cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota bengkulu,
Bengkulu
INDONESIA
Jurnal PGSD: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Published by Universitas Bengkulu
ISSN : -     EISSN : -     DOI : -
Core Subject : Education,
Arjuna Subject : -
Articles 70 Documents
STUDI DESKRIPTIF PENGELOLAAN PEMBELAJARAN TEMATIK DALAM MENGEMBANGKAN SIKAP SPIRITUAL DI KELAS III B SD N 09 KOTA BENGKULU Ihwana, Ety; Juarsa, Osa; Agusdianita, Neza
Jurnal PGSD Vol 10, No 1 (2017)
Publisher : UNIVERSITAS BENGKULU

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

This  study  aimed  to  describe  the  management  of  thematic  learning  in  developing spiritual attitudes related to learning design, implementation and evaluation of learning spiritual  attitude  in  class  III  B  Elementary school  number  09  Bengkulu  City.  The method in this research is descriptive qualitative data collection techniques such as observation, interviews, and documentation. Data analysis was performed by means of data reduction, data display, and verification. Furthermore, to test the validity of the data used extension of observation, improve endurance, triangulation techniques, and check.  In  this  study concluded that  1) Design  /  thematic lesson  planning done by teachers using the syllabus and lesson plans. 2) Implementation of learning is already visible management spiritual attitude. Preliminary activities through reading prayers. Core activities through the implementation of learning that teachers can use to associate the material in accordance with the management of spiritual attitudes, and activities such as closing prayer after completion of learning. 3) Evaluation of management of spiritual attitudes of teachers conducted in a way to make observations on the spiritual attitude of students daily from early learning to finish. Evaluation of teachers carried out using observation without special note.
ANALISIS KESALAHAN DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA SISWA KELAS V SDN 59 KOTA BENGKULU Gunawan, Ansyori
Jurnal PGSD Vol 10, No 1 (2017)
Publisher : UNIVERSITAS BENGKULU

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (462.456 KB) | DOI: 10.33369/pgsd.10.1.1-10

Abstract

Tujuan penelitian ini menggambarkan kesalahan dalam menyelesaikan soal cerita matematika. Jenis penelitian adalah deskriptif, subyek penelitian adalah siswa kelas V berjumlah 55. Teknik pengumpulan data berupa dokumentasi yang berhubungan dengan soal cerita yang telah dikerjakan siswa. Hasil penelitian berupa bentuk-bentuk kesalahan siswa yang terjadi pada setiap aspek yaitu: Pertama, adalah memahami soal yang yaitu menuliskan hal yang diketahui dan ditanyakan: (a) tidak menuliskan sama sekali, (b) tidak lengkap, (c) persis dengan soal, (d) menuliskan hal yang diketahui pada hal ditanyakan ataupun sebaliknya. Kedua, membuat model matematika yaitu: (a) tidak membuat model, (b) model tidak tepat. Ketiga, melakukan perhitungan yaitu: (a) tidak mengikuti prosedur, (b) perhitungan tidak tepat. Keempat, dalam menarik kesimpulan: (a) tidak sesuai dengan konteks jawaban, (b) tidak menuliskan sama sekali, (c) sama persis dengan pertanyaan. Selanjutnya kesalahan terbanyak yang terjadi yaitu: Pertama, aspek melakukan perhitungan, Kedua, membuat model matematika, Ketiga, memahami soal, dan Keempat, aspek menarik kesimpulan.
UPAYA PENINGKATAN KUALITAS PROSES DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA DI SDN 5 KOTA BENGKULU MENGGUNAKAN PENDEKATAN BERBASIS PBL MODEL SSCS DAN LESSON STUDY Dalifa, Dalifa
Jurnal PGSD Vol 9, No 2 (2016)
Publisher : UNIVERSITAS BENGKULU

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (220.943 KB) | DOI: 10.33369/pgsd.9.2.232-235

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menghasilkan perangkat pembelajaran IPA dengan pendekatan Berbasis PBL model SSCS untuk mencapai tujuan pendidikan IPA dikelas 5 SDN 5 Kota Bengkulu setelah melaksanakan langkah plan dari lesson study; (2)menghasilkan perangkat pembelajaran IPA dengan pendekatan Berbasis PBL model SSCS revisi untuk mencapai tujuan pendidikan IPA dikelas 5 SDN 5 Kota Bengkulu setelah melaksanakan langkah do dari lesson study; (3) meningkatkan kualitas proses pembelajaran IPA dengan pendekatan Berbasis PBL model SSCS di kelas 5 SDN 5 Kota Bengkulu melalui langkah see dari lesson study dan; (4) meningkatkan hasil belajar siswa setelah mengikuti pembelajaran pembelajaran IPA dengan pendekatan Berbasis PBL model SSCS di kelas 5 SDN 5 Kota Bengkulu melalui langkah see dari lesson study. Jenis penelitian yang dilakukan yaitu Lesson Study, setiap langkah Plan Do Check terdiri dari 3 tahap yaitu tahap Plan, tahap pelaksanaan do, dan tahap check. Instrumen yang digunakan terdiri dari lembar observasi guru dan siswa dan lembar tes tertulis dalam bentuk esai. Data hasil belajar yang diperoleh dianalisis secara deskriptif dengan mengacu pada ketuntasan belajar klasikal. Dari analisis data menunjukkan pada langkah Plan Do Check I diperoleh nilai rata-rata skor observasi guru sebesar 29 dengan kriteria cukup, dan rata-rata skor observasi siswa sebesar 29,5 dengan kriteria cukup, pada langkah Plan Do Check I rata-rata skor observasi guru sebesar 38 dengan kriteria baik dan rata-rata skor observasi siswa sebesar 38,5 dengan kriteria baik. Hasil analisis nilai rata-rata kelas 58,8 dengan ketuntasan belajar klasikal 35% pada langkah plan do see awal dan nilai rata-rata kelas 67,4 dengan ketuntasan belajar klasikal 56% pada langkah plan do see I dan meningkat menjadi 80 dengan ketuntasan belajar 85% pada langkah plan do see II.
UPAYA PENINGKATAN KETERAMPILAN MEMBACA INTENSIF DENGAN MENGGUNAKAN COOPERATIVE LEARNING KELAS V SD NEGERI 11 TEBAT KARAI Pu'at, Pu'at
Jurnal PGSD Vol 10, No 2 (2017)
Publisher : UNIVERSITAS BENGKULU

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (421.987 KB) | DOI: 10.33369/pgsd.10.2.107-113

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk dapat meningkatkan kualitas keterampilan membaca siswa. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Penelitian ini mengangkat sebuah fenomena pembelajaran di kelas yang dikemas dalam sebuah Penelitian Tindakan Kelas dengan judul “Upaya Peningkatan Keterampilan Membaca Intensif dengan Menggunakan Cooperative Learning Kelas V SD Negeri 11 Tebat Karai”. Hal ini dilatar belakangi oleh data perolehan nilai rata-rata Bahasa Indonesia pada tahun pelajaran 2014/2015 masih rendah yaitu 48, di bawah kriteria ketuntasan minimal yaitu 70 Hal ini dimungkinkan karena dalam proses belajar mengajar kemampuan guru terhadap penguasaan pengelolaan pembelajaran masih rendah. Guru masih menjadi pusat dalam proses pembelajaran, sementara siswa kurang diberdayakan kemampuannya oleh karena itu, pada penelitian ini digunakan model pembelajaran Kooperatif. Model Pembelajaran Kooperatif memberi peluang dalam perbaikan hasil belajar pembelajaran Membaca Intensif. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan nilai pada siklus I, dari rata-rata prates 49 (cukup) menjadi rata-rata pascates 59 (baik). Pada siklus II memperoleh peningkatan prites 59 (cukup) menjadi 81 (baik), secara kelompok menunjukkan adanya peningkatan nilai rata dari 66 (cukup) pada siklus I menjadi 82 (baik) pada siklus II atau mengalami peningkatan 16 %. 
UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN IPA RANGKAIAN SERI DAN RANGKAIAN PARALEL MELALUI METODE EKSPERIMEN SISWA KELAS VI SD N 10 UJAN MAS Daliyawati, Daliyawati
Jurnal PGSD Vol 9, No 3 (2016)
Publisher : UNIVERSITAS BENGKULU

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (222.013 KB) | DOI: 10.33369/pgsd.9.3.313-320

Abstract

Setelah dilakukan observasi dan evaluasi dalam pembelajaran yang hasilnya digunakan sebagai bahan refleksi atas apa yang terjadi pada mata pelajaran Sains kelas VI meteri Rangkaian seri dan rangkaian paralel diketahui ketidakberhasilan mencapai standar keberhasilan yang ditetapkan sebesar 75,00 serta adanya ketidakaktifan dan ketidakpahaman siswa pada konsep rangkaian seri dan rangkaian paralel sehingga diperlukan adanya perbaikan pembelajaran.  Metode  eksperimen PTK diberikan untuk memberi  kesempatan kepada peserta didik agar dapat mengalami sendiri atau melakukan sendiri, mengikuti suatu proses, mengamati suatu objek, menganalisis, membuktikan dan menarik kesimpulan sendiri tentang suatu objek, keadaan atau proses sesuatu dan diharapkan mampu memperbaiki hasil pembelajaran.  Secara umum hasil Penelitian Tindakan Kelas  meningkatkan pemahaman tentang rangkaian seri dan rangkaian paralel dalam kegiatan belajar mengajar (KBM) mata pelajaran Sains pada kelas VI SDN 10 Ujan Mas dengan mengoptimalkan penggunaan metode eksperimen sebagai alternatif strategi pembelajaran. Dari analisis data nilai hasil evaluasi siklus II jika dibanding dengan siklus I terdapat kenaikan yang sangat berarti. Pada siklus I dari 20 siswa diperoleh nilai rata-rata kelas 65.5, nilai 70 keatas dengan 12  siswa atau 60%,  siswa mendapat nilai dibawah 6 dan 8 siswa atau  40% , sedangkan pada siklus II dari 20 siswa diperoleh nilai rata-rata kelas 8,8 dengan 19  siswa nilai 70 keatas  atau 95% siswa mendapat nilai 60 hanya 1 siswa atau 5%, maka pelaksanaan siklus II telah berhasil meningkatkan prestasi belajar rangkaian seri dan rangkaian paralel di SD Negeri SDN 10 Ujan Mas dengan standar keberhasilan 75,00.     Hal ini menunjukkan bahwa metode Eksperimen yang digunakan peneliti terbukti dapat meningkatkan aktifitas dan hasil belajar siswa kelas VI SDN 10 Ujan Mas Tahun Pelajaran 2014/2015
HUBUNGAN ANTARA KEBUTUHAN UNTUK SUKSES DAN KETEKUNAN BELAJAR MAHASISWA PENDIDIKAN PROFESI GURU TERINTEGRASI (PPGT) FKIP UNIB ANGKATAN 2012 Resnani, Resnani
Jurnal PGSD Vol 10, No 1 (2017)
Publisher : UNIVERSITAS BENGKULU

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (223.9 KB) | DOI: 10.33369/pgsd.10.1.37-41

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat kebutuhan untuk sukses, tingkat ketekunan belajar, dan untuk mengetahui kolerasi antara tingkat kebutuhanuntuk sukses dan tingkat ketekunan belajar mahasiswa PPGT angkatan 2012. Metode penelitian yang digunakan adalah teknik analisis kolerasi product moment. Populasi penelitian adalah seluruh mahasiswa PPGT angkatan 2012. Sampel penelitian adalah sampel penuh yaitu semua populasi yang berjumlah 34 siswa dijadikan sampel penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat kebutuhan untuk sukses termasuk kategori sedang dengan angka rata-rata46,6. Tingkat ketekunan belajar termasuk kategori sedang dengan angka rata-rata 43.9. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat korelasi antara kebutuhan untuk sukses dan ketekunan belajar mahasiswa PPGTangkatan  2012 dengan koefisien korelasi sebesar 0.547
UPAYA MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN PRESTASI BELAJARSISWA MELALUI PENDEKATAN TEKNIK BERPIKIR, BERPASANGAN, BERBAGI PADA MATA PELAJARAN PKN DI KELAS IV SDN 07 KABAWETAN Suarjo, Suarjo
Jurnal PGSD Vol 9, No 2 (2016)
Publisher : UNIVERSITAS BENGKULU

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (232.195 KB) | DOI: 10.33369/pgsd.9.2.261-266

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatan keaktifan belajar dan hasil belajar siswa dalam proses pembelajaran dengan menerapkan pendekatan Teknik Berpikir,Berpasangan, Berbagi dalam pembelajaran PKN dalam  pada siswa kelas IV SDN 07 Kabawetan. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari 3 siklus. Subjek penelitiannya adalah siswa kelas IV SDN 07 Kabawetan yang terdiri dari 12 orang pada tahun pelajaran 2014/2015. Pengumpulan data dilakukan melalui lembar observasi dan lembar tes. Observasi dilakukan untuk mengamati aktivitas guru selama kegiatan belajar mengajar berlangsung. Tes ini digunakan untuk mengetahui tingkat keberhasilan siswa. Hasil yang diperoleh dari penelitian yaitu: (1) pada siklus I terdapat 4 kelemahan yang terdapat pada aktivitas guru, serta nilai rata-rata dari hasil tes diperoleh 6,16 dan persentase ketuntasan belajar klasikal 66,66%dengan kategori belum tuntas; (2) siklus II terdapat 2 kelemahan lagi pada aktivitas guru, serta nilai rata-rata dari hasil tes diperoleh 7,12, dan persentase ketuntasan belajar klasikal 83,33% dengan kategori belum tuntas; (3) siklus 3 hanya tersisa 1 kelemahan pada aktivitas guru pada saat pembelajaran berlangsung, serta nilai rata-rata diperoleh 8,02 dengan persentase ketuntasan belajar klasikal 91,66% dalam kategori tuntas. Berdasarkan hasil penelitian tersebut maka penerapan pendekatan Tehnik Berpikir, Berpasangan, Berbagi dapat meningkatkan hasil belajar, aktivitas siswa, dan aktivitas guru serta kualitas proses pembelajaran PKN di kelas IV SDN 07 Kabawetan.
ANEKA IMPLIKATUR YANG TERKANDUNG DALAM TINDAK TUTUR NOVEL “KETIKA DERITA MENGABADIKAN CINTA” Muktadir, Abdul
Jurnal PGSD Vol 9, No 3 (2016)
Publisher : UNIVERSITAS BENGKULU

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (345.044 KB) | DOI: 10.33369/pgsd.9.3.340-346

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menemukan dan menjelaskan: (1) wujud tindak tutur yang mengandung implikatur dalam novel Ketika Derita Mengabadikan Cinta; (2) aneka implikatur yang terkandung dalam tindak tutur pada novel “Ketika Derita Mengabadikan Cinta.” Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Sumber data adalah data objektif berupa dokumen, yakni tuturan tokoh-tokoh dalam novel “Ketika Derita Mengabadikan Cinta.” Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara menganalisis/mengkaji/mencatat dokumen (content analysis). Hasil penelitian menunjukkan (1) wujud tindak tutur yang mengandung implikatur dalam novel “Ketika Derita Mengabadikan Cinta” antara lain tindak tutur Representatif, Direktif, Ekspresif, Komisif, Deklarasi, dan tindak tutur perlokusi; (2) aneka implikatur yang terdapat dalam novel “Ketika Derita Mengabadikan Cinta” berupa nilai moral/pembentukan karakter, sosial, psikologis, serta hal-hal positif lain yang dapat dijadikan sebagai teladan hidup. baik dalam berperilaku atau bertutur kata, seperti tuturan yang mengandung tindakan, mengajak, menyenangkan orang lain, mengklaim, meminta izin, memberikan kepastian/alasan, mengkritik, perasaan senang, humor, dan memberi nasihat.
HUBUNGAN ANTARA PENDIDIKAN DALAM KELUARGA DENGAN SIKAP RASA HORMAT SISWA KELAS IV SD NEGERI 03 KOTA PAGAR ALAM Wahyunni, Frizka; Dalifa, Dalifa; Muktadir, Abdul
Jurnal PGSD Vol 10, No 2 (2017)
Publisher : UNIVERSITAS BENGKULU

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (260.697 KB) | DOI: 10.33369/pgsd.10.2.86-91

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara pendidikan dalam keluarga dengan sikap rasa hormat siswa kelas IV SD Negeri 03 Kota Pagar Alam. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SDN 03 Kota Pagar Alam. Sampel yang diambil pada penelitian ini berjumlah 35 orang yang diambil melalui pengambilan Simple Random Sampling. Instrumen penelitian menggunakan lembar angket. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji hipotesis dengan menggunakan korelasi Product Moment. Hasil uji hipotesis menunjukan bahwa rhitung (0,515) > rtabeldengan taraf signifikan 5% (0,334) maka antara Variabel X dan Variabel Y memiliki hubungan yang cukup kuat sehingga Ha diterima, artinya terdapat hubungan cukup kuat antara pendidikan dalam keluarga dengan sikap rasa hormat siswa kelas IV SDN 03 Kota Pagar Alam. Dengan uji signifikasi (t) didapatkan hasil bahwa hubungan pendidikan dalam keluarga dengan sikap rasa hormat memiliki hubungan yang signifikan. Selanjutnya hasil dari perhitungan statistik diperoleh sumbangan variabel X terhadap Y sebesar r2 = 0,2652 sehingga dapat disimpulkan bahwa pendidikan dalam keluarga memberikan kontribusi sebesar 26,52% terhadap sikap rasa hormat siswa kelas IV SDN 03 Kota Pagar Alam.
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK PADA MATA KULIAH KONSEP DASAR GEOMETRI DAN PENGUKURAN UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBUAT ALAT PERAGA BAGI MAHASISWA PGSD Agusdianita, Neza
Jurnal PGSD Vol 9, No 3 (2016)
Publisher : UNIVERSITAS BENGKULU

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (313.023 KB) | DOI: 10.33369/pgsd.9.3.283-286

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk dapat meningkatan kualitas proses pembelajaran pada mata kuliah konsep dasar geometri dan pengukuran dan meningkatkan keterampilan mahasiswa PGSD dalam membuat alat peraga matematika melalui penerapan model pembelajaran berbasis proyek pada mata kuliah konsep dasar geometri dan pengukuran. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi keaktifan mahasiswa dan lembar observasi keterampilan mahasiswa dalam membuat alat peraga. data hasil penelitian dianalisis secara deskriptif. Dari analisis data menunjukkan bahwa pada siklus I diperoleh nilai rata-rata skor observasi keaktifan mahasiswa sebesar 36 dengan kriteria baik dan untuk nilai rata-rata skor observasi keterampilan mahasiswa sebesar 36 dengan kriteria baik. pada siklus II terjadi peningkatan yaitu untuk nilai rata-rata skor observasi keaktifan mahasiswa sebesar 47,5 dengan kriteria amat baik dan nilai rata-rata skor observasi keterampilan mahasiswa sebesar 45,5 dengan kriteria amat baik. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran berbasis proyek pada mata kuliah konsep dasar geometri dan pengukuran dapat meningkatkan keterampilan membuat alat peraga bagi mahasiswa PGSD.