah 59,39, sekolah level sedang adalah 43,75, dan sekolah level rendah adalah 28,01. 2) Kesulitan-kesulitan siswa yang dialami siswa dalam menyelesaikan soal-soal PISA sebagai berikut: a. Kesulitan dalam memahami soal; b.   Kesulitan dalam mengkaitkan aspek kehidupan nyata ke dalam permasalahan (model) matematika; c. Kesulitan dalam melakukan operasi matematika; dan d. Kesulitan dalam menginterpretasikan hasil penyelesaian matematika ke masalah dunia nyata.
Metakognisi siswa dalam pemecahan masalah matematika siswa SMA dalam pembelajaran matematika berorientasi etnomatematika Rejang Lebong Tanti, Novita; Widada, Wahyu; Haji, Saleh
Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia Vol 3, No 1 (2018)
Publisher : Program Studi Pascasarjana Pendidikan Matematika FKIP Universitas Bengkulu

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (338.514 KB) | DOI: 10.31186/jpmr.v3i1.6286

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui metakognisi siswa dalam pemecahan masalah matematika siswa SMA dalam pembelajaran matematika berorientasi etnomatematika rejang lebong. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa Metakognisi siswa kelas X IPA 2 SMA Negeri 4 Rejang Lebong tentang pemecahan masalah matematika dengan subjek tingkat kognitif tinggi sudah berfikir metakognitif, dapat membuat perencanaan, memonitor dan mengevaluasi proses berfikirnya dalam pemecahan masalah matematika. subjek tingkat kognitif sedang sudah berfikir metakognitif dalam membuat perencanaan, memonitor tetapi belum tepat dalam  mengevaluasi proses berfikirnya dalam proses komunikasi matematis. Subjek tingkat kognitif rendah sudah berfikir metakognitif dalam membuat perencanaan tetapi tidak dapat memonitor dan mengevaluasi proses berfikirnya dalam proses komunikasi matematis.
Pengaruh Kepercayaan Diri (Self Confidence) Berbasis Ekstrakurikuler Pramuka Terhadap Prestasi Matematika Belajar Siswa SMA Negeri 6 Kota Bengkulu Amri, Syaipul
Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia Vol 3, No 2 (2018)
Publisher : Program Studi Pascasarjana Pendidikan Matematika FKIP Universitas Bengkulu

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31186/jpmr.v3i2.6309

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui dan mengkaji kepercayaan diri (self confidence) berbasis Ekstrakurikuler Pramuka, prestasi belajar dan pengaruh kepercayaan diri (self confidence) berbasis Ekstrakurikuler Pramuka terhadap prestasi belajar mata pelajaran Matematika siswa SMA Negeri 6 Kota Bengkulu. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif asosiatif, tetapi peneliti melakukan perlakuan untuk mengumpulkan data dengan mengedarkan kuisioner, test, wawancara terstruktur. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah Skala Psikologi (skala kepercayaan diri) Berbasis Ekstrakurikuler Pramuka dan dokumentasi. Penelitian dilaksanakan dengan melalui tahapan perencanaan dan pelaksanaan. Teknik analisis data digunakan dua jenis analisis yaitu analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan, kepercayaan diri (self confidence) berbasis Ekstrakurikuler Pramuka sangat memuaskan.  Sumbangan pengaruh variabel kepercayaan diri (self confidence) berbasis Ekstrakurikuler Pramuka sebesar 94,1% sedangkan sisanya sebesar 5,9% dipengaruhi faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.
Meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa sma melalui pendekatan pembelajaran matematika realistik berbasis etnomatematika Heryan, Umaedi
Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia Vol 3, No 2 (2018)
Publisher : Program Studi Pascasarjana Pendidikan Matematika FKIP Universitas Bengkulu

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (321.562 KB) | DOI: 10.31186/jpmr.v3i2.6290

Abstract

Penelitian ini merupakan kuasi eksperimen berbentuk kelompok kontrol pretes-postes, dengan perlakuan pendekatan pembelajaran matematika realistik berbasis etnomatematika dan pembelajaran konvensional. Berdasarkan hasil analisis data, diperoleh kesimpulan bahwa peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa yang memperoleh pembelajaran dengan pendekatan pembelajaran matematika realistik berbasis etnomatematika lebih baik daripada siswa yang memperoleh pembelajaran dengan cara konvensional. AbstractThis research is a quasi-experimental pretest-posttest control group, with the treatment of realistic mathematical learning approaches based on ethnomatematics and conventional learning. Based on the results of data analysis, it was concluded that an increase in mathematical communication skills of students who obtained learning with ethnomatematics-based realistic mathematical learning approaches was better than students who obtained conventional learning.
Perbandingan self-concept siswa yang diajar dengan model pembelajaran pencapaian konsep dan model pembelajaran luar kelas Detty, Syefriyani; Haji, Saleh; Nirwana, Nirwana
Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia Vol 3, No 1 (2018)
Publisher : Program Studi Pascasarjana Pendidikan Matematika FKIP Universitas Bengkulu

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (336.585 KB) | DOI: 10.31186/jpmr.v3i1.6285

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Perbandingan Self Concept Siswa Yang Diajar Dengan Model Pembelajaran Pencapaian Konsep Dan Model Pembelajaran Luar Kelas Di SMP Negeri 11 Lubuklinggau. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu (quasy experiment) yaitu nonequivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 11 Lubuklinggau. Sampel dalam penelitian ini diperlukan 2 kelas yang mempunyai distribusi normal dan varians yang homogen. adalah siswa kelas VII 3 dan VII 4 SMP Negeri 11 Kota Lubuklinggau. Hasil penelitian ini adalah terdapat perbedaan self concept siswa yang diajar dengan model pembelajaran pencapaian konsep dan pembelajaran luar kelas di SMP Negeri 11 Lubuklinggau, tampak nilai statistik t hitung = 3,067 dengan angka signifikansi 0,003. Abstract The main purpose of this research is Comparative The Student Comprehension Self Concept which taught by Concept Attainment Model and Outdoor Learning In Junior High School 11 Lubuklinggau. This type of research is quasi experimental research that is nonequivalent control group design. The population in this study are students of class VII of SMP Negeri 11 Lubuklinggau. The sample in this study required 2 classes that have normal distribution and homogeneous variance. are students of class VII 3 and VII 4 in Junior High School 11 Lubuklinggau. The results of this research are There is difference of students' Self Concept which is taught by learning Concept Attainment Model and Outdoor Learning in Junior High School 11 Lubuklinggau, it looks statistic value t = 3,067 with significance number 0,003.
Pengaruh Supervisi Akademik Kepala Sekolah dan Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Guru Matematika Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Di Kota Bengkulu Suharto, Suharto
Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia Vol 3, No 2 (2018)
Publisher : Program Studi Pascasarjana Pendidikan Matematika FKIP Universitas Bengkulu

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31186/jpmr.v3i2.6308

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Pengaruh supervisi akademik kepala sekolah terhadap kinerja guru matematika Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) di Kota Bengkulu. (2) Pengaruh lingkungan kerja terhadap kinerja guru matematika Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) di Kota Bengkulu, dan (3) Pengaruh supervisi akademik kepala sekolah dan lingkungan kerja terhadap kinerja guru matematika Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) di Kota Bengkulu. Penelitian ini merupakan penelitian ex-post facto dan menurut metodenya merupakan jenis penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah guru ekonomi Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) di Kota Bengkulu. Penelitian ini termasuk penelitian populasi dengan responden sebanyak 52 guru. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuesioner dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis regresi berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Terdapat pengaruh positif dan signifikan supervisi akademik kepala sekolah terhadap kinerja guru matematika Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) di Kota Bengkulu dengan nilai koefisien regresi sebesar 0,302, nilai thitung sebesar 2,209, dan nilai signifikansi 0,032. (2) Terdapat pengaruh positif dan signifikan lingkungan kerja terhadap kinerja guru matematika Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) di Kota Bengkulu dengan nilai koefisien regresi sebesar 1,139, nilai thitung sebesar 5,174, dan nilai signifikansi 0,000. (3) Terdapat pengaruh supervisi akademik kepala sekolah dan lingkungan kerja secara bersama-sama terhadap kinerja guru matematika  Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) di Kota Bengkulu dengan nilai Fhitung sebesar 26,611 dan nilai signifikansi sebesar 0,000.
Pengaruh linier kovariat komunikasi matematis peserta didik terhadap rerata kemampuan akhir peserta didik dengan pendekatan pembelajaran matematika realistik berorientasi etnomatematika Bengkulu Yanti, Dwi; Widada, Wahyu; Zamzaili, Zamzaili
Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia Vol 3, No 2 (2018)
Publisher : Program Studi Pascasarjana Pendidikan Matematika FKIP Universitas Bengkulu

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (433.239 KB) | DOI: 10.31186/jpmr.v3i2.6289

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat pengaruh linier kovariat komunikasi matematis peserta didik terhadap rerata kemampuan akhir peserta didik dengan pendekatan pembelajaran matematika realistik berorientasi etnomatematika Bengkulu. Rancangan penelitian ini adalah postes pretest desain. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa SMA N 2 Kota Bengkulu, dengan sampel 74 siswa Kelas XI MIPA-A dan MIPA-C untuk SMA N 2 Bengkulu. Hasil dari penelitian ini adalah bahwa Secara signifikan terdapat pengaruh linier kovariat Pretes kemampuan komunikasi matematis terhadap rerata kemampuan akhir komunikasi matematis untuk peserta didik yang diajarkan dengan pendekatan matematika realistik berorientasi etnomatematika lebih baik dibandingkan model pembelajaran konvensional, dengan nilai statistik F = 8,438 dengan angka signifikan probabilitas 0,000 (p < 0,05), dan nilai statistik parameter estimates t = 5,267 dengan angka signifikan 0,000 < 0,05. AbstractThe purpose of this study was to see the linear influence of students' mathematical communication covariates on the average final ability of students with the approach of realistic mathematics oriented ethnomatematic Bengkulu. The design of this study was a posttest pretest design. The population of this study were all students of SMA N 2 Kota Bengkulu, with a sample of 74 students of Class XI MIPA-A and MIPA-C for SMA N 2 Bengkulu. The results of this study are that significantly there is a linear effect of covariate Pretest mathematical communication skills on the average final ability of mathematical communication for students taught by a realistic mathematical approach oriented ethnomatics is better than conventional learning models, with a statistical value F = 8.438 with significant probability numbers 0,000 (p <0.05), and the statistical value of estimates t = 5.267 with a significant number of 0.000 <0.05.
Kemampuan pemecahan masalah open ended peserta didik sekolah negeri dan swasta dalam pembelajaran matematika realistik berorientasi etnomatematika Bengkulu Yanti, Dwi; Widada, Wahyu; Zamzaili, Zamzaili
Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia Vol 3, No 1 (2018)
Publisher : Program Studi Pascasarjana Pendidikan Matematika FKIP Universitas Bengkulu

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (243.7 KB) | DOI: 10.31186/jpmr.v3i1.6284

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat perbedaan kemampuan pemecahan masalah open ended antara siswa sekolah negeri dan swasta yang diajarkan dengan pendekatan pembelajaran matematika realistik berorientasi etnomatematika Bengkulu. Rancangan penelitian ini adalah postes pretest desain. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa SMA N 2 Kota Bengkulu dan SMA IT Iqra Bengkulu, dengan sampel 74 siswa Kelas XI MIPA-A dan MIPA-C untuk SMA N 2 Bengkulu, dan untuk siswa SMA IT Iqra Bngkulu sebanyak 47 siswa kelas XI.IPA.1 dan XI.IPA.2. Hasil dari penelitian ini adalah bahwa tidak terdapat perbedaan rerata kemampuan pemecahan masalah open ended  peserta didik sekolah negeri dan sekolah swasta yang diajarkan dengan pendekatan realistik berorientasi etnomatematika Bengkulu. Dengan nilai statistik Parameter Estimates t = - 0, 673 dan angka signifikansi 0,504 > 0,05. AbstractThe purpose of this study was to look at the differences in open ended problem solving skills between public and private school students taught with the approach of realistic ethnomatematic oriented Bengkulu mathematics learning. The design of this study was a posttest pretest design. The population of this study were all students of SMA N 2 Bengkulu City and Iqra Bengkulu High School, with a sample of 74 students of Class XI MIPA-A and MIPA-C for SMA N 2 Bengkulu, and for Iqra Bngkulu High School IT students as many as 47 students in class XI. .1 and XI.IPA.2. The results of this study are that there is no difference in the mean open ended problem-solving ability of public and private school students taught by the realistic approach oriented Bengkulu ethnomatematics. With the statistical value Parameter Estimates t = - 0, 673 and the significance number 0.504> 0.05.
Perbandingan Kemampuan Pemahaman Konsep Siswa yang Diajar dengan Model Pembelajaran Pencapaian Konsep dan Model Pembelajaran Luar Kelas Syefriyani, Detty
Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia Vol 3, No 2 (2018)
Publisher : Program Studi Pascasarjana Pendidikan Matematika FKIP Universitas Bengkulu

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31186/jpmr.v3i2.6297

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Perbandingan Kemampuan Pemahaman Konsep Siswa Yang Diajar Dengan Model Pembelajaran Pencapaian Konsep Dan Model Pembelajaran Luar Kelas Di SMP Negeri 11 Lubuklinggau. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu (quasy experiment) yaitu nonequivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 11 Lubuklinggau. Sampel dalam penelitian ini diperlukan 2 kelas yang mempunyai distribusi normal dan varians yang homogen. adalah siswa kelas VII 3 dan VII 4 SMP Negeri 11 Kota Lubuklinggau. Hasil penelitian ini adalah terdapat perbedaan kemampuan pemahaman konsep siswa yang diajar dengan model pembelajaran pencapaian konsep dan pembelajaran luar kelas di SMP Negeri 11 Lubuklinggau, tampak nilai statistik t hitung = - 2, 460 dengan angka signifikansi 0,017.
Metakognisi siswa dalam pemecahan masalah matematika siswa sma dalam pembelajaran matematika berorientasi etnomatematika Rejang Lebong Novita, Tanti; Widada, Wahyu
Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia Vol 3, No 2 (2018)
Publisher : Program Studi Pascasarjana Pendidikan Matematika FKIP Universitas Bengkulu

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (325.17 KB) | DOI: 10.31186/jpmr.v3i2.6288

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui metakognisi siswa dalam pemecahan masalah matematika siswa SMA dalam pembelajaran matematika berorientasi etnomatematika rejang lebong. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa Metakognisi siswa kelas X IPA 2 SMA Negeri 4 Rejang Lebong tentang pemecahan masalah matematika dengan subjek tingkat kognitif tinggi sudah berfikir metakognitif, dapat membuat perencanaan, memonitor dan mengevaluasi proses berfikirnya dalam pemecahan masalah matematika. subjek tingkat kognitif sedang sudah berfikir metakognitif dalam membuat perencanaan, memonitor tetapi belum tepat dalam  mengevaluasi proses berfikirnya dalam proses komunikasi matematis. Subjek tingkat kognitif rendah sudah berfikir metakognitif dalam membuat perencanaan tetapi tidak dapat memonitor dan mengevaluasi proses berfikirnya dalam proses komunikasi matematis. AbstractThis study aims to determine the students' metacognition in solving mathematical problems of high school students in learning mathematics oriented ethnomatematics. This type of research is qualitative descriptive research. The results showed that Metacognition of class X IPA 2 students of Rejang Lebong 4 High School about solving mathematical problems with high cognitive subjects had metacognitive thinking, could plan, monitor and evaluate the process of thinking in solving mathematical problems. cognitive level subjects are already thinking metacognitive in planning, monitoring but not yet right in evaluating the process of thinking in the process of mathematical communication. Low cognitive level subjects have metacognitive thinking in planning but cannot monitor and evaluate the process of thinking in the mathematical communication process.