Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia
Published by Universitas Bengkulu
Jurnal Pendidikan Matematika Reflesia telah memiliki P-ISSN: 2548-4435 (Media Cetak) dan E-ISSN : 2615-8752 (Media Online) yang diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Matematika FKIP Universitas Bengkulu, yang memuat artikel-artikel yang berisi tentang hasil-hasil penelitian, telaah/tinjauan pustaka, kasus lapangan atau gagasan dalam bidang ilmu matematika dan Pendidikan Matematika.
Articles
43
Articles
Efektifitas Etnomatematika dalam Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Matematika

Sarwoedi, Sarwoedi, Marinka, Desi Okta, Febriani, Peni, Wirne, I Nyoman

Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia Vol 3, No 2 (2018): Ethnomathematics
Publisher : Program Studi Pascasarjana Pendidikan Matematika FKIP Universitas Bengkulu

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

Etnomatematika adalah matematika dalam suatu budaya. Budaya yang dimaksud adalah kebiasaan-kebiasaan perilaku manusia dalam lingkungannya, seperti perilaku kelompok masyarakat perkotaan atau pedesaan, kelompok kerja, kelas profesi, siswa dalam kelompok umur, masyarakat pribumi, dan kelompok-kelompok tertentu lainnya. Berbagai Upaya telah dilakukan untuk menumbuhkan semangat dan motivasi belajar siswa terhadap matematika. Misalnya perbaikan dalam kurikulum, metode, serta model pembelajaran yang diterapkan. Dengan harapan dapat meningkatkan hasil belajar dan kemampuan siswa. Salah satu upaya tersebut adalah melalui pembelajaran yang berbasis etnomatematika. Pembelajaran matematika berbasis etnomatematika terbukti efektif dalam meningkatkan  kemampuan pemahaman matematika siswa. Hal ini terbukti bahwa dari hasil penelitian dan beberapa indiktor kemampuan pemahaman siswa menyatakan bahwa ada pengaruh etnomatematika terhadap kemampuan pemahaman matematika siswa, yaitu dalam hal Mengidentifikasi, Menerjemah, menafsirkan makna simbol, Memahamai dan menerapkan ide matametis, Membuat suatu eksplorasi (perkiraan). Serta meningkatnya perolehan nilai hasil belajar siswa. 

Pengaruh Kepercayaan Diri (Self Confidence) Berbasis Ekstrakurikuler Pramuka Terhadap Prestasi Matematika Belajar Siswa SMA Negeri 6 Kota Bengkulu

Amri, Syaipul

Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia Vol 3, No 2 (2018): Ethnomathematics
Publisher : Program Studi Pascasarjana Pendidikan Matematika FKIP Universitas Bengkulu

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui dan mengkaji kepercayaan diri (self confidence) berbasis Ekstrakurikuler Pramuka, prestasi belajar dan pengaruh kepercayaan diri (self confidence) berbasis Ekstrakurikuler Pramuka terhadap prestasi belajar mata pelajaran Matematika siswa SMA Negeri 6 Kota Bengkulu. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif asosiatif, tetapi peneliti melakukan perlakuan untuk mengumpulkan data dengan mengedarkan kuisioner, test, wawancara terstruktur. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah Skala Psikologi (skala kepercayaan diri) Berbasis Ekstrakurikuler Pramuka dan dokumentasi. Penelitian dilaksanakan dengan melalui tahapan perencanaan dan pelaksanaan. Teknik analisis data digunakan dua jenis analisis yaitu analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan, kepercayaan diri (self confidence) berbasis Ekstrakurikuler Pramuka sangat memuaskan.  Sumbangan pengaruh variabel kepercayaan diri (self confidence) berbasis Ekstrakurikuler Pramuka sebesar 94,1% sedangkan sisanya sebesar 5,9% dipengaruhi faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.

Pengaruh Supervisi Akademik Kepala Sekolah dan Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Guru Matematika Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Di Kota Bengkulu

Suharto, Suharto

Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia Vol 3, No 2 (2018): Ethnomathematics
Publisher : Program Studi Pascasarjana Pendidikan Matematika FKIP Universitas Bengkulu

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Pengaruh supervisi akademik kepala sekolah terhadap kinerja guru matematika Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) di Kota Bengkulu. (2) Pengaruh lingkungan kerja terhadap kinerja guru matematika Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) di Kota Bengkulu, dan (3) Pengaruh supervisi akademik kepala sekolah dan lingkungan kerja terhadap kinerja guru matematika Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) di Kota Bengkulu. Penelitian ini merupakan penelitian ex-post facto dan menurut metodenya merupakan jenis penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah guru ekonomi Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) di Kota Bengkulu. Penelitian ini termasuk penelitian populasi dengan responden sebanyak 52 guru. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuesioner dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis regresi berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Terdapat pengaruh positif dan signifikan supervisi akademik kepala sekolah terhadap kinerja guru matematika Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) di Kota Bengkulu dengan nilai koefisien regresi sebesar 0,302, nilai thitung sebesar 2,209, dan nilai signifikansi 0,032. (2) Terdapat pengaruh positif dan signifikan lingkungan kerja terhadap kinerja guru matematika Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) di Kota Bengkulu dengan nilai koefisien regresi sebesar 1,139, nilai thitung sebesar 5,174, dan nilai signifikansi 0,000. (3) Terdapat pengaruh supervisi akademik kepala sekolah dan lingkungan kerja secara bersama-sama terhadap kinerja guru matematika  Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) di Kota Bengkulu dengan nilai Fhitung sebesar 26,611 dan nilai signifikansi sebesar 0,000.

Perbandingan Kemampuan Pemahaman Konsep Siswa yang Diajar dengan Model Pembelajaran Pencapaian Konsep dan Model Pembelajaran Luar Kelas

Syefriyani, Detty, Haji, Saleh, Nirwana, Nirwana

Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia Vol 3, No 2 (2018): Ethnomathematics
Publisher : Program Studi Pascasarjana Pendidikan Matematika FKIP Universitas Bengkulu

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Perbandingan Kemampuan Pemahaman Konsep Siswa Yang Diajar Dengan Model Pembelajaran Pencapaian Konsep Dan Model Pembelajaran Luar Kelas Di SMP Negeri 11 Lubuklinggau. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu (quasy experiment) yaitu nonequivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 11 Lubuklinggau. Sampel dalam penelitian ini diperlukan 2 kelas yang mempunyai distribusi normal dan varians yang homogen. adalah siswa kelas VII 3 dan VII 4 SMP Negeri 11 Kota Lubuklinggau. Hasil penelitian ini adalah terdapat perbedaan kemampuan pemahaman konsep siswa yang diajar dengan model pembelajaran pencapaian konsep dan pembelajaran luar kelas di SMP Negeri 11 Lubuklinggau, tampak nilai statistik t hitung = - 2, 460 dengan angka signifikansi 0,017.

Penerapan Model SRP untuk Meningkatkan Kemampuan Membuktikan dan Kemampuan Representasi Matematis

Isran, Dodi

Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia Vol 3, No 2 (2018): Ethnomathematics
Publisher : Program Studi Pascasarjana Pendidikan Matematika FKIP Universitas Bengkulu

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses dan hasil pengembangan bahan ajar analisis real berbasis model struktur refresentasi pengetahuan mahasiswa pendidikan matematika (Extended Triad Level ++) yang valid, praktis dan efektif serta dapat meningkatkan kemampuan membuktikan dan kemampuan representasi matematis. Penelitian ini juga melihat pengaruh linier kovariat pretes terhadap kemampuan pembuktian dan kemampuan representasi matematis kelas eksperimen (Bahan Ajar Berbasisi Extended Triad Level ++) dan kelas kontrol serta perbedaan pada level perguruan tinggi. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang berdasarkan pengembangan Plomp. Bahan ajar yang dikembangkan berupa Buku Ajar, Lembar Kegiatan Mahasiswa (LKM), Rencana Pembelajaran, dan Tes Hasil Belajar (THB). Subyek penelitian adalah Mahasiswa Pendidikan Matematika (S1) Universitas Bengkulu dan Universitas Muhammadiyah Bengkulu semester VI. Dengan hasil penelitian, (1) menghasilkan bahan ajar berbasis Model Struktur Representasi Pengetahuan Mahasiswa Pendidikan Matematika (Extended Triad Level++). (2) terdapat perbedaan pengaruh linier kovariat pretes terhadap kemampuan pembuktian dan kemampuan representasi matematis kelas eksperimen (Bahan Ajar Berbasis Extended Triad Level ++) dan kelas kontrol serta perbedaan pada level perguruan tinggi.

Pengembangan Model Pembelajaran Matematika Realistik yang Efektif untuk Meningkatkan Kemampuan Matematika Siswa SMP

Herawaty, Dewi

Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia Vol 3, No 2 (2018): Ethnomathematics
Publisher : Program Studi Pascasarjana Pendidikan Matematika FKIP Universitas Bengkulu

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

Tujuan Penelitian ini adalah menghasilkan model pembelajaran matematika Realistik yang Efektif untuk Meningkatkan Kemampuan Matematika Siswa SMP. Metode penelitian ini adalah pengembangan. Hasil penelitian ini adalah bahwa model pembelajaran matematika realistik dapat meningkatkan efektivitas pembelajaran matematika SMP, dengan titik awal pembelajaran adalah masalah kontekstual sehingga siswa dapat melakukan proses matematisasi horizontal (melalui Fase Pemberian Masalah, Fase Berpikir, dan Fase Berpasangan) yang dilajutkan ke matematisasi vertikal (melalui Fase Eksplorasi, Fase Diskusi Hasil Eksplorasi, (6) Fase Penyimpulan).Prototipe rencana pelaksanaan pembelajaran matematika realitik adalah tertuang dalam sintaks pembelajaran sebagai berikut: a. Pendahuluan (5 menit); b.Kegiatan Inti: (1) Fase Pemberian Masalah (5 menit), (2) Fase Berpikir (10 menit), (3) Fase Berpasangan (10 menit), (4) Fase Eksplorasi (20 menit), (5) Fase Diskusi Hasil Eksplorasi (17 menit), (6) Fase Penyimpulan (10 menit); dan diakhiri dengan c. Penutup (3 menit).

Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Sma Melalui Pendekatan Pembelajaran Matematika Realistik Berbasis Etnomatematika

Heryan, Umaedi, Widada, Wahyu, Zamzaili, Zamzaili

Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia Vol 3, No 2 (2018): Ethnomathematics
Publisher : Program Studi Pascasarjana Pendidikan Matematika FKIP Universitas Bengkulu

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

Penelitian  ini  merupakan  kuasi  eksperimen   berbentuk  kelompok  kontrol  pretes-postes, dengan perlakuan pendekatanpembelajaran matematika realistik berbasis etnomatematika  danpembelajaran konvensional. Berdasarkan hasil analisis data,  diperoleh kesimpulan bahwa  peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa yang memperoleh pembelajaran dengan pendekatan pembelajaran matematika realistik berbasis etnomatematika  lebih baik daripada siswa yang memperoleh pembelajaran dengan cara konvensional.

Pengaruh Linier Kovariat Komunikasi Matematis Peserta Didik Terhadap Rerata Kemampuan Akhir Peserta Didik Dengan Pendekatan Pembelajaran Matematika Realistik Berorientasi Etnomatematika Bengkulu

Yanti, Dwi, Widada, Wahyu, Zamzaili, Zamzaili

Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia Vol 3, No 2 (2018): Ethnomathematics
Publisher : Program Studi Pascasarjana Pendidikan Matematika FKIP Universitas Bengkulu

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat pengaruh linier kovariat komunikasi matematis peserta didik terhadap rerata kemampuan akhir peserta didik dengan pendekatan pembelajaran matematika realistik berorientasi etnomatematika Bengkulu. Rancangan penelitian ini adalah postes pretest desain. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa SMA N 2 Kota Bengkulu, dengan sampel 74 siswa Kelas XI MIPA-A dan MIPA-C untuk SMA N 2 Bengkulu. Hasil dari penelitian ini adalah bahwa Secara signifikan terdapat pengaruh linier kovariat Pretes kemampuan komunikasi matematis terhadap rerata kemampuan akhir komunikasi matematis untuk peserta didik yang diajarkan dengan pendekatan matematika realistik berorientasi etnomatematika lebih baik dibandingkan model pembelajaran konvensional, dengan nilai statistik F = 8,438 dengan angka signifikan probabilitas 0,000 (p < 0,05), dan nilai statistik parameter estimates t = 5,267 dengan angka signifikan 0,000 < 0,05.    

Metakognisi Siswa Dalam Pemecahan Masalah Matematika Siswa Sma Dalam Pembelajaran Matematika Berorientasi Etnomatematika Rejang Lebong

Novita, Tanti, Widada, Wahyu

Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia Vol 3, No 2 (2018): Ethnomathematics
Publisher : Program Studi Pascasarjana Pendidikan Matematika FKIP Universitas Bengkulu

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui metakognisi siswa dalam pemecahan masalah matematika siswa SMA dalam pembelajaran matematika berorientasi etnomatematika rejang lebong. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa Metakognisi siswa kelas X IPA 2 SMA Negeri 4 Rejang Lebong tentang pemecahan masalah matematika dengan subjek tingkat kognitif tinggi sudah berfikir metakognitif, dapat membuat perencanaan, memonitor dan mengevaluasi proses berfikirnya dalam pemecahan masalah matematika. subjek tingkat kognitif sedang sudah berfikir metakognitif dalam membuat perencanaan, memonitor tetapi belum tepat dalam  mengevaluasi proses berfikirnya dalam proses komunikasi matematis. Subjek tingkat kognitif rendah sudah berfikir metakognitif dalam membuat perencanaan tetapi tidak dapat memonitor dan mengevaluasi proses berfikirnya dalam proses komunikasi matematis.

Nilai-nilai matematika pada batik Besurek Bengkulu

Haji, Saleh, Yumiati, Yumiati

Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia Vol 3, No 1 (2018)
Publisher : Program Studi Pascasarjana Pendidikan Matematika FKIP Universitas Bengkulu

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

Batik besurek Bengkulu merupakan produk budaya masyarakat Bengkulu yang menjadi salah satu warisan budaya Indonesia mengandung berbagai nilai kehidupan. Salah satunya mengandung nilai-nilai matematika. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui nilai-nilai matematika yang terkandung dalam batik besurek Bengkulu tersebut. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif. Hasil penelitian yang diperoleh bahwa batik besurek Bengkulu mengandung berbagai nilai matematika. Kesimpulan penelitian adalah terdapat sekurangnya terdapat 4 nilai matematika yang terkandung pada batik besurek Bengkulu yaitu: 1. Kesepakatan, 2. Konsisten dalam sistem, 3. Memiliki simbol yang kosong arti, dan 4. Memperhatikan semesta pembicaraan.